Tips Belanja Produk Skin Care : Catat, Cari, & Hati-hati!

Membeli produk skin care bisa jadi hal yang membingungkan. Apalagi kalau kita benar-benar newbie dalam merawat wajah. Artikel ini aku harap dapat memudahkan kamu untuk memilih dan belanja produk skin care :D

tips-belanja-produk-skin-care

***

CATAT!

Untuk mengerucutkan pilihan produk yang sesuai kebutuhan, sebaiknya kita membuat catatan kecil (atau at least ingat baik-baik) poin-poin di bawah ini...

1 | Kebutuhan Kulit

Ketahui tipe dan kondisi kulit.
Normal, kering, berminyak, atau kombinasi.
Mudah menggelap, sensitif, acne prone, dst.

Baca juga : Tipe dan Kondisi Kulit (+++ Tips & Info Lainnya)

Produk skin care untuk laki-laki?
Di artikel Tipe dan Kondisi kulit, sudah kita bahas sepintas tentang kulit pria yang berbeda dengan kulit wanita. Tapi, perbedaan yang paling mendasar dari produk skin care pria dan wanita hanya di kemasan dan pewangi yang lebih maskulin.

Nah, cowo-cowo yang memiliki kondisi kulit acne prone dan sensitif mesti hati-hati. Namanya kulit bermasalah, mau cewe atau cowo sama saja, kudu pake produk yang gentle dengan risiko iritasi rendah.

Produk skin care cowo yang paling beken adalah face wash/facial foam. Namun, penting untuk dipahami, produksi minyak berlebih dan masalah jerawat yang serius tidak cukup jika diatasi hanya dengan sabun pembersih.

Eniwei, berbicara tentang skin care berarti membahas kesehatan organ pelapis tubuh kita. Jadi, ngga perlu merasa "bukan cowo banget" saat mencari produk yang kamu butuhkan... We don't judge you :|

Noted!
Buat cowo-cowo, ada lho thread khusus yang bahas produk-produk kegantengan(?) di forum. Mereka ngga hanya sharing review produk perawatan wajah, tapi juga pomade segala macem ^^; Ini linknya... Kaskus Men's Care.

2 | Prioritas

Amati kondisi kulit, kemudian prioritaskan masalah yang paling serius untuk diatasi.

Contoh:
Rentan jerawat - noda bekas jerawat - kulit mudah kusam.

Berarti, baiknya kita membeli produk perawatan untuk kulit acne prone. Setelah kulit sudah membaik (jerawat jarang banget muncul), baru kemudian kita menggunakan produk dengan fitur pencerah untuk memudarkan noda bekas jerawat.

3 | Gaya Hidup

Apakah kamu lebih menyukai produk organik, vegan, atau sintetik?

Pertimbangkan juga...
Kegiatan sehari-hari : aktivitas outdoor atau indoor, dst.
Lingkungan : berpolusi, AC, asap rokok, berdebu, dst.

4 | Budgeting -- Splurge vs Steal

Tentukan anggaran biaya perawatan. Kemudian, dari catatan kecil yang sudah kita tulis, perkirakan produk apa yang sekiranya butuh biaya lebih dan produk mana yang bisa dihemat (splurge vs steal).

Contoh:
Kulit kering, dehidrasi, aktivitas indoor ber-AC dengan tuntutan heavy make up tiap hari.

Splurge : produk pembersih dan hydrating/moisturizer serum. Kalo ada budget lebih, sedangkan waktu untuk perawatan terbatas, coba browsing tentang beauty tools seperti clarisonic.
Steal : Sunblock (beli yang murah).

***

CARI!

1 | Review

Kenali produk yang akan kamu beli melalui internet, pengalaman teman, deskripsi produk yang tercantum di kemasan, dan tester yang tersedia di counter.

Cek juga forum Female Daily Skin Care Talk untuk browsing beragam produk skin care dan sharing review antar member.

Baca juga : Cek Arti Simbol/Logo Kemasan Produk Kosmetika di Sini

Noted!
SPG itu tugasnya untuk menjual. Biasanya hanya mengulang apa yang sudah tercantum di deskripsi produk. Jadi, disaring dulu masukan mbaknya, sebelum memutuskan untuk membeli.

2 | Formula Produk

Ada tips yang menarik dari Gregory Dylan (beauty expert). Jika ingin membeli produk, yang pertama kita pertimbangkan adalah formula yang ditawarkan produk tersebut, baru kemudian merknya.

Tipsnya memang simpel, tapi bila diterapkan, kita bisa mendapatkan efek dan hasil yang relatif sama dengan menggunakan produk yang lebih murah.

Merk itu penting, tapi bukan yang utama. Merk memberi gambaran reputasi dan kredibilitas produsennya. Sedangkan formula ingredient lebih krusial karena berkaitan dengan kesesuaian produk dengan kebutuhan kulit.

3 | Akses Beli

Offline
Supermarket, Minimarket, Drugstore, Counter resmi, dan Toko Pusat Kosmetik (tempat khusus yang menjual produk dan alat kecantikan). Kelihatannya sepele ya :D FYI, produk seperti Ponds aja ada versi palsunya lho. Karena itu, pastikan membeli produk skin care over the counter di tempat yang tepercaya.

Online
Tiga alasan untuk membeli produk secara online, antara lain:
  • Distribusi produk skin care tidak selalu merata di kota-kota Indonesia.
  • Kesibukan, tidak memungkinkan untuk belanja.
  • Produk impor.

Ada tiga hal pula yang perlu dipertimbangkan untuk membeli produk skin care harian melalui online shop.
  • Pastikan produk tersebut bukan produk musiman (dijual hanya karena trend). Kalau trendnya sudah lewat, akan sulit untuk membeli ulang produk tersebut.
  • Bandingkan harga produk dan reputasi seller. Aku cari tahu di Tokopedia hehe.
  • Cek ekspedisi dan ongkos kirim. Tanya-tanya juga sama teman yang sering belanja online. Biasanya kualitas pelayanan jasa ekspedisi tiap kota beda-beda, tergantung agen yang ngehandle barang kiriman.

Ngomong-ngomong, dari pengalamanku, yang murah meriah tepercaya adalah Pos Indonesia. Sayangnya, Pos tidak menerima pengiriman barang cair (seperti toner, kalo lotion masih bisa). Di pulau Jawa, ekspedisi Wahana juga murah, tapi kalo ke luar pulau Jawa harganya 11-12 sama JNE. Ada juga online shop yang menerima pengiriman melalui Gojek :D

3| Ukuran Kecil

Sebisa mungkin, untuk pemakaian pertama, beli ukuran kecil/mini/travel kit/trial size. Kalo ngga cocok, ya ngga ngenes-ngenes amat.

***

HATI-HATI!

1 | Diskon

Pernah ketemu "diskon" seperti ini ngga? Contoh: harga normal Rp 60.000, pas diskon tercantum Rp 80.000 (dicoret) jadi Rp 60.000, lah sama aja dong :|

Diskon yang bener-bener potong harga adalah supermarket di akhir bulan. Biasanya aku belanja di Hypermart. Selain potongan harga, banyak juga promonya seperti beli 2 gratis 1, beli full size (harga normal) bonus travel size, dst. Punya kartu member drugstore juga lumayan potongan harganya :D

Noted!
Cek harga di internet (blog dan online mal). Trus, saat jalan-jalan, sekalian screening harga (kisarannya berapa). Jadi, pas ada embel-embel promo/diskon, kita ngga kecele.

2 | Keamanan Produk

BPOM cukup rajin mengeluarkan rilis dan transparan menampilkan database produk dan produsen yang terdaftar. Tapi, skin care berbahaya ternyata masih marak di pasaran.

Kamu bisa cari tahu mengenai nomor registrasi, nama produk, merk, dan produsen di link Database Registrasi BPOM RI.

Also please kindly check...
Info Unbranded & Unlicensed Dangerous Skin Care part I
Info Unbranded & Unlicensed Dangerous Skin Care part II
Seputar Notifikasi Kosmetika BPOM RI

Sekarang sudah banyak varian produk skin care yang jelas-jelas aman dan efektif. Ada kalanya paketan skin care gajebo ngga nanggung-nanggung harganya (sekitar Rp 300-700.000an). Padahal harga krim obat jerawat/flek dari dokter aja ngga semahal itu :|

3 | Produk Overpriced dan Gimmick

Dari segi harga, aku simpulkan ada 2 tipe produk. Produk yang harganya masuk akal dan produk yang overpriced. Produk overpriced bisa disebabkan karena prestige, impor (harga bisa jadi 2 kali lipat), dan ada juga yang hanya gimmick.

Contoh gimmick...

Ada produk skin care lokal yang ngga terkenal, ingredient ngga istimewa, kemasan seadanya, tapi dibandrol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Lebih janggal lagi ketika poin marketingnya adalah keuntungan berupa uang dengan jumlah yang tidak masuk akal. Bisnis seperti ini baru dirasakan belangnya ketika "musim"-nya habis. Makin lama gaungnya tidak terdengar. Akhirnya banyak yang meninggalkan produk tersebut, karena ternyata hasilnya biasa saja, tidak sesuai klaim yang digembar-gemborkan.

Aku ngga meng-underestimate produk lokal ya, hanya sebagai gambaran supaya kita lebih hati-hati dan tidak terjebak money game bermodus produk skin care.

Ada yang mau menambahkan? :D
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
14 November 2015 07.20 delete

Kalau mencatat itu udah pasti, cek di internet juga pasti banget, aku gak mau kecele kalau beli produk XD

Aku sih lebih suka belanja offline, tapi kalau ada counter resminya, maka aku lebih milih beli di counter resminya. Contoh martha tilaar kan ada counternya di mall, barangnya seabrek bikin laper mata, aku biasa beli di counternya, gak pernah beli di supermarket dkk gitu. Terus sering2 cek offline shopnya kadang ada diskonan lho XDDD~

Nice tips lho! Buat yang suka pulang bawa tas besar gara2 belanjaan wajib baca ini deh XDDD

Reply
avatar
14 November 2015 21.55 delete

Hoiyaa, counter lupa aku cantumin, makasih masukannya mbaa :D ntar aku edit hehe.

Wah di malnya Makassar belum ada gerai martha tilaar :( adanya di toko pusat kosmetik, metro, atau supermarket gitu. Bandingin harga juga paling dengan situs onlinenya martha tilaar. Padahal brand besar (impor) dkk udh banyak yg masuk mal. Cedih ih...

Hahahahah jadi inget mba Merry belanja produk trus bawa pulang bonus sampel sekantong gede =D :-bd

Reply
avatar
19 November 2015 04.12 delete

Kak, boleh minta alamat emailnya? Terimakasih.

Reply
avatar
19 November 2015 13.31 delete

haihanitisblog@gmail.com

Reply
avatar
18 Juli 2016 17.06 delete

Dan pencarianku sepanjang hari ini tentang skin care end up here..in your blog. Thank You. Membantu sekali.

Reply
avatar
18 Juli 2016 17.21 delete

Alhamdulillah ^^ senang bisa membantu.

Reply
avatar
6 November 2016 21.52 delete

Assalamu'alaykum, duh ini blognya kece banget mba, kebetulan aku lagi peduli sama dunia per-skincare-an. terima kasih yaa, infonya banyak bangeeet hihi :3

Reply
avatar
7 November 2016 00.17 delete

Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarokatuh. Masya Allah, tabarakallah... sama-sama ^_^ senang kalo bermanfaat.

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon