Rumpi Tentang Blog

Di penghujung Agustus 2015, aku pengen bahas tentang pembelajaranku seputar blogging. Kenapa pake istilah "belajar"? Tentunya karena blogger piyik kayak aku rasa-rasanya ngga pantas untuk menyampaikan tips dibanding blogger kondang lainnya hahahah. Berikut pengalamanku mengenai blogging :D


***

Tujuan Blogging

Alasan dan tujuan yang melatarbelakangi seseorang untuk blogging itu macem-macem. Ada yang ingin berbagi informasi, hobi, portofolio karya kreatif, monetisasi, dan sebagainya. Yang ngga bener adalah monetisasi dengan mencuri blog orang lain. Jangan ya...

Ngomong-ngomong soal monetisasi, semua jenis blog itu menguntungkan (kalo jeli melihat peluang), tapi ada niche-niche tertentu yang bisa menarik sponsor, yaitu niche fashion, travelling, elektronik, kuliner, beauty, dan lifestyle blog (cmiiw, kalo ada yang mau menambahkan).

Maksudnya menarik sponsor?
Mudahnya gini... misal ada launching produk baru, biasanya PR atau divisi marketing perusahaan tertentu menghubungi blogger untuk menawarkan kerja sama. Karena judulnya kerja sama, ada keuntungan yang diperoleh kedua belah pihak. Keuntungan bagi pihak perusahaan, yaitu promosi, sounding, branding, dst. Sedangkan untuk blogger, bisa dapet produk gratis, voucher belanja, paid review, dst.

Paid review itu blogger mematok biaya untuk mereview produk/jasa/event yang akan dipromosikan. Yang pasti, makin populer blognya, makin tinggi juga bayarannya. Tapi ga semua matok harga sih, banyak juga blogger populer yang suka rela bantu. Tergantung kesepakatan masing-masing.

Blog apa aja yang berpotensi menarik sponsor?
Umumnya, blog populer yang bertraffic tinggi, punya banyak follower, dan aktif di social media (optional). Intinya, kalo blog kita sepi, baiknya jangan berharap bisa menarik sponsor. Fokus ngembangin blog aja dulu.

Selain sponsor, bagaimana cara blogger memperoleh penghasilan?
Macem-macem. Ada yang pasang iklan, menyewakan space iklan buat online shop, menawarkan jasa desain, menjual produk (ebook, merchandise), dan lainnya.

Apapun tujuannya, baiknya dibarengi dengan usaha untuk memantaskan blog kita sesuai target-target yang direncanakan. Mau bikin blog supaya terkenal ya monggo, mau dapet penghasilan dari blog ya silakan. Asal jangan merugikan orang lain.

Kamu kenapa blogging?
Aku senang berbagi passionku dalam media blog. Aku suka skin care dan dari kecil punya hobi menulis. Kalo passionku pada dua hal itu ngga ada, aku ngga bakal betah nulis panjang lebar tentang skin care :))

***

Ciri Khas Blog

Sepengamatanku, blogger populer memiliki karakter dan gaya blogging masing-masing. Keunikan itu juga yang memperkaya komunitas blogger. Ciri khas yang berkesan membuat blog mudah diingat sehingga pengunjung pun datang kembali. 

Gimana sih cara agar blog kita punya ciri khas yang beda dibanding blog lain?
Ciri khas itu penting, tapi ngga usah terlalu dipikir ^^; *lah...

Waktu awal-awal telatenin blog, aku juga penasaran gimana membuat blogku keliatan beda dibanding ratusan atau bahkan ribuan beauty blog lainnya. Gara-gara mikirin "ciri khas", aku jadi ngga menikmati kegiatan bloggingnya. Aku malah sibuk kesana-kemari membandingkan blogku dengan blog orang lain. Yang kayak gini nih, ngga bakal ada habisnya.

Padahal jika kita antusias dalam blogging, ciri khas blog kita pun akan menguat. Terlebih lagi, kadang pembaca lebih bisa merasakan karakter konten blog kita daripada kita sendiri hehe.

Karena itulah, aku berusaha ngga menyandingkan blog-blog orang lain sebagai tolak ukur untuk mengkritisi blogku sendiri. Comparison is a thief of joy.

Trus gimana caranya evaluasi blog kita? Ngga berkembang dong ntar...
Caranya dengan fokus mengeksplor hal-hal yang kita suka dan berusaha memperbaiki area yang masih "kurang" (alur penyampaian, konsep foto, pemilihan istilah yang ngga tepat, dst). Yang kita bandingkan adalah konten-konten sekarang dengan beberapa bulan lalu :D 

Kalo udah tau kurangnya dimana, baru deh berbenah. Aku banyak belajar tentang tips blogging dan fotografi untuk pemula dari pinterest. 

Oiya, tidak perlu meniru plek gaya menulis orang lain, kesannya malah ngga natural. Apa adanya aja, karena makin sering blogging, makin terasah kemampuan dan gaya menulis kita. Aku belum begitu lama blogging, tapi kalo dibanding 2-3 tahun lalu, tutur penyampaianku jadi lebih rapi :| walau tetep ya masih suka ngalor ngidul dan ketawa-ketawa sendiri --" hahahaha.

***

Miscellaneous

Blogwalking & leave comments
Aku udah lama blogging, tapi setahunan terakhir jarang ninggalin komen ke blog lain. Alasan pertama, karena aku lebih sering blogwalking di tab yang akun googlenya beda dengan akun blog ini. Kedua, kalo buka laptop, lebih sering balesin email dan komen --" To do list buat 6 bulan ke depan, kudu sering-sering blogwalking lagi...

Writer's block
Lagi asik-asik ngetik, tau-tau stuck. Tiap orang punya caranya masing-masing buat ngatasin writer's block :| Aku kadang tetep maksa buat nulis ide paragraf lain. Makanya pas postingan belom jadi dan ngga sengaja kepencet publish, yaudah deh berantakan banget keliatannya hahaha. Apalagi kalo ada yang langsung komen, "bingung bacanya" :)))

Kalo memaksakan nulis pun ngga mempan, biasanya --> save, close. Trus cari kegiatan lain.

Pageviews & Followers
FYI, punya follower banyak belum tentu ngaruh ke traffic blog kita. Statistik pageview naik turun pun adalah hal yang wajar banget. Kalo konten-konten blog kita menarik, traffic blog bakal naik dengan sendirinya.

Mengenai pageview, udah pernah aku bahas sepintas di post Penting : Hati-hati, Beauty Blogger dan komen di post Blogging Talk. Total pageviews tinggi di komunitas blogger ibarat pernyataan implisit mengenai pencapaian dan kredibilitas blog tersebut.

Traffic yang tinggi juga tentunya menarik sponsor, undangan event, dan tawaran kerja sama. TAPI... Di sisi lain, menampilkan total pageviews juga ibarat bakar menyan buat manggil orang-orang jahat (bobol password, autoblog/auto generated content, dst).

Dilema. Walau traffic blogku ngga sefenomenal blog-blog ternama, akhirnya aku umpetin aja total pageviews blog ini. Entah sampai kapan :|

Bandingkan dengan konten-konten lama
Untuk mengevaluasi blog, aku bandingkan postingan baru dengan postingan lama. Dari situ bisa diliat sejauh mana skill menulisku berkembang. Postinganku yang dulu terlalu sering pake kata Nah, well, kali ini aku mau ngepost tentang..., daaan masih banyak lagi ^^;

Aku tantang diriku untuk menulis tanpa ada kata-kata tersebut. Dengan batas yang dikondisikan, otak dipaksa kreatif untuk mencari padanan kata dan kalimat yang alurnya lebih enak untuk dibaca. Yang paling susah buat aku adalah mengurangi penggunaan yang-hal-hanya saja-ini-itu-tersebut-dst-dll-dkk.

Bahasa vs English
Berhubung penguasaan bahasa Inggrisku pas-pasan (pasif), aku memilih blogging dengan bahasa Indonesia hahaha. Lagipula target pembacaku ya dari Indonesia. Sebenernya ngga tega kalo ngeliat sumber lalu lintas, ada yang baca postingan dengan menggunakan fitur penerjemah. Bahasa prokem kayak gini kalo diterjemahin kan hasilnya ngaco :| 

***

Suka Duka

Banyaaaaaakk hahahahaha :))

Bahas dukanya duluu... Mulai dari komen-komen spam yang bikin zong, dianggep customer service (Oh God Why??), sinyal modem yang naik turun, postingan yang ngga sengaja kepublish/kedelete (aaarrrgghhhh T.T), kesulitan atur jadwal posting, kena autoblog, dan sebagainya. 

Ada saat-saat dimana aku ngerasa asing dengan blog Hai Hanitis. Kadang aku mikir ini kok kayak bukan personal blogku lagi hahahaha. Aku pernah enggan dan ngga leluasa buat posting topik selain beauty di blogku sendiri. Aku ngga tau kalo blogger lain gimana, tapi emang itu yang sempat mengganjal di lubuk hatiku *tsah.

Sukanya? Lebih banyaaaaak, walau ngga bisa aku ucapin satu-satu tapi komen/email yang masuk made my day bangetlah. Aku menghaturkan terima kasih sebanyak-banyaknya buat orang-orang yang udah percaya sharing cerita atau pengalamannya ke aku :"""

Kalo dibikin poin-poin, hmmm... berikut manfaat blogging buat aku :3
  • Jadi lebih other oriented. Sebelum posting, aku mikir manfaat apa yang bisa aku tawarkan ke pengunjung blogku. Bagaimana supaya penuturan kontenku dapat dipahami, fotonya enak dilihat, dst.
  • Dapet kenalan dan teman baru yang sama-sama suka beauty hahahahah ^^
  • Jadi, belajar tentang IT dikit-dikit -,,,- (waspada mode : on)
  • Dapet hobi baru: foto produk dan ngedit foto, lol.
  • Tiap kali klik Publikasikan, selalu aja ada rasa puas yang ngga bisa digambarkan dengan kata-kata :')

Blogku ngga hanya ini doang, tapi aku paling sayang sama blog Hai Hanitis, hiks. Dulu kayaknya cuma aku aja yang baca blog ini. Sampe sekarang pun suka heran ngga nyangka kalo tiap hari ada aja yang berkunjung ke blog Hai Hanitis. Apalagi kalo ada yang merasa tertolong dengan konten-konten yang aku susun. Pengalaman-pengalaman tersebut priceless :')

***

Akhir Kata...

Sekarang makin banyak yang melirik blog sebagai peluang industri kreatif. Baguslah. Pekerjaan yang paling menyenangkan ya emang hobi yang dibayar.

Yang pengen aku luruskan, blog-blog populer dimulai, dirintis, dan diurus dari nol. Blogger yang penghasilannya tinggi (umumnya) ngga hanya punya 1 blog, ada yang 5, bahkan ada juga yang puluhan. Mereka rutin update dan konten-kontennya ngga asal copas/nyolong/nyedot dari situs atau blog orang lain. Pencapaian mereka saat ini diperoleh berkat kemauan, kedisiplinan, dan kerja keras. Ngga instan! :D

Pada dasarnya, ngga ada aturan baku dalam blogging, suka-suka bloggernya. Hanya saja dalam menyusun konten dan berinteraksi dengan blogger lain tetap ada etikanya.

Sekarang kan banyak beauty blog baru yang bermunculan. Kalo boleh kasih saran, jangan beranggapan bahwa hubungan antar beauty blogger adalah persaingan. Capek hati kalo mind set-nya begitu. Jangan sampe niat awalnya pengen nekunin blog, tapi belakangan malah spaneng sendiri karena tiap buka dashboard berasa masuk ke arena kompetisi. Nikmatin aja... Sebagian besar beauty blogger eksis bukan untuk unjuk superioritas, tapi atas dasar hobi dan kesenangan.

Udah segitu aja dulu hahahaha...
Semoga bermanfaat
Thanks for reading ♥ Have a nice day

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
3 September 2015 16.02 delete

Serius ya banyak yang anggep hubungan antar beauty blogger itu persaingan? Kok aku malah nggak ngalamin sih ya. Malah asik punya banyak temen sharing dan juga kadang malah saling membantu loh. Misal bantuin ngenalin ke brand anu, bantu-bantu promosiin blog dengan saling ngasih link, bantuin lapor kalau ada orang yang copas atau pakai foto kita, bantuin konfirmasi kalau ada berita miring soal bloggernya (haha..aku ngalamin ini serius!) ^^.

Terus soal blogwalking, aku selalu blog walking, tapi jarang ninggalin komen. Alasannya sama, lebih sering blogwalking dari tab :(.

Dan iya, soal ciri khas memang nantinya terbentuk sendiri kok. Aku ngalamin karena beberapa orang ada yang ngomong, langsung tau kalau yang nulis aku walau nulisnya nggak di blog racunwarnawarni.com. Hehe.. Malah kadang suka lihat yg agak "maksa" karena maksain pengen kayak blogger lain. Tapiiii sebenernya nggak papa juga sih terinspirasi dari blogger lain, selama nyaman. ^^

Reply
avatar
3 September 2015 23.10 delete

Ngga banyak, mba. Aku juga ngga ngalamin, tapi nyimak di ---tuuuuuuutt--- #sensor =D

Sampe sekarang aku masih suka browsing tips blogging hehe (bukan hanya dari beauty blog). Banyak yg bahas gimana bersaing untuk dapetin traffic dan muncul di laman pertama pencarian :p Rasa-rasanya beauty blogger populer yg aku kenal ngga ribet masalah bersaing... Jadi, itu aku sampekan untuk ngasi pandangan, kalo mindset bersaing itu ngga lazim di dalam komunitas beauty blogger :D

Iya, 1-2 tahunan lalu kayaknya rame games tag-tagan (award) gitu buat mengenal sosok di belakang layar dan promoin blog lain. Udah ngga ada ya? :D Padahal aku suka baca blogger ngejawab pertanyaan-pertanyaan random gitu hahahah... Bikin games baru aja kali ya? =D Lumayan buat menguatkan (cailah) ikatan antar blogger dan promo blog lain hmmm hmmm...

Kalo terinspirasi emang ngga apa-apa mba ^_^ Cuman, beberapa kali aku blogwalking ke beauty blog baru... kalo diamatin, ada pola-pola (gaya penulisan tertentu) dari blogger populer yg ditiru/dicopy. Seolah-olah untuk menjadi "beauty blogger" gaya menulisnya mesti seperti ini, penyusunan kontennya harus begitu, dst...

Makasih kunjungan dan komennya mba Arum :D

Reply
avatar
4 September 2015 10.41 delete

Hahaha.. Bener banget ini postingan.. Walopun skrg aku lagi jarang ngeblog, tapi blogwalking itu wajib dan tiap hari, tapi ninggalin komen jarang huhu
Ngerasain gimana awal2nya bikin blog, gak tau mo nulis apaan, trus alur tulisannya masih acak adul, yg mampir baca bisa dihitung pake jari.. Tapi lama2 bisa berkembang juga, walopun gak sebanyak blog2 hits lainnya.

Ngerasa seneng juga pas salah satu konten blog saya bisa bantu orang yg gak saya kenal yg membutuhkan. Bisa punya temen baru.. Hehehe...

Reply
avatar
4 September 2015 19.50 delete

Ayooo sis Arin, semangat posting lagii ^_^ *nyemangatin diri sendiri juga hahahahahaha...

Bener bener bener =D Dulu rasanya awkward banget deh bikin kalimat pembuka. "Halo, gimana kabar semuanya? Jumpa lagi..." atau "Udah lama ngga posting" ----> wokwokwokwok padahal mah yang baca juga aku sendiri *monolog --"

Huum, berasa banget kalo liat perkembangan blog, walau ngga ngehits amat dan postingan ngga banyak, tapi tetep bikin terharu. Jujur, aku salut sama blogger-blogger mastah,, tiap hari update konten di beberapa blog sampe begadang-begadang. Tekun banget! ^_^

Semoga kita bisa jadi individu yg menebar manfaat yaa, aamiin aamiin aamiin.
Makasih kunjungannya sis Arin ^_^

Reply
avatar
6 September 2015 07.36 delete

HAHA, menohok banget.

Terutama pas ngedobrak kebiasaan lama yg bikin kata pembuka yg itu itu aja. Karena aku sendiri suka agak males kalau membaca sesuatu yg awalnya saja sudah membosankan. Sekarang lagi belajar gimana caranya bikin tulisan yg bikin orang penasaran T.T

Aku gak ngerti rasa bersaing yg gimana maksudnya? Bersaing tinggi2an pageview? Follower? apa sponsor? Betul, kalau mikir ke arah sana, pasti gak ada enjoynya. Dan makin lama akan akan kelihatan mana yg bloggingnya pakai semangat sama yg cuma sekedar ngikut tren.

Tapi, ngikut itu gak selalu jelek kok akhirnya. Banyak blogger tenar pasti ka awalnya ikut2an juga. Yang bagus, kalau dari ngikut tadi, malah jadi tahu tahu passionnya ke arah mana. Yg disayangkan adalah yg akhirnya berguguran.

Memang sih, apapun tujuan ngeblog selama tidak merugikan orang lain, itu semua BAIK.
Tapi, ada 'rasa' yg beda saat kita blogging karena suka, sama blogging karena tuntutan seperti,"Kamu HARUS ngeblog tentang ini, karena ini mendatangkan keuntungan materi, popularitas, dll".

