Sharing Seputar Scalp Care & Shampoo Reviews

Rabu, 21 Desember 2016
Saya tidak begitu memperhatikan kesehatan kulit kepala. Baru deh sekitar tahun lalu, kulit bagian belakang kepala saya terasa tidak nyaman. Pas dicek, bukan ketombe, tapi seperti endapan daki gitu.

Saya coba browsing, ternyata itu yang disebut sebagai build up di kulit kepala. Inilah salah satu penyebab kulit kepala jadi ngga sehat, sehingga rambut mudah kusam, patah, dan rontok. Cirinya putih kekuningan dan jika diusap dengan jari rada waxy. Biasanya karena menggunakan produk rambut secara berlebihan dan/atau pembersihan yang tidak efektif.

Dry shampoo, wax (styling product), conditioner dan hair mask juga bisa meninggalkan build up. FYI, conditioner hanya digunakan di batang rambut. Baiknya diperhatikan pemakaiannya agar tidak mengenai kulit kepala :( terutama jika tipe kulit kepala kita berminyak.

Ngomong-ngomong, kulit kepala yang berminyak biasanya mesti 2 kali shampooan saat keramas. Shampooan pertama busanya sedikit, karena foamnya menyerap sebum di kulit kepala. Pas shampooan yang kedua kali baru deh busanya banyak. Saya baru tahu dari beauty show Korea hehe.


No Poo Method (No Shampoo)

No Poo Method (membersihkan rambut tanpa shampoo) adalah yang paling sering direkomendasikan untuk mengatasi problem build up. Orang yang sukses dengan No Poo Method punya kulit kepala yang bersih dari build up dan rambut yang berkilau.

No Poo Method mampu menormalkan produksi sebum di kulit kepala. Teorinya sama dengan kulit wajah. Jika sebumnya diangkat dengan formula shampoo yang harsh, produksi minyaknya akan semakin melonjak, sehingga build up-nya semakin menumpuk.

Caranya mudah, keramas dengan air saja sebanyak 1-3 kali dalam seminggu. Cara lainnya bisa dengan menggunakan baking soda dan apple cider vinegar. Cuman ya kalo dipikir-pikir baking soda kan terlalu basa buat kulit, saya khawatir kalo kondisi kulit kepala saya nantinya malah tambah kacau.

Baca juga : Baking Soda untuk Kulit?

Baru minggu pertama, saya sudah menyerah. Kulit kepala jadi luar biasa gatal dan bau langu (yaiyalah). Rambut di dekat kulit kepala jadi lepek. Katanya sih itu normal(?) karena lagi masa transisi. Biasanya orang-orang butuh 1 bulan hingga kulit kepalanya bisa beradaptasi dan produksi sebumnya terkontrol. 

No Poo Method mungkin ngga cocok ya buat diterapkan di Indonesia yang iklimnya tropis. Kalau di Eropa atau US sih emang bisa-bisa aja. Waktu itu saya coba karena penasaran -_-

---

NATUR

Ternyata ada alternatif lain kalau kita ngga cocok dengan No Poo Method. Bisa dengan sabun homemade organik (seperti yang dicontohkan Eunice dari Wishtrend) atau dengan shampoo organik.

Hanya saja, shampoo organik harganya mahal untuk ukuran budget saya. Tetiba jadi ingat, Momzhak (dulu Cantiknya Qonita, sekarang Hala Bea) pernah review tentang shampoo Natur. Kemasannya terlihat menjanjikan ya, karena ada label Jamu dan Halal.


Natur membuat kulit kepala saya terasa enteng. Wangi shampoo-nya juga enak, antara bau jamu dan bensin(?). Masalahnya, di bulan-bulan awal pemakaian, rambut saya jadi gesrek kayak ijuk. Tapi karena targetnya buat menyehatkan kulit kepala, jadi disabar-sabarin. Kalau ngga salah ingat ya, baru sekitar 2-3 bulan rambut saya menjinak selama menggunakan Natur.

Nah, tau-tau... Natur ganti kemasan dan formula. Kurang lebih, formulanya jadi mirip shampoo lain yang beredar di pasaran.



Efek formula baru dan lama beda tipis sih, begitu pula dengan masing-masing varian. Cuman gimana gitu rasanya... Jadi yasudah, saya putuskan untuk coba shampoo-shampoo lain hehe. Pasrah aja, karena memang rambut saya mau diapain juga udah macam rambutnya Hong Seol.

---

Kracie Ichikami

Informasi mengenai produk tertulis dalam bahasa Jepang (yang saya ngga ngerti haha). Hanya cara pemakaian, peringatan, ingredient, dan keterangan produsen dan distributornya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.



---

Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense

Diformulasikan dengan kombinasi ekstrak Ginseng dan Active HL Defense Complex untuk membantu mengurangi kerontokan dengan menutrisi akar rambut sehingga rambut tetap kuat dan sehat berkilau.

Gunakan secara teratur rangkaian lengkap Hair Loss Defense untuk hasil terbaik.

Step 1 : Daily shampoo
Step 2 : Hair mask
Step 3 : Conditioner
Step 4 : Hair tonic


Saya coba produk ini karena sering direkomendasikan untuk rambut rontok. Sayangnya saya ngga cocok. Malah tumbuh jerawat. Awalnya ngga yakin (masa iya jadi jerawat?). Tapi setelah cek selang seling selama beberapa hari dengan shampoo yang lain, hanya setelah menggunakan shampoo Rudy Hadisuwarno jerawat muncul di hair line. Ngga parah sih, cuma 1 biji gitu. Dan ini ngga bisa digeneralisir ke orang lain ya. Karena banyak kok yang baik-baik saja memakai shampoo ini.

---

Herbal Essences Hello Hydration

Replenish your beautiful yet dry hair with my(?) formula fused with essential moisturizers, orhid and coconut milk. It leaves hair silky and supple. Use me : lather up, soak your head, rinse, and repeat.


---

TRESemme Total Salon Repair

Dengan teknologi terkini dan pengalaman di dunia salon, TRESemme didukung oleh para hair stylist profesional untuk menghasilkan rangkaian produk perawatan rambut profesional berkualitas salon. Dengan Nourishing Power Ionic Complex, merawat kerusakan rambut dengan cepat dan mencegah rambut rontok.


Kayaknya saya bakal bias mengulas produk TRESemme, lol. Karena shampoo dan conditionernya TRESemme yang paling lama saya gunakan. Yang saya review kali ini adalah varian baru TRESemme : Total Salon Repair. Setelah beberapa kali pakai, memang shampoo ini top banget (menurut saya hahaha).

Baca juga : Review Produk TRESemme, Lucido L, & Neril

---

Reviews

Ini berdasarkan pengalaman pribadi.
Hasilnya bisa berbeda untuk masing-masing orang.
Saya mencantumkan merknya saja, tidak dengan judul varian.
Supaya ngetiknya ngga kepanjangan ^^;

Wangi

(1) Kracie Ichikami - (2) Herbal Essences - (3) TRESemme

Wanginya Ichikami yang paling enak (Sakura flower scent). Cuman, karena wanginya lembut banget, jadi kurang tahan lama. Herbal Essences wanginya paling segar (fruity-floral) dan tahan lama. Sedangkan TRESemme? Mungkin karena saya sudah lama pake, jadi lebih familiar aja.

Tekstur
Dari yang paling encer ke yang kental.

(1) Kracie Ichikami < (2) Natur < (3) TRESemme < (4) Herbal Essences & Rudy Hadisuwarno


Paling Enak di Kulit Kepala
Ini berkaitan juga dengan poin sebelumnya. Tekstur shampoo yang encer dan ringan bantu meringankan problem sebum/product build up di kulit kepala saya.

(1) Kracie Ichikami
(2) Natur
(3) TRESemme
(4) Herbal Essences
(5) Rudy Hadisuwarno

Bagus, meski tanpa conditioner

(1) TRESemme
(2) Herbal Essences
(3) Kracie Ichikami
(4) Natur
(5) Rudy Hadisuwarno

TRESemme, Herbal Essences, dan Kracie Ichikami membuat rambut jadi halus dan tidak musah kusut.

---

Akhir kata

Dulu saya sempat telaten keramas dengan air hangat. Tapi karena saya rasa bedanya tidak terlalu signifikan, jadi saya skip saja. Lagian males juga kudu manasin air dulu sebelum keramas huhu. Padahal air hangat itulah yang ampuh buat meluruhkan sebum dan ampas shampoo/conditioner. Air dingin baru kita gunakan untuk bilasan terakhir.

Sebenarnya inti dari scalp care adalah menggunakan produk seringan dan sesedikit mungkin. Karena itu orang-orang yang menjalani No Poo Method berusaha mengatasi problem rambutnya justru dengan tidak menggunakan produk apapun, kecuali air, bahan-bahan alami (tea tree oil, madu, clay, apple cider vinegar), dan hair brush.

Cara untuk mengatasi build up yang belum saya coba adalah detox kulit kepala dengan menggunakan bentonite clay dan appel cider vinegar. Cara ini bisa mengatasi problem ketombe, build up, dan gatal. Sebagian besar reviewnya positif, lebih lanjut bisa browsing sendiri yaa :D

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
6 komentar on "Sharing Seputar Scalp Care & Shampoo Reviews"
  1. dhu kalau ikut no poo gitu, kaga bisa mah aku han. hahahah soalnya aku olahraga tiap hari, keringetan tiap hari.. jadi ga mungkin ga sampoan >.< sekarnag aku lagi pake samponya loreal yang warna item. aku suka wanginya sih yaaaaa wkwk

    kok aku ini tipe yang jarang merhatiin efek sampo ke rambut ya? aku merasa fine2 aja selama ini pake beragam jenis dan merk sampo. paling ya aku cuma fokus ke tujuan nya si sampo itu apa. yang melebatkan lah, menghitamkan lah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olah raga tiap hari? :O Kamu luar biasa!

      Aku cari shampoo yang enak di kulit kepala aja hehe. Buat rambut sih memang udah ngga ketolong kalo cuma pake shampoo, harus pake conditioner juga.

      Hapus
    2. btw, kenapa baru kusadari kalo komenanku yang pertama itu banyak typo yak? hehe

      iya han, always mah olahraga. aerobik, renang, pilates, dumbell. cem macem lah. ini badan kalo gak dibawa olahraga rasanya pusing deh. mesti gerak tiap hari.

      kalo aku han, conditioner tak pake duluan. baru shampoo. soalnya ada aku baca, condi itu kalo gak dibersihkan dengan bener bisa ninggalin residu. dan rambut tipis berminyak itu lebih baik condi duluan, baru shampoo. jadi ntar sampo nya yang bertugas membersihkan sisa keseluruhan. mungkin kamu bisa coba kayak gitu juga han.

      Hapus
    3. Iya Sher, aku malah sempat pake conditioner-shampoo-conditioner, karena helai rambutku kering. Shampooan memang hanya untuk membersihkan kulit kepala. Aku pake conditioner juga dari pertengahan batang sampai ujung rambut, tapi tetep aja masih ninggalin build up --" mungkin karena kebanyakan hahaha.

      Hapus
  2. Aku pernah nyoba no poo pakai air, cuma jadi agak lepek gtu di deket kulit kepala. Coba pake acv (ga berani pake baking soda) jd bau gtu handuknya, haha trs dimodif pke air teh.. enak sih pke teh berasa bersih kulit kepalanya tapi rambutnya kok lama lama jadi coklat..haha. balik lagi pke sampo biasa (krn males) trs kasi tonik wkwkkw

    Yg heran tiap pake yg ada embel2 alami misal natur atau sampo wortel n bayam rambut malah jadi kering. Kalo rontok aku pernah pkai penyubur rambut sari ayu, ngefek banget pas keramas yg biasanya rontok banyak jadi cuma berapa helai yg rontok keiitung jari..ga perlu sering2 nyapu lantai jg haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga coba pake ACV, tapi rambut baunya jadi kecut-kecut gimana gitu haha. Jadi pengen coba pake teh juga. Noted! Penyubur rambut Sariayu.

      Iyaa... Aku juga jdi kering banget. Pas browsing tentang shampoo sls-free rata-rata mengeluhkan hal yang sama si :(

      Thanks for sharing :D

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^