Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Mineral Botanica Fresh Face Mist : Gulfstream Sea Water & Acne Care

Selasa, 07 Februari 2017
Mau curcol dulu ah... Sampai tahun kemarin, susah banget dapetin produk-produk Mineral Botanica di Makassar. Kalaupun ada, varian produknya ngga lengkap huhu. Kudu online. Tapi makin kesini alhamdulillah akses belinya lumayan mudah.

Produk MiCa yang pertama kali saya coba adalah Face Mist. Dulu pernah saya gunakan sebagai alternatif pelembab saat kulit sedang bermasalah. Saat itu pelembab bertekstur krim terasa berat di kulit... Jadi pengen cari yang ringan-ringan aja hehe.

Baca juga : Mediklin TR


Mineral Botanica
Gulfstream Sea Water
Sodium Hyaluronate
Face Mist

Face Mist dengan pH seimbang dan lembut pada kulit yang membuat wajah terasa segar seketika. Diformulasikan untuk semua jenis kulit.


---

Mineral Botanica
Salicylic Acid Acne Buster
Acne Care Face Mist

Semprotan wajah yang mengandung bahan anti acne, anti irritant, dan anti oksidan, sehingga cocok digunakan untuk kulit berminyak. Dapat melindungi kulit dari radikal bebas, menjaga kelembaban, dan menyegarkan kulit wajah. Formula Face Mist ini mudah diserap oleh kulit.


---

FYI!

Menurut saya pribadi, walau Mineral Botanica ngga masuk supermarket, tapi prospek ke depannya menjanjikan sekali. Mineral Botanica bisa menjawab tuntutan konsumen Indonesia yang mulai concern ke produk kosmetika yang ramah lingkungan, cruelty free, paraben free, halal, dengan harga yang terjangkau.

Bdw, ada seri Mineral Botanica "Whitening" baru. Kalau dilihat dari captionnya, kayaknya ni produk well formulated deh. Sekilas packagingnya mirip Wardah White Secret. Cuma terakhir cek belum dijembreng sih ingredient aktifnya apa aja :D


---

Review

Seri "Acne Buster" baru muncul belakangan (tahun lalu kalau ngga salah). Harga produk (60 ml) sekitar Rp 30-40ribu. Karena ini botol spray biasa, jadi semprotannya jelas tidak sehalus botol aerosol atau nano mist ya. Bisa kuyup banget kalau semprotinnya terlalu dekat :D


Bagusan yang Mana?

Highlight ingredients di seri Gulfstream Sea Water adalah Sodium Hyaluronate, Sodium Chloride (Gulfstream Sea Water), Hamamelis Virgiana Leaf Extract, Aloe Barbadensis Extract, dan Allantoin.

Sedangkan highlight ingredients di seri Acne Care adalah (banyak, lol)... Salicylic Acid, Glycolic Acid, Glycerine, Allantoin, Panthenol, Amylopectin, Betain Anhydrous, Pear Juice Ferment Filtrate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Houttuynia Cordata Extract, Phellodendron Amurense Bark Extract, Salix Alba (Willow) Bark Extract, Rehmania Chinensis Root Extract, Melia Azadirachta Leaf Extract, Glycine Soja (Soybean) Protein.

Jika disimpulkan, kedua produk ini sama bagusnya untuk melembabkan kulit. Walau kelihatannya lebih komplit yang Acne Care, tapi untuk menjawab pertanyaan "bagus mana" itu dibalikin ke kondisi dan kebutuhan kulit kita ^^;

Seri Gulfstream Sea Water fokusnya di melembabkan dan bantu menghidrasi. Relatif cocok untuk semua tipe kulit. TAPI yang kulitnya sensitif dengan Witch Hazel mesti hati-hati karena mungkin bisa mengiritasi.

Baca juga : Wardah Pore Tightening Toner

Dibanding Gulfstream Sea Water, seri Acne Care lebih bersahabat untuk kulit berminyak dan acne prone.

Seri Acne Care mengandung banyak antioksidan untuk melindungi kulit dari stressor yang disebabkan oleh lingkungan (polusi, sinar UV, dkk). Selain itu, formulanya juga bantu mempercepat proses pemulihan kulit dan "ngontrol" jerawat dengan meredakan radang (supaya ngga makin parah).

Imho, "Acne Buster" itu lebih ke penamaan aja. Bukan berarti hanya dengan produk ini semua komedo dan jerawat langsung tuntas. Fungsinya memang lebih ke perawatan, yaitu melembabkan, menenangkan kulit yang rentan bermasalah, dan me-refresh dengan wangi yang relaxing.

Baca juga : 15 Gosip seputar Jerawat

---

Bisa ngga Face Mist ini dijadikan Toner?


Errr... Ngga. Setelah dijadikan toner-toneran, saya baru sadar kalau pewangi dalam produk ini tajam banget. Alhamdulillah kulit saya ngga alergi pewangi, tapi saya yakin di sebagian orang produk ini bakal memicu break out (iritasi dkk) jika digunakan sampai basah.

Baca juga : Perlu Toner atau Tidak?

Jadi, penting banget untuk memperhatikan cara pemakaian Face Mist (terutama yang mengandung fragrance).

(1) Sesuai namanya, yang kita manfaatkan dari Face Mist adalah kabut airnya. Jadi ngga perlu digunakan sampai basah banget. Cukup disemprot sambil lalu saja dengan jarak sekitar 20-30 cm.

Yah ngga ngefek dong...
Ngefek kok. Kulit tetap lembab dan supel :D

(2) Kulit bisa bermasalah jika penggunaannya tidak tepat (terlalu basah).

Saya pernah menggunakan Gulfstream Sea Water Face Mist saat kulit sedang diobati dengan tretinoin, tapi alhamdulillah ngga kenapa-kenapa. Bantu banget malah. Cuman ngga bisa jamin juga di orang lain hasilnya bakal sama... :|

(3) Jika penggunaan sudah tepat, tapi kulit masih bermasalah, berarti memang ngga cocok ^^; Imho, untuk kulit yang sangat sensitif lebih baik menggunakan Face Spray semacam Evian atau Avene.

Baca juga : Evian Facial Spray

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
8 komentar on "Mineral Botanica Fresh Face Mist : Gulfstream Sea Water & Acne Care"
  1. Hai ka, aku udah pernah coba sih yang Face Mist varian Gulfstream Sea Water, aku sih suka-suka aja sama ini karena wanginya fresh dan ga bikin wajahku kenapa-kenaa. Mau coba deh yang Anti Acne, kebetulan kulitku Kombinasi dan Acne Prone^^

    Salam kenal ka^^ hollabeautievers14.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Wida. Alhamdulillah aku juga ngga kenapa-kenapa pake yang Gulfstream :D iyaa yg Acne Care banyak yg cari emang.

      Hapus
  2. Aku tertarik yg Acne Care Face Mist deh xD

    Reviewmu lengkap ya han! Keren!

    Suika-lovers.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, tabarakallah. Hayuk dicoba hahaha xD

      Eciyee udah pake TLD ya Fii? Alhamdulillah :D

      Hapus
  3. recommended memang brand ini affordable dan lumayan kualitasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi xD insya Allah mo review produk lainnya micellar waternya nih, bagus hehe.

      Hapus
  4. Face Mist ini dengan Face Mineral Spray Evian, fungsi nya sama gak sih mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi masing-masing rada spesifik sih. Memang basicnya sama-sama buat melembabkan-menyegarkan, tapi ditujukan untuk kondisi kulit yg beda-beda. Yang paling gentle menurutku jelas facial spray macam Evian, Avene, dkk gitu. Wallahu a'lam.

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^