INDO' LOGO : Lulur Hitam Tradisional yang Bisa Di-Peel Off

Lulur hitam atau bedak lotong (yes, hitam = lotong) adalah lulur khas Bugis yang digunakan secara turun temurun di daerah Sulawesi Selatan. Terbuat dari beras yang disangrai sampai hangus, kemudian diolah dengan rempah dan bahan pilihan lainnya.

Walau ramuannya sederhana, tapi bikin bedak lotong itu susah. Temen saya sih yang cerita. Tantenya jago bikin bedak lotong, giliran dia yang buat (dengan resep yang sama) hasilnya failed hehe. Sodara saya juga bilang kalo bedak lotong biasa jadi oleh-oleh pas pulang kampung.

Saat sis Tiwi menawarkan bedak lotong ya jelas maulah. Seumur hidup saya belum pernah coba hehehe (kemana ajaa). Paling pake lulur/scrub biasa yang dijual supermarket. Saya pun makin excited waktu tau produk ini multifungsi, bisa jadi masker peel off juga :') Masya Allah.


Deskripsi Produk

Lulur Hitam Indo' Logo dari tradisi budaya Bugis di Sulawesi Selatan, Indonesia. Lulur ini telah lama digunakan oleh keturunan perempuan Bugis dari generasi ke generasi yang diyakini mampu membersihkan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit. Terbuat dari 100% bahan alami, tanpa bahan pengawet dan tidak ada bahan kimia yang ditambahkan.

Lulur hitam (black scrub) mampu menghilangkan sel kulit mati, dan kandungan ekstrak tumbuh-tumbuhan yang membuat kulit segar, lembut, dan sehat. Dengan aroma yang khas dan menenangkan.

Komposisi
Aqua, Rice (Oriza Sativa), Curcuma Longa Extraxt (Turmeric), Citrus Medica Limonum (Lemon) Fruit Extract, Pandanus Amarylifolius Extract.


Petunjuk Penggunaan

Sebagai lulur mandi
Sapukan pada bagian tubuh yang basah. Gosok perlahan hingga dirasa cukup, atau biarkan mengering, lalu bilas dengan air. Tidak perlu menggunakan sabun mandi. Akhiri dengan menggunakan body lotion/body butter favoritmu.

Sebagai masker peel off mask
Sapukan pada wajah yang basah secara rata dan agak tebal. Tunggu 20-30 menit hingga masker mengering. Kupas masker dari wajah. Bersihkan sisa masker dengan air. Gunakan pelembab setelah maskeran.


Tips penyimpanan
Simpan di tempat dingin dan terhindar dari genangan air.

Di dalam pot/jar, lulurnya juga dikemas dalam bungkus plastik. Nah, salah saya tuang sekaligus semuanya hehe. Kata sis Tiwi baiknya tetap disimpan di plastik. Kalau mau dipake, baru tuang sedikit-sedikit ke dalam jar-nya. Usahakan rutin luluran/maskeran 2-3 kali dalam seminggu supaya cepat habis.

Peringatan!
Periksalah produk sesering mungkin meski tidak sedang digunakan. Karena lulur hitam ini tidak menggunakan zat pengawet, jadi rentan berjamur. Supaya awet dan tahan lama, lebih baik disimpan di kulkas.


Tekstur

Sebenarnya, bedak lotong original berupa scrub (ber-granule). Yang dikirim ke saya adalah bedak lotong yang sudah dihaluskan. Teksturnya pas, tidak terlalu encer tapi juga tidak kental. Terasa lengket setelah aplikasi, namun mudah luruh saat dibasuh air.


Review

Untuk badan hanya saya gunakan di area-area tertentu saja, seperti siku, lutut, leher, dan lainnya. Di saya, efek mencerahkannya ngga kelihatan, tapi kulit memang jadi lebih halus. Saya lebih sering menggunakan produk ini untuk wajah, sekitar 1-2 kali dalam seminggu. Fungsinya untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan masker peel off di area hidung.


Bisa ngangkat komedo?

Yes!

Whitehead yang nongol kecil-kecil ya. Kalau komedo yang masih mendam ngga ngefek. Sama sih kayak pore pack, ada yang keangkat ada yang ngga. Bagusnya, karena cara pemakaiannya dioles, jadi bisa menjangkau lipatan cuping yang biasanya ngga ketempelan pore pack.


Kelihatan ngga di foto? Komedo putih dan bulu halus terangkat. Hidung jadi lebih smooth. Ngomong-ngomong, sayang banget ini kamera ngga pake lensa makro jadi pas fotonya dizoom, komedo yang terangkat kelihatan kurang jelas. Sori.


Mungkin karena bahan-bahannya alami, jadi sugestinya juga positif ya hehe. Tidak ada sensasi begah/gerah/harsh setelah saya menggunakan masker ini. Lain halnya dengan masker peel off pabrikan yang pernah saya coba. 

Selama dan setelah maskeran, kulit bener-bener terasa kencang (in a good way ya, bukan tegang atau kaku). Meski itu efek sementara, tapi lumayanlah buat kita-kita yang udah mulai concern ke perawatan anti aging.

Lulur Hitam dan Activated Charcoal

Saya tertarik untuk membandingkan bedak lotong dengan DIY activated charcoal mask. Keduanya sama-sama dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati, mengeringkan komedo (jadi lebih mudah dikeluarkan), dan dapat digunakan untuk menotol spot jerawat (1-3 biji, bukan untuk mengatasi jerawat yang nyebar/parah lho ya).

Baca juga : DIY Activated Charcoal Mask (2014)

Sedangkan dari sisi kepraktisan, saya pilih bedak lotong/lulur hitam Indo' Logo. Harganya relatif terjangkau dan multifungsi. Kita udah ngga perlu pusing-pusing mikirin ini perlu dicampur apa untuk digunakan sebagai scrub, masker biasa, atau masker peel off. Tapi balik lagi sih ke selera masing-masing hehe.


Akhir Kata...

Secara keseluruhan saya puas dengan produk ini. Pertama kalinya coba bedak lotong, langsung dapet yang bagus, dan alhamdulillah cocok.

Kekurangannya masih bisa diakali. Misalnya untuk kulit kering, penggunaan masker sewajah cukup sekali dalam seminggu. Pas maskernya dikupas juga terasa cekit-cekit. Maka dari itu, saya lebih suka membersihkan masker dengan air sambil menggosok pelan seperti scrubbing. Peel-off-nya hanya saya gunakan di area hidung.

Noted!
Sama seperti produk skin care pada umumnya... Untuk kulit yang rentan bermasalah (sensitif, acne prone, dll) baiknya dicoba sedikit dulu atau dites di lengan atas bagian dalam. Meski bahan-bahannya alami, jika ada reaksi yang tidak wajar (memerah, gatal, dst), segera hentikan pemakaian ya :D

Tertarik untuk mencoba?

Harga lulur hitam Indo' logo yang halus (bisa peel off) dan kasar sama.
Ukuran 100gr Rp 25.000 dan 300gr (kemasan pot/jar) Rp 75.000.

Kontak Sis Tiwi -- id Line rurinpratiwi
Atau melalui web www.lulurindologo.com

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
4 Oktober 2016 11.14 delete

lotong... astaga :D bahasa bugis banget mah ini. hani ada turunan bugisnya juga kah? *malah oot*

orang2 bugis biasanya emang suka pake ginian. terus yang namanya bedak dingin itu juga suka dipake pas siang2 (sekarang ovale kan juga ada keluarin varian masker bedak dingin). aku biasanya kalo lagi di rumah suka pake ginian kalo pas nenekku juga pake :D


tulisandarihatikecilku.blogspot.com

Reply
avatar
4 Oktober 2016 21.24 delete

Ngga ada, Sher :D perantauan. Aku belom coba bedak dinginnya Ovale, baru saripohaci aja. Ntar kapan-kapan, insya Allah. Masih banyak masker ini haha, mo ngabisin stok dulu :D

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon