Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Cara Gampang Membersihkan Sisir Plastik (Detangling Comb)

Selasa, 04 Juli 2017
Ini postingan iseng-iseng aja sebenernya. Abis browsing, saya jadi mikir kok pada ribet ya bersihin sisir plastik. Ada yang pake essential oil, trus sampe ada alat khususnya segala! :))

Mungkin selama ini saya salah... dan mungkin saya yang kelewat malas hahaha.


Dalam dunia perawatan rambut, ada istilah build up, yaitu sebum, sel kulit mati, ketombe, kotoran, debu, ampas produk hair care/styling yang menumpuk di kulit kepala. Build up tersebut juga bisa pindah ke sela-sela sisir.

Tipe kulit kepala saya berminyak, jadi build up cepet banget numpuk di sisir. Plus, beberapa hari ini lagi ngga telaten ngerawat scalp. Cuma shampoo-an biasa aja.

Baca juga : Apple Cider Vinegar (Sari Cuka Apel) untuk Perawatan Rambut

Yang perlu disediakan...

Wadah baskom.
Larutan sabun (bisa deterjen, shampoo, sabun cuci piring, dst).


FYI, amannya pake shampoo, tapi yang biasa saya gunakan adalah deterjen (salah ngga sih?). Foto di atas itu larutan Attack Jazz, lol. Dikit aja yang dilarutkan, sekitar 1/4 atau 1/5 sendok deterjen.

Cara gampang...

Bersihkan dulu helaian rambut yang tersangkut di sela-sela sisir.
Rendam sisir di larutan sabun.
Angkat seingatnya beberapa saat kemudian.


Bilas lagi dengan air bersih.
Keringkan.
Sisir siap digunakan lagi.


Sekitar 30 menit, build up-nya sudah lumer. Tapi biasanya saya angkat seingatnya aja, soalnya suka ditinggal gitu rendamannya (maklum, pelupa).

Jadi pas ditiriskan, tau-tau sisirnya sudah bersih sendiri hahaha, tanpa perlu saya gosok pake sikat gigi atau apalah.


Saya coba di sisir kayu juga ampuh. Padahal build up tuh biasanya paling lengket di sisir kayu. Tapi sejauh ini awet-awet aja lho, belum ada tanda-tanda lapuk (sekarang, ngga tau ntar gimana).

Baca juga : Cara Mudah & Murah Membersihkan Kuas Make Up

Ngomong-ngomong, detangling comb (iyah, dupe) ini tidak saya gunakan setelah keramas. Gigi sisirnya terlalu rapat, jadi kadang malah bikin rambut saya rontok dan patah. Paling dipake pas rambut sudah kering aja...

Saya lebih sering pake sisir yang giginya jarang-jarang, karena aman digunakan saat rambut masih basah. Selain itu juga bisa sekalian dibersihkan pas keramas dan ngga perlu direndam lama. Tinggal dikucek dikit sudah bersih.

Wallahu a'lam.
Semoga berfaedah :))
Thanks for reading and have a nice day!
Post Comment
Posting Komentar

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^