Tentang Produk Perawatan Wajah

Kita sering ketemu dengan produk perawatan wajah berembel-embel skin balancer, skin refiner, toner, essence, serum, ampoule, booster, dan sebagainya. Ada yang bilang supaya dapet hasil maksimal perlu dipake serangkaian, berlayer-layer, dari A sampe Z. 

Emang apa sih bedanya essence, serum, dan ampoule? Trus apa pula itu booster? Beda tekstur krim, emulsi, dan gel itu sebenernya buat apa? Emang perlu ya pake skin care berlapis-lapis?

Di postingan ini aku pengen sharing pengetahuan dasar tentang sebagian jenis kosmetik yang beredar. Bukan berarti aku lebih tau ya, ini juga dapet dari nonton acara ini itu, pengalaman sendiri, baca-baca, wangsit(?), dan lain-lain. Kalo ada yang mau ngasih informasi tambahan hayuk-hayuk ajaa :D


***

Toner

Toner biasa juga disebut lotion (di Jepang, contohnya Hada Labo), balancer/balancing water (contohnya Sulwhasoo), skin hydration, dst *cmiiw. Kalo di Jepang atau Korea, "toner" umumnya diratakan di telapak tangan, kemudian ditepuk-tepuk lembut di wajah. Fungsinya untuk mempersiapkan kulit wajah ke step perawatan berikutnya (essence/serum/ampoule/moisturizer). Biasanya juga dipake buat CSM-an (Chizu Saeki Methode atau dengan compressed mask).

Sedangkan di negara-negara western dan juga Indonesia, istilah toner dikenal sebagai produk yang berfungsi untuk meringkas pori dan memastikan ampas cleanser sebelumnya bener-bener terangkat (bersih). Caranya dengan dituang ke cotton pad (kapas), trus dilap lembut di kulit wajah.


Yang perlu diperhatikan, toner yang kandungan alkoholnya tinggi (ditandai dengan sensasi cekit-cekit/perih ketarik, cepat kering) itu umumnya tidak dianjurkan untuk tipe kulit kering, kombinasi, sensitif, dan yang mengalami rosacea karena bisa bikin kulit makin kering.

Ingat prinsip perawatan wajah: usahakan wajah ngga kering, mesti ada keseimbangan antara air dan minyak di kulit untuk menjaga skin barrier. Karena itulah toner buat bersih-bersih ngga bisa dijadikan masker.

Selain itu, ada juga yang namanya facial spray. Umumnya, digunakan untuk membuat kulit wajah fresh dan lembab kembali. Facial spray terbagi dua. Pertama, facial spray yang mengandung air mineral atau thermal water, seperti thermal spring water (merk yang populer adalah Avene), mineral spray, deep sea water, beauty water, dan sebagainya. Fungsinya menghidrasi dan menyeimbangkan pH kulit.

Kedua, facial spray (atau toning mist) yang mengandung ingredient tambahan seperti minyak esensial, ekstrak tumbuh-tumbuhan, atau glycerin yang berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit.

***

Booster

Booster mungkin kurang begitu populer di Indonesia cmiiw. Booster digunakan setelah toner dan sebelum serum/essence untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi rangkaian produk skin care yang kita gunakan. Kadang fungsinya suka rancu gitu sama toner/balancer :\

***

Essence, Serum, Ampoule

Essence mengandung konsentrat spesifik, misalnya whitening essence untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, pore tightening buat mengencangkan pori, skin repairing untuk memperbaiki tekstur dan meningkatkan vitalitas kulit, dan sebagainya. Umumnya punya tekstur yang agak encer dan ringan.


Serum pun mengandung konsentrat spesifik, tapi lebih tinggi kadarnya dibanding essence. Serum juga banyak banget macemnya. Ada yang khusus buat anti aging, brightening, anti melanin spot, dan lain-lain. Tekstur serum ringan dan umumnya lebih cepet meresap dibanding essence.


Ampoule yang konsentratnya paling tinggi di antara essence dan serum. Ngga heran kalo ampoule ini mahal-mahal harganya hehehe. Tekturnya encer banget, biasanya persis kayak air. Meresap lebih cepat dan progresnya pun biasanya udah keliatan dalam jangka waktu singkat kalo dibandingkan dengan essence dan serum. Singkat di sini maksudnya tetep ada proses ya, bukan berarti instan dipake semalam-dua malam, paginya langsung mulus kayak Song Hye Kyo.

"Ampoule" dulunya dikemas dalam wadah kaca kecil mungil yang kedap udara, untuk menghindari teroksidasinya zat atau kandungan yang sangat reaktif (malah ngga ngefek ntar).

***

Pelembab
alias Moisturizer

Tekstur pelembab wajah ada macem-macem. Yang paling sering beredar adalah krim, emulsi, gel, oil, dan balm.

Emulsion atau biasa dikenal dengan tekstur milk/lotion umumnya digunakan untuk tipe kulit kombinasi, (biasanya) ngga kerasa greasy, ampuh melembabkan walau teskturnya ringan dan dioles tipis. Umumnya waterbased.

Gel mengandung humectant (bahan untuk menahan kelembaban kulit) seperti silicone (tapi lebih ringan) untuk kulit berminyak. Disukai karena ada efek semriwing yang bikin fresh dan biasanya ga bikin kulit makin oily.

Tekstur krim yang paling sering kita temui. Kandungan minyak atau agen pelembabnya lebih kaya dibanding emulsi dan gel. Umumnya, tekstur krim ditujukan untuk tipe kulit kering, atau untuk orang yang sepanjang hari ketemu AC (cuaca dingin).

Jenis dan konsistensi krim dan lotion juga macem-macem (ada yang rada kering, agak basah, yang agak berminyak pun ada), karena tekstur suatu produk disesuaikan dengan kebutuhan kulit (di kulit berminyak ngga greasy, di kulit kering tetep bisa melembabkan, dll).


Produk yang teksturnya oily biasanya minyak esensial gitu guise. Ngga perlu parno dengan minyak (asal bukan minyak yang bisa nyumbat pori/comedogenic), karena kulit juga tetep butuh diminyakin (makanya kita punya kelenjar minyak hehe).

FYI, karena itulah produk-produk kecantikan yang oke (untuk kulit berminyak/kombinasi) banyak yang judulnya oil controlling, bukan oil removing. Pada kondisi kulit tertentu, justru pelembab dan pembersih berbasis minyak itu malah bantu mengontrol produksi minyak di wajah. Produk minyak yang lagi beken adalah argan oil, jojoba oil, macadamia oil, rose hip oil, dan lain-lain.

Balm teksturnya lebih padat (solid) kalo dibandingkan dengan krim. Biasanya dianjurkan buat kulit yang kering banget. Ngomong-ngomong, ada juga produk skin care bertekstur balm (bukan sebagai pelembab) buat ditotol-totol di jerawat atau dioles di hidung buat ngatasin komedo (karena kandungan minyak yang rich, trus ada fitur self-heatingnya, bikin komedo cepet mateng dan gampang dikeluarin). Kalo produk lokal Indonesia kayaknya jarang, banyakan produk dari negara 4 musim gitu.



***

Baca juga :

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

23 komentar

Write komentar
19 Maret 2014 12.38 delete

Sayangnya, aku perhatiin macem2 jenis serum yg beredar sekarang itu cuma sekedar beda namanya ntis.

Misal ampoule sama serum. Bedanya apa? Beda tempat aja. Masalah mana yg lebih tinggi konsetrasinya, setiap merek menurutku bisa bikin konsentrat paling tinggi sekalipun meski namanya cuma 'serum'.

Ampoule itu sebenarnya nama tempat penyimpanan zat cair. Pada awalnya digunakan di ind. farmasi untuk tempat obat cair, tersimpan dalam botol kaca kedap udara dan sekali pakai. Kenapa dia harus disimpan sedemikian rupa? biasanya yg harus ditaruh dia ampoule adalah yg zatnya unstable.

Setelah itu industri kosmetik mulai pakai ampoule untuk mengisi serum. Ampoulenya masih bentuk kaca kedap udara yang sekali pakai. Kalau mau pakai harus dipecah dulu. Memang serum yg masuk ke dalam ampoule daya kerjanya lebih bagus, karena isinya jauh terjaga, bebas oksidas, kontaminani dan stabil. Ini prinsip ampoule.

Ke sini2, aku liat skincare dalam ampul bentuknya udah pake botol pake pipet. Kalau emang mau pakai prinsip ampul dalam menyimpan zat, bentuk macam itu kurang tepat menurutku. Gimana juga, udara bisa masuk kan? :p

Reply
avatar
19 Maret 2014 18.38 delete

iyaa mba mizha hihihi :))) aku juga mikir gitu. dulu taunya ampoule itu sekali pake dalam botol kaca kecil kurus-kurus, yg beredar sekarang wadahnya jadi gedean hehehe :))

"ampoule" dalam botol pipet juga yang bikin aku mikir. kata "ampoule" sekarang cuma sebagai strategi marketing. kalo diperhatiin jadinya sekedar nama/judul produk yang punya konstentrat lebih tinggi dibandingkan essence dan serum dalam merk yang sama :D misal lintas merk emang bisa jadi judul essence-serum-ampoule ngga gitu bermakna :D kayak misalnya essence merk A ternyata malah lebih ampuh dibanding serum merk B.

Reply
avatar
31 Maret 2014 10.50 delete

Hai Hanitis, penasaran, sekarang kamu lagi pake pelembab wajah apa? Lagi nyari yg untuk kulit kombinasi-berminyak nih, susah nemunya :'(

Reply
avatar
1 April 2014 00.45 delete

Hai jugaa :D

aku ngelembabinnya pake essence history of whoo seol, trus kalo malam dicombine sama erha21 truewhite activator night cream gitu tipis-tipis. misal pagi-siang lagi di rumah, lembabinnya pake masker madu. kalo aktivitas outdoor pake tabir surya atau cc cream whoo seol juga. aku belinya sasetan hehehe.

coba cek ke the body shop (variannya banyak, asal jangan yg vit e itu, krn kayaknya ditujukan untuk tipe kulit yg kering banget cmiiw), trus moisturizernya cetaphil, sebamed, ato produk drugstore lainnya juga banyak yg rekomendasiin. aku belom coba sih, tapi liat dari pengalaman temen-temen dan review-review di internet jarang banget ada review negatif tentang brand-brand itu :D

atau liat-liat juga minyak esensial yg alami. ini minyaknya ringan banget, bukan minyak yg greasy ato bikin muka kayak ladang minyak, contohnya kayak argan oil, rose hip oil, dll cuma masih susah nyarinya (biasanya online, coba cek earth factory bali). review-reviewnya menggiurkan sekali ^^

oiya kulitku udah ga terlalu minyakan sejak rutin minum air putih, pake oil cleanser, dan cuci muka pake oatmeal (krn kadang sabun muka bikin kulit kering. kulit kering memicu kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih buat ngelembabin kulit). minum teh hijau tanpa gula juga bagus banget buat kulit. aku juga menghindari bedak, atau skin care yg bikin kulit matte/kering. tapi di aku emang perubahannya kerasa sekitar 3 bulanan gitu. tips ini aku dapetin dari youtube guru dan ternyata ngefek heheheh :D

semoga membantu >.<

Reply
avatar
3 Agustus 2014 13.11 delete

Hi Hanitis! Nggak pake salam kenal yah karena àķu udah pernah bolak balik komen disini hehehhe.
Aku umur 29th, tiga tahun belakangan ini aku pake acnes uv tint spf 30 PA++ untuk make up base, dipakai setelah moisturizer. Nahh.. sejak awal tahun, muncul noda hitam di dagu kananku.. awalnya karena jerawat yg aku kelopek. Sedih bgt... sekarang aku akali dengam concealer walaupun gak trll sempurna jg nutupnya. Untuk skincare aku pakai SKII tetapi bukan lini whitening melainkan basic aja + anti aging. Score kulitku setiap cek juga masih bagus, hanya jatuh di bagian spot control.

Nahh, kalau aku combine melawan si noda hitam ini pakai melanox premium bisa nggak ya kira2? Jadi melanox hanya dioles ke bagian yg bermasalah saja. Apa yang aku butuhkan ya? Serum saja boleh nggak? Thank you, Hanitis! ♥♥

Dila

Reply
avatar
3 Agustus 2014 15.53 delete

Haloo kak Dilaa :D

Serum mp yang aku pake dulu itu formula lama (main ingrednya lactic acid/AHA, retinol, vitamin e). Sekitar 1,5 bulanan (kalo ga salah ingat) noda bekas jerawat purging memudar.

Sekarang serum mp udah ganti formula (2014), kojic acid, retinol, C-bright-whitening, antioxidant. Dari ingrednya keliatan menggiurkan buat noda bekas jerawat. karena udah ganti formula, pengalamanku dulu udh ga relevan lagi buat ngereview serum mp yg baru :D
ini linknya...
http://www.melanox.co.id/products_detail.php?product_name=whitening-serum
http://www.melanox.co.id/skincare_detail.php?id=48

Buat noda bekas jerawat emang paling ampuh pake zat keratolitik macam AHA, retinoic acid, retinol (derivat vit a), atau hidrokuinon (resep dokter), dst. Efek sampingnya ke celekit-celekit, perih, gatel, dll. Ini yg bikin aku ga tahan ^^;

kalo SKII dicombine dgn serumnya mp aku ga berani rekomendasiin bagus ato ngganya karena kurang tau juga serum mp yg baru kayak gimana. kalo serum mp nya ditotol di spot tertentu mungkin risiko break out/reactive skinnya ga segede kalo dipake semuka. kalo dari segi efektivitas produk, serum mp yg dulu emang tokcer buat ngatasin noda-noda bekas jerawat di kulitku. Formula baru mungkin lebih oke kali ya hehe entahlah >.<

Ngomong-ngomong, SKII yg first treatment essence sebenernya kayak booster buat nyiapin kulit buat step selanjutnya? :| aku pake dupenya (SK ste) dicombine ini itu (pernah combine dgn erha21, whoo sel, dll) oke-oke aja (karena emang pre essence). Jadi, kalo bisa ato ngganya di kulit kak Dila, mending dicoba sendiri dulu (idealnya nyoba rutinitas baru diselang-seling 2 hari sekali ato tes alergi di inner arm atau belakang telinga).

Pas fokus ngatasin noda pun biasanya aku cukup pake serum, kecuali kalo kulit jadi kering/dehidrasi baru dilayer lagi dengan pelembab. Ini aku baca-baca dimana ya lupa :| intinya, ntar disesuaikan dengan reaksi dan kondisi kulit kita :D

sebenernya anjuran menggunakan produk satu seri untuk mengatasi problem kulit itu karena akan lebih efektif dan efisien kalo active ingred yg sama digunakan secara intens (layer toner, pre essence, serum/essence, pelembab, dst) :D

buat alternatif atau opsi lain, sekarang juga lagi rame OST serum vitamin c, ravenya juga bagus buat ngatasin noda di wajah :D

Reply
avatar
3 Agustus 2014 23.54 delete

Woooow, makasih ya Ntis ♥♥♥
Lengkap sekaliiii jawabannya, sukaaa hehehee. Udah gitu dikasih alternatif lagi ciamikk. Aku mau jalan2 juga liat OST serum vit c, eh tp jaman baheula pernah pakai lini vit C dr the body shop kurang cocok huhu.
Kalopun pakai MP mau kutotol aja, semoga formula baru lebih tokcer yah.. sebenarnya SKII punya serum dan ampoule untuk whitening spots control. Tapi mahal banget, sepertinya lebih bijak kalo uangnya dialokasikan buat yg lain *maklum mak emak hhihii.

OK, akan kucoba sarannya yaa, ntis.Oh iya bener FTE (facial treatment essence) SKII itu semacam booster bisa dibilang, aku juga ada combine sih dia dengan brand lain. Kalau malam setelah pakai fte aku tumpuk dengan EMC, works great on my skin *kecuali noda...tteuppp hihihi.

Sip, noted. Makasih banyak sayang! ♥♥

Reply
avatar
4 Agustus 2014 05.48 delete

iyaaa macamaa :*

iyaa SKII muahaaal :)) pengen beli fte nya aja mikir2, akhirnya aku pake dupenya yg lebih kejangkau hohoho ^^;

emang banyak banget brand yg ngeluarin serum vit c, tapi yg OST ini bedanya apa gitu yah lupa, pernah dibahas di WishTrend on youtube sama browsing di mari http://www.wishtrend.com/skin-care/502-vitamin-c20-serum-ost.html, jadi best selling product di Singapore dan Korsel. masuk list serum vit c yg efektivitasnya tinggi :D

ngeliat ravenya OST jadi pengen nyobain sih, tapi ngeliat org2 di sekitarku pake serum vit c (brand lain, macam tbs, erha, dll) hasilnya pada biasa aja jadi maju mundur juga ^^;

good luck kakaak ♥♥

Reply
avatar
27 Agustus 2014 17.48 delete

Haii salam kenal, mau nanya nih.. aku lagi bingung kalo untuk pore refiner (yang aku pake merk Bioderma Sebium Pore refiner) sebaiknya dipakai urutannya sebelum atau sesudah pelembab ya bagusnya? kalau di petunjuknya sih dibilangnya sebelum cream skincare lainnya.. tapi aku baca2 ada produk2 pore refiner lain yang malah dipake sesudah pelembab? sebenarnya yang paling bagus gimana ya, apa ada efeknya kalau kepakenya kebalik2? thank you ya sebelumnyaa ^^

Reply
avatar
27 Agustus 2014 18.24 delete

Hai :D salam kenal juga
kalo bioderma sebum pore refiner dipakenya sebelum pelembab say...

jadii, ada kalanya pore refiner itu adalah "judul" skin care untuk merawat/menghaluskan dan membersihkan/menyiapkan pori kulit (dipake sebelum pelembab), ada juga pore refiner sebagai "judul" base make up/primer (dipake setelah pelembab, sebelum foundation), buat menyamarkan/meminimalisir penampakan pori yang lebar, bikin kulit terlihat matte, dan make up jadi lebih tahan lama :D

kalo skin care kebalik2 sih tergantung kebutuhan. yang paling sering dibalik itu penggunaan pelembab dan serum spot (pake pelembab dulu, setelah itu baru serumnya ditotol di spot yang membutuhkan special treatment). tapi ada kemungkinan efektivitas rangkaian skin care yg digunakan ga maksimal :D

Reply
avatar
28 Agustus 2014 09.58 delete

thank u yaa, responnya cepet bangett ^^ oo gitu yaa jadi pake pore refinernya sebelum pelembab dan sunscreen juga ya pastinya.. tp kalo pake SKII FTE dan toner itu pakenya sebelum bioderma atau sesudah? maap ya nanyanya satu2, hehehe.. lagi galau cara make yg bener sih.. hihihi...

Reply
avatar
28 Agustus 2014 10.41 delete

SKII FTE itu pada hakikatnya adalah pre essence. Yang bisa jadi patokan paling gampang: gunakan dari yg teksturnya paling encer, ke yang teksturnya thick/pekat. jadi, pake toner dulu (peringkas pori), pre essence, dst... :D

iya say sama-sama :D santai aja

Reply
avatar
28 Agustus 2014 12.14 delete

oo gitu yaaa, baiklahh g lanjutkan deh kalo gitu: toner-essence-pore refiner-gel cream-sunscreen.. ribet yaaa ngerawat mukaaa hahaha.. thanks a lot yaaa ^^

Reply
avatar
21 Februari 2015 14.31 delete

waaah, terimakasi sangat bermanfaat yaa artikelnyaa.
salam dari www.skincaremelilea.com

Reply
avatar
3 April 2015 20.34 delete

Hai kak, mau nanya biasanya produk-produk must have apa aja yang buat perawatan kulit anak yang baru remaja gitu. Jadi kulitnya masih setengah mulus setengah udah gak (?) hahaha. Makasih~

Reply
avatar
5 April 2015 11.29 delete

produk-produk must have...
wajib : pembersih, pelembab, tabir surya.
optional : scrub atau peeling cream/gel (jika dirasa scrub terlalu kasar buat kulit yg lagi sensitif), masker (jika dirasa perlu).

baiknya cari brand/merk khusus kulit remaja :D
sama-sama, moga membantu :D

Reply
avatar
26 April 2015 15.07 delete

Hai mbak Hanitiss... ^_^

Tanya donk,,kamu kan pernah pake HL Shirojyun Essence buat ilangin flek ya??
Itu dikulit kamu gimana,progresnya brapa lama?

Tengkyuu... :-*

Reply
avatar
27 April 2015 11.12 delete

Halo Syalwa :D

Progresnya lumayan cepat, seingatku sekitar sebulan. Tapi HL shirojyun essence lebih ngefek ke meratakan warna wajah sehingga kulit terlihat cerah. Sedangkan untuk noda bekas jerawat, atau flek di spot-spot tertentu ngga gitu signifikan hasilnya.

Untuk spot treatment lebih ngefek pake obat kayak melanox (hidrokuinon aman di bawah 5% cmiiw). Yang 2% kayaknya masih bisa dibeli tanpa resep dokter, tapi penggunaannya kudu bener-bener ngikutin petunjuk pemakaian.

Semoga membantu yaa :* have a nice day

Reply
avatar
6 Juli 2015 20.56 delete

Hai mba Han.
Pernah denger illuminare acne defyer by naris cosmetics tak? Produk utk cegah jerawat dan oil control. Aman atw ga ya produknya? Cz nyari review ny di internet ga nemu2..
Terimakasih.

Reply
avatar
7 Juli 2015 09.29 delete

Hai juga Eva :D salam kenal ya
Naris Cosmetic itu perusahaan besar Va, udah lama banget pula eksis di dunia kosmetik (skin care & make up), jadi bukan produk abal2. Kalo review ada kok, coba googlingnya naris cosmetics review :D

Reply
avatar
12 Desember 2015 16.47 delete

Hai slam kenal ya ... Aku bngung nih pilih pruduct kosmetik yg ccok buat kulit yg brminyak & cnderung brjerawat udah tanya sana sini hasilnya gk slallu memuaskan di bandikan prawatan alami & sjauh ini alhasil stlah prwatan alami oke bgt krna stiap mlem sllu pkek masker strawberry di blander sndiri tapi boLeh rekomendasi buat aku donk.. ? Pngen beli serum (ampoul,essens) ato apalah lah yg tksturnya ringgan & efeknya buat ngilangin spot ² hitam di pipi kanan & kiri.. mnurut km apa ya yg cucok? Trimakasi dituggu answeernga ya smoga rekomendasi dari kamu bs mumaskan hati *hehehe

Reply
avatar
12 Desember 2015 18.17 delete

Halo salam kenal juga ^_^ Anyway, sepertinya balasanku ini juga tidak memuaskan. Maaf ya, aku ngga bisa ngasih rekomendasi yg spesifik.

Kalo kamu sudah menemukan perawatan yg cocok, baiknya itu aja yang ditelateni. Kemudian, sebelum memutuskan untuk menggunakan serum/ampoule pencerah/pemudar noda, pastikan kulit kamu sudah ngga bermasalah dgn yg namanya jerawat (jerawat sudah sangat jarang muncul).

Biasakan untuk menggunakan sunblock sekitar jam10pagi-3sore, krn perawatan apapun bakal sia-sia kalo kita ngga melindungi kulit dari sinar uv. FYI, noda di wajah juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Coba baca post ini dulu
http://www.haihanitis.com/2015/10/tipe-dan-kondisi-kulit-tips-info-lainnya.html

Untuk memilih varian skin care, baca-baca di forum ini aja :)
http://forum.femaledaily.com/forumdisplay.php?43-Skin-Care-Talk

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon