Hatomugi Skin Conditioner

Jumat, 26 Mei 2017

Sebagai orang dengan kulit yang berubah-ubah (hah?) kondisinya, saya rada selektif saat memilih toner. Satu waktu kulit saya bisa mudah sekali berjerawat, di kesempatan lain malah dehidrasi dan muncul dry patch.

Sebelumnya saya memang sudah lama pengen coba Hatomugi Skin Conditioner. Alhamdulillah, tau-tau Nihon Mart nawarin... yaudah tanpa pikir panjang saya terima haha. Soalnya penasaran juga dengan salah satu produk yang jadi best seller di Jepang ini.

---

Deskripsi produk
Hatomugi Skin Conditioner (500 ml)

Hatomugi adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk tanaman jelai atau jali yang berupa seperti biji-bijian (Coix Seed). Di Jepang Hatomugi sangat terkenal dan salah satu produk yang alami untuk melembabkan kulit.

Merupakan pelembab dan lotion yang tidak lengket. Memberikan cukup kelembaban pada kulit, merawat kehalusan dan mengurangi kekasaran.

Dapat menenangkan kulit setelah terbakar sinar matahari, dan memiliki efek pendingin dan pengetatan. Bebas fragrance dan pewarna.


Cara pemakaian

Gunakan secukupnya setelah mandi atau gunakan padding ke kulit untuk efek pelembab. Bisa juga dipakai sebagai facial spray. Dapat diaplikasikan sebagai pelembab wajah dan tubuh.

Untuk memperoleh hasil terbaik, tuangkan sejumlah Hatomugi lotion ke kapas dan menerapkannya sebagai masker wajah selama kurang lebih 5-10 menit setiap hari.

Perhatian!

Jangan gunakan dalam keadaan cedera, bengkak, eksim, dll. Hentikan pemakaian jika terjadi kemerahan, gatal setelah terpapar sinar matahari, dan reaksi negatif lainnya. Segera konsultasikan ke dokter kulit jika efek buruk tetap berlanjut.

Produk mengandung bahan-bahan alami, oleh karena itu temperatur dan perubahan lainnya dapat menyebabkan terjadi sedimen atau pengendapan. Residu putih mungkin akan menempel pada bagian dalam kemasan, namun tidak mengurangi kualitas dan keamanan produk.

Ingredients

Water, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Glycerin, Dipotassium Glycyrrhizate, Coix Lacryma-Jobi (Job's Tears) Seed Extract, Styrene/Acrylates Copolymer, Alcohol, Citric Acid, Sodium Citrate, Methylparaben, Propylparaben.


---

Review

Mungkin banyak yang bingung. Hatomugi kan buat melembabkan, tapi kok mengandung alkohol?

Menurut Paula Begoun, jika alkohol terkandung dalam well-formulated product dan bukan ingredient utama, then it's fine.

Benvenuti (via Futurederm) juga berpendapat bahwa alkohol dalam well-formulated product justru meningkatkan daya serap ingredient utama dan meringankan tekstur produk tersebut.

Hatomugi Skin Conditioner bukan produk astringent dengan kadar alkohol yang tinggi. Meski demikian, kulit yang sangat kering, dehidrasi, dan sensitif mungkin masih peka dengan kandungan alkohol dalam Hatomugi.

Baca juga : Perlu toner atau tidak?


Saya sudah menggunakan Hatomugi selama sebulan terakhir. Pemakaian normal, bukan CSM-an (Chizu Saeki Method) dengan kapas. Dan... baru habis segitu (cek gambar di atas).

Kalau menurut itung-itungan kasar, mungkin produk ini baru habis sekitar setengah tahunan.

Teksturnya persis seperti air. Cepat meresap, tanpa meninggalkan sensasi lengket.

Hatomugi dikemas dalam botol gedebokan, jadi ngga praktis. Kalau mau dibawa pergi-pergi kudu dipindah di botol lain yang lebih kecil.


Selembab apa sih di kulit?

Kayaknya rada ngawang-ngawang ya kalau bahas daya lembabnya gimana. Jadi, mari kita bandingkan dengan Hada Labo Gokujyun lotion.

Keduanya bantu menghidrasi dan melembabkan. Dari segi budget juga sama-sama relatif terjangkau. Harga pun reasonable, sesuai dengan formula yang ditawarkan.

Bedanya apa ya?


Hada Labo sedikit lebih kental dan terasa lengket setelah diaplikasikan.

Pemakaiannya juga rada tricky di kulit yang kombinasi dan berminyak (apalagi buat orang-orang di daerah tropis seperti kita).

Sedangkan Hatomugi bisa masuk ke semua tipe kulit (selama kondisi kulitnya tidak bermasalah).

Tipe kulit saya kombinasi dan sejauh ini lebih nyaman pake Hatomugi. Hatomugi juga membuat krim yang saya gunakan jadi lebih mudah diratakan.

Cuman, Hatomugi ngga bikin kulit sekenyal Hada Labo. Karena itulah saat kulit sedang dehidrasi, saya lebih pilih Hada Labo lotion sebagai quick fix.

Jadi kalo ditanya bagus mana ya tergantung kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing hehe.

Baca juga : Tipe dan Kondisi Kulit



Cuma melembabkan aja nih?

Ngomong-ngomong, saya kurang sependapat ya dengan opini bahwa Hatomugi cuma bikin kulit lembab. Itu saja, ngga lebih.

Kesannya produk dengan fitur hydrating/moisturizing itu useless.

Jadi gini temen-temen, kulit yang terjaga kelembabannya akan terlihat lebih cerah dan fresh. Kadang kita ngga sadar kalau kulit kering/dehidrasi bisa memicu kusam dan pigmentasi (sebagai defense mechanism).

Dulu saya pun skeptis dengan konsep tersebut. Makanya saya sering skip pelembab. Tapi, setelah diamati, area kulit yang jarang saya lembabkan sangat rentan menggelap.

Ini ngga hanya tentang cerah-mencerahkan kulit ya, tapi juga ngefek ke memperlambat proses penuaan. Sebagaimana slogan anti aging yang populer, "Moisturizing is the key", karena kulit yang kering lebih mudah mengkerut.

Baca juga : Beberapa Pertanyaan Seputar Skin Care (2016)

---

Akhir kata...

Hatomugi Skin Conditioner mengandung ekstrak Jali. Jika digunakan secara rutin, Hatomugi dapat memperlambat tanda-tanda penuaan, merawat kulit acne prone, dan bantu meratakan warna wajah.

Produk ini juga mampu menyeimbangkan pH kulit, menghaluskan, melembabkan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Secara keseluruhan, saya suka Hatomugi Skin Conditioner. Ini bener-bener produk yang ekonomis, lol. Harganya sekitar Rp 98.000 (500 ml), tapi kualitasnya ngga murahan.

Kalaupun mau dipake buat CSM-an tiap hari juga ngga ada perasaan bersalah, soalnya ini setengah liter bok :)) kayak ga abis-abis.

Kalau ngga mau ditap-tap dengan tangan atau kapas, Hatomugi bisa dipindah ke botol spray supaya lebih praktis.

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
4 komentar on "Hatomugi Skin Conditioner"
  1. Yabg hada laboh aja aku belum coba, beberapa beauty blogger dengan oily skin ga cocok jadinya ga mau ambil resiko hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kulit berminyak cukup dipake malam aja atau dibuat CSM-an 2 hari sekali. Wallahu a'lam. Insya Allah mo bikin review Hada Labo lotion juga.

      Hapus
  2. Balasan
    1. CSM itu Chizu Saeki Method. Kertas maskernya bisa dibeli di beauty counter atau di tokopedia. Bisa juga pake kapas...

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^