Erha21 C Serum (10% stabilized Vit C)

Setelah mengobati jerawat, masalah yang umum kita hadapi adalah kusam dan noda yang menggelap. Sebelumnya (2015) saya menggunakan Melanox Premium serum. Kemudian berhenti karena jerawat (kecolongan pas pms). Setelah jerawatnya sembuh, saya khawatir Melanox Premium akan terasa berat di kulit. Di sisi lain, dilema juga karena kulit terlihat kusam banget.

Baca juga : Melanox Premium Serum


Akhirnya saya cari serum yang ringan. Pilihan pun jatuh pada Erha21 C Serum. Dilihat dari reputasi, saya percaya sama Erha21. Secara dulu saya puas menggunakan Truwhite Activator Night Cream-nya :D

Eniwei, saat ini saya sudah tidak menggunakan serum ini. Alasan saya mereview, karena banyak yang sharing, bingung memilih produk skin care (khususnya serum). Jadi, adanya review ini bukan karena Erha21 C Serum-lah yang terbaik. Produk ini hanya satu dari sekian banyak pilihan serum yang ada.


Erha21 C Serum menggunakan Sodium Ascorbyl Phosphate, bentuk vitamin C yang stabil bahkan di pH 7. Di rating ingredient Paula's Choice, Sodium Ascorbyl Phosphate masuk kategori Best.


Volumenya 19 ml. Kemasannya aman, karena anti UV dan menggunakan botol airless pump. PAO-nya hanya sebulan setelah kemasan dibuka.


Teksturnya encer, bening seperti air. Aman untuk kulit acne prone karena tidak menyumbat pori. Setelah diaplikasikan ke kulit, terasa agak lengket seperti Hada Labo lotion. Tapi beberapa menit kemudian, lengketnya hilang dan kulit menjadi lebih smooth.

Erha21 C Serum juga tidak menimbulkan reaksi penolakan atau reaksi negatif di kulit saya.



Hasilnya?
Kulit jadi lebih lembab, kenyal, dan tampak fresh.
Itu yang paling bisa diamati selama pemakaian.

Jika dibandingkan dengan Melanox Premium serum (karena jangka waktunya dekatan), keduanya sama-sama mencerahkan. Hanya saja, untuk memudarkan noda bekas jerawat lebih cepat Melanox Premium serum.

Saya ngga bisa cerita banyak tentang kenaikan skin tone yang signifikan, karena dari awal sudah mentok segini-gini aja (dengan menggunakan produk skin care biasa). Meski demikian (sepengamatan saya), ada sedikit perbedaan efek mencerahkan dari kedua produk tersebut.

Melanox Premium serum unggul di meratakan warna wajah dan memudarkan noda, sehingga kulit terlihat lebih cerah. Sedangkan Erha21 C Serum membuat kulit lebih segar, sehingga tampak sehat.

Kenapa berhenti?
Alasan pertama... Secara keseluruhan, saya mengakui kalau Erha21 C Serum bagus. TAPI, saya tidak tahan dengan aromanya. Seperti asin/amis gitu. Entah ya, itu karena saya lagi ngga mujur atau memang produknya yang seperti itu ^^;

Kedua, problem utama kulit saya saat ini adalah dehidrasi. Kenyal dan lembabnya kulit berkat Erha21 C Serum masih kalah dengan Hada Labo lotion dan milk. Jadi, saya balik lagi pake Hada Labo Shirojyun hehe. FYI, Hada Labo Shirojyun mengandung Hyaluronic acid, Arbutin, dan vitamin C juga.

Untuk kulit yang tidak dehidrasi, lembabnya produk ini pas kok. Tidak membuat kulit jadi berminyak, karena lumayan cepat meresap.

Ngomong-ngomong...

Seperti yang telah kita bahas di artikel sebelumnya, salah satu ingredient yang paling baik untuk memulai perawatan anti aging adalah vitamin C.

Baca juga : Vitamin C dalam Kosmetika

Proses penuaan memang mutlak dialami siapa saja. Dalam konteks perawatan, walau ada embel-embel "mencegah", sejatinya produk anti aging hanya memperlambat proses penuaan. Kalau treatment seperti tanam benang, botox, operasi, itu lain cerita ya...

Sering kan kita temui, ada yang belum masuk usia 30 tahun, tapi sudah muncul kerut halus atau noda sun spot. Ada juga yang usianya 30an tahun, tapi masih terlihat seperti usia 20an...

Salah satu contoh perawatan anti aging yang sukses (menurut saya) adalah Park Eun Hye, aktris Korea Selatan (ehm, tetep yaa). Itu lho yang jadi Yeon Seng temennya Jang Geum (Jewel in The Palace). Pernah main sama Vic Zhou juga di Silence. Sekarang, usianya 38 tahun (kelahiran 1978), tapi kulitnya bikin speechless...

Bagaimana Anda menjaga penampilan agar tetap muda?
Gampang saja (ngeluarin serum vitamin C). Saya tidak menggunakan toner atau lotion. Saya hanya menggunakan serum vitamin C.



Apakah ada alasan kenapa Anda hanya menggunakan serum tersebut?
Saya selalu mengonsumsi vitamin C setiap pagi. Vitamin C adalah antioksidan. Saya pikir lebih baik jika digunakan di kulit untuk menangani tanda-tanda penuaan.


Tekstur serum vitamin C encer (seperti air). Sama sekali tidak lengket. Serum vitamin C tidak hanya mengeksfoliasi kulit, tapi juga terserap dengan cepat sehingga kulit tampak berkilau.

Apa lagi yang Anda gunakan selain serum?
Ini... (ngeluarin gedebokan pelembab). Ini krim pelembab. Jika kita menggunakannya di atas serum, menurut saya efeknya jadi 3 kali lipat.

Apa ada alasan kenapa Anda memilih krim pelembab itu?
(Karena mengandung) vitamin C.

Vitamin C lagi??
Saya sangat yakin dengan (khasiat) vitamin (untuk perawatan), karena dapat mencegah keriput dan mencerahkan kulit.


Itu tampilan kulitnya tanpa make up. Dengan ini, Park Eun Hye sudah layak jadi duta vitamin C haha. Kalau mau nonton, judul videonya Get it Beauty-Talking Mirror : Actress Park Eun Hye di youtube (klik direct link; credit screenshot milik Get it Beauty, diupload oleh Onstyle).

Bagi yang penasaran, di video tersebut Park Eun Hye menggunakan [LIZK] First C Pure Vitamin C11% Total Care Serum (harganya $109, mwehehehehe). Serumnya kuning bukan karena teroksidasi, tapi memang warnanya begitu.


Akhir kata...
Reviewnya malah jadi kemana-mana ^^; lol.

Serum vitamin C memang tidak memberi hasil yang instan, tapi efek jangka panjangnya sangat menjanjikan. Saya harap artikel ini dan artikel sebelumnya (vitamin C dalam produk kosmetika) bisa jadi gambaran buat teman-teman yang tertarik dengan perawatan anti aging.

Oh iya, perawatan anti aging tidak maksimal jika mengandalkan produk skin care saja. Lebih lanjut...

Baca juga : Perawatan Kulit Wanita Korea Selatan : Apa sih Rahasia Cantiknya?

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
12 Juni 2016 23.16 delete

Aku pakai Hada Labo SHirojyun juga. Pas awal-awal pake gilak langsung lebih cerah mukanya haha. eh maalah ngomenin Hadalabo. Btw kalau serum Erha ini harus dengan resep apa beli aja di apoteknya? Berapaan sih? :D

Reply
avatar
13 Juni 2016 03.54 delete

Hahaha toss dulu :D Essence-nya juga bagus buat cerahin, bikin kulit rada merona gitu. Bdw, Erha21 C serum produk over the counternya Erha ^_^ Bagus-bagus lho produknya Erha21. Bisa dibeli tanpa resep dokter. Ada di klinik Erha atau Erha Apothecary yang di mal. Harganya sekitar 140-160an ribu (lebih murah beli langsung, daripada online).

Reply
avatar
13 Juni 2016 15.03 delete

jadi kepengen juga memasukan vitamin C dalam asupan makanan dan skincare biar muka ga cepat menua :D


www.reistilldoll.com

Reply
avatar
13 Juni 2016 18.03 delete

Ayoo~ ayoo~ dicoba~ :D

Kalau asupan makan, ada juga yang minum tomat diblender/dijus. Browsing-browsing di youtube aja banyak yg share dan hasilnya oke ^_^

Reply
avatar
14 Juni 2016 19.35 delete

Kalau essence sama serum sama gak sih?

Reply
avatar
15 Juni 2016 06.24 delete

Pada dasarnya sama haha. Yang membedakan, essence punya konsentrat yang lebih rendah dibanding serum. Kalo ditinjau dari tingginya konsentrat, urutannya begini... essence < serum < ampoule

Tapi sekarang istilah itu cuma jadi strategi marketing aja. Udah pernah aku bahas di artikel ini sis Lia... http://www.haihanitis.com/2014/03/pengetahuan-dasar-tentang-produk.html

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon