Ayo Membaca Buku : Sharing tentang Manfaat & Tips


Belakangan ini aku udah jarang baca buku. Padahal awal tahun udah semangat baca buku, tapi kebiasaan itu jadi luntur hiiikkss T.T

***

Manfaat Membaca Buku
[1][2][3]

Meningkatkan kemampuan berbahasa (lisan dan tulisan)
Semua penulis sukses pun menyatakan bahwa untuk memiliki kemampuan menulis yang andal, banyak-banyaklah membaca setiap hari :| dan kamu akan terkejut dengan keterampilan menulismu yang semakin baik. Kosa kata yang bertambah (dari rutin membaca) juga dapat memperbaiki pengucapan kata (artikulasi).

Meningkatkan beberapa area kecerdasan
Semua hal yang kita baca akan menambah informasi ke otak. Karenanya, membaca dapat meningkatkan pengetahuan umum.

Kemampuan berpikir analitis (mengenali pola-pola tertentu secara lebih cepat) juga jadi lebih terasah. Membaca membuat kita memperhatikan alur dan mengkritisi detail bacaan. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan untuk menyatakan opini secara jelas.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi
Jaman sekarang, perhatian kita mudah terpecah karena terbiasa multitasking. Contoh, dalam 5 menit kita mengerjakan tugas, cek email, browsing social media, hingga ngobrol dengan teman di samping kita. Perilaku seperti ini menyebabkan level stres meningkat dan menurunkan produktivitas.

Dengan membaca, kita dilatih untuk fokus dan konsentrasi pada alur dan detail cerita.

Mempertajam pikiran
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas stimulasi mental, seperti membaca dan menulis, mengalami penurunan ingatan yang lebih lambat dibanding orang-orang yang tidak rutin membaca.

Saat membaca buku, kita mengingat karakter, latar belakang, nuansa, dan sub-plot dalam cerita. Setiap ingatan baru yang terekam, menempa sinapsis baru dan menguatkan sinapsis yang sudah ada. Dengan demikian, memori jangka pendek akan lebih mudah untuk diingat kembali (recall).

Menguatkan otak
Seperti halnya olah raga melatih kebugaran badan, membaca secara rutin meningkatkan fungsi memori. Bertambahnya usia dapat menurunkan fungsi otak, TAPI rutin membaca dapat memperlambat proses tersebut.

Orang dewasa yang memiliki hobi membaca atau bermain puzzle, cenderung tidak mengalami alzheimer. Aktivitas intelektual menguatkan otak untuk melawan penyakit seperti alzheimer dan dementia.

Meningkatkan empati
Empati adalah kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi yang dialami oleh orang lain. Membaca buku fiksi misalnya, dapat membantu kita untuk memahami apa yang dipikirkan orang lain dengan membaca emosi yang digambarkan dalam cerita.

Meredakan stres
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 oleh University of Sussex menunjukkan bahwa membaca merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi stres, dibanding mendengarkan musik, menikmati teh atau kopi, dan berjalan kaki.

Hal tersebut diukur dengan mengevaluasi kecepatan detak jantung dan ketegangan otot. Hanya butuh 6 menit untuk rileks, terhitung sejak mereka mulai membaca. Keren yah... Ternyata alur bacaan dapat mendistraksi pikiran, melepaskan ketegangan, dan menstabilkan mood ^^ sehingga kita jadi lebih mudah rileks.

Meringankan depresi
Depresi melemahkan motivasi seseorang dan membuatnya sulit untuk percaya bahwa perubahan (hidup yang lebih baik, kebahagiaan, dst) adalah hal yang mungkin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buku self help (bibliotherapy) atau buku-buku pengembangan diri yang dikombinasikan dengan sesi pendamping terbukti dapat meringankan depresi.

Tidur menjadi lebih nyenyak
Poin ini berkaitan dengan poin meredakan stres :D stres reda --- rileks --- mudah tidur --- tidur lebih lelap.

***

Caraku Membangun Kebiasaan Membaca

Ada orang yang excited melihat buku yang tebal, seolah-olah tidak sabar untuk melahap bacaan di dalamnya. Namun ada juga yang baru megang aja udah kewalahan :)) *kapan kelarnya?

Sebenernya prinsip ini aku terapkan ngga hanya untuk membaca aja, tapi juga untuk membangun kebiasaan lain :| Intinya adalah mulailah dari yang kecil, lakukan secara rutin, ketika sudah terbiasa, baru kemudian ditambah targetnya.

Untuk orang-orang yang merasa tidak punya waktu untuk membaca... 
Coba luangkan waktu sekitar 15 menit aja per hari (terserah di pagi atau malam hari) atau pasang target membaca 3 lembar per hari. Boleh lebih tapi ngga boleh kurang. Kalo kelewat atau lupa, jangan putus asa, tetap usaha untuk dilakukan secara rutin. Ntar juga terbiasa dengan sendirinya hihi.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon