4 Cara Agar Telaten Merawat Wajah

Rabu, 17 Februari 2016
Beberapa kali ada yang sharing, sulit untuk telaten perawatan. Ya-ya-ya... Sepertinya ini problem yang dihadapi banyak orang (termasuk aku haha). Ada masa-masa dimana kita males blas. Bisa karena kecapekan, sakit, sibuk, atau lagi travelling.

Artikel #ntms ini juga bisa diterapkan untuk perawatan lainnya (badan dan rambut). Judulnya "merawat wajah", karena wajah yang lebih sering dikeluhkan.


Menetapkan Motivasi

Masing-masing orang punya motivasi yang berbeda. Motivasi itulah yang mendorong kita untuk disiplin menjalani regimen perawatannya. Banyak hal yang bisa dijadikan motivasi, entah itu demi pasangan, hobi (lol), supaya kayak artis Korea, supaya ngga kusam kalo dibandingin sama cewe lain, supaya good looking setiap saat, dan seterusnya.

Apapun motivasi kita, ingat baik-baik... Fungsi perawatan adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi, kita mesti hati-hati dalam menentukan regimen dan memilih produk skin care. Mencerahkan, anti aging, dst itu prioritas kesekian. FYI, kulit yang sehat bakal glowing dengan sendirinya kok.

---

Realistis

Ini sudah berkali-kali aku singgung. Perawatan wajah adalah tentang "penerimaan" kondisi kulit masing-masing. Oleh karena itu, kita harus memahami kondisi real kulit kita dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti genetik, penuaan, paparan sinar matahari, gaya hidup, dan lingkungan.

Sederhanakan "klaim produk" yang kita gunakan. Dengan demikian, kita tidak berharap secara berlebihan dan mampu bersabar dengan progres treatment/produk tersebut.

Contoh
Memutihkan kulit = mencerahkan warna alami kulit kita.
Perawatan anti aging = bukan melawan kodrat, tapi memperlambat proses penuaan.
Hanya dalam 1 hari = ngga ada produk skin care yang memberikan hasil instan. Semuanya butuh proses. Kadang bisa sampe berbulan-bulan hingga akhirnya terlihat jelas ada progres yang signifikan. *Lain cerita untuk suntik putih, tanam benang, dan sejenisnya :|

Noted!
Kulit bermasalah baiknya diobati terlebih dahulu.

Baca juga : Tipe dan Kondisi Kulit (+++ Tips & Info Lainnya)

---

Atur Regimen Perawatan yang Tidak Menyusahkan Diri Sendiri

Saat ini, mengaplikasikan skin care berlayer-layer sedang trend. Padahal ngga semua tipe dan kondisi kulit cocok dengan regimen 10-step skin care routine. Aku juga pernah menjalani regimen perawatan yang terdiri dari 8 langkah, tapi ujung-ujungnya sulit dilanjutkan (haha -.-), karena ribet dan tidak praktis.

Aku coba mengatur ulang frekuensi dan mengurangi penggunaan produk tertentu. Setelah beberapa lama, ternyata regimen perawatan yang "standar" pun hasilnya cukup memuaskan.

Perawatan yang terlalu intens alias berlebihan justru tidak baik. Lagipula, hal-hal sederhana akan lebih mudah dilakukan secara rutin dan konsisten. Pelan-pelan aja, supaya semangatnya ngga hanya heboh di awal. Yang paling penting, pastikan bahwa regimen yang kita jalani sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kita sendiri.

Baca juga : Apakah Kamu Berlebihan Merawat Kulit Wajah?

---

Anggap Rutinitas Perawatan Wajah = Me Time

Waktu perawatan adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri. Misalnya saja saat mengalami stres, sadar ngga sadar raut wajah menegang. Nah~ kalo dipijat lembut, dimaskerin... itu ngefek ke rileksasi otot-otot muka.

Coba jadwalkan face spa sendiri di rumah. Rasa nyaman dan fresh setelah face spa dapat menjadi penguat perilaku, sehingga kita akan tergerak untuk mengulang aktivitas tersebut. Ngga perlu tiap hari, cukup 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Ngomong-ngomong, video-video Get Unready with Me, Night Time Routine, Pampering Routine di youtube juga sering aku jadikan penguat motivasi.

Baca juga : Apa Situs & Channel Kecantikan Favoritmu?

#notetomyselftoo
Semoga bermanfaat.Thanks for reading and have a nice day.
8 komentar on "4 Cara Agar Telaten Merawat Wajah"
  1. bagus banget nihhh, soalnya cocok sama aku yang gak telaten rawat muka huhu

    BalasHapus
  2. Iya nih kalau capek bawaanny males cuci muka sebelum tidur, tapi hati kecil selalu berkata 'inget pit mukamu itu gampang jerawatan kalau g dirawat' yaudah berangkat deh ke kamar mandi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum :( kulit acne prone mah udah telaten aja kadang masih suka kecolongan...

      Hapus
  3. Poin ketiga itu yg aku utamain mbak Hani hehehe...
    Selain cari yg gak ribet juga jgn sampai menyusahkan kantong juga, giliran bagus produknya malah ga bisa repurchase gara2 ga kuku budget-nyah =D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noted! Ngga menyusahkan kantong ya :D aku pun begitu hahaha

      Hapus
  4. Huaaa... lama banget ga liat website mba hani gegara lagi ngejar TA. Pas kesempetan nongol, langsung ketemu sama artikel ini.. NTMS banget deh ini mba huhuu.. ga pernah bosen mantengin artikel-artikel mba hani.. thanks for inspiring me about beauty yaa mba.. semangat terus buat bikin artikelnyaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haai :D Samaaa, ini note to myself juga hehe. Alhamdulillah kalo bermanfaat ^^ Ayoo kamu semangat TA-nya. Semoga lancar, sukses, dan berkah yaa, aamiin aamiin aamiin.

      Hapus

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis.