Himalaya Purifying Neem Scrub & Clear Complexion Whitening Face Scrub

Minggu, 29 November 2015
Salah satu keunggulan Himalaya Herbals adalah harga-harga produknya terjangkau, tapi kualitas tetap oke. Beduwei, pemilik kulit berminyak yang mudah kusam dan menggelap, biasanya bakal bingung, pilih scrub dari seri Purifying Neem atau seri Whitening?


***

Deskripsi Produk

Himalaya Purifying Neem Scrub
Diformulasikan secara khusus untuk menjadikan kulit Anda cerah dan bebas dari masalah, scrub ini bekerja ganda. Nimba dikenal sebagai pembersih, mencegah jerawat. Dikombinasikan dengan butiran aprikot, yang mengangkat komedo, sel kulit mati, dan kotoran, menjadikan kulit Anda lembut, cerah, segar, dan bebas dari masalah.

Cara pemakaian
Basahi wajah dan pijat merata, hindari area mata. Bilas dan keringkan. Untuk hasil terbaik, gunakan juga Purifying Neem Face Wash dan Purifying Neem Mask.


Himalaya Clear Complexion Whitening Face Scrub
Scrub dengan pengelupas ringan yang mencerahkan kulit Anda dan membuat kulit bercahaya. Licorice membantu mengatur sintesis melanin dan White Dammer (Damar Putih) membantu mendinginkan kulit. Sementara butiran Apricot yang lembut mengangkat sel-sel kulit mati, komedo, dan kotoran. Hasilnya, kulit tampak lebih cerah, lembut, dan bercahaya.

Cara pemakaian
Pijat lembut dengan ujung jari dengan gerakan melingkar pada wajah dan leher yang lembab, hindari area sekitar mata. Bilas, dan tepuk-tepuk ringan. Gunakan 2-3 kali seminggu untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Untuk hasil terbaik, bersihkan secara teratur dengan Clear Complexion Whitening Face Wash dan lanjutkan dengan Clear Complexion Whitening Day Cream.


***

Tekstur

Aku salut sama Himalaya, karena aware dengan kebutuhan kondisi kulit yang berbeda :D Silakan simak *halah foto di bawah ini...



Bisa diperhatikan, Neem Scrub mengandung lebih banyak granul/beads/butiran scrub halus, sedangkan Whitening Face Scrub lebih creamy, scrubnya dikit. Yang berartii... dari segi testur, idealnya neem scrub emang untuk kulit berminyak dan kombinasi. Sedangkan Whitening Face Scrub cocok banget buat yang kulitnya normal dan kering.

***

In my opinion

Awalnya aku ngga gitu meratiin perbedaan tekstur neem dan whitening face scrub... Sadarnya pas ngeluarin scrub, kok beda ya ternyata hahahaha.

Hasil keduanya sama aja. Sama-sama bikin kulit wajah terasa lebih halus, lembut, dan cerah setelah scrubbing. Untuk sel kulit mati iya keangkat, :| tapi untuk komedo kayaknya ngga ngefek deh.

Jadi, yang kulitnya berminyak, mending pilih Neem Scrub aja :D Seri Himalaya Neem juga bikin wajah keliatan cerah kok. Cerah lho ya, bukan memutihkan.

Kulitku sempat kering banget, pas diraba berasa gradakannya. Aku pikir ngga bakal kenapa-kenapa kalo discrub, karena udah ngga pake obat jerewi berhari-hari...

Aku coba scrubbing, mulus sih... tapi abis itu kulit jadi ngga nyaman (tegang-kaku-ketarik). Selain kejadian itu alhamdulillah no problemo ^^v

Satuannya sekitar Rp 15.000. Untuk pemakaian di wajah (1-2x seminggu), tube ukuran 50 ml bisa lah untuk 2 bulanan (karena makenya juga ngga perlu banyak-banyak).

Yang mungkin tidak cocok dengan scrub ini
Pemilik kulit yang sensitif dengan pewangi dan pengawet tertentu;
Kulit yang sedang bermasalah atau sedang mengobati jerawat.

Noted!
Kalo pun kulit terasa kasar banget, dan butuh eksfoliasi (ngangkat sel kulit mati) dengan bahan yang lebih gentle, aku pake oatmeal atau washlap (handuk bayi yang lembut). Caranya, basahi washlap dengan air hangat, kemudian tutupi wajah dengan washlap tersebut. Saat washlap terasa mendingin, lap kulit wajah pelan-pelan.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Pembuktian Diri : "Look at Me Now!"

Ada yang bilang cara terbaik untuk balas dendam adalah dengan membuktikan bahwa kita bisa lebih bahagia dan sukses daripada orang yang menyakiti kita. Kita berasumsi, luka itu bisa sembuh ketika melihat mereka menyesal, merasa bersalah, dan tahu diri kalo sekarang hidupnya ngga lebih baik dari kita.


Dengan kata lain, kita berjuang, tenaga dan pikiran kita tersita... untuk manas-manasin orang yang kita "benci". Hmmm.

Eniwei, memangnya kenapa kalo dia "kepanasan" dan mohon-mohon maaf?
Ya ngga kenapa-kenapa kan? :| orang udah kejadian.

The past is in the past.

Self improvement itu untuk kebaikan diri kita sendiri. Janganlah dijadikan tameng untuk mengejar penilaian orang lain. Salah satu yang harus direnungkan adalah kenapa kita lebih memilih untuk terlihat bahagia ketimbang benar-benar merasa bahagia?

"Bahagia" bukanlah bahagia jika hanya digunakan untuk pamer dan mengintimidasi orang lain. Orang yang benar-benar bahagia tidak seperti itu :)

You can't fix yourself by hurting other people.

Karena itulah, balas dendam, entah dengan nginjek-nginjek orang tersebut atau dengan cara "halus" seperti pembuktian diri, pada dasarnya ngga sehat buat mental kita :D udah tau sakit, eh sadar ngga sadar kita malah makin menyiksa diri.

Jadi, kalau kita bercita-cita untuk sukses di dunia ini, dedikasikan kesuksesan itu untuk Allah, untuk diri kita sendiri, untuk keluarga kita, juga untuk masyarakat. Bukan semata-mata untuk mendapatkan pengakuan dari orang yang pernah menyakiti kita.

***

#NoteToMySelf tapi #bukanCurhat
Ini obrolan saya dan temen sih...
Konteksnya bukan tindak kriminal ya :|

Baca juga : Belajar Memaafkan

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Seputar Notifikasi Kosmetika BPOM RI

Sabtu, 21 November 2015
Apa itu BPOM? [1]
BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah sebuah lembaga di Indonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan. Fungsi dan tugas BPOM menyerupai lembaga Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat.


Apa latar belakang adanya BPOM di negara Indonesia? [3][4]
Konsumsi masyarakat cenderung terus meningkat, seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat termasuk pola konsumsinya. Sementara itu, pengetahuan masyarakat masih belum memadai untuk dapat memilih dan menggunakan produk secara tepat, benar, dan aman. Di lain pihak, iklan dan promosi secara gencar mendorong konsumen untuk mengkonsumsi secara berlebihan dan seringkali tidak rasional.

Perubahan teknologi produksi, sistem perdagangan internasional dan gaya hidup konsumen tersebut pada realitasnya meningkatkan resiko dengan implikasi yang luas pada kesehatan dan keselamatan konsumen. Apabila terjadi produk sub standar, rusak atau terkontaminasi oleh bahan berbahaya, maka akan terjadi risiko berskala besar dan luas, serta berlangsung dengan cepat.

Indonesia harus memiliki Sistem Pengawasan Obat dan Makanan (SisPOM) yang efektif dan efisien untuk mendeteksi, mencegah, dan mengawasi produk-produk termaksud guna melindungi keamanan, keselamatan dan kesehatan konsumennya baik di dalam maupun di luar negeri. Badan POM memiliki jaringan nasional dan internasional, serta kewenangan penegakan hukum dan memiliki kredibilitas profesional yang tinggi.

Sebagian besar produk kosmetika berbahaya didominasi oleh kandungan bahan pewarna yang dilarang (merah K3 dan rhodamin), serta cemaran logam berat seperti timbal dan merkuri. Efek dari bahan berbaya tersebut antara lain dapat menyebabkan diare, muntah-muntah, kerusakan ginjal dan hati, kanker, cacat janin, dsb.

Kenapa sejak tahun 2011 kosmetika menggunakan sistem notifikasi? [5][6][7]
Negara-negara ASEAN sepakat untuk mengupayakan adanya harmonisasi standar dan persyaratan teknis di bidang kosmetika. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi ekonomi, produktivitas, dan daya saing produk ASEAN di pasar global.

Berdasarkan hasil analisis penilaian risiko, kosmetika merupakan produk berisiko rendah sepanjang semua peraturan/regulasi kosmetik dipatuhi oleh produsen. Untuk memudahkan pemasaran produk, pemerintah dituntut untuk membentuk sistem registrasi dimana produk impor tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengurus dokumen.

Sebelum produk diedarkan, pemohon mengajukan notifikasi ke Kepala BPOM. Notifikasi inilah yang nantinya menjadi alat pengawasan pasca peredaran produk (post market surveillance).

Siapakah pemohon notifikasi?
Pemohon notifikasi adalah industri kosmetik yang berada di wilayah Indonesia yang telah memiliki izin produksi, importir yang bergerak di bidang kosmetik sesuai dengan ketentuan peraturan perudang-undangan, atau usaha perorangan/badan usaha yang melakukan kontrak produksi dengan industri kosmetika yang telah memiliki izin produksi.

Bagaimana bentuk pengawasan produk-produk tersebut?
Pengawasan produk yang beredar dilakukan dengan 3 lapis, yaitu pemerintah, pelaku usaha, dan konsumen.

Kewajiban BPOM
  • melakukan pengawasan terhadap sarana produksi/distribusi, 
  • inspeksi Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), 
  • pengambilan sampel dan pengujian laboratorium,
  • audit dokumen informasi produk,
  • pengawasan iklan-iklan, dan
  • monitoring efek samping kosmetika (Meskos).

Kewajiban Pelaku Usaha
  • melakukan pengawasan internal dengan monitoring efek samping kosmetika dan keluhan pelanggan,
  • menjamin dan bertanggung jawab atas keamanan, mutu, dan manfaat produk,
  • menangani keluhan,
  • melakukan penarikan kosmetik yang tidak memenuhi syarat,
  • melaporkan ke BPOM apabila kosmetika yang dinotifikasi tidak lagi diproduksi atau diimpor, 
  • bertanggung jawab terhadap kosmetik yang tidak lagi diproduksi atau diimpo, tetapi masih beredar/diperjualbelikan.

Peran Masyarakat
Masyarakat sebagai konsumen perlu melindungi diri sendiri dengan cara:
  • Cermat memilih dan menggunakan produk kosmetik yang telah memenuhi syarat keamanan mutu dan manfaat.

BPOM bisa dipercaya ngga?
Mengenai persyaratan dan peraturan notifikasi dapat dibaca di dokumen berikut:
Persyaratan Teknis Kosmetika
Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika
Peraturan tentang Notifikasi Kosmetika

Dokumen lengkap mengenai Peraturan-peraturan Notifikasi Kosmetika BPOM, bisa kamu unduh di >> link ini <<

FYI!
Harmonisasi persyaratan teknis bahan meliputi delapan metode uji laboratorium, yaitu uji mikrobiologi, uji kadar pengawet, identifikasi beberapa bahan yang dilarang atau dibatasi, identifikasi logam berat (seperti timbal dan merkuri), kortikosteroid, dan zat pewarna yang tidak diizinkan dalam kosmetik.

Kortikosteroid pada dasarnya digunakan untuk pengobatan, jadi tidak diperkenankan untuk masuk dalam formula kosmetik (skin care yang beredar dan dijual bebas di pasaran).

Bagaimana cara cek produk?
Silakan berkunjung ke ceknie.pom.go.id


Sebelum mendapat izin edar, status produk kosmetik adalah ilegal, kecuali kosmetik yang digunakan untuk penelitian dan sampel yang tidak diperjualbelikan.

NA = produk Asia (termasuk produk lokal).
NB = produk Australia.
NC = produk Eropa.
ND = produk Afrika.
NE = produk Amerika.

Ingat! 
Izin kosmetik (skin care dan make up) dikeluarkan oleh BPOM RI, bukan DEPKES.

Bagaimana cara menghubungi BPOM?
HALO BPOM 1-500-533
SMS 08121-9999-533

Email halobpom@pom.go.id
Twitter @BPOM_RI

Jika ada yang ingin kamu laporkan mengenai keluhan, produksi, dan peredaran kosmetik ilegal, silakan kunjungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) BPOM seluruh Indonesia atau kirim email ke ulpk@pom.go.id

***

Akhir kata...

Jangan heran kalau merk-merk baru semakin bertambah. Sistem notifikasi BPOM yang berlaku saat ini mempermudah industri kosmetik untuk memasarkan produk-produknya. Meski demikian, pengawasan post market yang dilakukan BPOM cukup ketat. Setelah produk beredar, BPOM mengambil sampel, kemudian memeriksa kesesuaian kosmetik dengan data dan dokumen yang ada.

Adapun kerugian, keluhan, dan kejadian yang tidak diinginkan adalah tanggung jawab industri kosmetika, importir kosmetika, atau usaha perorangan/badan usaha.

Saran dari Kepala BPOM [8]
"Konsumen harus cerdas dalam memilih kosmetik. Jangan terbujuk dengan rayu iklan-iklan. Kalau tidak butuh, tidak usah beli."

***

Baca juga : Cek Arti Simbol/Logo Kemasan Produk Kosmetika di Sini

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Cara Balas Dendam yang Sehat

Kamis, 19 November 2015
Loh maksudnya gimana, "cara balas dendam yang sehat"? Sambil jogging gitu?? :| kriuk.

---

Setiap orang memiliki pengalaman menyakitkan yang berbeda-beda. Ada yang pernah dihina, dipermalukan, difitnah, dikhianati, ditindas, dikucilkan, ditelantarkan, dan sebagainya. Berpikir tentang membalas dendam adalah respon manusiawi yang muncul ketika kita disakiti dan tidak diperlakukan dengan adil. Ada keinginan agar orang tersebut merasakan penderitaan yang sama atau -kalau bisa- lebih buruk. Hmmm...
Credit to : accordingtodevin.tumblr.com

Salah satu studi eksperimen mengenai amarah dan hukuman menunjukkan hasil yang bagus untuk direnungkan [1]. Terdapat dua kelompok dalam eksperimen tersebut. Masing-masing kelompok memiliki anggapan yang sama, bahwa balas dendam itu baik untuk melepaskan emosi negatif.

Kelompok pertama diberi kesempatan untuk membalas dan menghukum oknum yang berlaku tidak adil. Yang menarik, setelah menghukum oknum tersebut, mereka melaporkan bahwa perasaan mereka malah jadi ngga enak.

Kelompok kedua berpikir mungkin mereka akan merasa lebih baik jika diberi kesempatan juga untuk menghukum. Padahal, hasil self report menunjukkan bahwa kelompok kedua (yang tidak diperkenankan untuk membalas) justru lebih bahagia dibanding kelompok pertama.

If revenge doesn't make us feel any better, why do we seek it?

Kebutuhan untuk membalas dendam sangat bisa dipahami, namun para ahli di bidang psikologi sepakat bahwa hal tersebut sama sekali tidak sehat. Karena~ pada dasarnya balas dendam tidak berkaitan dengan proses pemulihan luka batin kita. Camkan itu kisanak.

Sadarkah kamu?

Media memiliki andil karena mengangkat beragam tema mengenai amarah dan balas dendam. Apa yang kita tonton dan dengar membentuk persepsi bahwa perasaan negatif yang kita alami akan hilang sepenuhnya jika membalas dendam atau membuat orang tersebut menderita.

Sayangnya, meski kita punya power dan kondisi pun mendukung untuk membalas, ngga ada gunanya. Kepuasannya semu, hatimu akan tetap kosong. Kita hanya akan menyakiti diri sendiri. Kata Ali bin Abi Thalib r.a, ibarat meminum racun, tapi pengen orang lain yang mati.

Cara "balas dendam" yang sehat untuk mental kita adalah dengan memaafkan.

Pengalaman menyakitkan memang sulit dilupakan. Pun memaafkan adalah proses yang sebaiknya diusahakan terus menerus. Lagipula, kita juga punya banyak salah, sadar ngga sadar pernah menyakiti, menyinggung orang lain, dan melakukan hal-hal bodoh.

Tau kan pepatah "what goes around, comes around."
Semua perbuatan baik dan buruk yang kita lakukan, sekecil apapun akan kembali ke kita.

Ngga percaya?

Nih saya sedang ngalamin, makanya bikin postingan ini :D
Saya pernah ngomong apa, balik ke diri saya sendiri. Bahkan, yang cuma sekelebat pemikiran seperti prasangka buruk, judgement, dst juga berbalik ke saya. Bentuknya ngga selalu sama, tapi entah kenapa saya tau ini berkat perilaku dan pemikiran saya yang ini dan itu *apasih bahasanya hahaha.

Jadi, buat apa menyimpan dendam dan memikirkan orang yang menyakiti kita, karena cepat atau lambat setiap orang akan kepentok dengan perilakunya sendiri.

Memaafkan memang sulit banget, terutama jika kita memiliki luka psikologis yang dalam. Namun, belajar memaafkan, membuat langkah kita jadi lebih ringan :"""


Baca juga : Forgiveness -- Belajar Memaafkan.

Semoga bermanfaat :D
Thanks for reading and have a nice day.

Tips Belanja Produk Skin Care : Catat, Cari, & Hati-hati!

Rabu, 11 November 2015
Membeli produk skin care bisa jadi hal yang membingungkan. Apalagi kalau kita benar-benar newbie dalam merawat wajah. Artikel ini aku harap dapat memudahkan kamu untuk memilih dan belanja produk skin care :D

tips-belanja-produk-skin-care

***

CATAT!

Untuk mengerucutkan pilihan produk yang sesuai kebutuhan, sebaiknya kita membuat catatan kecil (atau at least ingat baik-baik) poin-poin di bawah ini...

1 | Kebutuhan Kulit

Ketahui tipe dan kondisi kulit.
Normal, kering, berminyak, atau kombinasi.
Mudah menggelap, sensitif, acne prone, dst.

Baca juga : Tipe dan Kondisi Kulit (+++ Tips & Info Lainnya)

Produk skin care untuk laki-laki?
Di artikel Tipe dan Kondisi kulit, sudah kita bahas sepintas tentang kulit pria yang berbeda dengan kulit wanita. Tapi, perbedaan yang paling mendasar dari produk skin care pria dan wanita hanya di kemasan dan pewangi yang lebih maskulin.

Nah, cowo-cowo yang memiliki kondisi kulit acne prone dan sensitif mesti hati-hati. Namanya kulit bermasalah, mau cewe atau cowo sama saja, kudu pake produk yang gentle dengan risiko iritasi rendah.

Produk skin care cowo yang paling beken adalah face wash/facial foam. Namun, penting untuk dipahami, produksi minyak berlebih dan masalah jerawat yang serius tidak cukup jika diatasi hanya dengan sabun pembersih.

Eniwei, berbicara tentang skin care berarti membahas kesehatan organ pelapis tubuh kita. Jadi, ngga perlu merasa "bukan cowo banget" saat mencari produk yang kamu butuhkan... We don't judge you :|

Noted!
Buat cowo-cowo, ada lho thread khusus yang bahas produk-produk kegantengan(?) di forum. Mereka ngga hanya sharing review produk perawatan wajah, tapi juga pomade segala macem ^^; Ini linknya... Kaskus Men's Care.

2 | Prioritas

Amati kondisi kulit, kemudian prioritaskan masalah yang paling serius untuk diatasi.

Contoh:
Rentan jerawat - noda bekas jerawat - kulit mudah kusam.

Berarti, baiknya kita membeli produk perawatan untuk kulit acne prone. Setelah kulit sudah membaik (jerawat jarang banget muncul), baru kemudian kita menggunakan produk dengan fitur pencerah untuk memudarkan noda bekas jerawat.

3 | Gaya Hidup

Apakah kamu lebih menyukai produk organik, vegan, atau sintetik?

Pertimbangkan juga...
Kegiatan sehari-hari : aktivitas outdoor atau indoor, dst.
Lingkungan : berpolusi, AC, asap rokok, berdebu, dst.

4 | Budgeting -- Splurge vs Steal

Tentukan anggaran biaya perawatan. Kemudian, dari catatan kecil yang sudah kita tulis, perkirakan produk apa yang sekiranya butuh biaya lebih dan produk mana yang bisa dihemat (splurge vs steal).

Contoh:
Kulit kering, dehidrasi, aktivitas indoor ber-AC dengan tuntutan heavy make up tiap hari.

Splurge : produk pembersih dan hydrating/moisturizer serum. Kalo ada budget lebih, sedangkan waktu untuk perawatan terbatas, coba browsing tentang beauty tools seperti clarisonic.
Steal : Sunblock (beli yang murah).

***

CARI!

1 | Review

Kenali produk yang akan kamu beli melalui internet, pengalaman teman, deskripsi produk yang tercantum di kemasan, dan tester yang tersedia di counter.

Cek juga forum Female Daily Skin Care Talk untuk browsing beragam produk skin care dan sharing review antar member.

Baca juga : Cek Arti Simbol/Logo Kemasan Produk Kosmetika di Sini

Noted!
SPG itu tugasnya untuk menjual. Biasanya hanya mengulang apa yang sudah tercantum di deskripsi produk. Jadi, disaring dulu masukan mbaknya, sebelum memutuskan untuk membeli.

2 | Formula Produk

Ada tips yang menarik dari Gregory Dylan (beauty expert). Jika ingin membeli produk, yang pertama kita pertimbangkan adalah formula yang ditawarkan produk tersebut, baru kemudian merknya.

Tipsnya memang simpel, tapi bila diterapkan, kita bisa mendapatkan efek dan hasil yang relatif sama dengan menggunakan produk yang lebih murah.

Merk itu penting, tapi bukan yang utama. Merk memberi gambaran reputasi dan kredibilitas produsennya. Sedangkan formula ingredient lebih krusial karena berkaitan dengan kesesuaian produk dengan kebutuhan kulit.

3 | Akses Beli

Offline
Supermarket, Minimarket, Drugstore, Counter resmi, dan Toko Pusat Kosmetik (tempat khusus yang menjual produk dan alat kecantikan). Kelihatannya sepele ya :D FYI, produk seperti Ponds aja ada versi palsunya lho. Karena itu, pastikan membeli produk skin care over the counter di tempat yang tepercaya.

Online
Tiga alasan untuk membeli produk secara online, antara lain:
  • Distribusi produk skin care tidak selalu merata di kota-kota Indonesia.
  • Kesibukan, tidak memungkinkan untuk belanja.
  • Produk impor.

Ada tiga hal pula yang perlu dipertimbangkan untuk membeli produk skin care harian melalui online shop.
  • Pastikan produk tersebut bukan produk musiman (dijual hanya karena trend). Kalau trendnya sudah lewat, akan sulit untuk membeli ulang produk tersebut.
  • Bandingkan harga produk dan reputasi seller. Aku cari tahu di Tokopedia hehe.
  • Cek ekspedisi dan ongkos kirim. Tanya-tanya juga sama teman yang sering belanja online. Biasanya kualitas pelayanan jasa ekspedisi tiap kota beda-beda, tergantung agen yang ngehandle barang kiriman.

Ngomong-ngomong, dari pengalamanku, yang murah meriah tepercaya adalah Pos Indonesia. Sayangnya, Pos tidak menerima pengiriman barang cair (seperti toner, kalo lotion masih bisa). Di pulau Jawa, ekspedisi Wahana juga murah, tapi kalo ke luar pulau Jawa harganya 11-12 sama JNE. Ada juga online shop yang menerima pengiriman melalui Gojek :D

3| Ukuran Kecil

Sebisa mungkin, untuk pemakaian pertama, beli ukuran kecil/mini/travel kit/trial size. Kalo ngga cocok, ya ngga ngenes-ngenes amat.

***

HATI-HATI!

1 | Diskon

Pernah ketemu "diskon" seperti ini ngga? Contoh: harga normal Rp 60.000, pas diskon tercantum Rp 80.000 (dicoret) jadi Rp 60.000, lah sama aja dong :|

Diskon yang bener-bener potong harga adalah supermarket di akhir bulan. Biasanya aku belanja di Hypermart. Selain potongan harga, banyak juga promonya seperti beli 2 gratis 1, beli full size (harga normal) bonus travel size, dst. Punya kartu member drugstore juga lumayan potongan harganya :D

Noted!
Cek harga di internet (blog dan online mal). Trus, saat jalan-jalan, sekalian screening harga (kisarannya berapa). Jadi, pas ada embel-embel promo/diskon, kita ngga kecele.

2 | Keamanan Produk

BPOM cukup rajin mengeluarkan rilis dan transparan menampilkan database produk dan produsen yang terdaftar. Tapi, skin care berbahaya ternyata masih marak di pasaran.

Kamu bisa cari tahu mengenai nomor registrasi, nama produk, merk, dan produsen di link Database Registrasi BPOM RI.

Also please kindly check...
Info Unbranded & Unlicensed Dangerous Skin Care part I
Info Unbranded & Unlicensed Dangerous Skin Care part II
Seputar Notifikasi Kosmetika BPOM RI

Sekarang sudah banyak varian produk skin care yang jelas-jelas aman dan efektif. Ada kalanya paketan skin care gajebo ngga nanggung-nanggung harganya (sekitar Rp 300-700.000an). Padahal harga krim obat jerawat/flek dari dokter aja ngga semahal itu :|

3 | Produk Overpriced dan Gimmick

Dari segi harga, aku simpulkan ada 2 tipe produk. Produk yang harganya masuk akal dan produk yang overpriced. Produk overpriced bisa disebabkan karena prestige, impor (harga bisa jadi 2 kali lipat), dan ada juga yang hanya gimmick.

Contoh gimmick...

Ada produk skin care lokal yang ngga terkenal, ingredient ngga istimewa, kemasan seadanya, tapi dibandrol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Lebih janggal lagi ketika poin marketingnya adalah keuntungan berupa uang dengan jumlah yang tidak masuk akal. Bisnis seperti ini baru dirasakan belangnya ketika "musim"-nya habis. Makin lama gaungnya tidak terdengar. Akhirnya banyak yang meninggalkan produk tersebut, karena ternyata hasilnya biasa saja, tidak sesuai klaim yang digembar-gemborkan.

Aku ngga meng-underestimate produk lokal ya, hanya sebagai gambaran supaya kita lebih hati-hati dan tidak terjebak money game bermodus produk skin care.

Ada yang mau menambahkan? :D
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Himalaya Intensive Moisturizer Cocoa Butter Lip Balm

Rabu, 04 November 2015
Satu lagi lip balm yang bagus tapi ngga bikin bibir keliatan berminyak. Aku tau lip balm ini dari temenku (haloo Ita~).


Intensive Moisturizing Cocoa Butter Lip Balm
Bebas dari petroleum, pewarna buatan, dan pengawet. Paduan mewah dari butter eksotis yang melembutkan dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Cocoa butter, kaya akan vitamin E, melembutkan dan menghidrasi bibir. Sal butter, antioksidan, melembutkan dan melembabkan bibir. Merawat dan melembabkan lebih lama agar bibir Anda lembut dan sehat.



Lip balm ini tidak mengandung Petroleum, tapi menggunakan Beeswax sebagai gantinya.

FYI, Petroleum atau Petrolatum punya reputasi yang buruk, tapi pada dasarnya tidak berbahaya. Yang jadi kontroversi adalah beberapa metode produksi Petroleum menggunakan komponen beracun dan ditengarai bersifat karsinogen (memicu kanker).

Tapi, kontaminan tersebut dihilangkan selama proses pemurnian. Dengan demikian, jika proses pembuatannya sesuai standar yang ada, Petroleum tersebut bebas dari kontaminan pemicu kanker. Jadi, pastikan menggunakan produk Petroleum dari produsen yang terkenal dan tepercaya.

Sampai sekarang Petroleum masih digunakan secara luas karena efektif membantu pemulihan lapisan kulit terluar yang rusak, mengurangi radang, dan melembabkan. [1][2][3]

Sedangkan Beeswax atau lilin lebah adalah produk organik yang dihasilkan oleh lebah madu dan sedari dulu digunakan sebagai bahan obat dan balsem. Beeswax membentuk layer yang dapat menahan kelembaban dan mencegah kulit dari kekeringan.


Walau kemasannya dari plastik, tapi cukup kuat lho. Pernah ngga sengaja jatuh (lumayan keras) ke lantai, tapi alhamdulillah ngga pecah ^^;


***

Review

Harganya sekitar Rp 31.000, lumayan jika dibandingkan dengan harga lip balm merk lokal. Produk ini aku beli di toko pusat kosmetik. Belum pernah lihat di supermarket seperti Hypermart dkk. Kalau tertarik, tapi kesulitan dapetinnya, bisa coba cek di online mal seperti Tokopedia.

Himalaya Intensive Moisturizer Cocoa Butter Lip Balm tidak mengandung tabir surya. Jadi, kalau ada kegiatan outdoor, sebaiknya oleskan juga sunblock/sunscreen di bibir sebelum menggunakan produk ini.

Kenapa bibir juga dipakein tabir surya?
Supaya ngga menggelap sis.

Lip balm ini mampu melembabkan bibir dan mencegah bibir pecah-pecah. Yang aku sukaa... kesan yang dihasilkan adalah bibir yang moist, bukan greasy berminyak. Jika dioles malam sebelum tidur, paginya bibir masih lembab. Aku coba foto di bibir tapi ngga keliatan hahaha. Malah lebih keliatan kalo dioles di punggung tangan...


Eniwei~ untuk bibir yang luka dan pecah-pecah, masih lebih bagus Lip on Lip Pure Lips (atau carilah lip balm yang teksturnya mirip-mirip) :D Karenaa bibir yang kering parah butuh lip balm yang mampu jadi pelumas, supaya bisa ngomong dan makan T.T

Tips lain (diulang karena masih banyak yang ngelakuin hehe)...
Jangan biasakan menjilat atau membasahi bibir dengan air liur, karena air liur mengandung enzim pemecah makanan. Jadi jangan heran kalo bibir yang dibasahi liur malah makin kering dan pecah-pecah.

Ini review lip balm yang aku gunakan saat bibir kering parah akibat efek samping obat...
Lip on Lip Pure Lips Natural Lip Balm

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.