Kertas Minyak : Acnes, Clean & Clear, Ovale, dan Oxy

Minggu, 31 Juli 2016

Beberapa kali saya ditanya, "Apa ya pelembab yang ngga bikin kulit jadi berminyak siang-siang?"

Sebenarnya mudah saja. Anjuran untuk tipe kulit berminyak adalah cari pelembab yang bertekstur gel atau liquid/watery. Insya Allah tekstur yang cepat meresap tidak membuat kulit jadi mudah kilap berminyak.

Baca juga : Tipe & Kondisi Kulit

TAPI, saya pribadi tidak berharap banyak dengan janji-janji pelembab yang bisa mengurangi produksi sebum segala macam.

Wajar jika di siang hari kulit kita semakin berminyak. Apalagi kita tinggal di negara tropis.

Kulit memang punya mekanisme untuk memproduksi sebum berlebih jika dihadapkan dengan terik matahari atau cuaca panas. Ini bisa diamati dengan membandingkan produksi sebum saat kita berada di dalam rumah dan saat beraktivitas di luar ruangan siang-siang :D

Karena itu, saya mengandalkan kertas minyak untuk "mengontrol" sebum di wajah.

Kertas minyak bikin kulit semakin berminyak?

Mungkin ada yang khawatir kalau kulit dipaksa kering, kelenjar minyak makin terpicu untuk memproduksi minyak berlebih. Padahal, kertas minyak hanya menyerap kelebihan sebum tanpa memaksa kulit jadi kering. Karena itulah labelnya Oil Controlling, bukan Oil Removing.

Tips? Note to my self too...

Ada sebagian orang yang jika wajahnya berminyak, kulitnya langsung ditimpa dengan bedak atau foundation. Kebiasaan ini yang sadar ngga sadar membuat kulit jadi mudah berkomedo. Idealnya, kulit ditap-tap dengan kertas minyak dulu, baru kemudian di-touch up. Supaya sebum dan keringat ngga menggumpal dengan bedak/foundation/bb/cc cream, lalu menyumbat pori.

---

Acnes Oil Control Film
50 lembar | Sekitar Rp 23-28.000

Produk-produk Acnes ditujukan untuk merawat kulit acne prone yang identik dengan produksi sebum berlebih. Variannya lengkap, dari face wash, pelembab, sunblock, kapas, hingga kertas minyak. Ngga heran kalau ada yang beranggapan, "Karena ini dari Acnes, pasti kertas minyaknya juga ada zat aktif buat menangani jerawat."

Aslinya ngga ya... Komposisinya standar oil control film pada umumnya.


Baca juga : Acnes Tea Tree Oil Clay Mask

Clean & Clear Oil Control Film
60 lembar | sekitar Rp 23-28.000

Dari tampilannya aja sudah ketahuan :)) produk ini yang paling sering saya beli. Sebatas ingatan saya, awal-awal ngetrennya kertas minyak di Indonesia itu dimulai dengan Ovale, Clean & Clear, baru kemudian Acnes.

Kalaupun saya ganti (ke Acnes), biasanya karena bosan dengan warnanya, atau beli mana aja yang lagi diskon :p


Clean & Clear juga pernah muncul(?) sepintas di artikel What's in My Pouch? (2014)

Baca juga : What's in My Pouch?

Ovale Face Paper
100 lembar | Rp 7.000

Cocok untuk tipe kulit yang tidak begitu berminyak, yaitu tipe normal dan kombinasi (oily di T-zone). Disukai karena murah dan isinya banyak. Kekurangannya, mudah basah dan sobek.


OXY Oil Control Film
50 lembar | sekitar Rp 32.000

Oxy yang harganya lebih mahal dibanding 3 produk sebelumnya. Yang dimaksud "Daya Serap 3x Lebih Kuat" itu jika dibandingkan kertas minyak seperti Ovale, bukan dengan oil control film sejenis.


Kelihatannya mirip dengan Clean & Clear, tapi warna lembaran Oxy lebih tua sedikit. Selebihnya sama saja.


Kesimpulan

Produk-produk ini sangat mudah ditemukan di supermarket seperti Hypermart, Carrefour, Hero, Lotte Mart atau drugstore seperti Guardian, Century, Watson, dst.

Untuk kulit yang produksi sebumnya tidak berlebih (normal dan kombinasi), kertas minyak seperti Ovale sudah cukup.

Acnes, Clean & Clear, dan Oxy sama saja, baik dari segi penampakan dan fungsinya. Ketiganya adalah oil control film elastis yang tidak basah jika terkena keringat, dan jadi transparan saat menyerap sebum.

Kemasan Oxy dibuat lebih laki ya (padahal mah sama aja haha). Harganya lebih mahal, tapi dari deskripsi produknya persis dengan Acnes. Mungkin karena satu produsen (Rohto).


Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil

Sabtu, 23 Juli 2016

Cleansing oil didaulat sebagai salah satu pembersih yang efektif. Alasannya, karena minyak melarutkan minyak (oil dissolved oil, termasuk sebum). The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil bisa jadi pilihan buat kamu yang menginginkan minyak pembersih yang ringan di kulit.

Baca juga : Apa Situs & Channel Kecantikan Favoritmu?

Deskripsi produk

This silky-soft cleanser will effortlessly remove make-up from the whole face quickly and effectively, leaving skin feeling clean, refreshed and clear of impurities. It’s the ultimate time-saver.

Ulaskan dengan gerakan memijat ke kulit dan bilas dengan air bersih. Untuk mengangkat sisa make up, gunakan soft facial cleansing sponge atau luxury facial flannel.


Ingredients

Glycine Soja Oil/Glycine Soja (Soybean) Oil (Emollient/Skin Conditioner), Prunus Amygdalus Dulcis Oil/Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil (Skin-Conditioning Agent), Helianthus Annuus Seed Oil/Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil (Emollient), C12-15 Alkyl Benzoate (Emollient), Caprylic/Capric Triglyceride (Emollient), Ethylhexyl Palmitate (Skin Conditioning Agent), Isohexadecane (Emollient/Solvent), Polysorbate 85 (Surfactant-Emulsifying), Sorbitan Trioleate (Surfactant-Emulsifying), Sesamum Indicum Seed Oil/Sesamum Indicum (Sesame) Seed Oil (Skin-Conditioning Agent), Octyldodecanol (Emollient), Parfum/Fragrance (Fragrance), Linalool (Fragrance Ingredient), Tocopherol (Antioxidant), Limonene (Fragrance Ingredient), Anthemis Nobilis Flower Oil (Fragrance/Essential Oil), Citric Acid (pH Adjuster).

Noted.

Yang kulitnya sensitif atau alergi pewangi (fragrance) baiknya hati-hati.

Review

Kalau dilihat dari ingredients list-nya, The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil menggunakan Soybean Oil, Sweet Almond Oil, Sunflower Seed Oil, Sesame Seed Oil... Camomile-nya malah dikit hehe (Anthemis Nobilis Flower Oil).

The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil cukup gentle di kulit dan ngga pedih di mata. Aromanya juga lembut menenangkan. Tapi bagi yang tidak terbiasa menggunakan minyak (natural oil) mungkin akan terganggu dengan wanginya.

Tekstur agak pekat dibanding minyak kosmetik yang pernah saya coba. Namun terasa ringan dan sangat encer begitu diaplikasikan di kulit. Daya bersihnya sangat baik. Saya butuh 2-4 kali pump untuk membersihkan wajah dan leher.

Saat dibasuh air, minyak dan kotorannya langsung luruh seperti cleansing milk. Setelahnya, kulit tidak terasa licin berminyak, melainkan halus dan lembab.


Selama berbulan-bulan, produk ini sudah menemani saya dalam 3 kondisi kulit. Kadang cocok banget, kadang mesti diskip.

(1) Saat kulit tidak bermasalah.
Produk ini membuat kulit terasa halus dan lembut. Kulit terlihat lebih cerah dan fresh juga.

(2) Minor break out (jerawat 1-3 biji).
Efek calming dari produk ini terasa banget. Bukan menyembuhkan ya, tapi kulit ngga reaktif saat dibersihkan dan ngga memperparah jerawat. Produk ini masih ramah di kulit yang rentan bermasalah selama bukan kasus yang berat.

(3) Dehidrasi.
Bagi yang belum tahu, kulit kering dan dehidrasi itu berbeda. Kulit kering kekurangan kadar minyak sedangkan dehidrasi (sesuai namanya) kekurangan kadar air. Saat dehidrasi, kulit saya lebih kasar dibanding biasanya. Produk ini malah ngga nyaman dan terasa berat di kulit.

Ngomong-ngomong, tahun lalu saya berencana bahas facial oil (termasuk minyak untuk membersihkan kulit), tapi belum kesampaian ya karena kondisi kulit saya masih naik turun. Insya Allah kalaupun mereview mungkin ngga semua jenis minyak, daripada mubazir ^^;

Baca juga : Tipe dan Kondisi Kulit

Saya simpulkan hasil terbaik dari produk ini dapat diperoleh di tipe kulit normal dan kering.

Kulit berminyak dan kombinasi masih perlu diakalin dengan menggunakan air hangat, washlap, cleansing sponge, atau dilanjut dengan sabun wajah (double cleansing) untuk memastikan tidak ada ampas pembersihan yang tertinggal dan menyumbat pori.

Secara keseluruhan produk ini bagus. Coba browsing aja, sebagian besar reviewnya positif. Yang rada annoying cuma kemasannya hahaha. Isinya gampang beleber. Padahal sudah saya pastikan pumpnya tertutup ^^; Untuk travelling, baiknya dipindah ke botol lain.

Updated! Agustus 2016
Kemasannya udah ganti lhoo... Pumpnya jadi lebih kokoh :D

Harganya Rp 199.000 untuk ukuran 200 ml. Habisnya lumayan lama. Apalagi kalo kita punya beberapa alternatif pembersih lain ^^

Baca juga : Female Daily The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

STUDIO MAKEUP Rich Hydration Lipstick (SRL-11 Really Red)

Minggu, 17 Juli 2016

Beberapa bulan terakhir, saya suka banget pake lipstik matte. Saya ngga tau ya, apa ini cuma saya saja atau adakah yang lain merasakan hal yang sama? Bibir jadi mudah kering dan begah lagi.

Kayaknya bibir saya lebih cocok dengan lipstik yang mampu menghidrasi dan melembabkan. Tentang ini juga sudah saya update di artikel jadul...

Baca juga : Caraku mengatasi Bibir Pecah-pecah dan Menggelap

Punya problem yang sama dengan saya? Kamu bisa coba varian Rich Hydration Lipstick dari Studio Makeup ini. Warnanya bisa sangat rich dan intens, namun tetap ringan di bibir.

Deskripsi produk
(dikutip dari studio-make-up.com)

Rich Hydratation Lipstick
Creamy, hydrating formula with a rich color pay off
Contains anti-aging and moisturizing ingredients

Baca juga : Apa Situs & Channel Kecantikan Favoritmu?


Ada 12 pilihan warna. Baiknya kalau mau pilih warna langsung ke counternya aja atau lihat dari foto yang jelas. Karena warna saat dioles di bibir berbeda dengan batang lipstiknya.


Packaging


Seri Rich Hydration Lipstick didesain lux, tapi plastiknya gampang gores. Kemasannya juga unik. Model click closure gitu. Kalau ngga salah ingat, ada juga produk lokal yang kemasannya seperti ini (LT Pro? cmiiw).

Jadi, pas ditutup, lipsticknya rada ngeper dan mesti ditekan masuk sampai bunyi klik. Cara keluarinnya juga gitu, kudu diklik ke dalam dulu.


Review

Warna lipstik ini sangat rich dan seolah-olah bergradasi. Rada tricky untuk difoto. Base warnanya merah cherry, kelihatan jika dioles tipis. Pas pudar juga bagus hasilnya (lol), jadi kayak pake lip tint cherry gitu.

Ngomong-ngomong, lipstik merah bisa membuat wajah tampak lebih cerah dan gigi terlihat lebih putih. TAPI lipstik merah juga memperjelas noda kemerahan atau spot jerawat (blemishes). Bagusnya dipake pas kulit bener-bener mulus dari spot.


Warnanya buildable banget. Dengan kata lain, lipstik ini bisa digunakan sebagai lip stain (pemakaian tipis/sheer) dan untuk memberi kesan bibir penuh (bold, bervolume).

Daya tutupnya juga bagus, tepi yang menggelap dapat tercover dengan baik. Sama sekali tidak terasa berat di bibir. Biasa saja, kayak pake lipbalm.

Lipstik ini membuat bibir terlihat moist (basah, bukan berminyak) dan segar. Baiknya bibir discrub dulu untuk mendapat hasil yang lebih smooth.

Walau pigmentasinya oke, tapi daya tahannya standar di bibir saya (makan minumnya barbar kali ya -__- haha). Supaya warnanya ngga mudah geser dan lebih tahan lama, saat diaplikasikan mesti tunggu beberapa saat sampai lipsticknya menyerap, kemudian dilayer lagi.

Oh iya, tentang kemampuan melembabkan dan menghidrasinya ngga perlu diragukan. Studio Makeup Rich Hydration Lipstick mengandung Ceramide 3. Ingredient anti aging yang umumnya ada di dalam produk premium/high end.

Tertarik dengan produk ini?

Harganya sekitar Rp 170.000. Bisa diperoleh di counternya Studio Makeup atau online shop. Baca juga review-review lain di Female Daily Studio Makeup Rich Hydration Lipstick.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

CANMAKE Cream Cheek (05 Sweet Apricot)

Rabu, 13 Juli 2016

Blush on memang membuat kulit wajah terlihat segar dan ngga pucat. Tapi, ngga semua orang berani pake karena khawatir bakal menor seperti ini...


Anak-anak sih lucu ya :)) kalo udah gede malah kayak abis ditabok.

Kalo kamu mencari blush on yang hasilnya natural dan mudah digunakan, CANMAKE Cream Cheek bisa jadi pilihan yang tepat. Produk ini berasal dari Jepang dan sudah beredar di Indonesia :D

Baca juga : Apa Situs & Channel Kecantikan Favoritmu?

Deskripsi dan klaim produk
(dikutip dari www.canmake.com)

Contains masses of emollient agents that are highly compatible with your skin (squalene of vegetable origin and amino acid-based emollients), enclosed in a special stretchy gel, which not only protects your skin from drying out, but also improves the blusher's adhesion to your skin, making it longer-lasting.


Deskripsi produk di balik kemasan masih dalam bahasa Jepang ya ^^; Jelasnya, bisa cek di situsnya CANMAKE yang versi bahasa Inggris. Informasi produsen, distributor, notifikasi BPOM, dan ingredients bisa dibaca di bungkus plastiknya. Tapi kecil banget tulisannya ^^;


Cara pemakaian

Totol krimnya dengan jari di pipi, kemudian baurkan dengan gerakan memutar. Cukup satu layer untuk tampilan rona alami. Bisa juga diaplikasikan berulang untuk mendapat hasil yang lebih intens.

Review

Kemasannya mungil dan manis, ala-ala kristal. Cuman, karena terbuat dari plastik, kesannya ringkih banget ^^; Mesti hati-hati supaya kemasannya ngga retak dan patah.


Warnanya peachy pink dengan sedikit shimmer. Kalau di official site-nya, 05 Sweet Apricot ditujukan untuk memberi kesan cute dan polos(?).

Saya ngga paham ya, kenapa produk ini dibilang gel-type. Karena setelah dilihat-diusep-dirasa-rasa, teksturnya lebih mirip butter (krim padat yang empuk, tapi ngga oily sih).


Creamnya mudah lumer begitu diaplikasikan ke kulit. Pertama kali oles memang pigmented banget, tapi semakin dibaurkan, semakin sheer pula warnanya. Natural banget. Suka! :D

Meski demikian, pigmentasinya tetap buildable lho. TAPI setebel apapun yang kita pake, hasilnya ngga sampai kayak pipi Minguk tadi.


Maapkan kantong mata dan bekas jerawatnya ya -__-

Eniwei, CANMAKE Cream Cheek memberi rona sehat yang saking alaminya, seolah-olah itu dari kulit kita sendiri. Produk ini juga ngga menggumpal, sehingga tampak smooth dan benar-benar menyatu di kulit.

Finishingnya semi matte. Bisa digunakan di foundation jenis apapun (baik powder maupun liquid).

Pigmentasinya pun ngga balapan sama warna lipstik. Di kulit medium-agak-light seperti saya, warna ini cocok banget digunakan dengan lipstik merah bata dan nude.

Oiya, banyak yang bilang CANMAKE Cream Cheek long last sampe berjam-jam. Sedangkan di kulit saya, sekitar 2 jam warnanya udah mulai pudar. Mungkin karena pipi saya yang mudah berminyak huhu.

Tertarik dengan produk ini? 

Harganya sekitar Rp 130.000. Totally worth it, karena lama abisnya. Bisa diperoleh di Guardian, Matahari, atau counter kecantikan di mal. Jika masih susah dapetinnya, beli online aja :))

Baca juga review-reviewnya di Female Daily CANMAKE Cream Cheek.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Verile Acne Gel

Sabtu, 09 Juli 2016
Jerawat yang muncul 1-2 biji memang bikin gregetan. Mau dipencet ntar malah infeksi, dibiarin gitu aja bisa lama keringnya. Apalagi kalau dekat dengan acara spesial. Lebaran kemarin, misalnya ^^;

Biasanya, saya mengatasi jerawat ringan dengan obat atau clay mask. Kebetulan dua-duanya lagi habis. Akhirnya beli Verile. Saya ngga ngarep apa-apa karena ini pertama kalinya saya pake Verile. Tapi hasilnya? Ngga mengecewakan! :D


Di official site-nya, Verile disebut sebagai obat jerawat alami(?) yang memiliki fungsi anti bakteri dan anti radang. Selain itu, Verile juga dapat menyembuhkan bekas luka jerawat dengan melepaskan lapisan keratin yang menyumbat dan membentuk jaringan kulit baru.

Kedengarannya menjanjikan ya? :D


Komposisi utama Verile Acne Gel
(dikutip dari VerileSkin.com)

Salicylic acid. Mengikis lapisan terluar dari jerawat.
Triclosan. Menghambat pertumbuhan kuman.
Boric acid. Anti bakteri dan anti jamur ringan.
Allantoin. Merangsang pembentukan jaringan kulit baru.
Niacinamide. Membantu memudarkan noda-noda hitam bekas jerawat.

Klaim produk
Membantu membersihkan kulit dari minyak berlebih.
Membasmi bakteri dan jamur penyebab jerawat dengan tuntas.
Membantu penyembuhan luka jerawat.
Memberikan rasa sejuk pada jerawat yang meradang.
Cepat menghilangkan gejala yang menyertai jerawat seperti rasa gatal, merah dan lecet.
Tidak mengiritasi kulit.
Transparan dan bisa digunakan kapan saja, tidak lengket dan tidak berbekas.


Cara pemakaian
Bersihkan wajah, keringkan, kemudian oles Verile Acne Gel pada spot yang berjerawat. Verile Acne Gel dapat digunakan pada pagi, siang dan malam hari.


Review
Saat digunakan, Verile Acne Gel terasa dingin di kulit. Teksturnya gel yang mudah meresap. Hanya saja, jika dioles tebal malah terasa lengket dan pedas di mata.


Pertama kali pakai, saya oles tipis di jerawat yang matang (sudah terlihat mata putih/nanahnya), dan selang beberapa jam jerawatnya kempes. Saya bahkan belum sempat mengambil fotonya :|

Verile Acne Gel dapat mengeringkan jerawat serta mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat baru (tidak menyebar). Bekas jerawatnya juga kering dan rata, sama sekali tidak meninggalkan bopeng (acne scar yang dalam). Noda bekasnya juga ngga gelap, sehingga mudah dipudarkan.

Untuk pemakaian berikutnya, butuh waktu sekitar 2 hari hingga jerawatnya hilang (mrintis kecil sih, belum mateng). Imho, produk ini kurang efektif untuk mengatasi problem jerawat yang mendam. Untuk jerawat mendam (kulit terasa bergerinjal saat diraba), saya lebih suka menggunakan tretinoin ^^;

Baca juga : Mediklin TR (tretinoin & clindamycin)

Verile Acne Gel bisa diperoleh di drugstore, apotek, dan tempat-tempat lainnnya. Kisaran harganya sekitar Rp 13.500-17.000. Saya beli Verile di Guardian seharga Rp 16.000.

Produk ini recommended untuk orang-orang yang mengalami jerawat ringan. Fungsinya sebagai obat ya, bukan skin care. Jadi, gunakan hanya saat kulit sedang bermasalah. Untuk kasus bruntusan/jerawat yang nyebar, parah, dan menahun lebih baik berobat di dokter.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

13 Pelajaran Pribadi dari Ramadhan 1437 H / 2016

Sabtu, 02 Juli 2016
Kalau keluarga dan teman-teman saya baca artikel ini mungkin bakal nyaut dari jauh: HALAH! (wkwkwk, you know me-lah... ^^;). Yaa memang karena ini pembelajaran pribadi. Saya share mumpung setannya masih dibelenggu hehehe #benerin mukenah. Mudah-mudahan bermanfaat juga buat yang lain.

Konten artikel ini...
(Klik untuk langsung membaca bagian spesifik)

#1 Miliki Hijab Syar'i seperlunya
#2 Cara menilai diri sendiri
#3 Menyikapi pujian dan apresiasi
#4 Menundukkan pandangan
#5 Jaga lisan dan tulisan

#6 Ehm. Gossip T.T
#7 Bahaya menyakiti dan menghina orang lain
#8 Kurang ilmu
#9 Ramadhan dan Al Quran
#10 Fokus membaca atau menghafal?

#11 "Urus saja dirimu sendiri."
#12 Orang yang memberi nasihat tidaklah ma'shum
#13 Kebiasaan buruk yang kembali selepas Ramadhan


#1 Miliki Hijab Syar'i seperlunya.

Berikut reminder yang mengena bagi saya dari @gerai_ummuraihanah (via instagram).

Hijabnya memang syar'i, tapi mahalnya ngga ketulungan. Wanita muslimah pun menabung sedikit-sedikit untuk beli hijab syar'i dan melupakan tabungan ke tanah suci. Lupa menabung untuk qurban, bahkan mudah menabung untuk beli baju baru daripada keluar untuk sedekah.

Ketika hijab syar'i yang baru dibeli ada sedikit cacatnya, pikirannya resah penuh kecewa. Syaitan telah membuatnya lupa dengan cacat sholatnya, cacat sedekahnya, dan cacat bacaan Quran. Jika hijab syar'i yang dimilikinya memiliki keindahan sempurna, ia tidak siap menyedekahkannya. 

Hatinya telah menikah dengan dunia dan menjauh dari Rabb-Nya.

Jika sudah demikian, masihkah punya keinginan mengoleksinya?
Miliki hijab syar'i seperlunya. Sederhanakanlah penampilan.



#2 Cara menilai diri sendiri.

Doa yang kita panjatkan kepada Allah dapat menceritakan karakter dan prioritas kita. Idealnya, 2/3 dari doa muslim ditujukan untuk kehidupan di akhirat. Kebaikan dunia di dalam doa yang kita minta pun mesti diarahkan untuk kebaikan akhirat, yaitu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima.

Lengkapnya bisa tonton ceramah Shaykh Omar Suleiman : Guidance from Surah Yusuf - Singapore 2015.


Baca juga : Self Check : Deteksi Ego yang Bermasalah & Solusinya

#3 Menyikapi pujian dan apresiasi.

Sejatinya, pujian itu memupuk ego (bibit sombong dan bangga diri) jika kita salah menyikapinya. Kalau ada yang memuji, segera tujukan pujian itu ke Allah dengan mengucapkan Masya Allah (inilah kehendak Allah) dan/atau Tabarakallah (Allah yang memberkahi, cmiiw). Karena pada hakikatnya segala puji hanya milik Allah (Alhamdulillah).

Berikut doa Abu Bakar radhiyallahu anhu saat dipuji...

"Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka." (Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 228, no.4876. Lihat Jaami’ul Ahadits, Jalaluddin As Suyuthi, 25: 145, Asy Syamilah)

Baca juga : Rumaysho.com : Doa Ketika Dipuji Orang Lain

#4 Menundukkan pandangan.

Yang saya maksud bukan hanya menundukkan pandangan dari Song Joongki oppa, tapi juga dari kesalahan dan aib orang lain. Karena hal yang lebih mudah dibanding membalikkan telapak tangan adalah nyari kesalahan orang, lol ^^;

Mungkin ada yang salah dalam diri kita (oke, terutama saya) jika lebih mudah melihat kesalahan dan kekurangan orang lain dibanding kebaikan dan kelebihannya. Sudut pandang kita ya mencerminkan mental state kita sendiri. Jadi, hati-hati... Bisa jadi, itu hanya proyeksi dari hal-hal yang membuat kita (iya, saya) insecure.

Lagipula, menemukan aib dan kesalahan orang lain bukan prestasi (konteksnya bukan tindak kriminal ya ^^;), karena manusia memang ladangnya salah.

#5 Jaga lisan dan tulisan.

Menurut Ustadz Nouman Ali Khan, penggunaan kata-kata kotor dan kasar bukan hanya karena kebiasaan, tapi juga indikasi masalah spiritual.

When someone isn’t smart enough to express their frustration, they use dirty words. Those are words that describe a lack of intelligence. Smart people don’t use those kind of dirty words, because they find it an insult to their intelligence. Nouman Ali Khan.


Imam Nawawi berkata di dalam Al-Adzkar: ”Ketahuilah bahwasanya ghibah itu sebagaimana diharamkan bagi orang yang mengghibahi, diharamkan juga bagi orang yang mendengarkan dan menyetujuinya. Maka wajib bagi siapa saja yang mendengar seseorang mulai mengghibahi (saudaranya yang lain) untuk melarang orang itu, kalau dia tidak takut kepada mudhorot yang jelas. Dan jika dia takut kepada orang yang sedang mengghibah, maka wajib baginya untuk mengingkari dengan hati dan meninggalkan majelis tempat ghibah tersebut jika hal itu memungkinkan.

Jika dia mampu untuk mengingkari dengan lisannya atau dengan memotong pembicaraan ghibah tadi dengan pembicaraan yang lain, maka wajib baginya untuk melakukannya. Jika dia tidak melakukannya berarti dia telah bermaksiat.

Jika dia berkata dengan lisannya: ”Diamlah”, namun hatinya ingin pembicaraan ghibah tersebut dilanjutkan, maka hal itu adalah kemunafikan yang tidak bisa membebaskan dia dari dosa. Dia harus membenci ghibah tersebut dengan hatinya (agar bisa bebas dari dosa-pent).


Yang mendengarkan harus mengingkari dengan lisan atau hatinya, bukan malah nimbrung dan nambah-nambahin. Kalau bisa, potong atau tinggalkan pembicaraan T.T Baiknya, kita menceritakan kebaikan dan banyak-banyak memohonkan ampun untuk orang yang pernah kita ghibahi.

Lebih lanjut baca juga di situs Al Manhaj...
Bahaya menggunjing
Hukum mendengarkan ghibah, bertaubat dari ghibah, dan ghibah yang dibolehkan

Talking badly about someone else while they aren't there to defend themselves says more about you than the person you're talking about. Unknown.

#7 Bahaya menyakiti dan menghina orang lain.

Kita bisa mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan (sindiran, sarkasme, pertanyaan yang tidak perlu dilontarkan, dst), kemudian lepas tangan.

"Aku ngga ngomong apa-apa kok, dia kali yang terlalu sensitif."
"Lah aku cuma nanya doang..."

Terlebih, menyakiti dan menghina orang lain lebih sering diekspresikan melalui raut wajah dan gestur. Iya, kita bisa mengelabui manusia, tapi kita tidak akan bisa mengelabui Allah :)

Allah memberitahu kita, "Jangan mengolok-olok orang lain, bisa jadi dia lebih baik daripada kamu." (ref: QS. Al Hujurat, ayat 11).

Pfftt... Lebih baik dari aku?
Lihat tampangnya.
Lihat bajunya.
Lihat rumahnya.
Lihat pekerjaannya.
Kayak gitu lebih baik dari aku?

Fun Fact! ^^;
Tidak ada dari itu semua yang membuat kita lebih baik daripada orang lain. Karena yang membuat manusia lebih baik dari manusia lainnya adalah taqwa. Dan hanya Allah yang mengetahui siapa di antara kita yang paling bertaqwa.

Lebih lanjut nonton di sini...
Do Not Insult People/Jangan Menghina Orang Lain oleh Ustadz Nouman Ali Khan.


Yang penting untuk diperhatikan, jangan sampai kita menyakiti dan merendahkan kekasihNya Allah 'Azza wa Jalla (orang-orang shalih yang lebih dikasihi Allah dibanding orang kebanyakan, cmiiw). Apalagi kita tidak tahu dengan pasti siapa saja kekasih-kekasih tersebut. FYI, kalau kita menyakiti mereka, otomatis kita jadi musuhNya Allah. Jadi, hati-hati. Amannya, baik-baik sama semua orang T.T #notetomyself.

Ini kutipan dari Ustadz Salim A. Fillah (lengkapnya baca di laman Facebok beliau) yang bagus jadi renungan. Tentang Kekasih Tersembunyi...

Orang-orang yang menetapi kewajiban kepada Allah dan menjauhi laranganNya sungguh istimewa. Merekalah orang bertaqwa, merekalah kekasihNya. Tapi kekasih Allah pun berderajat-derajat tingkatannya. Dan termasuk tingkatan yang tertinggi di antara mereka, seperti kata Sayyidina ‘Umar, adalah yang tak mudah dikenali oleh mata manusia.

Merekalah Atqiya’ul Akhfiya’, orang-orang yang bertaqwa lagi tersembunyi. Mereka terkenal di langit meski diabaikan di bumi. Mereka dirindukan surga meski dikucilkan dunia.

Inilah catatan penting kita, bahwa orang-orang shalih yang menjadi kekasih Allah sama sekali bukanlah orang yang menonjolkan diri. Mungkin memang ada di antara mereka yang menonjol, tapi bukan sebab keinginan dirinya. Dan sungguh hati mereka juga tak pernah menyukai keterkenalan itu. Allah hanya hendak membebani mereka dengan ujian yang lebih berat berupa kemasyhuran.

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla mencintai hamba-hamba yang diciptakanNya”, begitu kalimat Nabi ﷺ dalam riwayat Muslim,

“Yang terpilih, yang suka menyembunyikan ‘amal, yang bajik, yang kusut rambutnya, yang berdebu mukanya, dan yang kelaparan perutnya. Jika mereka meminta izin kepada Amir untuk menghadap, maka mereka tak diizinkan. Jika memberi anjuran, maka kata-kata mereka tak dianggap. Jika melamar, maka mereka tidak dinikahkan. Jika tak hadir, maka mereka tak dicari. Jika muncul, kedatangan mereka tak disambut. Jika sakit, mereka tidak dijenguk. Jika mati, mereka tidak dipersaksikan.”

Sungguh kita tertuntut untuk tak meremehkan seorangpun di antara hamba Allah yang shalih seisi bumi, sebab boleh jadi mereka adalah para kekasihNya yang jauh lebih terkasih dibanding kita. 

Maka mari meniti jalan zuhud seperti yang diungkap cirinya oleh Hasan Al Bashri. “Sang zahid adalah dia yang jika berjumpa orang lain selalu berkata pada dirinya, ‘Beliau lebih utama daripada aku.’”

#8 Kurang ilmu.

Alhamdulillah, jaman sekarang akses belajar sudah banyak. Jadi, ngga ada alasan buat ngga menyimak kajian. Penting banget, karena kadang ada ayat yang dicomot dan ditafsirkan sembarangan (bahkan oleh muslim sendiri ^^;). Padahal kita harus paham ayat tersebut sejarah turunnya kenapa dan konteksnya gimana. #notetomyself

Saya suka mengikuti ceramahnya Ustadz Nouman Ali Khan, Shaykh Omar Suleiman, Mufti Ismail Menk, Ustadz Bilal Assad, dan ustadz lain yang cuma saya tahu suaranya (karena di video tidak ditampilkan sosoknya). Kalau dari Indonesia, saya mantengin channelnya Ustadz Khalid Basalamah.

Ngomong-ngomong, saya lebih sering dengerin ustadz luar, karena awal mula tertarik nonton itu ya berkat streaming di youtube ^^; Kajiannya mudah dipahami orang awam seperti saya. Penyampaiannya juga adem kayak ubin masjid, karena ngga pake teriak-teriak hehe.

Baca juga : Ramadhan 1436 H (2015) : Channel Youtube, Akun Instagram, & Situs Favorit


Ramadhan menjadi spesial karena Al Quran turun di dalamnya. Jadi, sangat dianjurkan untuk membaca dan menghafal ayat-ayat Al Quran selama Ramadhan. Saat kita menghafal, kan ayatnya dibaca berulang... Jadi, pahala bacanya dapet, pas lepas Ramadhan hapalannya juga nambah ^^;


Lebih baik menyeimbangkan keduanya, karena sunnahnya adalah dibaca-dipahami-dihafal #notetomyself. Lagipula, menghafal ayat-ayat Quran juga memuliakan orangtua kita dengan mahkkota kelak di akhirat. Jadi, sebisa mungkin tambah hafalan kita walau hanya beberapa ayat.

Ps.
Jangan pikir saya jago ngaji dan banyak hafalannya, tajwid aja masih celamitan. Ngga ada apa-apanya dibanding adek-adek hafidz yang di tipi-tipi itu :|

Berikut reminder tentang Al Quran dari adek kecil...

Ada tiga hal yang mesti tertanam dalam pikiranmu.

Kita tidak akan selamat dari kematian.
Tidak pernah ada istirahat di dunia.
Tidak ada yang selamat dari ucapan (negatif) orang-orang.

Seorang shalih berkata, "Jika dunia terasa sempit di hadapanku, aku pun membaca beberapa lembar Al Quran. Lalu, tak sampai beberapa hari, Allah membukakan untukku apa yang tidak aku sangka-sangka, berupa rezeki, ilmu, dan pemahaman."

"Thohaa. Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah." (QS. Thohaa, ayat 1-2). Al Quran merupakan jalan kebahagiaan dan menjauhkan kita dari kesusahan. "...dan barangsiapa berpaling dari peringatanKu, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit." (QS. Thohaa, ayat 124)

Di antara penyebab utama kesulitan, kesempitan, serta kesedihan adalah jauh dari Al Quran dan jarang mengingatNya.

Yaa Allah, jadikanlah Al Quran penyejuk hati kami, cahaya yang menyinari dada kami, pelipur duka kami, penghapus kesedihan kami.

Orang yang hidup bersama Al Quran (dengan membaca dan menghafalnya) mendapat kekhususan yang indah. Setiap kali digoda dunia, Quran menarik mereka dengan lembut, lalu mereka pun kembali bertaubat.

Setiap saat kita berada dalam ujian. Mungkin sudah saatnya lembaranmu ditarik dan terhentilah waktu yang telah Allah tentukan untukmu. Jadi, perhatikanlah dengan cermat lembaranmu, tinggalkan lembaran orang lain.

Isilah kuburmu dengan tiga perabotan terindah, yaitu sholat, sedekah, Al Quran.
Segerakan amal baik sebelum Anda meninggal.


Lengkapnya bisa tonton di sini...



Sering banget kita ketemu komen "Ngga usah nyinyir deh, urusan agama itu masing-masing," di social media. Yang jadi admin akun dakwah (via instagram) juga serba salah ya, nasihatin dan menyampaikan ilmu dengan santun sekalipun malah diserang sana-sini ^^; Di sisi lain, menyembunyikan ilmu juga masuk dosa besar, cmiiw.

Alergi nasihat, apalagi sampai membenci orang yang menasihati termasuk penyakit hati. Ini renungan yang bagus buat kita yang keras dan sulit menerima nasihat...

"Dan sesungguhnya termasuk dosa yang paling besar di sisi Allah adalah saat seseorang berkata pada rekannya (mengingatkan), "Bertaqwalah kepada Allah", lalu dijawab: "Urus saja dirimu sendiri".
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy, Al-Baihaqiy, Hanaad bin As-Sariy dalam Az-Zuhd, dll. Hadits itu dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy dalam Silsilah Ash-Shahiihah 6/188.]

dari Ustadz Dony Arif (via muslim.or.id)


"Diri sendiri aja belum bener, mau sok-sok nasehatin hidup orang!"

Ya namanya juga manusia. Kalau tunggu sempurna dulu, ngga bakal ada yang saling mengingatkan dan menasihati. Takutnya, kita membiarkan pergeseran nilai di masyarakat. Yang pada hakikatnya salah dan tidak patut, malah jadi hal yang wajar.

Mohon doanya juga supaya hati saya dilembutkan dan dilapangkan untuk menerima nasihat ^^;

Baca juga : Orang yang memberi nasihat tidaklah ma'shum

Orang bijak kalau dinasihati akan memperbaiki diri, sedang orang jahil (bodoh) biasanya cenderung mendebat dan melakukan pembenaran, bukan mencari kebenaran. Dan biasanya orang jahil menganggap yang bicara paling akhir itulah pemenangnya. Padahal semua orang meninggalkannya karena tak tahan dengan kebodohannya. Kutipan Sunnah.


Ini yang menjadi kekhawatiran banyak orang. Saat puasa bisa mengendalikan temperamen, lepas Ramadhan balik meledak-ledak lagi. Yang rajin banget tarawih, lepas Ramadhan kembali menunda-nunda sholat. Yang khatam baca Quran, lepas Ramadhan Al Qurannya berdebu lagi.

Allah 'Azza wa Jalla mengajarkan kita doa untuk menjaga hati agar tetap lurus, yaitu...

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami pada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisiMu. Sungguh Engkau Maha Pemberi." (QS. Ali Imran, ayat 8)


Rangkumannya bisa baca di sini...

Akhir kata...

Sekian artikel #edisiRamadhan kali ini.
Mohon maaf jika ada penyampaian yang kurang berkenan.
Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima ^^v


Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.