Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Pilih Eyeshadow yang Natural atau Bold?

Minggu, 26 Juni 2016

Kalau dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu, jelas saya lebih suka eyeshadow dengan warna-warna natural (cari aman...). Eyeshadow berwarna gonjreng hanya saya pakai untuk main-main mengikuti tutorial make up di youtube, yang notabene hasilnya kadang jauh dari apa yang dicontohkan. Maklum, ngga jago dandan haha.

Untuk meramaikan(?) dunia pereviewan, di artikel ini saya mengulas eyeshadow ala-ala mermaid dan eyeshadow dengan warna netral.

Baca juga : Apa Situs & Channel Kecantikan Favoritmu?

---

REVLON Colorstay 16-hours Eyeshadow (504 Inspired)

Produk ini terdiri dari 4 warna, putih mutiara, biru turquoise, hijau muda, dan biru navy. Pigmentasinya luar biasa meski tanpa base/primer. Ngomong-ngomong, warnanya terkesan "berat" ya? :D Padahal produk ini terasa ringan di kelopak mata.


Putih mutiara (pearl) : satin finish.
Biru turquoise : shimmer.
Hijau muda : shimmer.
Navy : satin finish.


Foto swatch produk saya ambil dengan pencahayaan alami (matahari ^^;). Warna hijau mudanya (kiri bawah) terlihat agak samar. Tapi dengan pencahayaan lampu dalam ruangan, warnanya lumayan intens kok.

Revlon Colorstay 16-hours Eyeshadow tahan lama sesuai namanya. Saya ngga coba sampe 16 jam, hanya sekitar 5-6 jam (pake di rumah haha). Warnanya awet, karena smudgeproof dan waterproof. Imho, sepertinya Revlon Colorstay 504 Inspired memang lebih oke dipakai di indoor.

Kekurangannya...
Menyerbuk ^^; Mesti hati-hati saat  diaplikasikan. Shimmernya juga nempel banget dan agak susah dibersihkan.

NYX Adorable Shadow Palette

Produk ini terdiri dari warna-warna netral. Tapi, warnanya kurang pigmented di kulit light medium - medium. Hasil terbaik diperoleh di warna kulit fair (khas kaukasian dan Asia Timur).


Setelah dipikir-pikir, pigmentasi NYX Adorable Shadow Palette kayaknya memang sengaja dibuat samar, agar lebih natural dan sesuai untuk no make up-make up. Kalau mau hasil yang lebih intens di kulit medium, ada bagian yang agak~ mirip dengan Sariayu Eyeshadow Borneo B-03.


NYX Adorable Shadow Palette
Yang bershimmer hanya 2 warna di tengah (cokelat tua dan beige). Sisanya matte.

Sariayu Eyeshadow Borneo B-03
Tiga-tiganya bershimmer. Tapi aman, ngga kayak bola disko.


Akhirnya yang lebih kepake di warna kulit tanggung ("putih" ngga, sawo matang juga ngga) seperti saya adalah cokelat tuanya dan sedikit hint pink dan beige.

Kekurangannya...
Di kulit medium, perlu diaplikasikan berulang-ulang agar warnanya keluar. Eyeshadow ini langsung bubar jalan begitu dilap atau saat kita ngga sengaja ngucek mata. Jadi, perlu menggunakan base/primer untuk pigmentasi yang lebih baik dan hasil yang lebih tahan lama. TAPI, di sisi lain, pigmentasi yang samar sebenarnya bermanfaat juga buat yang baru belajar eye make up.

Baca juga review produk-produk ini di Female Daily...
NYX Adorable Shadow Palette

Ps.
Foto-foto ini tidak diambil dalam waktu yang bersamaan.
Maapkan kalau nuansa fotonya beda-beda hehe.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Etude House Oh m'Eye Line (#3 Brown)

Selasa, 21 Juni 2016
Salah satu brand asal Korea Selatan yang menjadi favorit banyak orang adalah Etude House. Selain karena harganya yang relatif terjangkau, kemasannya juga girly banget. Susah ya buat nahan godaan laper mata karena packaginya yang manis :D


Etude House Oh m'Eye Line (5 ml) terdiri dari 5 pilihan warna, yaitu black, gray, brown (yang saya review), purple, dan navy.

Deskripsi produk
This highly pigmented, smudge-proof liquid liner goes on smoothly for precise application and creates strong, beautiful lines that lat.

Cara pemakaian
Oleskan di kelopak mata atas, dimulai dari sudut dalam ke luar.


Perhatian
1. Gunakan sesuai petunjuk pemakaian.
2. Simpan produk di suhu ruangan dan hindari paparan sinar matahari langsung.
3. Hentikan pemakaian jika produk memicu masalah.


Review
Etude House Oh m'Eye Line sudah lama populer, karena orang-orang yang baru belajar pake eyeliner pun mudah menggunakannya. Sekali oles, warnanya langsung keluar (ngga perlu didobel). Cuman, rasa-rasanya kurang bold kalau dibandingkan dengan yang hitam (#1 Black).

Baca juga : Apa Situs & Channel Kecantikan Favoritmu?


Banyak yang suka dengan kuasnya, karena tipis dan luwes. TAPI, kalau saya yang pake, malah ngga presisi. Tangan saya suka gemetaran tiap pake kuas yang tipis begitu hahaha. Mesti dibantu dengan angled brush supaya hasilnya rapi ^^;


Teksturnya sangat encer, jadi mesti hati-hati supaya ngga meleber. Saat diaplikasikan, eyeliner ini cepat mengering. Jika ingin mengoreksi, cukup menggunakan Q-tip/cotton bud yang dibasahi toner atau air.

Hasil akhirnya (kesukaan saya hehe) matte dan natural banget, sehingga cocok untuk daily make up atau no make up-make up.

Etude House Oh m'Eye Line beneran smudgeproof lho. Saya coba gosok berkali-kali, sama sekali ngga geser. Tapi sayangnya tidak tahan air. Saya ngga perlu menggunakan cleansing oil untuk membersihkan eyeliner ini. Cukup dengan kapas yang dibasahi air, sudah terangkat.


Dengan kata lain, kurang sesuai untuk orang-orang yang gampang keringatan atau yang kelopak matanya mudah berminyak. Tahan sih mungkin, asal pas basah ngga ngucek-ngucek mata. Bisa juga diakalin dengan men-tap pelan (bukan diusap) pake tisu atau kertas minyak. Eniwei, kulit area mata saya rada kering, jadi dipake berjam-jam juga pigmentasinya masih oke.

Secara keseluruhan, eyeliner ini bagus untuk make up beginner seperti saya :D Cepat mengering, tapi mudah dibersihkan (yang berarti mudah dibenerin juga kalau garisnya menceng, lol). Kemasannya pun mungil, jadi ngga makan tempat kalau dibawa pergi-pergi ^^

Baca juga : Etude House Oh m'Eye Line di Reviews Female Daily

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Etude House Woo Baby Lip Plumper

Jumat, 17 Juni 2016
Dari dulu saya penasaran dengan dandanan ala Korea Selatan. Kok bisa ya bibirnya kelihatan moist dan fresh. Saya coba layer lipstik dengan lip balm biasa hasil akhirnya ngga seperti itu. Ternyata memang ada produknya sendiri untuk membuat tampilan bibir ulzzang :D

Salah satunya ini...


Etude House Woo Baby Lip Plumper terdiri dari dua varian, yaitu baby blue dan baby pink. Ngga perlu kagok dengan kemasan yang berbahasa Korea, karena di dusnya ada deskripsi dan petunjuk pemakaian dalam bahasa Indonesia.

Baca juga : Apa Situs & Channel Kecantikan Favoritmu?


Kegunaan 
Lip Gloss.

Cara penggunaan
Oleskan pada bibir secukupnya.
Gunakan sesuai petunjuk.

Hindari penyimpanan dalam suhu tinggi dan rendah dan juga daerah yang langsung terkena sinar matahari. Hentikan penggunaan jika tanda iritasi atau ruam muncul.


Kemasannya seperti botol kuteks. Sedangkan aplikatornya berupa karet silikon, sehingga mudah dibersihkan jika ada pigmen lipstik yang menempel.


Review
Etude House Woo Baby Lip Plumper pada dasarnya adalah lip gloss bening/transparan. Saat dioles ke punggung tangan, terlihat jelas kalau lip gloss ini berglitter. Tapi ngga perlu khawatir. Begitu diaplikasikan ke bibir, glitternya ngga keliatan kok. Samar banget.


Produk ini mengandung menthol, sehingga menimbulkan sensasi cooling mint di bibir. Rasanya pedes-pedes gimanaa gitu. Saat napas, berasa habis ngemil mentos. Itu juga kali ya yang membuat bibir jadi lebih merekah(?) selama pemakaian.

Daya tahan produk ini standar, seperti lip gloss pada umumnya. Hanya sekitar 2 jam. Dipake makan langsung pudar. Kalau ngga ngapa-ngapain mungkin bisa lebih lama dari itu.

--foto bagian ini dihapus, sorry--

Saya mengoles bagian dalam bibir tipis-tipis, hanya supaya lipstik mattenya ngga flat. Hasilnya, bibir tampak lebih moist, juicy, dan bervolume. Yah, asal ngga ketebelan aja pakenya ^^; malah aneh.

Saya juga coba combine produk ini dengan lipstik merah oranye. Bibir jadi terlihat penuh dan mentereng banget. Trus, kalau ngga salah lihat (lah gimana sih...), warna lipstik juga jadi setingkat lebih cerah dibanding warna aslinya. Apa karena glitter halusnya ya? Hmm... Entahlah hehe.

Ngomong-ngomong, selain lipstick matte, produk ini bisa juga digunakan bersama lip tint. Kan ada tuh lip tint yang meresap ke kulit bibir, jadi tampilannya rada kering.

Bedanya apa dengan oles pake lip balm?
Etude House Woo Baby Lip Plumper membuat warna lipstik lebih rata dan ngga menggumpal. Kalo pake lip balm biasa, kadang warna lipstiknya jadi geser setelah dilayer. Lip balm biasa juga sulit digunakan di tengah bibir, dan hasilnya ngga glossy.

Cocok untuk siapa?
Etude House Woo Baby Lip Plumper sesuai untuk bibir yang agak kering, karena mampu melembabkan. Oke juga buat orang-orang yang berbibir tipis, karena membuat bibir terlihat lebih bervolume.

Baca juga : Etude House Woo Baby Lip Plumper on Female Daily Reviews

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Erha21 C Serum (10% stabilized Vit C)

Minggu, 12 Juni 2016
Setelah mengobati jerawat, masalah yang umum kita hadapi adalah kusam dan noda yang menggelap. Sebelumnya (2015) saya menggunakan Melanox Premium serum. Kemudian berhenti karena jerawat (kecolongan pas pms). Setelah jerawatnya sembuh, saya khawatir Melanox Premium akan terasa berat di kulit. Di sisi lain, dilema juga karena kulit terlihat kusam banget.

Baca juga : Melanox Premium Serum


Akhirnya saya cari serum yang ringan. Pilihan pun jatuh pada Erha21 C Serum. Dilihat dari reputasi, saya percaya sama Erha21. Secara dulu saya puas menggunakan Truwhite Activator Night Cream-nya :D

Eniwei, saat ini saya sudah tidak menggunakan serum ini. Alasan saya mereview, karena banyak yang sharing, bingung memilih produk skin care (khususnya serum). Jadi, adanya review ini bukan karena Erha21 C Serum-lah yang terbaik. Produk ini hanya satu dari sekian banyak pilihan serum yang ada.


Erha21 C Serum menggunakan Sodium Ascorbyl Phosphate, bentuk vitamin C yang stabil bahkan di pH 7. Di rating ingredient Paula's Choice, Sodium Ascorbyl Phosphate masuk kategori Best.


Volumenya 19 ml. Kemasannya aman, karena anti UV dan menggunakan botol airless pump. PAO-nya hanya sebulan setelah kemasan dibuka.


Teksturnya encer, bening seperti air. Aman untuk kulit acne prone karena tidak menyumbat pori. Setelah diaplikasikan ke kulit, terasa agak lengket seperti Hada Labo lotion. Tapi beberapa menit kemudian, lengketnya hilang dan kulit menjadi lebih smooth.

Erha21 C Serum juga tidak menimbulkan reaksi penolakan atau reaksi negatif di kulit saya.



Hasilnya?
Kulit jadi lebih lembab, kenyal, dan tampak fresh.
Itu yang paling bisa diamati selama pemakaian.

Jika dibandingkan dengan Melanox Premium serum (karena jangka waktunya dekatan), keduanya sama-sama mencerahkan. Hanya saja, untuk memudarkan noda bekas jerawat lebih cepat Melanox Premium serum.

Saya ngga bisa cerita banyak tentang kenaikan skin tone yang signifikan, karena dari awal sudah mentok segini-gini aja (dengan menggunakan produk skin care biasa). Meski demikian (sepengamatan saya), ada sedikit perbedaan efek mencerahkan dari kedua produk tersebut.

Melanox Premium serum unggul di meratakan warna wajah dan memudarkan noda, sehingga kulit terlihat lebih cerah. Sedangkan Erha21 C Serum membuat kulit lebih segar, sehingga tampak sehat.

Kenapa berhenti?
Alasan pertama... Secara keseluruhan, saya mengakui kalau Erha21 C Serum bagus. TAPI, saya tidak tahan dengan aromanya. Seperti asin/amis gitu. Entah ya, itu karena saya lagi ngga mujur atau memang produknya yang seperti itu ^^;

Kedua, problem utama kulit saya saat ini adalah dehidrasi. Kenyal dan lembabnya kulit berkat Erha21 C Serum masih kalah dengan Hada Labo lotion dan milk. Jadi, saya balik lagi pake Hada Labo Shirojyun hehe. FYI, Hada Labo Shirojyun mengandung Hyaluronic acid, Arbutin, dan vitamin C juga.

Untuk kulit yang tidak dehidrasi, lembabnya produk ini pas kok. Tidak membuat kulit jadi berminyak, karena lumayan cepat meresap.

Ngomong-ngomong...

Seperti yang telah kita bahas di artikel sebelumnya, salah satu ingredient yang paling baik untuk memulai perawatan anti aging adalah vitamin C.

Baca juga : Vitamin C dalam Kosmetika

Proses penuaan memang mutlak dialami siapa saja. Dalam konteks perawatan, walau ada embel-embel "mencegah", sejatinya produk anti aging hanya memperlambat proses penuaan. Kalau treatment seperti tanam benang, botox, operasi, itu lain cerita ya...

Sering kan kita temui, ada yang belum masuk usia 30 tahun, tapi sudah muncul kerut halus atau noda sun spot. Ada juga yang usianya 30an tahun, tapi masih terlihat seperti usia 20an...

Salah satu contoh perawatan anti aging yang sukses (menurut saya) adalah Park Eun Hye, aktris Korea Selatan (ehm, tetep yaa). Itu lho yang jadi Yeon Seng temennya Jang Geum (Jewel in The Palace). Pernah main sama Vic Zhou juga di Silence. Sekarang, usianya 38 tahun (kelahiran 1978), tapi kulitnya bikin speechless...

Bagaimana Anda menjaga penampilan agar tetap muda?
Gampang saja (ngeluarin serum vitamin C). Saya tidak menggunakan toner atau lotion. Saya hanya menggunakan serum vitamin C.



Apakah ada alasan kenapa Anda hanya menggunakan serum tersebut?
Saya selalu mengonsumsi vitamin C setiap pagi. Vitamin C adalah antioksidan. Saya pikir lebih baik jika digunakan di kulit untuk menangani tanda-tanda penuaan.


Tekstur serum vitamin C encer (seperti air). Sama sekali tidak lengket. Serum vitamin C tidak hanya mengeksfoliasi kulit, tapi juga terserap dengan cepat sehingga kulit tampak berkilau.

Apa lagi yang Anda gunakan selain serum?
Ini... (ngeluarin gedebokan pelembab). Ini krim pelembab. Jika kita menggunakannya di atas serum, menurut saya efeknya jadi 3 kali lipat.

Apa ada alasan kenapa Anda memilih krim pelembab itu?
(Karena mengandung) vitamin C.

Vitamin C lagi??
Saya sangat yakin dengan (khasiat) vitamin (untuk perawatan), karena dapat mencegah keriput dan mencerahkan kulit.


Itu tampilan kulitnya tanpa make up. Dengan ini, Park Eun Hye sudah layak jadi duta vitamin C haha. Kalau mau nonton, judul videonya Get it Beauty-Talking Mirror : Actress Park Eun Hye di youtube (klik direct link; credit screenshot milik Get it Beauty, diupload oleh Onstyle).

Bagi yang penasaran, di video tersebut Park Eun Hye menggunakan [LIZK] First C Pure Vitamin C11% Total Care Serum (harganya $109, mwehehehehe). Serumnya kuning bukan karena teroksidasi, tapi memang warnanya begitu.


Akhir kata...
Reviewnya malah jadi kemana-mana ^^; lol.

Serum vitamin C memang tidak memberi hasil yang instan, tapi efek jangka panjangnya sangat menjanjikan. Saya harap artikel ini dan artikel sebelumnya (vitamin C dalam produk kosmetika) bisa jadi gambaran buat teman-teman yang tertarik dengan perawatan anti aging.

Oh iya, perawatan anti aging tidak maksimal jika mengandalkan produk skin care saja. Lebih lanjut...

Baca juga : Perawatan Kulit Wanita Korea Selatan : Apa sih Rahasia Cantiknya?

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Vitamin C dalam Produk Kosmetika

Senin, 06 Juni 2016
Artikel ini cukup panjang, karena dirangkum dari berbagai sumber. Saya hanya membahas vitamin C secara garis besarnya saja, tidak mendetail (karena bukan bidang saya ^^;).


Yaelah, Vitamin C doang. Emang ngefek?

Masih banyak orang yang lebih memilih skin care berbahaya, dengan alasan produk di pasaran tidak mempan. Padahal, bukan tanpa alasan vitamin C masih jadi andalan industri kosmetika hingga saat ini.

Vitamin C didaulat sebagai salah satu ingredient anti aging terbaik, karena mampu membantu sintesis collagen dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (kerusakan dari paparan sinar matahari, polusi, dan lainnya). [1][2][3]

Bentuk vitamin C yang paling sering digunakan dalam produk kosmetika adalah Ascorbic Acid (atau L-ascorbic acid). Umumnya ditemukan dalam konsentrasi 5-20%.

Ngomong-ngomong, tidak hanya konsentrasi tinggi yang bagus. Ada penelitian yang membuktikan kalau konsentrasi 0,6% pun mampu berfungsi sebagai antioksidan dan memberi manfaat anti aging untuk kulit.

Konsentrasi tinggi hanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang benar-benar membandel. Jadi, disesuaikan saja dengan kebutuhan kulit kita. [4][5]

Beberapa jenis vitamin C lainnya yang stabil dan efektif, tapi jumlah penelitiannya tidak sebanyak Ascorbic Acid.

Saat menggunakan produk vitamin C yang diformulasikan dengan baik, maka hasil yang dapat kita harapkan adalah...
  • Menyamarkan noda kecokelatan dan masalah lain yang disebabkan oleh sinar matahari.
  • Meningkatkan produksi collagen, sehingga kulit jadi lebih kencang. 
  • Mengurangi inflamasi (radang) dan iritasi pada kulit.
  • Menyamarkan/mengurangi noda kemerahan yang biasa terjadi setelah break out dengan meningkatkan respon pemulihan alami kulit.
  • Meningkatkan efektivitas produk tabir surya yang kita gunakan dan menguatkan pertahanan kulit dalam melawan sinar uv.

Too good to be true?

Tentu vitamin C juga punya kelemahan. Sangat sulit untuk mengantarkan vitamin C ke kulit dalam bentuk/kondisi yang stabil, efektif, dan tidak mengiritasi kulit.

Ascorbic acid berisiko memicu kemerahan dan rasa pedih, juga tidak stabil di atas pH 3,5. Saat tidak stabil, produk yang kita gunakan tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Salah-salah malah bahaya, karena dapat membantu pembentukan radikal bebas.

Isu yang jadi perhatian pada masing-masing tipe kulit...

Serum vitamin C (AA) bagus untuk tipe kulit berminyak, karena pH yang rendah membantu eksfoliasi sel kulit mati. Namun, di sisi lain, pH rendah berisiko mengiritasi tipe kulit normal dan kering. Konsentrasi serum yang tinggi juga terlalu "keras" di kulit yang sensitif dan tipis.

Baca juga : Tipe dan Kondisi Kulit (+++ Info Lainnya)

Selain itu, menggunakan produk vitamin C (serum) secara berlebihan juga dapat menyebabkan inflamasi dan meningkatkan sensitivitas kulit. Terutama jika pH produk terlalu rendah atau konsentrasinya terlalu tinggi.

Baca juga : Apakah kamu berlebihan merawat kulit wajah?

---

TIPS 

Memilih Produk Vitamin C [6]

1 | Dari semua turunan vitamin C, Ascorbic Acid yang paling sering diteliti. AA terbukti efektif untuk bekerja sesuai fungsi utamanya, yaitu memelihara kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar uv, meningkatkan sintesis collagen, dan mengurangi pigmentasi. [7]

2 | Kadar vitamin C yang dapat terserap secara optimal oleh kulit kita adalah 20%. Hasil terbaik umumnya diperoleh pada rentang konsentrasi 10-15%.

3 | Formula akan lebih efektif jika vitamin C dikombinasikan dengan antioksidan lain (misal vitamin E). Kombinasi keduanya dapat meningkatkan fungsi antioksidan dari produk. Vitamin C meningkatkan perlindungan kulit terhadap UVA, sedangkan vitamin E lebih efektif melawan radiasi UVB. [8]

4 | Tingkatkan konsentrasi secara bertahap. Untuk pemakaian pertama kali, gunakan konsentrasi rendah dulu, misal 10%. Saat kulit sudah terbiasa, baru dinaikkan jadi 15-20%.

5 | Cermati jika air ada di urutan pertama dalam list ingredient, karena berpengaruh ke efektivitasnya. Kalaupun mengandung air, cari produk yang menggunakan agen penstabil, supaya produknya tetap efektif.

6 | Semua antioksidan (termasuk vitamin C), rentan tidak stabil saat terekspos udara dan cahaya. Jika ingin memperoleh hasil yang maksimal, maka pilihlah produk vitamin C yang dikemas dalam tube/botol opaque (tak tembus cahaya), kedap udara, atau menggunakan pump.

7 | Kalau bisa, cari produk vitamin C dalam bentuk magnesium ascorbyl phosphate. Lebih stabil dari ascorbic acid, manfaatnya sama, dan efektivitasnya lebih tahan lama. Biasanya produk luar.

8 | Pastikan memilih produk vitamin C yang aman untuk tipe dan kondisi kulit kita. Kulit yang rentan berjerawat (acne prone) dianjurkan memilih serum dengan tekstur yang ringan dan tidak menyumbat pori.

Lainnya...

1 | Penting untuk menggunakan produk skin care apapun sesuai anjuran pakainya. Pemakaian yang tepat akan meningkatkan efektivitas produk.

2 | Gunakan serum sebelum pelembab. Serum mudah terserap oleh kulit, sedangkan pelembab bekerja di permukaan. Jika menggunakan pelembab terlebih dahulu, kulit kita akan kesulitan menyerap serum tersebut.

3 | Setelah menggunakan produk yang mengandung vitamin C (mis. serum), baiknya tunggu beberapa saat sebelum menimpanya dengan produk lain (seperti pelembab dan sunblock). Ingredient produk lain bisa memicu oksidasi. Vitamin C-nya juga tidak aktif jika dilayer sebelum terserap sempurna.

Noted!
Hentikan pemakaian bila mengalami iritasi atau reaksi negatif lainnya. Jika kondisi kulit makin memburuk, segera konsultasikan ke dokter.

---

Frequently Asked Question
seputar Vitamin C [9][10][11]


1| Serum vitamin C ditujukan untuk siapa?

Produk vitamin C direkomendasikan untuk orang-orang yang fokus mencerahkan kulit dan memperlambat proses penuaan.

2 | Lebih bagus produk vitamin C yang leave on atau wash off?

Vitamin C (kosmetika) lebih baik dalam bentuk leave on product (krim, lotion, serum), bukan wash off (sabun, pembersih, scrub). Karena jika dibasuh air, akan mengurangi jumlah yang terserap di kulit.

3 | Apa keunggulan serum dibanding produk vitamin C dalam bentuk lainnya?

Serum vitamin C mengandung konsentrat yang lebih tinggi dan daya penetrasi yang lebih baik, dibanding produk biasa seperti pelembab dan pembersih.

4 | Serum digunakan di area apa saja?

Dianjurkan untuk pemakaian sewajah dan leher. Kedua area tersebut menunjukkan tanda-tanda penuaan yang lebih cepat, seperti kulit kendor akibat kurangnya collagen, noda sun spot, dan lainnya.

5 | Haruskah produk disimpan di kulkas supaya tetap ampuh dan fresh?

Formula produk umumnya sudah distabilkan dalam proses produksi. Hanya saja, tetap ikuti standar penyimpanan produk kosmetika yang baik, yaitu tutup rapat setelah pemakaian dan taruh di suhu ruangan. Simpan di kulkas jika perlu atau memang ada anjuran dari produknya.

6 | Bisakah dicampur dengan produk lain?

Sebaiknya, kita menggunakan serum vitamin C secara terpisah. Contoh: serum vitamin C - pelembab - sunblock. Tunggu beberapa saat sebelum dilayer, bukan diteteskan/dicampur jadi satu dengan produk lain.

7 | Warna serum berubah. Apakah masih bisa digunakan? (umumnya, serum vit C bening)

Perbedaan warna memang kerap terjadi (mis. agak kuning dan bening gading). Namun, yang perlu diperhatikan jika terjadi perubahan warna yang signifikan (menjadi kuning pekat, oranye, atau cokelat). Itu menandakan bahwa produk sudah kurang aktif. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan PAO (period after opening) produk.

Baca juga : Cek Simbol/Logo Kemasan Kosmetika

8 | Kapan waktu terbaik untuk menggunakan serum vitamin C?

Kapan saja sebenarnya tidak masalah. Untuk pemakaian siang hari, serumnya bisa dilayer dengan sunblock. TAPI, jika kulit kita terasa tidak nyaman saat terpapar sinar matahari, cukup digunakan tiap malam saja.

9 | Tanggapan mengenai DIY Vitamin C Serum/Toner yang dibuat sendiri.

Hal-hal yang menjadi kelemahan DIY/Homemade vitamin C serum/toner adalah kemungkinan pH tidak sesuai, tidak stabil, dan risiko iritasi tinggi.

Lebih baik menggunakan produk vitamin C yang diformulasikan secara profesional. Kecuali jika sampeyan memang kompeten untuk membuat produk vitamin C sendiri ya ngga masalah :D

Baca juga : Jangan Merawat Wajah dengan Cara "Alami" Ini

---


Produk-produk Vitamin C

Sependek pengetahuan saya, berikut beberapa serum vitamin C bisa diperoleh di Indonesia (offline - online). Saya lampirkan deskripsi produknya dan urutkan berdasarkan harga per Juni 2016 ^^;


#1 | Theraskin Serum Vit C (10% stabilized)
8 ml - Rp 38.000 (foto produk dari Toko Cantik Aisa)

Serum antioksidan dengan vitamin C 10%, isi 8 mL, cocok untuk kulit normal cenderung berminyak. Membantu mengurangi flek-flek ringan dan membuat kulit tampak lebih cerah. Dapat digunakan ibu hamil dan menyusui. Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal dan kemerahan kulit.

Semprotkan serum ke telapak tangan secukupnya, lalu oleskan merata ke seluruh kulit wajah.

Mungkin masih banyak yang belum familiar dan ragu dengan Theraskin. Apalagi harganya murah meriah. Theraskin merupakan produk yang peredarannya terbatas di kalangan dokter, apotek, dan klinik kecantikan (tidak masuk supermarket ^^;). Lebih lanjut silakan cek ke situs resminya PT L'essential.

#2 | Mazaya Dermo Vitamin C with Astaxanthin
10 ml - Rp 50-60.000

Vitamin C generasi terbaru yang memiliki kekuatan 3x lebih besar dibandingkan Vitamin C biasa, lebih stabil, dan efektif. Serum ini digunakan untuk mencerahkan kulit.

Kandungan Astaxanthin sebagai anti oksidan yang sangat tinggi dan Vit C dengan konsentrasi tinggi berfungsi menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah, memperbaiki elastisitas dan tekstur kulit, serta menjaga kelembaban kulit.

Oleskan serum secara merata pada wajah, pijat lembut untuk membantu penetrasi bahan aktif.

#3 | Wardah C-Defense Serum
17 ml - Rp 70-80.000

Wardah C-Defense Serum dengan powerful antioxidant Hi-Grade Vitamin C. Dengan kemampuan penetrasi yang lebih sempurna ke dalam lapisan kulit.

#4 | I-Face Vitamin C Serum (10% stabilized)
10 ml - Rp 80-100.000

Saya tahu produk ini karena baca selebaran. I-Face bisa dibeli di apotek.

I-Face Vitamin C Serum 10 % adalah produk perawatan kulit berbentuk serum yang mengandung stabilized ethyl L-ascorbic acid (vitamin C yang stabil), dengan konsentrasi tinggi dan diproses dengan Micronized Technology sehingga mampu menembus lapisan kulit bagian dalam (dermis), efektif menghaluskan, mengencangkan, menjaga kekenyalan dan mencerahkan kulit. Cocok untuk semua jenis kulit. Mudah meresap dan tidak lengket.


#5 | Erha21 C Serum (10% stabilized)
19 ml - Rp 140-160.000

Serum yang mengandung 10% Vit C sebagai pencerah kulit.

Rejuvenation Serum ini mengandung Vitamin C yang stabil sehingga lebih efektif mencerahkan kulit wajah dibandingkan Vitamin C biasa serta DMAE yang membantu menyamarkan garis halus. 

Erha C Serum praktis digunakan, cepat meresap ke dalam lapisan kulit serta sangat aman digunakan karena tidak mengandung parfum atau pewarna. Erha C Serum dikemas secara eksklusif dalam botol airless pump dan anti-UV sehingga kualitas dan kandungan bahan aktif tetap terjaga.

Erha21 C Serum adalah produk over the counternya Erha (bisa dibeli tanpa resep dokter). Produknya mudah diperoleh di klinik Erha atau Erha Apothecary di mal-mal.

Baca juga : Review Erha21 C Serum

#6 | By WishTrend Pure Vitamin C21.5 Advanced Serum (21,5% vitamin C)
30 ml - $ 25 (sekitar Rp 330.000)

Sebelumnya bernama O.S.T.  Kemudian ganti nama jadi C20. Baru-baru ini ganti lagi jadi By WishTrend dengan formula yang telah diupgrade. Katanya untuk mempermudah proses produksi dan distribusi.

Formula baru dengan kualitas yang ditingkatkan. Pure Vitamin 21.5 Advanced Serum mengandung 21.5% vitamin C untuk memelihara kulit secara maksimal. Aman digunakan dan tidak terasa lengket di kulit. Produk ini mampu menghidrasi, menyehatkan, dan meremajakan kulit.

Saat menggunakan Pure Vitamin 21.5 Advanced Serum, hindari produk yang mengandung AHA atau BHA (termasuk Betain Salicylate), Retinol, dan Vitamin C (Ascorbic Acid) dengan kadar tinggi.

#7 | The Body Shop Vitamin C Facial Radiance Powder Mix (5% vitamin C)
10 ml - Rp 459.000

Serum dan serbuk yang mengandung 5% vitamin C jika dicampur. The Body Shop Vitamin C Facial Radiance Powder Mix dapat meningkatkan skin tone sehingga kulit tampak lebih cerah.

PAO produk ini hanya 10 hari. Cmiiw ya, soalnya kemarin saya lihat di kemasannya: hanya dipakai 10 hari setelah kemasan dibuka. Cara mencampurnya ngga seribet buka kapsul trus diaduk-aduk. Cukup menekan leher/ujungnya (lupa -_-), nanti tercampur sendiri di dalam botolnya.

#8 | Paula's Choice Resist C15 Super Booster (15% stabilized)
20 ml - $ 48 (sekitar Rp 650.000)

Resist C15 Super Booster adalah produk yang dapat digunakan bersama serum Paula's Choice lainnya (sebagai booster) atau digunakan sendiri. Produk ini mengandung 15% vitamin C dengan pH 3.0, vitamin E, ferulic acid dan peptides yang dapat memperbaiki tanda-tanda penuaan dan menstimulasi produksi collagen. 

Resist C15 Super Booster mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit, memudarkan noda, serta menyamarkan kerut halus. Teksturnya ringan seperti air. Sesuai untuk semua tipe kulit. Kulit akan tampak lebih muda, sehat, dan cerah secara dramatis hanya dalam hitungan minggu.

Produk Paula's Choice punya reputasi yang sangat baik, karena formulanya disesuaikan untuk kulit yang rentan bermasalah. Selain Paula's Choice, sebenarnya ada juga yang formulanya agak mirip, yaitu Skinceuticals CE Ferulic 15%, tapi di Indonesia masih sulit ditemui, mesti beli langsung dari luar.

#9 | Kiehl's Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate (10,5% vitamin C)
50 ml - Rp 850.000

Mengurangi tanda-tanda penuaan yang tampak di wajah. Kiehl's Powerful-Strenght Line-Reducing Concentrate juga dapat memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan, dan menyamarkan kerut halus.

Produk ini yang paling banyak volumenya. Dikemas dalam botol pump. Populer karena sering mejeng di meja rias beauty guru youtube.

---

Akhir kata...

Berdasarkan penelitian selama puluhan tahun, vitamin C adalah ingredient unggulan (A-list of great skin care ingredients) yang dapat meremajakan, menyehatkan, dan mencerahkan kulit. Produk yang kaya vitamin C sangat baik digunakan untuk memulai perawatan anti aging.

Paula Begoun menyebut Vitamin C sebagai powerful tool in your anti aging arsenal. Begitu pula menurut situs AlwaysHealthyLiving, vitamin C sangat baik untuk menjadi bagian dari rutinitas skin care kita sehari-hari [12].

Namun, sama halnya dengan tubuh, kita juga memerlukan "nutrisi" lain untuk merawat kulit. Tentunya mengandalkan satu produk saja (serum vitamin C) tidak cukup. Untuk memperoleh hasil terbaik, harus digunakan secara strategis dengan rangkaian produk lain seperti tabir surya dan pembersih, agar kulit tetap sehat.

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.