Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

5 Hal yang Bikin Saya Kepikiran Saat Blogging

Sabtu, 11 Februari 2017

#1 Comparison is the thief of joy

Bahasan tentang ini beberapa kali saya ulang... Terlalu sering blogwalking membuat saya -sadar tidak sadar- jadi membandingkan blog Hai Hanitis dengan blog lain (lagi), macam Viva Woman atau Wellness Mama :') jomplang banget emang hahaha.

Saya jadi merasa tulisan saya tidak cukup baik, foto saya tidak begitu tajam, pengen pindah ke wordpress.org... Gitu teruusss ntar malah ngga posting-posting.

Capek haha.

Kenyataannya, masing-masing blog ditulis dan dikelola oleh orang yang berbeda. Jadi ngga fair kalo mengkritisi blog sendiri kayak gitu :| apalagi ngebandingin sama blog yang usianya lebih 10 tahun.

Camkan itu Tis!

Baca juga : Rumpi tentang Blog

#2 Kata ganti orang pertama

Sepele banget ya hahaha, tapi membuat saya kepikiran. Sebelumnya, blog Hai Hanitis berisikan review produk, screenshot game, dan pengalaman sehari-hari. Dalam setiap artikel, kalimat-kalimatnya seperti obrolan biasa antar teman. Aku-Kamu.

Tahun 2015, saya mulai tertarik untuk sharing reminder dan hal-hal yang menguatkan saya saat down. Tapi saya khawatir, kalau tetap menggunakan Aku-Kamu kesannya menggurui. Apalagi banyak pengunjung blog ini yang lebih tahu dan lebih senior dibanding saya.

Awalnya hanya untuk bahasan tertentu di kategori Personal dan Blogging Experience. Eh, lama-lama kebawa deh ke semua artikel xD (kalau di sesi komen sih tetep...).

Tapi ngga apa-apa deng, penyampaian seperti ini membuat saya jadi lebih hati-hati. Selama ini sudah banyak hal-hal ceroboh yang saya lakukan karena ngga jaga lisan dan tulisan.

Ngomong-ngomong tentang gaya bahasa... untuk membahas sesuatu yang teknis dan penting memang sangat disarankan menggunakan penuturan yang baku, supaya lebih mudah dipahami dan tidak terjadi misinterpretasi. Contohnya untuk blog fotografi, tutorial hp, dst.

#3 Warna foto

Saya ngga jago pake DSLR. Baru-baru ini aja belajar setting manual. Sayangnya, saya tidak punya aplikasi olah foto Raw. Memotret warna produk jadi sangat tricky, karena saya hanya mengandalkan sinar matahari.

Warna kulit saya rada tanggung (Light Medium). Kuning langsat khas Indonesia. Ada kalanya, warna foto produk sudah tepat, tapi warna kulit saya jadi setingkat lebih cerah. Daan saat mendung, kulit saya malah jadi lebih cokelat daripada aslinya.

Jadi, jangan mengira kulit saya "putih" seperti porselen. Itu karena pencahayaannya pas lagi bagus aja ^^;

#4 Credit credit credit!

Bukan source : google.com - melainkan source : contoh-apasih.com

Google.com itu bukan sumber referensi, tapi mesin pencari. Jadi amannya kita mencantumkan link, nama situs, atau channel tempat kita memperoleh kutipan dan informasi. Untuk foto, baiknya ambil dari situs penyedia foto gratis yang bisa dikomersialkan tanpa atribut.

Credit adalah hal yang sangat sensitif. Makanya kadang saya suka kepikiran aduh ini kutipan dapat dari mana ya. Soalnya kalo baca-baca sepintas lalu, trus ngga discreenshot suka lupa T.T

Eniwei, kita ngga bakal kelihatan bodoh atau ngga kompeten kok saat memberi credit ke situs atau orang lain. Hanya karena kita menyusun konten kan bukan berarti kita tahu segalanya. Justru sebaliknya, saat mencantumkan link informasi, kita keliatan lebih credible dan respect dengan karya atau pengetahuan orang lain.

Cuman, di Indonesia masalah credit sering diabaikan (termasuk saya dulu hiks). Bahkan banyak peng-copas yang sengaja crop foto supaya watermark creator-nya hilang. Tapi giliran karya original mereka yang dicopas malah lebih murka. Kan ngga lucu -__-

Baca juga : Hai Hanitis' Blogging Insights

#5 Komentar gagal masuk (Sorry...)

Dulu saya sempat ngebatin, kenapa ya jumlah komentar jadi menurun, padahal traffic blog ini meningkat. Waktu itu saya ngga ambil pusing. Mungkin karena saya jarang ninggalin komen pas blogwalking.

Ditambah lagi blog Hai Hanitis juga saya arahkan jadi personal blog kali ya... makanya udah ngga relevan buat sebagian orang.

Eehhh ternyata ada pengunjung yang gagal komen ^^; Pertama kali tahu dari Anna-Fii "Suika Lovers" (Jazakillah khayr!). Saya beneran ngga ngeh, karena pas dia kabarin, masih ada komen yang bisa masuk. Tapi belakangan, ngga hanya dia yang ngasih info serupa...


Setelah browsing-browsing, penyebabnya karena template blog bermasalah, browser commenter yang belum di-update, atau akun commenter terdeteksi sebagai spam oleh sistem. Selain itu saya ngga tahu. Untuk blog saya sepertinya bukan karena template, karena setelah ganti ternyata masih ada juga yang gagal komen.

Saya sangat mengapresiasi semua komen dan email yang masuk. Apalagi yang udah ngetik panjang-panjang di kotak komen, trus pas gagal rela ngetik ulang di email huhu... Maaf banget ya :(

Bagi yang kesulitan komen atau mau ngasih masukan, bisa lewat email haihanitisblog@gmail.com.

Wallahu a'lam.
Thank you so much for reading this blog and have a nice day :D
18 komentar on "5 Hal yang Bikin Saya Kepikiran Saat Blogging"
  1. Waaa ada namaku ^o^
    Ternyata template blog bisa berantakin komen (visitor juga) jadi ragu mau ganti template tapi bosen >_<

    Suika-lovers.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga papa Fii, ganti aja hehe. Kalo creator templatenya trusted insya Allah aman. Di Blogger Perempuan bukannya ada market place jual template ya? Coba di sana aja :D

      Hapus
  2. Hani, aku juga sering kepikiran gitu. Suka tiba-tiba aku males ngeblog karena, kok fotoku gitu-gitu aja. DUh tone-nya kurang. Terus kata ganti juga sering kepikiran, dan banyak kepikiran laiinnya :D haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, Erny xD kalo fotomu "gitu-gitu aja" apa kabar aku? wkwkwk. Bagus kok angle-nya :D Iya ya, kebanyakan dipikir malah takutnya ngga jalan haha.

      Hapus
  3. Foto ini lho yang sering jadi masalah :(
    kalo misalnya lingkungannya terkontrol (dalam artian pencahayaan & dekorasi tempatnya bagus dll) wah enak banget. Sayangnya kalau event seringkali hal-hal kaya gini ngga diperhatikan pembuat acara. Kadang saya mboyong-mboyong lighting sendiri (yang compact tentunya) buat mengenhance hasil photo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa x( aku juga bawaannya pengen beli reflektor gitu (kalo udh gregetan sendiri haha), supaya cahayanya merata. Tapi krn ngga gitu urgent, jadi ngga beli sampe sekarang, lol ^^;

      Hapus
  4. Aaah aku juga kepikiran banget soal aku vs saya. Saking banget ya sampe ngga mood nulis *ahahaha*
    Pake saya bagus sih, cuma kadang lupa ingat :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum terbiasa emang kagok sih, berasa aneh dan asing sama tulisan sendiri hahaha. Tapi pelan-pelan juga nanti terbiasa xD

      Hapus
  5. hani, hmmm wajar aja untuk ngerasa kepikiran
    kalau buat aku sih tapinya yg penting kamu nyaman dgn isi blog kamu nggak usah overthinking :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Nin xD puncak-puncaknya tahun lalu sih... Sekarang alhamdulillah udah bisa belajar berdamai (dengan pikiran sendiri hahaha).

      Hapus
  6. Poin yang membandingkan itu bener banget bahkan di kehidupan, terkadang membandingkan dengan orang lain. Hehe kejam, ga sadar ngelakuinnya, yang fair membandingkan diri dengan diri yang sebelumnya..baru deh kebuka matanya, terus bersyukur hehehe

    Oiya mau nanya yang wordpress.org emang kenapa di pikiran mau pindah? Kebetulan lg pengen buat blog sama temen, kita prefer blogger soalnya lebih familiar dan mudah,tp tertarik wordpress juga soalnya kayak lebih profesional.. masih bingung jadinya. Makasi ya hani :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lol, banget! Kalau browsingnya kejauhan(?) kadang bikin insecure sendiri haha. Kudu belajar buat ngontrol pikiran dan kagum pada tempatnya(?)

      Udah dari tahun lalu sih pengen pindah ke wordpress.org, tapi belum siap mental, karena pengelolaannya lebih rumit dibanding blogger (aku rada gaptek soalnya). Kita butuh biaya domain+hosting dan custom template-nya juga lebih mahal dari blogger. Jadi sementara mau fokus ke banyakin artikel aja dulu. Lagian rasanya sayang kalau udah pake wordpress.org tapi cuma buat artikel asal jadi huhu.

      Bener banget wordpress.org itu lebih profesional dan prospek jangka panjangnya bagus. Pertimbangan lain, dari sisi keamanan memang kita ngga perlu khawatir karena blogger.com punyanya Google. Tapi ya karena kita "numpang" sama Google, jadi blog kita tidak sepenuhnya milik kita. Sering kan kejadian blog yang dianggap melanggar TOS tau-tau dihapus tanpa pemberitahuan.

      Kalau mau diseriusin emang baiknya pake wordpress.org. Wallahu a'lam.

      Hapus
    2. Makasi penjelasannya hani, kalo pindah pindah gitu apa ga ribet ya.. blog kamu bagus konten sama desainnya hihi

      Hapus
    3. Ya ribet sih hahaha :D apalagi kalau ganti domain (alamat situs), sama saja dengan bangun traffic dari nol. Karena itu idealnya memang sedari awal, supaya ngga repot migrasinya. Alhamdulillah...

      Hapus
  7. keren kak kalo kita blogwalking web jualan saya juga www.jaketmurahbandung.com kebanyakan dari blogwalking, maknyussss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya :D sukses buat olshop-nya ya

      Hapus
  8. Dear Mbak Titis,
    Saya sering kesulitan untuk melampirkan gambar pada post blog. Karena inginnya pakai gambar otentik milik pribadi, tapi saya tidak bisa fotografi. Akhirnya hanya bisa pakai gambar hasil jepretan handphone. Kira2 ada saran gak sebaiknya bgmn? Saya tertarik dengan infonya untuk ambil gambar dr situs gambar gratis. Tp tidak paham betul bgmn caranya agar tidak bermasalah dgn credit dan contoh webnya apa saja?

    Terima kasih,
    Anindya Lubis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anindya Lubis,

      (aku panggil apa nih biar akrab? sist Anin? hehe)

      Situs penyedia foto gratis itu unsplash, pixabay, pexels, stocksnap.io

      Foto-fotonya di bawah lisensi Creative Commons CC0. Ini berarti, kita bisa copy, modifikasi, mendistribusikan, bahkan fotonya bisa digunakan untuk tujuan komersial tanpa perlu minta izin atau menyertakan atribut.

      Foto yang diupload dan beredar di situs-situs itu sepengamatanku 11-12 (kurleb sama aja). Tinggal pilih mana situs yang tampilannya kamu suka dan navigasinya memudahkan kamu buat browsing.

      Wallahu a'lam. Semoga bermanfaat dan happy blogging!

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^