Elicina Snail Cream

Belakangan ini makin banyak produsen yang ngeluarin kosmetik dengan embel-embel SNAIL alias siput. Sebenernya lendir siput sebagai pengobatan udah terkenal sejak jamannya Hippocrates lho guise. Jadi, dia ngeresepin siput yang diancurkan, trus dicampur dengan susu asam buat mengatasi kulit yang meradang. Tapi kalo sekarang yang dipake sekresi lendir siputnya, bukan siput yang diancurin.

Siput akan mensekresi lendir untuk melindungi dirinya saat dia merasa terancam, terganggu, dan gelisah. Btw ini juga yang konon jadi isu di kalangan aktivis cruelty free product, takutnya siputnya disiksa, sengaja dibikin stres biar mensekresi banyak lendir itu tadi. Tapi produsen Elicina katanya punya paten proses milking sekresi siput [link]. Jadi, ngga ada siput yang disiksa selama proses. Cuma ngga tau sih proses persiputan di pabrik lain kayak apa dan kelanjutan isu itu gimana. FYI aja :|

Kenapa sekarang produk lendir siput itu beken banget?
Lendir siput mengandung hyaluronic acid, proteoglycan, glycoprotein enzyme, anti mikroba, copper peptide, dan lain-lain. Kedengerannya emang familiar, karena emang umumnya kandungan itu ada dalam produk kosmetik dan punya segudang manfaat buat kulit. Di antaranya membantu proses pemulihan kulit, meregenerasi sel-sel kulit, membantu mencegah infeksi, dan lain-lain.

Jurnal riset evidence-based tentang efektivitas lendir siput untuk mengatasi masalah kulit udah sering dipublikasi. Salah satu risetnya menemukan lendir siput menstimulasi produksi elastin dan kolagen, meningkatkan produksi fibronectin protein dan proliferation atau fibroblast. Tapi yang diteliti itu lendir siputnya, sedangkan penelitian secara spesifik tentang lendir siput dalam kosmetik belum begitu banyak. Mungkin itu juga yang bikin sebagian dermatologis menyangsikan snail cream dan kawan-kawan.

Snail Cream buat kulit sensitif
Ini baru aku tau setelah kelar urusan pake snail cream~ Soalnya kemaren-kemaren emang lagi jarang browsing --" Snail cream itu ternyata ngga begitu recommended buat kulit yang sensitif. Jadi yang kulitnya sensitif ati-ati aja kalo pake snail cream :D cek reaksi alergi dulu, diolesin dikit aja di kulit.

Lendir siput halal ngga sih?
Kalo siput buat dimakan itu haram. Tapi lendirnya diperbolehkan untuk pengobatan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah memutuskan bahwa bekicot haram untuk dikonsumsi. Tapi, bekicot diperbolehkan digunakan untuk produk non pangan. Seperti obat dan kosmetik.

"Pemanfaatan bekicot untuk kepentingan non-pangan, seperti untuk obat dan kosmetika luar, hukumnya mubah, sepanjang bermanfaat dan tidak membahayakan," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam saat berbincang, Rabu (20/3/2013).
(link: detiknews)

Lebih lanjut, Asrorun menekankan bahwa tak semua hewan yang haram dimakan maka sifatnya najis. Bekicot adalah salah satunya. “Jadi kalau untuk kepentingan obat, air lendirnya masih boleh. Tidak bersifat najis,” tegasnya.
(link: arrahmah)

Wallahu a'lam. 

***

Elicina Snail Cream katanya pionir produk snail cream. Aku pake Elicina, karena kemaren-kemaren yang aku tau merk snail cream ya cuma itu. Ternyata ada merk snail cream lain kayak Mizon, Benton, It's Skin, Missha, dst dst dst. Banyak banget. Elicina aku beli secara online di elicina.co.id. Tersedia juga di apotek Melawai dan Apotek K-24. Sebenernya aku pesen yang ukuran pocket 20 ml, tapi yang datang malah ukuran mini-mini 7 gr gini -___- yah gapapalah ya...



Klaim produk, cara penggunaan, kontak, dan nomor registrasinya aku foto dari leaflet yang include di paketan :D Info lebih lengkap tentang Elicina Snail Cream bisa baca-baca di situs elicina.co.id





Produsen Elicina : Laboratorio Farmaceutico Cosmetico Ltda (Lacofar y Cia Ltda) - Santiago, Chile

#FYI
NA : Produk Asia (termasuk produk lokal)
NB : Produk Australia
NC : Produk Eropa
ND : Produk Afrika
NE : Produk Amerika

***

Ingredient Elicina Snail Cream [link]
80% snail secretion filtrate extract; 20% excipients (paraffinium liquidum, propilene glycol, stearic acid, cetyl alcohol, sodium lauril sulfate, diazolidinyl urea, methylparaben, propylparaben, triethanolamine).

80% lendir siputnya itu mengandung allantoin (memperbaiki jaringan kulit, dan sebagai antioksidan. Kemampuan siput untuk memperbaiki dirinya sendiri itu berasal dari allantoin tersebut); protein dan vitamin yang kaya karena emang lendirnya diperoleh dari siput yang suka makan sayur-sayuran kayak selada dan wortel; collagen dan elastin; glycolic acid membantu eksfoliasi sel kulit mati.

20% excipients, salah satunya adalah mineral oil yang kata orang elicinanya interaksi zat satu sama lainnya ga bikin produk ini jadi bersifat comedogenic. Ngga tau bener ato ngganya, tapi kemarenan pake emang ngga bikin komedo di hidung jadi membludak sih.

Sebenernya emang ada snail cream dari brand tertentu yg haram karena menggunakan campuran apanya babi gitu yah, lupa. Kalo yg Elicina ini ngga (di forum fd pernah ada yg nanya langsung ke pihak elicinanya, lupa page berapa). Coba baca-baca aja di sini. Elicina Snail Cream sudah terdaftar di BPOM, tapi masalah halal atau ngganya aku ngga tau.

In my opinion... (perhatian, ini subjektif yah)
Elicina snail cream bisa meredakan redness atau spot kemerahan di kulitku, jerawat di hair line langsung kempes (padahal ditinggal tidur siang doang), bruntusan juga jadi mengalami purging (mateng dan kering), dan area kulit yang ngga bermasalah tetep fine-fine aja (malah jadi lebih kenyal).

Dari catetanku pengalaman purgingnya seperti ini...

Hari pertama
Redness (kulit kemerahan) berkurang

Hari kedua
Ada bruntusan yang kempes, ada yang purging. Mulai purging kulit kerasa gatel, tapi ngga sampe kering mengelupas waktu pake vitacid dulu.

Hari Ketiga Siang
Jerawat purging mulai meradang.
Bruntusan yang keras mulai melunak.

Hari Ketiga Malam
Ada tiga jerawat meradang di dahi.
Rahang dan pipi kanan kiri mulai purging ampun-ampunan.
Tapiii jerawat di hairline (tepi perbatasan rambut dan dahi) yang siangnya masih rada merah nyut-nyutan ilang. Sampe aku cari-cari dengan takjub gitu~

Minggu Ketiga
Masih purging.
Yang di dahi udah kering.
Muka masih kusam *yayalah, namanya juga purging T.T

Minggu Ketiga, Hari Rabu
Yang pipi kanan udah kelar purgingnya.
Tinggal bekasnya.
Yang pipi kiri masih muncul dua-tiga jerawat, tapi yang lainnya udah mulai mengering.

Masa penyembuhan jerawat mengahabiskan kurang dari 7 gr Elicina Snail Cream. Lebih lanjut tentang pengalaman purging yang aku alami bisa dibaca di Sharing Pengalaman Purging.

Belakangan aku tau kalo snail cream sebenernya ngga gitu recommended buat kulit sensitif. Tapi emang di samping pake Elicina, aku minum suplemen kulit juga sih. Mungkin (mungkin lhoo... nebak-nebak doang) karena itu juga kali ya, ngga ada efek samping yang heboh dan proses ngatasin bruntusannya jadi lumayan cepat.

Selain itu, agak kaget juga pas tau Elicina ada mineral oilnya. Biasanya kalo ketemu mineral oil, langsung muncul jerawat atau komedo, tapi kemaren aman-aman aja. Baiknya sih emang dibatasi pakenya cuma sekian jam, abis itu dibersihkan biar ngga nyumbat pori ^^

Oh iya, waktu jerawat mulai kering, aku mulai pake skin care pencerah untuk memudarkan noda. Jadi noda bekas jerawatku memudar bukan karena Elicina, tapi karena produk lain.

***

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

25 komentar

Write komentar
16 Februari 2014 18.15 delete

wah tanx for info ya..
aku udah sering bgt stalking blog kamu....
buat aku pintar....salam kenal ya..

boleh dikasih tahu donk bocoran penghilang noda jerawatnya... :)

XOXO

Reply
avatar
17 Februari 2014 01.48 delete

hihihi iyaa sama-samaa :D
ini sharing pembelajaranku juga kok \( T.T )/ biar aku pintar
salam kenal juga say :D

aku masih pake erha21 truewhite activator night cream, cuma kali ini dibantu sama history of whoo seol essence, trus maskeran, dan eksfoliasi pake peeling gel/spray 2-3 hari sekali :D hehe

xoxo juga :*

Reply
avatar
17 Februari 2014 08.17 delete

Waaah han, thanks banget info nya, selama ini ragu sama snail produk halal or gak. Udah googling2 juga gak nemu infonya. Sekarang jadi lega deh klo halal. Masalahnya cuma cara ekstraksi lendirnya aja yaa sekarang, pake disiksa or gak...hehe semoga gak yaa

Reply
avatar
17 Februari 2014 10.14 delete

Hani boleh tahu suplemen yang kamu minum itu apa??

Reply
avatar
18 Februari 2014 07.48 delete

sama-samaa dinii..
iya moga-moga ni elicina bisa ngurus ke lppom MUI :| biar jelas halal ato ngganya, soalnya masih ada 20% kandungan lainnya... masih butuh org yg komepeten buat klaim itu halal ato ngga hehe

Reply
avatar
18 Februari 2014 07.49 delete

aku minum nourish skin erny :D rutin pas lagi purging 2x sehari, sekarang 1x sehari aja sebelum tidur :D

Reply
avatar
1 September 2014 18.38 delete

Oh gitu jadi produk snail gak haram ya? Asiik jadi pengen cobain produk snail :D Nice info.. Aku ada post baru tentang makeup halal mustika ratu yang terbaru, namanya Simply Stay. Keterangan lebih lengkap, baca review mustika ratu simply stay di blog ku yaa..
chalwoo <3

Reply
avatar
1 September 2014 20.23 delete

tapi tetep mesti ati-ati, karena ada juga produk snail yg mengandung babi ^^

Reply
avatar
22 Desember 2014 00.05 delete

Assalamualaikum Hani~
Aku mau tanya boleh? Kamu beli elicina creamnya itu dimana ya? Soalnya ada banyak yang olshop yang aku takut jual elicina palsu, wajah ku bener2 parah soalnya~ takutnya semakin parah :( terus aku mau tanya lagi, selama kamu pake elicina cream wacial wash yang kamu pake apa? Terima kasih~

Reply
avatar
23 Desember 2014 02.01 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh

bisa beli di apotek K24 atau apotek melawai
kalo mo beli online, amannya di offical sitenya elicina indonesia aja :D

biasanya cuci muka pake oatmeal atau face wash hada labo gokujyun (putih)

sama-sama :D semoga membantu

Reply
avatar
31 Desember 2014 01.45 delete

Hai dear mau nanya doang stelah berhenti pemakaian gtu ap wjah kamu balik jerawatan atau mkin parah? Ketergantungan gtu gak? Ap elicina gak cocok buat kulit sensitif? Thanks before

Reply
avatar
31 Desember 2014 04.52 delete

Ngga ngalamin ketergantungan ^^ kalopun break out lagi, karena alergi/salah makan

sebelum pake produk apapun, sebaiknya pemilik kulit sensitif melakukan tes alergi di belakang telinga atau lengan bagian dalam... untuk amannya, mending ngehindarin, karena kalo digoogling banyak yg ngga ngrekomendasiin snail cream untuk kulit sensitif :D

walau kulit ga sensitif pun, ada juga sebagian orang yang alergi dengan lendir siput ^^

Reply
avatar
30 Januari 2015 16.04 delete

Mbak aku pake elicina udah 3 mingguan jerawat jd pada lluar gitu. Dari yg bruntusan sampe gede gede dan ada nanahnya. Waktu saya cek alergi juga ga alergi. Gimana ya mbak :( bales email aja ya mbak erikakusumaw@gmail.com

Reply
avatar
24 Maret 2015 20.10 delete

Mbak, harga elicina di apotik berapa ya?

Reply
avatar
30 Maret 2015 08.38 delete

wah aku kurang tau deh harga di apotik sekarang berapa, soalnya dulu aku beli di official sitenya elicina indonesia, harganya 200ribuan ^^;

Reply
avatar
3 April 2015 22.59 delete

Aaaa jadi pengen peluk nih ehehe *sakingsenengnya , makasih penjelasan nya yak :)

Reply
avatar
5 April 2015 11.30 delete

sama-samaaa *peluk juga heheheh :D

Reply
avatar
Anonim
11 Mei 2015 08.39 delete

Di cari bp pom nya koq gak terdaftar sih

Reply
avatar
12 Mei 2015 16.27 delete

saya coba hubungi BPOM via email tapi failed. Dari keterngannya, mailbox ulpk BPOM udah out of quota :D

Eniwei, taun lalu saya beli di elicina.co.id, beli yg jar 20 gr, tapi dikirimin yg sampel tube 7gr 3 biji. Dalam paketan disertakan selebaran yg saya cantumkan di postingan ini. Kalo tertarik, namun khawatir dengan masalah registrasi di BPOM, beli online aja langsung dari US via amazon ^^

Reply
avatar
24 Agustus 2015 18.21 delete

Aku juga lagi nyobain snail cream nih buat pengganti obat dokter, krn udah ga ada waktu buat konsultasi lagi terus supaya ngurangin chemical things di muka aja. Aku pakenya mizon karna reviewnya pada bagus. Dua minggu pemakaian pertama baik baik aja, tapi sekarang masuk minggu ke tiga jidat ama dagu malah bruntusan, kadang beberapa jerawatnya mateng, apa karna mau dateng bulan ya? Masih gatau ini purging apa emang ga cocok. Aku mau coba lanjutin aja dulu beberapa minggu, kalo masih bruntusan baru di stop. Soalnya awal pemakaian baik2 aja, kenapa sekarang malah bruntusan gini ya?

Reply
avatar
24 Agustus 2015 21.10 delete

Halo Mia ^_^

Ngomong-ngomong, kamu tau ngga apa aja active ingredients dari krim dokter yang kamu gunakan sebelumnya? Aku khawatir kalo yg kamu alami itu kemungkinan efek rebound setelah lepas dari krim dokter.

Udah pernah aku bahas di
http://haihanitis.blogspot.com/2015/07/purging-atau-break-out-review-mediklin.html
http://haihanitis.blogspot.com/2015/02/tentang-krim-dokter-pengakuan-dosa-lol.html

Wallahu a'lam
Semoga membantu ^_^ semoga cepat membaik juga kondisi kulitnya, aamiin aamiin aamiin.

Reply
avatar
Anonim
9 Januari 2016 11.54 delete

Untuk bopeng yang dalam dan banyak bagusan pake produk snail yg mana ya? Soalnya bingung krn kebanyakan jenis produk dari lendir siput ini. Saya sdh bosan pake produk lain2 blm ada yg ampuh..tlng rekomendasinya ya..thanks

Reply
avatar
21 Januari 2016 00.39 delete

Untuk bopeng/acne scar yang dalam, snail cream saja tidak cukup. Biasanya menggunakan treatment medis dari dokter.

Reply
avatar
21 Januari 2016 00.41 delete

aku punya masalah jerawat beruntus , berminyak , sama keloid d atas bibir aku , kira2 pake elicina mempan ga yah ? soalnya udh 5 bln ini aku konsultasi dokter kulit dan pake cream hasilnya sama aja , malah makin berminyak banget kulit aku . minta sarannya yah sayangku .. :) balas via email aja yah Vitalopa96@gmail.com mkasih

Reply
avatar
21 Januari 2016 00.50 delete

Baiknya dikonsultasikan ulang ke dokter yg bersangkutan. Agar dokternya bisa memutuskan apa perlu diganti formula obatnya atau diberi treatment lain. Karena snail cream saja tidak cukup untuk mengatasi keloid. Maaf kalo tidak membantu :)

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon