Purging, Reactive Skin, & Break Out

Purging menjadi hal yang meresahkan(?) buat orang-orang yang ingin menyembuhkan kulit dari jerawat. Mungkin karena yang terbayang adalah jerawat makin menjadi dan mateng semuka selama berminggu-minggu :D Padahal purging itu kasuistik banget. Ngga semua orang pasti mengalami purging.

Selain purging, ada juga yang namanya reactive skin dan break out. Ini yang kadang kebalik-balik :D Mungkin bisa dibikin sinetron Purging yang Tertukar.

Di sini aku bahas dari sisi pengalaman dan sependek pengetahuanku ya. Jadi, kalau mau tanya-tanya mesti treatment apa, dst dst dst ngga aku jawab, karena emang bukan bidangku.
Aku sharing info ini bukan berarti aku lebih tau.
Ini pembelajaran juga buat aku.


***

Apa sih purging itu?

Skin purge atau purging adalah "pembersihan" kulit. Pemaparan purging dan acne complex digunakan pertama kali oleh Murad (cmiiw). Purging terjadi untuk "membersihkan" kotoran, jerawat, dan sebum berlebih yang menyumbat pori. Purging adalah proses, oleh karena itu diharapkan jangan berhenti menggunakan produk saat purging masih berlangsung.

Purging terjadi saat pemakaian AHA (glycolic acid, dst), BHA (salicylic acid), tretinoin, dan acne topical solution lainnya. Sebagian besar acne topical solution yang ampuh berupa obat. Dengan kata lain, idealnya kulit yang purging heboh semestinya berada di bawah pengawasan dokter. Supaya produknya benar-benar digunakan sesuai petunjuk pemakaian dan saran dokter.

***

Perbedaan dilihat dari
penyebab dan perubahan kondisi kulit


Reactive Skin (reaksi, respon kulit)
  • Penyebab : treatment, produk baru, atau produk yang kandungannya terlalu rich atau berat untuk kulit.
  • Kemungkinan bakal berangsur-angsur normal kembali seiring dengan kemampuan kulit untuk mentolerir produk tersebut atau setelah kita langsung berhenti pakai.

Misalnya pake skin-care-baru, jadi muncul whitehead, jerawat satu-dua. Setelah itu hilang dan kulit jadi damai sentosa lagi. Kulit kayak kaget, tapi bisa adaptasi gitu. Lambat laun kulit bakal mentolerir produk baru itu.

Kalo ngga tahan atau khawatir dengan reaksi kulit, skin carenya bisa langsung distop atau dkurangi frekuensi pemakaiannya (hanya dipakai 2-3 hari sekali).

Purging (kondisi, proses)
  • Penyebab : AHA, BHA, tretinoin, dan acne topical solution lainnya.
  • Umumnya terjadi dalam 2-6 minggu.
  • Sabar aja.

Purging ditandai dengan munculnya whitehead
atau jerawat meradang di pori-pori yang memang sebelumnya sudah tersumbat.


Break Out (kondisi, reaksi negatif, reaksi reject/penolakan)
  • Penyebab : tidak cocok dengan treatment, formula produk skin care atau make up tertentu, hormonal, gangguan pencernaan, stres, faktor lingkungan, racun di hati, alergi, intoleransi zat, dll.
  • Pemilik kulitnya sensitif dan rentan bermasalah baiknya uji alergi sebelum menggunakan produk skin care atau make up baru. Caranya dengan mengoleskan sedikit produk tersebut di lengan atau belakang telinga (biasanya yang kayak gini tercantum di petunjuk pemakaian).
  • Apabila kondisi kulit memburuk akibat keseringan ganti skin care (jerawat meradang, jerawat pasir, dst), kemungkinan lapisan kulit luar sudah rusak.

Baca juga : Apakah kamu berlebihan merawat kulit wajah?

Break out ditandai dengan kulit yang mulus ngga bermasalah, tau-tau muncul jerawat meradang, kulit perih kering mengelupas, atau perubahan yang tidak wajar lainnya.
Gejala di masing-masing orang bisa berbeda.

Updated!
Cek post Juli 2015 untuk membedakan Purging dan Break Out (+++ Review Mediklin TR)

***

Intinya...

Walau kadang purging, reactive skin, dan break out gejalanya mirip, tapi pada dasarnya beda banget. Jadi, kita mesti peka mengamati kondisi dan perubahan kulit selama menggunakan obat atau kosmetik tertentu.

Break out itu ngga selalu karena produk yang kita pake "jelek". Bisa jadi ada ingredient yang ngga sesuai atau ngga bersahabat dengan kulit, cara pemakaian yang ngga tepat, kurang bersih bersihin sisa produknya (jadi nyumbat pori), pH produk ngga sesuai dengan pH kulit, lapisan luar kulit yang emang udah rusak, dan lain-lain.

***

Lama Purging?


Jangka waktu purging buat tiap orang itu berbeda (bisa dalam itungan hari, minggu, atau bahkan bulan), tergantung seberapa cepat kulit kita bereaksi dengan obat tersebut dan seberapa serius kondisi kulit.

Orang yang kulit mukanya sangat bermasalah jelas periode purgingnya lebih lama dibanding orang yang mengalami jerawat atau pori-pori tersumbat di beberapa area tertentu saja.

Purging ditandai dengan keluar dan matangnya jerawat, setelah itu kulit menunjukkan perubahan nyata ke arah yang lebih baik. Kalo dalam jangka waktu lama (lebih 3 bulan, aku lupa baca dimana, maap), ngga ada progres membaik, sebaiknya konsultasi kembali ke dokter untuk dapat penanganan lebih lanjut.

Selesainya masa purging ditandai dengan jerawat yang hampir tidak pernah muncul lagi 
(kalaupun muncul jumlahnya sangat sedikit dibanding masa awal purging), 
setelah menggunakan produk yang sama dalam kurun waktu tertentu.

Untuk mengetahui proses purging, cek post Purging atau Break Out?

***

Bias info yang beredar seputar Purging
(cmiiw)

"Purging itu detoksifikasi krim dokter atau skin care yang ngga cocok sebelumnya."
Purging itu proses buat ngatasin pori yang tersumbat atau jerawat, bukan detoksifikasi krim.

"Purging di kulit itu pembersihan toksin atau racun dalam tubuh"
Udah ada ginjal dan hati yang berperan dalam detoks-detoksan tubuh kita. Purging di kulit ya sebatas pembersihan kulit aja.

"Foundation, bedak, bb cream ada yang bikin purging."
Purging ngga terjadi karena perangkat dandan, tapi karena adanya active ingredient yang bantu ngatasin jerawat dan atau pori yang kesumbat (umumnya karena obat yang mengandung acne topical solution).

"Purging ngga bikin gatel, merah meradang, perih, nyut-nyutan."
Mungkin ngga semua orang ya, tapi itu aku alamin lho :| pas purging pake vitacid. Gatel, kulit, memerah, kering mengelupas, dan bengep-bengep jerawat itu efek samping obatnya. Udah dijelasin di kertas petunjuk pemakaiannya. Kalo ngga kuat, bisa distop dulu atau pake selang seling dua hari sekali. Kadang sebum itu bisa keluar dengan mudah, tapi ada juga yang butuh waktu buat keluar (terperangkap) sehingga menyebabkan whitehead atau jerawat yang meradang, gitu deh teorinya.

***

Kesimpulan

Produk Perawatan Wajah Umumnya Tidak Memicu Purging

Kita mesti peka dan cermat dengan kondisi kulit wajah saat memakai produk skin care baru yang ngga mengandung zat aktif untuk ngatasin jerawat, trus tau-tau kulit malah jadi jerawatan dan bruntusan. Bisa jadi itu murni break out (sebagai bentuk penolakan kulit terhadap zat tertentu).

Sebagus-bagusnya suatu produk (risiko iritasi rendah, ingredient aman, reviewnya bagus-bagus), selalu ada someone-out-there yang ngga cocok. Karena kondisi kulit masing-masing orang unik dan beda. Jadi, kalau ngga cocok, jangan dipaksakan untuk lanjut pake.

FYI 

Sekarang produk-produk skin care gajebo, berbahaya, abal-abal, kiloan pake dalih purging saat mendapat komplain break out (kulit iritasi, gatal, dan lainnya) dari konsumen. Itu sih bukan purging, tapi break out karena produknya yang ngaco. Jadi, ati-ati ya guise...

Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

184 komentar

Write komentar
16 Februari 2014 14.30 delete

kalau kata dr. kulit yg aku kenal, purging itu emang ada tapi mekanismenya belum bisa dijelaskan secara pasti. Dan purging itu biasanya ada pada zat-zat yang merangsang pengelupasan kulit (keratolitik), ya seperti yang dijelasin tadi. Dan purging itu berkorelasi dengan banyak pori2 yang tersumbat, makanya sifatnya individual dan makanya juga, ada perbedaan antara pemakaian keratolitik untuk jerawat/komedo sama yang tujuan pengunaannya untuk anti-aging. Biasanya, yg tujuannya untuk anti-aging, mereka gak akan kena purging karena memang problem utamanya memudarkan lines (kecuali selain keriput, ada clogged porenya juga kali yak, hehe). Oiya, yg purging sampe 3 bulan ada lho... baru mulus dan gak balik2 lagi jjerawatnya ya setelah purging yang menggila selama itu, Jadi ya emang individual. Tapi klo selama itu jadi susah juga bedainnya sama cocok gak cocok. Tapi sebenarnya ada yang harus dipertimbangkan selain cocok/gak cocok obat yang dipakai, karena problem jerawat kan emang superkompleks dan multifaktor, mungkin bisa jadi bukan karena gak cocok tetapi emang ada kondisi kesehatan lain yang harus dibenahi (misalnya penyakit pcos, hormonal imbalance, gangguan pencernaan, psikis, dll). Gak jarang jerawat yang gak bisa hilang pake keratolitik sampai Accutane sekalipun baru bisa sembuh dengan pil kontrasepsi XD
dan emang betul, purging itu hanya penambahan jumlah jerawat/komedo. Untuk gatal, perih, mengelupas, dkk itu efek samping atau reactive skin seperti yang dijelaskan tadi.
Wa allahu alam.
nah sekarang aku juga lagi jerawatan kecil2 banyak di jidat nih, emang takdir gak boleh ponian kali ya...padahal keramas mulu, #botakinponi

Reply
avatar
16 Februari 2014 17.00 delete

aciiiikk mba dokter cantik dateng :* makacii tambahannyaa

hu-um, katanya kalo udah lewat 3 bulan dan kulit ngga berangsur membaik bisa jadi itu break out. kalo aku dulu pas 2012 juga kayaknya sekitar 1,5-2 bulan, tapi menggilanya di minggu-minggu awal aja :D

setuju banget, emang jerawatan datangnya bisa karena apa aja :'| apalagi buat kulit acne prone. tapi kadang orang-orang (termasuk aku dulu sih :|) terlalu ngandelin krim ato obat topikal, padahal bisa jadi karena ada problem lain di dalam tubuh.

ni purging kemarin aku usahain hidup lebih "teratur" (dibanding purging pas 2012) ya tidur min 6 jam sehari, banyak minum air putih, benerin pola makan, dll emang ngaruh banget ke cepat selesenya purging (3 minggu lebih) dan pemulihannya... cuma ya tetep aja belum bisa menghindari jerawat pms :| jadi, kadang bingung juga kalo ditanyain orang-orang "pake krim apa?" padahal penyembuhan jerawat itu emang ngga cuma sekedar "krim"

kyaaaa jangan dibotakin doong poninya :'((( ntar kayak film kungfu

Reply
avatar
17 Februari 2014 05.54 delete

waw thanks for share banget ya mbak. kebetulan emang masih galau nih udah 2 bulanan muka masih jerawatan. padahal udah kelar libur kuliah. (biasanya jerawatan karna liburan pola tidurnya berubah) ya jerawatannya gitu deh shift-shiftan. udah tinggal flek hitam eh dateng lagi temennya...

setelah baca postingan ini, emang takutnya aku jerawatan karna ganti skincare yg padahal khusus untuk muka berjerawat. kan sebelumnya aku udah pernah bilang kalo mukaku selama dua tahunan baik baik saja. jujur sembuh dari acne-prone setelah beratahun tahun itu bahagia sekali hahaa. dulu sih sembuh jerawatan gara2 skincarenya cocok. sekarang mau pake skincare itu lagi muka jadi kering (the skincare good effect not working twice). Untuk saat ini penggunaan skincare yg bikin skin reaktive kaya toner, aku stop dulu (abis pake toner muka sering gatel) -___-
skr masih berikhitiar nyembuhin muka sih sampe saat ini, soalnya ga pede kalo kekampus yg tadinya ga jerawatan malah jerawatan (minder sama gebetan yg mukanya mulus)

fyi, perca ga percaya. baca dari dokter.S blog. katanya pola makan itu ga ngaruh sama jerawat. dan jerawat juga bisa karena genetik. maksudnya kalo orang tua punya riwayat jerawatan, peluang anaknya untuk punya wajah berjerawat pun lebih besar. presentase parahnya jerawat balik lagi ya dari hormonal dan cara kita bersihin muka, tergantung cocok dan ga cocoknya suatu produk. hihii

Reply
avatar
17 Februari 2014 06.35 delete

thanks for share mbak! kebetulan masih galau nih ngurusin muka udah dua bulan ga kelar-kelar. udah tinggal flek item eh dateng lagi temennya.Jerawatanya shift-shiftan gitu :(
kalo baca dari blog.Dr.S ya katanya pola makan itu ga ngaruh sama jerawatan. percaya ga percaya sih...
tapi aku yakin ya kalo berkah jerawatan ini karna genetik juga. karna org tua yg punya riwayat berjerawat, kemungikinan anaknya untuk berjerawat itu ya lebih besar.
Oh ya dari pengelaman beberpa temenku yg berjerawat dan udh sempet konsul kedokter, katanya produk perawatan rambut itu juga rentan bikin kulit berjerawat. kaya sampo sama konditioner, soalnya temennya jadinya disaranin pake sampo bayi, dan jerawatanya juga ilangan. kalo dari pengalaman aku, punggung badanku kalo kena konditioner jadi jerawatan.

dari share kamu diatas aku baru tau kalo masalah pencernaaan juga jd penyebab jerawatan. tp menurut aku jerawatan aku yg sekarang gara2 ganti skincare huhuu (pengen kincolong malah begini). dua tahunan yg lalu aku sembuh dari acne-prone yg udah bertahun tahun karna skincarenya cocok, skr mau coba pake itu lagi tapi karna muka lagi kering malah tambah gatel (the skincare good effect doesnt work twice).

Reply
avatar
17 Februari 2014 12.52 delete

ikut nimbrung han :D
seumur-umur pernah breakout sekali, gegara pake krim malam gajebo yang cuma dipake semalem bikin kulit cerah bgt besoknya. setelah sebulanan bruntusan semuka yang akhirnya maksa saya ke spesialis kulit, semua pemakaian skincare dan make up dihentikan dan cuma pakai pelembab dari dokter ybs sama krim obat jerawatnya. dua minggu balik seperti semula alhamdulillah.
sejak itu jadi peduli sama kandungan skincare dan kosmetik yg dipakai. mungkin harus dapat 'tamparan' dulu biar sadar, jadi konsumen pintar.
btw untuk purging, arbutin bisa berpotensi bikin purging nggak ya? lagi nyobain nih..

Reply
avatar
18 Februari 2014 07.57 delete

haloo puteri :D
alhamdulillah kalo cepet pulih :D
betuuul aku juga ketampar karena dulu ga aware sama apa yang aku templokin ke kulit wajah :( sejak break out 2012, jdi lebih ati-ati

kayaknya arbutin ngga termasuk golongan keratolitik yg micu purging deh :D jadi smoga fine-fine aja hehehe

Reply
avatar
18 Februari 2014 08.12 delete

iyaaa sama-samaa :D semoga bermanfaat yaa

aku juga suka heran sama cowo-cowo yang mukanya mulus-mulus dan bersih wkwkwk -___- iyaa emang pola makan ngaruh banget --" jadi yg kulitnya acne prone ati-ati aja kalo pola tidur dan makan berantakan, pms, dan stres hihi. Ortuku dua-duanya ngga ada yang jerawatan T.T aku juga dulu ga pernah kayak gini, aman terkendali deh pokoknya... tau-tau sejak 2012 kondisi kulit berubah drastis :)) Yassalam

Reply
avatar
18 Februari 2014 08.18 delete

iyaa emang shampoo kalo ga cocok suka bikin jerawatan (terutama di hairline atau batas tepi rambut dan dahi).

biasanya kalo usus besarnya ga sehat, itu bisa bikin jerawatan juga say :D makanya kalo kulit jerawatan disaranin juga buat makan makanan yg kaya serat sama banyak minum air putih. jadi selain pake obat topical juga mesti perbaikin asupan gizi T.T pr banget buat aku huhu

~(^o^~)(~^o^)~ semangaaatt

Reply
avatar
21 Februari 2014 06.07 delete

jadi kepost dua-duanya ya duh maap soalnya dikirain yg pertama ga kepost terus ilang makanya ngetik lagi tapi lupa mau ngomong apa wekekeke

Reply
avatar
21 Februari 2014 16.18 delete

Aku mulai jerawatan pas ngerjain skripsi. Udah diobatin, dibersihin, dimaskerin dengan seksama juga mereka belom bosen nemplok di mukaku. Aku pake benzolac kan mbak, ada jerawat yang mulai meradang aku olesin, kempes, tampak mulus tapi kalo dipegang masih kaya bentol gitu dan dia bisa meradang lagi ntarnya. Entah jerawat macam apa mereka itu, mana gatel lagi.

Selain jerawat gede, bruntusan juga dan membuahkan komedo gede2 gitu yang ngeluarinnya harus dibantu, ga bisa kempes sendiri. Kadang suka takut jadi mbekas lubang, tapi gimana lagi. hwaaa..
Kata temen2 dan bahkan dosenku obat jerawatku itu ya sidang,,hehehe

Reply
avatar
22 Februari 2014 21.32 delete

iyaaa itu karena stres kalii :D aku juga kalo lagi stres+pms udah susah buat cegah jerawat. kadang kita terlalu fokus perawatan luar, padahal kondisi dalam tubuh kita juga ngaruh bangeet :3 *notetomyself hahaha. jangan dipegang-pegang, soalnya bekas jerawat itu emang masih bisa jadi jerawat kalo kena bakteri gituu >.< *notetomyselfjuga, udh beberapa kali aku alamin :))

ke dokter spKk aja kalo khawatir knapa-knapa.
moga cepet kelar skripsinyaa :3
semangaaaat yaaa ~(^o^~)(~^o^)~

Reply
avatar
26 Februari 2014 23.20 delete

Udah baca2 barusan dan gejalanya persis bgt sama yg aku alamin,boleh curhat dikit nih...
Awalnya aku pake skin care xxx,itu aku udah pake dari sma sekitar 7 taunan udah pake,trus muka mulai rewel lagi,muncul jerawat kecil2 di dahi,trus aku kegoda sama temenku yang mukanya mulus gara2 pake skin care xxxx,pas seminggu pemakaian seneng bgt muka kinclong dan semu2 merah gt pipinya karena basicnya mukaku ga begitu bermasalah jd langsung bersih,tapi pas udah semingguan lebih ko muncul bintik2 merah di pipi,dan pas hari kedua njalar ke dahi,aku balik ke kliniknya tanya ke dokternya di kasihlah aku krim lain,alesannya krim sebelumnya mengandung steroid jadi di ganti yang ga ngandung steroid,tapi malah tambah meradang merah2nya kaya jerawat ga kluar gitu,trus akhirnya aku stop krimnya,sekarang udah sebulanan ga pake apa2 cuma pake buah2n aja,aga mendingan sih tapi kalo salah makan gatel sama merah lagi,trus kmaren aku cobain vitacid yg kadar 0,025% malah tambah merah mba,akhirnya aku stop lagi trus skrg pake buah2n lagi,bisa bantu kira2 pake apa ya biar ga merah2 lagi,malunya itu kalo kemana2 di liatin soalnya kulitku putih jadi kliatan banget >.<

Reply
avatar
27 Februari 2014 08.44 delete

Waaaa semangat sis Evii :(
7 tahun lama juga yah :| aku dulu 2 tahunan lebih aja pas lepas dari klinik skin care2an udah lumayan makan ati. sabar yaa sissyy :'((

kalo aku sih cuci muka dan maskeran pake oatmeal yang paling bantu ngatasin kulit yang memerah atau meradang, cuma kalo pake produk apa aku ngga brani ngasi rekomen apa-apa :( maaf banget ya kalo ga membantu huhuhu

btw terima kasih udah sharing :') semoga cepet kinclong kulitnya amin amin amin

Reply
avatar
10 April 2014 00.42 delete

Ngebantu banget nih mba artikelnya. Aku juga kayanya lagi nih purging gara" pake sebamed clearface foam. Awalnya udah yakin ini purging eh tapi masih rada takut ini beneran purging ato malah ngga cocok.tiap ngaca bawaannya pengen nangis hikshiks. Kalo di raba banyak jerawat kecil warnanya putih, muka jadi kasar pokoknya purging beneran masa penyiksaan banget ya:') Baru jalan dua minggu sih mudah"an bruntusan kecil" dan merah ini cepetan pergi dari muka :')

Reply
avatar
10 April 2014 07.00 delete

waa semangaatt
coba banyak minum air putih, perhatiin pola makan, sama tidur at least 7-8 jam sehari. btw sabun cuci mukanya difoaming dulu kan sebelum diapply ke kulit wajah?

Semoga cepet pulih dan kondisi kulit jadi lebih baik dari sebelumnya ya dear :D amin amin amin

Reply
avatar
17 April 2014 11.53 delete

Hi kak, mau curhat dikit nih, aku hampir dua bulan menggunakan produk vitacid awalnya yg 0,025%, bbrapa hr kmudian jrwat tmbah bnyak, katanya sih purging, jd ak gk takut krn mnurut bbrpa blog yg ak baca itu wajar (tenang jadinya) hehe.
Tapi eh tapi mslah baru muncul, ak pake yg 0,025% itu slma lebih sbulan dan jrwat malah makun mnjadi jadi :'(
Trus ak lngsung beli yg 0,01% (kadar paling tinggi) 2 hari kmudian kulit wajahku mengelupas dan kalo habis cuci muka (ak pake susu pembersih viva sama facial foamnya himalaya herbal) wajahku rada perih, nah itu wajar krn pngelupasan atau krn pembersihnya?

Reply
avatar
18 April 2014 00.28 delete

hai juga dear :D salam kenal ya

retinoic acid ngeboost regenerasi kulit, jadi kulit kamu bakal mengalami perubahan ato yg org2 awam bilang kondisi kulit makin buruk. padahal itu emang prosesnya :D jangankan sebulan, yg sampe 3 bulanan ada kok. karena lamanya purging itu tergantung seberapa "parah" kondisi kulit kita. saat purging, kita mesti konsisten dengan produk yg gunakan (ngga asal ganti produk, karena itu fase penyembuhan, kalo gegabah ya malah makin parah). coba deh baca lagi baik-baik :D

sebaiknya kadar vitacid ngga asal dinaikkan. kalo dinaikkan sampe kadar 0,01% jelas harus ada rekomendasi dari org yg kompeten (dalam hal ini dokter spKk), karena vitacid itu obat keras ^^; jadi jangan sembarangan, ikuti instruksi di kertas petunjuk pemakaian. saat purging, aku menghindari banget yg namanya sabun wajah, meskipun sudah difoaming tapi tetep bikin kulit kering (aku bersihin wajah pake oatmeal). pengelupasan itu efek samping vitacid. kalo ga kuat, istirahatkan wajah dulu 2-3 hari, atau pake selang seling 2 hari sekali (kalo ga salah ini tercantum di kertasnya vitacid). trus usahakan pake tabir surya, terutama pas jam10 pagi-jam 3 sore, karena kulit yg lagi diobatin pake pake retinoic acid itu rentan sun damage.

coba cek ingredient dari susu pembersih dan facial foam yg kamu gunakan. perhatikan pola makan-minum, tidur, olahraga, dll.

semoga cepet kinclong :D good luck

Reply
avatar
28 April 2014 18.33 delete

hah itu kok aku banget O.O aku pikir aku kenapa tiba2 berjerawat. dan emang aku mikir2 lagi akhir2 ini suka beberapa kali ganti produk. trus apa yang musti kulakukan? ini udah 3 bulan!!

Reply
avatar
28 April 2014 20.00 delete

Waaa semangat saaay :O

coba diet skin care deh. jadi sambil benerin pola hidup (makan-tidur-olahraga teratur), kurangi juga jumlah produk skin care yg kamu gunakan. pake yg penting-penting aja (cleanser, pelembab, tabir surya). evaluasi juga ingredient, respon kulit ke produk2 yg kmu gunakan, dan cek cara penggunaan produk skin care yg kamu gunakan, udh tepat atau belum :D

Reply
avatar
4 Mei 2014 23.44 delete

hai...nice artikel..apalagi buat aku yg sekarang lagi purging parah (huhuhuuhuhu) aku pake rangkaian (baca: hampir seluruh urutan produk) SKII...kata si espegehnya sih ini efek purging atau detox (whatever) tapi koq ya dari yg cuma beruntusan trus berubah jadi jerawat yg mateng gitu ya, makenya sih baru sekitar 2 atau 3 mingguan...overall sih ga kusem2 amat kaya awal tapi jerawat matengnya itu lho yg annoying banget...trus untuk bedain purging dengan iristasi itu gimana ya..aku galau antara maustop atau terusin..distop sayaaaaaang banget krn nih produk bikin aku kere mendadak..diterusin pun koq kayanya bikin sakit jiwa ya setiap berhadapan dengan kaca..hiks..please sharingnya ya sis..tengkiuh

Reply
avatar
4 Mei 2014 23.50 delete

hi, very informatif artikel, aku lagi (sepertinya) purging....parah...awalnya tuh pake produk dokter tapi krn satu dan lain hal aku males nerusin ke dokter itu, aku beralih ke rangkaian (baca: hampir seluruh urutan produk pakai) SKII, aku baru pake sekitar 2 mingguan, awalnya cuma beruntusan, yg tadinya beruntusan berubah jadi jerawat yg mateng merah, disekitar rahang dan dahi, SPG nya sih bilang itu proses purging atau detox (whatever)..yg bikin stress tuh jerawatnya geda geda bingiiiiiits merah pulak..ini tuh sebenernya purging apa iritasi ya? cara ngebedainnya gimana? aku jadi galau antara berenti atau terusin, berenti sayang krn nih rangkaian produk bikin aku kere mendadak, semenara diterusin koq kayanya bikin sakit jiwa ya setiap berhadapan dengan kaca...please share your knowledge ya sis..thx before

Reply
avatar
5 Mei 2014 13.53 delete

udah dibales via email ya sis :D semangaat

Reply
avatar
14 Juni 2014 05.56 delete

Hi. Mau nanya, klu konsumsi vitamin e yang alami mengandu d-alpha tocopherol itu bisa menimbulkan efek purging gak ? Soalny bru konsumsi 1 minggu kok. Tiba2 jerawat ku meningkat yah :(

Reply
avatar
14 Juni 2014 07.03 delete

itu bukan purging say ^^ emang sebagian orang (ngga semua lho) yang kulitnya acne prone malah break out setelah mengonsumsi vitamin e. oleh karena itu, ada pendapat yg menyatakan bahwa vitamin e adalah antioxidant yang oke, tapi rada tricky untuk dapetin hasil yang diharapkan (mesti cek dosis dan kebutuhan, terutama untuk tipe kulit acne prone).

Reply
avatar
2 Juli 2014 11.00 delete

sist,aku mau curhat nih hehe
jadi nih ceritanya wajah aku ini berjerawat emang asalnya berjerawat dan sempat hilang dikit-dikit udah mulai bersih ga nimbul jerawat lagi,terus nih ya aku coba-coba nih beli milk cleanser dan face tonicnya viva yg green tea utk mengusir jerawat itu,eh setelah aku pake besoknya jerawat2 numbuh ada yg besar dan kecil2 mungkin beruntusan. itu kira2 purguing,reactive skin atau break out ya? apa boleh aku masih pake tuh produk?

Reply
avatar
2 Juli 2014 22.09 delete

coba distop aja sis, sebelum jadi makin parah ^^;
kalo jerawat tumbuh berjamaah (dalam bentuk bruntusan, besar-kecil) kemungkinan emang break out (bentuk penolakan kulit karena emang ngga cocok) *cmiiw

Reply
avatar
19 Juli 2014 09.46 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
19 Juli 2014 09.48 delete

mbak, aku mau tanya. aku kan uda 1,5 tahun ini perawatan di salah satu skincare. uda 1,5 tahun, tp itu aku make krim yg fungsinya buat jerawat. nah, akhir2 ini itu krim gak ngefek ya di aku. jd skrg timbul jerawat, gak sebersih dulu. itu bisa dibilang break out gk mbak? terima kasih :)

Reply
avatar
19 Juli 2014 11.19 delete

Halo :D
iya, break out, tapi untuk penyebabnya aku ngga tau ya, bisa jadi emang kulit kamu udah jenuh dengan krimnya, atau karena stres, hormonal, pola makan ngga seimbang, dst ^^

Reply
avatar
19 Juli 2014 14.53 delete

tapi jerawatku gak terlalu parah mbak. ini sih aku skrg lg ke dokter kulit. kira2 bisa nyembuhin gak ya. menurut mbk aku ttp lanjutin di dokter kulit apa gmn ya?
iya, awalnya aku make bagus2 aja mbak tp akhir ini kok krimnya gak ngefek.

Reply
avatar
19 Juli 2014 15.00 delete

oh iya mbak. waktu aku ke dokter, dokternya bilang kalo jerawat aku itu meradang. awalnya aku mikir ini jerawat karna efek steroid ternyata bukan. aku skrg jd bingung, dulu mukaku gak jerawatan tp kok akhir ini krim yang aku pke di skin care itu gk ngefek. jd aku ke dokter spesialis kulit lsngsung deh. trus dikasih vitamen e. kalo mbak dulu gimana? sembuhnya make apa? mksh :)

Reply
avatar
20 Juli 2014 01.14 delete

kalo ke dokter kulit sih bisa-bisa aja sembuh say, tapi kita juga mesti tau prosedur pengobatannya gimana, efek sampingnya gimana, berapa lama, pasca treatmentnya gimana. aku juga lg berobat di dokter spKk gegara alergi :D mukaku jdi kayak ada bruntusan menyerupai jerawat. treatmentnya lumayan lama *sekitar 6 bulan apa ya kalo ga salah inget.

serius sis diresepin vitamin e? aku malah bruntusan lho pake vitamin e, dan ga cuma aku doang, rata-rata yg acne prone emang ga cocok sama vitamin e. ibuku ga percaya kalo aku jerawatan gegara vitamin e, sampe akhirnya dokter yg ngomong, "emang bu, kalo kulit rentan jerawat dan berminyak itu ngga dianjurkan menggunakan vitamin e, tapi pake suplemen omega 3. vitamin e cocoknya buat tipe kulit kering." mungkin kondisi kulit sista beda kali ya dan dosis IUnya juga udah disesuaikan, jadi dokternya bisa memutuskan untuk ngeresepin itu ^^

aku sih sembuhnya muter-muter *loh? x)))
emang 2 tahunan ini bolak balek break out, tapi belakangan baru ketauan kalo kulitku break out krn alergi say :D

Reply
avatar
20 Juli 2014 07.22 delete

gitu yah? aku jadi bingung euy hehe. km tau darimana kalo km breakout itu gara2 alergi? berarti bukan karna skincare yah? aku baru tau kalo perawatan di skincare kalo jerawat kita udah hilang ternyata harus konsul lg ya buat diganti krimnya, kalo aku enggak, jd selama 1,5 tahun yg aku pake ya krim2 itu aja. gini deh jadinya hehe

iya say. aku ini ke dokter spesialis kulit trus diresepin sunblock, krim malem, sama pencuci muka dan sama krim jerawat, tp anehnya krim jerawat gk boleh diolesin kesemua muka jd ditotolin aja di jerawatnya. atau mungkin mukaku uda jenuh ya sama krim jerawatnya jd harus dipake di jerawatnya aja hehe -_-
iya, aku jg sama dikasih vitamen e katanya dokter sih itu vitamin buat ngilangin merah2 sama jerawatnya gitu.

trus skrg muka km gimana pas semenjak ke dokter kulit uda mendingan kah say? hehe
oia btw km dari dokter kulit itu dapet apa aja? :))

Reply
avatar
21 Juli 2014 00.32 delete

kondisi kulit berubah total emg krn lepas dari salah satu klinik kecantikan (facial sih tepatnya), tapi kalo alergi baru berasa setahun belakangan :| karena setengah tahunan ini lagi ga fit, jadi kerasa banget deh kalo lagi drop, trus salah makan, efeknya langsung ke kulit muka (biasanya gradakan, kalo ngga hoki ya bruntusan hiks). hmm... iya kali ya bisa jadi kulit kamu jenuh :| cmiiw

emang sebagian besar acne topical solution ditotol doang karena efeknya bikin kulit kering ^^; kalo dipake semuka, salah-salah malah iritasi saking keringnya (terutama di area kayak cuping hidung, pinggir bibir).

Masih on progress say :D So far so good sih, tapi emang progresnya lambat. kalo cepet aku malah was was :)) heheheh. dari dokternya juga dapet obat krim yg mesti dipake dlm jangka waktu tertentu (ga dipake terus2an, paling sekitar 3-6 bulanan); sebelumnya semingguan dikasih obat minum buat alergi; sekarang (selama sebulan) lg konsumsi obat minum buat ngeluarin/nyembuhin bruntusannya ^^;

semangaat~ ( ^o^)/\(^o^ )

Reply
avatar
22 Juli 2014 09.50 delete

oalah oke say hhe. semoga cepet sembuh deh hehe ini mukaku juga kok agak ngelupas2 gitu tp emang ak parah bgt. aku tkut ni ke dokter ini malah gak sembuh -.-
km dikasih krm malem jg sm dokternya? :D

Reply
avatar
22 Juli 2014 09.54 delete

iya sis, aku jg kata temenku, temenku ngilangin bruntusan hilangnya 3 bulan yah, lama ya. kalo di skincare gitu kan cepet bgt sis hilangnya. btw km tinggal di daerah mana? hhe.

Reply
avatar
22 Juli 2014 14.29 delete

oia say, mau tanya sekalian dong. kalo lagi break out gitu, misal uda sembuh, kita gak boleh balik lacare awal yah?

Reply
avatar
22 Juli 2014 19.36 delete

say. ada nomer hp gak? aku minta dong, mau nanya lg soalnya haha kirim ke imel aku ya. Tantytr@yahoo.co.id. maksih :)

Reply
avatar
23 Juli 2014 01.05 delete

iya, emang obatnya biasanya kan dipake malem sis, paginya sunblock :D biasanya kulit yg diobati emg jd rentan sun damage soalnya. aku di Makassar sis.

bukannya ngga boleh sis, tapi takutnya udah ga cocok krn kondisi dan kebutuhan kulit kita udah ga sama *biasanya sih gitu cmiiw.

ntar aku email ya say ^^

Reply
avatar
24 Juli 2014 09.20 delete

Hai sis Hanitis, saya juga punya pengalaman purging waktu pakai nano spray. Wajah saya jadi tumbuh jerawat besar shift2an dan juga jerawat kecil2 meruntus. Jerawat batu jg jadi merekah merah. Diartikel yg saya baca disebutkan bahwa itu proses detox/purging untuk mengeluarkan kotoran yg mengendap di bawah kulit. Jerawat tsb juga mungkin sdh lama ada dibawah kulit kita dan menunggu saatnya keluar. Disarankan saat proses purging terjadi jangan memakai cream perawatan, cukup semprot dg nano spray aja. Setelah melewati proses purging selama 3 minggu, kulit saya jadi lebih halus dan bekas jerawat memudar. Nano spray hanya menggunakan air beroxigen tanpa bahan kimia jadi gak menimbulkan break out. Jadi kalau ingin cantik memang butuh proses. hehehe....

Reply
avatar
24 Juli 2014 21.45 delete

thank you for sharing sista ^^
iya, menyehatkan kulit emang butuh proses dan ketelatenan :D

Reply
avatar
1 Agustus 2014 14.32 delete

Mbak lina aku jg sama lagi perawatan pake nano spray dan skrg lag krluar2.a jrwat komedo jg uda hampir 3mingguan ini memang tidak cocok atau saya sdang mengalami proses purging sama kaya mbak ya..bisa minta pin bb mbak atau no WA mbak??saya mau tnya2 tentang nano spray

Reply
avatar
1 Agustus 2014 15.59 delete

Mbak liana aku minta no mbak dong atau pin buat share tentang nano spray aku jg lg proses purging ni uda hampir 3minggu

Reply
avatar
1 Agustus 2014 21.08 delete

Hai say, komen2 kamu masuk kok ^^; cuma emang kotak komen blog ini dimoderasi jadi ngga langsung kepublish, maap baru baca huhu

btw, aku punya rekomendasi thread forum nano mist/spray
isinya tentang cerita orang-orang yg pake alat tsb.
ni linknya...
http://femaledaily.com/showthread.php?t=9506&page=259
aku juga sempet beberapa kali sharing pengalamanku menggunakan nano mist di thread itu :D

coba kamu baca-baca aja dulu :D dari situ mungkin kamu bisa dapet gambaran kondisi kulit kamu gimana (ga cocok airnya kah, ato emang ga cocok nano, dst). kalo masih bingung, kamu bisa berpartisipasi dgn sharing atau nanya langsung di thread itu :D

semoga membantu ^^

Reply
avatar
18 Agustus 2014 08.12 delete

Sist ikut nimbrung yaa,sebulan kemaren aku pke skincare thailand yg lagi booming niatnya c buat ilangin bekas jerwat yg g kunjung ilang tp udh baru smlm nyadar ni muka ada bintik gt kya jerawat kecil ,klo menurut sist itu breakout atau purging yaa,dan kebetulan sekarang lg pms, tp biasanya klo pmsmuncul jerawatnya cm satu atau 2 itupun cm d dagu aja sekarng malah ada d jidat m pipi,itu mending d hentiin dulu atau d lanjut yaa ni creamnya berbentuk mask gitu jd d pakenya dlmseminggu 2x,,mhon d approve yaa,hehee trims

Reply
avatar
18 Agustus 2014 12.00 delete

hai say :D

jadi untuk nentuin itu purging ato ngga mesti cek ingredient (zat2 yg udh aku cantumin di postingan), soalnya purging biasanya hanya terjadi selama proses penyembuhan jerawat dan pori tersumbat. sedangkan skin care pencerah biasanya ga micu purging (bisa jadi reactive skin atau break out/ga cocok/mekanisme penolakan kulit thdp skin care itu), krn emg ingredient aktifnya bukan untuk ngatasin pori tersumbat atau jerawat.

sebaiknya kamu stop dulu, dan liat gimana reaksi kulit kamu setelah pemakaian dihentikan. karena ini cuma mask ya :D ngga lazim kalo micu purging padahal hanya dipake sminggu 2x *in my opinion.

kayaknya aku ngerti deh mask skin care thailand yg kamu maksud itu. tapi aku ga brani komen sis hehehe... aku pun ga paham tentang itu tapi pernah baca-baca di forum femaledaily.com krn sempet rame, di situ ada pilihan thread diskusi skin care. cari brand yg kamu maksud, dan baca2 diskusi yg berlangsung di thread itu, moga2 dapet pencerahan ^^

ini linknya
http://femaledaily.com/forumdisplay.php?f=43

maaf kalo ga membantu ya sis >.<

Reply
avatar
18 Agustus 2014 12.48 delete

ingredient ada yg kaya di ats sist kya BHA nya yg micu purging,.jd harus di hentiin dulu yaa,tu buat ngilangin bintikbintiknya m jerawat pk apa yaa, sbnrnya muka udah.mulus c cma itu bekas jerawatnya aja yg ggu didagu doang :'( ,harus gmn yaa takut lama sist ,#JadiCurhat hehee
Klo thread yg d forum tu cm bahasannya bkn ruwet sist hhaha,,ntar d baca2..
Jadi hentiin dlu yaa sist??

Reply
avatar
18 Agustus 2014 13.18 delete

Kalo baca2 d forum sih kebanyakan cocok >.< ,,apa gara2 lagi pms yaa,tp klo yaa biasanya cuma satu jerawat yg muncul itupun cm d dagu,jarang dtempat lain plg klo ada jg suka lgsng ilang..,,huwaaa galau ni : '( ..

Reply
avatar
18 Agustus 2014 13.28 delete

BHA (Beta Hydroxy Acid) yg bikin purging di list ingredient/komposisi pasti dicantumkan/tertulis sebagai salicylic acid sista sayang :D contoh kayak hada labo tamagohada AHA-BHA :D AHA pun dicantumkan sebagai glycolic acid, lactic acid, dst ^^ gampangnya, AHA-BHA yg dimaksud di postingan adalah golongan acid2 gitu sis

kalo di ingredient list tulisannya BHA, itu bukan beta hydroxy acid, tapi Butylated Hydroxyanisole/butil hydroxy anisol (kalo ga salah sbg pengawet) ^^

kalo reaksi kulit ga wajar mending dihentiin aja heheheh. kalo bintik2 jerawat biasanya bakal ilang dgn sendirinya, ada juga yg mesti dimatengin/kluarin (tergantung jrawatnya kyak gmna dan penyebabnya apa). bekas jerawat emg lama sis ^^; kalo aku sih yg ngefek buat ilangin noda bekas jerawat pake serum ato kalo mo cepet minta resep dokter buat salep yg ditotol di noda :D

Reply
avatar
18 Agustus 2014 13.32 delete

yah sis kondisi dan kebutuhan kulit masing-masing orang kan beda2, mo produk semahal dan sebagus apapun, dgn klaim paling aman, risiko rendah pun biasanya masih ada aja yg ga cocok dgn zat tertentu dlm produk itu :D

kamu udah kelar baca dari page awal sampe akhir sis? :D

Reply
avatar
18 Agustus 2014 13.48 delete

Yaa deg coba hentiin dulu tktnya mlh mkin bnyak,aku bacanya loncatloncat sih hee,mksh yaa buat sharing nyaa ^^

Reply
avatar
18 Agustus 2014 13.54 delete

iya semangaat sis (^o^)9 moga cepet kinclong amin amin amin
sama-sama :D

Reply
avatar
29 Agustus 2014 23.24 delete

Btw AHA dan BHA itu lbh keras BHA ya? Soalnya sebelum ganti sabun ke JF Sulfur ga gt jerawatan.. sebenarnya efek purging itu berguna ga sih? Maksudnya kl tdnya ga ganti ke sabun itu hrsnya ga kenapa2 kan ya kulitnya.. knp harus disiksa dulu kulitnya br jd bagus? Dan nanti kalau misal kulit dah bagus ga jerawat tp kt ganti skincare buat ilangin bekas jerawat misalnya, nah bakal purging lg ga ya.. jd never ending purging story donk kalo gitu hikss... jd intinya, kalau masa purging dah kelar, apa kt kudu pake produk yg sama seterusnya? Atau bs dirubah lg sesuai kebutuhan tanpa harus ngalamin purging lg? Mohon pencerahan nya :D thanks yaa^^

Reply
avatar
30 Agustus 2014 00.57 delete

keras atau ngganya ya tergantung persen kadar zat itu di produk dan sensitivitas kulit kita ^^

jadi, gini lhoo..
gampangnya, purging itu proses bersihin pori yang tersumbat.
sebum yang tersumbat "dipaksa" keluar dan mateng, makanya jadi merah meradang (jerawat).
kalo kita ga bermasalah dgn yg namanya pori tersumbat ya ngga bakal mengalami purging :D
jadi gausah keburu horor dgn yg namanya purging say xD

aku pun beberapa bulan lalu (setelah purging kelar), selama beberapa hari masih ngolesin krim yg sama dan ngga bikin purging lagi, krn udah ngga bermasalah dgn pori tersumbat.

kalo kulit udh bagus dan berencana ganti skin care, baiknya tetep rutin merawat pori. misal dgn eksfoliasi sel kulit mati, rutin menggunakan clay mask untuk nyerap sebum berlebih supaya ngga nyumbat pori, membersihkan wajah dgn benar, banyak minum air putih, dan menggunakan produk skin care atau make up yg non comedogenic (penting banget nih T.T hiks).

skin care pencerah umumnya ngga bikin purging (paling pencerah yg pake AHA, itupun jarang bgt sbnernya kalo aku baca2 ya cmiiw). purging itu istilah untuk solusi jerawat dan pori tersumbat. kalo muncul jerawat pas pake skin care pencerah, bisa jadi itu kulit yg bereaksi dgn skin care baru atau emang murni ngga cocok.

intinya gunakanlah produk skin care yg sesuai dgn kondisi dan kebutuhan kulit kita ^^ dan ngga perlu takut dgn purging hehehehe.

iyaa sama-samaa :D moga mencerahkan(?)

Reply
avatar
1 September 2014 14.27 delete

hi sis, mau nanya nih.. kalo jidat tiba2 muncul jeriwit kecil2 kayak biang keringat itu bruntusan/purging/apa ya ? jadi ga nyaman pas cuci muka pengen aku amplas rasanya ni jidat T_T

Reply
avatar
1 September 2014 16.57 delete

Hai juga :D
maaf sis aku ngga tau pastinya ^^;

emang kamu lg pake apa? purging itu proses yg terjadi saat penyembuhan jerawat/pori yg tersumbat aja. kalo kamu lg ngga pake produk buat ngatasin clogged pore ya bukan purging.

Reply
avatar
31 Oktober 2014 10.42 delete

buat muka sensitif perlu perawatan yang extrav hati-hati hhe

Reply
avatar
13 November 2014 21.06 delete

sis aku mau nanya nih. udah sebulan kurang aku make facial scrub yg bahannya organik (ingredientsnya emg ga ada bahan kimia) dan aku makenya tiap mandi sore. dari awal pemakaian ampe skrg muncul bintik2 whitehead di jidatku dan kadanh2 memerah walaupun ga jd jerawat. tapi gemes banget pengen aku pencetin satu2. apa ini yg dsb purging ya? kira2 bahaya gak sih facial scrub yg aku pake nih? ampe skrg bintik2nya ga hilang2. minta solusinya dong sis :(
makasih yaaa

Reply
avatar
13 November 2014 23.06 delete

facial scrub ga boleh dipake tiap hari sis, ntar malah iritasi atau merah-merah. untuk kulit kombi atau oily cukup 2-3x seminggu, dan yang kulit kering cukup seminggu sekali.

purging ga kayak gitu sis. kayaknya kamu ga cocok, atau mungkin karena keseringan pake. ingredient organik emang bagus, alami, tapi ngga ada jaminan cocok di semua orang, karena tiap kulit itu kondisinya beda-beda.

coba kamu stop dulu, ga pake scrub itu selama beberapa minggu, liat makin parah atau malah membaik. trus cek lagi cara kamu bersihin muka udah bener atau belum; skin care atau make up yang kamu pake ada kandungan yang comedogenic ato ngga. banyak-banyak minum air putih juga ya sis. jangan dipencetin, ntar bekasnya susah ilang.

Reply
avatar
18 November 2014 17.27 delete

halo sis aq mau nanya tapi via email ajaya jawabnya ...aq udah skitar8-9th pakai krim2utk jrawat dr klinik kcantikan...udah 2kali aq ganti tempat klinik kcantikan ...wajah aq sensitif oily acne prone..skg udah 2bln lepas krim klinik kcantikan dan bralih ke skin cafe shiseido...kata spgnya sih bakal melewati masa purging 1bln lebih..ini aq udah pakai 1minggu an dan banyak jrawat2kcil di kening da pipi aq...jrwat besar ada1..dan itu on off pindah2 tp skitar kening da pipi.mnurut sis gimana ya aq trusin atau ga? baru 1 minggu sih aq pake skin care dr shiseido ini varian utk kulit oily acne prone..ow iya email aq : dian.riantini@gmail.com....blsnya via email ya .thx sis ;)

Reply
avatar
23 November 2014 15.18 delete

Hai sis ikut nimbrung yah^^
Saat ini kulit aku lg bruntusan kecil2 gitu trs muncul jrwat gede2 smpe ada matanya tp cepet kempesnya jga sih pas ditotolin obat jerawat, cuman smalem lgsg kering tapi itu pindah2 gitu trs di pipi kanan kiri sm jidat juga bruntusan kecil2 gitu sm kaya ada jerawat kependem, pdhal dulu ga pernah kaya gini hikks :'( plg klo pas pms itu jga satu dua, awalnya aku coba ke skincare niat awal cuman facial eh kok enak trs cocok kayaknya trs lanjut pake sabun mukanya (stlah konsul tentunya) cocok juga, tapi ya itu msh ada jrwat satu dua tiap pms aku beli obat jrawatnya juga, ngefek bgt sih klo dipke rutin tp aku malesan orgnya :D jd ya klo pas ada jrawat aja, pdhal suruhnya sih walopun jrawat kecil ato hariannya ttp suruh pke tipis2 buat ngontrol minyak juga, lalu aku jga make krimnya juga sm cleanser tp gapake toner. Awal2 sih gapapa cuman iya kering2 gitu mukaku tp katanya salah prosedur pake kebanyakan (haha maklum ga biasa pke krim oles tipis2 gitu) trs pas krimnya abis aku coba brenti pdhal baru 2bulanan ngetes juga bkin ktergantungan gak. Trs pas itu jga jarang ngebersihin muka, pke cleanser dll, plg pke sabun jga kalo inget hikz.. Jadi smpe skrg gapake krim apapun cuma pke sabun muka sm itu obat jrwat deh buat ngempesin. Itu purging apa breakout yah sis ? Gak perih sih, gak gatel juga cuman rasanya aneh gitu ini wajah asalnya mulus jd bruntusan gini. Tipsnya donk sis, trs what I do and don't -nya juga, ceroboh bgt soalnya aku ini. Masih minim bgt pngetahuan soal skincare gitu hiks..

Sory sis panjang gini komennya, bs bales lewat email aja yah sis : farhana.enef@gmail.com
Thanks before :)

Reply
avatar
25 November 2014 05.43 delete

terimaksih banyak mba blog nya keren,top,cetar,epic ,aslinya bisa belajar tentang skin care dri blog ini,bisa request info tentang Pure marine collagen ? ,mksh sebelumnya mba

Reply
avatar
26 November 2014 13.21 delete

Makasih :)

pmc merknya macem-macem ya? salah satu yg aku dapet dari browsing2 ini...
"MORO’S PURE MARINE COLLAGEN
ijin P-IRT No. 204.2101090169-18

Telah memenuhi Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia No. HK .00.05.5.1640 tanggal 30 April 2003" ---> copas dari situsnya

P-IRT 204.2101090169-18 --> no ijin moro's pmc

2 = jenis kemasan adalah plastik
04 = kelompok jenis pangan yaitu sayur dan hasil olahnya (mis. acar, asinan sayur, jamur asin/kering, sayur asin / kering, sayur kering)

2101 = kode propinsi, kabupaten/kota adalah propinsi Kepulauan Riau, kabupaten Karimun

coba cek dan cocokin nomor pirt nya di link...
http://dinkes.kulonprogokab.go.id/index.php?pilih=hal&id=23
http://www2.pom.go.id/public/hukum_perundangan/pdf/Per_SPP-IRT.pdf

ada beberapa hal yang aku ngga paham krn kurang jelas dan ini juga bukan bidangku ya, modal browsing doang. coba tanya dinkes tempat keluarnya ijin produk tersebut atau hubungi BPOM by email aja --> ulpk@pom.go.id

http://ulpk.pom.go.id/ulpk/home.php?page=faq&faq=obattradisional
http://ulpk.pom.go.id/ulpk/home.php?page=faq&faq=komplemen

btw, kalo mau minuman kolagen juga banyak dijual di drugstore kayak century, guardian, dll
maaf kalo ngga membantu ^^

Reply
avatar
27 November 2014 20.56 delete

Hai Farhana :D salam kenal ya
maaf baru bales T.T

sebenernya kalo mau lepas dari krim dokter (idealnya) ngga boleh ujug-ujug lepas, baiknya dikonsultasikan dulu. soalnya aku dulu juga pernah gegabah lepas dari krim dokter, hasilnya kulitku jadi kusam jerawatan.

kalo dipikir-pikir sih, yang aku (dan mungkin kamu juga) alamin, adalah masalah maintained or not. emang kulit kita kalo ngga telaten dirawat seperti itu aslinya, bukan karena ketergantungan. karena setelah aku mulai telaten ngerawat lagi, rutin maskeran, dan dikit-dikit perbaiki pola makan, banyak minum air putih, pola tidur, kulitku juga menunjukkan progres ke arah yang lebih baik.

Reply
avatar
27 November 2014 21.33 delete

haloo maaf baru bales :D udah aku kirim ke email ya sis

Reply
avatar
Anonim
7 Desember 2014 19.18 delete

Hai ka. 2minggu ini aku pake skin care dari merk yg berbeda 1produk sbg toner fungsinya melembabkan,mencerahkan, memperbaiki tekstur kulit, yg 1lg sbg krim malam bangun tidur muka lembab enak aja ga terlalu berminyak jg. Aku bingung nih 2hari ini mukaku gatel2 ntah kenapa lama2 jd kering :( tp ga muncul jerawat atau bruntus di muka (anehnya). Ini namanya purging atau breakout atau reactive skin yah aku bingung. Mau k dokter ko rasa.y tkt makin menjadi ya :( Ngobatin.y gmn ya ka :(
Aku bingung produk mana yg ga cocok sama kulitku yg sensitif ini. Please email me ka (zSHOP30@gmail.com) thank u

Reply
avatar
14 Desember 2014 14.27 delete

Hai, maaf banget baru bales...
coba diselang seling sehari pake sehari ngga (pake 2-3 hari sekali) untuk produk yg kamu curigai memicu reaksi gatel di kulit kamu, kemudian liat efeknya di kulit kamu.

coba juga cek tipe dan kondisi kulit kamu, kemudian cek fungsi zat-zat di list ingredient produk dan kesesuaiannya dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu :D abis itu evaluasi apakah emang pure ga cocok atau ada faktor lain yg menyebabkan kulit kamu bereaksi seperti itu.

kalo ragu, coba distop aja selama beberapa hari.

semoga membantu ^^

Reply
avatar
21 Desember 2014 00.49 delete

hai kak, aku pakek vitacid udh 1bulan lebih, trus mukaku muncul jerawat lebih bnyak dr biasanya ada yg kecil kecil gitu kayanya bruntusan deh.. tapi selama 1bulan lebih ini prosesnya masih gitu giu aja.. yg jerawat kecil jadi gede trus mateng trus 4 hari kemudian kmpes trus membekas trus mengelupas trus nongol lagi deh yg baru.. trus yg aku aneh bruntusannya itu cukup ngegerombol sampe sampe kalo diliat dr photo kaya bekas luka (item gitu).. nah kalo boleh tau itu kira kira break out atau purging ya ka?

Reply
avatar
25 Desember 2014 00.37 delete

Hai juga :D maaf baru bales

jangankan sebulan, ada kok yang udah mo 2 bulanan lebih jerawatnya masih timbul tenggelam dan dokternya tetep anjurkan untuk melanjutkan pake retinoic acid karena emang proses penyembuhannya seperti itu

semakin serius masalah kulit kamu, biasanya emang butuh waktu yang lama untuk nyembuhin.
untuk lebih jelasnya coba konsultasikan dan minta saran ke dokter aja baiknya gimana :D

Reply
avatar
Anonim
28 Desember 2014 12.52 delete

Sis, mau share tanya2 dong jd 1 minggu ini baru pakai strong acid katanya untuk jerawat. Mukaku memang awalnya sudah jerawat tp stelah pakai itu 1 minggu keluar jerawat2 batu. Gimana ya sis ini detoks atau bukan ya :( sedih bgt huhu

Reply
avatar
28 Desember 2014 23.59 delete

strong acid air?

gini...
detoks tubuh itu gaweannya ginjal dan hati say.. cmiiw ya... kalo kamu mau ngeluarin racun2 dan kotoran di kulit, dengan air disemprotin ke muka aja ngga cukup. kalau mau detoks pake semprotan air, sedangkan toksin di liver (atau dlm tubuh kamu yg menyebabkan kulit bermasalah) dibiarin gitu aja ya sama aja boong dong :D bahkan yang namanya kulit purging pun hanya terjadi kalau ada zat aktif yang bekerja untuk mengatasi pori yang tersumbat.

yg perlu dipahami, ph kulit masing-masing org itu beda, mungkin (just maybe) ph air strong acid itu terlalu asam buat kulit kamu, makanya berdampak seperti itu. coba distop aja pemakaiannya...

semoga ngga kenapa2 kulitnya :D good luck

Reply
avatar
6 Januari 2015 08.08 delete

Kalau pakai tea tree the body shop bs purging gak ya? Soalnya baru seminggu muncul jerawat kecil2 di dagu, pipi, dahi.. wajar kah?

Reply
avatar
11 Januari 2015 21.40 delete

ass.. mba aku mahasiswi 18th, udah sekitar sebulanan pakai lightening series w*rd*h terus timbul bruntusan isi lemak gitu, apa aku lagi mengalami purging ya? sebaiknya aku lanjutin atau balik ke skin care lama aku ya mba? terus perawatan saat bruntusnya gimana? apa dikeluarin lemaknya, dibiarin aja, di olesin vitacid atau gimana gitu ya mba?

Reply
avatar
15 Januari 2015 00.18 delete

Waalaikumsalam...
aku kurang tau soal produk tsb.
kalo isi lemak aku ngga ngerti ya, coba konsultasikan ke dokter.
maaf kalau ngga membantu :)

Reply
avatar
15 Januari 2015 01.27 delete

purging itu khas. dalam artian, walau banyak jerawat yang muncul, tapi mateng dan keringnya juga relatif cepet dibanding jerawat biasa cmiiw. biasanya juga ga nyebar. jadi yang bereaksi emang kulit yang porinya kesumbat doang.

coba diamati lagi. karena emang banyak orang yang malah break out menggunakan tea tree oil. bukan berarti tea tree oilnya ngga bagus, tapi emang ngga cocok ^^; di sebagian orang, tea tree oil terlalu keras/harsh untuk kulit mereka. coba kamu baca-baca di acne.org, ada beberapa yg sharing ga cocok pake tea tree oil buat ngatasin jerawat.

Reply
avatar
16 Januari 2015 23.05 delete

Say mau nanya jg donk,,hehehe wajahq ini acne prone banget (jerawat gede) nah hampir sebulan pake snail cream hasilnya lumayan memuaskan jerawat yg muncul cepat sembuh,,nah seminggu ini sy ganti facial wash dengan himalaya (sebelumnya pake punya etude tp bikin wajah jd keset banget berasa tebel kulitnya) awalnya sih enak pakenya muka gk jd ladang minyak,,tp semakin kesini tiap kali habis cuci muka wajah jadi perih trus muncul bruntusan di dahi dan pipi,,muka jadi kasar bangetT.T padahal sy jarang bruntusan krna ganti facial wash dan sekarang lagi dibarengi dengan jerawat krna mau pms,,,sy agak bingung ini bruntusannya krna pms ato gk cocok sm sabun mukanya?

Reply
avatar
17 Januari 2015 13.27 delete

halo halo :D
bisa jadi karena dua-duanya say... udah aku bales di email :D

Reply
avatar
18 Januari 2015 15.15 delete

hallo .. saya mau tanya sekaligus curhat ... saya mulai jerawatan yang super duper berat semenjak kkelas 2 smk dan awal kelas 3 akhirnya saya coba melakukan perawatan ... mulai dari peeling acne yang rendah kadarnya sampe yang berat hasilny apertama lumayan tapi setelah 2 minggu kemudian ada jearwat 1/2/3 hehehe peeling buat pengelupasan bekas jerawatnya juga dilakukan sebulan sekali abis itu facial tapi kulit jadi bopeng" ... :'( akhirnya saya coba untuk berhenti perawatan karena selain harganya yng mahal trus juga hasilnya ga maksimal ... baru beberapa hari ini saya pake snail cream gel setiap awal make itu muka berasa panas kemudian jerawat yang ada di jidad jadi merah benget baru beberpa menit kemudian ga panas dan merah berkurang kalo kaya gitu itu break out atau emang kulit lagi menyesuaikan ya? saya stresss banget jerawat ga sembuh" ini udah hampir 4 tahun ke dokter kulit dan memakai produk yng lainnya juga hasilnya nihil .. tolong di jawab ya sis ... terima kasih #salamjerawat hehehehe

Reply
avatar
18 Januari 2015 17.03 delete

Halo :D salam kenal ya
kamu olesinnya udah tipis-tipis blom? apa udah make tipis tapi masih panas dan merah?
kalo break out mah ngga mereda berhari-hari, itu emang produknya lagi bekerja maybe :D

kalo udah bertahun-tahun gitu, cek makanan,minuman, dan pola hidup secara keseluruhan.
coba baca di laman FAQ blog ini udah aku bahas sepintas :D

sama-sama :D moga cepet mulus kulitnya amin amin amin
good luck :D

Reply
avatar
28 Februari 2015 12.51 delete

Pertama tau purging itu pas lagi baca baca review di salah satu beauty blog. Terus kepo akhirnya searching sampe sini deh, dan akhirnya jadi tau juga tentang reactive skin sama break out.
Dulu aku pernah pake body lotion dari oriflame yang khusus untuk kulit sensitif. Aku kira ngga masalah kalo untuk body lotion pake yang tipe apa aja. Tapi ternyata setelah seminggu atau dua minggu aku pake body lotion itu, di kulit di sekitar pergelangan tangan kiriku muncul bentol bentol warna merah dan itu gatel banget. Bentol bentol itu kalo udah kering jadi menghitam gitu dan itu bikin aku panik banget. Aku langsung berhenti pake body lotion yang khusus untuk kulit sensitif itu dan ganti ke body lotion oriflame yang khusus buat kulit kering (kulitku normal cenderung kering). Aku bersyukur banget dalam waktu kurang lebih satu bulan bekas dan bentol bentol di kulitku ilang dan sekarang kulitku bersih lagi.
Sampe sebelum aku baca artikel ini aku masih ngira kalo bentol bentol yang aku alamin tadi itu masalah yang gawat banget, tapi ternyata itu wajar kalo kita emang ngga cocok sama suatu produk skin care.
Tapi aku ngga bisa bedain sih sebenernya apa yang aku alamin tadi itu reactive skin atau break out .-. Anyway thanks for sharing!:-)

Reply
avatar
28 Februari 2015 13.17 delete

Wah syukurlah kalo kulit kamu udah membaik :D terima kasih udah sharing di mari.
iya, biasanya itu bentuk reaksi penolakan sama zat tertentu yang ngga cocok buat kita hehe.

Reactive skin itu ngga separah break out (sependek pengetahuanku, ga sampe bentol gatal-gatal gitu).
Mudahnya, (reactive skin) begitu pemakaian produk dihentikan, kulit berangsur-angsur pulih dengan sendirinya dan misal produk dilanjut, kulit udah bisa adaptasi.
Kalo break out biasanya emang kudu distop, diobatin/ditanganin dengan produk atau treatment lain (karena emang ga cocok blas atau alergi dengan zat tertentu) cmiiw.

sama-sama, senang kalau bermanfaat :D

Reply
avatar
Anonim
3 Maret 2015 12.16 delete

Mbak, mo tny donk. Aq lg pke skin care Thailand, salmon bright. Seminggu awal pake kulit cerah tp masuk mggu ke 2 mulai menggelap. Apa itu purging? Trus komedo2 dalam (itu jenis komedo yg susah bgt dihilangin krn emg ada didlm kulit tp klhtn sbg bintik2 hitam.. Cmiiw) jd pada menonjol gt ky' bruntusan. Kulitku super kering. Tlg pencerahannya ya mbak. Makasih :)

Reply
avatar
Anonim
3 Maret 2015 21.03 delete

Mbak, mungkin gak purging terjadi stlh 2 mggu atau sebulan pakai skin care? Trus kan purging lamanya 2-6 mggu, itu dihitung dr mulai purging atau dari awal pakai skin care?

Reply
avatar
4 Maret 2015 08.27 delete

Purging itu hanya terjadi dalam proses pengobatan jerawat dan pori tersumbat. Umumnya dipicu sama obat yang ditujukan untuk mengatasi pori tersumbat, jarang yang dikarenakan skin care. Skin Care itu kan produk perawatan :)

Biasanya reaksinya cepat :) dalam beberapa hari pake proses purging udah terjadi

Reply
avatar
4 Maret 2015 08.34 delete

Coba cek aja ingredientnya, apa mengandung glycolic acid, lactic acid, malic acid, citric acid, tartaric acid, salycilic acid, tretinoin, dan acne topical solution lainnya :)

kalo ngga ada, bisa jadi emg krn cara bersihin kulit wajah ngga bener, atau emg ngga cocok dgn produk tsb. Tanyakan pada sellernya ya :D saya ngga tau produk itu hehe

maaf kalo ngga membantu

Reply
avatar
Anonim
5 Maret 2015 13.15 delete

Oh, iya ada mbak. Ada glycolic acid, malic acid sama tartaric acid. Berarti proses penggelapan itu mmg karena purging ya? Klo linoleic acid sama linolenic acid apa termasuk juga? Soalnya juga ada di ingredients nya.

Reply
avatar
Anonim
5 Maret 2015 13.16 delete

Obat yang ditujukan untuk mengatasi pori tersumbat biasanya mengandung ingredients apa?

Reply
avatar
5 Maret 2015 20.40 delete

purging itu ngga ditandai dengan penggelapan say :D pengaruhnya ke pori yg tersumbat, bukan pigmentasi pada kulit

Reply
avatar
5 Maret 2015 20.45 delete

udah disebutkan di atas dear ^^ biasanya dokter ngeresepin tretinoin atau retinoic acid

Reply
avatar
Anonim
7 Maret 2015 05.58 delete

Jd penggelapan yg terjadi karena apa? Aku soalnya kalau pakai skin care yg baru pasti jadi gelap dulu. Kadang nanti jadi cerah atau malah jadi gelap seterusnya.

Reply
avatar
7 Maret 2015 11.01 delete

ya banyak sebabnya :D salah satunya (yg paling umum) karena sinar uv kan? (ngga pake sunblock sekitar jam10pagi-3sore). Emang banyak yg ngalamin kayak kamu juga ^^ org2 pake istilahnya "habis gelap, terbit terang". cuma untuk tau pastinya coba tanyain ke customer service atau seller produk itu ya, soalnya aku ngga tau ^^ maaf

Reply
avatar
13 Maret 2015 14.12 delete

ya ampuuuun kebetulan banget. aku hampir hopeless aja nih sama skincare baru aku. seminggu pertama pake muncul seonggok jerewi di jidat. yg ada di pikiranku adalah "yaaah, lagi lagi gak cocok sama skincare baru". semoga ini yg dinamakan purging. huhu. aku masih baru bgt nih berkecimpung di dunia kecantikan. hahaha.

Reply
avatar
14 Maret 2015 08.55 delete

kalo bener purging, selain telaten dgn perawatan luar, coba diboost juga dengan nutrisi, banyak minum air putih, jaga pola tidur ^^ kalo tubuh kita sehat, kulit kita juga jadi lebih oke dan lebih cepet pulihnya ^^

gapapa sis :D kan bisa saling tukar informasi hehe
btw salam kenal yaa

Reply
avatar
Anonim
30 April 2015 13.37 delete

Hai aku mila. maaf ni aku mau tanya. Sebelumnya kan aku pake krim yg mengandung hidroquinon trus skrg aku mau insaf ni aku istrahatin wajah ku seminggu trus aku pake facewash hadalabo tamagohada sama krim siang wardah trus di muka ku tuh kaya tumbuh bintik bintik merah kaya jerawat atau kaya komedo gitu. Soalnya kecil si merah merah banyak. Ituh termasuk purging atau breakout juga kah ? Mohon penjelasannya makasih

Reply
avatar
Anonim
30 April 2015 19.12 delete

Mau curhat hehe maaf ya aku anon. Muka aku agak jerawatan gt deh apalagi di bagian jidat, trus aku nyobain scrub dari salah satu produk ternama gt.aku baru 2x pake gitu. Pas aku cobain pertamanya sih mulus, terus pas malemnya muka aku langsung gatel gatel gitu sampe skrg trs merah gitu. Itu kenapa ya? Break out atau kenapa? Hehe

Reply
avatar
6 Mei 2015 08.53 delete

Halo Mila :D salam kenal ya

Bisa jadi kulit mengalami rebound setelah lepas dari krim hidrokuinon, kemudian kombinasi wardah dan tamagohada ngga match dengan kondisi dan kebutuhan kulit kamu, wallohualam.

Baiknya coba distop, dan amati perubahan dan progres kulit setelah pemakaian produk dihentikan. Jika reaksi yang ngga wajar berlanjut, coba konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yg tepat (supaya ngga makin parah).

semoga membantu :D have a nice day

Reply
avatar
6 Mei 2015 08.59 delete

Sependek pengetahuanku, baiknya menghindari scrubbing dan pijat di kulit yang sedang mengalami jerawat... karena dikhawatirkan akan menstimulasi bagian kulit yang bermasalah (malah makin parah). baiknya pemakaian dihentikan. Kalo ga salah inget ya, biasanya gatal-gatal itu adalah reaksi alergi atau penolakan kulit thdp skin care yg ga cocok, cmiiw, wallohualam.

Reply
avatar
27 Mei 2015 20.36 delete

Aku pangen nyoba sk ii fte tapi takut g ada pengaruhnya soalnya aku udah 8 th pake obat dokter dan sekarang malah jerawatan bruntus kecil2 dan merah bangt muka ku kayak kepiting rebus...mohon saranya ini termasuk kondisi break out atau purging..dan klo pke sk ii fte bisa g kulit muka ku berubah menjadi lebih baik...soalnya aku udah nyoba n****** 5 th dan j***** 3 th...sis bisa g aku dibls via email...boleh dgn kekurangan dan kelebihan sk ii fte ...trimaksh byk..:)

Reply
avatar
27 Mei 2015 20.40 delete

Sis aku udah perawatan di n****** 5 th dan sekarang pindah ke j***** udah 3 th..dan sekarang kulit muka ku jadi bruntusan dan merah..apa ini namanya break out atau puriging..trus klo pke sk ii fte ada bagusnya g..mksh

Reply
avatar
28 Mei 2015 15.02 delete

Help me sis...aku jg lagi patah arang gara2 jerawat..udah 3 th pke produk j******skincare malah keluar jerawat bruntus2 dan muka ku jadi merah kayak kepiting rebus..dulu ini pernah aku alamin waktu aku perawatan di n*******. Sekarang aku mau coba sk ii . Sista py pengalaman g kalo orang yg kayak aku udah 8 th pke skincare trus pindah ke sk ii gimana efeknya? Trus baiknya aku pake produk yg mana nih...ampe punya pikiran apa aku bisa bebas jerawat kalo udah menopouse y...hik hik...:(..bls via email y sis..mksh. latifahsiti12@gmail.com

Reply
avatar
2 Juni 2015 20.34 delete

Mbaa aku boleh ikutan tanya...ak ka pindah ke negeri sakura disini baru 2 bulan muka timbul black spot..trus ak pake produk no.1 di jpg baru 1.5 bulan sih...muka kdg kering kusam n mengelupas terus kdg timbul bentol2 gatel gitu tp ada yg sebentar ada jg sampe bsk pagi baru hilang...udah gitu pori2 nya agak membesar...to mmg black spotnya tambah byk tp agak memudar..apa itu namanya furging atau breakout yah...makasih mba ...

Reply
avatar
2 Juni 2015 20.38 delete

Mbaa nanyaa n curhat yah...aku baru pindah ke jpg...tiba2 dlm 2 bln muncul black spot pdhl musim dingin...ak coba pake SK II...baru 1.5 bulan...muka ku kusam mengering..kdg timbul bentol2 sebentar az tp ada jg yg sampe besok trus mengelupas deh...udah gitu pori2 pun agak membesar tp memang black spot tambah banyak tp agak menipis warnanya...apa itu furging atau break out yah mba..makasih infonya

Reply
avatar
7 Juni 2015 12.09 delete

Maaf banget baru bales T.T
Iya sis, udah aku bales by email :D

Reply
avatar
7 Juni 2015 12.13 delete

Purging hanya terjadi dalam proses pengobatan kulit akibat jerawat/pori tersumbat. Umumnya dipicu dengan tretinoin, AHA, BHA dalam kadar tertentu.

Kalo kamu ngalamin gatel krn skin care, bisa jadi itu reaksi alergi/penolakan dari kulit karena (kemungkinan besar) ngga cocok dengan produk tsb. bukan berarti produknya ngga bagus, tapi emang ngga match antara produk dan kebutuhan kulit :D

Reply
avatar
11 Juni 2015 22.08 delete

Aku tadi udah coba comment tapi gak yakin masuk apa ngga jadi aku tulis lagi aja ya mbak hehehe.

Aku udah 4 tahun pake obat dokter tapi makin kesini ngerasa gak ada perubahan. Kulitku ini sensitif, jerawat kalo pms, dan hampir setiap saat beruntusan. Sampe aku akhirnya kegoda pake kiehl's blue moisturizer karena banyak yang bilang bagus. Aku beli dan di rekomendasiin sama si consultantnya.

Nah salahnya aku gak pake jeda dari obat dokter ke kiehl's ini. Hari ini stop obat, besoknya kiehl'snya langsung aku pake. Alhasil ini jerawatku yang gede-gede mateng. 4 hari kemudian muncul beruntusan dan ada putih-putihnya terutama dibagian pipi (karena pori-poriku besar)

Aku mau nangis ngeliat mukaku sekarang huhu ini gimana ya mbak apa termasuk purging kah? Stres banget soalnya ini gateeel dan putih-putih kecil. Ilfeel banget deh sama muka sendiri.

Please help mbak, via email juga boleh sashafiraa81@gmail.com.

Thank youu ㅠㅡㅠ

Reply
avatar
20 Juni 2015 22.46 delete

Mbak... bagus artikelnya ;)
Oh ya, aku lg pke krim dr SpKK nih.. Dkasih krim pg, sunblock, krim malam, dan 1 pot gel bening ada tulisan CL (benzolac bukan ya??)... Gel beningnya ditutul aja ke jrwatnya katanya. Nah Krim malamnya bikin purging, apalagi di jidat, grindil2 gitu komedonya, ada yg merah juga jrawat kecil2 gitu.. Aku mau tanya dong.. jrawat yg muncul krna purging apa harus ditutul gel bening juga gak ya? atau dibiarkan aja, kan purging (ngeluarin) heheh aku fikirnya sih gitu.. Minta saran ya Mbak kali aja tau heheh..

Reply
avatar
22 Juni 2015 07.21 delete

Aku purging udah 2 mingguan lebih aku make skii katanya sih wajar kalo purging, kulit ku sampe kering banget hampir mengelupas tapi g ngelupas malah cenderung gatal terus ada bentol kayak di gigit semut gitu itu normal g y?

Reply
avatar
22 Juni 2015 07.23 delete

Aku juga gitu mbak bentol nya kayak di gigit semut tapi g ngelupas kulit malah jadi kering banget sama kadang gatal

Reply
avatar
22 Juni 2015 13.00 delete

Kak muka ku dulu mulus no jerawat paling ada satu tp beberapa hilang lagi... tapi ko sekarang banyak jerawat kecil di bagian pipi belakang yah merah"... itu purging atau break out help me :'(
Aku harus gmna ya dear :'(

Reply
avatar
Catherine
22 Juni 2015 23.46 delete

Membantu sekali postingannya sis! Aku skrg baru coba liquid face and body wash sebamed, padahal pHnya 5.5 tapi kok malah muncul jerawat ya? Emang sih muka aku jga ga mulus2 amet alias jerawat kecil2, tpi jdi bingung ini breakout atau purging sis, ada masukan??

Reply
avatar
23 Juni 2015 13.21 delete

Hi , awalnya aq pake cream dr , karna iseng" aq jalan ke ke mall pas di jkt tergodalah make skII dan selamg 2 minggu ada muncul jerawat banyak di jidad jdnya aq berhenti n ga tau klo gi masa purging jd langsung balik ke cream dr selang setaun kemudian aq buka" IG n liat ada sK II mulai keracunan lagi n konsul ma ol nya tu di n aq cerita dlu dah pernah pake mba nya langsung nyuru beli gc, CL,fte,stempower,repair c, srt n masker fte kubelilah tu produk semua karna pengen bngt kulit bening sebelumnya mang dah jerawatan dan jeng jeng setelah pemakain 3 minggu muncul jerawt gede" yg ada nanahnya sakit bngt klo ke sentuh makin hari makin parah n aq baca searching sana sni ternyata aq salah seharus nya pake yg paket pemula dulu hiks hiks dengan penuh penyesalan aq balik lagi ke basic bil kompres fte tiap hari benr" boros bngt , ampe skr masi meradang gtu jerawatnya , aq harus gmana ,???? malu klo ketemu orang sedangkan aq tiap hari kerja hiks hiks ni bener" ga cocok apa gmana sih,? Ada yg bilang kulit yang gampang jerawat ga boleh pake CL dah ku ganti pake WSCL tp masi tetep jerawatan , Total pemakaian dah mo 2 bulan trus yg balik tahap awal dah 21 hari

Reply
avatar
ana
23 Juni 2015 13.44 delete

maaf mau curhat soal kondisi wajah q..kulit q berminya..udh jretan 12 th blm smbuh..udh 2 kali ganti dokter kulit dan 2 kali ganti klinik kcnttikn..udh beberpa kali pke obat apotik dan skincare kyk di iklan2 tv dan crem gajebo..tp belum juga sembuh..4 bulan lalu saya masih preatan di klinik xxx tp krn udh 20 kali prwtan muka msih aja berjrwat dan kusem bget..akhirnya berhenti dan ditwari tm krim i'm..q****..1 minggu muka lgsg putih krn takut akhirna berhenti..trus skrng pke w*rd*h acne series..jidad bruntusan dan jrwt munculkering muncul lagi..tp skrng tinggal sedikit yg hidup n lainya tinggal bekasnya..tp bruntusan dijidad masih dan bekasnya belum ilangr..sudah 1 bulan saya pke skincare ini.kata spgnya produk ini memicu purging krn ada zat yg mb sebutkan diatas..dan ktnya lama purging tergantung kondisi wajah...tp saya msh bg..apakah ini purging lama krn kondisi wajah saya g parah atau tidak cocok...mau berhenti tkut ini mg lg penyembuhan..atau saya perlu stop aja dan cari dokter kulit lain lagi..pdhl slm pke produk itu saya juga rajin pakenya dan minum air putih diperbanyak juga minum kapssul bersih darah..mohon sarnya..terimksih

Reply
avatar
ana
23 Juni 2015 13.57 delete

mmaf mau curhat soal kondis wjah q..kulit q berminya..jrwtan udh 12 th tp blm juga smbuh..sudh gonta ganti dokter kulit.. perwtan klinik kcntikan..obat apotik..bahkan crem gajebo..4 bln yg lalu q prwtan di klinik kcntikan sudah 20 kali tp jrwta masiha aja muncul ilang muncul lg pas pms..trus muka kusem bgt..udh g makan ayam..telor. kacang mi dll 1th nan tp ttp aja jretan..akhirnya berhenti dan ditwari krim im q***..1 minggu jrwt ialng dan muka putih bgt..ttttrus muncul jrwt gede2..akhirrnya berhenti takut terjrumus lagi..trus 1 bln ni pake war*** acne serie..tp jidad bruntusan..jrwt di area hairline bykkkk bgt..trus muncul bebrpa jrwt gede yg mpe skrg blm ilang2..kt spgnya produk ini memicu purging dan lamnya sesuai kondisi kulit..q udh 1 bln pke..bgggg apaaakah ini purging atau tdk cocok mb? melihat kondisi wajah q yg udh parah..mnurut mb..beneran ini proses penyembuhan atau emang tdk cocok dan harus stop..mohon saranya..terimksih

Reply
avatar
23 Juni 2015 16.32 delete

Hi aq luci mo minta saran donk sist, awalnya aq pake cream dr , karna iseng" aq jalan ke ke mall pas di jkt tergodalah make skII dan selamg 2 minggu ada muncul jerawat banyak di jidad jdnya aq berhenti n ga tau klo gi masa purging jd langsung balik ke cream dr selang setaun kemudian aq buka" IG n liat ada sK II mulai keracunan lagi n konsul ma ol nya tu di n aq cerita dlu dah pernah pake mba nya langsung nyuru beli gc, CL,fte,stempower,repair c, srt n masker fte kubelilah tu produk semua karna pengen bngt kulit bening sebelumnya mang dah jerawatan dan jeng jeng setelah pemakain 3 minggu muncul jerawt gede" yg ada nanahnya sakit bngt klo ke sentuh makin hari makin parah n aq baca searching sana sni ternyata aq salah seharus nya pake yg paket pemula dulu hiks hiks dengan penuh penyesalan aq balik lagi ke basic bil kompres fte tiap hari benr" boros bngt , ampe skr masi meradang gtu jerawatnya , aq harus gmana ,???? malu klo ketemu orang sedangkan aq tiap hari kerja hiks hiks ni bener" ga cocok apa gmana sih,? Ada yg bilang kulit yang gampang jerawat ga boleh pake CL dah ku ganti pake WSCL tp masi tetep jerawatan , Total pemakaian dah mo 2 bulan trus yg balik tahap awal dah 21 hari , tolong kasi saran donk sis hiks gi galau tingkat tinggi

Reply
avatar
25 Juni 2015 06.26 delete

Maaf banget baru bales

CL? Clindamycin?
Iya, sepengalamanku dulu gel beningnya emang dioles di area kulit yang bermasalah (jerawat yg emang udah eksis sblum berobat, jerawat purging, bruntusan). Ntar ada yang kering dengan sendirinya, ada juga yang keluar mateng dulu baru kemudian kering. Pastinya gimana coba konsultasikan ke dokter yang bersangkutan :D Semangat yaaa, semoga cepet sembuh kulitnya ^^

Reply
avatar
25 Juni 2015 06.38 delete

Maaf baru bales...
Skin care yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit kita biasanya ngga menunjukkan reaksi reject atau reaksi yang ngga wajar seperti gatal, iritasi, perih, dan lainnya cmiiw, wallahu'alam

Insya Allah aku bahas lagi tentang purging. Karena aku juga sedang ngobatin kulit pake tretinoin dan mengalami purging ^^ Intinya, purging (umumnya) hanya terjadi dalam proses nyembuhin jerawat atau problem pori yang tersumbat.

Reply
avatar
25 Juni 2015 06.43 delete

Halo Annisa Syafira, mohon maaf baru bales, soalnya kemarenan berhalangan buat balesin email T.T

Itu bukan purging, tapi efek rebound setelah lepas dari krim dokter.
Udah pernah aku bahas di post ini http://haihanitis.blogspot.com/2015/02/tentang-krim-dokter-pengakuan-dosa-lol.html

Sekali lagi mohon maaf balesnya telat, ntar aku emailin juga ke email, insya Allah.

Reply
avatar
25 Juni 2015 07.20 delete

Masalah kulit tu ngga hanya tentang kosmetik say (make up/skin care) :D bisa jadi karena stres, pola hidup yg ga sehat, ketidakseimbangan hormon, dan lainnya. Jadi, baiknya kalo kulit tau-tau jadi bermasalah, kita kudu evaluasi luar dalam :D

kalo udah ketemu penyebabnya, penanganannya bisa lebih tepat. coba baca laman FAQ blog ini dan browsing di acne.org sis

Mohon maaf sebelumnya kalo ngga membantu
Have a nice day :D

Reply
avatar
25 Juni 2015 07.53 delete

Maaf banget sebelumnya, aku kurang paham tentang jerawat yg muncul akibat sabun di kulit sista. Ngomong-ngomong, purging umumnya terjadi berkat obat kayak tertinoin, AHA, BHA dalam kadar tertentu... kalo dari skin care (pembersih wajah) aku kurang paham sis.

Jika jerawat yang mateng itu adalah jerawat/pori tersumbat yg udah ada sebelumnya, kemungkinan emang bisa muncul dan mateng dengan atau tanpa sabun tsb (emang udh waktunya nongol, bisa karena faktor lain kayak hormon, stres, lingkungan, dll).

Tapi kalo yg muncul adalah jerawat yg bener2 baru, aku kurang tau pastinya. Coba sista amati jika sabunnya distop, apakah kulitnya masih reaktif atau ngga.

Eniwei, dulu (sekitar 2 tahun yg lalu), aku juga pake sabun wajah yg pH balance (HL shirojyun), tp kulitku malah jadi gradakan, lgsg aku stop, setelah itu kulit normal kembali. tapi pake sabun HL yg lain fine fine aja :| kalo kejadiannya seperti itu, brarti ngga cocok.

Maaf kalo jawabanya ngga bantu ^^;

Reply
avatar
25 Juni 2015 08.22 delete

Kalau sebelumnya sista menggunakan krim dokter, kemudian lepas, bisa jadi itu efek rebound yang kemudian diperparah dengan penggunaan skin care yang tidak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit sista (yang saat itu masih rentan setelah lepas dari krim dokter).

Purging itu cepet muncul dan cepet kering sis. umumnya disebabkan karena obat topikal yang mengandung acne solution dalam kadar tertentu. emang jerawat purging munculnya banyak dan ganti2an, tapi keringnya juga cepet (jerawat bisa kering dalam hitungan hari, ngga sampe berminggu-minggu).

Cara kerja skin care umumnya berbeda dengan obat. skin care fokusnya untuk perawatan, sedangkan obat buat mengatasi dan nuntasin masalah kulit (makanya dalam proses pengobatan kulit, ada purging buat maksa pori tersumbat/jerawat yang ada di bawah permukaan kulit keluar semua).

Kalau udah 2 bulan ngga ada tanda-tanda kulit membaik atau tidak menunjukkan progres positif, kemungkinan besar kondisi kulit sista ngga cocok dengan rangkaian skin care yang sista gunakan.

Coba diamati perubahan kulitnya, jerawat yang ngga nambah, ngga nyebar, dan kering itu juga bisa dipertimbangkan sebagai progres. Tapi kalo kondisi kulit makin hari makin kusam dan bermasalah baiknya pemakaian dihentikan.

Reply
avatar
25 Juni 2015 08.32 delete

Kalau sebelumnya sista menggunakan krim dokter, kemudian lepas, bisa jadi itu efek rebound yang kemudian diperparah dengan penggunaan skin care yang tidak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit sista (yang saat itu masih rentan setelah lepas dari krim dokter).

Purging itu cepet muncul dan cepet kering sis. umumnya disebabkan karena obat topikal yang mengandung acne solution dalam kadar tertentu. emang jerawat purging munculnya banyak dan ganti2an, tapi keringnya juga cepet (jerawat bisa kering dalam hitungan hari, ngga sampe berminggu-minggu).

Cara kerja skin care umumnya berbeda dengan obat. skin care fokusnya untuk perawatan, sedangkan obat buat mengatasi dan nuntasin masalah kulit (makanya dalam proses pengobatan kulit, ada purging buat maksa pori tersumbat/jerawat yang ada di bawah permukaan kulit keluar semua).

Kalau udah 2 bulan ngga ada tanda-tanda kulit membaik atau tidak menunjukkan progres positif, kemungkinan besar kondisi kulit sista ngga cocok dengan rangkaian skin care yang sista gunakan.

Coba diamati perubahan kulitnya, jerawat yang ngga nambah, ngga nyebar, dan kering itu juga bisa dipertimbangkan sebagai progres. Tapi kalo kondisi kulit makin hari makin kusam dan bermasalah baiknya pemakaian dihentikan.

Reply
avatar
25 Juni 2015 08.52 delete

Banyak kemungkinan kenapa kulit sista muter-muter bermasalah terus. Bisa karena riwayat gonta ganti skin care (trus ingredientnya ngga cocok dst), bisa juga karena faktor internal seperti hormon yang ga seimbang, penyakit tertentu, dan stres. Ngomong-ngomong, kalo soal kondisi dalam tubuh, hormon, dan stres ngga cukup dengan kapsul bersih dara, tapi juga mencakup perbaikan pola hidup (makan, minum, tidur, mood yang bagus, dll)

Jerawat purging cepet keringnya sis, ngga sampe berminggu-minggu. Yg berminggu-minggu itu prosesnya. Contoh, jerawat muncul di dahi, 2-3 hari kemudian kering. Kemudian muncul di rahang, trus 2-3 hari kemudian kering. Begitu trus prosesnya sampe akhirnya purging kelar dengan ditandai jerawat ngga muncul2 lagi.

Sebaiknya pemakaian dihentikan, jika setelah diamati kulit malah makin buruk dan ngga ada tanda-tanda membaik.

Kalo sista pengen berobat lagi ke dokter kulit, kudu disabar-sabarin, trus rutin konsultasi dan kontrol. Oiya sis, tentang dokter kulit coba baca postingan ini... http://haihanitis.blogspot.com/2015/02/tentang-krim-dokter-pengakuan-dosa-lol.html

Mohon maaf kalo ngga membantu sis
Semoga cepet pulih kulitnya, aamiin aamiin aamiin
Have a nice day

Reply
avatar
6 Juli 2015 14.06 delete

aq udah koment tapi entah kmna komentnya jadi aku ketikin lagi T_T
habis aq udh ptus asa bgt siss, ini breakout atau purging,bingung!
intinya aq pake wardah white secret yang mngandung AHA,
awal pmakaian panas dkit tp g pe merah, dagu yg pnuh komedo tba2 ilang
n lmbut bgt, hidug juga komedony brkurg dkit n g brsisik gt,wjah juga g kusam n putihan dkit
..jadi aq ngrsa wah kyanya cocok2 aja nih.
tp stlah bbrp hri mncul jrawat kcil di pipi,ga merah tpi bekasnya jd merah
n bekasnya ganggu bgt ,trus kdang suka bentol ky digigit semut.
aq pnsaran ni g cocok apa gmna. ad yg blag ktnya uji sensitivitas di blkang tlinga
aq cobain satu2 dr mulai toner ,krim mlm dn siang,serum,sunscreen,
smuanya g ad mslah aq g ngrasa panas,cekit2,atau merah n ruam stlah lbh dr 4 jam.
kcuali day creamnya gtalny dkit.
klo uji sensitivitas aman,knpa di wajahku b]malah bruntus2 ga jlas gni T_T
sbaiknya aq lanjutin atau aq berhenti aja sis ?
lyat komen2 di atas aq ngrasa sis ini ngbantu bgt :D. bls ya sis.

Reply
avatar
6 Juli 2015 14.07 delete

aq udah koment tapi entah kmna komentnya jadi aku ketikin lagi T_T
habis aq udh ptus asa bgt siss, ini breakout atau purging,bingung!
intinya aq pake wardah white secret yang mngandung AHA,
awal pmakaian panas dkit tp g pe merah, dagu yg pnuh komedo tba2 ilang
n lmbut bgt, hidug juga komedony brkurg dkit n g brsisik gt,wjah juga g kusam n putihan dkit
..jadi aq ngrsa wah kyanya cocok2 aja nih.
tp stlah bbrp hri mncul jrawat kcil di pipi,ga merah tpi bekasnya jd merah
n bekasnya ganggu bgt ,trus kdang suka bentol ky digigit semut.
aq pnsaran ni g cocok apa gmna. ad yg blag ktnya uji sensitivitas di blkang tlinga
aq cobain satu2 dr mulai toner ,krim mlm dn siang,serum,sunscreen,
smuanya g ad mslah aq g ngrasa panas,cekit2,atau merah n ruam stlah lbh dr 4 jam.
kcuali day creamnya gtalny dkit.
klo uji sensitivitas aman,knpa di wajahku b]malah bruntus2 ga jlas gni T_T
sbaiknya aq lanjutin atau aq berhenti aja sis ?
lyat komen2 di atas aq ngrasa sis ini ngbantu bgt :D. bls ya sis.

Reply
avatar
7 Juli 2015 09.56 delete

Halo :D

Sis AHA yang bisa memicu purging itu hanya kadar tertentu aja. Kulit yang terasa halus bisa jadi karena ada dimethicone, cmiiw. kalo mau tau purging kayak gimana, coba cek postingan baruku sis di link ini http://haihanitis.blogspot.com/2015/07/purging-atau-break-out-review-mediklin.html

kalo khawatir kulit malah kenapa-kenapa, coba dihentikan aja pemakaiannya, trus amati kulit sista :D coba pertimbangkan juga faktor lain seperti level stres, hormon, dst. Baru kemudian bisa diketahui pemicu utama kulit bermasalahnya :D

Reply
avatar
9 Juli 2015 15.37 delete

Tolong kka sya ..
ini kulit sya knp jdi purging sendirinya y aneh bnget padahal gk pkai vitacid and yg lain .wajah sya kering ,ngelupas ,kaku saat digerakan ,gatal ,kusam ,flek hitam ,jerawat bnyk yg bermunculan ada yg bernanah ada juga yg kecil merah dan komedo terbuka . sekarang wajah saya normal kembali setelah saya rutin minum teh dicampur minyak zaitun (diminum and dioleskan),dermatix (dioleskan) ,propolis (diminum and dioleskan) ,gold g (diminum and dioleskan) .yg sya tnyakan wjah sya kok bisa purging sendiri ? alhamdulillah wjah sya sekarang bersih and normal kembali jerawat and flek hitam tidak ada muncul lagi

Reply
avatar
10 Juli 2015 10.20 delete

Yang sempat kamu alami itu bukan purging, tapi break out (kulit bermasalah). Biasanya ngga ujug2 terjadi, banyak faktor yang memungkinkan seperti level stres, ketidakseimbangan hormon, dst. Kulit salah satu indikator kondisi internal tubuh kita.

Kalau mau tau purging seperti apa, coba lihat postinganku
http://haihanitis.blogspot.com/2015/07/purging-atau-break-out-review-mediklin.html

Alhamdulillah kalo kulit kamu udah pulih seperti sebelumnya :D

Reply
avatar
Anonim
23 Juli 2015 21.52 delete

Kak ngebantu banget loh blog nya makasih ya :)
btw seminggu lalu aku habis dr skin care, di facial dan beli facial wash disana. Kulit wajahku ini kombinasi jadi berminyak di daerah T aja. Cuman kmrn sebelum ke skin care aku pake sebamed clearface cleansing foam bar tapi sabunnya lgsg aku aplikasiin ke muka ngga di foaming dulu, itu Yg nyebabin bruntusan kecil ya kak?
Oiya aku mau mulai pake cream siang cream malam dari dokter skin care nih buat ilangin flek, kempesin jerawat, sama atasin kulit kering. Cuman masih takut, takut purging atau ga cocok. Tp kata tmn aku krim itu bisa ilangin flek dan ilangin keriput. Jadi aku lebih baik pake atau ngga ya kak? Btw aku 19 thn.

Reply
avatar
24 Juli 2015 07.52 delete

Alhamdulillah kalo bermanfaat :D

Maaf, aku ga bisa mastiin sabun batang itu yg menyebabkan bruntusan apa ngga, karena banyak potensi faktor kemungkinan yg melatarbelakangi kulit wajah bermasalah.

Tanya aja ke dokter, kandungan produknya apa aja. Biasanya skin care dari dokter ga bikin purging kok, yg bikin purging tu obatnya (tretinoin).

Jangan pake karena apa kata temenmu, konsultasikan ke dokternya. Krim untuk flek dan menyamarkan keriput ngga diperlukan kulit yang masih muda. Sesuaikan sama kebutuhan kulit. Skin care anti aging itu lebih berat dibanding skin care biasa, kalo regenerasi dan elastisitas kulit kamu masih bagus, baiknya jangan.

Untuk tau purging atau ngga cocok, sila baca link ini
http://haihanitis.blogspot.com/2015/07/purging-atau-break-out-review-mediklin.html

Have a nice day ^_^

Reply
avatar
11 Agustus 2015 16.44 delete

hai sist mau curhat boleh yaa
jadi aku tuh pernah coba coba pake salep abal abal china dan maskeran pake timun wajah ku sangat bersih. trus temen recommend tntng krim warna pink dengan lambang pohon cemara itu aku pake malah bruntusan banyak banget karena takut baru 3 hari pemakaian jadi aku stop, dan merajalela lah bruntusan itu. aku coba pake salep yang pertama ga berhasil dengan cream baby cussons biru (biasanya berhasil) ga berhasil akhirnya karena takut pake yang aneh" aku maskeran timun dan wholaaaa ga berhasil huhuhu malah makin parah aku jd bingung kok parah yaa...
akhirnya aku coba treatment acne series wardah tapi hanya berli mosturizernya dan scrub nya ajah eh malah menjadi jadi.. aku berhenti scrubnya dan tetep make mosturizernya karena mengandung aloe vera dan spf 30 . akhirnya googling tentang menghilangkan jerawat dan ketemu vitacid. aku udah make langsung yang 0.05% sekarang udah 5 hari dan ternyata malah memerah gitu jerawat nya dan kulit mengelupas dan perih pedih gimana gitu kalo kena air, kalo liat dari blog lain disuruh hentikan . jadi gimana yaa ? sedihhhh :"(

Reply
avatar
13 Agustus 2015 12.14 delete

Halo :D iyaa boleh...
Maaf baru bales :(

Jangka waktu ganti-ganti skin carenya deketan kah?
FYI, jerawat emang ngga boleh discrub, yg ada malah makin parah. Scrub hanya digunakan di kulit yang sedang tidak bermasalah.

Kalo setelah gonta ganti skin care, jerawat malah makin jadi, kemungkinan lapisan kulit terluar udah rusak, jadi mesti sabar memulihkan kulit dlu. Sebaiknya hati-hati untuk memutuskan mengobati kulit dgn retinoic acid. Kadar 0,05% itu lumayan keras di kulit yang rentan. Baiknya emang dihentikan aja, trus amati perubahan kulit (apakah membaik atau tidak). Jika ada reaksi tidak wajar lainnya, konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yg tepat.

Semoga cepet pulih kulitnya, aamiin aamiin aamiin.

Reply
avatar
kiechan
14 Agustus 2015 15.25 delete

hai kak salam kenal,
mau tanya dong, kalau pake facial wash kandungan aha 3,28% gitu kan diwajibkan pakai sunblock ya. kalau aku pakai sunblock dari ponds flawless white dewy rose cream (spf 30 pa++) itu kira2 gpp kan ya. katanya kan kulit jadi sensitif dengan sinar matahari kalau pakai aha. hehe. mohon pencerahanya. thank you

Reply
avatar
15 Agustus 2015 16.47 delete

Salam kenal juga Kiechan ^_^ ngga hanya dalam penggunaan AHA, sehari-hari emang baiknya pake tabir surya. Kalo kulit kamu ga masalah dgn produk tersebut pake aja :) Utamakan pemakaian sunblock dari jam 10 pagi- jam 3 sore (jam-jam segitu potensi sun damage-nya gede). Semoga membantu ya :D

Reply
avatar
kiechan
15 Agustus 2015 17.39 delete

terima kasih kak responnya yang sangat cepat. hehe.
iya kak wajib pakai sunblock sehari-hari. soalnya aku pernah baca di sebuah blog, kalau produk kosmetik kayak ponds olay garnier dan sejenisnya ga terlalu berpengaruh sun protection nya seperti halnya parasol skinaqua. padahal kan menurut aku sama-sama mengandung spf dan pa++ yang dibutuhkan kulit untuk melindungi dr sinar matahari ya. hehe. mohon penjelasannya lagi ya kak :)

Reply
avatar
15 Agustus 2015 18.20 delete

Sependek pengetahuanku, kalo aktivitas sehari-hari kebanyakan indoor, pelembab yang mengandung tabir surya udah cukup. Sedangkan untuk aktivitas yg rentan terpapar sinar matahari yang lama dan intens (mis. outbound, latihan paskib/pramuka, rekreasi di pantai, travelling, dll) emang kudu pake produk sunblock untuk perlindungan yang maksimal.

Eniwei, sekarang udah ada sunblock dalam kemasan face mist jadi lebih praktis dan ngga terasa berat di muka ^^

Reply
avatar
kiechan
16 September 2015 14.55 delete

wah, jadi bener ya kak, kalo pelembab yang ber-sunblock gitu belum terlalu cover sun-protectionnya. hehe. makasih banyak ya kak pencerahannya. mau tanya lagi dong kakkk.
- kalau udah pakai pelembab yang ada sunblocknya ditimpah sunblock lagi jadi ga berpengaruh atau bagaimana ya kak.
- trus kalau reapply sunblock gitu mesti cuci muka dulu ya kak dengan facial wash yang mild
- rekomen sunblock untuk kulit oily dan acneprone dong kak, hehe.
terima kasih banyak yaaa kak sharingnya :D

Reply
avatar
17 September 2015 05.56 delete

Ngaruh dalam hal apa? Makin meningkat gitu perlindungannya? :D Kalo itu, iya. Tapi misal pelembabnya spf 15 dan sunblocknya spf 30, trus ditimpa ya ngga jadi spf 45... Itung-itungannya ngga seperti itu... Yang jelas proteksi dari sunblock (untuk aktivitas outdoor) lebih utama dibanding pelembab ber-spf.

Kalo kamu ngga kerepotan, idealnya begitu :D tapi sekarang kan banyak pembersih yang praktis, ngga melulu harus facial wash.

Sekarang udah banyak produk sunblock yang ringan di kulit acne prone. Yang baru ni ada sunblock dalam kemasan Face Mist dari LOREAL. Yang populer tentu aja parasol. Trus ada Wardah sunblock gel (tapi ada juga yg ga suka karena lengket(?), aku sendiri belom pernah pake), Ristra Sunblock tube kuning (reviewnya sebagian besar positif semua), dll... Wallahu a'lam hehe.

Coba jalan-jalan juga ke drugstore seperti century/guardian/watson, trus kalo butuh masukan, tinggal tanya ke spg yg jaga ^_^

Iya, sama-sama ^_^ semoga membantu.

Reply
avatar
12 Oktober 2015 10.07 delete

sist, aku juga pake FTE SKII nih n muncul beruntusan trus jerawat gede2. tapi emg cuma di T-zone aja. sblmnya aku pake krim dokter udah 5-6 tahunan. pake FTE ini udah kurleb 6minggu. mohon sarannya sist, email: tabitha.tesalonika1412@gmail.com

Reply
avatar
12 Oktober 2015 16.38 delete

Udah aku bales emailnya sis :)

Reply
avatar
15 Oktober 2015 09.02 delete

Makasih infonya..
Aku pakai herbalife skin.bagus banget tapi harganya wawww klo semisal pelembab nya dari herbalife trus serum nya pakai biokos derma bright masalah ga ya...?

Reply
avatar
15 Oktober 2015 09.26 delete

Dear mba hanitis, i sent you an email yaa.. Terimakasih :)

Reply
avatar
16 Oktober 2015 23.07 delete

Bakal jadi masalah atau ngga bisa dicek dari ingredient, fokus fungsi kedua produk (kudu sejalan, contoh: jangan satunya anti acne, satunya brightening), tekstur produk, dan kebutuhan kulit.

Biasanya kalo ga cocok reaksinya bakal keliatan cepat kok. Kalo ada reaksi ga wajar ya baiknya langsung hentikan pemakaian.

Aku gatau produk-produknya Herbalife hehe. Kalo ragu, baiknya jangan dilayer. Dipake terpisah aja, misal serum malam, pelembabnya untuk pagi dan siang. Wallahu a'lam ^_^

Reply
avatar
16 Oktober 2015 23.17 delete

Emailnya udah aku bales sis :D Sama-sama

Reply
avatar
17 Oktober 2015 17.11 delete

Ka kalo saya lagi perawatan di dr eva mulia, nah sebelumnya saya pernah pake dan hasilnya bagus, terus udah sembuh saya pake skin care lain, 5 bulan kemudian jerawat saya banyak lagi, saya ke dr eva lagi, sebelum saya pake skin care biasa pake es batu dulu dikewajahin, nah saya ngelakuin hal sama pas pake eva, tapi kulit saya malah perih terutama bagian kantung mata, kering gitu tapi ga ngelupas ngelupas, sedangkan pipi udah ngelupas tapi dibagian jerawatnya aja, ini gimana? Saya terusin atau berhenti dulu ya? Plis bantu akuu

Reply
avatar
18 Oktober 2015 13.10 delete

Es batu? kalo keseringan emang bikin kulit kering sis.
Konsultasiin aja ke dokternya, karena dokter tsb kan punya rekam medis riwayat kulit sista.
Jadi bisa kasih penanganan yg tepat :)
Maaf ya kalo ngga membantu ^^;

Reply
avatar
29 Desember 2015 21.27 delete

Kaka... mau nanya dong.
Ini saya kan jerawatan parah. Gonta-ganti produk, hingga akhirnya saya stop, cuma pake 1 produk buat cuci muka. Sekarang mukaku ga jerawatan parah. Tapi produk cuci muka ini suka bikin mukaku kaya' kering gitu. Dan juga sudah mau abis dan mendekati expired.
Trus aku mau ganti produk cuci muka lain. tapi pas sekali dua kali dicoba, mukaku kok muncul kayak bintik2 merah (kadang gatel) tapi ga/belum ada isi putihnya (purging?). Itu sebaiknya gimana ya? Lanjut di produk yg lama (tapi muka jadi kering) atau terusin produk baru (yg bikin muka bintik merah) atau coba cari produk lain?
Terimakasih sebelumnya..

Reply
avatar
29 Desember 2015 22.24 delete

Jangan dilanjutin sis itu fix ga cocok ya, bukan purging @@,

Sis, coba baca artikel baruku http://www.haihanitis.com/2015/12/apakah-kamu-berlebihan-merawat-wajah.html

Cari pembersih yang gentle di kulit dan pH balanced sis. Baca juga http://www.haihanitis.com/2015/10/tipe-dan-kondisi-kulit-tips-info-lainnya.html

Semoga membantu :)
Semoga cepet membaik sis kulitnya, aamiin aamiin aamiin.

Reply
avatar
31 Desember 2015 21.25 delete

Hay kak aku mau tanya dong,srkarng aku lagi make sabun muka HL yang whitening sebelum make hl itu muka ku emg udh jerawat tpi jecil2 semenjak make itu muka ku jadi ada jerawat kecil2 lagi di seluruh wajah,itu purging apa break out ya? Sebaiknya dilanjutkan apa ngk?. Ohya kak klo mula lagi berjerawat tidak boleh menggunaakan face wash yang aada whiteningnya ya? Tolong dijawab ya kk thanks yaa

Reply
avatar
1 Januari 2016 12.48 delete

Kayaknya emang ga cocok. Aku juga dulu muncul jerawat pake HL yg whitening face wash. Aku cocoknya yg gokujyun (kemasan putih). Jangan dilanjutin, itu bukan purging ya.

Iya, sebaiknya kalo wajah masih rentan berjerawat jangan pake yg ada whiteningnya. Semoga membantu ya ^_^

Reply
avatar
Anonim
13 Maret 2016 17.52 delete

hai kak...aku telat baca artikelnya kakak
mau tanya nih, kan 2 minggu yang lalu aku beli innisfree cleansing oil dan toner etude house yang sifatnya Exfoliate toner dan jujur itu pertama kalinya aku pakai cleansing oil method. Terus sekarang muka aku jadi timbul jerawat gitu kak ditambah ada kaya grindilan-grindilan jadi sekarang muka aku agak kasar kalau dipegang. itu kenapa ya kak? itu purging atau breakout?

Reply
avatar
14 Maret 2016 00.41 delete

Halo...

Yang perlu dipahami, purging hanya terjadi di kulit yg mengalami problem pori tersumbat. Jadi, kalo sebelumnya kulit kamu ga kenapa-kenapa trus malah jadi jerawatan-kasar-grindilan, itu fix break out ya sayang...

Kemungkinannya banyak. Jadi amati faktor-faktor kemungkinan tsb, supaya ngga gegabah ngatasinnya. Coba cek komposisi masing2 produk. Biasanya memang ada agen exfoliant yg ga cocok dgn kondisi kulit tertentu.

Trus, sependek pengetahuanku, cleansing oil method yg menyebabkan purging itu umumnya dari minyak natural, bukan minyak cosmetic grade, cmiiw. Kalo pake minyak cosmetic grade trus jd jerawatan, sepertinya mmg ga cocok atau cara pemakaiannya yg kurang tepat.

Bisa juga regimen skin care baru kamu kurang sesuai dgn kebutuhan kulitmu. Cara kamu melayer/membagi step-step dan frekuensi penggunaan produk sedikit banyak berpengaruh ke kulit. Produk dgn fitur exfoliation (mengangkat sel kulit mati) ga boleh keseringan dipake.

Misal, untuk toner yg ngandung agen exfoliant umumnya dianjurkan hanya 1x sehari di malam hari. Itu pun kurang dianjurkan jika dibarengi dengan produk lain yg juga punya fungsi yg sama (contoh: scrub atau masker yg juga ngangkat sel kulit mati, cmiiw).

http://www.haihanitis.com/2015/12/apakah-kamu-berlebihan-merawat-wajah.html

Kalo demikian, dikhawatirkan kulit malah jadi overpeeled, trus rentan break out deh. Grindilan-grindilan itu salah satu tanda reaksi negatif kulit.

Cek juga siklus "period" bulanan kamu. Biasanya di masa pms dan mens, kulit kita jadi lebih sensitif dan responsif dgn perubahan hormon. Oh ya, level stres juga bisa memperparah reaksi negatif kulit ^^;

Misal 2 minggu ini ngga ada tanda-tanda kulit membaik, sebaiknya hentikan penggunaan produk yg kamu curigai sbg penyebabnya. Sambil evaluasi faktor-faktor lainnya juga (regimen, ingredient, period, dst)

Semoga lekas membaik ya kondisi kulitnya, aamiin aamiin aamiin ^^

Reply
avatar
14 Maret 2016 22.49 delete

Haloo artikelnya mencerahkan banget dan super helpful makasih ya! Btw aku mau nanya kulit aku kyknya reaktif banget soalnya dikenalin sama skin aqua uv mild milk sunscreen ataupun krim baru gitu (udah aku cek juga ingredients nya dan ga ada exfoliant nya terutama yang sunscreen) besoknya langsung beruntusan dan ada jerawat kecil2 tp emang ga terlalu ketara. Dan kalo aku stop reaksinya ilang. Menurut aku sih berdasarkan artikel di atas hehe kayaknya reactive skin gitu ya...tp mau distop antara sayang sm produknya mau lanjut juga rada males soalnya diliat gaenak. Menurut kk gimana? Oh iya dan ngaruh ga sih kalo sesama skin care gitu ditumpuk dia bisa reaksi ga ya di kulit? Soalnya aku pakenya di layer (abis krim trs sunscreen) Thankyouu

Reply
avatar
15 Maret 2016 00.48 delete

Alhamdulillah ^^ sama-sama. Amannya ngga dilanjutkan, krn reactive skin (meski ga parah) bisa jadi tanda awal untuk waspada. Siapa tau formula produk tsb memang ngga sesuai dgn kulit kita.

Krn itu pemilik kulit yg rentan bermasalah (acne prone, sensitif, dst) umumnya ngga melanjutkan pemakaian produk yg menimbulkan reaksi negatif untuk menghindari kemungkinan break out jika dipaksakan. Biasanya aku pake buat badan kalo terlalu riskan dipake di muka atau dioper ke org lain yg cocok ^^; daripada mubazir...

Ngaruh. Ada tipe dan kondisi kulit tertentu yg memang ngga bisa pake skin care berlayer-layer. Kulitku juga ga bisa kalo pake pelembab trus dilayer dgn sunblock. Akhirnya cuma pake sunblock. Fokus perawatannya di malam hari, siang fokus di proteksi dari sinar matahari aja ^^

Reply
avatar
15 Maret 2016 17.40 delete

amiin..makasih ya kak udah mau jawab pertanyaan aku :)
akhirnya dapat pencerahan juga
kayanya ini BO karena tonernya
sekali lagi makasih ya kak.....

Reply
avatar
15 Maret 2016 23.36 delete

Alhamdulillah ^^ sama-sama, senang bisa membantu...

Reply
avatar
23 Maret 2016 08.44 delete

Dulu saya jerawatan de smp kelas 7 tapi gaparah, terus pas kelas 8 lumayan banyak.tapi cuma di bagian pipi aja, jidat dagu atau yang lainnya jarang banget, terus akhir-akhir kelas 9 saya pakai obat dokter terus saya pake sampe SMA, pas akhir semester 1 kls 11 awal november, saya gapake dan saya mulai kaya nyepelein gt dan skrng malah jerawatan pas msh blm parah saya udh bilang ke mama minta diobatin lgi, tp mama nyepelein dan skrng udh terlambat malah makin parah dan mulai perawatan lg dr januari tapi sampe skrng masih belum ilang, gatau ini purging atau bukan. Saya harus gimana ya dok? Jerawat saya kadang ada isinya atau merah aja tp besar bgt kaya bisul, trs dibagian ituitu saja dan jaraknya berdekatan satu sama lain. Jd kaya bekas luka yang lebar dan memerah dimuka saya jadinya, Saya ingin mencoba pakai benzolac tp tkt ga cocok mama nyuruh ttp di dokter yg kmrn to saya tkt obatnya udh ga mempan . Target saya april udah berkurang jerawattnya. Trs skrng sabun cuci muka saya jd jf sulfur, muka saya sedikit berminyak dan sensitif sm kotoran . Saya harus bagaimana ya dok?

Reply
avatar
23 Maret 2016 19.50 delete

Kalau masih remaja biasanya lebih sering karena ketidakseimbangan hormon. Jadi jangan hanya terpaku dengan "harus pake apa". Coba evaluasi juga pola hidup dan level stres kamu. Cek asupan makanan (tinggi lemak, junk food, dst), apa sudah rutin minum air putih 2 liter per hari, jam tidurnya gimana, kondisi lingkungan, dst. Jelasnya coba baca http://www.haihanitis.com/p/faq.html

Eniwei, maaf saya bukan dokter ^^

Baiknya konsultasikan ke dokter. Sebenernya reaksi kulit terhadap obat jerawat itu macem-macem. Ada yang jerawatnya langsung kempes, ada yang tau-tau jadi keluar dan matang semua. Tergantung seberapa serius dan bermasalahnya kulit kita. Jadi, bukan berarti ngga mempan, karena ngobatin kulit yang jerawatan parah memang butuh waktu. Dulu aku ditargetin 6-12 bulan, meski alhamdulillah di bulan ke-4 udah bersih. Banyak banget temen2 pengunjung blog ini yang juga menjalani treatment berbulan-bulan untuk menyembuhkan jerawat ^^; Biasanya emang dituntasin sekalian, sebelum akhirnya kulitnya jadi bersih dan licin saat diraba. Jangan samakan proses penyembuhan jerawat parah dengan iklan skin care di tv yg menjanjikan hasil instan.

Klise ya kalo aku bilang "sabar" ^^; tapi apapun keputusan kamu nantinya untuk mengatasi jerawat (entah itu ke dokter, atau pake benzolac), coba disambi benahi pola hidup dan belajar manajemen stres. Itu ngefek banget ke proses penyembuhan kulit.

Untuk kulit yang berminyak bisa diakali dengan kertas minyak/oil control film (Acnes, Oxy, Clean n Clear, ovale, dll). Sedangkan untuk kotoran, waktu proses ngobatin jerawat, aku pake masker anti debu (yg sekali pake atau yg kain) saat keluar rumah.

Baca juga http://www.haihanitis.com/2015/02/tentang-krim-dokter-pengakuan-dosa-lol.html

Maaf kalo ngga membantu ^^
Semoga lekas membaik kondisi kulitnya, aamiin aamiin aamiin.

Reply
avatar
Anonim
29 Maret 2016 16.08 delete

Mbak, mau tanya nih. Aku lg nyoba pake produk bmcsky dan setelah 1 minggu pemakaian bruntusan keluar. Ini purging atau gak cocok ya mba?dikulit gak panas atau pedih, aku nyoba olesin sekali di belakang telinga juga oke oke aja. Tapi purgingnya guatel sangat. Sarannya ya mba...

Reply
avatar
29 Maret 2016 16.41 delete

Umumnya, purging hanya terjadi dalam proses pengobatan. Dengan kata lain, kurang lazim kalo produk skin care yg notabene untuk merawat kulit malah memicu purging.

Kalo sebelumnya kulit kamu ngga kenapa-kenapa (tidak mengalami jerawat), trus tau-tau malah jadi bruntusan, kemungkinan besar itu break out.

Saranku cek apakah pemakaiannya sudah tepat atau belum. Baca juga...
http://www.haihanitis.com/2015/12/apakah-kamu-berlebihan-merawat-wajah.html

Kalo caranya sudah tepat, coba kurangi frekuensi pemakaiannya. Namun, jika kondisi kulit makin memburuk (tidak ada tanda-tanda membaik) baiknya hentikan pemakaian.

Semoga lekas membaik kondisi kulitnya, aamiin aamiin aamiin.

Reply
avatar
Anonim
25 April 2016 18.13 delete

Semangat semuanya yg lg ngobatin jerawat,yakin semuanya pasti akan terlewati..

Reply
avatar
Anonim
2 Mei 2016 21.36 delete

haaaaiii, nanya dong..aku kan pake perawatan skin care gitu karna emang aku berjerawat tapi ngga parah, trus aku stop pake krim2 nya karna pengen ganti perawatan yang dijual bebas aja soalnya lebih aman kan udah ada BPOM nya kalo dijual dipasaran..tapi pas berhenti pake krim muka rasanya gatel banget, trus beli sabun muka yg dijual di toko2 gitu yg udah ada BPOM nya tp tetep gatelnya ngga ilang..trus ini aku baru coba pake lulur muka herbal gt tp tadi pas habis pake muka ku gatel juga..kenapa ya kira-kira ?? pengen banget lepas krim2 skin care gitu soalnya, mohon pencerahannya temen-temeeeeenn :(

Reply
avatar
3 Mei 2016 07.04 delete

Hai juga. Maksudnya krim klinik kecantikan yang berdokter? Sepertinya itu efek rebound. Krim dokter baiknya memang tidak langsung dilepas, tapi bertahap dengan hati-hati.

Bukan masalah ber-BPOM atau ngga. Emang penting menggunakan skin care yang terdaftar di BPOM. TAPI saat tidak cocok dengan produk yg aman sekalipun, bukan berarti produknya yg jelek. Tapi karena kulit kita sedang bermasalah, jadi lebih reaktif.

Baiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, sebelum benar-benar lepas skin care-nya ^^; Yang kamu alami biasa terjadi jika ujug-ujug lepas krim dokter.

Baca juga artikel ini...

http://www.haihanitis.com/2015/10/tipe-dan-kondisi-kulit-tips-info-lainnya.html

http://www.haihanitis.com/2015/10/5-langkah-dasar-memulai-perawatan-wajah.html

http://www.haihanitis.com/2015/12/apakah-kamu-berlebihan-merawat-wajah.html

Maaf kalo ngga membantu ya. Semoga lekas membaik kondisi kulitnya, aamiin aamiin aamiin.

Reply
avatar
Anonim
22 Mei 2016 14.52 delete

Misi kak, mau nanya nih. aku kan awalnya pakai perawatan dari klinik (ella). terus karena aku kebujuk sama sana sini gantilah aku perawatan di larissa. tapi muka malah jadi kusam, banyak jerawat gitu. nah,.karena aku orangnya mungkin enggak sabaran, langsung aku tinggal deh larissanya terus balik ke ella. setelah baca di blog ini kemungkinan purging ya kak. baiknya aku balik ke larissa atau ella ya kak? butuh pencerahan pikiran ini hehe

Reply
avatar
23 Mei 2016 01.43 delete

Komennya cukup 1x aja. Kotak komentar memang sengaja dimoderasi untuk menghindari spam iklan ^_^

Itu bukan purging, kemungkinan break out atau efek rebound.

http://www.haihanitis.com/2015/02/tentang-krim-dokter-pengakuan-dosa-lol.html

Reply
avatar
27 Mei 2016 13.15 delete

Aku boleh nanya juga gak muka aku udh 6 bln ini parah banget..... awalnya aju pake cream dokter tp gak tau knp cream dokternya gak ngaruh sama sekali sampai2 aku make skin care masker kefir terus malah tambah parah kemaren katanya ngedetox 1 bln tp pemakaian satu bln muka ku tambah parah terus ini aku makai crean firma x3 makai nya udah 3 minggu dan hasilnya muka ku tambah parah jerawatnya nanah2 nya pada keluar katanya si purging tapi aku gak tahan banget setiap ngeliatkaca mewek terus jd rencana nya aku mau stop aja menurut kamu aku baiknya stop atau llanjutin aja ya... 😢😢

Reply
avatar
27 Mei 2016 14.34 delete

Keluhan "ngga ngaruh" itu sudah dikonsultasikan langsung ke dokternya atau sista langsung lepas begitu saja? Berobat di dokternya sudah berapa lama sist? Krn pengobatan kulit umumnya memang ngga instan, biasanya ditarget setengah tahun sampai setahun (tergantung kondisi dan keseriusan kulitnya).

Idealnya kalo habis pake krim dokter jangan ujug-ujug lepas dan ganti produk lain. Apalagi saat kulit masih bermasalah. Jelas malah makin reaktif. Mau pake apa aja jatohnya ga maksimal krn kulit sedang sakit ^^;

Maaf sebelumnya, cream firma itu apa sis? Saya baru denger ^^;

Purging umumnya hanya dipicu dlm proses pengobatan sis, kurang lazim kalo produk skin care biasa.

Saran saya, baiknya sista hentikan pemakaian dan berobat ke dokter. Noted ya, berobat ^^ saya ngga bahas skin care dokter.

Maaf kalo ngga membantu ya. Semoga lekas membaik kondisi kulitnya, aamiin aamiin aamiin.

Reply
avatar
1 Juni 2016 10.04 delete

Ka aku mau tanya dong , aku jerawatan nih cuma di bagian rahang doang pipi jg ada tapi engga banyak . sempet pusing nyari obat apa yang bagus buat ilangin jerawat akhirnya aku tanya temen lah soalnya dia dulu pernah jerawatan parah dan sembuh mulus bersih deh , ternyata dia pake benzolax CL . aku coba tuh wah banget deh 2-3 hari jerawat aku kempes , cuma bekas nya itu yang masih mengganggu alhasil aku tanya lagi temen aku, nah dia kasih aku resep dokter nya dia jd resep nya tuh d racik sendiri (di apotek maksudnya bukan racikan buatan dokter nya) racikannya itu terdiri dari vitacid sm desolex , nah di pakai nya kaya cream malem aja d pakein ke seluruh wajah kata temen aku sdngkan jerawat nya aku kan cuma d rahan doang tuh ya . yaudah lah aku nurut aja , eh baru 2 kali pake yaallah beruntusan banyak banget trus kaya ada nanah" kecil gtu whitehead gitu kali yaahh gatel juga merah juga , bingung nih aku mau d lanjut apa d stop , kalo kata temen aku sih itu purging . tapi msalah nya bruntusan itu timbul nya di area yg ngga ada jerawat nya kaya d jidat sama d pipi deket idung tadi nya gaada , smnjak pake vitacid sm desolex d racik itu timbul kaya gtu . itu kira" purging apa ga cocok ya ka ?

Reply
avatar
1 Juni 2016 10.59 delete

Bekas jerawat bisa diatasi pake serum atau krim obat buat noda. Jadi, kalo udh sembuh ya ngga perlu pake obat jerawat lagi...

Maaf, saya kurang tahu pastinya gimana. Hanya saja, sebagai gambaran, purging itu ada untuk mengobati break out. Jadi, kalau sebelumnya kulit kita ngga kenapa-kenapa, tapi tau-tau jadi bruntusan ya harus diwaspadai.

Karena kalo dari pengalaman pengunjung lain yg berobat dan saya sendiri, jerawat yg mateng itu memang yg sebelumnya sudah ada. Sedangkan bagian lain yg ga bermasalah, mau dioles obat pun ngga muncul jerawat (malah makin kenyal biasanya kalo berobat pake tretinoin). Dengan kata lain, kalau area yg bermasalah malah makin luas dan banyak, baiknya segera konsultasikan ke dokter.

Btw, Vitacid dan desolex sama-sama obat keras. Desolex itu kortikostreoid kan ya? Dulu waktu aku berobat ke dokter malah ngga mengalami gatal dan merah justru krn diresepin kortikosteroid juga (anti inflamasi).

Maaf kalo tidak membantu. Semoga lekas membaik kondisi kulitnya, aamiin aamiin aamiin :)

Reply
avatar
1 Juni 2016 15.20 delete

hai kak mau nanya dong, gini nih sekitar seminggu yang lalu aku beli produk tea tree facial washnya TBS nah lagsung aku pakek deh itu facial wash tujuannya sih buat ngurangin jerawat kecil-kecil aku, tapi sekarang di pipiku malah tumbuh jerawat-jerawat kecil gitu atau beruntusan. kira-kira itu masa purging apa iritasi atau breakout ya kak ? aku agak bingung bedainnya, menurut kakak aku stop pemakaian facial washnya apa lanjut ?

Reply
avatar
1 Juni 2016 17.12 delete

Hai juga :) Kemungkinan ngga cocok. Purging umumnya dipicu oleh produk leave on (mis. krim obat), bukan wash off (dibasuh air; seperti sabun, masker, dst).

Reply
avatar
25 Juni 2016 13.24 delete

Hai kak 😊 mau tanya juga dong hehe
Muka aku kan awalnya jerawatan trus pakai krim dokter udah 2th jerawatnya berkurang tapi akhir mei kemarin ada pikiran pengen berhenti males juga beli krim dokter terus hehe. Akhirnya kegoda sama temenku yang paka wardah,beli deh wardah yang acne series. Awal Bulan juni kemarin aku mulai pakai alhamdulillah awal pakai ga ada efek apa2 tapi setelah 2minggu kok jerawat gede2 di pipi muncul 😥 sedih banget sampai sekarang aku masih lanjut pakai wardah acne series karena aku pikir mungkin kulit ku masih adaptasi sama wardahnya ini. Nah apa ini purging kak? Atau menurut kakak gimana?

Reply
avatar
25 Juni 2016 14.00 delete

Hai juga Firda, turut prihatin ya. Kemungkinan itu efek rebound setelah lepas dari krim dokter. Wallahu a'lam. Lebih lanjut bisa baca ini...

http://www.haihanitis.com/2015/02/tentang-krim-dokter-pengakuan-dosa-lol.html

Reply
avatar
8 September 2016 08.54 delete

Mau tanya nih saya kan baru pake benzolac 2 1/5 % trus cuci mukanya pake HL yg mild peeling. awal2nya sih jerawat saya kempes tapi lama2 kok merah yah dan kering dan timb jerawat baru lumayan banyak tapi jerawatnya cepat kempes, itu purging atau breakout ya?

Reply
avatar
8 September 2016 08.57 delete

hai kak 😊 mau tanya sy kan baru pake benzolac yg 2 1/5% trus cuci mukanya pake HL yg mild peeling pertama pakai sih jerawat saya cpt kempesnya cuman lama2 kok merah2 yah dan kering trus muncul jerawat2 kecil baru yg lumayan banyak tp kempesnya cepat. itu purging atau breakout? :(

Reply
avatar
9 September 2016 07.44 delete

Bismillah coba jawab ya. HL mild peeling itu idealnya ngga dipake barengan dengan benzolac say. Ngga heran kalau kulit kita malah jadi merah2 dan kering, karena dua-duanya ngandung zat keratolitik. Saat kita mengobati jerawat, baiknya pake pembersih yang ringan, tanpa salycilic acid misalnya. Wallahu a'lam.

Reply
avatar
26 Oktober 2016 16.40 delete

Mau tanya dong, awalnya kulitku jerawatan biasa biasa saja. Tetapi setelah saya memutuskan memakai kangen water , kenapa kulitku jadi tumbuh jerawat jerawat kecil banyak banget di area pipi dan rahang bawah.dan tipe merawatnya susah di keluarkan. Tidak gatal maupun tidak merah. Warnanya menyerupai kulit wajah. Itu kira kira knapa ya? Terima kasih

Reply
avatar
26 Oktober 2016 18.00 delete

Kangen Water yg alkali untuk diminum, atau Beauty/Acid Water yg pH-nya sudah disesuaikan untuk kulit sis? Semestinya tidak ada reaksi reject yg separah itu krn pada dasarnya itu cuma air yang diubah pH-nya.

Kalau reaksinya terjadi setelah penggunaan produk baru tsb, besar kemungkinan krn tidak cocok. Baiknya segera hentikan pemakaian, kemudian amati kondisi kulit membaik atau tidak.

Tapi kalo mau diruntut lebih jauh, cek kesesuaian produk dgn kebutuhan kulit, cara dan frekuensi pakai, dan apakah sedang dekat period bulanan. Biasanya di masa pms/mens kulit jadi lebih reaktif, dan jerawat akibat ketidakseimbangan hormon umumnya muncul di area dagu dan rahang (U-zone).

Coba cek juga postingan ini...
http://www.haihanitis.com/2016/10/reaksi-kulit-terhadap-produk-skin-care.html

Mohon maaf kalo ngga membantu, semoga lekas membaik kondisi kulitnya, aamiin aamiin aamiin.

Reply
avatar
11 November 2016 08.55 delete

Hi hanitis...saya juga mau nanya..saya sudah sekitar 8 bln pakai vitacid, tapi selang seling,ga tiap hari.jerawat sempat sembuh setelah dua bulan pakai,tapi setelah itu datang lagi. Jadi sekarang aku ganti pake benzolac. Alhamdulillah, sudah tidak jerawatan besar lg, bruntusan masih ada, terus bekasnya juga belum hilang dan mukaku masih sering kemerahan. Solusinya apa ya sist buat mukaku yg masih kemerahan&bekas jerawat belum hilang??

Reply
avatar
11 November 2016 23.37 delete

Hai juga. Kalau jerawat masih suka bolak-balik muncul, biasanya ada kaitan sama kondisi internal tubuh kita sis, misal hormon yg naik turun, gaya hidup yg tidak sehat, penyakit tertentu, level stres yg tinggi, atau yg lainnya.

Coba baca juga postingan ini...
http://www.haihanitis.com/2016/11/15-gosip-seputar-jerawat.html

Solusinya kurangi frekuensi pakai, nanti efek samping kulit kemerahan bisa mereda dengan sendirinya. Perhatikan juga produk yg sista gunakan bersamaan dgn benzolac. Biasanya kalo kita pake scrub, atau sabun dengan ingred yg harsh (ngga gentle dan ngga pH balanced) itu juga bisa bikin kulit mudah merah.

Bekas jerawat biasanya susah hilang kalau kita tidak menggunakan sunblock di jam-jam yg butuh proteksi sinar matahari (sekitar jam10pagi-3sore). Efektivitas sunblock hanya 2-3 jam, jadi kalo dipake dari pagi, malah udah ngga ngefek saat sinar matahari lagi terik-teriknya. Sinar matahari itu yg membuat bekas jerawat makin gelap = makin susah pudarnya.

Noda bekas jerawat biasanya ditangani saat kulit sudah menjinak sist... Sependek pengetahuan saya baiknya ditangani satu-satu. Nanti kalau kulit sudah tidak rentan, baru menggunakan salep atau krim untuk memudarkan noda. Wallahu a'lam. Maaf kalo tidak membantu, semoga lekas membaik ya kondisi kulitnya.

Reply
avatar
17 November 2016 12.50 delete

Aku ikut nimbrug mbak mbak cantik juga akh...
Dulu aku pake produk skincare merk itu (yg terkenal kehalalanya seantero indonesia) selama 4thn lbh,woyyooo lama juga,yahhh saya termasuk tipe yg setia klo udah cocok sama apapun.hohoo...
Yah emg cocok2 aja sich mbk,dan alhamdulillah emg blm pernah jg ada mslah wajah jerawatan atau krna skin care. Nah ketemu teman,lihat wajahnya kok bisa alus mulus bersih kinclong gtu.penasaran,kepoin katanya pake skincare merk x stelah browsing2,baca2 puluhan testimoni2 dr produk x itu,hmm spertinya mmg bagus,udah BPOM n ada label halal jg dr MUI.jadi tergoda saya untuk nyoba skincare x itu. Kebetulan jg skin care yg aku pake berthun thun itu gak bisa ngilangin bintik2 hitam di pipi aku.ntah itu hiperpigmentasi atau apa sejak SMP.susah bgt ilangnya.
nah skincare x itu katanya bisa.wahh tmbah semangat aku buat nyoba.
1-2 hari awal pemakain aku dibuat takjub wow... emejing mukaku jadi tambah alus licin... aku pikir wahhh beneran okke nih,setelah pemakaian kurleb semingu,pagi2 abis cuci muka tiba2 mukaku terasa gatal2,masih gak ngeh jg... ttp aku pake krim siangya,hadeh...
Tp kok wajah rasanya panas gak kaya sebelum2nya,trs aku cuci muka,gatalnya makin tak tertahankan. Awalnya ku pikir aku biduran...atau mgkn alergi makanan,hmm tp gk mgkn,blm pernah tercatat pemakan segala seperti saya ini alergi makanan.hihihi
Trs malamnya kuraba2 wajahku kok jd geronjal2 gt,kok gak licin lg �� diraba2 kaya ada sesuatu didlm kulit,mulai cemas. Lhakok paginya bangun tidur ngaca mukaku merah2,beruntus2 sewajah, malemnya makin parah smpe ada putih2nya gt.tp gak sampe jerawat yg gede2.(Alhamdulillah)
Klo abis cc muka,gatel perih.duhh kapok aku.lngsg aku hentikan.
selang bbrapa hari pas kerasa mulai membaik mulai kering,n ngelupas dikit2 aku srub aja pake madu n gula pasir.udah gak tahan soale klo ngelus2 muka kaya bersisik gtu. Alhamdulillah gak sampe semggu normal lg mukaku.alus lagi...

Bisa dipastikan nggak mbak,itu reactive atau breakout..?
Yg ak pake emg krim AHA se jd mgkn kandungan aha nya gede.

Reply
avatar
17 November 2016 13.17 delete

Bukan mba... Mungkin memang produknya bagus, tapi ngga cocok untuk kulit mba. Kemungkinan besar itu reaksi penolakan dari dari kulit. Wallahu a'lam. Syukur alhamdulillah kalo kulit mba sudah membaik ^_^

Ada postingan lanjutan tentang ini di link berikut...
http://www.haihanitis.com/2016/10/reaksi-kulit-terhadap-produk-skin-care.html

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon