Penting : Hati-hati, Beauty Blogger...

Sebenernya isu pencurian konten dan penyalahgunaan foto udah lamaaaa banget ya di kalangan blogger. Aku rasa perlu sharing beberapa hal, karena kejadian ini makin sering terjadi dan meresahkan.


***

Pencurian Konten

Blog duplikat
Ada yang lebih wow dari copy paste artikel, yaitu pencurian seluruh konten menggunakan autoblog dan auto generated content. Isi blog kita dicopy paste plek, sampe tanggal publishnya pun sama. Pencurian konten umumnya memanfaatkan RSS feed. Dengan kata lain, blog tersebut "menghisap" artikel-artikel dari blog kita. Tujuannya buat nyari traffic, pasang iklan, dan ngasih backlink ke situs induk dia.

Pencantuman watermark atau alamat blog di foto ngga berarti konten (yang dicopas) dapat serta merta kita klaim ke Google lho. Watermark bukan bukti hak cipta. Untuk klaim hak cipta, sebelumnya kita mesti terdaftar di DMCA (Digital Millenium Copyright Act). Selain melapor ke Google, jika ingin punya akses ngejatuhin langsung (take down) blog yang copas, kita mesti join di DMCA Pro, yang per bulannya $10, per tahun $100, lol. Cmiiw.

Beduwei, setelah baca-baca tentang DMCA, serem juga ternyata :| Karena negara lain (terutama US dan negara-negara di Eropa) sangat strict menyikapi kasus hak cipta konten (foto, artikel. dll) di internet.

Kamu kena autoblog?
Iyaa :'D Alhamdulillah, jadi ngerasain. Karena itu, ada beberapa artikel di blog Hai Hanitis yang aku kembalikan ke draft. Insya Allah akan aku perbarui T.T Foto-foto dari internet juga rencanya mau aku ganti dengan foto jepretan sendiri (karena I'm not really sure itu foto bebas hak cipta atau ngga).

FYI, foto profil yang sebelumnya aku pake itu dapet dari LINE Deco. Avatar foto pink ini aku bikin di Face Your Manga. Yaa just in case you're wondering :))


In my opinion...
Pas tau blog-blog yang aku kenal (terutama beauty blog) dicopas (autoblog/agc) sama orang lain... hmmm, speechless aja. Apalagi pas ngerasasin sendiri. Apa dia ngga kebayang ya proses nyusun konten beauty blog tuh ngga sekedar cecentilan :| 

Di balik sebuah review produk... ada kulit yang jadi bermasalah karena ngga cocok, bibir yang kering akibat foto swatch beberapa lipstik, trial-error tutorial make up/DIY skin care, riset tentang produk, mikirin konsep foto, nyiapin backgroud dan pernak-pernik buat foto produk, editing, bikin mini studio (salute), membaca konten berulang kali sebelum dipublish... belum lagi produk-produk tersebut dibeli pake duit pribadi. Kurang lebih begitulah proses yang dilewati para beauty blogger sebelum menerbitkan artikelnya.

Aku belum jago foto produk, tapi ngerasain membuat foto yang enak diliat itu ngga asal jepret. Kudu dikira-kira komposisinya, nunggu jam-jam yang cahaya mataharinya oke... Sampe adekku pernah nyeletuk gini, "ngapain guling-guling deket kolam ikan?" T.T Begitulah... demi mendapatkan angle yang bagus hahahaha.

Penyalahgunaan Foto
Isi beauty blog ngga jauh-jauh dari review/ulasan produk kosmetik (skin care dan make up). Sayangnya, banyak foto produk, swatch, dan foto before-after yang dimanfaatkan oleh oknum seller yang tak bertanggung jawab (oknum lho ya, alhamdulillah, masih banyak seller yang jujur). 

Kalo minta izin, ngasih kredit gambar, atau keterangan sumber mungkin bisa ditolerir. Yang menyakitkan itu misal watermark/logo blog di foto tersebut ditimpa logo online shop :| atau diberi keterangan lain tanpa sepengetahuan pemilik foto.

Baru-baru ini ada kejadian yang bikin aku syok. Fotonya Indonesian Beauty Blogger kondang --> mba Sekar Arum (Racun Warna Warni) dan Hanna Anindhita (Beauty in Veil), disalahgunakan sebagai testimoni produk yang ngga mereka pake. Itu kan termasuk penipuan konsumen. Terlebih lagi followers akun olshop tersebut lumayan banyak :| Syukurlah, pas aku cek udah dihapus fotonya.

Ini direct link ke post-nya mba Arum yang fotonya disalahgunakan 2x...
Sabar ya mba :')
Foto Saya Dicuri dan Digunakan Untuk Jualan Produk Yang Tidak Pernah Saya Pakai!

Blog diambil alih tanpa sepengetahuan pemilik asli (updated 31/8/2015)
Aku baru bisa update postingan ini ^^;

Beberapa hari yang lalu, komunitas Indonesian Beauty Blogger geger karena blog-blog populer dibobol orang yang tidak bertanggung jawab. Udah gitu, kesalahan seolah-olah diarahkan ke pemilik blog Cantiknya Qonita (nick Mizha/Momzhak). Bagi yang udah berkunjung ke blog-blog yang gelar konpers, mungkin mikir ni Hanitis ngoyo banget sih belain Cantiknya Qonita.

Yayalah ^^; Soalnya blog Cantiknya Qonita juga korban pembobolan password. Mba Mizha/Momzhak juga salah satu blogger yang menginspirasi aku untuk sharing informasi seputar skin care. Dia udah lamaa bahas topik beauty, jadi bukan blogger baru.

Mengutip dari postingan di Racun Warna-warni (mba Arum), blog yang dibobol ada 5, yaitu blog milik MomzhakAnnisa ArifianiSekar Suci SaraswatiJudith Ayes, dan Tanoe Rissa.

Klarifikasi dari 

Ada tips lengkap dari postingannya mba arum Cara-cara Melindungi Blog Kita
Step by step pengamanan password bisa baca di Verifikasi 2 Langkah
Cara back up konten blog kita bisa baca di How to Back up Your Blogger Blog

***

Trus Gimana?

Buat Blogger
  • Pencurian konten di luar kendali kita. Apalagi yang melakukan autoblog dan auto generated content adalah orang-orang yang ngerti banget IT. 
  • Tetap cantumkan watermark/logo/judul/alamat blog di foto. Senggaknya orang yang liat bakal ngeh kalo foto/konten tersebut berasal dari situs/blog kita.
  • Coba browsing tentang Google Feedburner untuk mencegah pencurian konten melalui RSS Feed.
  • Gunakan verifikasi 2 langkah yang disediakan Google untuk mengamankan akun kita.
  • Rutin membuat back up konten blog.
  • Anti klik kanan kurang efektif, karena bisa diakalin dengan mematikan javascript.
  • Usahakan pake foto karya sendiri. Kalopun terpaksa menggunakan gambar dari internet, pastikan gambar tersebut bebas hak cipta dan/atau sertakan sumbernya.
  • Kalau mau foto gratisan, ambil dari situs yang menyediakan gambar bebas has cipta.
  • Banyak banget saran dan masukan dari blogger Indonesia yang udah bertahun-tahun blogging (tentunya udah sering ngalamin kontennya dicopas). Intinya, tetep posting konten berkualitas, temukan dan kembangkan hal yang membuat blog kita unik (punya ciri khas), bangun readership, sembunyikan total pageviews, dan sabar.

Buat yang copas/autoblog/agc/hack
  • Tolong, hargai karya orang lain :'( Aku sedih dan gemeesss saat tau blog-blog yang menginspirasi aku untuk sharing tentang skin care malah dicopas plek dan diambil alih tanpa sepengetahuan pemilik aslinya. Hati-hati dengan doa orang yang Anda dzalimi/sakiti hatinya.

Buat Seller
  • Meski ada kalanya foto produk dan testimoni diperoleh dari supplier, sebaiknya cross-check terlebih dahulu.
  • Jujur mengulas deskripsi produk dan pengalaman konsumen.
  • Pemalsuan testimoni berdampak pada kredibilitas seller dan produk itu sendiri.
  • Semoga lancar rejeki dan berkah usahanya, aamiin aamiin aamiin.

Buat calon Konsumen
  • Jeli mengamati testimoni, karena testimoni berupa chat itu gampang banget bikinnya.
  • Online shop instagram yang trusted biasanya ditag sama pelanggannya. Mereka yang inisiatif ngasih review produk.
  • Banyaknya followers bukan jaminan online shop tersebut bisa dipercaya.
  • Hati-hati sama akun online shop yang "monolog". Komen-komenan di akunnya sendiri pake id lain (padahal punya dia sendiri), supaya keliatan rame.
  • Jangan gampang percaya dengan hasil skin care yang instan (terutama produk yang tidak jelas keamanan dan asal usulnya). Biasanya skin care abal-abal/gajebo menjanjikan "hanya sekian kali pake langsung kinclong". Skin care yang aman, umumnya memperlihatkan hasil yang memuaskan setelah pemakaian berminggu-minggu.

Mohon maaf jika ada penyampaian yang kurang berkenan.
Keep blogging and have a nice day :D

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
20 Agustus 2015 21.48 delete

Hai Hani,
aku udah baca dari kemarin-kemarin cuma baru sempat komen karena kemarin di jalan :D
Makasih banget ya udah mau bantu share. Aku berharapnya pengguna internet di Indonesia semakin paham soal hak cipta.
Oh iya, Hani, belakangan marak kasus baru loh. Banyak blog lama yang di hack. Yang aku tau beauty blogger ada dua, salah satunya Nisa Arifiani. Jadi harus tambah hati-hati deh jagain blog ^^

Reply
avatar
21 Agustus 2015 13.14 delete

Halo mba Arum ^_^

Makasih infonya mba... Aku lemes banget pas tau blognya mba Mizha dan mba Nisa dihack. Tampilannya juga jadi kayak gitu. Ni barusan abis ngecek blog barunya mba Nisa yg baru di http://nisabeautyroom.blogspot.com/2015/08/the-real-author-of-nisas-beauty-room.html

Pantesan mba Mizha kok udah ngga aktif lagi. Kalo ngga salah, sekitar bulan lalu aku blogwalking kan ke Cantiknya Qonita, nah tampilannya udah berubah, dan kita gabisa ngirim komen ke blog tsb. Pas liat tampilan barunya Nisa's Beauty Room, aku syok, kok tampilannya jadi 11-12 dengan blognya mba Mizha :( baru tau kalo itu dihack... Astaghfirullah...

Reply
avatar
23 Agustus 2015 17.03 delete

Hai hanitis, kindly visit postingan terbaru aku tentang masalah pencurian blog yg kemarin...

http://b-cq.blogspot.com/2015/08/blog-cantiknya-qonita-berpindah-pemilik.html

Maaf ya ngirim link.... T.T

Reply
avatar
23 Agustus 2015 21.51 delete

Halo Mba Mizhaaa T.T sebelumnya turut berduka. Baru aja aku mau hubungin kamu. Aku mo izin lampirkan kasus kamu buat updatean post ini. Aku pake modem tri, sinyalnya lagi odong-odong banget :(

Reply
avatar
16 Maret 2016 19.42 delete

Begal dunia blogger -> auto blog

Sayang ya buat mereka yang ngerti IT tapi malah dipakai buat hal-hal yang kaya gini :'(

Aku juga suka sama Mbak Momzha/Momzhak, dulu juga kaget kok blognya berubah. Eh ternyata dihack, diadu domba pula :'(

Reply
avatar
17 Maret 2016 01.37 delete

Begal dunia blogger :D etapi autoblog cepet ilangnya. aku baca2 dari para suhu blogger, yg kayak gitu biasanya ngga bertahan lama. selain karena ga berkah, google juga proaktif ngatasin blog spam.

Mba Mizha udah bikin blog baru ^o^ tapi sepertinya belum rutin update lagi, baru mindahin beberapa artikel dr blog lamanya. Blog barunya muncul kok begitu kita googling cantiknya Qonita ^^

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon