Memilih "Artikel yang Perlu Diperbaiki" dengan Google Analytics

Sebagian besar blogger bertujuan untuk menyajikan blog dengan konten yang relevan dan memuaskan pengunjung. Ada kalanya kita ingin membenahi artikel-artikel lama, tapi bingung mana yang perlu diprioritaskan.

Baca juga : Hai Hanitis' Blogging Insights

Cara yang paling mudah adalah memperbaiki artikel-artikel populer dalam periode 7 hari, 1 bulan, atau sejak awal. Artikel populer lebih sering didatangi pengunjung. Jadi, memperbaikinya sama dengan memperbaiki kesan pertama blog kita pada pengunjung baru yang datang dari mesin pencari.


Selain memperbaiki artikel populer, kita juga bisa memanfaatkan Google Analytics. Petunjuk dari Google Analytics memiliki rekam data yang lebih akurat.

Langkah-langkah Memilih Artikel
Cara ini aku tau dari situs Optimizesmart ^^ klik gambar untuk tampilan yang lebih jelas.

1. Install Google Analytics di blog kita.
Log in di situs ini https://www.google.com/analytics/

2. Masuk ke tab Pelaporan, scroll ke bawah --> pilih Perilaku dan klik Konten Situs.


Biasanya aku pilih Semua Laman atau Laman Landas (landing page). Laman landas adalah laman masuk saat pengunjung tiba ke situs kita.


3. Setelah masuk ke tab Semua Laman (atau opsi lainnya), ubah tampilan data jadi Perbandingan. Kemudian pilih Rasio Pentalan di bagian perbandingan dengan rata-rata situs.


4. Catat artikel merah ^^; itu yang perlu dibenahi. Lumayan banyak kalo di blogku mah hahaha. Makanya perbaikin artikel dari Desember 2015 sampe sekarang belom kelar-kelar *tetiba curcol.


***

Berkenalan dengan Bounce Rate
Bounce rate (rasio pentalan) adalah persentase pengunjung yang datang dan meninggalkan situs kita tanpa melihat halaman atau artikel lain (single page visitor). Konon, rendahnya rasio pentalan berhubungan erat dengan pageview yang tinggi dan ikatan yang kuat dengan pembaca (readership).

Bounce rate sebesar 70% berarti ada sekitar 70% pengunjung yang datang dan meninggalkan situs kita setelah melihat satu halaman saja. Dikatakan "melihat", karena belum tentu membaca. 

Kita juga sering kan? :D Langsung close tab saat tau artikel yang kita buka tidak sesuai dengan apa yang kita cari. Mungkin karena itulah bounce rate dimaknai secara negatif. Tapi, setelah baca sana-sini, ternyata pentalan tidak selalu buruk. 

Insight dari situs Venture Harbour | Pentalan adalah 1 (satu) kunjungan halaman. Jadi, seorang pengunjung yang mengklik link menuju halaman situs kita, menghabiskan 5 menit untuk membaca 1 artikel, kemudian keluar (close tab tanpa interaksi), juga dihitung sebagai pentalan.

Dengan kata lain, pengunjung yang menemukan artikel relevan dan puas dengan informasi yang kita sampaikan, juga terhitung sebagai pentalan. Jadi, ngga perlu down kalo blog kita punya bounce rate yang tinggi.

Masing-masing jenis website punya kisaran bounce rate yang berbeda. Misalnya, situs portal berita bounce rate-nya sangat rendah, karena pilihan artikelnya ada ribuan. FYI, rata-rata rasio pentalan blog di dunia adalah sekitar 80%.

Oleh karena itu... Memperbaiki blog bukan hanya untuk menekan rasio pentalan, tetapi juga untuk membuat pentalan yang baik. Tolak ukur "baik"-nya adalah pengunjung memperoleh manfaat dari informasi yang kita sampaikan.

Solusinya?
Banyak cara untuk menekan bounce rate. Bisa dengan memperbaiki 'artikel merah' dan blog secara keseluruhan.

Perbaikan artikel meliputi...
  • alur penuturan dan ejaan mudah dipahami, 
  • mengoreksi typo (salah ketik), 
  • poin-poin inti artikel disampaikan dengan jelas, 
  • menggunakan foto atau ilustrasi yang bagus, dst.

Perbaikan blog meliputi...
  • template blog nyaman dipandang,
  • loading laman cepat,
  • menambah konten original,
  • navigasi situs user friendly,
  • mengurangi widget yang tidak perlu (ikan-ikanan, salju-saljuan, orkes lagu otomatis), dst.

Sekilas Info...
Kejadian lagi sekitar 2-3 hari lalu. Pas blogwalking ada banyak artikel tentang produk kosmetika yang dicopas plek oleh seseorang yang mengaku sebagai "Indonesian Beauty Blogger". Bahkan watermark foto aslinya diganti, ditempelin alamat blog dia. Aku yang nyimak aja merasa tersakiti *lah... baper...

Dari situ aku sadar (  '-') Jalan pintas yang paling menggiurkan untuk menambah artikel dan menaikkan traffic ya dengan copy paste artikel orang lain.

Yang udah konpers (((konpers~))) baru Desty : Artikel Blog Life of Daisy Di-Copy Paste

Baca juga : Penting! Hati-hati Beauty Blogger

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
10 Maret 2016 19.53 delete

omongan copas artikel sama si indonesian beauty blogger itu lagi hitzz dikalangan yg empunya blog yg di copas. karena meresahkan para blogger blogger yang lain juga -_-

Reply
avatar
10 Maret 2016 21.44 delete

huum -_- emang ga asik bangetlah kalo udh ada kejadian kayak gini *sigh...

Reply
avatar
17 Maret 2016 07.01 delete

nice inpoh Hani..padahal walaupun gaya menulis kita masih kurang dan perlu banyak belajar dan poles sana sini, tapi bangga aja dengan tulisan sendiri ya kan? ga perlu copas plek punya orang. kalo blog ku mungkin ga ada yang mau copas Hani,wong tulisannya masih amburadul dan fotonya juga masih alakadarnya, modal kamera handphone jadul aja hehehe

Reply
avatar
17 Maret 2016 08.30 delete

Iyaa bener. Puas aja gitu tiap kali publikasi tulisan :ng

Haduuh Bundaa... :D tulisannya bagus-bagus kok. Lebih bagus dan rapi malah dibanding tulisanku awal-awal. Yang namanya org niat copas mah ga pandang bulu. Ni blogku pernah kena autoblog, artikel jebot yg masih amburegul emeseyu dari tahun 2011 juga kena sedot. Krn niat mereka emg buat nambah konten :D

Reply
avatar
25 Maret 2016 01.04 delete

Tips-tips blog hai hanitis skarang aku ikutin semuanya, haha :p

yang copas-copas itu bikin elus dada, ngebayangin kalau kita,sodara atau temen kita yang digituin. :/

Reply
avatar
25 Maret 2016 11.28 delete

Huwaaaa kangen deeeh :""" *hug hug hug* HalalBea blog baru mba Mizha bukan?? :'D Makin KECEEE... Aku bangga ngeliatnya T.T

Alhamdulillah kalo bermanfaat. Nantikan tips selanjutnya hehe ^^;

Yang bikin speechless, ada sebagian copaser yg ngga ngerasa bersalah. Karena dia pikir kayak gitu ngga ngelanggar hukum di Indonesia (aku pernah baca komen salah satu copaser di situs gede, bikin geleng-geleng kepala). Dia beneran ngga tau apa lupa kalo di internet ada yg namanya DMCA. Paling sering juga pake dalih "kan sharing info bermanfaat" :|

Sedih aja gitu. Sebagian besar beauty blogger ngga hanya nulis-nulis doang, tapi juga ngeluarin modal beli kamera DSLR, ada juga yg sampe beli latar/background foto, luangin waktu dan tenaga buat nata-nata produk yg mo difoto, ehh... dicopas gitu aja T.T

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon