Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Apple Cider Vinegar (Sari Cuka Apel) untuk Perawatan Rambut

Kamis, 25 Mei 2017
Punya rambut kusam, kusut, dan rapuh? Atau kulit kepala yang gatal dan mudah berketombe? Sudah coba shampoo dan conditioner ini itu, tapi ngga ada yang cocok?

I know how you feel...

Karena itulah saya melirik Apple Cider Vinegar untuk perawatan rambut. Kayaknya seru gitu lihat pengalaman orang-orang yang sukses berambut bagus hanya dengan no poo dan produk diy. Kan enak... rambut berkilau, dompet hati pun senang.

Iya, saya sempet gagal coba no poo, tapi tetep penasaran dengan perawatan rambut alami untuk mengurangi risiko build up di kulit kepala.

Baca juga : Sharing Seputar Scalp Care & Shampoo Reviews


Apple Cider Vinegar (sari cuka apel) jadi bahan yang populer banget di dunia perawatan rambut. Ngga jarang sampai diikuti embel-embel "good ingreds for hair that I swear by". Saya pikir kok lebay ya hahaha.

Jadi, apa yang membuat Apple Cider Vinegar (ACV) istimewa?

Apel mengandung nutrisi yang jika difermentasikan akan memproduksi lebih banyak asam dan enzim yang bermanfaat. Sifat asamnya juga bantu mengembalikan pH rambut dan kulit kepala.

Teorinya mirip acid mantle kulit sih. Rambut kita pun sifat asalnya asam, sedangkan hair products seperti shampoo umumnya bersifat basa sehingga mengganggu acid mantle rambut dan membuatnya rapuh.

ACV juga mengandung AHA, yang berarti bisa bantu mengangkat sel kulit mati, serta membersihkan build up sebum dan ampas produk di kulit kepala.

Efek lainnya adalah menyuburkan, menghaluskan, melemaskan rambut, dan menambah kilau sehingga rambut tampak lebih sehat. Bisa dibilang ACV adalah alternatif conditioner alami.

---

Cara pemakaian

Idealnya, ACV cukup digunakan dua-tiga kali seminggu, bukan setiap hari. ACV pedih di mata, jadi hati-hati ya...

Dari berbagai cara pemakaian, ada tiga cara yang saya praktekkan.

1) Setelah keramas. Dilarutkan dengan air, kemudian gunakan sebagai bilasan terakhir setelah shampoo dan conditioner.

2) Sebelum keramas. Dilarutkan dengan sedikit atau tanpa air. Aplikasikan di kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan shower cap selama 30-60 menit. Lalu keramas seperti biasa.

3) Selama keramas. Larutkan satu cup ACV ke baskom yang berisi air hangat, kemudian gunakan untuk membilas kepala (rambut dan scalp) selama shampooan dan bilasan terakhir.


Hasilnya?

Cara pertama (bilasan terakhir) hasilnya biasa saja. Berasa ngga ada bedanya antara pake ACV dan tidak.

Cara kedua (didiamkan sebelum keramas) banyak yang sukses, tapi di saya hasilnya juga biasa saja. Belum lagi baunya itu lho, tajem banget. Ngga bisa disamarkan dengan shampoo, conditioner, plus vitamin rambut yang saya gunakan. Kadang suka dipandang dengan tatapan aneh sama orang rumah saking baunya, lol.

Sempat hopeless, gimana sih dapetin cara yang sesuai. Jadi, saya coba larutkan ACV dengan sebaskom air hangat. Ternyata cara ini yang paling cocok untuk saya.

Akhirnya jadi ngalamin apa yang dibilang orang-orang. ACV memang bikin rambut jadi lemes dan mudah diatur. Padahal saat itu saya tidak pake silicone-based conditioner.

Kulit kepala lebih bersih dan ngga gatal. Trus entah kenapa, dengan cara yang ketiga malah ngga tercium semerbak bau khas ACV.

Bdw ini hasil di rambut saya ya :)) ngga bisa digeneralisir. Karena kalau nonton di youtube pada macem-macem caranya. Ada yang mesti dicampur dengan herbs dan essential oil. Ada juga yang didiemin semalaman (ngga kebayang deh gimana ngatasin baunya)

Kayaknya memang mesti trial and error untuk nemuin cara yang paling pas buat kita.

---

Akhir kata...

Fix bakal ditelateni?
Hmmm... *usap dagu

Sayangnya saya hanya manusia biasa yang punya rasa malas haha. Ribet aja gitu kudu manasin air dulu. Belum lagi sekali keramas butuh satu cup ACV.... Kalo diitung-itung kok boros ya :)) (irit mode : on).

Oh iya, ACV yang paling recommended adalah yang raw, organic, dan unfiltered. Biasanya orang pada pake ACV merk Bragg's. Saya pake Heinz karena itu yang paling gampang didapat, dijual di banyak supermarket.

Ngga coba buat diy toner wajah, Sist?
Ngga deh makasih hehehe. Udah puas sama toner yang saya pake sekarang.

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
2 komentar on "Apple Cider Vinegar (Sari Cuka Apel) untuk Perawatan Rambut"
  1. q juga bingung banget mba hani mikirin rambut 😬😬 kusuuuuuuut banget, q sekarang selalu pakai natur shampoo karena q perhatiin kalo pake shampoo yg biasa itu di sisir ninggalin kotoran hitam kek yg jorong, tapi kalo natur engga terlalu, lagi pengin coba shampoo dari korea sih, lupa namanya 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooo :)) semangaaat! Aku shampoo masih pake TRESemme, lol. Shampoo apa? CP1? kemarin 2 org temenku juga tau2 pada nanyain mo beli haha :D

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^