Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Masker Bengkoang : Mustika Ratu, Ovale, & Viva

Rabu, 01 Maret 2017
Rencananya, di bulan Februari ada beberapa produk yang mau saya review, tapi Qaddarallah kulit saya rewel lagi. Tentang ini kita bahas di postingan yang terpisah insya Allah.

Baca juga : Kulit Rentan Bermasalah? Yuk, Puasa Produk Kosmetika.

Masker bengkoang bubuk yang mau saya bandingkan adalah Mustika Ratu, Ovale, dan Viva. Please note, review ini berdasarkan pengalaman dan opini pribadi ya :D


---

Mustika Ratu Masker Bengkoang

Membantu kulit tampak cerah dan menyamarkan noda. Umbi bengkoang, akar manis, dan derivate vitamin C dalam kandungan masker bengkoang membantu kulit wajah menjadi terasa kencang, lebih lembut, lebih cerah, dan menyamarkan noda hitam.


Cara pemakaian
Campur bubuk masker dengan Air Sari Mawar Putih secukupnya, oleskan pada wajah dan leher. Hindari daerah mata. Diamkan hingga kering (± 10 menit), lalu bersihkan dengan air. Gunakan secara teratur 2 kali seminggu untuk hasil optimal.


---

Ovale Masker Bengkoang

Membantu membersihkan, menjaga kekencangan dan membantu mengangkat sel kulit mati. Diperkaya dengan Ekstrak Bengkoang untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Kulit wajah Anda terasa segar, lembut, dan tampak cerah berseri.


Cara pemakaian
Campurkan bubuk masker dengan air secukupnya. Oleskan pada wajah dan leher yang bersih dan kering, kecuali bagian mata dan bibir. Biarkan selama 10-15 menit hingga mengering. Basuh dengan air hangat hingga bersih.

Simpan di tempat kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.


---

Viva Masker Bengkoang

Masker wajah untuk semua jenis kulit, mampu membersihkan, mengangkat sel-sel kulit mati, dan merawat kekencangan kulit. Mengandung Pati Bengkuang untuk kulit tampak lebih cerah berseri.


Cara pemakaian
Campur Viva Face Mask Bengkuang dengan Viva Air Mawar secukupnya dan aduk hingga merata. Oleskan pada wajah secara merata (hindarkan daerah sekitar mata dan bibir), biarkan mengering selama 10-15 menit.

Kemudian bersihkan dengan air hangat/waslap basah. Lanjutkan dengan penggunaan Viva Face Tonic sesuai dengan jenis kulit. Gunakan secara teratur 1-2 kali sebulan(?).


---

#FYI

Buah bengkoang (Jicama/Pachyrrhizus Erosus), selain buat ngerujak juga biasa digunakan sebagai masker, scrub, pembersih, dan pelembab. Bengkoang kaya dengan antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Produk-produk yang mengandung ekstrak bengkoang populer untuk mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit yang menggelap akibat paparan sinar UV, bekas jerawat, dan lainnya. Tentu hasilnya akan maksimal jika digunakan secara rutin :D


Tekstur ketiganya mirip. Yang paling halus dari Mustika Ratu. Ngomong-ngomong, saya tidak campur dengan Air Mawar karena pernah bruntusan. Jadi cari aman aja dengan menggunakan air mineral biasa.


---

Review

Harga ketiganya sekitar Rp 4.000-7.000an, tergantung beli dimana. Akses belinya juga mudah ya, gampang banget didapet hehe. Saya penasaran aja dari tiga produk masker bengkoang ini mana yang paling enak digunakan.

Bdw, selain masker bubuk, ada juga masker bengkoang yang dikemas dalam tube (tekstur krim/pasta) yang praktis. Masker sejuta umat, lol.


Mustika Ratu Masker Bengkoang (15 gr)
- Wanginya mirip Viva (jamu), tapi tidak begitu tajam.
- Kira-kira cukup digunakan untuk 3 kali pemakaian (sewajah dan leher).
- Saat dioles terasa berpasir, sulit diratakan, dan rada bolong-bolong :(
- Terasa sejuk di kulit.
- Maskernya mudah retak.
- Cepat mengering.
- Mudah dibersihkan.

Ovale Masker Bengkoang (15 gr)
- Setelah dicampur air, maskernya jadi sangat halus, tidak berpasir.
- Encer, tapi mudah diratakan.
- Wanginya paling enak (ngga eneg) dan bikin rileks.
- Efek dinginnya paling berasa di kulit, dibanding dua masker lainnya.
- Kulit juga terasa lebih kencang (sementara)
- Tidak mudah retak.
- Mudah dibersihkan.

Viva Masker Bengkoang (30 gr)
- Bau jamu. Wanginya paling menyengat dan tajam.
- Konsistensi masker yang paling pas dan mudah diratakan.
- Cepat mengering.
- Memberi efek kencang sementara.
- Terasa sejuk di kulit.
- Setelah mengering, maskernya tidak mudah retak.
- Mudah dibersihkan.


Masker bubuk ini bisa digunakan untuk semua tipe kulit. TAPI untuk kulit kering/dehidrasi baiknya segera menggunakan pelembab setelah maskeran. Selama pemakaian, saya tidak mengalami reaksi negatif apapun (iritasi, gatal, dll) :D paling ngga tahan sama wangi jamunya aja hehe.

Secara kisaran harga sama, formulanya mirip-mirip, dan (ehm) hasilnya juga 11-12. Biasa aja, cuma kasih efek cerah sementara, kayak Saripohatji (sama-sama produk wash off). Kalau mau mengembalikan warna kulit yang menggelap, lebih nampol kalau kita pake serum, essence, dan produk leave on dengan agen pencerah lainnya.

Baca juga : Bedak Dingin Saripohatji

Macam noda bekas jerawat yang membandel jelas kurang ampuh jika hanya menggunakan masker bubuk bengkoang. Baiknya menggunakan spot treatment khusus kalau mau cepet pudar.

Baca juga :
(1) Verile Acne Blemish Cream
(2) White-Neng Skin Whitening Cream

Hmmm... Kalau disuruh pilih, saya lebih suka dengan Ovale Masker Bengkoang. Wangi maskernya enak dan dingin banget di kulit. Ada yang saranin saya coba Ovale Bedak Dingin juga sih, tapi ntaran lah ngabisin yang ada dulu insya Allah.

Menurut orang yang pernah rutin pake masker buah bengkoang asli, hasilnya lebih bagus dibanding masker bubuk pabrikan (yang notabene sudah dicampur dengan zat-zat tambahan). Cuma memang rada ngga praktis, karena kudu dipotong dan diblender dulu.

Baca juga : Minyak Zaitun : Herborist, Ovale, Wardah

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
4 komentar on "Masker Bengkoang : Mustika Ratu, Ovale, & Viva"
  1. Aku nggak pernah pakai masker bubuk gini Han. Males nyampur air dan aku teledor suka pada tumpah aha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kalo aku suka coba-coba masker Erny xD

      Hapus
  2. kak hanitis edit font difotonya pake apa sih ? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku edit font foto pake photoscape aja ^^;

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^