Karena aku pernah lho nulis blog dengan niche di luar beauty yang memang prospeknya bagus. TAPI, lama-lama sadar aku gak suka nulis tentang itu, meski untungnya banyak tapi gak bikin aku enjoy nulisnya. Pekerjaan yg kita lakukan dengan rasa suka pasti GAK terasa CAPEK. Tapi pekerjaan karena tuntutan, pasti ada EFFORT ekstra.

Kalau tujuannya keuntungan materi, menurutku pasti ada rasa bersaing...
Padahal, esensi blog itu kan 'semangat berbagi'. Bagi-bagi pengalaman udah pake produk ini-itu, bagi-bagi ilmu, atau bagi-bagi keluh-kesahh.... (ane banget, wkwk).

Mungkin BB baru itu emang baru belajar blogging dan masih cari-cari model yg cocok buat dia. Aku rasa, kalau emang orangnya minat di kepenulisan, lama2 dia bakal punya ciri khas sendiri. Ada yg bilang, kamu gak akan bisa nulis, kalau gak baca tulisan orang dulu. Tapi, kita harap sih gak keterusan ngikut plek-plek banget. Kalau kayak gitu terus jadinya ya copycat...

Reply
avatar
6 September 2015 23.26 delete

Kalo browsing tentang blogging tips (umum), sarannya gimana agar artikel bisa muncul di urutan/halaman pertama, gimana "mengalahkan" blog lain di hasil pencarian, dst. Ya wajar sih ya, yg ngasih tips juga banyakan dari situs SEO dan monetisasi. Trus aku pernah nemu jasa desain template, tercantum "blog apa yg jadi kompetitormu?" di kolom pertanyaan (untuk assesmen kebutuhan dan selera user). Ngga semua jasa ngasi pertanyaan tsb sih, tapi ada.

"Bersaing" yg aku maksud (dari tips-tips tsb) ngga blak-blakan banget. Biasanya dengan menjadikan blog-blog lain sebagai tolak ukur kesuksesan blognya dia (jumlah posting, jumlah follower, traffic, urutan di laman pertama pencarian, dst... entahlah~). Jadi, blogger lain ngga sadar kalo sedang disaingi. Ya kalo emang hobinya bersaing/berkompetisi fine-fine aja kali ya hahahaha.

Walau ada blogger yg mindsetnya bersaing, tapi umumnya passionate blogger (kuliner, travel, beauty, dst) orientasi bloggingnya ngga untuk berkompetisi (imho). Aku khawatir aja kalo tips-tips seperti itu ngga disaring, trus diterapkan di komunitas blog yg tujuannya untuk berbagi dan senang-senang. Lagipula~ review di (beauty) blog A, B, C, D pd dasarnya punya info yg saling melengkapi. Org kan butuh informasi yg memadai sebelum akhirnya memutuskan beli produk tertentu :)

Aku juga pernah konsepin niche blog yg sepertinya punya prospek bagus, tapi sayang aku ngga enjoy. Rasanya palsu banget =D bedalah dgn topik yg bener-bener disenengin, walau nyita waktu-tenaga-pikiran, tapi bikin hepi hahhahahah :ng

Iya, mudah-mudahan hanya sebatas mencari-cari style mana yg paling nyaman, dengan harapan makin kesini ciri khas dirinya sendiri yg makin dominan.

Setuju mba... Hanya karena kita belum bisa nemuin ciri khas, bukan berarti kita malah mencatut plek ciri khas blog lain. Kalo blogger-blogger mastah sih saraninnya analisa SWOT blog/situs sendiri, supaya ngga kejebak ciri khas blogger lain ^_^

Bahrelway, meskipun begitu, belakangan ini aku lebih sering blogwalking ke blog-blog baru :D aku banyak belajar dari mereka, terutama dalam hal semangat dan antusiasmenya yg keren ;)

Terima kasih masukan dan kunjungannya mbaa ^_^ hehehe

Reply
avatar
7 September 2015 14.08 delete

Mbak ngakunya masih "piyik", aku malah baru satu jam lalu menetas :D.
Sekarang aku juga telatenin ninggalin komen tiap kali blogwalking dan sebagai ungkapan makasih karena udah nulis postingan yg bermanfaat. Masih usaha juga cari gaya tulisan yg enak dibaca dan nieche yg jelas buat blog aku hehe...

Reply
avatar
7 September 2015 21.53 delete

Hahahahahah iyalah ngerasa "piyik", blogger mastah banyak yg udah blogging sejak 7-10 tahunan lalu :D dari segi pengalaman tentulah mereka lebih oke buat ngasih tips dan wejangan lainnya.

Hmmm... Aku kesulitan berkomentar di kotak komen yang pake Google+ dan disqus :p Aku juga ngga nyaman ngetik panjang-panjang di tab. Karena itu aku mengapresiasi tiap komen yg masuk (kecuali spam ya :p), krn ga semua org punya kemudahan akses untuk ninggalin komen ^_^

Semangaaat :ng ntar aku maen-maen kesanaa. Aku juga awalnya gado-gado, personal blog bangetlah :D isinya lirik lagu, games yang aku suka, dan hal random lainnya. Krn makin kesini kayaknya pengen fokus ke beauty dan personal development, post2 yg melenceng aku balikin ke draft, supaya lebih rapi.

Eniwei, blogger lain ada yg bikin blog buat masing-masing niche yg menarik bagi dia. Misal: 1 blogger punya blog khusus ttg personal journal, review film, blogging tips, dst. Ngga tau deh cara ngelola banyak blog tuh gimana hahahah... Tapi yaa intinya dibawa hepi aja ^_^ namanya juga hobi

Terima kasih Sandya udah sering komen di blog ini hihi :D Happy blogging~

Reply
avatar
11 September 2015 14.02 delete

Iya betul, aku punya teman yang udah sejak 2007 ngeblog dan rajin ikutin lomba atau event tentang penulisan. Padahal ya nieche dia gado-gado. Selain itu dia juga urus 3 blog yang berbeda-beda topiknya. Pfftt... Harus sering sedot ilmu dan pengalaman sama blogger kece kayak gini ^_^.

Senengnya tuh kalo komen kita dibalas sama author-nya kan hepi-hepi gimana gitu berasa diperhatiin =D . Ada banyak blogger yang jarang banget atau malah hampir gak pernah balasin komen, ya maklum sih sibuk kan apalagi kalo blognya udah nge-hits.

Semangat terus ya mbak Hanitis ngulik-ngulik tentang beauty :-bd

Oya, terima kasih sudah sudi mampir di sandyaljepit :ng


Reply
avatar
12 September 2015 10.24 delete

Wiiiii keren dari 2007! Aku blog 2 aja masih kelabakan ngurusnya hahaha. Iya, bener, karena itu aku suka baca-baca pengalaman blogger yg udah bertahun-tahun blogging. Artikel-artikel di bloggerperempuan.com juga membantu banget.

Mungkin krn banyak komen yg masuk ^_^ jadi luput untuk bales-balesin komen, ato emang punya kesibukan lain.

Sama-sama Sandyaa :-bd

Reply
avatar
22 September 2015 11.20 delete

Duh, aku tuh suka kaguuuuuum banget sama blog nya para beauty blogger kayak Hani gini lho...
Berasa banget kalo nulisnya emang niat banget dan mungkin harus nge-riset sana-sini dulu biar hasilnya maksimal :)

Aku cuma pernah sekali2 doang nulis ttg kosmetik, dan pernah juga bikin tulisan reportase karena diundang sama klinik kecantikan...dan kerasa banget lah tantangannya....
*dibandingkan cuma bikin tulisan curhat doang hehehe...*

Semangat terus yah Haaaan, semoga semakin sukses blog-nya :)

Dan menulis itu emang katanya harus dilatih terus sih, biar semakin luwes, mengalir dan enak dibaca :)
Ayooo, mari kita sama2 latih terus otot menulis kita biar semakin kuat yaaaah :)

Reply
avatar
22 September 2015 21.45 delete

Aku tuh juga kagum sama blogger kayak mba Erry! :D bisa sampe jalan-jalan ke korea selataan, mauu doong hehehehehe. Alhamdulillah mba, namanya juga hobi :D

Sama-samaa, semoga makin sukses juga bibi-titi-teliti.com-nya :ng aku udah lumayan lama baca blognya mba Erry =D yg paling memorable adalah pic cowo-cowo korea yg nangis di bawah hujan dan kim soo hyun "jongkok pun tetep elegan" ---> ngakak puool...

Iyaaa, bismillah... harus rajin nulis :D
Terima kasih kunjungannya mba Erry ^_^

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon