Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Bingung Pilih Produk Pembersih? Cek Quick Post Ini!

Rabu, 21 Juni 2017
Salah satu pertanyaan yang kesannya remeh, tapi ternyata lumayan bikin galau adalah "Bagusnya pake produk pembersih apa?".

Iya sih... Makin beragamnya produk pembersih ternyata ada positif-negatif-nya. Di satu sisi, kita disuguhkan pilihan yang melimpah.

Di sisi lain, banyaknya produk di pasaran membuat kita bingung. Takut salah pilih. Kalaupun udah ada yang cocok, kadang bisa tergiur juga dengan iming-iming produk yang baru launching, lol.


Cara paling gampang memilih produk kosmetika (menurut saya) adalah dengan menyesuaikan tekstur produk dengan tipe kulit.

Kedengerannya sepele banget, tapi ini tips paling basic yang kadang kita abaikan (karena terlalu fokus memilah ingredient yang kita incar atau hindari).

Cek tabel di bawah ini ya...


*Syarat dan ketentuan berlaku

Lengkapnya baca di : Tipe dan Kondisi Kulit

Dari pengalaman saya pribadi, memang sulit bertahan dengan satu produk pembersih karena tipe dan kondisi kulit kita bisa berubah sewaktu-waktu.
Jadi, siapkan produk pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit terkini.
Ini berarti, bisa saja kita punya beberapa produk pembersih buat jaga-jaga. Oleh karena itu, saya membagi produk pembersih jadi dua, yaitu pembersih utama dan pembersih alternatif.

Pembersih utama adalah produk pembersih yang bisa kita gunakan setiap hari dan tidak menimbulkan reaksi negatif walau digunakan 2-3 kali sehari.

Pembersih alternatif adalah produk pendamping dan produk back up saat kulit kita bermasalah atau saat kulit butuh extra-pembersihan.

Contoh penerapannya baca post : Ini Lho Pembersih yang Saya Gunakan (2017)

---

Kesimpulan

(1) Cari tahu tipe dan kondisi kulit kamu.

(2) Tentukan tekstur yang sesuai dengan tipe kulit, kemudian pilih produk dengan ingredients yang kita butuhkan (mis. hyaluronic acid, arbutin, dst).

Contoh... "Aku mau cari facial foam yang ngandung tea tree oil atau salicylic acid buat kulitku yang oily dan acne prone."

(3) Be flexible. Gunakan produk yang bersahabat dengan kondisi kulit terkini.

(4) Atur waktu dan frekuensi pakai, jika ada lebih dari satu produk pembersih dalam regimen skin care kamu.

Contoh... Micellar water di pagi dan siang hari. Double cleansing (oil & foam) untuk membersihkan ampas make up di malam hari.

(5) Last, but not least. Fokus dengan problem kulit yang kamu alami saat ini.

Misalnya saat kulit berjerawat parah/nyebar, sebisa mungkin hindari produk dengan agen pencerah dan anti aging. Tangani dulu jerawatnya. Begitu jerawatnya sudah sembuh, baru deh kita pake produk pencerah untuk mengatasi kusam.

Baca juga : 5 Langkah Sederhana Mencegah Komedo

Wallahu a'lam.
Correct me if I wrong.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
2 komentar on "Bingung Pilih Produk Pembersih? Cek Quick Post Ini!"
  1. Another beauty tips from Haniiiiii, yeaaah~

    Wkwk rasanya dah lama gw ga maen kemari Han. Post ini kudu tak sodorin ke temen yg suka banget ngegalauin: Sher, aku kudu pake pembersih cem mana?

    Laahh mana kutau skin concern nya si dia kayak apa :/


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Sherlyy xD iyaa kadang nentuin regimen buat diri sendiri aja belibet hehe

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^