Perawatan Kulit Wanita Korea Selatan : Apa sih Rahasia Cantiknya?

Beberapa tahun terakhir, Korea Selatan menjadi sorotan karena kemajuan dan inovasinya di dunia kosmetik. Apalagi Korean Wave yang melanda di Indonesia makin membuat topik “Rahasia Kecantikan Wanita Korea Selatan” (baca: aktris, penyanyi, selebritas :D) menjadi hal yang menarik untuk dibahas.


Sebagai penggemar drama dan variety show Korea (lol), aku selalu kagum dengan kelembaban serta halusnya tekstur kulit cewe-cewe di sana (dewy and fresh look). Maksudku, walaupun dipoles make up, tapi kan keliatan ya yang beneran halus dan ngga. Apalagi di drama banyak adegan close up, sampe pori-pori pemerannya terpampang nyata ^^;

Banyak sumber informasi dari situs lokal yang membahas rahasia kecantikan wanita Korea Selatan, tapi ngga ada yang benar-benar memuaskan. Kurang lebih bahasannya seperti ini, rahasia kecantikan artis X adalah rajin membersihkan wajah sebelum tidur, artis Y menggunakan pelembab berbasis gel, artis Z rutin maskeran menggunakan lidah buaya dan madu.

Seriously? Kalo sekedar bersihin-melembabkan-maskeran, kita-kita juga ngelakuin itu, tapi kenapa hasilnya bisa beda? Nah lho... :|

Karena penasaran, sejak 3 tahunan lalu (gara-gara break out hehe) aku sering browsing tentang perawatan kulit wanita Korea Selatan (dan wanita Asia Timur pada umumnya). Tips-tips perawatan kulit khas Asia Timur yang aku peroleh pada akhirnya mempengaruhi sudut pandangku mengenai "kecantikan" (baca: kesehatan kulit) dan hal-hal yang menyebabkan kulit bermasalah.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, pengamatan, dan pengalamanku mengenai perawatan kulit wanita Korea Selatan, termasuk hal-hal yang membedakan antara kita dan mereka (meski sama-sama “merawat” wajah).

Noted!
Sebenernya banyak juga cewe-cewe di Korea Selatan yang kulitnya ngga mulus dan awam tentang kosmetik. Jadi, meskipun aku memakai istilah wanita/cewe Korea Selatan, bukan berarti aku ngasih stereotype bahwa semuanya memiliki kulit flawless seperti porselen ^^; postingan ini hanya gambaran dari rutinitas dan regimen perawatan ideal khas Korea Selatan.

***

Genetik

Seperti yang sudah pernah aku bahas di post Catatan Pribadi tentang Perawatan Wajah, faktor genetik memegang peran penting atas kondisi kulit seseorang. Memahami kondisi kulit bawaan, membantu kita untuk tetap realistis dan tidak ketinggian memasang ekspektasi terhadap rangkaian perawatan wajah yang ditelateni. Misal, warna kulit asli sawo matang, tapi pasang target untuk punya kulit putih ^^;

Iklim dan Cuaca [1][2][3][4]

Orang-orang yang tinggal di dataran tinggi dan bersuhu sejuk, cenderung memiliki kulit dengan pori-pori kecil. Sebaliknya, orang-orang yang tinggal di daerah dengan cuaca panas cenderung memiliki pori-pori yang lebar (pori lebar karena kelenjar minyak lebih aktif memproduksi sebum untuk melindungi kulit) dengan warna kulit yang lebih gelap.

Di salah satu episode Get It Beauty, seorang pakar kecantikan menyampaikan bahwa untuk memiliki kondisi kulit yang tetep oke, suhu kulit wajah sebaiknya berada di bawah 30° Celcius (tapi dingininnya jangan pake AC, malah bikin kulit kering). FYI, suhu panas dapat merusak collagen di kulit.

Cara yang dianjurkan adalah dengan membekap wajah dengan menggunakan handuk yang sebelumnya disimpan di kulkas atau handuk yang disiram air es. Bisa juga dengan menggunakan DIY Mask dari buah semangka yang mampu mendinginkan dan menghidrasi kulit. Kalo di Indonesia, kita familiar dengan yang namanya bedak dingin :D

Kebiasaan Sehari-hari

Selain faktor genetik, kulit yang mulus dan kinclong tidak terjadi dengan sendirinya. Di samping rangkaian perawatan yang tepat, kebiasaan dan gaya hidup juga menentukan kondisi kulit kita. Poin ini meliputi jadwal makan, pemenuhan kebutuhan air putih per hari, pola tidur, hingga kebiasaan-kebiasaan kecil seperti minum air hangat setelah bangun tidur, stretching, dan lainnya.

Cewe-cewe Korea Selatan umumnya sangat aware dengan beauty habit, misal menggunakan face mist (anytime, anywhere... karena udara yang kering), steamed towel, membersihkan wajah dengan air hangat, menghindari makan malam sebelum tidur (terutama yang mengandung msg, supaya mukanya ngga bengkak alias muka bantal), dan sebagainya. Ngomong-ngomong, tren terkini di Korea Selatan yang kurang terekspos adalah 1 day 1 sheet mask.

Sekilas info...
Beberapa kali aku dapet cerita, udah pake produk yang sama dalam jangka waktu yang lama, tiba-tiba kulit jadi bermasalah (jerawat, bruntusan, kasar, dst). Kemudian yang jadi kambing hitam adalah produk skin carenya.... wah udah ngga cocok nih, malah bikin break out (baca: dikira bahaya) Sebenernya ini juga pernah aku alami hehe. Produknya udah jelas-jelas aman, tapi kondisi dan kebutuhan kulitnya yang berubah.

Kondisi kulit bermasalah bisa jadi merupakan akibat dari kebiasaan dan pola hidup yang salah, yang lambat laun "memuncak" sehingga berdampak pada kesehatan kulit. Selain kebiasaan merokok, minum soda, alkohol, perhatikan juga faktor-faktor lain yang mungkin berpengaruh, misal hormon (siklus menstruasi, kehamilan, menopause), level stres, usia, obat-obatan, paparan sinar uv, polusi, dst.

Perhatian pada Problem Kulit Wajah yang Spesifik

Pertama kali nonton program dan talk show mengenai kecantikan di Korea Selatan, aku rada syok saat mereka menaruh perhatian yang detail banget terhadap kulit wajah, seperti ukuran pori, titik-titik komedo di hidung (yang sepintas lalu tidak terlihat), sebum yang nyeplak di oil control film (yang menurutku wajar), busik putih tepi bibir (akibat bibir kering lho, bukan iler), sun spot yang hanya terlihat di kamera uv, level kelembaban kulit (ada alat khusus untuk mengukur kelembaban ckckck), dan lainnya. Hal-hal tersebut menyebabkan tingginya standar kecantikan kulit wajah di Korea Selatan. Berbeda dengan standar kecantikan di negara kita yang lebih “sederhana” --> kulit putih = cantik.

Perhatian pada masalah kulit yang spesifik tersebut membuat produk perawatan kulit asal Korea Selatan lebih variatif. Ini aku amati di en.koreadepart dan Wish Trend. Jarang banget ada all-in-one product (satu produk untuk berbagai masalah).

Kita dapat menjumpai berbagai serum dengan fitur-fitur unik (ngga melulu tentang brightening/whitening), misal serum untuk menyamarkan pori berbeda dengan serum untuk membantu mengontrol produksi sebum. Ada juga serum dengan fitur calming (bagi yang rentan mengalami redness atau kulit reaktif), firming, smoothing, moisturizing, hydrating, dan sebagainya.

Pic source en.koreadepart.com
Pic source en.koreadepart.com

Pengetahuan mengenai Skin Care

Di Korea Selatan, topik kecantikan dan kosmetik dibahas dalam program khusus di stasiun televisi nasional. Ngga heran, karena masyarakatnya punya ketertarikan yang besar mengenai make up dan perawatan kulit. Pembawa acaranya pun ngga cuma jadi pajangan yang ngomong basa-basi nimpalin narasumber, tapi juga punya pengetahuan yang mumpuni mengenai ingredient produk, skin care tradisional, tren kecantikan, problem kulit, dan lainnya.

Yang sering aku tonton adalah Get It Beauty, Beauty Bible, dan Wish Trend (yang sukses bikin aku “keracunan” untuk beli produk rekomendasi mereka huhuhuhu T.T Glacial Clay Mask).

Berkat pengetahuan di bidang kecantikan yang maju dan canggih, seller/spg menawarkan produk dengan penjelasan yang "berisi" dan mendalam, sampe ngelotok bahas produknya (ngga sekedar ini untuk kulit kering, ini untuk yang berminyak). Konsumennya pun cukup objektif untuk menilai kondisi dan masalah kulit mereka sehingga lebih mudah untuk mendapat produk yang sesuai kebutuhan.

Rangkaian Produk Perawatan Wajah

Di Indonesia, kita terbiasa dengan day cream, night cream, dan pembersih. Sedangkan di Korea Selatan, step-step produk skin care bisa panjaaang banget mengikuti kebutuhan kulitnya. Ada oil cleansing - foaming - toner – pre essence – booster – ampoule/serum/essence - night cream – eye cream – neck cream – sleeping pack - dan seterusnya. Meski ngga semua cewe di sana menjalani regimen seribet itu, tapi skin care berlayer-layer adalah sesuatu yang lumrah.



Treatment di Klinik Kecantikan

Percaya kalo semua artis Korea hanya mengandalkan skin care supaya tampil kinclong?
Tentu saja ngga hahahaha. Sudah jadi rahasia umum kalo klinik kecantikan menjamur di Korea Selatan. Ngga heran dong kalo artis-artisnya juga melakukan kunjungan rutin ke dermatologist. Minimal untuk facial :D

Sebenernya treatment seperti laser, botox, face lift, mikrodermabrasi, chemical peeling, akupuntur, dan lainnya juga ada di Indonesia. Tapi, sebagian besar orang Indonesia hanya mengunjungi dokter di saat kulitnya bener-bener bermasalah (ngomong sama kaca). Ngga semua orang merasa butuh untuk mendapatkan treatment seperti itu, belum lagi biayanya mahal.

Tabir Surya

Seperti halnya cewe Indonesia pada umumnya yang khawatir berlama-lama di bawah terik matahari, cewe-cewe Korea Selatan pun menaruh perhatian yang besar terhadap dampak sinar uv pada kulit. Fitur uv protection nyaris tak luput dari produk-produk asal Korea Selatan, karena di dalam rumah pun mereka tetap menggunakan produk yang mengandung tabir surya (biasanya SPF dan PA rendah) untuk mengatasi sinar matahari yang masuk melalui jendela.

Bocah-bocah di sana juga udah diajarin tentang dampak negatif sinar matahari dengan pemakaian sunblock, sun cap, payung, dll ^^

Ngga ketinggalan, si Daehan Minguk Manse jugaa...


Makanan Tradisional [5][6][7]

Walaupun kulit yang bermasalah dilatarbelakangi berbagai faktor kemungkinan, nutrisi dari makanan membantu meminimalisir dan mencegah problem kulit. Masakan tradisional khas Korea Selatan masuk dalam jejeran makanan tersehat di dunia. Hal ini didukung oleh penelitian mengenai kadar antioksidan dari makanan tradisional Korea Selatan yang digolongkan dalam 11 kategori, yaitu cereal, kentang, polong-polongan (mis. kacang tanah, kacang kacang merah, kacang kedelai), kimchi, jamur, rumput laut, minyak, dan kandungan antioksidant tertinggi ada pada jus buah, sayur, buah, dan kacang-kacangan (mis. walnut, kenari, almond).

Banyak banget manfaat antioksidan untuk kesehatan tubuh :D Nah, kalo untuk kulit, antioksidan diperlukan untuk menangkal radikal bebas dan dampak buruk sinar uv dengan menghalangi produksi enzim yang menyebabkan kerusakan pada collagen.

***


Akhir Kata...

Kalo ada yang pengen punya kulit kinclong ala selebritas Korea Selatan, jangan hanya terpaku dengan "yang hasilnya cepet gimana?" atau "bagusnya pake produk apa?", karena untuk mendapatkan kulit yang sehat itu ngga instan dan ngga semata-mata tentang pemakaian produk merk tertentu ^^v

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Photo's credit belongs to KBS Return of Superman ep 74 & 77

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

35 komentar

Write komentar
12 Juli 2015 14.25 delete

Asyik nih ada yang ngebahas tentang perawatan kulit korea.

Bner banget kalau mau kulit cantik bukan dengan pertanyaan, 'produk apa?'. Kaya nya lebih ke gaya hidup dari makanan sampai perawatan rutin, telaten dan terus menerus. Kadang ada juga yang udaa bagus kulitnya *menurut dia* pas udah merasa puas langsung stop atau mulai ogah-ogahan.

Kalau aku mungkin masuk kategori ogah-ogahan , cuman semenjak aku rutin pake skincarec10step, kalau abis mandi langsung pakai cream atau mau tidur cuman pakai night cream kaya nya aneh aja. minimal harus 3-5 step.

Kalau ada info lagi jangan lupa share lagi :D

Reply
avatar
12 Juli 2015 15.53 delete

=D aku juga termasuk yang angot-angotan. Di awal-awal semangat olahraga, jaga makan, pola tidur, dll, nah begitu aku rasa kondisi kulitku membaik, udah deh kendor lagi. Akhirnya aku akalin dengan ubah habit pelan-pelan, dari hal-hal yang kecil dulu seperti minum air putih dan mengurangi makanan tertentu. Kalo pelan-pelan gitu malah lebih mudah untuk dikonsistenin.

Hwaaa 10 step :D Salut! Aku belum bisa telatenin step-step yang panjang tiap malam (paling 2-3 hari sekali).

Siap ^_^ insya Allah kalo ada info lainnya aku share

Reply
avatar
14 Juli 2015 01.02 delete

Wih sama banget. Aku juga kerajingan nonton acara kecantikan korsel yg detail banget dari segi skincare dan makeup. Makeup artis sana juga kalo mau makeupin liat kondisi kulit client dulu. Kalo kering dipakein moisturizer baru ditimpa makeup. Ga main langsung tumpuk makeup.... (Kaya disini)

Aku emang tau kalo org korea kayanya musuh banget sm sinar matahari. Kalo udh summer trs hrs main outdoor kaya acara running man pasti mereka pake manset lagi bajunya sama suka bgt pake sunblock tebel2 ampe putih kaya pake topeng. Kaget bgt sama Jion pas nonton superman retruns dari kecil udah pake sunbalm...anak sini mah yg penting bedak tabur yaaa hihii
Org indo paling banter pake moisturizer after cleansing aja ribet trs dibilang centil lah, lama lah...padahal mah untuk segi kesehatan..
Sebenernya kesadaran akan perawatan kulit di indo masih agak kurang. Org yg pake layering skincare sering ditanya "emang ga berat?" (kita kan bukan pake batu hehhe) padahal rata2 skincare terbuat dr bahan air dll yg mampu menyerap kulit.
Kalopun ke dokter biasany karena mau instan putih mulus langusung ke dokter buat suntik...again, skincare butuh process untk bekerja. sama halnya dengan makanan yg masuk ke tubuh..semua makanan yg masuk ke tubuh terakumulasi dampaknya dikemudian hari. Skincare juga gitu. Dampaknya lebih keliatan pas umur udh mulai redup, keliatan mana yg rajin mana yg engga. Hehe

Thanks for sharing mbak! :)


Reply
avatar
15 Juli 2015 04.57 delete

hahahahah :D toast dulu kitaaa. iya cara apply make upnya juga unik banget. trik-triknya sederhana dan aplikatif pula ^_^ kulit yg pada dasarnya sehat, dipakein make up tipis-tipis aja udah keliatan bagus dan awet. krn sering nonton acara2 kayak gitu bikin aku semangat buat fokus ke perawatan kulit. makanya sekarang buat dandan paling main lipstik aja sama cc cream :D

iyaaa beneer, kayak song jihyo dan yoo jaesuk, pake topi sama handuk dua (di kepala sama di leher) :) pas jaman family outing juga yg bapak-bapak pada sunblockan. jadi ya ga hanya cewe-cewe aja yang sadar kalo sinar uv pada jam tertentu tu ga baik. aku juga syok tau di sana buat balita aja udah ada sunbalm, mana bentuknya kayak compact/cushion gitu :D

aku juga dulu gitu sih, bersihin muka trus ngelembabin. ngga kepikiran buat nerapin regimen berlayer-layer. mungkin krn saat itu juga belum ketemu produk yg klop. kalo sekarang mah, udah masukin toner dan face mist juga. emang kerasa bedanya, kulit ngga kering kerontang, lebih moist dan ga cepet kusam. tapi untuk nemuin step-step dan produk yg tepat, kadang mau ga mau mesti ngelewatin masa-masa trial and error dulu ;)

huwaaa keliatan banget! =( yg paling nyata tu kulit yg dari dulu rajin di sunblockin, sama yg ngga (ngomong sama kaca).

iya sama-samaa :D terima kasih juga udah sharing opini di mari

Reply
avatar
15 Juli 2015 07.51 delete

Aaaaaaah Jioooon, tripleeeeets, beauty bible, family outing <3 <3 <3 *salah fokus* hehehehe.

Kebanyakan nonton Korea tuh kadang bikin keseeeeel kalo liat kaca, tapi ya jadi terpacu juga cari-cari info lagi untuk cari produk yang tepat *kapankah pencarian ini berujung, kulelah T_T* walau di sana kubaca ribet juga ya punya skincare super banyak krn 4 musim,jd selalu ganti sesuai musim.

Baru-baru ini ngulik blognya Caroline Hirons, tp bagian review produknya aku skip semua krn secara umur beda, harga produk dia selangit, dan barang PO semua -__-" tapi bagian bahasan skincarenya+ingredients nambah sudut pandang baru, apalagi dr sisi blogger Eropa. Produk Korea yg kuliat muncul diblognya sejauh ini hanyalah Mizon (wishlist sejak lama tak kesampaian T.T)

Nah ilmu yg baru aku taunya dan mau kushare (tapi mungkin Hani udh tau hehe): gapapa punya banyak jenis skincare dan makenya dirotasi sesuai keadaan kulit yg memang selalu berubah ubah. Biasanya aku pribadi selalu usaha seminimal mungkin pake produk dan usaha setia itu2 aja. Tapi kayaknya Caroline ada benernya juga, tambah usia, tambah kompleks kulit, dan aku rasain (krn emg bukan tipe kulit normal) butuh beberapa produk yg emg sebelumnya pernah aku pake juga dan cocok.

Intinya tetep sih ya kulit tiap orang berbeda beda dan yg terpenting "dengerin Kata kulit sendiri butuhnya apa".
Aku sukaaa tulisan kamu yg semacam inii, selalu keliatan researchnya dalam ^.^ terus menginspirasi dan berbagi Hani

Reply
avatar
15 Juli 2015 10.19 delete

Iyaaa aku juga suka banget sama triplet, sampe nyimpen2 video clipnya dari ig 3doongie, moodbooster banget. ni superman return udah keluar ep 86 tapi belom ada subtitlenya. jadi nonton pake bahasa kalbu deh *hahaha curcol T.T

wow thanks infonya :D segera meluncur kesana. kalo beauty guru eropa atau us, lebih sering nonton dari youtube. paling pada ngebahas make up, get ready with me, sama lifestyle sih :|

iya alhamdulillah udah tau ttg itu dari youtube sama browsing2 juga haha =D sebelumnya aku pikir gini, skin care yg bagus itu dari awal sampe seterusnya bakal cocok terus di kulit kita. tapi ada kalanya produk yg sama udah ngga ngefek pada masa-masa tertentu (mis. setelah aku kelar pake tretinoin, kan kulit bisa kering banget).

Buat toner dan pembersih pun aku nyiapin produk untuk digunakan saat kulitku lg bermasalah, kering, atau pas T-zone berminyak bgt. Jadi setuju dgn kata kamu, pake skin care tuh fokusnya di kebutuhan dan kondisi kulit. Ini juga alasan yg mendasari aku buat ganti skin care dan memutuskan apakah produk-produk tertentu sesuai untuk distop, dipake tiap hari, tiap malam, atau hanya bbrp kali dalam seminggu aja. Ada kalanya aku pake skin care berlayer-layer, tapi pas pms banyak step-step yg kudu diskip (kalo dipaksain malah break out).

Alhamdulillah :) sama-sama saling berbagi info ya

Reply
avatar
16 Juli 2015 19.27 delete

Aku ckup heran dg temen cowo ku. Perokok tp kulitnya bersih.. Makanan sih kyknya jg asal. Faktor genetik entahlah, semua faktor melengkapi, jd susah buat cari faktor pendukungnya hmm.

Reply
avatar
17 Juli 2015 16.17 delete

Entah kenapa aku suka banget baca tulisan hani dari duluu banget jaman hani posting soal vitacid itu. Kayanya kebaca gitu personality kamu yang warm dan gak judgemental. And you surely sound thoughtful as well. Salam kenal ya hani! :-)

Reply
avatar
17 Juli 2015 18.28 delete

:D iya biasanya itu krn bawaan (emang secara genetik resiliensi kulitnya bagus). Ntar keliatan dampaknya ketika regenerasi kulit udah melambat dan sistem detoksifikasi tubuh terganggu. Wallahu'alam.

Reply
avatar
17 Juli 2015 19.04 delete

Alhamdulillah, senang kalo bermanfaat... Jangan berlebihan mujinya T.T Mohon masukan kalo ada penyampaian atau konten yang ngga berkenan. Salam kenal juga yaa ^_^

Reply
avatar
Oca
28 Juli 2015 15.35 delete

Baru sempet mampir ke sini hihi. Aku juga akhir-akhir ini habis keracunan variety show dari Korea. Dan enggak sengaja ngamatin salah satu member yang sibuk banget pake face mist. Akhirnya ketularan ikutan beli semacem face mist, facial spray evian :D

Reply
avatar
28 Juli 2015 15.53 delete

=D jinjja?? aku juga lagi pake evian hahahah *toast dulu... ^_^

Reply
avatar
Oca
29 Juli 2015 08.35 delete

So des yo. Eh salah bahasa :D Pake juga kah?? ayo kapan direview hani :-bd

Reply
avatar
29 Juli 2015 10.22 delete

Huahahah... Iyaa, tapi reviewnya ga dalam waktu dekat :) rencana ntar mo aku compare sama Avene insya Allah ^_^

Reply
avatar
Anonim
29 Juli 2015 17.27 delete

Kak rekomendasiin pelembab dong. Aku umur 16 taun kelas 2 sma, kulitku berminyak dan kusam. Agak takut make pelembab yang berat berat gitu, Aku nyari clean n clear moisturizer susah banget, soalnya aku tinggal di kota kecil:')

Reply
avatar
29 Juli 2015 18.12 delete

Kalo produk sariayu dan viva tersedia ngga? :) Viva pelembab green tea reviewnya kebanyakan positif, coba juga browsing sariayu krem malam jeruk. Dua produk itu lumayan ringan dan mudah didapat, cmiiw. Btw, amannya menggunakan pelembab cukup tipis-tipis saja. Jangan lupa dioles dikit dulu di lengan atas bagian dalam atau belakang telinga untuk uji alergi/iritasi. Semoga membantu ^_^

Reply
avatar
Anonim
29 Juli 2015 18.34 delete

Kak kalo pake wardah purifying moisturizer gel gimana ya? Aku ada jerawat satu dua di jidat, terus pori pori di hidung aku gede. Makin takut make yang aneh aneh. Anyway makasih ya kak rekomendasinya. Aku masih awam sama perawatan wajah hehe

Reply
avatar
Anonim
29 Juli 2015 19.00 delete

Oh iya kak, nanya dong. Kalau kulit kusam pake pelembab apa aja, maksudnya gak ada kandungan whiteningnya, tetep bisa bikin muka cerah? Kulit aku sensitif juga soalnya jadi gak bisa make yang ada kandungan whiteningnya:(

Reply
avatar
29 Juli 2015 19.59 delete

Wardah purifying moisturizer gel aku belum pernah coba :) tapi kalo tersedia, bisa kamu coba tuh. Produk berbasis gel biasanya bersahabat untuk kulit berminyak ^_^

Sebenernya kulit kusam banyak penyebabnya :| tapi kalo kamu masih umur 16 emang baiknya ngga usah pake yg aneh2/berat dulu, takutnya ntar pas udah dewasa kulit malah jadi bermasalah.

Telaten eksfoliasi sel kulit mati dan maskeran (terutama masker clay/mud/pore purifying) lumayan membantu mengontrol minyak berlebih, mengatasi kusam, dan menyamarkan pori yang lebar. Kalo kesulitan nemuin produk yg cocok, bisa coba browsing resep diy scrub & mask yang ringan di kulit ^_^

Reply
avatar
Anonim
29 Juli 2015 20.26 delete

Kosmetik yang berat tuh contohnya kayak gimana? Ohiya, kak, umur 16 udah boleh peeling belum?

Reply
avatar
Anonim
29 Juli 2015 20.32 delete

Kak, boleh minta alamat emailnya?

Reply
avatar
29 Juli 2015 20.41 delete

Kayak yang ngandung retinol atau ingredient lain yang biasanya terkandung di produk anti aging ^_^ ngga sesuai dengan kebutuhan kulit remaja

Reply
avatar
Anonim
29 Juli 2015 20.44 delete

Sip deh. Thanks informasinya kak, maaf bawel mulu^^

Reply
avatar
29 Juli 2015 20.47 delete

haihanitisblog@gmail.com ^_^

Reply
avatar
29 Juli 2015 20.48 delete

Sama-sama, gapapa, santai aja :D

Reply
avatar
18 Agustus 2015 14.30 delete

Bener banget kak Hani, gara2 nontonin variety show macam Beauty Bible sama Get It Beauty jadi lebih sadar diri sama yang namanya perawatan kulit yg betul tuh gimana. Dulu ngiranya yg namanya toner itu cuma satu yg astringent eh ternyata ada lagi jenisnya.
Apalagi pas nonton After School's Beauty Bible episode 2 orang Korea tuh sampai sebegitunya perhatian sama pori-pori.

Trus aku juga jadi paham gak semua bahan alami itu bagus buat perawatan muka. Kan kadang banyak tuh website lokal kasih cara biar jerawat hilang, kulit putih dan blah blah yang ternyata asal comot aja gak pakai riset yang bener. Hadeuh...

Oya tanya dong, kalo usia 22 sebenernya boleh pake produknya Hada Labo yg warna merah itu gak sih? Efek samping buat kulit apa ya?

Makasih banyak ya udah dijawab dan udah posting info yang bermanfaat ^_^

Reply
avatar
18 Agustus 2015 17.20 delete

iyaaa =D abis nonton Get it Beauty langsung nyari kaca dan meratapi pori-pori mukaa hahaha... Tapi emang bener lho, perawatan tu bagusnya fokus di problem spesifik. Jadi pas kulitku jerawatan dan kusam, yaa kudu disabar-sabarin deh fokus nanganin jerawatnya dulu... kalo segala mau dilakuin (all-in-one), yg ada hasil perawatannya malah ga maksimal huhu :(

Kirain aku aja yang syok haha :p iya ga semua bahan bisa untuk wajah. Madu aja ga semua orang cocok (ada yang alergi pake madu, langsung gatel-gatel dst). Insya Allah tentang ini juga lagi aku siapin postingannya.

Jadi gini...
Skin care itu mengikuti kondisi dan kebutuhan kulit terkini. FYI, usia bukan tipe kulit. Untuk memastikan apakah kamu sudah butuh perawatan anti aging, coba browsing skin test yang bahas tentang aging :)

Misal belom butuh (elastisitas kulit masih bagus dst), sebaiknya jangan. Mending fokus ke skin care yang kaya antioksidan lainnya (seperti vit C dkk), hyaluronic acid, dan tabir surya. Eniwei, sunblock itu inti perawatan anti aging, karena paparan UVA mempercepat penuaan/memicu penuaan dini pada kulit.

Efek sampingnya hmm... karena dia ngandung retinol, ya paling redness, iritasi, dst bagi yang ga cocok. Paparan sinar matahari juga bikin retinol ga stabil, jadi pemakaian terbaik hanya untuk malam hari. Aku dulu pake hada labo merah krn kulitku sempat kering parah ^_^ ngincer kandungan collagen dan hyaluronic acidnya.

Sama-sama :) Alhamdulillah kalo bermanfaat

Reply
avatar
20 Agustus 2015 20.59 delete

Sama...aku juga langsung buru-buru cek kulitku yang gradakan haha. Harus fokus di satu problem yah pfft...problemku banyak perlu didaftar satu-satu nih *hiks*. Ini gara-gara pola hidupku yg sealiran sama Sunako Nakahara. Gak aware ngerawat wajah dan baru nyadar setelah umur duadua. Tsk tsk.

Makanya aku masih awam banget soal dunia per-skincare-an. Masih cari info sebanyak-banyaknya dari youtube (baru nemu channel Melodee Morita sama Asian Beauty Secrets) dan alhamdulillah nemu juga blog haihanitis :ng . Ada rekomendasi bacaan atau youtube yg bagus buat belajar tentang skincare ? Soalnya kadang masih bingung juga harus mulai dari mana apalagi ditambah bejibunnya produk yg bikin mupeng bikin tambah pusing ^_^

Oh gitu ya, aku pakai HL merah gara-gara di rumah adanya cuma punya mamaku. Awalnya sih cocok aja, tapi selang 4 bln kok kulit di bagian cuping idung sama pinggiran bibir malah ngelupas serem sampai hitam-hitam bekasnya. FYI, aku cuma pakai HL aja. Kemungkinan juga karena aku suka lupa pakai tabir surya =( .

Terima kasih lagi ya, maaf bawel banget hehe...

Reply
avatar
21 Agustus 2015 13.00 delete

=D huahahahahah... Sunako Nakahara... Temenan sama Akira, Hiroshi, Josephine, dan makhluk menyilaukan, lol =D Yah, emang, aku pun kudu break out dulu baru sadar :p

Aku juga sukaa sama mbak Melodee :ng keren deh kulitnya kayak masih remaja. Lagian dia pola hidupnya juga sehat banget. Mana badannya lentur ya (yayalah penari balet :p). Aku coba ngikutin cara dia stretching susahnyaa :( badanku kaku soalnya hahaha.

Yang aku suka tuh Wish Trend. Soalnya dia ngasih informasi yang basic banget dan runtut juga penyajian informasinya. Dari mulai nentuin tipe kulit sampe beauty habit. Recommended buat yang pengen belajar basic skin care. Asian beauty secret juga bagus ^_^ aku tau tentang face mapping, makanan yin and yang, dst dari dia.

Aku waktu pake Hada Labo Merah dan Serum Melanox Premium juga pas malam hari aja. Lumayanlah jadi ngirit. Eniwei, sekarang udah keluar sunblock berupa Face Mist dari LOREAL. Ringan di muka dan praktis. Aku liat di instagramnya Dian Sastro. Pas cek harga di web toko kosmetik online sih mahal bgt =( Moga-moga jadi pemicu produsen kosmetik lokal buat ngeluarin sunblock mist/spray dgn harga yg terjangkau.

Sama-sama :D santai ajaa hehehe

Reply
avatar
23 Agustus 2015 13.58 delete

Iyaa, suka sama Sunako itu dari mulai smp udah fave komik, anime, sampai dorama. Kocak banget pas sunako bilang "mabushiii". Sayangnya komik volume 36 nya belum rilis di sini :(.

Balerina gitu yah, stretching macam dia mana aku kuat =(.
Aku aja takjub sama muka dia yg bisa halus gitu semulus pantat panci baru (?) padahal usianya udah 27. Tapi balik lagi yah genetik sama iklim tempat dia tinggal juga mendukung. Palingan aku ikutin pijat wajah ala dia aja udah lumayan bgt. Hehe...
Terus gara-gara dia juga aku jadi tau ada Cure Natural Gel (yg kamu pake juga), tapi pas tau harganya kok mahal *maklum cewek modis modal diskon* jadi mundur hehe...

WishTrendTV, aku udah lihat nih yg Korean Skin Care for Acne Prone Skin. Oke banget buat belajar :-bd . Ohiya mudah-mudahan postingan tentang bahan-bahan aman buat DIY bisa cepat dipublish ^_^ . Soalnya aku pernah coba masker kunyit, bengkuang, lemon, madu gitu malah jadi iritasi. Malam pakai, paginya muka jadi bruntusan jerawatan. Hadeuh =( .


Aku udah cek sunblock L'OREAL memang bener harganya gak nguatin. Malah kayaknya lebih mahal daripada Etude Sunprise. Mudah-mudahan ada produk lokal yg keluarin produk semacam itu yg penting halal dan ga bikin breakout.

Hemm... aku pernah baca di media online kalo di negara tropis itu kekuatan SPF sebaiknya cukup 30 aja. Lebih dari itu malah bisa bikin kulit jadi hitam. SPF 50 hanya cocok buat kulit orang Eropa dan Amerika. Informasi itu gimana ya menurut kamu?

Aaaaak, aku tanya terus penginnya sampai puas hahaha.
Di blog bisa panjang banget komennya =D

Reply
avatar
23 Agustus 2015 23.39 delete

Aku cuma sanggup beli Cure Natural Gel share-sharean atau ukuran sampel. Pas mo beli yang full size lah harganya udah setengah juta aja *mundur teratur juga =D

Insya Allah akhir minggu ini atau minggu depan hehehe. Selain ada kegiatan yg harus diprioritasin, aku pake modem tri :( beberapa hari ini suka keputus-putus gitu sinyalnya.

Bismillah... aku coba jawab yah. Kalo kunyit, kemungkinan karena takaran yang kebanyakan atau emang kulit kamu ga cocok maskeran dengan rempah. Efek rempah itu biasanya bikin kulit jadi panas, rentan iritasi. Karena itulah orang-orang pada campur kunyit dengan tepung beras, yoghurt, atau susu supaya manfaat kunyit dapat diperoleh tanpa menstimulasi kulit. Di postku tentang masker kunyit pun berkali-kali aku wanti-wanti, kalo ada reaksi yang ga wajar jangan ditelateni (fix ga cocok).

Kalo bengkuang aku kurang paham. Sependek pengetahuanku umbi-umbian itu sifatnya alkali, cmiiw, jadi sama kayak kunyit, rada tricky (kudu tau ngakalinnya). Tapi banyak yg cocok-cocok aja maskeran pake bengkuang dari jaman baheula sih ya... :| Ntar aku coba cari tau.

Lemon jelas tempatnya bukan di kulit muka, karena pH nya terlalu asam. Bahkan ada orang-orang yang kulitnya kayak "kebakar" akibat perasan lemon. Beda lho dengan ekstrak lemon di kosmetik :) karena udah disesuaikan aman untuk kulit.

Madu... bisa jadi karena kualitas madunya atau alergi madu. Jadi, emang ngga semua orang cocok pake madu. Udah pernah aku bahas di post mana gitu yah lupa :p

Kalo dari dokter, aku malah taunya minimal SPF 15-20 aja udah cukup buat orang Indonesia (pigmen kulit kuning langsat/sawo matang sebagai pelindung alami dari UVB - Burning, cmiiw). Lagipula SPF beda-beda tipis kok proteksinya.
SPF 10 means 90% of UVB rays are blocked
SPF 15 means 93% of UVB rays are blocked
SPF 30 means 97% of UVB rays are blocked
SPF 50 means 98% of UVB rays are blocked
...mau SPF berapapun tetap dianjurkan untuk reapply tiap 2-3 jam sekali.

Daaan yang paling penting adalaah, idealnya (idealnya lho yaa, krn aku pun masih susah buat menerapkannya haha).. untuk memperoleh proteksi yang maksimal, takaran sunblock (untuk muka) dalam bentuk lotion itu 1/4 tsp (sendok teh) dan spray selama 6 detik. Tebel yeuh :p tapi kalo kata dermatologis, kalopun ga setebel itu, lebih baik pake tabir surya daripada tidak sama sekali.

Wallahu a'lam :D
Semoga membantu

Reply
avatar
26 Agustus 2015 12.56 delete

Wah Cure Natural Gel sampel boleh juga tuh, biar gak penasaran hehe. Iya mbak, saya bakalan nunggu sampai postingannya muncul santai aja ^_^ .

Dari penjelasan di atas, kesimpulannya memang muka aku gak cocok dan sensitif sama rempah dan bahan-bahan alami semacam itu. Apalagi yang bener-bener alami ndadak ambil dari kebon gitu trus langsung di-apply. Kemungkinan juga aku cumuk nya juga kurang bener :p .

Ternyata teorinya pakai sunblock tuh gitu. Yang penting sering-sering dioles ulang aja ya mau SPF-nya berapapun. Makasih yaa... penjelasannya membantu. Kalau mau nanya lagi, bisa lewat email haihanitisblog@gmail.com kan ya? :ng



Reply
avatar
26 Agustus 2015 17.22 delete

^_^ iyaaa, aku belinya di tokopedia. Coba browsing-browsing aja di sana. Soal diy skin care, hmmm, kalo sensitif emang kudu ati-ati :D mau sealami apapun kalo ga cocok baiknya ngga dipaksain.

Bolee banget :ng silakan hahaha

Reply
avatar
2 November 2015 22.03 delete

Waaaahhh... setelah aku membaca artikel mba yang satu ini, ternyata pengetahuan ku masih sangat dangkal yaa mengenai beauty walaupun aku nya sudah terjun ke dunia beauty blogger selama hampir mmm entahlah. Hehehe.. *tutup muka* Semenjak mulai menonton drama korea kembali, aku sangat sangat tertarik sama perawatan nya mereka, dan memang basic skin care mereka itu layer per layer :) Sayangnya kondisi cuaca kita di Indonesia sangat berbeda dengan di korea yang sejuk. Kita pakai serum+pelembab saja udah kegerahan. Hahaha :D

Baidewei, terima kasih ya mba atas sharing nya... ^^

Reply
avatar
2 November 2015 23.04 delete

Haloo :D salam kenal yaa. Iya kalo nonton drama pas lagi dizoom malah salah fokus ke kulit pemainnya hahahah =D aktris-aktrisnya udah umur 30an tapi masih kayak early 20s, ckckck.

Iya, tipe kulit berminyak tuh yang biasanya kurang sesuai menggunakan skin care berlapis-lapis :(

^_^ Alhamdulillah kalo bermanfaat, sama-sama belajar.

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon