Hai Hanitis' Blogging Insights

Aku suka banget baca pengalaman blogger lain, karena IRL biasanya ngga nyambung ngobrolin blogging huhu. Apalagi sejak Hari Blogger Nasional (27 Oktober), makin banyak yang sharing cerita di balik layar blognya. Kali ini giliranku *uhuk.


Blogger Indonesia semakin beretika
Kalau diperhatikan, saat ini artikel copy paste cukup jarang kita temui. Salah satu penyebabnya, Si Mbah (Google) sebagai search engine terbesar ingin menampilkan konten-konten original yang relevan. Hal ini tentu memotivasi para blogger untuk meningkatkan kualitas artikelnya.

Blogger mastah pun menyarankan untuk menghindari copy paste artikel. Lucu juga sih pas baca ada blogger yang dulu suka copas, trus jadi kapok pas tulisannya dicopas orang lain. Pada bilang, ternyata lebih nikmat bikin tulisan sendiri dibanding copas :D

Apa risiko artikel-artikel copas 100%?
Salah satunya, blog tersebut dianggap spam. Google bisa menindak artikel copas dengan mengembalikan artikel ke draft untuk diedit, menghapus artikel secara manual, atau menghapus blog *ketok-ketok kepala.

Selain copas, hal yang tidak dianjurkan adalah meniru gaya blogger populer. Alasannya karena makin kesini kita bakal capek sendiri, gaya asli kita malah ngga berkembang, terlihat palsu, dan salah-salah bisa menyinggung orang yang ditiru ^^;

Solusi dari blogger mastah adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threats) blog kita. Memperhatikan ciri khas ngga berarti stagnan dengan gaya menulis dan penyajian konten di blog kita. Sikapi "ciri khas" sebagai "keterampilan" yang dapat terus dikembangkan.

Google Analytics
Dulu, aku taunya blogging cuma nyusun artikel-publish-balas komentar. Ternyata, semakin berkembang blog kita, pengelolaannya pun semakin rumit.

Sejak Desember 2015, aku mulai memperbaiki artikel-artikel lama. Banyak informasi yang harus aku update, tapi bingung mulai darimana. Di sinilah peran Google Analytics untuk memberitahu artikel apa saja yang perlu kita benahi.

Baca juga : Memilih "Artikel yang Perlu Dibenahi" dengan Google Analytics

Terlebih lagi, biasanya pihak sponsor atau perusahaan yang ngajak kerja sama menanyakan statistik blog kita. Ada yang cukup dengan lampiran pageview harian, ada juga yang meminta laporan Google Analytics.

Jadi, kita perlu tau gimana membaca dan membuat laporan Google Analytics, walau hanya basic-basicnya aja. Kamu bisa cek ke situs Blogger Perempuan untuk mendapatkan pembahasan singkat mengenai Google Analytics tersebut.


Draft artikel
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. PR bloggingku nambah, ngga hanya nyiapin artikel baru, tapi juga ngedit artikel lama. Lumayan mumet, karena penyampaianku di artikel-artikel jadul masih belepotan, muter-muter, dan kadang melebar.

Jadi, sekarang sebelum menyusun artikel, aku konsepkan dulu apa yang mau aku sampaikan. Aku tulis draft dan kerangka alurnya, kemudian diketik.

"Jangan menulis artikel sampah"
Kata-kata terjlebb of the year selama blogging di tahun 2015. Aku jadi introspeksi habis-habisan :'|

Jadi gini...
Para blogger udah familiar dong dengan jargon one day one post atau buat artikel sebanyak-banyaknya. Positifnya, keterampilan menulis kita semakin terasah, jumlah artikel bertambah, dan traffic jelas meningkat lebih cepat. Negatifnya, kita bakal kesulitan untuk menjaga kualitas artikel atau ada beberapa konten yang terkesan asal jadi.

Menurut panduanIM, lebih baik kita ngga buru-buru mempublish artikel. Kalo emang butuh waktu, ngga perlu memaksakan sehari harus jadi. Lebih baik menulis 1 artikel bagus daripada 10 artikel asal-asalan.

Kita tidak dapat menyenangkan semua orang
Selama blogging, aku dapat banyak masukan dari orang-orang di sekitarku. Mulai dari template yang kesannya kosongan, penyajian artikel, jarang selfie, dst. Meski ada hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan, tapi ya ngga semuanya bisa dituruti. Aku juga pernah dapat feedback kalo gaya menulisku terlalu serius dan di lain kesempatan katanya aku cengengesan. Bingung kan? :))

Your Blog, Your Rules.
Tulis apa yang kamu suka.
Yaudah, aku nulis tentang kamu ya *halah

Udah pernah aku bahas sepintas baik di artikel rumpi tentang blog dan curcol pas blogwalking. Konten blog Hai Hanitis sebagian besar membahas tentang beauty. Kadang aku sungkan untuk publish hal lain di luar niche tersebut. Itu salah satu alasan kenapa aku ngga enjoy blogging di awal 2015. Aku suka banget bahas skin care, tapi ada hal-hal lain yang ingin aku share juga di blog ini :D

Aku mikir, apa perlu ganti konsep, apa baiknya ngelola 2-3 blog, atau jadi penulis tamu di website lain. Akhirnya dapat pencerahan setelah jalan-jalan ke blognya mba Shintaries. Intinya, ngga perlu batas-batasin topik tulisan yang emang jadi minat kita.

Find Me on Instagram! @haihanitis
Tahun lalu, aku dapat email, dia bilang kesannya aku misterius karena gada foto, gada socmed. Padahal aku ga niat kayak gitu ^^; Ada juga yang nanyain socmed karena menurut dia lebih mudah untuk nanya-nanya daripada lewat email atau kotak komentar.


Jadi, aku bikin akun ig untuk blog Hai Hanitis, khusus untuk keperluan blogging.

***

Akhir kata...
Ada yang bilang blogku sekarang jadi lebih baik. Alhamdulillah. Itu juga karena sering baca tips-tips blogging dari blogger mastah di pinterest dan situs lokal. Cek pin boardku di pinterest.com/haihanitis. Banyak tips blogging yang aku pin di situ.

Eniwei, saat ini aku belajar untuk menikmati blogging. Dibawa fun aja, ^^ supaya ngga jadi beban. Resolusi tahun 2016, sama kayak blogger lainnya hahahaha, lebih sering update dan rutin posting xD

***

UPDATED! 22 Januari 2016

Tidak Sengaja Menghapus 50 Komentar di Blog T.T

Aku memoderasi kotak komentar supaya lebih mudah disortir. Biasanya, aku buka blog tiap pagi dan malam sebelum tidur, untuk bales-bales komentar... Mungkin karena malem ya, udah ngantuk banget, aku ngga sengaja klik kotak select all, trus bablas kepencet hapus konten. O. EM. JI. Aku ngga nyadar itu tab komentar yang diterbitkan, bukan komentar yang menunggu moderasi.




Alhasil 50 komen terbaru di blogku terhapus begitu saja. Huwaaaaaa. Speechless.... Ngenes banget rasanya. Kali aja yg ngirim komen belum sempat baca balesannya. Trus, ada juga beberapa komen yang udah aku jawab panjang-panjang huhuhu.

FYI, aku mengapresiasi semua komentar yang masuk, karena itu Anonim pun aku persilakan untuk berkomentar. Kalaupun ada komen yang ngga terpublish, berarti komen tersebut terdeteksi sebagai spam oleh sistem. Jadi, otomatis masuk di tab spam, bukan di komentar yang menunggu moderasi.
Jika ada yang merasa komennya terhapus dan belum sempat membaca balasannya. Silakan ditanyakan ulang ya T.T

Terima kasih buat teman-teman pembaca blog Hai Hanitis ^^v
Have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
21 Januari 2016 16.22 delete

Aku gak pakai socmed, males XD kalau ada perlu, email aja cukup, atau tulis di komentar XD apalagi aku juga jarang main socmed, internatan juga kalau gak blogwalking ya cuma ngurus blog sendiri XDDD

Reply
avatar
21 Januari 2016 17.43 delete

Iyaa, samaa hahaha :D Ni aku jadi punya 2 akun instagram, tapi satunya emang private, khusus buat browsing2.

Ngomong-ngomong soal komentaar.. Curcol ahh.. Masa yaaa, aku ngga sengaja hapus 50 komen terbaruku (jerit dalam hati). Ngga enak banget diliatnya. Ngenes banget, apalagi ada komen yang udah aku balas panjang-panjang huhu. Jadi, mungkin krn semalam ngantuk banget, aku select all komennya. Ehh, gataunya itu tab komen yang diterbitkan T.T bukan komen yang menunggu moderasi. Setres.

Reply
avatar
22 Januari 2016 08.04 delete

OALAH! Pantesan aku lihat kok banyak banget komen yang dihapus, aku kira spam atau gimana gitu, tapi kok komen author juga terhapus, ngerasa aneh, tapi kupikir mungkin emang spam atau salah komen atau apalah gitu, tapi kok banyak XD;;

Ternyata begitu ceritanya XD

Aku gak pernah ngurusin komen lewat blog sih mbak, aku lewat email aja gitu lihatnya. Memang menghindari hal2 seperti itu tuh, soalnya dulu kejadian aku ngehapus post-an sendiri tanpa sadar, perih hati, padahal udah ketik2 panjang, curhatan super heboh gitu T^T

Reply
avatar
22 Januari 2016 09.02 delete

Haha aku juga pernah ngehapus post sendiri =,= *toss juga. Iya ni, kudu hati-hati ya, males banget ngetik panjang-panjang trus ilang hahaha :))) mo mulai lagi bingung, feel-nya udah ngga dapet.

Reply
avatar
22 Januari 2016 12.12 delete

HE-EH BENER, mau ngetik lagi udah gak ada feelingnya, contoh pas lagi curhat hepi, terhapus, kan udah jadi sedih, mau ceritain yang hepi udah hilang aja gitu hepinya. Duh...

Reply
avatar
22 Januari 2016 20.39 delete

aku sering banget pengen komen tp kok yah di phpin sama internetnya jd pasrah pasrah gitu aja sih ...
ditunggu updatenya yang baru ♡

Reply
avatar
23 Januari 2016 08.16 delete

"Hilang aja gitu hepinya" xD *menatap kosong ke layar laptop

Reply
avatar
23 Januari 2016 08.17 delete

Aku juga susah kalo mau komen tapi kudu pake Google+ huhu. Terima kasih :D see you on my next post ya.

Reply
avatar
16 Maret 2016 18.49 delete

Aku juga dulu sempet takut kalau nulis hal-hal di luar topik yang biasanya aku tulis, padahal banyak yang pengen aku share. Akhirnya memutuskan untuk ngejebol batasan yang aku bikin sendiri. Lebih enjoy jadinya, tapi kadang aku ngerasa jadi acak-acakan blognya XD

Reply
avatar
17 Maret 2016 01.24 delete

Iyaa.. ihh samaaa~ lebih enjoy apa adanya xD blog ini juga roman-romannya bakal jadi blog gado-gado hahahaha. Tinggal gimana caranya ngerapiin kategori/label post aja kali ya huhu.

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon