Beauty On Budget

Minggu, 26 Agustus 2018

Bismillah...

Dalam mengatur budget, kita mengenal istilah save vs splurge.

Ada produk-produk yang membuat kita mengeluarkan duit lebih (mis. essence, serum, exfoliating toner, treatment, dst). Di sisi lain, ada pula produk-produk perawatan yang bisa dihemat.

Berikut review produk yang harganya relatif terjangkau, tapi kualitasnya baguuss (menurut sayaa~ hehe). Beberapa di antaranya sudah sering saya beli ulang.

---

#1 Glycore Cream

Glycore adalah salah satu produk yang reviewnya cukup laris di blog ini.

Kalau kamu cari produk yang mampu mencerahkan, menghaluskan tekstur kulit, dan memudarkan noda (ringan), Glycore bisa jadi pertimbangan.

Dia ngga hanya untuk kulit wajah lho, bisa juga digunakan untuk kulit badan seperti lutut, siku, atau pergelangan tangan dan kaki yang belang.


Kisaran seminggu, kamu sudah bisa merasakan tekstur kulit jadi lebih lembut dan halus (secara 10% Glycolic Acid). Tapi untuk mencerahkan kulit dan memudarkan noda butuh waktu yaa.

Dari tahun 2011-an sampai sekarang harganya masih sekitar Rp 28-30.000 untuk ukuran 10 gr. Cuma agak susah dapetinnya. Mesti bener-bener niat keliling apotek. Kalau ngga mau ribet, bisa beli di online shop.

Lebih lanjut baca : Glycore Cream : Glycolic Acid 8-10 %

---

#2 Garnier Micellar Water

Ini produk yang lumayan lama saya gunakan. Karena sudah cocok, jadi sekalian beli ukuran besarnya (400 ml). Harganya sekitar Rp 68-70.000an, lebih hemat dibanding beli satuan yang ukuran 125 ml (sekitar Rp 28.000).


Ngomong-ngomong, buat yang kulitnya cenderung kering dan dehidrasi, baiknya bilas wajah dengan air setelah menggunakan micellar water. Jangan dibiarkan stay di permukaan kulit. Takutnya malah memperparah keringnya kulit.

Sudah pernah dibahas di : Skin Care Itu Disesuaikan Dengan Kondisi & Kebutuhan Kulit

---

#3 Dove Face Wash

Alhamdulillah, karena tipe kulit saya saat ini adalah normal-to-dry, jadi sudah bisa pake sabun lagi untuk membersihkan wajah.

Memang banyak alternatif pembersih selain sabun, tapi sepengalaman saya, sabun sangat membantu kita untuk mengontrol komedo.


Karena kondisi kulit masih rentan dehidrasi, saya coba Dove Face Wash yang kesannya bersahabat untuk kulit-kulit yang kehausan(?).

Promo produknya menggoda sekali...

Tahukah kamu bahwa kulit wajah lebih tipis dari kulit tubuh lainnya?

Jadi, lebih mudah kehilangan kelembapan hingga 2 kali.

Karena itu, Dove memperkenalkan pembersih wajah pertama dengan Nutrium Moisture Beauty Serum yang mengembalikan kelembaban pada kulit.

Saatnya memanjakan wajahmu yang istimewa! Kembalikan nutrisi dan kelembapannya setiap mencuci muka.


Cara pemakaian : campurkan facial foam dengan air, buat busa pada tangan, pijat lembut pada wajah yang basah, bilas hingga bersih. Gunakan setiap hari.


Dove Face Wash terdiri dari tiga varian. Yang berani saya coba, hanya Beauty Moisture dan Inner Glow.

Deskripsi produk (dikutip dari situs resminya) [1]

Dove Beauty Moisture Facial Foam

Untuk kulit normal, sensitif atau kering.

Dengan Nutrium Moisture Beauty Serum yang mengembalikan nutrisi hingga ke dalam kulit untuk kulit cantik lembut dan halus setiap mencuci muka.

Efektif membersihkan sekaligus mengembalikan nutrisi hingga ke dalam.

Natural Flower Scent.

Dermatologically Tested.
Klaim hasil : kulit halus dan lembut.
--

Dove Inner Glow Facial Foam

Untuk kulit kusam.

Dengan Nutrium Moisture Beauty Serum yang menampilkan cahaya alami, serta mengangkat sel kulit mati, melembapkan hingga ke dalam pori-pori kulit.

Mengandung exfoliating scrub yang dengan lembut menghaluskan dan menampilkan sel kulit baru setiap hari.

Gentle Flower Scent.

Dermatologically Tested.
Klaim hasil : wajah tampak bercahaya.
--

Dove Deep Pure Facial Foam

Untuk kulit berminyak dan kombinasi.

Dengan Nutrium Moisture Beauty Serum yang menyeimbangkan kelembapan di dalam kulit, serta membersihkan debu, kotoran dan minyak berlebih hingga ke dalam pori-pori kulit.

Mengandung micropuff yang 10x lebih kecil daripada scrub membersihkan hingga ke dalam pori-pori.

Fresh Floral Fragrance.

Dermatologically Tested.
Klaim hasil : kulit tampak halus dan tidak mengkilap.
--

In my opinion...

Sejauh ini, klaimnya terbukti.

Setelah membersihkan wajah, kulit tidak begitu kaku, kering, atau ketat ketarik. Kurang lebih sama dengan Hada Labo Gokujyun Face Wash.

Meski demikian, tetap saya batasi penggunaannya (varian Beauty Moisture) hanya sekali sehari, karena khawatir overcleansed. Sedangkan varian Inner Glow hanya saya gunakan 2-3 hari sekali saja, karena mengandung scrub halus.

Banyak yang suka dengan wanginya Dove Face Wash, tapi mungkin karena bukan selera saya, jadi saya merasa agak terganggu. Selain itu bagus-bagus aja.

---

#4 Pond's Insta-Bright Tone Up Cream

Tone up cream sudah sempat kita singgung yaa... Di post Lipstick Free.

Kalau kamu ingin terlihat fresh, tapi berat untuk menggunakan foundation/bb cream, bisa coba tone up cream. Fiturnya lebih ke color enhancer.

Kulit kamu akan jadi cerah seketika seperti lampu jalan raya.


Produk serupa dari merk lain juga ada, yaitu dari Citra, 3CE, Fair & Lovely, Garnier, Laneige, Nacific, Wardah, dst.

Alhamdulillah karena sudah cocok sama tone up cream-nya Pond's, jadi males buat coba yang lain hehe.

Sebenarnya produk pencerah instan bukan tren baru. Dulu sekitar tahun 2012 pernah ada Magic Plus White Cream. Tapi kurang praktis, karena setelah mengoleskan krim, wajah kita mesti dibasuh air supaya hasilnya lebih bagus dan rata.

Ini sneak peek dari situs resminya...

--

Deskripsi dan klaim produk Pond's Insta-Bright Tone Up Cream

Cerahkan wajah seketika dengan 0% make up!

Haluskan dan kecilkan pori-pori.

Mulus dan bersinar hari demi hari.

Mengandung Vitamin B3 untuk meningkatkan peremajaan kulit dan mengembalikan lapisan pelindung kulit dengan melindungi dari bahaya sinar UV dan radang kulit.

Milk Protein Essence mampu membersihkan sel kulit dengan nutrisi yang menjernihkan kulit wajah agar warna kulit asli lebih cerah.

Frequently asked question disadur dari situs resminya [2].


In my opinion...

Setelah menggunakan Pond's Tone Up Cream, warna kulit tampak lebih cerah dan rata. Tekstur kulit jadi lebih halus dan pori tampak lebih samar (bukan lebih kecil).

Tapi efeknya sementara...

Kalau dipakai dari pagi, pas sore hari kulit wajah saya jadi kelihatan lebih gelap (oxy kali ya...), tapi untuk "penampakan tekstur kulit yang halus" bisa tahan seharian.

Setelah 1-2 jam hasilnya terlihat sangat natural. Di siang hari sekalipun wajah kita tidak kilap berminyak atau luntur saat berkeringat.

Aromanya juga enak, wangi susu yang lembut dan manis.

Cara pemakaiannya mesti ditotol sedikit-sedikit (kalau terlalu tebal malah jadi keabuan), kemudian diusap dan diratakan supaya tidak belang.

Tone Up Cream ini cocok banget buat orang-orang yang suka tampilan "bare face yang fresh". Karena produk ini ringan banget, kayak ngga pake apa-apa...

Dry patch (spot kulit yang kering mengelupas) juga aman. Sebelumnya kalau pake bb cream, dry patch saya malah semakin jelas dan kulit kelihatan flaky saking keringnya.

Harganya sekitar Rp 25.000an untuk ukuran 20 gr. Bisa dibeli di supermarket, minimarket (seperti Alfamart/Indomaret), dan toko kosmetik.

Baca juga : Foundation Free

---

#5 Shinzu'i Body Scrub

Ini body scrub yang paling sering saya beli. Yang di foto itu ngga semuanya full, yang dua sudah kosong. Sengaja disimpan buat difoto... (penting banget).


Deskripsi produk dari situs resminya...
Shinzu'i lightening skin care has been formulated naturally with Herba Matsu Oil Japan, a precious essential oil from Matsutake mushroom. Shinzui's natural ingredient may brighten the skin to fade pigmentation.
Saya ngga gitu ngeh perbedaan (hasil) tiap variannya apa. Kayaknya semua bagus-bagus aja... Yang penting produknya mudah diperoleh, wanginya enak, dan daki-daki bisa rontok.

Ada juga body scrub/lulur lokal kemasan jumbo seperti Purbasari, Ayudya, dan Aku Ayu. Nanti isinya bisa dipindah ke wadah scrub yang sudah kita punya.


Untuk sabun pencerah, cek Kojie San Lightening Soap.

---

#6 Enchanteur Perfumed Talc

Bedak parfum ini wanginya tidak semerbak dan semakin samar seiring berjalannya waktu. Tapi cukup ampuh untuk menyegarkan dan menghindari bau badan tak sedap.

Kalau kamu khawatir wanginya kemana-mana, bedaknya bisa digunakan saat di rumah saja.


Enchanteur Perfumed Talc terdiri dari 3 varian, yaitu Alluring, Charming, dan Romantic. Screenshot dan deskripsi produk diambil dari situs resminya [3].


Alluring

Manjakan diri Anda dengan Enchanteur Alluring Perfumed Talc dengan keharuman Rose & Irish yang menggoda dengan Cream Vanilla yang merawat kulit Anda dengan lembut.

Charming

Manjakan diri Anda dengan Enchanteur Charming Perfumed Talc dan biarkan keharuman sensual yang eksotik dari Rose, Muguet, dan Soft Cedarwood membelai kulit Anda layaknya seorang ratu.

Romantic

Sentuhan lembut dari Enchanteur Romantic Perfumed Talc dengan keharuman Bulgarian Rose dan White Jasmine memanjakan Anda dengan sempurna.

--

Yang saya punya hanya varian Alluring dan Charming. Kalau disuruh pilih, yang paling saya suka itu wanginya Alluring, karena aromanya feminin dan lembut.

Charming cocok banget untuk digunakan di pagi hari, karena aromanya fresh dan up-lifting. Sedangkan Alluring wanginya bikin rileks dan tenang, sangat sesuai jika digunakan sebelum istirahat di malam hari.

Harganya muraaah meriaaahh... Hanya sekitar Rp 8.000-9.000an untuk ukuran 50 gr. Yang botol sedang juga di bawah Rp 20.000an. 

Baca juga : Mengatasi Bau Badan

---

#7 Herborist Minyak Zaitun

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi wangi khas spa Bali, minyak zaitun Herborist sangat recommended.

Wanginya segar dan unik banget. Sesuai slogannya Herborist : The Essence of Bali.


Deskripsi produk
Kaya akan Vitamin E dan sebagai antioksidan. Aromatherapy-nya memberi efek relaksasi, membantu melembabkan kulit yang sangat kering dan bermanfaat untuk kesegaran kulit.
Tersedia ukuran 75 ml dan 150 ml.

Belinya yang ukuran 75 ml-nya saja kalau hanya digunakan sekali-kali, karena minyak zaitun ini lama banget lho habisnya.

Saya hanya menggunakan produk ini untuk kulit badan. Wanginya terlalu nyegrak kalau dipakai di wajah.

Yang membuat saya suka minyak zaitun Herborist adalah teksturnya yang tidak begitu greasy.

Bdw, karena masih ada yang search "bisakah minum minyak zaitun Herborist?".

Jadi, saya jawab kembali...

Minyak zaitun Herborist tidak bisa diminum yaa, karena ini minyak zaitun cosmetics grade. Hanya untuk pemakaian luar, bukan untuk dicerna.

Kalau untuk diminum atau dimasak, cari minyak zaitun yang Extra Virgin Olive Oil (EVOO).

Baca juga : Minyak Zaitun (Extra Virgin Olive Oil)

---

#8 Natur-E Advanced Hand & Body Lotion

Ini salah satu body lotion yang harganya terjangkau (ukuran kecil sekitar Rp 18.000an), tapi sudah mengandung Astaxanthin yang notabene antioksidan papan atas.

FYI, antioksidan dapat melawan efek buruk radikal bebas sehingga kulit terjaga dari penuaan dini, tetap lembab, dan elastis. 


Deskripsi produk

Mengandung bahan aktif Astaxanthin dari ganggang merah, antioksidan terkuat di dunia yang kekuatannya 40x lebih efektif mengencangkan kulit.

Diperkaya dengan Vitamin E alami dalam butiran e-beads yang melembapkan kulit lebih lama serta Lycopene dari tomat yang berfungsi sebagai tabir surya untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari.

Natur-E Advanced Hand & Body Lotion melembabkan dan menutrisi kulit sepanjang hari, karena mengandung formula unik untuk menjadikan kulit halus, sehat, dan tampak kencang.

Teksturnya enak banget. Cepat meresap, tapi tetap bikin kulit lembab. Selain itu juga tidak lengket dan tidak licin.

Baca juga : Krim Serbaguna : Creme 21, Glysolid, dan Nivea Creme

---

#8 L'OREAL Extraordinary Oil

Hmmm... Saya ngga ngerti lagi mesti komen apaan, karena produk ini bagus sekali dan banyak yang suka juga yaa maasyaaAllah.

Sangat ampuh untuk mengatasi rambut kering, kasar, rusak, ngembang ngga jelas, dan kusut.

Hasilnya rambut jadi lebih lemes, halus, gampang diatur, dan teksturnya juga lebih rapi.

Pokoknya kelihatan banget bedanya kalau pake Extraordinary Oil dan ngga pake.

Highly recommended, terutama untuk orang-orang yang rambutnya sering dikeringkan dengan hair dryer, dicatok, dicurly, dicet, dst.

Ada versi lebih bagusnya lagi... L'OREAL Mythic Oil, tapi harganya Rp 170-200.000an gitu gaes. Jadi saya ngeri buat coba-coba... takut cocok.


Deskripsi produk [4]

Vitamin rambut multifungsi yang diformulasikan khusus untuk rambut wanita Indonesia. Rambut indah ternutrisi tanpa lengket dan berminyak sepanjang hari.

Rambut tampak sempurna, seketika!

Benefits

Lebih dari sekedar vitamin rambut.
Menutrisi batang hingga ujung rambut.
Melindungi rambut.
Menyempurnakan penataan akhir rambut.
Perpaduan 6 ekstrak bunga: Lotus, Chamomile, Rose, Tiare, Linseed, Soybean.
Menyempurnakan penataan akhir rambut.

Innovation

Extraordinary Oil adalah serum perawatan rambut intensif. Rambut akan secara intensif ternutrisi, dan terlindungi, serta memberikan hasil rambut yang halus, lembut, tampak berkilau, tanpa memberikan hasil akhir yang lepek.

Menggunakan formula yang diperkaya dengan 6 ekstrak bunga langka: Lotus, Chamomile, Rose, Tiare, Linseed, Soybean.

Cara penggunaan

Gunakan 3 hingga 4 tetes sebelum keramas untuk menutrisi secara intensif.

Atau sebelum mengeringkan rambut menggunakan alat pengering rambut untuk melindungi rambut, dan sebagai sentuhan akhir untuk meningkatkan kilau dan intensitas warna rambut

---

#9 Parfum Al Rehab


Sudah berapa kali ya, parfum Al Rehab dibahas di blog ini? Hehe.

Yang paling sering saya gunakan adalah Al Rehab White Musk.

Wangi-wangi parfum Al Rehab yang strong (nyengat, nyekit) bisa tahan seharian, sedangkan yang samar seperti White Musk (sepengalaman saya) tidak tahan lama. Kecuali kalau dioles di kain (baju, mukenah, sajadah) cukup tahanlah, tapi kalau oles di kulit cepat banget pudarnya.


Oh iya, saya juga beli sampelnya Al Rehab yang 1 ml. Lumayan buat ganti-ganti, karena yang 6 ml aja cukup awet. Mungkin sekitar 2 bulanan baru habis, cmiiw.

Ternyata tidak semua wanginya enak. Ada yang terlalu menyengat, ada juga yang wangi bapak-bapak banget.

Berikut varian yang mungkin kamu suka. (Menurut hidung saya) wangi-wangi varian ini kesannya feminin, fresh, elegan, lucu, lembut, dan manis.

Balqis
Cherry Flower
Choco Musk
Diamond
Lovely
Musk Rose
Red Rose
Sabaya
Tooty Musk
Vanilla Musk
White Musk
Zahrat Hawai

Lebih jelasnya coba cek sendiri yaa... Siapa tahu selera hidung kita berbeda.

Baca juga : Parfum Arab Wangi Murah Meriah

---

#10 Dettol Hand Sanitizer dan Wet Wipes

Dettol dikenal sebagai merk dari produk anti bakteri yang sering kasih promo dan diskonan.

Produk seperti tisu basah dan hand sanitizer memang perlu (dan penting) banget. Apalagi kalau keluar rumah, trus ke toilet, makan di luar, dst.


---

Akhir kata...

Sebenarnya banyak produk-produk yang relatif terjangkau dan kualitasnya oke. Tentunya tidak bisa dibahas satu-satu di sini. Ini yang biasa saya gunakan saja...

Selain itu, kalau beneran ingin hemat, belanja produk perawatannya di swalayan murah atau toko khusus kosmetik/alat kecantikan. Subhanallah, harganya bisa selisih Rp 5.000-30.000an dengan harga mal ckckck.

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
10 komentar on "Beauty On Budget"
  1. Hani,bagusan mana glycore sm glikoderm?pengen nyoba,tp msh bingung pilih yg mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallahu a'lam, aku ngga tahu hehe, soalnya belum pernah coba Glikoderm ^^

      Hapus
    2. Oh gt y.Tp komposisiny sama gk sm glycore?
      Btw,AHA bs gk dipakai barengan sm serum vitamin C?

      Hapus
    3. Komposisinya beda sist... Trus sependek pengetahuanku produk yang mengandung vitamin C dan AHA (acidic ingredients) baiknya tidak dilayer/dipakai barengan. Kalau mau pake keduanya, amannya digunakan di waktu yang terpisah. Wallahu a'lam.

      Hapus
  2. Assalamualaikum hani,kamu suka yg ponds tone up ya kalau aku suka yg dari wardah,next mau coba ponds juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam warahmatullah wabarokatuh ^^ Selamat mencobaa...

      Hapus
  3. Pengen sungkem ka mba hanitis 😂
    Post ini menjawab kegalauanku selama ini 😁😁
    Aku udah liat Ponds ToneUp di supermarket kotaku cuman pas tanya harga karyawannya ga tau, ribet tinggal deh. Di mba ada whitecast(?) gitu g ? Yang putih" gitu lho
    Trus yg garnier sama pixy express, bagus mana mba ? U/ ngangkat debu aja, lebih enak mana ? Makasih Mba Hani, postnya bermanfaat bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada whitecast kalau pakenya ketebelan, tapi lama-lama tetap menyatu ke kulit (glowing pula). Jadi, pas kita pake tuh ditotol dikit-dikit aja, trus langsung diratain. Kalau langsung oles banyak trus ga rata, kelihatan putih belang gitu hehe.

      Aku lebih suka garnier sekarang, tapi mesti dibasuh air setelahnya.

      Alhamdulillah kalo bermanfaat. Sama-samaa...

      Hapus

Please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^