Es Batu untuk Kulit Wajah

Sudah lamaa aku ngga bahas tentang skin care racikan(?). Sampai ada yang nanya di email, kok udah ngga posting tentang DIY skin care lagi. Iya sih... Terakhir kali bikin artikel DIY skin care di tahun 2014 :|

Ngomong-ngomong, masih ada aja yang ngelabel penggemar DIY skin care sebagai orang yang pengiritan. Sayangnya, hmmm... ngga selalu benar. Ada bahan-bahan tertentu yang kalo diitung jatohnya lebih mahal daripada skin care pabrikan, lol.

Salah satu pertimbangan utama para penggemar DIY/homemade skin care adalah sebisa mungkin menghindari zat-zat sintetis dan tambahan lain yang sebenarnya tidak diperlukan (pewarna, pewangi, dst). Terlebih lagi, di Indonesia belum ada badan resmi yang mengatur klaim natural (alami) dan organik. Dengan kata lain, yang ngaku-ngaku "alami" belum tentu beneran alami.

Baca juga : Cek Arti Simbol/Logo Kemasan Produk Kosmetika di Sini

Pilihan menggunakan homemade skin care ataupun skin care over the counter balik ke masalah gaya hidup, selera, dan kebutuhan masing-masing. Aku pribadi juga belum bisa sepenuhnya banting setir pake DIY skin care. Makanya aku salut banget sama orang-orang yang kreatif, trus tau-tau nemuuu aja bahan-bahan yang sulit diperoleh :))

Baiklah, yuk eksplor DIY skin care lagi~ Mulai dari yang paling mudah dibuat. Es batu! :D Bagus ngga sih?


Caranya mudah...
Basahi es batu dengan air, kemudian oleskan dengan gerakan memutar di kulit wajah. Kalo ngga dibasahi air (benar-benar masih membatu) dan tidak digerakkan, es batunya bisa menyakiti kulit.

Tidak dianjurkan!
Bagi orang-orang yang kulitnya sensitif, jerawatan parah, dan memiliki problem spider veins atau broken capillaries (pembuluh darah keliatan jelas di kulit wajah). Temperatur ekstrim pada permukaan kulit dapat mengejutkan pembuluh darah sehingga akan menyebabkan kerusakan dan memperparah problem tersebut.

Review
Berikut efek sementara yang aku dapatkan.
  • Kulit terasa halus dan kencang.
  • Dibilang cerah merona ngga ya... Kurang lebih seperti pucat kedinginan. *yayalah -_-
  • Mempermudah aplikasi toner dan pelembab, terasa smooth begitu dioles di permukaan kulit.
  • Ngga mengeringkan jerawat, tapi hanya meredakan radang merahnya.

Hati-hati!
Keseringan menggunakan es batu (2-3x sehari) --> kulit kering.
Kebanyakan es batu dalam satu waktu pemakaian (2-3 buah) --> kulit memerah dan mati rasa.

In my humble opinion...
Sebenarnya, efek sementara tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk membantu penggunaan make up di acara-acara spesial (polesan yang smooth, wajah tampak fresh, dst). Tapi untuk "klaim" yang digadang-gadang dapat mengatasi kerut dan pori-pori melebar, rada useless sih menurutku ^^;

Penting!
Suhu sejuk/dingin bagus untuk kulit kita. Namun, temperatur ekstrim (baik itu panas maupun sangat dingin) untuk rutinitas skin care harian tidak baik.

Saat facial atau peeling, kita ditreatment dengan lempeng dingin untuk meredakan inflamasi (radang) kulit. *Tapi, seingatku ngga sedingin es batu deh (  '-') Artinya, temperatur yang sangat dingin adalah special treatment. Hanya dilakukan jika memang dibutuhkan (saat mengalami radang atau nyeri, cmiiw).

Cara yang aman untuk mendinginkan kulit sehari-hari adalah dengan menggunakan bedak dingin, sheet mask, toner, atau kain yang didinginkan.

Mendinginkan kain (handuk/washlap)...
Masukkan kain tersebut ke dalam lunch box atau kantong plastik, kemudian simpan di kulkas. Bisa juga dengan membasahi kain tersebut dengan air dingin, diperas, setelah itu dibekap di wajah.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
18 Maret 2016 19.22 delete

wah..jadi inget waktu aku nikah dulu, "mak andam" a.k.a penata riasnya ngompresin muka pake es batu sebelum di make up. Tapi besoknya urat-urat biru di pipi keluar semua dan sampai sekarang kalo diperhatiin bener2 keliatan banget loh di pipi pembuluh-pembuluh darah itu..ga ilang *nangis*
Aku salut banget buat yang rajin DIY Skincare, mahal di tenaga dan waktu lho itu..

Reply
avatar
18 Maret 2016 20.37 delete

Waa so sorry to know that :O kelamaan kah ngompresnya? Sependek pengetahuanku untuk make up amannya dikompres 20-30 detik aja.

Nah iya! Ckckck... lagi ngantuk pun, maskeran kudu ngeracik atau ngaduk-ngaduk adonan dulu. Belum lagi mesti jeli, karena biasanya DIY skin care ngga pake pengawet ^^;

Makasih sharingnya, Bunda ^^

Reply
avatar
23 Maret 2016 21.15 delete

Aku juga suka bedak dingin, apalagi yang dicampur pake air mawar yang udah disimpan di kulkas, terus dipake pas hari lagi panas-panasnya. Nyess... adem sejuk banget. hehe

thanks for sharing, Hani ^^

Reply
avatar
23 Maret 2016 21.30 delete

Iyaa, adem-adem gimanaa gitu yaa hehe. Thanks for sharing juga ^^

Reply
avatar
24 Maret 2016 22.22 delete

Agak2 takut coba ini ... jangan2 kulit saya gak cocok yah ...
Sudah berapa lama coba treatment ini, Mbak?

Reply
avatar
25 Maret 2016 00.55 delete

Ha, bener tuh.... :) Banyak yang bilangnya alami, tapi ya sebenarnya gak sealami itu.
Aku juga pernah pakai yang klaimnya 97% kandungan alami. Tapi dipikir-pikir, kandungan alaminya itu sebenarnya ya AIR -_-" (selebihnya additives :p)

Reply
avatar
25 Maret 2016 11.06 delete

Saya pernah coba 1 es batu (ice cube dari ice maker kulkas) tiap 1-2 malam sekali. Justru saya posting artikel ini karena es batu tidak dianjurkan untuk perawatan sehari-hari Bu hehe ^^ Hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja (mengatasi radang atau make up saat event spesial). Amannya mending pake bedak dingin, toner dingin, atau kain yang didinginkan.

Terima kasih atas kunjungannya Bu Mugniar ^^

Reply
avatar
25 Maret 2016 11.09 delete

Paling parah yang ngaku alami, tapi ternyata bermerkuri -___- iya sih merkuri dari alam, tapi kan... *kemudian hening*

Reply
avatar
5 April 2016 13.24 delete

kalo lagi jerawatan aku suka pencet2 pake s batu biar merah-merahnya memudar. Aaak webmu makin keceh!

Reply
avatar
5 April 2016 14.04 delete

^^ pas facial juga didinginkan supaya ga bengep-bengep yah. Alhamdulillah ^^;

Reply
avatar
5 Juni 2016 00.00 delete

Mau nyoba pake es batu terus inget tulisanmu ini. Terus buka lagi 😁

Reply
avatar
5 Juni 2016 07.46 delete

Alhamdulillah :D senang kalo membantu

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon