Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

5 Langkah Sederhana untuk Mencegah Komedo

Jumat, 16 Juni 2017
Haee gaaeesss... gimana puasanya? Semoga makin bermakna(?) yaaa :D

Bdw, instagram saya OFF, karena pertanyaan yang masuk itu-itu aja (kamu pake apa, bagusnya pake apa ya sis, selfienya mana, produk ini aman ngga, dst).

Jadi saya coba cicil dengan membuat postingan di blog aja, supaya ngga bolak-balik ngetik panjang-panjang di hp... insya Allah.

Baca juga : Hai Hanitis' Frequently Asked Questions


Salah satu pertanyaan yang lumayan sering ditanyakan adalah gimana cara menangani komedo yang ngga mahal. Mudah-mudahan quick post ini bisa menjawab kegelisahan kamu, lol.

Treatment sederhana ini bisa kamu lakukan 1-2 kali dalam seminggu.

Kita sharing-sharing tentang pencegahannya aja dulu, karena untuk penanganan komedo yang terlanjur membludak itu beda lagi :D

---


Mau pilih jenis pembersih apapun itu terserah kamu ya :D kalo aku emang udah klop pake micellar water.

Baca juga : Cek Pembersih Sesuai Tipe Kulit

Rrrr... Sekalian deh quick review Ovale Micellar Water, karena produknya udah kadung disabet orang! Jadi ngga bisa bikin post review sendiri (fyi, foto-foto artikel ini diambil bulan lalu).

Hahahaha sebbeeel!!

Ovale Micellar Water (Harga sekitar Rp 45.000 - 200 ml)

Kemasannya kelihatan murah, padahal formulanya lumayan. Selain mengandung pembersih, juga ada agen pencerah dan anti agingnya. Daya bersih standar micellar water pada umumnya.

Kalau ngga sengaja keicip, rasanya ayep-ayep asam gimanaaa gitu.

Produk ini ngga meninggalkan sensasi lengket. Lembabnya juga pas ya, ngga kerasa licin setelah pemakaian.

Udah gitu aja.

((ngetik sambil ngedumel))

Baca juga : Micellar Water : Yay or Nay?


Steaming (uap hangat, air hangat, atau handuk hangat) sebenernya ngga bisa "membuka pori", karena pori kita memang sudah terbuka dari sananya (lah...).

Steaming hanya bantu meluruhkan kotoran yang menyumbat pori. Untuk ekstraksi komedo, steaming dapat melunakkan whitehead/blackhead agar mudah dikeluarkan.

Ingat ya, pake air hangat, bukan panas.

Baca juga : Es Batu untuk Wajah


Banyak yang mengira eksfoliasi sel kulit mati harus dengan scrub yang kasar. Padahal daki dan sel kulit mati di wajah itu beda mbak, mas.

Kalo kamu udah pake produk yang mengandung AHA, BHA, dan retinol, idealnya ngga perlu sering-sering eksfoliasi sel kulit mati (apalagi scrubbing). Cukup 1-2 kali dalam seminggu saja.

Baca juga : Beberapa Pertanyaan Seputar Skin Care (2016)

Untuk kulit sensitif bisa coba produk eksfoliasi berbasis gel atau air. Bisa juga dengan menggunakan kapas (cotton pad bertekstur) yang dibasahi exfoliating toner.

Baca juga : Natural Aqua Gel Cure

Buat yang punya concern menghindari chemical ingredients, bisa menggunakan kain muslin, kain serat bambu, atau washlap halus yang dibasahi air hangat, kemudian diusap lembut di permukaan kulit wajah.

Untuk exfoliating tools, bisa pake facial brush yang bristlenya halus atau clarisonic dkk.


Clay mask adalah produk yang penting, terutama untuk kulit berminyak dan rentan berkomedo.

Fungsinya untuk menyerap sebum berlebih dan impurities (kotoran, ampas/build up produk kosmetika, dll). Karena itulah jika rutin digunakan akan meminimalisir kemunculan komedo.

Produk yang best buy dari segi harga dan formula menurut saya adalah Himalaya Neem Mask. Untuk T-zone, cukup beli yang ukuran kecil (harganya sekitar Rp 15.000an).

Baca juga : Himalaya Purifying Mask : Mud & Neem

Clay mask Korea yang populer adalah Innisfree Jeju Clay Mask. Saking ngehip-nya, Jeju Clay Mask sekarang udah punya beberapa varian.

Sedangkan clay mask yang keampuhannya diakui skala internasional... apalagi kalo bukan Aztec Healing Clay Mask. Baiknya beli share in jar 100 gr aja, kalo cuma buat maskerin T-zone.

Atau kalau kamu mau cuci dompet, juga bisa coba masker Glamglow.



Melayer serum dan clay mask?

Ada sebagian orang yang melayer serum dan clay mask. ((Katanya)) serum tersebut bisa bekerja lebih efisien, karena active ingreds-nya makin terdorong masuk ke dalam lapisan kulit.

Tentang ini saya kurang paham ya... Karena sependek pengetahuan saya, clay mask (yang mengandung bentonite) kan daya serapnya strong banget.

Jadi, kayaknya ngga gitu ampuh deh (cmiiw), karena dia justru narik minyak, air, dan impurities keluar dari kulit. Wallahu a'lam.

Noted!
Kulit yang sangat kering bisa skip step ini. Kalaupun mau pake clay mask, coba yang gentle/ringan aja kayak Acnes Tea Tree Clay Mask dan semacamnya.

Baca juga : Acnes Tea Tree Clay Mask

FYI, ada juga yang pake alternatif Oil Cleansing Method untuk ngatasin komedo. OCM relatif cocok untuk semua tipe kulit. Tapi kudu cari kombinasi minyak dan takaran yang pas, supaya ngga micu masalah baru.


Karena clay mask menyerap kelembaban kulit, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab setelahnya. Lebih bagus lagi kalo kamu pake serum dengan fitur pore care/tightening.

Untuk kulit yang sangat kering (kekurangan kadar minyak), bisa menggunakan pelembab berbasis minyak (tapi bukan sembarang minyak lho, syarat dan ketentuan berlaku).

Sedangkan untuk kulit dehidrasi (kekurangan kadar air), bisa dilayer dulu dengan hydrating toner sebelum menggunakan pelembab.

Baca juga : Hatomugi Skin Conditioner

---

Akhir kata...

Komedo bukan problem yang langsung tuntas hanya dengan sekali treatment. Dengan kata lain, selama masih punya pori-pori dan kelenjar minyak yang aktif, masalah komedo akan jadi hal yang sering kita alami.

Selain treatment mingguan, kita juga bisa meminimalisir kehadiran komedo dengan memilih produk skin care harian yang non-comedogenic (bzzzt, no-brainer tips banget yaa haha).

Kalau ngomongin formula dan ingredient memang rada njlimet. Jadi, gampangnya cari produk skin care yang mengandung salicylic acid. Selain itu, gunakan produk yang teksturnya berupa gel atau yang encer sekalian seperti air.

Baca juga : 15 Gosip Seputar Jerawat

Oh iya, buat aktivitas sehari-hari, jangan lupa sedia kertas minyak ya mbak, mas... Untuk menyerap minyak berlebih supaya ngga nyumbat pori.

Baca juga : Kertas Minyak : Acnes, Clean & Clear, Ovale, Oxy

Huhu maap, karena ini quick post jadi kurang rapih dan terlalu to the point(?). Penjelasan lebih lanjut insya Allah dilengkapi di postingan tentang perawatan pori yang akan datang :D

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
Post Comment
Posting Komentar

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^