Toner & Facial Spray/Face Mist

Aku lagi seneng-senengnya pake toner dan face mist xD Dulu diskip, karena aku pikir kulitku ga butuh-butuh amat dengan dua produk itu. Setelah dicoba emang berasa sih bedanya :3


***

Toner

Toner digunakan sebelum pelembab. Fungsi utamanya untuk menyeimbangkan pH kulit setelah membersihkan wajah. Formula toner bervariasi tergantung kondisi kulit, misal...
  • toner untuk kulit sensitif umumnya berfungsi untuk menghaluskan dan menenangkan kulit,
  • toner untuk kulit yang rentan berjerawat mengandung ingredient untuk mengontrol sebum dan/atau melawan bakteri penyebab jerawat, 
  • toner untuk perawatan anti aging menawarkan kandungan antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas, 
  • daaan sebagainya.
Toner (yang digunakan dengan cotton pad/kapas) dirancang untuk meringkas ampas pembersih dari step sebelumnya, termasuk kaporit (klorin), garam, dan zat lain dari air keran yang mengganggu keseimbangan pH dan berpotensi membuat kulit jadi dehidrasi.

Kalo ingin baca-baca lebih lanjut tentang toner, bisa cek di post...
#NTMS (1) : Toner, Mineral Oil, dan Stress

Jenis toner menurut kadar alkohol di dalamnya [1]
  • Penyegar. Tipe toner yang paling ringan di kulit. Mengandung air, pelembab, dan sedikit alkohol (0-10%). Pelembab dalam toner menjaga kelembaban alami di permukaan kulit agar tidak menguap. Sesuai untuk tipe kulit normal, kering, dehidrasi, dan sensitif. Tapi, masih mungkin memberikan sensasi terbakar (burning sensation) di kulit sensitif.
  • Skin Tonic. Lebih berat dibanding penyegar, karena mengandung air, pelembab, dan alkohol dalam kuantitas kecil (10-20%). Ditujukan untuk kulit normal, kombinasi, dan berminyak.
  • Astringent. Tipe toner yang paling tinggi kadar alkoholnya. Mengandung alkohol (20-60%), antiseptik, air dan pelembab. Ditujukan untuk kulit berminyak dan diajurkan untuk menggunakan pelembab berbasis air dan/atau noncomedogenic setelah menggunakan astringent. Eniwei saking kerasnya dibanding tipe toner lain, dianjurkan pula untuk menghindari astringet saat mengobati kulit (mis. dengan tretinoin, karena efek keringnya).

Caraku menggunakan toner
Sebelumnya kan aku ngga pake toner yah, jadi habis bersihin muka dilanjut dengan pelembab. Cara mengeringkan wajah yang dulu aku telatenin pernah aku bahas di post "Mengeringkan" kulit wajah. Sekarang, aku mengikuti caranya Eunice (Wish Trend), yaitu saat kulit masih rada basah, langsung aku lap dengan menggunakan cotton pad/kapas yang telah dibasahi toner :D hasilnya kulit jadi lebih moist dan lembabnya tahan lebih lama.

***

Facial Spray/Face Mist

Penting untuk diperhatikan... 
Jangan membiarkan facial spray mengering dengan sendirinya, karena jika demikian kelembaban alami kulit juga ikut ketarik menguap bersama mistnya. Cara pemakaian yang dianjurkan adalah setelah disemprotkan, biarkan selama beberapa detik, kemudian tepuk-tepuk dan ratakan di permukaan kulit.

Facial spray yang mengandung agen pelembab (hyaluronic acid, ekstrak tumbuh-tumbuhan, minyak esensial, dll) mampu menyegarkan dan menenangkan stres pada kulit yang dipicu oleh suhu panas. Agen pelembab yang terkandung dalam facial spray tersebut dapat mempertahankan level hidrasi dan mengunci kelembaban kulit (ngga serta-merta menguap karena ada agen pelembabnya).

Saat musim dingin, udara kering, atau yang setiap malam tidur pake AC juga bisa menggunakan facial spray (seperti thermal water, dst) sebelum serum atau pelembab. Berbeda dengan penggunaan obat (yang digunakan saat kulit bener-bener kering), umumnya lebih baik jika produk skin care  digunakan di kulit yang lembab atau rada basah dikit (moist/slightly wet).

***

Review produk lainnya nyusul ^^v

Semoga bermanfaat
Thanks for reading ♥ Love you all

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
1 Agustus 2015 23.41 delete

Belum ada review nya yaaah. Aku lg pas bgt kehabisan toner Viva green tea dan gatel pengen coba yg lain. Ngincernya sih astringent Himalaya Neem atau toner Acnes, etapi susah nyarinya di daerahku :(( liat ini jd inget Wardah sm Clean n clear yg gampang dibeli. Tp seingetku dulu pernah coba dan gak gitu sukses. Tp skrg kulit berubah sih, siapa tau cocok yah ._.

Mist mineral Botanica lagi selalu ada di pouch, berasa bgt efeknya :D itu PIXY express cleanser ya? Jd toner kah?

Reply
avatar
2 Agustus 2015 05.16 delete

Belum :D awalnya mo dibahas di sini, tapi aku pikir bakal kepanjangan. jadi, mo dibahas satu2 aja ntar. Wardah hasilnya biasa aja di kulitku, lebih enakan tonernya Viva, kenapa ya? (malah balik nanya hahaha) =D clean n clear cocoknya di kulit yg sangaat berminyak, imo.

iyaaa ku juga lebih suka face mistnya mineral botanica daripada evian ;) padahal semprot-semprotnya lumayan impulsif tapi kayak ga abis-abis hahahah, padahal botolnya keciil.

^_^ aku masukin pixy di post ini (pembersih-penyegar 2 in 1), krn sejak pake pixy itu aku mulai tertarik dgn yg namanya toner. kebetulan, di tempatku susah dapetin pixy cleanser yg biru (banyakan yg susu pembersih :( dan yg hijau), akhirnya coba yg lain.

Reply
avatar
Anonim
8 Agustus 2015 17.25 delete

Hmmm baca ini jadi pengen pake lagi toner wardahku yang udah lama nganggur :D Berhenti pake soalnya beruntusan. Mungkin cara pakenya salah ya dan ga dipakein pelembab sesudahnya .__.

Bedanya Thermal water sama Kangen water apa kak? Trus kalo nano spray menurut kakak lebih bagus dari spray biasa atau gimana..

Reply
avatar
8 Agustus 2015 18.16 delete

Haloo ^_^ Kalo jadi bruntusan emang baiknya distop :) misal pengen coba lagi, hati-hati aja...

Thermal water adalah air mineral dari sumber mata air panas (diklaim kaya kandungan antioksidan dan agen antiinflamasi) ^_^ populer karena memiliki efek menenangkan redness, iritasi, gatal, dst. Kangen water hanya air biasa yang diubah pHnya.

Nano spray? Dari segi partikel air yang dikeluarkan, iya. Partikelnya lebih kecil dan halus dibanding spray dari botol aerosol. Jadi, yg bagus alat nanonya, tapi hasil maksimal tergantung air yang digunakan.

Reply
avatar
25 Agustus 2015 10.51 delete

Assalamualaikum Titis apa kabar? :D
akhirnya ikut koment juga setelah jadi silent reader dari awal km nulis :D
mau tanya aja si tis,itu kamu beli facial mist nya dimana??terus km lebih suka pake yang mana? thanks :D

Reply
avatar
26 Agustus 2015 07.56 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh =D
Huwaaaaa Pikaaaa,, masya Allah kangennya...
Baru kemaren aku line-an sama Sinta Sabil hahahah, ngomongin kampus lol

Alhamdulillah sehat, kamu gimana? Aku udah ngga ngepath nii :( ketinggalan info deh, :ng Mestika udah nikah ya? Jangan-jangan kamu udah nikah juga :p
Peer groupku belom ada yg pecah telor ni *lah malah bahas apaan...

Iyalah dari awal nulis -.- orang kita di dekanat ngobrolin masker haha.

Kalo evian beli di guardian, century, tapi kata Nanol bagusan yang avene (lebih mahal juga :p cuman aku belom coba). Lebih suka yang Mineral Botanica hahaha, harganya terjangkau melembabkan, tapi ringan di muka. Mineral Botanica itu merk lokal baru. Distribusinya ke toko pusat kosmetik kayak chandra gitu lho, belom masuk ke supermarket. Prospeknya menjanjikan (bukan abal-abal) karena udah sering dipake buat make up program televisi. Kalo Pika tertarik, coba cek di instagram atau facebooknya Mineral Botanica :D mereka ngelayanin pemesanan online juga kalo ga salah.

Reply
avatar
28 Agustus 2015 14.04 delete

Iya,kangen,hiks.. kangen semarang jg,hahaha...kamu di mana sekarang? alhamdulillah aku sehat2 aja..iya mestika sudah menikah, aku belum titis,hahaha..jangan2 kamu lg dalam waktu dekat :p km kemana aja?kenapa ga aktif path?km pake IG ga? bagi dong.. *banyakbanget tanya,hahaha..

ahaha,kamu ingat aja itu pas bahas masker, :D ini aku selalu cek loh blog km,update apa ga... :D

Di guardian ya, Avene di guardian jg brati ada? aku ada cek di lazada kalo botanica, ternyata banyak jg produknya ya, km ga review serumnya? :D
aku jadinya pesen di lazada facemist nya, lagi nungguin datang aja... mudahan cocok :*

kalo face wash km pake apa tis?

Reply
avatar
28 Agustus 2015 15.13 delete

Moga-moga ntar bisa reunian angkatan KREMASI08 ya, di Selaras lagi hahaha ^_^ aamiin. Aku di makassar. Lahh :p aku lagi ga deket sama sapa2, tapi aamiin deh.

Tabku sempet error kan, tau-tau ngerestart terus. Akhirnya difactory reset gitulah karena kebanyakan aplikasi. Jadi biar awet aku ga instal path dan whatsapp lagi. Kontak lewat Line semua. Krn aku pikir yaelah, aku rame-ramean di path juga sama orang-orang yg ada di grup Line juga hahaha. Instagram aku bikin akun anonim, buat browsing-browsing aja, jadi ga aktif posting2. Kamu kirim aja pin bb sama id Linemu, kali aja aku bikin akun bbm lagi, ntar aku add, biar kalo ada apa2 kamu gampang nanyanya.

Pengen banget rutin update Pikaa... tapi aku lg benerin postingan yg lalu-laluu.. banyak yang aku balikin ke draft, makanya postingku jadi dikit. Bbrpa minggu lalu blogku kena autoblog, artikel-artikelnya disedot/dicopas plek sama blog baru. Kan sebel =( jadi aku mo perbarui artikel2 yg lalu juga, biar ga sama dengan dia (padahal itu artikelku sendiri hiks).

Katanya sih ada, tapi aku cek adanya evian, mungkin waktu itu lagi kosong avene-nya. Ngga pake serumnya mineral botanica, aku coba serum lain. Paling yang mo aku coba peeling sama scrubnya. Tapi tunggu scrubku abis dulu hahaha.

Aamiin, moga-mogaa yaaa... ntar aku minta review kamu juga ttg facemistnya, kelebihan-kekurangannya dan worth it ngga sih dengan harga segitu? :)

Lagi ganti-ganti ni, ngikutin kondisi kulit (aku abis jerawatan lagi soalnya), jadi kadang pake sabun, kadang pake oatmeal, pembersih Viva (milk cleanser+toner), atau minyak.

Reply
avatar
28 Agustus 2015 21.11 delete

Aamiin..tapi jangan selaras lagi plis,yang laim aja,hahahha.. mana tau jodoh tis datangnya cepet,hihihih... aamiin aamiin aja deh 6ang baik2 :*

Oh gitu,oke deh aku kasi Line dulu ya baru ntar BBM,supaya enak ntar tanya2,soalnya aku pasti suka tanya2...dulu kan aku tanya2 via bbm,hahaha..bbm rusak,ga berani mau tny via sini..tp akhirnya tny jg via sini,hahaha...

Iya titis,aku baca postingan km yg itu, yang sabar ya :( pasti dongkol ya sm org seenaknya copas2 gitu..km buat post ini pake percobaan dulu,eh tinggal dikopas2 aja -_- tetap semangat nulisnya ya tis, walau badai menghadang, #cieeehh :D

Serum yang melanox itu kan km pake ya?itu rasanya udah di review belum ya tis,aku lupa,hahaha...aku cari di lazada ga ada iek..di kota ku nyari2 begituan agak susah -_-

Iya, aku coba nge review kyk kamu,hihihihi...

Hampir smua review mu aku coba lo tis, itu yg oatmeal,aku prnh jg,rs nya lebih lembut ya pipi,hahahah... cuma ya itu ga rajin,keseringan malas...ini gimana sih supaya ga malas2 ngurus muka ya? -_-

Reply
avatar
30 Agustus 2015 11.13 delete

Hmmm dimana yaa :ng simsix? sambel van java?? hahahahaha... aduh aku kangen jajan depan polines nii :(

Iya, Pika, kamu kirim Line kamu ke haihanitisblog@gmail.com, ntar aku add :D

Banyak yg lebih parah Pika =( ada yang dibobol coba blognya. Motifnya ya duit, blog yang dicuri dipasangin iklan. Iyaa insya Allah tetep semangaaatt ^_^ Pika juga ya hehehehe...

Serum Melanox Premium yg sekarang tu ganti formula. Aku beli di toko kosmetik gitu, krn kalo beli di century, guardian udah mahal =D kena harga mol.

Insya Allah ni lagi disusun post ttg gimana mulai perawatan dan telaten :D karena sering ditanyain. Ni lagi mo aku edit-edit tulisan dan bikin tabelnya hehehehe...

Reply
avatar
31 Agustus 2015 08.39 delete

Lek nonong tis,ahahahah... iya jajanan dpn polines banyak... :D

iya aku lupa kirim coba -_- aku kirim yah...

aku semangat baca blog kamu aja tis,hihihi.. :D

jadi km masih pake serum melanox tis??

sip, aku tunggu postingannya ttg supaya semangat mengurus wajah, :D

ini mineral botanica ku dah nyampe, wangi, sukakk... :D

Reply
avatar
31 Agustus 2015 09.13 delete

Karena kamu kenal aku kali ya makanya semangat hahaha =D

Lagi coba compare serum-serum sih sekarang. Mungkin akhir tahun aku bikin review perbandingannya. Serum melanox premium bagus, tapi yg namanya skin care ada aja yg ga cocok, dia bilang malah jadi kusam dan jerawat. Kalo di aku dan ibuku alhamdulillah cocok-cocok aja ^_^

Iyaaa.. ngga fokus ni, krn ngedit beberapa artikel :p maap ya, aku publish as soon as possible...

Wangii, trus ringan di muka. Aku semprot-semprot mulu juga awet, lama abisnya :D

Reply
avatar
rie
11 November 2015 01.58 delete

Halo. Mbak. Saya baca2 blog ini dari tadi dan gatel banget pengen komen hehe
Kebetulan saya lagi cari2 produk skin care, sekarang sih lagi pakai La Tulipe series buat acne prone skin karena emang kulit saya ini berminyak dan gampang jerawatan, sekalinya jerawatan susah banget ilangnya. Kemarin sempet pake Himalaya yg Neem buat cuci muka tapi malah gatel dan jerawatnya makin gede dan buanyak. Setelah pakai La Tulipe facial soap yg Aloe Vera, Alhamdulillah jadi jarang muncul jerawat dan kulitku jadi halus. Makanya jadi beli sekalian buat acne prone series nya.
Oh ya, maaf jadi OOT. Saya mau tanya, karena sekarang jerawat saya udah jarang muncul, saya pengen banget ngilangin bekas jerawatnya ini, tapi masih ragu2 buat pake produk apa. Kalo boleh saya tau, Mbak Hanitis cocoknya pakai apa ya? Udah hampir seminggu ini saya maskeran pake jeruk nipis+madu karena disuruh mama, tapi tadi saya baca jeruk nipis ga bagus buat kulit acne prone ya? Sejauh ini di saya belum ada efek negatif apa2 sih, tapi jadi rada takut juga.
Maaf jadi kepanjangan, kalo mau nanya2 lebih banyak, boleh saya kirim email?

Reply
avatar
12 November 2015 15.29 delete

Halo Rie ^_^ salam kenal, makasih udah sharing.... maaf baru bales...

Kalo noda bekas jerawat yang gelap banget (susah dihilangkan pake skin care), aku ilangin pake krim obat (ditotol tipis). Kalo nodanya ngga gitu bandel, aku pake serum dan eksfoliasi sel kulit mati. Aku ngga tau serumnya bakal cocok ato ngga di kamu, krn pernah ada yg share malah jadi kusam mukanya...

Iya boleh :D

Reply
avatar
12 April 2016 08.59 delete

Hai mba, kan gini y sekarang tuh q sebelum pake bedak q pake secretkey y, kebetulan mau abis juga, nah tipe kulit q tuh berminyak gitu, pernah q g pakai secretkey langsung bedak cepet bnget kumus" y, q lagi cari alternatif secretkey sih, tadi nya mau beli mineral botanica face mist yg acne, cuman q pernah baca review kalo malah jadi nambah berminyak gitu, nemu lagi avene thermal water, tapi tadi q mbaca diatas pas mba kondisi aga basah trus pake toner jadi lumayan lembab, pernah coba kangen water g mba ?? Ehehehe makasih y mba

Reply
avatar
12 April 2016 15.43 delete

Halo juga :D itu praktiknya untuk melayer skin care. Udah pernah coba ^^; tapi biasa aja beauty waternya. Strong acid yg lumayan ngefek buat meredakan/menenangkan (bukan ngobatin) jerawat baru dan gatel-gatel, tapi ga boleh keseringan dipake.

Untuk make up aku ngandelin kertas minyak (oil control film). Trus aku ga bedakan juga (kulitku dehidrasi, jadi fokusnya emg ngelembabin) ^^; jadi kurang paham mana yg terbaik selain itu. Maaf ya kalo ngga membantu.

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon