Himalaya Purifying Mask : Mud & Neem

Himalaya Neem Mask dan Mud Mask sama-sama berfungsi untuk mengatasi produksi minyak berlebih dan membersihkan pori, tapi pada dasarnya dua produk ini ditujukan untuk kondisi kulit yang berbeda. Berikut review dari pengalamanku :D


***

Himalaya Purifying Mud Mask
Kulit kombinasi cenderung berminyak. Mengencangkan dan meremajakan. 
Masker kaya mineral yang menyerap minyak berlebih, membersihkan pori-pori, dan mengangkat kotoran. Mengencangkan kulit, membantu mengembalikan elastisitas alami, memperbaiki tekstur kulit dan membantu mengurangi tampilan kerutan. Fuller's Earth (Multani Mitti) membersihkan dan mendinginkan kulit. Mineral clay meningkatkan sirkulasi dan menjadikan kulit Anda lembut bercahaya.


Himalaya Purifying Neem Mask
Mencegah jerawat, membersihkan, menjaga kulit agar sehat.
Masker wajah yang membantu mengatur sekresi minyak berlebih, membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mencegah jerawat datang kembali. Nimba terkenal dengan sifatnya sebagai pembersih dan antibakteri, membantu mengontrol dan mencegah jerawat. Dikombinasikan dengan kunyit yang membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Fuller's Earth (Multani Mitti) menyejukkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan menjadikan kulit Anda cerah dan menjaga kulit sehat.


Noted!
Hindari pemakaian produk saat kulit mengalami luka, bengep-bengep atau radang yang luas.

Tekstur
Agak encer, mudah diratakan, kira-kira seperti liquid foundation ^^; jadi kudu hati-hati saat mengeluarkan masker dari tube.


Cara Pemakaian
Oleskan secara merata pada wajah dan leher yang telah dibersihkan, hindari area sekitar mata. Biarkan mengering selama 10-15 menit. Bersihkan dengan spons basah dan bilas dengan air. Gunakan sekali atau dua kali seminggu. Jangan oleskan pada kulit yang luka atau mengalami radang.


***

Sekilas tentang Kaolin & Bentonite

Kaolin dan bentonite biasanya tercantum dalam komposisi produk perawatan pori, termasuk di Himalaya Neem Mask dan Mud Mask. Kaolin merupakan salah satu ingredient populer karena aman. Teksturnya liat sehingga dapat menjadi base yang baik dalam produk skin care. Kepekatan kaolin ideal untuk menahan ingredient lain (kaolin mampu masuk ke dalam pori, memungkinkan zat lain dalam suatu produk dapat bekerja sesuai fungsinya).

Kaolin kaya mineral aktif seperti potassium, magnesium, silica, zat besi, zinc, dan lainnya (yang bagus buat kulit berminyak). Kurang sesuai jika digunakan untuk tipe kulit kering, tapi cukup bersahabat untuk tipe kulit kombinasi dan sensitif. Kaolin juga baik untuk kulit yang rentan break out, karena membantu mengurangi minyak/sebum, kotoran, racun yang berpotensi menyumbat pori.

Cara kerja kaolin adalah dengan menyerap kelebihan dan kelembaban di kulit sehingga kulit tampak lebih halus dan sehat (tanpa kilap). Kaolin juga meningkatkan sirkulasi darah di bawah permukaan kulit, menstimulasi pemulihan kulit, meredakan iritasi, dan mencegah kulit bermasalah.

Bentonite merupakan debu vulkanis yang dikenal mampu menyeimbangkan kadar minyak di kulit. Struktur bentonite berbentuk serpihan dengan celah/spasi kecil di antaranya. Celah itulah yang siap menyerap cairan. Hanya saja, bentonite tidak membedakan cairan yang diserap sehingga minyak alami yang dibutuhkan kulit juga dapat diserap. Jika hal ini terjadi, jaringan kulit mengalami dehidrasi, terasa gatal, dan kulit tampak pecah-pecah ngelupas. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pelembab dan jangan keseringan maskeran. FYI, masker bentonite yang beken adalah Aztec Healing Clay Mask.

***

In my opinion...

Hasil akhir kurang lebih sama, tampak lebih cerah (sementara), lebih halus, dan kencang. Sayangnya, kulitku terasa lebih kering setelah maskeran dengan Mud Mask ^^;

Efek ke komedo emang ngga langsung, tapi dengan pemakaian rutin, kulit wajah jadi ngga gitu minyakan, sehingga risiko membludaknya komedo dapat diminimalisir (meski ngga hilang sepenuhnya).

Sekitar Desember 2014-Maret 2015, kondisi kulitku lagi bagus-bagusnya, jadi aku pikir Mud Mask oke nih buat yang acne prone. Pendapatku berubah saat mengalami jerawat pms, kemudian dengan polosnya malah maskeran dan notolin jerawat pake Mud Mask.  Jerawat cuma satu ini dan (seingatku) ngga merah meradang. Ehh, selesai diratakan, jerawatnya langsung terasa pedih. Abis itu kempes sih, tapi ninggalin bekas kecokelatan gelap yang lama banget pudarnya T.T

Sebaliknya, Neem Mask sangat bersahabat di kulitku yang rentan berjerawat (ngga pedih di kulit, ngga memicu masalah). Masker ini sering aku gunakan untuk mengatasi jerawat pms (ditotol di spot jerawat 1-3 biji, supaya cepat kering).

***

Kesimpulan

Harganya sama. Ukuran 50 ml sekitar Rp 15.000 dan ukuran 100 ml sekitar Rp 23.000.
Aku beli di toko pusat kosmetik. Dulu aku juga pernah liat di Guardian, tapi temenku bilang ngga ada :| akhirnya ketemu produk-produk Himalaya di Watson. Kalo mau beli online, coba cek di Tokopedia.

Himalaya Mud Mask
Ditujukan untuk kulit kombinasi dan berminyak TAPI ngga rentan bermasalah (ngga sensitif, ngga rentan redness, ngga berjerawat).
Pemakaian di kulit kombinasi cukup 1x dalam seminggu (sewajah atau hanya di T-zone) dan kulit berminyak 2x dalam seminggu.

Himalaya Neem Mask
Kulit kombinasi dan berminyak.
Bersahabat untuk kulit yang rentan berjerawat (acne prone).
Relatif aman untuk digunakan 2x seminggu sewajah atau untuk ditotol di spot jerawat (mis. karena pms).

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
25 Agustus 2015 11.21 delete

Ttitis belum jadi revies Himalaya whitening face scrub ya? :D

Reply
avatar
26 Agustus 2015 07.59 delete

Belom nii :( masih ada postingan beauty talk sama review produk lain yg ngantri. Aku prioritasin yg sering ditanyain di email sama komen dulu.

Reply
avatar
10 Desember 2015 08.35 delete

Hay, kalo mau cari produk himalaya, kemarin aku liat ada di transmart cempaka putih, jakarta. Disana lengkap semua variant kayanya ada

Reply
avatar
10 Desember 2015 10.00 delete

Halo ^_^ terima kasih banyak infonya, semoga bisa bermanfaat buat yang lainnya juga.

Reply
avatar
31 Desember 2015 09.36 delete

Halo, mau tanya nih kalo produk himalaya itu aman ga sich buat bumil? secara ada embel2 herbal gitu...makasih yaa

Reply
avatar
31 Desember 2015 10.10 delete

Itu judulnya aja yang herbal :D produk ini bukan produk organik sis. Ingredientnya juga standar, karena cuma masker yg dipake 15-20 menitan. Coba baca-baca http://forum.femaledaily.com/showthread.php?2190-Bumil-s-Skin-Care-amp-Treatment-Do-s-and-Dont-s

Di situ banyak yang sharing tentang pantangan dalam skin care bumil ^_^ semoga membantu sis

Reply
avatar
8 Januari 2016 01.14 delete

sis mo nanya dong,kalo yg neem mask itu aman ga kl pas dipake waktu kulitnya ada jerawatnya?efeknya apa ya kira kira?soalnya baca di aturan pakai katanya ga boleh dipakai di kulit yg meradang,padahal jerawat itu 'kulit yang meradang'CMIIW

Reply
avatar
8 Januari 2016 04.35 delete

Sepenangkapanku, kulit meradang yang dimaksud di aturan pakai areanya lebih luas (bukan spot-spot tertentu, cmiiw juga). Jadi, tidak dianjurkan untuk menggunakan neem mask/masker clay dan sejenisnya sewajah. Karena saat masker mengering, wajah jadi kaku ketarik. Akhirnya inflamasi/radangnya malah makin parah.

Sedangkan untuk ditotol di spot-spot tertentu seperti jerawat 1-3 biji relatif aman. Cara ini sering direkomendasikan oleh esthetician sebagai diy spot care yang aman untuk kulit (untuk mematangkan dan mengeringkan spot jerawat).

*Lain cerita kalo kita ngga cocok dgn produk tsb.
**Jerawat yg banyak dan nyebar, tentunya lebih baik jika diatasi dengan obat

Mohon maaf sis Citra, jika ada penyampaian yang kurang dimengerti :( Makasih banyak masukannya, ntar aku coba rapikan penuturannya :D

Reply
avatar
5 Oktober 2016 19.09 delete

Bermanfaat banget reviewnya! Thanks ya, aku pengen coba yang Mud soalnya wajah aku jarang2 jerawatan.

yourarianti.blogspot.co.id

Reply
avatar
20 Oktober 2016 18.13 delete

Memang tiap tiap orang hasilnya beda beda ya. Kalau di aku sih si Mud Mask dari himalaya herbals itu bagus. Lumayan bikin kulit wajah aku lembut, trus jerawat uda jarang datang sih, hasilnya kulit wajah aku tuh kayak bersih gitu ( dibantu dengan skin care lain ya), buat komedo juga lumayan berkurang. Minyak juga lumayan berkurang karna kalo aku pake make up satu harian hasilnya gak berminyak ( skalipun di bantu setting spray) tapi efek maskernya lumayan baguslah untuk ngurangi minyak.
Tp kalau untuk mencerahkan di aku sih enggak, biasa aja sih. Gak ada efek untuk mencerahkan kalau di aku.

Reply
avatar
20 Oktober 2016 22.06 delete

Alhamdulillah ^_^ iya, cocok-cocokan. Terima kasih banyak udah berkenan sharing di sini. Bermanfaat juga buat orang-orang yg tertarik dgn Himalaya Mud Mask..

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon