Hada Labo Tamagohada Face Wash : Apakah Sabun Menyebabkan Purging?

Rabu, 28 September 2016
Sebenarnya Hada Labo Tamagohada Face Wash sudah pernah saya bahas sepintas di tahun 2013. Hmmm... Lama juga ya.

Kalaupun ganti, paling pake yang varian Gokujyun (tube putih). Sampai-sampai temen saya pernah tanya, "kamu kok betah ngga ganti-ganti sabun muka" :))

Hehe udah ganti pembersih kok sekarang.

Baca juga : My Favorite Beauty Products (2013)

Saat tipe kulit masih berminyak, Tamagohada adalah pembersih favorit saya. Produk ini masih sering saya gunakan hingga awal tahun 2016.

Formulanya membuat kulit tampak segar dan halus, tanpa meninggalkan sensasi kesat.

Karena fotonya mejeng di akun instagram saya, beberapa orang sharing kalau mereka ngga cocok. Bahkan ada yang jadi jerawatan.


Hada Labo Tamagohada Face Wash mengandung glycolic acid (AHA) dan salicylic acid (BHA) yang biasa digunakan sebagai chemical exfoliant. Keduanya mampu mengangkat lapisan sel kulit mati yang membuat kulit jadi kasar dan kusam.

Tamagohada juga dibundel dalam trial kit Hada Labo Gokujyun Alpha (Anti Aging).

"Regenerasi sel" kulit yang mengalami penuaan sudah melambat, jadi butuh produk kosmetika untuk mengangkat lapisan sel kulit mati, supaya sel-sel kulit yang lebih sehat dapat naik ke permukaan.


Klaim Produk

Membantu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak dari kulit.
Membantu mengurangi kulit yang kusam.
Membantu menjaga kehalusan tekstur kulit sehingga menjadi lebih lembut dan cerah.
Sesuai dengan pH kulit dan tingkat iritasi yang rendah.
Tidak menggunakan zat pewangi, zat pewarna, mineral oil, dan ethanol.

---

Kenapa ngga pake Tamagohada lagi?

Saya memang sudah jaraaang banget memakai sabun wajah. Hanya di saat kulit terasa sangat kotor. Kulit saya yang kombinasi dan mudah dehidrasi lebih kalem jika dibersihkan dengan cleansing water.

Jadi, alasannya bukan karena AHA-BHA-nya lho ya, tapi lebih ke tekstur sabunnya.

---

Apakah sabun menyebabkan purging?

Jawabannya, tidak.

AHA-BHA-nya terlalu ringan untuk memicu purging (tidak seperti obat yang formulanya strong). Makanya disebut mild peeling dan aman digunakan sehari-hari.

Chemical exfoliation yang mengandung AHA-BHA juga lebih efektif jika digunakan dalam sediaan krim atau leave on products.

Sabun pembersih (wash off products) paling lama hanya bekerja sekian menit, kemudian langsung dibilas air.

Jadi, efeknya lebih ke membersihkan kotoran dan minyak berlebih. Bukannya mengobati problem jerawat yang serius.

Ini ngga cuma bahas Tamagohada aja ya, sabun lain juga termasuk.



Kenapa sabun membuat kulit jadi bermasalah?
(jadi jerawat, memerah, perih, iritasi, dan lainnya)

#1 | Tekstur tidak sesuai dengan tipe dan kondisi kulit

Klise ya?

Bener kok. Tekstur pembersih yang kita gunakan idealnya disesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit kita sendiri.

Menggunakan produk pembersih yang kurang tepat dapat menyebabkan kulit jadi bermasalah. 

Contoh...

Kulit yang kering dehidrasi kurang cocok menggunakan sabun pembersih (meski itu pH balanced), biasanya kulit malah makin kering, terasa kaku dan ketarik.

Hada Labo Tamagohada Face Wash baik digunakan untuk orang dengan tipe kulit berminyak, karena produksi sebumnya berlebih dan sel kulit matinya lebih tebal.

Baca juga : Tipe dan Kondisi Kulit (+++ Info Lainnya)


#2 | Tidak di-foaming

Pembersih berupa foam disukai karena memberi sensasi segar. Memang ada orang yang kulitnya fine-fine saja, meski sabunnya tidak dibuihkan hingga menjadi foam yang creamy.

TAPI, kalau kulit kita rentan bermasalah, lebih baik sabunnya di-foaming terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke wajah.

Foam yang creamy membuat sabun pembersih lebih efektif menjangkau kotoran di dalam pori dan lebih gentle (risiko iritasi rendah) karena tidak menstimulasi kulit.

Tentang foaming juga sudah pernah saya bahas duluu di tahun 2013. Foaming adalah membuihkan pembersih dengan menggunakan net khusus sabun wajah.

Baca juga : Double Cleansing (Membersihkan Wajah dengan Oil dan Foam)


Net seperti yang di foto cukup murah, sekitar Rp 12-14.000. Saya beli di counter kecantikannya Matahari department store. Cuman, tidak ada sponge kecilnya, jadi untuk membuat foam yang lebih creamy mesti dibuihkan lebih lama.

Berbeda dengan net/bubble maker merk The Face Shop, Missha, atau Tony Moly. Lebih cepat karena sudah ada spongenya.

FYI, Hada Labo Gokujyun Face Wash juga ada yang dikemas dalam botol pump. Lebih praktis, karena saat dikeluarkan sudah dalam bentuk foam.


Kalau tidak difoaming, dibiarin sebentar buih sabunnya cepat hilang, kan? Akhirnya kulit wajah malah dibersihkan sama telapak tangan yang licin, bukan dengan foam-nya.

Foam yang creamy tidak beleber netes kemana-mana.

Jadi jangan heran dengan 4-2-4 (minutes) cleansing method yang sempat populer di Korea Selatan. Karena foam padat memang bisa bertahan lama di atas permukaan kulit.


#3 | Tidak menggunakan produk bertabir surya

Tabir surya sangat dibutuhkan, terutama jika kita menggunakan obat dan produk yang mengandung exfoliant. Kulit akan menjadi semakin sensitif/peka terhadap sinar uv sehingga butuh diproteksi.

Di kemasan produk juga tercantum.
Mengandung 0.98% AHA. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Jangan digunakan di sekitar mata, mulut, dan membran mukosa lain. Gunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) minimal 15. Jika terjadi reaksi hipersensitif (rasa terbakar, kemerahan) hentikan pemakaian.

#4 | Berlebihan membersihkan wajah

Membersihkan wajah dengan sabun cukup 2 kali dalam sehari. Di pagi/siang dan malam hari.

Hal ini juga berlaku bagi kulit yang sangat berminyak sekalipun.

Terlalu sering mencuci wajah dengan sabun membuat kulit kehilangan minyak alaminya, mengganggu skin barrier, sehingga kulit jadi rentan iritasi dan bermasalah.

Baca juga :
Jangan Merawat Wajah & Mengatasi Jerawat dengan Cara Alami ini
Apakah Kamu Berlebihan Merawat Kulit Wajah?

#5 | Formula yang tidak sesuai

Tekstur udah pas, sabunnya selalu difoaming, frekuensi pakai juga udah tepat. Lantas kenapa kulit masih bermasalah juga?

Ya balik lagi ke alasan paling basic di dunia per-skincare-an : cocok-cocokan.

Ngomong-ngomong, produk Hada Labo yang saya coba pertama kali adalah Shirojyun face wash (supaya sepaket dengan lotion dan milk-nya). Eh, malah muncul jerawat.

Sebaliknya, ada yang share, dia lebih cocok pake Shirojyun face wash, Tamagohada bikin kulitnya terasa aneh. Padahal (saat itu) kulit kita sama-sama berminyak dan acne prone.

Dengan kata lain, secara spesifik kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing orang tidak sama persis. Oleh karena itu, progres dan reaksi kulit tiap orang terhadap satu produk juga bisa berbeda.

Untuk tahu kulit kita cocok dengan produk skin care juga tidak perlu menunggu lama. Di awal-awal pemakaian bisa dicek apakah ada reaksi penolakan dari kulit atau tidak.

Reaksi penolakan adalah reaksi negatif yang tidak wajar seperti jerawat, bruntusan, gatal, perih, kemerahan, iritasi, dan lainnya. Kalo sudah begitu, segera hentikan pemakaian.

Baca juga : Reaksi Kulit terhadap Produk Skin Care = Purging?

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
18 komentar on "Hada Labo Tamagohada Face Wash : Apakah Sabun Menyebabkan Purging?"
  1. Pantesaaan. Baru nyoba trial tamagohada 5 hari udah mulai muncul jerawat2. Tadinya cuma muncul 2 sekarang jadi lebih dari 7 jerawat radang dan pustule (%#;:%#!%). Karena jerawatnya muncul di tempat yg memang bermasalah, aku pikir ini purging. Jadi diterusin.

    Padahal awalnya nyoba ini karena mikir kulit butuh exfo ringan. Nyatanya malah kulit jadi jerawatan lgi, super flaky, kelupas di bagian mulut dkk.
    Kayaknya balik ke sebamed dan oatmeal. =(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa :( turut sedih ya. Semoga kondisi kulit kamu segera membaik. Iya, bisa jadi karena area bermasalahnya terstimulasi dengan tekstur atau formula produk yang tidak sesuai. Wallahu a'lam.

      Eniwei, di awal tahun aku juga baru sadar kalo tamagohada ga cocok buat kulit dehidrasi setelah kulitku jadi flaky huhu (gampang muncul dry patch).

      Samaaa. Aku juga masih sedia oatmeal sampe sekarang buat jaga-jaga ;)

      Hapus
  2. Halo mbak, maaf baru berkunjung balik.
    Aku sebelum hamil, kulitku berminyak banget. Eh pas hamil sampe sekarang jadi kering bangeds.
    Trus aku pake hadalabo gokyujun juga, lumayan lembab dan cocok sih. Kalo unt ngebersihinnya aku lebih suka pake yg semacam scrub dibanding yang foam.
    Trus karena sekarang kering banget, aku pake pelembab yg putih susu. Semuanya hadalabo gokyujun. Alhamdulillah cocok ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, ngga papa, mba Ratu :D aku juga jarang blogwalking hehe. Alhamdulillah kalo cocok. Iya, HL emang bersahabat buat kulit kering, kalo kulit berminyak mesti diakalin dulu biar cocok.

      Thanks for stopping by mba Ratu ^^

      Hapus
  3. Hai kak, aku mau tanya tapi ini lumayan panjang hehe. Aku ngerasa mukaku kering banget, si sekitar mulut kulit aku ga rata, gradakan gitu. Akhirnya setelah gugling dll, aku tertarik pake HL
    Aku 3 minggu yg lalu beli starter pack HL gokyujun.yg paling pertama aku coba FW. Pas di pake muncul jerawat kecil dan muka jadi gradakan. Tetep aku lanjut ke lotion seminggu kemudian. Karena aku mikir ini efek purging, apa emang FW gokyujun ini ga cock di aku ya, akhirnya aku beli gokyujun yg versi foam, tapi tetep aja gitu ga ada perubahan. Dan sekarang sukses mukaku jadi punya jerawat meradang 1 dan jerawat lain yg ga sembuh2. Pertanyaannya:

    1. Apakah seri gokyujun akan mengalami purging ketika awal pemakaian?
    2. Aku ini lebih ke purging atau ga cocok ya?

    Terimaksih kak jika berkenan menjawab:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ratna. Bukan purging itu sayang, kemungkinan karena ngga cocok atau cara pemakaiannya yg kurang tepat. Hada Labo Gokujyun tidak punya zat aktif yang memicu purging. Purging umumnya hanya dipicu oleh obat, sedangkan produk-produk Hada Labo fokusnya di moisturizing dan hydrating. Wallahu a'lam. Semoga lekas membaik kondisi kulitnya ya :)

      Hapus
  4. titis.....baru baca ini...dan aq baru nyoba mild peelingnya hada labo..dikasi temen karena ngga cocok di dia..

    awalnya serem juga mau pake..tapi alhamdulillah cocok..kebetulan pernah ada jerawat gede di dagu dan meradang merah gtu...besok paginya kempeeees pes..padahal kalo lagi jerawatan harusnya ga boleh peeling ypeelingu apa karena ini mild peeling?

    trus, mukaku kan tipe kering, emang habis cuci muka harus langsung pake toner yg menghidrasi sih...tapi so far ga bikin muka tambah kering..

    aq makenya 2 atau 3 hari sekali tiap malam aja....ga berani tiap hari karena takut sama tulisan peelingnya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba kalo cocok :D Aku juga lama pake ini, cuma stopnya setelah kulitku dehidrasi.

      Iya peelingnya bukan "peeling" macam scrub atau chemical peeling yg harsh. Emang gentle bgt, tapi yg kulitnya kering tetep mesti hati-hati hehe. Sebelum lepas, juga aku pakenya cuma 1-3 hari sekali mba :D

      Hapus
  5. Nice review sis..Sekedar info yang mau produk hadalabo lengkap bisa beli online di instagram @dewiqueen_shopper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :) Barakallah buat olshopnya.

      Hapus
  6. Mbaa, saya udah 4 hari pakai mild peeling ini di area sekitar mata, apa gak apa apa ya? Besok saya akan mulai tidak memakaikannya lagi di area sekitar mata... kira kira apa yang bisa terjadi ya, saya jadi takut nih mba ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau selama 4 hari tidak ada reaksi negatif (seperti perih, pedih, kering, iritasi, dll) insya Allah ngga apa-apa mba. Formulanya tamagohada sebenernya gentle untuk pemakaian sehari-hari. Jadi ngga sama kayak chemical peeling di dokter ^^;

      Kalau sista kulitnya sensitif dan kering, baiknya ngga pake tamagohada. Tamagohada lebih sesuai untuk kulit normal, berminyak, dan yang mengalami penuaan. Kalau masih khawatir, sekarang banyak pembersih yang ringan dan relatif aman untuk kulit sensitif sekalipun , misalnya micellar water. Wallahu a'lam.

      Hapus
  7. Halo kak, mau tanya nih, kalau pakai fw hada labo yang ini terus aku pakai toner yang ada kandungan bha nya juga, itu gpp kak?
    makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga Andi Yaumil :D

      Kalau dari pengalaman org-org sih umumnya ngga apa-apa, asal diatur frekuensi pakainya sesuai kondisi dan kebutuhan kulit.

      ---

      Jadi, saat kita menetapkan regimen skin care, amati dulu respon kulit di awal pemakaian... mis. pake sabun hanya di malam hari + tonernya pagi dan malam. Atau sabun di pagi-malam, tonernya sekali di malam hari. Atau sabun pagi-malam, toner pagi-malam.

      Nah, kalo ada reaksi yg ngga wajar seperti mrintis (bumps/jerawat pasir), kering/kaku, gatal, kemerahan, iritasi, dll... berarti kita mesti evaluasi dan atur ulang regimennya. Yaa mungkin karena kita overdoing atau memang ada produk yg harus diskip/diganti :D

      Selain itu, kalo kita menggunakan produk yg mengandung retinoid, AHA, BHA, lebih baik digunakan tipis dengan frekuensi yg diatur sesuai kebutuhan. Daripada ujug-ujug langsung ngelibas kulit, berlebihan/keseringan pake produk, oles tebel-tebel, dst.

      Wallahu a'lam.

      Hapus
  8. Haloo mbak, jadi aku baru pake hadalabo facewash tamagohada yang make up remover, nah aku pakenya tuh 2x sehari (pagi&malam sebelum tidur) aku udah pake produk ini jalan 2 mingguan dan sekarang mukaku keluar jerawat yang besar2 gitu, di jidat 1 di dekat bibir 1 di dagu 1 dan di pipi 1.
    Padahal dulu aku pernah pake si hadalabo ini tapi yang facewash tamagohada biasa bukan yang make up remover, kira2 1 tahun yang lalu dan waktu itu cocok cocok aja :(
    Menurut mbak masalahku ini termasuk purging atau bukan?
    Aku bingung nih, harus dilanjut pemakaiannya atau ngga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo juga...

      Bdw, ga semua orang cocok dengan yg make up remover say. Itu formulanya lebih "berat" dibanding tamagohada biasa. Soalnya memang ditujukan untuk menghapus makeup yg notabene lebih sulit dibersihkan dibanding debu dan sebum yg berlebih.

      Bukan purging. Kemungkinan karena ga cocok, frekuensi pakai berlebih, atau cara pemakaiannya yg ga tepat.

      Untuk kehati-hatian, lebih baik segera hentikan pemakaian.

      Wallahu a'lam.

      Semoga lekas membaik kulitnyaa, aamiin aamiin aamiin.

      Hapus
  9. hallo mbak aku baru 2-3 kali make hada labo facewash jerawat aku malah keluaran besar2 apa emang sprti itu atau diberhentikan memakai nya, makasih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, ngga cocok berarti ^^ baiknya segera hentikan pemakaian dan cari pembersih yg lebih gentle. Wallahu a'lam.

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^