Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Kondisi Kulitku Sekarang (2014) & Info Lainnya

Kamis, 01 Mei 2014
Sejak aku ngepost pengalaman purging, banyak yang sharing dan nanya-nanya seputar purging melalui kotak komen dan email. Ada juga yang mengira bahwa kulitku sekarang udah bersih dan kinclong. Dengan asumsi seperti itu, akhirnya banyak yang nanya gimana cara cepat mengatasi kulit wajah yang jerawatan dan menghilangkan noda bekasnya. It takes time dear, so be patient.

Pada kenyataannya, noda bekas jerawat di kulitku masih belum pudar, warna kulit pun masih kusam dan ngga rata. Menyehatkan kulit itu bisa makan waktu berbulan-bulan. Biar ngga ada yang nebak-nebak berhadiah lagi, di postingan ini aku mau sharing tentang kondisi kulitku sekarang, rutinitas perawatan yang sedang aku telatenin, dan hal-hal lainnya :))


***

My Current Skin Care Routine 
*lengkapnya nyusul, dibahas di postingan lain.

FYI, kondisi kulitku setelah purging...
Dehidrasi
Kombinasi (kering-berminyak)
Banyak noda bekas jerawat cokelat dan kemerahan
Warna kulit ngga rata
Tekstur kulit ngga smooth
Kusam
Masih rentan jerawat, terutama kalo makan mie instan, makanan yang banyak banget msgnya, gorengan yang berminyak banget, pms, dan stres.

Belakangan ini sedang ngebiasain untuk rutin...
Minum air putih, minum minyak zaitun, minum teh hijau, minum vitamin.

Perawatan dari luar
Membersihkan wajah dengan minyak biji anggur dan oatmeal.
Maskeran dengan susu, madu, atau oatmeal.
Membasuh wajah dengan teh hijau.
Pelembab Hada Labo Lotion.
Lainnya produk pencerah wajah kadang aku pake 2 hari sekali aja, karena kulit wajahku masih rentan ^^;

Dengan perawatan yang aku sebutin, meskipun banyak noda-noda yang belum pudar, sekarang kulit udah lebih jinak dan ngga gampang kering ngelupas. Tekstur kulit alhamdulillah udah ga gitu gradakan.

Jadi, yang pikir kulitku udah bersih dari noda dan mulus banget, maaf Anda salah hehehehehe. Ni fotonyaa, kalo mau bandingkan dengan kondisi kulit 2-3 bulan yang lalu bisa liat di sharing pengalaman purging.

Selesai purging dan setelahnya

Purgingku emang cepat kelarnya, tapi ngilangin noda bekas jerawat, mencerahkan, dan menghaluskan kulit itu tetep butuh waktu berbulan-bulan. Aku ngga pake krim yang instan-instan, takut kenapa-kenapa. Lebih ati-ati sekarang, jadi milih yang slow-but-sure aja :D

Mengurangi Pemakaian Produk Skin Care

Salah satu yang aku lakukan setelah purging adalah mengurangi produk skin care yang sebelumnya biasa digunakan. Ini ngefek lho ternyata. Apalagi buat yang masih ngeraba-raba mesti pake skin care apa setelah break out/purging. Emang sempet kusam banget sih awalnya, tapi setelah itu biasa aja. Kita jadi lebih tau mana produk yang oke dan ngefek buat kulit kita.

***

Kenapa sekarang jarang review produk perawatan wajah, malah bahas yang basic-basic?

Belakangan ini aku bahas postingan basic, tujuannya emang buat sharing dan sama-sama belajar. Karena yang sepele-sepele kadang diabaikan. Masih belum banyak (ini aku simpulin dari komen dan email yang masuk) yang bener-bener aware bahwa sebenernya rutinitas perawatan kulit itu hakikatnya untuk menyehatkan, bukan semata-mata tentang memutihkan atau menghilangkan jerawat :D Jadi, daripada ngejawab/ngebahas berulang-ulang, sekalian aja aku bikin postingan satu-satu.

Aku juga lagi jarang posting karena rencananya pengen membenahi blog Hai Hanitis. Lagi mapping ulang tentang konsep dan nyatet-nyatet apa aja yang perlu dirapiin. Jadi aku batasi dulu postingannya hehe, biar ngga kerja 2 kali.

Thanks for reading and have a nice day.
28 komentar on "Kondisi Kulitku Sekarang (2014) & Info Lainnya"
  1. wahhhhh ... mbak kulit kita samaan bgt (?) gk bisa makan mie,cemilan,dll deh pasti timbul jerawat -__-
    trus skincare nya jg bnyk yg sama, aku jg lagi rutin minum minyak zaitun, trus cumuk pake teh hijau dan oatmeal. btw mbak minum vitamin apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuhu -____- aku juga doyan ngemil, sekarang mesti lebih ati-ati. waaaaahhh samaan *toaaassttt ( ^o^)/\(^o^ ) iyaa, itu kayaknya yang paling "aman" dan lumayan ngefek meski ngga instan :D sekarang aku minum vitamin e yg biasa aja 2 hari sekali, udah ga minum nourish skin.

      Hapus
    2. iya aku juga doyan ngemil apa lagi sambil nonton tv & internetan hahaha. dulu pernah sih nyoba face wash yg biasa di pasaran malah bruntusan ujung2nya balik lagi ke oatmeal -_- hada labonya pake yg seri apa mbak? pengen ngilangin bekas jerawat nih..

      Hapus
    3. iyaaa hahahhaha -___- bener-bener deh tu oatmeal kesayangan banget... aku pake yg merah (gokujyun alpha) selain ngelembabin, bisa buat ngilangin noda hitam juga. trus aku maskeran pake susu, lumayan ngefek juga ke noda-noda bekas jerawat.

      Hapus
  2. mbak hani (honey?) saya mau nanya, dari post - post yang sebelumnya saya baca kalo pake vitacid tp gak pake sunblock gimana ? misalkan kalo keluar di siang hari muka ditutpi menggunakan masker dan selalu berada dalam ruangan krn saya juga gak pernah keluar rumah dan kalo keluar rumah juga paling malam hari karena ajakan teman untuk makan di luar, apa tidak masalah ? terima kasih sebelumnya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya anjuran memakai tabir surya itu karena kulit yg pake retinoic acid rentan sun damage. apalagi noda bekas jerawat bisa makin gelap kalo ngga dilindungi dari paparan uv :D

      setau aku emang ada masker yg punya fungsi uv protection. kalo masker dari kain katun atau kaos biasa ngga bisa, karena uv ray masih bisa nembus. yg bisa ngasi perlindungan yg lumayan itu kain tebal, warna gelap, bahan polyester, nylon, dan wol.

      Hapus
  3. Hallo mbak, udah lama nih aku tungguin updatean blognya hihi

    wah sama banget kondisi wajah kita, jadi kombinasi berminyak dan kering. padahal dulu aku awalnya muka kaya tambang minyak, udah minyaknya mendingan malah jerawatan + kering. dan ternyata muka tipe kaya gitu dipakein produk khusus acne malah tambah jerawatan karna keringnya itu bikin kuman makin betah nemplok.

    kebanyakan sabun muka itu kalo abis cumuk pasti kulitnya keset, pake HL emang ga kering tp tetep jerawatan :( sekarang udh ampir 3 minggu aku udah ga pake sabun cuci muka lagi, jerawat udah mendingan kalo pun ada kecil2 dan tinggal bekasnya
    mbak udh berapa lama pake pelembab HL? itu lotion nya apa sm milk nya? gimana bikin perubahan ga? pengen coba hihi tapi udah sebulan ini aku coba olay advance white, ga bikin breakout sih cuma takut tambah putih -__-

    hehe maap yak banyak tanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga
      hahahaha iya nih ^^;

      produk khusus acne emang biasanya bikin kulit kering, akhirnya bakteri penyebab jerawat malah berkembang biak. tapi bisa diatasin dengan ngejaga keseimbangan pH kulit. kalo kulit lagi rentan gini aku emang ngga pake sabun wajah sama sekali. aku berani pake sabun kalo muka udh ngga rewel. jadi, sekarang maen aman aja dulu :3

      aku sih dari dulu alhamdulillah cocok-cocok aja pake HL hahahah :D aku pake lotionnya aja say, dipake dalam keadaan kulit masih basah (soalnya kulitku dehidrasi gitu). perubahannya ya kulit lebih lembab dan T-zone ngga gampang berminyak. yg paling kerasa sih jelas pake HL itu tekstur muka makin kesini makin kenyal (meskipun kulitku masih ngga gitu smooth juga sih). btw, berarti olay advanced white emang bagus ya buat cerahin kulit? aku sering liat di forum pada bahas itu :D

      iyaa santai aja xD

      Hapus
    2. itu lotionnya yg warna pink ato yg hijau?

      lebih tepatnya olay white radiance advanced whitening, gatau jg sih ya namanya pemutih pasti bikin putih hehe itu kebeli juga by accident salah beli produk olay, sekarang malah suka gara2 lembab dan wangi :D skrng lg nyari full size (msh cobain yg trial pack). cuma kurangnya sih bukan buat ngilangin noda -___-

      ohiya mbak info aja nih, aku cumuk juga pake oatmeal biar ga ribet dan ga bubar2 pas dipake, oatmealnya aku halusin jadi bubuk. pas mau pake campurin air dikit terus diemin dua menitan di muka baru bilas.

      Hapus
    3. aku lagi pake yg merah gokujyun alpha (klaim produknya bisa buat noda hitam dll) :D

      heheheh syukurlah kalo cocok say :D btw, kalo buat ngilangin noda pake pencerah gitu bisa kok :D kan noda itu menggelap karena melanin, jadi solusinya mesti dicerahin pake produk yg ngandung brightening agent dan exfoliant cmiiw.

      :O hooo oke oke, ntar aku coba deh :D thank you infonyaa. iyaaa, aku juga kalo pake oatmeal di awal mandi gitu, pas udah kelar baru deh oatmealnya dibilas :D jadi sekalian maskeran hehe.

      Hapus
  4. hai kak, salam kenal. aku ada masalah sama pori2 wajahku yg gede banget. ini akibat dari suka mencetin jerawat dulu pas smp. gimana yaaa gara ngatasinnya? adakah perawatan di klinik buat ngecilin pori? atau ada krim2 dkk buat ngecilin pori? thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, salam kenal juga :D

      penyebab pori-pori gede itu adalah minyak, umur, dan jenis kelamin (cmiiw). setau aku pori-pori gede ngga bisa dikecilkan. Yg bisa kita usahain adalah mengencangkan kulit (memberikan ilusi kulit halus, pori-pori gede jadi samar), rutin membersihkan wajah, mengeksfoliasi sel kulit mati, maskeran pake clay atau produk skin care lain yg punya fitur clarifying/deep pore cleanser/pore tightening, bisa juga disamarkan dengan make up (pilih yg noncomedogenic biar ngga nyumbat pori).

      Maap ya kalo ngga membantu >.<

      Hapus
    2. Numpang sharing. Kalo pori2 besar harus ada treatment macam laser gitu untuk mengecilkan. Kalo saya sih terima apa adanya pori besar drpd bayar mahal2 dlaser hehehe. Betul kata kak hani memang harus rajin bersihkan wajah n pore deep cleansing biar ga numpuk komedo. pengalaman saya, kalo orang lain mungkin abis ekstrak komedo baru keluar lagi seminggu kemudian, kalo saya 2 hari skali harus kluarin krn sudah keluar. abis pori2 kek jalan tol bwt sebum gt :)

      Hapus
    3. hooo... btw, laser bukannya hanya bisa "mengecilkan" sesuai ukuran natural pori kita, jadi kalo secara genetik udh gede ya mentoknya segitu-gitu aja (sependek pengetahuanku gitu cmiiw) :| tapi tetep aja yah walau udah dilaser masi ketemu kerentanan kayak sun damage dst yang bikin pori melebar lagi fyuh. perawatan pasca laser treatment pun juga mesti jor-joran >.< sama kayak kamu,aku pun bakal mikir berulang kali buat ngeluarin duit untuk laser hahahahah, apalagi treatmentnya kan ngga sekali-dua kali ckckckck

      huum, aku milih treatment yg bikin pori appear smaller ajah :D

      Hapus
  5. Malem Mbak Hani..
    Perkenalkan saya vina, saya sedang mencari responden pengguna The Body Shop da Martha Tilaar untuk data skripsi saya... Setelah saya cari- cari ternyata di beautyblogger ada blognya mbak hani, dan kelihatannya pengalaman pakai berbagai cosmetic brand... kalau boleh saya mau minta tolong mbak hani untuk isi skala saya... di link
    The Body Shop http://goo.gl/El1rcC
    Martha Tilaar http://goo.gl/gGeSpE
    Kalau mbak hani bersedia tolong data di kedua link tersebut diisi ya mbak... Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke say :D sukses ya skripsinya

      Hapus
  6. sist lebih mujarab pake extra virgin oil ma switzal...hub fb sy biar lebih jelas ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iyaa :'( dari dulu pengen nyoba, tapi sayangnya kulitku ga gitu bersahabat dengan evoo sis hiks hiks

      Hapus
  7. Mbak hani..
    Aku krna blkngan wajah sering bermasalah ama jrawat, jg lgi cba rutinin mnum olive oil mlm sblm tidur, teh hijau skali shari n jus wortel+jeruk 2x shari buat sarapan n pas sore ato mlm hri pganti mkan mlm..
    Tpi aku g tau brapa byk olive oil yg bgus kita konsumsi stiap hari n kpan wktu plg baik utk mnum'y, trus merk apa yg jd rekomendasi dri mbak..
    Klu utk teh hujau jg sama prtanyaan'y mbak..
    Maap ya mbak kku aku byk bgt nanyanya..
    Alhmdllah sjak nemu blog mbak aku jdi byk tau soal prawatan kecantikan, seneng bgt dech..
    Makacii bgt y mbak utk info2 n jwaban2 dri prtanyaan aku..😁
    Jgn bosen2 ngebalas prtanyaan aku..
    Hehee..😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rina :D
      senang kalo bermanfaat...
      minyak zaitun sesendok sehari juga udah cukup kok, anjurannya tiap pagi.

      jus wortel baiknya ga tiap hari, mending diselang-seling 2 hari sekali. krn tinggi betakaroten, kalo keseringan ntar kulit malah jadi rada oranye (cmiiw aku nonton di youtube).

      iya santai aja :D cuma maaf kalo balesnya lama hehe

      Hapus
  8. Oo gtu ya..
    Klu utk teh hijau gmn mbak..?
    Kpan wktu plg naik buat mnum'y trus brapa glas perhari anjuran knsmsi yg baik..?

    BalasHapus
  9. Oo gtu ya mbak..
    Klu utk wortel aku udh byk bca jg klu emg g blh kebnyakan untuk konsumsi'y..
    Klu untuk teh hijau gmn mbak..?
    Kpn waktu paling baik utk mgkonsumsi'y dan brapa gelas perhari..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buat teh hijau udah pernah aku bahas di postingan ini..
      http://haihanitis.blogspot.com/2013/01/great-green-green-tea-diy-mask.html

      segelas sehari udah cukup, baiknya sore-sore hehe

      Hapus
  10. Sis ,mau sharing ..
    Sudah sebulan berhenti pake cream dokter ala2 ,mukaku jadi bruntusan kecil2 dan kering bgt kyk lg maskeran telur .
    Aku coba pake evoo tiap malem ,sabun baby ,produk hada labo yg putih juga .
    Muka sudah tertutupi keringnya .
    Tapi saat ga pake produk HL tsb ,muka tetep kering sis ..kering bgt ..
    Itu gimana y sis solusinya biar mukaku kembali kenyal ?mohon bantuaannya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ga pake HL trus kulit jadi kering itu bukan karena ketergantungan sis, tapi karena kulit kamu butuh dirawat dengan produk yg ngandung hyaluronic acid. Dengan kata lain, kemungkinan besar kulit sista mengalami dehidrasi.

      Masih bruntusan kecil-kecil sis? Kalo bruntusannya parah banget, mending berobat ke dokter beneran :)

      Maaf ya kalo ngga membantu :(
      Semoga kulit sista cepet pulih dan membaik, aamiin aamiin aamiin.

      Hapus
  11. Assalamualaikum mba Hani. 😊 Mbaa, aku baru baca postinganmu hari ini krn gak sengaja pas nyari2 info soal purging. & Sepertinya sy mengalami apa yg pernah mba alami, huhuhu. Hmmmmh Mau sharing mba,, ini entahlah aku mengalami purging atau breakout, tp cukup bikin was2. Awal aku pake skincare, tp msh ada ada problem jerawat 1 2 dan muka msh agak kusam & berminyak. Nah liat kondisi muka ky gitu sy mutusin buat Konsul ke skincare yg cukup terkenal bagus di bdg tapi via oL (Line). Di kasihlah perawatan acne treatment. Tp yg terjadi malah muka tambah jerawatan & muncul bruntusan pkonya lebih bnyak dr sblum pakai dan itu berlangsung cukup lama hampir 3 blm, ampe kmarenpun msh ada bruntus2nya lebih agak berkurang, tp progresnya cenderung stagnan. Dan pas saya Konsul lg pun katanya itu purging. Oo sy pikir oke. Nah sampe ortu nyuruh stop krna lama skali & nyuruh buat ganti produk laen. Sy stop lah, lalu ganti pake acne creamnya ma*aya, & bruntusnya malah jd malah ada lg. Nah menurut pendapat mba gmna mba? Soalnya sepertinya mba pernah mengalami kondisi sprti sy ini, yg soal purging itu td.. mohon jawabannya ya mba. Terima kasih. Wassalamu'alaikum 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarokatuh.

      Wah aku no comment deh kalo 3 bulan progresnya masih rada stagnan, karena biasanya puncak-puncaknya purging di bulan 1-2. TAPI lama proses penyembuhan jerawat itu juga tergantung seberapa serius kondisi kulit kita, kedisiplinan kita menggunakan produk, penggunaan produk sudah sesuai anjuran pakai atau tidak, dan gaya hidup (ngaruh banget, termasuk level stres, asupan gizi, kualitas tidur), dst.

      Kalau jerawat susah banget sembuh, kemungkinan besar dipengaruhi faktor dari dalam tubuh kita. Karena itu saat berobat ke dokter kita juga diajarin jaga makanan dan perbaiki gaya hidup.

      Lebih lanjut bisa baca postingan ini mba...

      http://www.haihanitis.com/2016/10/reaksi-kulit-terhadap-produk-skin-care.html
      http://www.haihanitis.com/2016/11/15-gosip-seputar-jerawat.html
      http://www.haihanitis.com/2015/02/tentang-krim-dokter-pengakuan-dosa-lol.html

      Maaf kalo ngga membantu, semoga lekas membaik kondisi kulitnya ya, aamiin aamiin aamiin.

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^