Minyak Zaitun (Olive Oil) : Herborist, Ovale, & Wardah

Bingung pilih Minyak Zaitun? Postingan ini Insya Allah akan menjawab kegelisahan kamu hahaha...
*pede bet --"

Saat ini, aku menggunakan minyak zaitun cosmetic grade. Awal pake karena belum nemu grapeseed oil yang biasanya aku beli (pengen cari yang cold pressed juga susah). Dalam rangka mencari alternatif minyak untuk memijat dan membersihkan wajah, aku coba beberapa produk lokal seperti Herborist, Ovale, dan Wardah.


***

Deskripsi Produk
(tercantum di kemasan)

Herborist Minyak Zaitun
Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan antioksidan. Melembabkan kulit kering dan sangat kering, merawat elastisitas kulit, membuat kulit lebih lembut dan bercahaya. Mengandung biji mojokeling untuk menyegarkan kulit. Dengan wangi aromaterapi bunga mawar dan melati yang merelaksasi.


Cara pakai
Oleskan merata pada kulit, terutama pada bagian yang kering, seperti tumit, lutut, dan siku. Baik digunakan untuk pijat dan sebelum memakai lulur.


Ingredients
Mineral oil, Terminalia bellerica fruit (mojokeling), perfume, Olive (Olea europaea) Oil, BHT.


Ovale Olive Oil
Terbuat dari minyak buah zaitun, Ovale Olive Oil dapat digunakan untuk merawat seluruh bagian tubuh, dari ujung rambut hingga ujung kaki.
  • Membantu melindungi kelembaban rambut dan kulit kepala.
  • Membantu mengurangi kekeringan pada kulit wajah dan leher, serta menjaga kelembaban dan kehalusannya.
  • Melembabkan kulit tubuh, termasuk tangan yang kering dan kaki yang kasar, dan menjaganya agar tetap halus.
Rasakan khasiat Ovale Olive Oil setelah mandi, keramas, atau sebelum tidur.


Cara pakai
Usapkan pada rambut dan kulit kepala, wajah, tangan dan kuku, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Dapat digunakan untuk memijat.

Ingredients
Olea Europea (Olive Oil), Fragrance, BHT, Tocopherol.


Wardah Olive Oil for Massage
Mengandung minyak zaitun yang membantu melembabkan pada saat massage dan melembutkan kulit.


Cara pemakaian
Tuangkan Wardah Olive Oil for Massage ke telapak tangan, balurkan ke seluruh tubuh yang akan dimassage. Lakukan massage secara teratur setiap dua minggu sekali agar peredaran darah lancar. Massage menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sekaligus menghaluskan dan melembabkan kulit.

Ingredients
Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Olive (Olea Europea) Oil, Fragrance, BHT.


***

Bagus yang Mana?

Secara keseluruhan, aku ngga bisa pilih mana yang paling bagus. Masing-masing produk ada kelebihan dan kekurangannya. Review ini aku harap dapat mempermudah kamu untuk memilih minyak zaitun cosmetic grade yang sesuai kebutuhan dan selera ^^

Paling mudah diperoleh
1). Wardah Olive Oil. Bisa diperoleh di supermarket, drugstore, dan toko pusat kosmetik.
2). Ovale Olive Oil. Dijual di supermarket dan minimarket (Alfamart).
3). Herborist Minyak Zaitun. Aku beli di counter Herborist Paragon waktu jalan-jalan ke Semarang. Baru lihat minyak zaitun Herborist di Hero dan Alfamart.

Kalopun kamu kesulitan untuk menemukan minyak zaitun Herborist-Ovale-Wardah, produk-produk tersebut juga banyak dijual secara online :D

Harga *tergantung beli dimana yah
Herborist Minyak Zaitun
75 ml = sekitar Rp 16-19.000an
150 ml = sekitar Rp 28.000an

Ovale Olive Oil for Body
100 ml = sekitar Rp 24-25.000an

Wardah Olive Oil for Massage
150 ml = sekitar Rp 34-43.000an

FYI, Wardah Olive Oil for Massage (150 ml) dan Wardah Pure Olive Oil (50 ml) beda lho ingredients-nya. Wardah Pure Olive Oil pake minyak zaitun cosmetic grade tanpa tambahan mineral oil.

Packaging
1). Wardah Olive Oil. Botolnya didesain cantik, feminin, dan unik. Terbuat dari plastik tebal yang kedap cahaya, ideal untuk nyimpan minyak. Botolnya juga ngga gampang licin minyakan ^^

2). Ovale Olive Oil. Kesannya praktis. Tutup botol alumuniumnya lucuuu :D Walaupun botolnya minyakan, tapi sampe sekarang petunjuk pemakaian yang tertempel di kemasan ngga ngelopek ^^b

3). Herborist Minyak Zaitun. Petunjuk pemakaian gampang ngelopek (bisa dilihat di foto produk), kayak botolnya Mustika Ratu Minyak Zaitun.


Eniwei, walau keliatannya lubang botol Wardah keliatan paling lebar, tapi ngga bikin minyaknya gampang meleber saat dituang kok (masih bisa dikontrol).

Tekstur
Ovale warnanya bening kehijauan. Sedangkan Herborist dan Wardah bening seperti air. Karena produk-produk ini adalah minyak zaitun cosmetic grade, ketiganya lebih ringan dibanding Extra Virgin Olive Oil (EVOO).

Kalau untuk memijat, aku lebih suka pake Ovale dan Wardah. Herborist paling cepat "meresap" dibanding dua produk lainnya.


Wangi~
Nah ini nih yang bisa jadi Pro atau Contranya :D
Buat kulit yang sensitif dengan parfum atau zat pewangi, baiknya tidak menggunakan ketiga produk ini. Tiga-tiganya mengandung fragrance/perfume.

1). Herborist Minyak Zaitun adalah yang paling semerbak wanginya. Khas skin care dan spa Bali. Sesuai tagline-nya Herborist~ The Essence of Balinese. Harumnya segar, tahan lama, dan ngga ngebosenin. Kalo dibalur malam (sebelum tidur), bangun pagi masih wangii... Moodbooster! xD

Nah, karena Minyak Zaitun dari Herborist wangi banget, produk ini bikin kita ngga nyaman kalo diaplikasikan di kulit wajah. Berbeda dengan Wardah dan Ovale yang wanginya relatif lembut dan ngga tahan lama.

2). Wardah Olive Oil
3). Ovale Olive Oil.

Lain-lain


Bukan berarti Herborist ngga bagus... Imho, untuk wajah ngga deh... Ibarat kata, kayak nyemprotin parfum di muka. Tapi kalo dipake di badan oke banget! :D

***

FYI

Apa sih bedanya minyak zaitun cosmetic grade dan Extra Virgin Olive Oil (EVOO)?
Perbedaan yang paling mendasar adalah pemrosesan minyak tersebut.

Minyak zaitun cosmetic grade dibuat khusus untuk kecantikan/kegantengan hehe. Tidak bisa dipake masak dan tidak boleh dimakan/diminum. Sedangkan EVOO adalah minyak zaitun murni, bebas zat tambahan, karena itulah aman untuk dikonsumsi atau dicerna langsung.

Berarti lebih bagus EVOO dong?
Ngga juga. Tergantung untuk apa...

Jika dicermati, tekstur minyak zaitun cosmetic grade lebih ringan dibanding minyak zaitun food grade (EVOO). Meskipun mengandung zat-zat tambahan (seperti mineral oil, pengawet), minyak cosmetic grade diformulasikan sesuai dan aman untuk kulit.

Tentang mineral oil, baca post ini >> sorry, T.T Mineral Oil ternyata tidak menyumbat pori <<

Walau banyak yang saranin, sebenernya EVOO ngga recommended untuk kulit wajah... dikarenakan teksturnya yang berat dan sangat greasy. Ini aku tau dari esthetician :|

EVOO masih bisa digunakan sebagai pembersih make up (itupun kudu cepet-cepet dilap/diringkas), pelembab kulit badan, rambut, dan kuku. Tapi untuk dijadikan pelembab wajah harian sebaiknya jangan. EVOO ngga sama dengan argan oil, jojoba oil, rosehip oil, dst.

Rencananya, aku mau susun artikel tentang minyak sebagai skin care (kapan-kapan --" lol). Jadi, untuk sementara, tentang minyak cosmetic grade dan food grade bisa baca di >> sesi komen artikel I ♥ Grapeseed Oil << udah pernah aku bahas sepintas di situ.

Oiya, jangan memijat wajah saat kulit sedang berjerawat ^^v

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

32 komentar

Write komentar
17 September 2015 19.38 delete

ditunggu banget pembahasannya soal minyak2an buat skincare. Aku punya rosehip tapi bingung pakainya. Sempet pakai buat pengganti krim malem, pakainya dikiiitt banget, tapi jadi jerawatan :(.
oh iya hani, kalau evoo kan ga boleh dijadiin pelembap atau buat krim malem gitu. kalau grapeseed oil boleh nggak si? 😁

Reply
avatar
17 September 2015 20.48 delete

Kalo jadi jerawatan gitu meski udah hati-hati, berarti fix ga cocok. Ngga usah ditelatenin lagi mba... yang namanya minyak kalo ga cocok, reaksi rejectnya cepet keliatan. Skin care berbasis minyak emang bagus banget hasilnya --> selama kita nemuin yang pas buat kulit kita. Ribetnya di situ... :p

Aku sharing dikit :| Aku udah cocok banget pake Borges Grapeseed Oil. Dulunya cuma pake sebagai pembersih, kemudian aku pake juga sebagai pelembab malam --> Abis bersihin wajah pake minyak, aku ngga cuci muka (aku jarang make upan, jadi kotorannya paling banter ya debu dst). Setelah itu, aku pake tisu untuk meringkas dan menyerap minyak ampas bersihin muka. Hasilnya bagus... @@,

Tapi untuk kehati-hatian, aku turunin kastanya (halah) cuma buat bersih-bersih muka aja. Karenaa... abis baca di vivawoman, situs diy skin care expert, dan forum, kalo untuk melembabkan, baiknya pake yang cosmetic grade atau coldpressed. Grapeseed Oilnya Borges kan ngga cold pressed, dia cuma minyak biji anggur biasa.

Ngomong-ngomong, meski grapeseed oil yang aku pake bukan cold pressed, sejauh ini aku puas. Saat itu mukaku ga gampang kering dan kulit area mataku juga ga mudah muncul kerut halus. Makanya kelabakan waktu Hypermart udah ga jual Borges grapeseed oil lagi... tapi akhirnya kemaren nemu di Hero.

Intinya, untuk dijadikan pelembab boleh, selama cocok (krn ada yg pake grapeseed malah jadi komedoan/jerawatan). Kalo bisa cari yang cold pressed atau cosmetic grade (di tokopedia banyak yang jual). Selain grapeseed, jojoba, argan... ada avocado oil dan sweet almond... itu juga sering dipake untuk pelembab wajah.

Proses penyimpanan minyak (coldpressed, food grade) juga penting banget ternyata. Kalo botolnya bening dan sering terpapar cahaya, kemasannya jadi cepet berembun dan minyaknya mudah tengik :p

Reply
avatar
22 September 2015 11.14 delete

Halo Haniiii :)
Eh, ini bener kan dipanggilnya Hani yah?
*sok kenal dan sok akrab hehehe...*

Selama ini aku punya olive oil-nya mustika ratu, biasanya dipake buat massage aja, atau biasanya sih dipake buat bersih2 kaki gituh...bhahahaha...*bener gak sih, kok jadi kayak yang belagu yah?*

Dan gak beraniii pake di muka, soalnya takut jerawatan hehehe...

Dan baru tahu kalo ada merk ovale dan wardah jugaaaa...
Baiklaaaah, nanti cobain ganti merk ah biar gaya hehehe...

Reply
avatar
22 September 2015 21.38 delete

Haloo mba Erry :D

Insya Allah bisa mba, karena biasanya emang dipake untuk bahan campuran lulur :) kalo ragu untuk wajah mending jangaan ^_^ karena emang ada kulit wajah yang sensitif dengan minyak cosmetic grade berpewangii...

Iyaaa =D ditunggu juga ripiuw drama koreanya ya mbaaa heheheheh

Reply
avatar
24 September 2015 14.30 delete

Senenggg banget Mbak Hani bikin postingan ini xD Pengen nyoba pake minyak zaitun, tapi bingung pilih apa, yang mana jenisnya, gimana perbedaannya dst. Sempet pengen beli EVOO juga, ya itu, gara-gara banyak yang saranin. Untung belum jadi beli :"D

Reply
avatar
Anonim
24 September 2015 15.27 delete

Minyak zaitun aman kah dipakai untuk membersihkan sisa lipstik? Saya biasa ngangkat sisa lipstik di bibir pakai minyak zaitun extra virgin. Maksudnya sekalian melembabkan bibir gitu

Reply
avatar
24 September 2015 15.50 delete

Alhamdulillah kalo bermanfaat ^_^ Eniwei, EVOO juga bagus lho buat melembabkan dan menghaluskan telapak-punggung tangan dan kuku. Jadi, tangan kita dibalur EVOO selama 30 menit (klo ada, selama didiamkan, pake sarung tangan plastik), trus bilas... Tujuannya supaya tangan ngga cepet keriput :D

Reply
avatar
24 September 2015 16.11 delete

Insya Allah EVOO dan minyak zaitun cosmetic grade (wardah/ovale) aman untuk bibir mba ^_^ saya membersihkan make up (cc cream+lipstik) pake wardah/ovale olive oil.

Reply
avatar
27 September 2015 09.01 delete

Wah aku pake herborist aja.. asik nih infonya :D

Reply
avatar
27 September 2015 09.05 delete

Iyaaa wanginya enak beneer *in my opinion :ng hehehe

Reply
avatar
29 September 2015 11.01 delete

Aku kalau massage badan pakai minyak nyong2 #eh XDD gak tau dink pakai minyak apaan, udah disediain sendiri dari tukang pijatnya XDDD

Gak pernah pijat sendiri, palingan cuma scrubing aja, itu pun untuk kulit aja ya, jadi gak sampai ke peredaran darah biar lancar .___.

http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

Reply
avatar
29 September 2015 11.41 delete

Hahahaha =D minyak nyonyong. Scrubbing juga melancarkan peredaran darah mba *teorinya si gitu :D

Reply
avatar
29 September 2015 13.35 delete

Oh benarkah? Syukurlah kalau begitu XD

Akhir2 ini sudah jarang sekali pijat, karena pagi pasti ke rumah sakit buat terapi, jadi gak ada waktunya .___.

Reply
avatar
1 Oktober 2015 11.55 delete

Ngomongin pijet, aku jadi pengen spa ._____. kapan-kapan --"

Reply
avatar
9 Oktober 2015 21.22 delete

assalamu'alaikum ka hanitis..
mau tanya apa kk pake olive oil cosmetic grade diatas buat double cleansing disini-->http://www.haihanitis.com/2013/09/pengen-kinclong-edisi-double-cleansing.html sama seperti grapessed oil ? kalau iya, pakenya wardah atau ovale dan apa cara pakainya sama??ohya, kesan greasy di wajah lebih para olive oil cosmetic grade atau grapessed oil??

*maafbanyaktanya
salam kenal ^^

Reply
avatar
10 Oktober 2015 14.04 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh ^_^

Iya, sama aja kalo dari segi kemampuan bersiinnya. Cara pakainya juga sama, aku balur dulu kulit wajah pake minyak, biarin bentar, trus dipijet-pijet supaya kotoran/make upnya lumer, baru kemudian aku lap pake kapas.

Kalo diurut, dari yg paling light ke yang paling greasy (seingetku ya haha), olive oil cosmetic grade - grapeseed oil food grade - EVOO & Coconut oil food grade.

Iya gapapa ^_^ salam kenal juga Nia

Reply
avatar
13 Mei 2016 08.37 delete

Aku udah kurang lebih 2minggu ini pakai oval loch kak, muka ku jadi ga terlalu berminyak dan aga cerah jerawat udh pada ilang itu artinya aku cocok kah ka? tapi aman dipakai jangka panjang aman ga ka ? Apa ganti aja sama yang modelnya minyak zaitun gitu ... Balas ya kaka please

Reply
avatar
13 Mei 2016 09.43 delete

Iya, kalo gitu cocok. Tinggal diperhatikan aja frekuensi pemakaiannya, supaya ngga berlebihan :)

Insya Allah aman untuk jangka panjang, karena ngga ada kandungan yg ditengarai berbahaya. Cuman biasanya kulit sensitif bakal reaktif dengan fragrance/pewangi dlm produk ini.

Mo ganti sama minyak zaitun apa? Minyak zaitun food grade/extra virgin olive oil umumnya terlalu berat untuk kondisi kulit tertentu.

Reply
avatar
5 Juli 2016 02.31 delete

Mbaaa help dong. Aku pame minyak zaitun mustika ratu ke rambut. Udah keramas berkali kali, minyak nga kaya masih melekat banget bikin rambut bagian atasku berminyak bangeet. Ini harus keramas pake apa ya mba? Tolong dijawab, thanks before

Reply
avatar
5 Juli 2016 09.49 delete

Halo, aku juga biasa begitu kalau minyaknya kebanyakan. Kalo udah kayak gitu, bisa pake conditioner dulu (dibalur di rambut, dan didiamkan), baru kemudian keramas hingga bersih. Trus kalau bisa keramas dengan air hangat juga, supaya minyaknya mudah luruh ^^ Good luck, semoga membantu ya...

Reply
avatar
21 Agustus 2016 00.21 delete

Malam.
Maaf mengganggu. Mbak hani seneng deh aq ada pencerahan kd semagat. Boleh curhat ya he...
Aq usia 26 dg bebi pas setahun. Pengennya sllu cantik tp pngen yg alami. Pernah pakai bedak wrdah ltmu customer lain lg hamil dikasih yg basic. Pkirku brrti kalau mw perwatn wajah ah hrus hti2 krn msh mnysui. Aq ada pure olive oil dr seserahan nikah 2014 & xdate nya 05des16. Mash bisa dpkai kan? He.. Biar irit mksdnya nti kalau hbis beli lg. Slm ni aq pakai bedak tiap kemana2 latulip. Tp lipstik wardah. Perwtn wrdah lainnya sepaket kdrluarsa semua gegara gx telaten. Nah berasa udh jd istri pngen cantik sllu untuk suami he...
Kira2 mbak hani ada referensi apakah gx ya. Untuk wajahku yg di hidung komedoan selalu. Tp gx tw trmsuk berminyak/bukn tipenya.
Maksih banyak. Dtggu sharingnya he...

Maafken karna kau sangat mengispirasi mbak... (Kiss) (hope)

Reply
avatar
21 Agustus 2016 09.44 delete

Halo juga Launadevi :D

Untuk merk ngga ada rekomendasi khusus, krn namanya skin care cocok-cocokan.

Tentang memilih skin care sesuai tipe dan kondisi kulit bisa baca di sini...

http://www.haihanitis.com/2015/10/tipe-dan-kondisi-kulit-tips-info-lainnya.html

http://www.haihanitis.com/2015/11/tips-belanja-produk-skin-care-catat.html

http://www.haihanitis.com/2015/10/5-langkah-dasar-memulai-perawatan-wajah.html

---

Untuk komedo itu ngga bisa dengan sekali treatment atau satu produk langsung hilang selamanya. Karena memang bakalan terus muncul. Cara ngatasinnya dengan mengontrol produksi sebum (menggunakan produk yg fokusnya di perawatan pori, ngandung salicylic acid misalnya), rutin eksfoliasi/ngangkat sel kulit mati, membersihkan wajah dengan benar, tidak menggunakan produk yg formula/teksturnya menyumbat pori, dan rutin menggunakan clay/mud mask 1-2x seminggu.

Semoga membantu ya..

Reply
avatar
29 September 2016 14.19 delete

Mau tanya mba hanitis😊kalo minyak zaitun herborist bisa buat wajah nggak

Reply
avatar
29 September 2016 14.30 delete

Kalo saya pribadi menyarankan baiknya jangan. Karena zat pewanginya terlalu tajam untuk digunakan di kulit wajah. Bagi sebagian orang yang kulitnya sensitif bisa ada reaksi alergi. Lebih sesuai untuk perawatan kulit badan. Wallahu a'lam.

Reply
avatar
14 Oktober 2016 18.15 delete

Mba salam kenal☺ kalo minyak zaitun mustika ratu bisa buat wajah ga ?

Reply
avatar
15 Oktober 2016 05.07 delete

Salam kenal juga. Kalau dari deskripsi produknya untuk badan. Ada sih yg pake buat membersihkan wajah, tapi itu juga cocok-cocokan ^^; Wallahu a'lam.

Reply
avatar
15 Oktober 2016 21.28 delete

Ass...
Mba, aku baru aja mau mulai pake zaitun nih.
Karna tadi nyarinya d alfamart deket rumah aja, pilihannya cuma ada merk mustika ratu, ovale sama herborist.
Jd aku pilih yang mustika ratu.
Walaupun emang lebih suka wangi herborist sih. Tapi gatau kenapa pemikiran aku khasiatnya lebih bagus mustika ratu.
Aku tanya wardah, kan gadak tuh d alfamart.
Bagus gak ya mba khasiat mustika ratu? Untuk pemakaian badan aja sih aku.
Makasih sebelumnya :)

Reply
avatar
16 Oktober 2016 00.02 delete

Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarokatuh...

Iya Herborist wanginya enak dan ngga ngebosenin. Tapi Mustika Ratu emang bagus say. Malah yang duluan populer kan minyak zaitunnya Mustika Ratu. Aku juga pernah pake itu, udah direview dulu tahun 2012, pas kulit kering banget. Cuma saat itu aku belum tertarik sama minyak-minyakan =D jdi review seadanya hehe.

Selamat mencoba ya ^_^ kalo sugesti kita positif, selama pemakaian juga enjoy, biasanya hasilnya juga memuaskan insya Allah...

Reply
avatar
8 November 2016 18.40 delete

minyak zaitun bagus g c ka,untuk muka berminyak,n kira" mrek ap yg ccok y,mklum g ngrti coz prwatan he..he..he..

Reply
avatar
8 November 2016 23.01 delete

Tergantung untuk apa. Kalo dijadikan pelembab baiknya jangan. Tapi untuk membersihkan (sebagai bagian dari double cleansing) masih bisa :) kalo merk, ada beberapa pilihannya... cocok-cocokan juga sebenernya.

Coba cek tekstur yang sesuai untuk tipe kulit di postingan ini...
http://www.haihanitis.com/2015/10/tipe-dan-kondisi-kulit-tips-info-lainnya.html

Reply
avatar
19 November 2016 14.14 delete

Herborist bisa di pakai untuk rambut ga sih ?

Reply
avatar
19 November 2016 15.27 delete

Menurut saya, untuk dijadikan pelembab mending pake minyak rambut cosmetic grade sekalian sis (kayak lucido l, l'oreal, dst). Untuk cemcemaan sebelum keramas lebih ampuh evoo, tapi mesti hati-hati supaya ngga jadi lepek rambutnya. Wallahu a'lam.

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon