Sist, Kok Ngga Posting?

Selasa, 25 April 2017
Beberapa waktu lalu, saya posting artikel tentang "Pengen berhenti blogging", tapi bukan berarti sekarang saya mau berhenti :)) Salah masukin password aja saya gelisahnya kayak apa haha.

Postingan ini follow up post sebelumnya ya, karena sampai ada yang kirim email buat kasih support. Maap kalo kesannya ambigu.

Jadi gini... Kurang lebih saya paham dengan blogger yang mandeg, trus merasa ngga dapet apa-apa. Udah gitu ide domain dan artikelnya dicopas, dst. Saya pun mengalami kekhawatiran yang sama sekitar 2-3 tahun lalu. 



Oke, saat kita sudah telaten ngeblog, wajar kalau ngarep sesuatu yang "lebih". Bro, domain aja bayar kan sekarang :))

Saya memang pasang adsense (monetisasi), tapi ujung-ujungnya juga muter buat ngelola blog. Belum lagi saya mulai mempertimbangkan untuk pindah ke wordpress.org (domain dan hosting sendiri). Sayangnya masih terkendala skill dan lainnya hehe.

Baca juga : Monetisasi Blog

Cumaa... there's so much more than money. Pret.

Kalau memang tulus dan senang dengan apa yang dijalani, walau secara kasat mata kita ngga dapat bonus materi yang sepadan, insyaAllah, Allah akan bayar lebihnya dengan hal-hal yang ngga kita sangka-sangka. Contohnya didekatkan sama orang-orang yang baik, dimudahkan di urusan yang lain, dst.

---

Dalam blogging, kelemahan saya memang di frekuensi dan jadwal posting. Kadang bisa 1-2 minggu jedanya. Saya belum bisa konsisten posting pada hari tertentu. Yang saya usahakan saat ini adalah konsisten posting setidaknya 4-6 post per bulan. 


Kalau saya lama ngga posting, alasannya ngga jauh-jauh dari tiga hal ini...

#1 Kuota habis

Iyaa, ngga pake wifi soalnya. Ngga lanjutin isi ulang, karena masa promonya sudah habis haha.


---

#2 Writer's block

Saat kulit bermasalah

InsyaAllah, sekarang saya mau kelarin review produk dulu... dan FYI saya paling males review produk skin care saat kulit sedang bermasalah. Kayak ngga dapet feel-nya gitu lho. 

Saya juga khawatir... nanti kesannya justru produk itu yang bikin kulit saya rewel, padahal bukan. Udah saya bahas sepintas juga di post sebelumnya.


Itulah kenapa di bulan Februari saya cuma posting 3 artikel. Padahal rencananya saya mau kelarin semua review produk, baru setelah itu bahas beauty talk banyak-banyak.

Kesulitan saat ngedraft

Saya sudah lama mau nyusun artikel tentang perawatan pori, minyak untuk wajah, hingga ingredient yang kontroversial seperti paraben. Tapi keburu jiper duluan dengan beragam pendapat yang kadang bertolak belakang satu sama lain.

Ini yang bikin saya stuck dan kesulitan nyusun alur penyampaiannya.

Blank tanpa sebab

Atau... kadang ide sudah ada, tapi susah banget dikeluarinnya. Saya ikutan blank melihat halaman entri post yang blank. Bingung mau mulai nulis apa hahaha.

---

#3 Keyboard bermasalah

Yang baru-baru ini saya alami adalah keyboard laptop yang error. Ketiknya apa, yang muncul apa. Kalau udah gitu, laptop saya harus didiemin dulu, sampai akhirnya berfungsi normal kembali. Jadi, harap maklum yaa...


Demikian sekilas info. Jazaakunnallah khayran buat supportnya. Mohon masukannya juga kalau ada hal-hal yang kurang berkenan.

Happy blogging.
Thanks for reading and have a nice day.
6 komentar on "Sist, Kok Ngga Posting?"
  1. Hai Han .. Sama naah, aku pun juga lama banget ngga ngeblog, udah sekitar 6 bulan blog aku tinggalin sampe domainnya expired. Haha Faktor utama ya adanya kesibukan lain + blank. Yak, blank! Haha Tp hari ini aku baru buka dan posting sesuatu. :D

    My New Post http://justkarleena.blogspot.co.id/2017/04/review-wardah-matte-lipstick-summer.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah, sampe expired gitu domainnya :)) iyaa blank, akhirnya malah ketunda-tunda. Oke siipp, meluncur kesana. Semangat!

      Hapus
  2. Hai, hani kamu blogger asal makassar juga? salam kenal. Aku juga blogger asal makassar :)

    rmangkawani.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Hai haniii. Ini pertama kalinya loh aku komen di postingan blog orang lain. Setelah berkali-kali kepoin isi blog kamu, entah kenapa aku jadi kecanduan baca tiap artikel disini :')
    Aku udah dari 2010 ngeblog, tapi ya nggak bisa konsisten kayak kamu. ketika berusaha konsisten pun pengunjungnya juga dikit banget, nggak bisa booming :(

    Btw salam kenal yess :)
    Kunjungi blogku juga kalau sempat http://www.damameiblog.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Dama Mei, salam kenal juga yaah. Masya Allah tabarakallah, lebay ah kamu sampe kecanduan :))

      Hmmm... aku coba buka blog kamu lewat mobiletest, nah ternyata tampilannya kurang rapi. Aku juga tahun lalu ngalamin itu. Pas buka desktop view sih rapi, giliran mobile view nya berantakan. Makanya aku ganti template dan kurang-kurangin widget yang ga perlu.

      Kalau dari mbah Google dan mastah yg lain, template itu ngaruh bgt ke kenyamanan pengunjung. Jadi usahakan pake template responsive yg mobile friendly (cek setelannya sapa tau bisa), karena mayoritas orang sekarang browsing lewat hape/tablet.

      Itu dari sisi tampilannya ya. Selain itu topik blog harus dirapikan, untuk memudahkan navigasi. Makanya pas 2015 (jaman aku ngerombak blog) mau ga mau banyak postingan yang aku hapus. Setelah dipikir-pikir, aku putuskan untuk fokus di tiga topik aja. Alhamdulillah hasilnya pengunjung jadi lebih tertarget. TAPI untuk "ngerapiin topik" memang keputusan pribadi, krn kamu sendiri yg bakal jalani manfaat dan konsekuensinya hehe.

      Abis itu apa ya... Blogwalking sih penting banget! Dan eksis di socmed dan grup blogger yang seniche sama kita. Ninggalin komen bisa sekalian promosi dan dapet kesempatan dinotice sama blogger lain dan orang-orang (apalagi di blog-blog yang trafficnya padat).

      Etapi aku juga belakangan jarang banget ninggalin komen kalo browsing. Cuman emang BEDA BANGET trafficnya kalo kita diem-diem aja vs wara-wiri ninggalin komen di blog populer.

      Aku pengen posting ginian (traffic dll) tapi maluu, soalnya aku juga males praktekin hahaha.

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^