Gizi Super Cream

Gizi Super Cream adalah salah satu produk skin care lokal yang bertahan selama puluhan tahun dan berkembang di tengah kerasnya(?) persaingan dunia kosmetik saat ini.

Sekarang, Gizi memperbarui formulanya. Aku pake yang kemasan jar biasa :D bukan yang tube berteknologi nano.


***

Bedanya apa?

Gizi Super Cream versi Lama
Vitamin kulit yang terbuat dari 90% bahan alami berdasarkan resep kecantikan tradisional dengan 4 unsur super dari alam yang efektif memberikan kelembutan sekaligus nutrisi dan vitamin pada kulit.

Pemakaian teratur pada pagi, sore dan malam hari memberikan nutrisi dan vitamin pada kulit wajah serta seluruh tubuh agar tetap sehat tampak cantik alami.

Gizi Super Cream versi Baru
Ramuan baru! Gizi Super Cream kini hadir dengan 7 bahan aktif herbal, dibuat untuk wanita yang mendambakan kulit sehat, cantik ayu alamiah. Kandungan ramuan tradisionalnya tidak hanya memberi nutrisi, melembabkan, menghaluskan dan membantu mencerahkan kulit, tetapi juga melindungi kulit terhadap radikal bebas dan sinar matahari (UV).

Cara pemakaian: setelah membersihkan wajah dan leher, oleskan Gizi Super Cream secara merata pada wajah dan leher.


Rumput laut, kedelai, dan bligo yang jadi andalan dan ciri khas formula lama masih dipertahankan di formula baru. Sama seperti Gizi lama, meskipun ada fitur UV protection, tapi ngga tercantum SPF/PA berapa.

Berikut fungsi kandungan andalan Gizi Super Cream baru dan lama yang tercantum dalam kemasan ^^

Rumput laut | Polifenol (antioxidant), Vit A, C, D, & B Complex
Mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat meningkatkan metabolisme dan kekenyalan kulit, membantu proses memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mengangkat sel kulit mati, membantu menegah penuaan dini (anti aging & anti wrinkle), dan melindungi kulit dari sinar matahari (UV).

Kedelai | Isoflavonoid (antioxidant) & Vit E
Mengandung vitamin E dan B kompleks yang baik untuk kesehatan kulit, membantu mencerahkan kulit kusam, flek hitam, dan mengatasi iritasi.

Buah Bligo | Triterpenoid, Vit B1, B2, & C
Memiliki sifat mendinginkan, membantu melembabkan serta menghaluskan kulit, anti jerawat, dan melindungi kulit dari sinar matahari (UV)

Almond (tidak ada di Gizi in jar formula baru)
Berkhasiat sebagai anti bakteri, anti fungi, anti virus, dan anti oksidan.

Formula baru mengandung ekstrak pepaya, beras, jeruk nipis, dan lidah buaya.

Pepaya | Enzyme Papain & Alkaloid (antioxidant)

Lidah Buaya | Lignin (moisturizer) & Amino Acid

Jeruk Nipis | Flavonoid (antioxidant) & Vit C

Beras | Gamma Oryzanol, Ferulic Acid, & Vit E


Ingredient list jadi makin panjaaang :D


Karena di forum FD banyak yang komplain ngga cocok dengan formula baru Gizi Super Cream, dan juga ada komen dari Lintang di review Gizi Super Cream Racun Warna-warni, aku jadi penasaran :|

Setelah browsing, nyaris semua ingredient yang terkandung dalam Gizi Super Cream ini aman. Dalam artian, risikonya rendah untuk menyebabkan alergi dan iritasi. Terlebih Gizi juga udah lama terdaftar di BPOM dan dijamin Halal oleh MUI.

Yang perlu diwaspadai adalah pengawet alternatif paraben yang ada di produk ini.

Noted!
Potensi masalah dalam formula produk pada dasarnya tergantung jumlah kadar yang digunakan. FYI, ingredient list umumnya diurut secara proporsional.

Pengawet alternatif tersebut tercantum di urutan akhir dalam ingredient list, jadi kemungkinan kadarnya kecil. Hanya saja, walau kadarnya kecil, tidak menutup kemungkinan tetap ada kulit-kulit yang bakal responsif dengan zat-zat ini :D

Potassium Sorbate [1][2]
Berfungsi untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan mikroorganisme dalam produk. Potassium sorbate efektif melawan jamur dan ragi, tapi kurang efektif melawan bakteri. Keciiiil kemungkinan untuk mengiritasi kulit jika konsentrasi kadarnya di bawah 10% .

Phenoxyethanol [1][2]
Fungsinya untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan bakteri. Memungkinkan memicu reaksi iritasi dan alergi pada sebagian orang. Jadi, jika menggunakan produk yang mengandung phenoxyethanol, pastikan untuk peka terhadap reaksi negatif yang muncul di kulit ^^

Di kosmetik, phenoxyethanol aman digunakan dalam kadar < 1%.

Jika kamu menemukan phenoxyethanol di awal-awal ingredient list, kemungkinan produk tersebut menggunakan phenoxyethanol di atas 1%. Phenoxyethanol yang terkandung dalam Gizi tercantum di akhir-akhir ingredient list ^^

Methylisothiazolinone [1][2]
Efektif melawan bakteri, namun kurang efektif mengatasi jamur. Dikenal sebagai allergen, pengawet yang berisiko mengiritasi kulit. Biasanya hanya direkomendasikan untuk produk yang pemakaiannya dibilas (rinse off products) seperti pembersih atau shampoo.

Dianjurkan untuk menghindari leave on products (pelembab, sunblock, dan sejenisnya) yang mencantumkan methylisothiazolinone di tengah-tengah ingredient list. Hal ini harus diperhatikan, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Sama seperti phenoxyethanol, methylisothiazolinone juga tercantum di akhir-akhir ingredient list Gizi Super Cream ^^


Gizi Super Cream formula lama bertahan 1 bulan setelah dibuka, sedangkan Gizi Super Cream formula baru layak digunakan selama 2 bulan setelah segel jar dibuka.

Di dos emang tercantum layak digunakan selama 2 bulan, tapi aku perhatikan lewat 1 bulan teksturnya jadi lebih pekat, ngga secreamy biasanya. Biar cepat habis, aku ngga pake untuk muka aja, tapi juga untuk leher, siku, lutut, dst :|

Karena terbuat dari ramuan jamu-jamu asli (tidak memakai bahan pewarna kimia), maka warna Gizi Super Cream tidak selalu sama.


***

Asli atau Palsu?


Yang kanan, segel putih-bening, itu temenku beli di toko rumahan. Temenku bingung, kok isinya aneh. Akhirnya dia ngga pake ^^; trus dioper ke aku. Makaci, Lufi :D

Jadi, selama ini, aku beli Gizi Super Cream di Superindo. Sebagian besar bersegel hologram hijau. Ada sih yang segelnya putih bening, tapi isinya sama persis dengan Gizi bersegel hijau. Yang aku perhatiin, segel putih bening itu tanggal expirednya Februari - Maret 2017, sedangkan segel hijau itu produksi baru, tanggal expirednya Mei 2017 ke atas.

TAPI, Gizi bersegel putih-bening punya temenku itu beda dengan Gizi yang biasa aku beli. Teksturnya berupa krim padat kecokelatan. Susah dicolek, kayak Kelly Pearl Cream. Di foto udah bergelombang karena pernah melting/lumer akibat panas.

Sedangkan Gizi yang biasanya aku beli, teksturnya creamy menyerupai lotion, berwarna putih kuning atau putih gading.

Aku ngga tau krim yang padat kecokelatan itu asli atau palsu ^^; Kalaupun asli, mungkin kualitas isinya yang berubah hehe. Untuk menghindari keraguan, sebaiknya beli Gizi Super Cream di tempat yang tepercaya.

***

Review
Gizi Super Cream in Jar (formula baru)

Aku udah lumayan lama kenal sama Gizi :D jadi aku usahakan seobjektif mungkin menyusun reviewnya. Ngomong-ngomong, sekitar 2-3 tahun lalu, aku sempat pake Gizi setelah kulit sembuh dari break out, cuma kayaknya belum pernah aku bahas di blog ini.

Saat kulitku baru sembuh (bruntusan di pertengahan tahun 2014 hehe), yang pertama kali aku pikirkan adalah mencari pelembab biasa. Pilihan jatuh ke Gizi yang dikenal ringan di kulit dan kantong hahahaha.

Selama hampir 3 bulan sejak lepas dari obat, aku cuma pake Gizi (pagi-siang-malam ^^;). Setelah kulitku udah tahan, baru kemudian aku pake di pagi-siang hari. Malamnya pake produk lain seperti serum atau krim malam.

Reaksi negatif?
Walau kulitku rentan, tapi aku ngga mengalami reaksi reject (penolakan) seperti alergi atau iritasi. Keluhan yang aku rasakan adalah krimnya terasa gerah di kulit. Setelah diratakan, beberapa menit kemudian sekitar kumis jadi keringetan. TAPI, ini di bulan-bulan awal doang sih, sekarang udah ngga.

Hasilnya?
Kalo dikasih rating, hmmm... 3,8 dari skala 5.

Efek melembabkan dan melembutkan kulit~ standar pelembab pada umumnya ^^

Efek mencerahkan~ Alhamdulillah setelah 1-2 bulan pake Gizi kulit wajah jadi lebih cerah. Keliatan bedanya, karena tahun lalu mukaku kusam banget berkat tretinoin dkk. Sekarang udah biasa aja, cerahnya kulitku emang mentok segini-gini aja --"

Untuk memudarkan noda bekas jerawat, sepertinya ngga gitu ngefek di kulitku.

Repurchase atau ngga?
Beberapa bulan lalu sempat nyetok, jadi mau abisin yang ada aja dulu. Setelah itu bakal pake pelembab yang gampang didapet ^^; Susah nyari Gizi Super Cream di Makassar (belum masuk supermarket).


Semoga bermanfaat
Thanks for reading and Have a nice day

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

22 komentar

Write komentar
13 Oktober 2015 14.12 delete

duluuuu banget sekitar 3th yang lalu cocok banget ma gizi..baru semingguan aja dah ceraaahhhh bersih kulitnya....tapi nsempet stop gara2 bruntusan,,,,tapi bukan karena gizi kok....n sekarang pengen gizi lg setelah baca review nya kakak....
btw kakak, asalnya makassar toh ?hhhe

Reply
avatar
13 Oktober 2015 14.57 delete

Wew cepet banget yah seminggu udah keliatan beda @@, tahun lalu aku yakin kulit jadi cerahan (bukan sekedar feeling) setelah temen yang kasih tau. Pas aku perhatiin, eh iya juga, mukaku jadi lebih cerah hahaha.

Iyaaa :D dari Makassar *dadah-dadah dari kejauhan

Reply
avatar
14 Oktober 2015 06.53 delete

Udah beli gizi, tapi deg-degan mau pake :D :D :D

Reply
avatar
14 Oktober 2015 09.31 delete

Ini review gizi terlengkap dan terkeren dari yang pernah kubaca! Baru tau ternyata ada kandungan yang cukup berbahaya bagi sebagian orang nih. Aku jadi ragu mau pakai, terutama lagi ternyata setelah jar dibuka, cuma bisa dipakai sebulan sampai 2 bulan ya? Berarti harus cepat2 dihabiskan dan gak bisa di sia2kan, pinter juga sih yang bikin XD

Embel2 whiteningnya gak ada ya, jadi kurang tertarik, tapi begitu aku baca kalau ada tulisan muka kamu jadi bagusan dan cerah, I'LL GET IT NO MATTER WHAT! Cuma gak tau kapan, karena cream di rumah ada banyak, dan sariayu putih langsat itu aja aku belum pakai oemji =___=;;

http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

Reply
avatar
14 Oktober 2015 14.19 delete

Aku juga pas baca review orang-orang di FD ttg Gizi formula baru deg-degan. Pake ga ya, pake ga ya hahaha =D soalnya baru kelar berobat, kan ga lucu kalo jerawatan lagi. Tapi alhamdulillah ngga kenapa-kenapa.

Reply
avatar
14 Oktober 2015 15.46 delete

Haloo mamanya Farrel ^_^ Dikiit kok isinya, 9 gr aja. Krimnya juga ringan dan cepat meresap. Kalo dipake buat muka doang pas sekitar 1,5-2 bulan abis. Cuma karena aku pakenya tipis-tipis di muka, jadi kudu ngakalin dipake di area lain juga biar cepet abis.

Embel-embel di kemasannya bukan whitening, tapi brightening. Ngga keliatan di foto hihihi. Iya bikin cerah, tapi kalo di aku sih lumayan nunggunya sekitar 1-2 bulanan hahaha.

Btw, Gizi udah ada yang kemasan tube juga. Formulanya lebih canggih, krn pake teknologi nano. Asumsinya sih progres dan hasil bakal lebih memuaskan dibanding Gizi in jar :D

Reply
avatar
14 Oktober 2015 19.50 delete

Oh, jadi kira2 2 bulan gitu emang habis ya

Kalau bikin cerah sih aku pasti nyobain hahaha~ Banci putih mah aku LOL

Yang kemasan tube kira2 seoke yang jar ga ya .___.

Reply
avatar
14 Oktober 2015 20.17 delete

Aku juga suka pake skin care pencerah .____. alasan pertama, buat maintain kulit dari noda bekas jerawat pms. kedua, mukaku gampang bgt kusam :p apalagi doyan begadang huhuhu.

wah belom pernah cobain yg tube mba :D krn yg aku temuin di superindo waktu itu yg kemasan jar aja. hmmm... kalo diliat dari formula dan harganya, harusnya sih lebih oke hahaha =D

Reply
avatar
14 Oktober 2015 20.28 delete

Alasan keduanya sama denganku deh, mukaku juga gampang kusam, pakai banget T^T

Kalau gitu nanti mungkin cobain tube, kalau gak mempan atau gak ada efek cerah, diriku ke jar deh LOL

Makasih racunnya yak~

Reply
avatar
14 Oktober 2015 20.56 delete

Hahahah toast dulu =D aku juga malamnya masih perlu diboost pake seruum.

Iyaaa gih, ditunggu review yg kemasan tube dari mamanya Farrel yaahh :D

Sama-samaa mbaa ^_^ selamat mencobaa

Reply
avatar
22 Desember 2015 02.22 delete

keren ih reviewnya, suka :)
Btw udah follow twitter gizi blom? hehe @GiziSuperCream
Salam kenal !!

Reply
avatar
22 Desember 2015 06.04 delete

Alhamdulillah ^_^ semoga bermanfaat. Belum, terima kasih infonya. Salam kenal juga ya :D

Reply
avatar
12 Februari 2016 12.20 delete

Kalo pelembab yg bikin keringetan di sekitar kumis tu gimana yaa, aku tiap pake pelembab kaya gitu u,u emg kulitku apa pelembabnya yaa??

Reply
avatar
12 Februari 2016 12.49 delete

Wah kalo seperti itu, aku kurang tau ^^; karena aku keringetan di kumis cuma pas pake produk tertentu aja. Maaf kalo ngga membantu..

Reply
avatar
Ayu Dewi
21 Februari 2016 06.26 delete

Mba kalo di pakai buat malam apa ngga menimbulkan komedo? Kan ada uv protection. Soalnya yg saya pernah denger klo ada uv protection d pake mlm suka menimbulkan komedo. Jadi pengen nyoba nih mba gara2 artikel yg mba tulis :)

Reply
avatar
21 Februari 2016 07.31 delete

Makasih infonya ^^ Aku malah baru tau, insya Allah ntar aku coba cari info lebih lanjutnya ya. Waktu itu, aku pede-pede aja pake pagi-siang-malam karena ngga ngalamin masalah berarti, seperti komedo yg membludak. Biasa aja...

Cuma baiknya kalo di awal pemakaian kamu ngerasa ada efek yg ngga wajar jangan dipaksakan hehe ^^

Reply
avatar
21 April 2016 19.08 delete

mba hani :) aku beli gizi super cream yang jar itu makenya siang malam yah ada gizi yang tube ada spf nya tapi itu manfaatnya sama gak ya mba , mba hani pemakaian gizi nya berapa lama baru kelihatan hasilnya ? muka ku kusam pake pixy aqua gel udah 3 bulan nih muka gak ada perubahan mana bekas jerawat ngak ada pudarnya T_T

Reply
avatar
21 April 2016 20.39 delete

halo Suci :D

Dulu aku pake pagi-siang-malam, karena waktu itu cocoknya cuma pake Gizi haha. Idealnya pagi-siang aja kalo produk ber-spf. Yang tube udah pake teknologi nano. Asumsinya sih progres dan hasil yang tube lebih bagus dibanding Gizi dalam kemasan jar biasa.

Hasilnya baru terlihat setelah 1-2 bulanan. Ngga ngefek juga di bekas jerawat. Kalo untuk kusam plus bekas jerawat lebih tokcer pake essence atau serum ^^;

Reply
avatar
23 April 2016 20.05 delete

kamu sendiri pake krim malam apa hani xD *eaa essence atau serum yang bagus merk apa kasih pencerahan dong , walau udah punya suami sama anak tetap pengen ni muka kinclong ^^

Reply
avatar
23 April 2016 21.05 delete

Hehehe iya buat memanjakan diri juga ^^ Aku sekarang balik pake Hada Labo Shirojyun (whitening). Kalo essence sama serum banyak bgt sekarang variannya. Formulanya juga udh pada maju (ringan, risiko iritasi rendah, dst). Tinggal disesuaikan sama kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing. Jadi yg bagus di A belum tentu hasilnya juga wow di B. Krn itu "merk yg bagus" itu relatif banget. PM by email atau dm ig aja untuk lebih lanjutnya :D

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon