Viva Spirulina : Milk Cleanser & Face Tonic

Saat mengobati jerawat (menggunakan vitacid, benzolac, mediklin, dkk), pembersih yang sering dijadikan pilihan adalah sabun switzal, Viva pembersih, dan pembersih DIY seperti oatmeal. Baru kali ini aku telaten menggunakan Viva pembersih. Kurang lebih aku jadi paham kenapa produk tersebut difavoritkan sebagian besar orang Indonesia dan eksis selama puluhan tahun :3


Ada apa dengan Viva pembersih?
Sering aku temui orang-orang yang kulitnya mulus, ternyata hanya menggunakan produk perawatan lokal yang murah meriah (salah satunya Viva). Masalah kulit yang mereka alami paling kusam atau menggelap (bukan break out parah). Setelah bolak-balik penasaran, aku pikir... hmm... why not give it a try? :D

***

Deskripsi produk & Cara Pemakaian
(tercantum di kemasan)

Viva Spirulina ditujukan untuk merawat kulit normal/kering. mengandung Ekstrak Spirulina yang berperan penting dalam proses peremajaan sel kulit. Spirulina adalah ganggang biru laut dengan kandungan protein, mineral, asam amino terlengkap sebagai nutrisi kulit.

Lakukan dua langkah pembersihan secara teratur setiap hari untuk mendapatkan wajah bersih, lembut, terawat, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Milk cleanser
Membersihkan wajah serta leher dari kotoran, minyak, dan sisa make up dengan maksimal.
Cara pakai : Oleskan pada wajah dan leher sambil lakukan massage ringan, kemudian bersihkan dengan kapas/tissue. Lanjutkan pembersihan dengan Viva Face Tonic Spirulina.

Face Tonic
Mengangkat sisa-sisa susu pembersih, menyegarkan wajah, serta mengembalikan keseimbangan pH kulit.
Cara pakai : Basahi kapas dengan Viva Face Tonic Spirulina, usapkan merata pada wajah dan leher. Gunakan bersama dengan Viva Milk Cleanser Spirulina.

***

Ingredients

Milk cleanser
Aqua, mineral oil, stearic acid, triethanolamine, cetyl alcohol, perfume, methylparaben, propylparaben, propylen glycol, spirulina maxima extract, potassium benzoate, potassium sorbate, phenoxyethanol, citric acid, BHT.

Face Tonic
Aqua, ethanol, sorbitol, propylene glycol, spirulina maxima extract, potassium benzoate, potassium sorbate, phenoxyethanol, citric acid, methylparaben, sodium benzoate, PEG-40 hydrogenated castor oil, tartaric acid, perfume.

Buat yang sensitif dengan pewangi/perfume jelas mesti hati-hati dengan produk ini ^^;

Tentang mineral oil pernah aku bahas singkat di #NTMS (1) : Toner, Mineral Oil, dan Stress

Ethanol [1][2][3]
Ethanol di kosmetik (make up, skin care) ngga berbahaya seperti merkuri, timbal, dkk. Ethanol sifatnya mengeringkan kulit. Jadi, yang harus diwaspadai adalah efek keringnya (melemahkan skin barrier sehingga dapat memicu iritasi, inflamasi, dst).

Statement mengenai ethanol di kosmetik bersifat karsinogen kurang kuat, karena penelitian (tentang peningkatan risiko kanker) umumnya mengenai ethanol yang dikonsumsi dalam minuman beralkohol. Studi tentang risiko ethanol di kulit (kerusakan sel), juga kurang bisa dijadikan sandaran. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengaplikasikan ethanol pada sel kulit selama 24-48 jam, sedangkan ethanol pada kosmetik kan cepat menguap begitu diaplikasikan ke kulit. Info lebih lanjut, bisa coba googling aja hehe.

FYI
  • Meskipun relatif aman untuk orang dewasa, produk kosmetik yang mengandung ethanol harus dijauhkan dari bayi dan anak-anak.
  • Jika menggunakan produk yang mengandung ethanol, kudu rajin menggunakan tabir surya.

***

Review

Awalnya aku bingung, ini Viva Spirulina buat kulit kering, tapi kenapa masih ada ethanolnya? Sedangkan tren produk skin care untuk kulit kering jaman sekarang udah banyak yang meninggalkan alkohol. Setelah aku coba, ternyata efeknya ngga sekering yang aku khawatirkan. Lebih ringan malah kalo dibandingkan dengan Clean n Clear Toner yang kemasan biru (di kulitku).

Mungkin (mungkin lho yaa) ngga bikin kering banget, karena tonernya juga mengandung sorbitol yang berfungsi sebagai skin conditioning (mempertahankan kelembaban, mencegah moisture loss pada kulit) dan tartaric acid sebagai penyesuai pH. [4][5][6][7]

Saat mengobati jerawat
Awalnya ngga masalah. Tapi, begitu kulitku makin kering dan sensitif (efek samping tretinoin), aku putuskan untuk berhenti menggunakan Viva Spirulina. Saat itu membersihkan wajah dengan Viva Spirulina membuat kulit terasa pedih dan cekit-cekit. Ujung-ujungnya balik pake oatmeal :))
Pesan moral : baca dan ingat baik-baik kertas petunjuk pemakaian obat hihi.

Saat kulit membaik
Setelah kelar pake tretinoin dan kulit udah menjinak, aku coba pake Viva Spirulina lagi. Niatnya mo ngabisin aja, daripada mubazir. Hasilnya? Setelah membersihkan wajah dengan Viva Spirulina, kulit terasa halus, lembut, dan lembab. Ngga ada sensasi perih-kering-kaku-ketarik.

Daya membersihkan
Alhamdulillah karena udah ngga jerawatan, aku bisa pijat wajah lagi (2-3 malam sekali) menggunakan minyak. Selesai pijat, aku lap sisa minyak dengan kapas, ternyata masih ada ampas cc cream di kulit -__- padahal sorenya udah bersihin muka pake Viva Spirulina milk cleanser dan toner.


***

Kesimpulan

Harganya terjangkau, masing-masing sekitar Rp 4.000-7.000 (tergantung beli dimana hehe).
Gampang didapet :D

Ternyata ngga oke untuk kulit yang kering banget berkat obat jerawat hahaha. Padahal obat jerawatnya ngga aku pake semuka lho -,- cuma spot tertentu aja.

Hasil terbaik dapat diperoleh di kulit normal/kering yang ngga bermasalah.
Terasa ringan dan lembut di kulit.
Efek mencegah penuaan dininya belum keliatan di kulitku, biasa aja.
Lagian fungsi utamanya kan emang untuk membersihkan :D karena itu aku ngga ngarep hasil yang muluk-muluk dari produk ini.

Milk cleansernya kurang bersih meringkas make up. Kalau hanya untuk membersihkan kotoran, debu, sunblock, bisalah sehari-hari pake Viva Spirulina.

Semoga bermanfaat
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
12 Agustus 2015 22.18 delete

Barusan galau bgt milih face tonic viva green tea atau spirulina....akhirnya krna blm pnh cobain si spirulina,pilihan jatuh ke spirulina dehh...smoga cocok dikulit acne prone/combination yah kak :D ....lg butuh toner nih....ohhh yah ditempatku viva itu harganya cm 4-5ribuan :D

Reply
avatar
13 Agustus 2015 12.02 delete

Aamiin :D moga-moga cocok juga. Oh ya? Ntar aku cantumin di post :p karena aku beli Viva Spirulina di mal. Makasih masukannya :D

Reply
avatar
25 November 2015 16.37 delete

Aku udh satu bulan ini pake susu pembersih + tonernya viva yang cucumber, cocok bgt buat wajah yang berminyak.. Rasanya di wajah jd seger..
Bener bgt semua produk skin care gak harus yg mahal..
Yg penting aman di wajah trus gak buat muka jd tambah komplikasi..
So far, aku pake produk ini gak ada mslh di kulit aku yg emang berminyak.. ☺☺

Reply
avatar
25 November 2015 19.16 delete

Iya ni :D aku juga udah beberapa kali repurchase tonernya Viva Spirulina. Enak aja rasanya, ngga bikin kering atau cekit-cekit. Terima kasih banyak udah sharing ^_^ salam kenal ya...

Reply
avatar
26 Desember 2015 14.56 delete

Muka aku jerawatan sama berminyak cocok gak ya pake viva?kalo cocok pake viva yg apa?makasih:)

Reply
avatar
26 Desember 2015 14.57 delete

Mukaku jerawatan dan berminyak cocoknya pake viva apa ya?

Reply
avatar
26 Desember 2015 18.36 delete

Untuk kulit berminyak ada Viva Green Tea, Lemon, dan Cucumber. Ini deskripsi singkatnya sis :) dari situs Viva Cosmetics

Green Tea
Mengandung Ekstrak Green Tea sebagai Anti Oksidan dan Tea Tree Oil untuk membantu mencegah timbulnya jerawat.

Lemon
Mengandung Ekstrak Lemon untuk mengurangi kadar minyak sehingga membantu mencegah timbulnya jerawat.

Cucumber
Untuk kulit berminyak dan bernoda hitam, mengandung Ekstrak Cucumber untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit dan Emollient untuk merawat kelembutan kulit.

Semoga membantu ya sis ^_^

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon