5 Langkah Dasar Memulai Perawatan Wajah


Postingan ini merupakan ringkasan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi mengenai 5 langkah dasar dalam perawatan wajah. Aku usahakan pembahasannya mudah dipahami.

***

Mengetahui Tipe dan Kondisi Kulit

Tipe kulit umumnya terbagi 4, yaitu:
(1) Normal
(2) Kering
(3) Berminyak
(4) Kombinasi

Kondisi kulit berbeda dengan tipe kulit... *kadang aku juga khilaf kebalik-balik, sorry T.T
(1) Acne prone
(2) Sensitive
(3) Dehydrated
(4) Rosacea

---

5 Inti Perawatan Kulit Wajah

(1) Membersihkan
(2) Toning
(3) Melembabkan
(4) Tabir Surya
(5) Eksfoliasi Sel Kulit Mati

Membersihkan-Toning-Melembabkan idealnya dilakukan setiap hari.

Tabir surya digunakan sekitar jam 10 pagi sampai jam 3 sore (terutama untuk aktivitas outdoor). Apply 2-3 jam sekali. Berarti jika kita menggunakan sunblock sekitar jam 9.30 pagi, ntar tabir suryanya dipakai ulang pas dhuhur.

Eksfoliasi sel kulit mati untuk kulit normal, kering, kombinasi idealnya 1x seminggu. Untuk kulit berminyak 2x seminggu. Gunakan exfoliant yang ringan atau scrub dengan butiran granul/beads yang halus dan tidak mengiritasi kulit.

Noted! 
Penting bagi yang baru mulai perawatan atau baru pulih dari break out...
Kita perlu mengamati kondisi dan perubahan-perubahan pada kulit. Bukan berarti tiap 1 jam sekali ngaca lho yaa. Cukup di pagi atau malam hari sebelum tidur. Fine fine ajakah, atau ada reaksi yang ngga wajar.

Reaksi tidak wajar di awal pemakaian produk, yaitu perih, gatal, memerah, jerawat, komedo yang makin bertambah, kulit semakin berminyak, kulit terasa kering kaku ketarik, dan lainnya.

Jika kulit menunjukkan reaksi yang tidak wajar, hentikan penggunaan produk. Kemudian cek dan amati lagi produk apa yang mungkin memicu reaksi negatif dan produk apa yang aman untuk dilanjutkan pemakaiannya.

---

Memilih Produk yang Sesuai Kebutuhan

Trend produk skin care saat ini adalah tesktur yang ringan dan bersahabat untuk kulit yang rentan. Jadi, kemungkinan untuk menemukan produk yang cocok, insya Allah lebih besar dibanding beberapa tahun lalu. Apalagi produk skin care jaman sekarang jauh lebih beragam. Rajin-rajinnya kita aja browsing review dan cek produk di counter kosmetik :D

Baca juga : Tips Belanja Produk Skin Care

Memilih produk yang sesuai kebutuhan juga erat kaitannya dengan skala prioritas dalam merawat wajah. Pada kenyataannya, produk yang mengatasi segala masalah kulit (all-in-one) masih too good to be true. Karena masing-masing masalah kulit punya penanganan yang berbeda.

Sebaiknya kita fokus pada problem yang spesifik. Jika diurut, maka prioritasnya adalah...
1). Jerawat dan problem pori tersumbat lainnya (blackhead, whitehead),
2). Menjaga kelembaban kulit (keseimbangan kadar air dan minyak, skin barrier, pH kulit),
3). Mengencangkan (efeknya ke anti aging, menyamarkan kerut halus),
4). Mencerahkan (meratakan warna kulit, mengembalikan warna asli kulit setelah mengalami penggelapan).

Intinya, atasi masalah yang paling serius. Kalo udah sembuh, baru deh mulai pake produk pencerah, anti aging, dst.

Aku jerawatan, tapi pengen putihin muka, mukaku kusam :(
Disabar-sabarin aja sembuhin jerawatnya, baru kemudian menggunakan produk pencerah. Kalau masih jerawatan trus maksa pake produk pencerah hasilnya kurang maksimal dan dikhawatirkan jerawatnya malah makin parah.

Aku pengen punya muka kinclong ala artis Korea Selatan :(
Baca post Perawatan Kulit Wanita Korea Selatan : Apa sih Rahasia Cantiknya?

Baca juga : Tentang Produk Perawatan Wajah

---

Menentukan Seberapa Sering Perawatan Pendamping Dilakukan

Yang ditekankan dalam artikel ini adalah perawatan pendamping yang mudah dilakukan di rumah, seperti scrubbing, masker, dan massage ^^; bukan terapi sinar, terapi ozon, akupuntur, dst hehehe.

Jika sebelumnya kamu belum pernah menggunakan produk perawatan pendamping... ATAU pernah rutin melakukan perawatan pendamping kemudian udah lama berhenti.... Sebaiknya, cukup dilakukan seminggu sekali. Kemudian amati reaksi dan kondisi kulit setelah scrubbing/maskeran/massage.

Kalau dirasa perlu, baru kemudian ditambah frekuensinya jadi 2x seminggu.
Pengen nambah? Yaudah, coba scrubbing/maskeran 3x seminggu...

Hmmm, tapi kok kulitku malah ngga gitu fresh dan jadi lebih kering kalo 3x seminggu yaa?
Jika demikian, berarti yang paling pas adalah cukup 2x seminggu :D

Sekali lagi, kondisi dan kebutuhan kulit tiap orang beda-beda, jadi kita kudu peka dengan respon kulit terhadap produk atau treatment tertentu. Ada kalanya keseringan maskeran malah ngga bagus buat kulit (pengalaman pribadi lol).

Maskeran kan cuma sekitar 15-20 menit doang. Emang kalo 1-2x seminggu doang cukup?
Cukup :D Hal-hal kecil yang dilakukan rutin dan konsisten lebih ngefek buat jangka panjang, dibanding hal yang gencar di awal trus belakangnya malah angot-angotan.

---

Pasang Harapan & Target Yang Realistis

Aku udah pake skin care dari Korea Selatan ni. 
Aku udah pake skin carenya artis X, Y, Z! 
Aku pake skin care yang beken di holiwut. 
Kulitku pasti bakal mulus kayak artis-artis. 
Awas kalo ngga, aku bakal ngomel-ngomel, somasi, dan bla bla bla bla....

Kenapa banyak yang kecewa dengan produk skin care?
Karena udah keburu masang ekspektasi yang ketinggian.

Pertama, jangan menelan bulat-bulat klaim absurd yang merupakan strategi marketing produk tertentu.

Kedua, kita mesti mengenal dan memahami tipe dan kondisi kulit kita sendiri. Pas lagi bagus banget seperti apa, begitu pula sebaliknya. Kondisi kulit yang sebenarnya lho, dengan mempertimbangkan... 
1). genetik (faktor keturunan/bawaan),
2). aktivitas sehari-hari di indoor/outdoor,
3). paparan sinar matahari,
4). polusi air-udara,
5). bertambahnya usia,
6). level stres,
7). hormon,
8). konsumsi obat-obatan tertentu,
9). merokok atau beraktivitas di kawasan perokok, dll.

...dengan demikian, kita lebih realistis masang target. Lain cerita kalau kamu ngga keberatan mengeluarkan duit jutaan untuk perawatan jor-joran di klinik kecantikan ^^;

Khusus untuk pemilik kulit yang rentan break out (acne prone) dan sensitif, di awal pemakaian, standar ekspektasi yang wajib kita pegang adalah yang penting aman buat kulit deh, ngga micu reaksi aneh-aneh

***

Skip Skip Skip

Yang sering ngalamin hormonal acne mesti paham gimana zongnya udah telaten perawatan, tapi masih kecolongan jerawat. "Kalah" dengan yang namanya ketidakseimbangan hormon saat stres dan pms :))

Bagi pemilik kulit rentan bermasalah, kita mesti tau kapan waktunya skip atau ngerem penggunaan produk tertentu, dan kapan waktu yang tepat untuk mulai lanjut perawatan seperti biasa.

Saat kulit sedang bermasalah, cukup menggunakan pembersih wajah, pelembab, dan tabir surya jika beraktivitas di luar ruangan. Kalau perlu, gunakan obat jerawat atau clay mask (ditotol di spot jerawat).

Berikut hal-hal yang perlu kita skip saat mengalami minor breakout (mis. 3-6 jerawat) dikarenakan pms, stres, atau perubahan lingkungan:
1). Scrub dan peeling,
2). Masker pencerah atau masker yang terasa "berat" di kulit,
3). Face massage (pijatan saat kulit mengalami jerawat justru makin menstimulasi kulit),
4). Serum pencerah.

Kalo kulit udah menjinak, jerawat udah kering, baru deh dilanjut lagi perawatan seperti biasa. TAPI, mulainya juga pelan-pelan. Ngga langsung scrub, maskeran, pijet wajah, serum di hari awal, baiknya dilakukan bertahap aja :D supaya kulitnya ngga kaget dan ngga rewel.

***

Ada beberapa artikel yang masih coming soon hahaha. Selama nyusun kok jadinya malah panjang bener, gegara kebanyakan bahan untuk artikel ini... --" Akhirnya aku pisah-pisah aja supaya ngga melebar dan lebih rapi dibanding Catatan Pribadi tentang Rangkaian Perawatan Wajah.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
5 September 2016 10.09 delete

Asslm.. Kak aku mau tnya ttg cara perawatan muka aku shari", aku stiap hari cm bersihin muka pake face wash klw pagi, trus pake pelembab yg udah mengandung SPF, krna aku seharian dikampus dan ngga suka ribet jadinya bersihin muka dikampus cm pas wudhu, stelah itu ngga apply apa" lg dimuka aku, dibiarin polos, trus pas malamnya sblum tdur aku bersihin muka dlu pake grapeseed oil dituang dikapas hbis itu dibiarin dlu 7 menitan gitu baru cuci pake face wash biar sisa minyaknya ilang, biasanya klw lg mood pake pelembab stlah cuci muka, pelembabnya cm vaseline petroleum jelly doang. Mnrut kk aktivitas aku dlm bersihin muka udah bener apa gmna? Hehe

Reply
avatar
5 September 2016 17.11 delete

Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarokatuh.

Jadi gini, tabir surya idealnya digunakan sekitar jam 10 pagi - 3 sore. Kalau digunakan pagi jam 7 misalnya, nanti pas kulit lagi butuh diproteksi malah ngga ngefek. Karena efektivitas tabir surya hanya sekitar 2-3 jam saja.

Untuk oil cleansing bisa kamu coba beberapa cara, coba sesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit. Untuk kulit kering/dehidrasi biasanya pada menghindari face wash. Sebagai gantinya, mereka melap wajah dengan washlap/washcloth yang telah dibasahi dengan air hangat. Untuk kulit yang sangat berminyak juga biasanya pada basuh dengan air hangat agar kotoran dan minyak pembersihnya bener-bener luruh.

Kalau kulit kamu kering banget sebenernya ngga masalah pake vaseline petroleum jelly. Tapi kalo kulit berminyak baiknya hati-hati. Baca juga ini...

http://www.haihanitis.com/2015/05/ntms-1-toner-mineral-oil-stress.html

Wallahu a'lam.

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon