Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Baking Soda Untuk Kulit : Yay or Nay?

Kamis, 21 November 2013
Postingan ini ngga panjang. Aku cuma pengen sharing pengalamanku menggunakan baking soda sebagai diy scrub. Aku bukan orang farmasi ya, info yang aku dapet modal browsing doang. Oke? Sip ;D


Baking soda (sodium bicarbonate) untuk kulit mungkin udah well known banget. Bahkan bahan dapur ini juga jadi bagian dari rutinitas skin care Emma Stone lhoooo *terus kenapa? :/

Sebenernya baking soda bagus ngga sih untuk kulit?

Beberapa fungsi baking soda untuk kulit katanya adalah untuk mengatasi jerawat, skin lightening, scrub, dst. Aku sama sekali ngga memungkiri yah, efek setelah menggunakan diy scrub dengan baking soda itu bikin aku amazed banget. Kulit terasa haluuuus selembut sutra, kayak abis pake molto *loh?

Tapiii...
Makin kesini aku ngerasa ada yang ngga beres.
Kulitku kok kerasa kering kerontang :'( ih ndak syukaaa.
FYI baking sodanya aku campur madu. Dicampur air pun bisa juga, karena ga gampang larut.

Berbekal kekepoan, aku nyari info kesana kemari dan ternyata baking soda ini terlalu alkali/basa untuk kulit :( sehingga berisiko merusak acid mantel kulit kita. Fungsi acid mantel itu melindungi kulit dengan membunuh bakteri sebelum bakteri itu masuk ke tubuh. Selain itu juga untuk memelihara kelembaban dan supaya kulit kita ngga dehidrasi.

Ni sepintas tentang acid mantel [link]

Skala pH itu 1 asam, 14 alkali (basa). pH kulit itu sekitar 4.2-6.2 [link 1]. pH baking soda 9 [link 2]. Dengan kondisi kulit yang aku alamin, kayaknya aku udah ngga mau pake lagi :') Lagian kalo mantelnya terus-terusan keganggu ya bisa jadi kulit bakal beneran "rusak". Btw ada juga yang ngakalin mencampur baking soda dengan menggunakan sari lemon. Belom coba :/ soalnya jadi lebih aware aja abis tau itu hahahah.

Jujur, aku juga agak ga rela untuk ngelepas baking soda sebagai scrub. Padahal aku baru banget kenalan(?). Tapi ngga apa-apa deh :'3 Mohon maap buat temen-temen kos akuh yang dulu pernah aku ceritain kalo baking soda bisa jadi diy scrub :')
Thanks for reading and have a nice day.

Acnes Tea Tree Oil Clay Mask (Review++ Caraku Pake Clay Mask)

Selasa, 05 November 2013
Sdah pada tau dong kalo masker clay biasanya dianjurkan buat kulit berminyak, rentan jerawat, atau kombinasi berminyak :D Sebelumnya, masker clay yang aku pake adalah Innisfree Jeju Clay Mask [link], tapi karena udah abis dan lagi ngirit males belanja online, akhirnya nyoba Acnes Tea Tree Oil Clay Mask ini.

Kayaknya meyakinkan banget ya dengan sticker Top Brand di kiri atas :)) Pertama kali beli harganya Rp 18.000 (pas lagi ada diskon). Beli kedua kalinya, harga sekitar Rp 28.000 (kalo ngga salah inget).


Deskripsi produk, cara pakai, dan komposisi...
Bisa untuk semua tipe kulit.
Recommended untuk tipe kulit berminyak dan kasar.


In my opinion
Packagingnya biasa aja.
Teksturnya seperti pasta warna ijo.
Wanginya... kayak bau rumput(?) rada mint :))

Yang paling bikin hepi dari Acnes Tea Tree Oil Clay Mask adalah bisa bantu mengurangi redness di wajahku :D ada efek calmingnya. Masker ini ngga bikin kulit kering kesat, tapi terasa lembab dan kencang.

Oh iya, temen-temenku suka nanya, gimana cara supaya ngolesin maskernya bisa rapi ^^; Sekalian aku bahas ya...

Saat memoleskan masker, bagi wajah menjadi 3 bagian (kanan, kiri, dan hidung sebagai area tengah). Simple sebenernya ^^ Yang perlu diingat, ngolesinnya dari arah dalam ke luar. Mesti mengikuti tektur kulit (bagian dahi dioles seperti arah kipas terbuka dan area kanan-kiri wajah dioles dengan arah seperti smiley face dan arah ke atas).


Sebelum memoles clay mask semuka, biasanya aku menyemprotkan kulit wajah dengan air mineral (menggunakan botol spray). Tujuannya supaya clay masknya lebih mudah diratakan hehe.


Clay mask ga cuma buat maskeran semuka. Bisa juga ditotol di spot atau area kulit tertentu yang berminyak (seperti T-zone), berjerawat, mengalami redness, atau kasar gradakan. Jadi, daripada notolin jerawat pake odol, mending pake clay mask ajah. Kalo mau ditebelin, gausah dibasahin :D (dioleskan dalam kondisi kulit kering).


Oh iya, Acnes Tea Tree Oil Clay Mask ngga gampang retak-retak lho walau udah kering. Kalo digunakan tebel-tebel (di area tertentu) seperti foto di atas, hasil akhirnya kulit terasa lebih lembab dan kenyal. Jadi, saat menggunakan masker dengan cara ini, pas kering biasanya aku kelupas aja seperti rubber atau peel off mask :D


Bisa menghilangkan komedo dan jerawat?
Di aku ngga ya, tapi bantu banget buat matengin komedo (komedo jadi lebih mudah dikeluarkan) dan mengeringkan jerawat (meski ngga instan, pemakaian 2-3 hari di kulitku).

Sesuai dengan klaim produk, masker ini cocok untuk semua tipe kulit. Dulu aku pernah pake clay mask merk lain di kulit yang kering, malah jadi gatel banget. Sejak itu biasanya aku pake clay mask di T-zone doang. Pas aku coba Acnes Tea Tree OIl Clay Mask ini, ternyata malah bantu melembabkan area kulitku yang kering (dengan cara dioles tebel). Aku setuju dengan review-review dari beauty blogger lain, kalau masker ini salah satu cheap but great product :D

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.