Cuci Muka Pake Air Teh Hijau

Kamis, 23 Maret 2017
Meski sekarang ada yang membasuh wajah dengan sparkling water dan larutan unik lainnya, tapi air teh, air beras, atau bahkan air mineral biasa masih sering digunakan untuk perawatan wajah.

Seperti biasa, yang jadi pertanyaan saat kita melihat artikel DIY/Homemade Skin Care adalah "emang ngefek?"

Itulah yang akan kita bahas di sini hehe.

Ide postingan ini saya dapat dari @ichissa (via dm instagram). Kayaknya ngga perlu kita bahas panjang lebar tentang khasiat teh hijau, yaitu kaya antioksidan dan kemampuan untuk menenangkan kulit.


Saya juga pernah cuci muka pake air teh. Tapi karena itu teh biasa, jadi meninggalkan stain cokelat di kulit. Ketauannya pas dilap dengan toner. Karena itu kali ini saya coba menggunakan Teh Hijau Tong Tji.

Kata @ichissa bagusnya pake teh hijau bubuk (pure matcha, bukan yang latte). Namun, apa daya, cari pure matcha susah di daerah saya :))


Ketimbang teh basi, saya menggunakan teh hijau yang masih hangat. Ini kekhawatiran saya pribadi aja sih hehe :D kulit saya acne prone, takut kalau teh basi banyak bakterinya.

Cara pemakaian

Umumnya digunakan single use pagi-pagi atau bisa juga digunakan untuk bilasan terakhir setelah cuci muka dengan facial wash.

Bdw, yang saya gunakan adalah teh seduh tubruk, bukan celup.


Review

Saya coba menggunakan teh hijau untuk membasuh wajah sejak Januari 2017, cuma 1x sehari. Daan... saya ngga melihat adanya perubahan sama sekali. Mungkin karena saat itu kulit saya memang lagi sehat. Yasudah, saya jadi rada males dan ngga telaten pakenya hehe.

Saya pun bingung, "Ini mau review apaan kalau kayak gini" wkwkwk.

Akhirnya saya tanya sana sini (ke teman dan reader blog). Kalau disimpulkan, emang ada kok orang-orang yang kulitnya jadi bersih (dalam artian blemish free) setelah rutin membasuh wajah dengan air teh basi. Dan itu ngga hanya teh hijau lho ya, tapi juga teh melati biasa.

Meski demikian... Begitu kulit bermasalah, saya masih ragu pake teh hijau. Takut kulit makin kering dan gatal. Saat itu saya tahan-tahan aja ngga pake apa-apa.

Baca juga : Kulit Rentan Bermasalah? Yuk, Puasa Skin Care.

Satu hari di bulan Maret (tsah) saya iseng coba basuh wajah dengan teh hijau. Masya Allah, gatal-gatal yang saya alami berhari-hari langsung reda. Besokannya kulit saya juga jadi lebih kalem dan ngga reaktif.

Yee... kenapa ngga dari kemarin-kemarin ya saya memberanikan diri :))



In my opinion...

Sebelumnya saya meragukan pernyataan bahwa teh hijau bisa jadi pertolongan pertama saat kulit kita bermasalah. Ya gimana ngga... pas saya pake awal-awal kayak ngga ada efek apa-apa.

Kebiasaan deh menarik kesimpulan terlalu cepat, lol.

Efek instan yang bisa kita harapkan dari teh hijau adalah calming effect-nya. Untuk mencerahkan dan memperlambat proses penuaan sepertinya butuh waktu berbulan-bulan sampai kita bisa memperoleh hasil yang memuaskan.

Saya jadi ingat waktu pakai Evian Facial Spray pun juga gitu. Pas kulit saya lagi biasa aja, ya berasa useless produknya. Manfaatnya baru terasa saat kulit mengalami redness.

Baca juga : Evian Facial Spray

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day :D
4 komentar on "Cuci Muka Pake Air Teh Hijau"
  1. Q dulu rajin cuci muka pake air teh ini, bikin satu gelas kalo udah aga anget q pindah ke gelas yang lain huat diminum nyisain sedikit+ampasnya trus masukin kulkas, besok paginya cucimuka pertama kali pake air teh langsung enak enak enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sampai dimasukin ke kulkas? Seger dong :D Alhamdulillah kalo kamu jg cocok. Thanks for sharing.

      Hapus
  2. Halo mbak, saya mau tanya, penggunaan air teh ini saat setelah cuci muka dengan facial wash atau gimana? Saat saya baca bisa mengurangi blemish langsung tertarik :)

    khhrnisa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya, lupa dicantumin di post. Bisa dipake single use pagi-pagi atau di bilasan terakhir setelah cumuk pake facial wash. Selamat mencoba :D

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^