Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Micellar Water : Yay or Nay?

Senin, 24 April 2017
Makin kesini makin banyak varian produk skin care yang bersahabat untuk kulit bermasalah. Salah satu yang sering direkomendasikan adalah Micellar Water. 

Produk berlabel micellar water jadi booming banget karena kepraktisannya (tanpa bilas). Sering diklaim sebagai All-in-One cleanser, karena fungsinya memang sebagai pembersih sekaligus toner.

Dulu merk yang beken cuma Bioderma. Sekarang beragam merk ikutan eksis menawarkan micellar water dengan formula yang dapat menutrisi dan meningkatkan kualitas kulit.

Apa itu Micellar Water?
Scientifically speaking, micellar water is a low-foaming cleanser. Micelles are nothing more than cleansing molecules that attract dirt and oil. (Nicki Zevola Benvenuti via Futurederm)
Micellar water mengklaim mampu membersihkan make up dan kotoran tanpa zat kimia yang merusak kulit (harsh). Cara kerjanya dengan memecah kotoran dan ampas make up, sehingga mudah diangkat dengan kapas.

Apa pentingnya pembersih yang ringan?

Oh, penting dong. Pembersih yang harsh (umumnya membuat kulit jadi kering kesat) dapat mempercepat proses penuaan dan membuat kulit jadi rentan iritasi.

---

Cara pemakaian

Tuangkan micellar water di kapas secukupnya, kemudian usap di permukaan kulit wajah.

FYI, formula micellar water yang ringan dan gentle kurang efektif membersihkan make up berat. Jadi sangat dianjurkan untuk melakukan double cleansing untuk membersihkan make up.

Kalau lagi rajin(?), saya menggunakan minyak dulu, baru kemudian micellar water. Bdw, ada juga yang pake dengan urutan micellar water - sabun pembersih (difoaming yaa) - toner.

Baca juga : Apakah Sabun Menyebabkan Purging?

---

Micellar Water yang terjangkau

Ada empat micellar water yang menurut saya best buy banget, dari segi formula, ukuran, dan harganya. Produk-produk tersebut dapat ditemukan di toko kosmetik, drugstore, hingga minimarket di sekitar kita.

Plus, kadang ada promo diskonannya. Macam Nivea pernah diskon Buy 1 Get 1 lhoo (yang berarti satuannya kena Rp 25.000an sajaa).


Garnier Micellar Cleansing Water
125 ml Rp 28-32.000

Pure Active

Untuk kulit kombinasi, berminyak, dan berjerawat. Teksturnya ringan seperti air. Diperkaya dengan Micelles yang dapat mengikat dan mengangkat kotoran dari wajah, mata, dan bibir seperti magnet.

Dengan formula tanpa parfum yang menyegarkan. Mengurangi minyak berlebih tanpa membuat kulit kering. Kulit menjadi bersih menyeluruh, terasa segar dan nyaman.

Komposisi
Aqua/Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Alcohol Denat, Disodium Cocoamphodiacetate, Disodium EDTA, Poloxamer 184, Polyaminopropyl Biguanide (B162919/4).

Sensitive

Teksturnya ringan seperti air. Diperkaya dengan Micelles yang dapat mengikat dan mengangkat kotoran dari wajah, mata, dan bibir seperti magnet. Tidak perlu diusap dengan keras untuk menghilangkan kotoran dan make up.

Dengan formula yang tidak lengket di wajah, tidak berminyak, tanpa parfum. Cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Kulit menjadi bersih menyeluruh, terasa halus dan tampak sehat.

Komposisi
Aqua/Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Disodium Cocoamphodiacetate, Disodium EDTA, Poloxamer 184, Polyaminopropyl Biguanide (B162919/4).

Baca juga : Review Garnier Micellar Water

Mineral Botanica Cleansing Water
100 ml Rp 37-50.000

Lifts dirt, cleanses skin.
Alcohol free.
Gently removes make up.
Moisturizes.

Komposisi
Aqua, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Poloxamer 184, Butylene Glycol, Glycerin, Hamamelis Virgiana Leaf Extract, Aloe Barbadensis Extract, Allantoin, Phenoxyethanol, Diazolidynil Urea, DMDM Hydantoin, Fragrance, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Propylene Glycol, Triethanolamine, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin.

Baca juga : Review Mineral Botanica Micellar Water

Nivea Make Up Clear Cleansing Water
200 ml Rp 54.000

Formula inovatif yang dapat membersihkan make up di wajah dan bahkan di area mata tanpa meninggalkan rasa berminyak. Membersihkan secara menyeluruh, melembabkan, dan menyegarkan kulit dengan formula pembersih yang efektif dan ringan, serta tidak meninggalkan sisa-sisa make up.

Tidak mengandung pewarna, parfum, alkohol, paraben, dan silikon. Telah diuji secara dermatologi dan optalmologi cocok untuk kulit.

Komposisi
Aqua, PEG-40, Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Glycerin, 1,2-Hexanediol, Sorbitol, Poloxamer 124, Trisodium EDTA, Decyl Glucoside, Panthenol, Polyquaternium-10, Vitis Vinifera Seed Oil, Disodium Cocoyl Glutamate, Glyceryl Glucoside, Sodium Chloride, Citric Acid, Sodium Acetate, Propylene Glycol.

Baca juga : Review Nivea Cleansing Water

Mana yang paling bagus?

Tinggal disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit kita saja. Kalau kamu aware dengan moisture barrier, bisa coba Garnier Sensitive, Mineral Botanica, dan Nivea.

Kalau kamu ngga suka dengan sensasi licin dan lengket setelah membersihkan wajah, ada Garnier Pure Active.

---

Daya bersih

Di post sebelumnya, saya ngga gitu mendalam bahas daya bersih (mis. untuk eyeliner dan mascara). Karena saya memang ngga make up-an. Boro-boro pake eye make up. Area mata saya rada sensitif dan gampang kering.

Baca juga : Kulit Rentan Bermasalah? Yuk, Puasa Produk Kosmetika.

Jadi, yang saya bahas paling daya bersih micellar water untuk make up ringan dan kesesuaiannya dengan kulit yang rentan bermasalah.


Menurut saya, daya bersihnya standar. Ampas bb cream tidak bisa terangkat sempurna. Itu baru bb cream yang ringan lho, apalagi heavy foundation. Butuh berapa kapas coba buat bersihinnya hehe. Karena itulah untuk membersihkan make up, sebaiknya di-double cleansing.


Foto sekali usap. Surprisingly, walau daya bersihnya pada beda tipis, tapi Mineral Botanica (yang notabene merk lokal) sedikit lebih unggul.

---

Multifungsi

Saya pernah baca di newsfeed kalau micellar water ini serba guna. Bisa digunakan sebagai korektor make up, hand sanitizer, pembersih brush, membersihkan parfum yang aplikasinya kebanyakan, dan lainnya.

Iseng-iseng saya pernah coba cuci tangan pake Pure Active setelah makan (lol), emang bersih dan bau makanannya hilang. Tapi untuk brush ngga gitu ampuh ya, lebih bersih pake sabun batang.

Baca juga : Cara Mudah & Murah Membersihkan Kuas Make Up

---

Micellar Water : Yay or Nay?

Micellar water bukanlah "produk alami", meskipun tampilannya bening seperti air. Nyatanya, micellar water juga mengandung chemical ingredients yang seaman apapun tetap ada kemungkinan ngga cocok di sebagian orang.

Klaim All-in-One cleanser memang kedengarannya muluk-muluk sekali yaa. Apalagi sudah banyak yang ngeh kalau pake micellar water saja kadang kurang bersih (untuk bersihin make up). 

Micellar water recommended untuk kulit normal, kering, kombinasi, sensitif, dan dehidrasi (note: no alcohol). Namun, kurang sesuai untuk tipe kulit yang berminyak, karena pemakaian single use biasanya bikin kulit makin greasy. Kudu trial and error juga untuk cari micellar water yang cocok :D

Jadi, untuk kulit berminyak (apalagi yang acne prone/pori mudah tersumbat), baiknya menggunakan pembersih yang mengandung salicylic acid. Tujuannya buat bantu merawat pori dan ngontrol bakteri P. Acnes.

Baca juga : 15 Gosip Seputar Jerawat

Akhir kataa... Kalau saya sih Yay! Haha, praktis banget soalnya. TAPI teteep syarat dan ketentuan berlaku, misalnya no alcohol, no perfume, dan ngga bikin kulit saya makin bermasalah.

Baca juga : Tips Memilih Pembersih sesuai Tipe & Kondisi Kulit

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
4 komentar on "Micellar Water : Yay or Nay?"
  1. wuah koleksi micellar watermu banyak ya :O aku cuma punya satu dan belum kupakai karena cleanserku masih ada 2 botol yg belom abis -_-

    suika-lovers.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah tabarakallah, ngga Fii, itu yang Nivea dan Mineral Botanica udah tinggal dikit. Sengaja disisain buat postingan ini :D

      Hapus
  2. Aku paling suka Nivea soalnya merasa lebih bersih aja ketimbang garnier hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nivea lebih bersih dari Garnier xD lebih puas juga pakenya karena 200ml hehe

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^