Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Holika Holika Cover & Hiding Stick Concealer (02 Natural Beige)

Minggu, 28 April 2013

Aku butuh concealer untuk menyamarkan noda bekas jerawat yang berceceran dan ngga bisa tersamarkan dengan bb cream atau bedak. Biasanya cuma aku pake pas ada acara spesial yang butuh dempulan sana-sini.

Packaging
Kemasannya seperti krayon dan praktis.


Cek cek 1-2-3
Bagusnya sih sekali-dua kali oles aja pakenya. Kalo diapply lebih dari dua kali, dempulannya malah cakey.


Coverage
Bekas jerawatku sekarang cenderung kering mengelupas (biasanya karena udah mau ngeletek dan ilang bekasnya). Baiknya, jangan pake concealer jenis stick padat untuk noda yang kering ngelupas :D Ngga sedap dipandang, apalagi kalo ditumpuk pake bedak.


Oh iya, concealer ini juga bisa menyamarkan jerawat yang sedang merah meradang dan ngga memperparah jerawat :D tapi ini relatif ya, bisa aja berbeda untuk masing-masing orang.

---

In my opinion

Concealer ini tersedia dalam 2 shade, 01 Light Beige dan 02 Natural Beige. Aku pilih 02, karena takutnya yang 01 keputihan. Eh, gataunya yang 02 rada orange gelap gitu warnanya, tapi kalo dibaurkan dengan menggunakan spons atau kuas, warna concealernya lumayan nyatu di kulit. Bagus untuk menyamarkan noda cokelat atau merah kecokelatan.

Pemakaian dengan bb cream dan bedak cuma tahan sekitar 3-4 jam di kulitku. Jadi, emang cuma bisa dipake pas ada acara-acara yang ngga makan waktu seharian.

Concealer model stick padat ini kurang sesuai yah untuk bekas jerawat yang lagi kering ngelupas. Kalo noda-noda flek biasa hasilnya bagus banget, syukaaa~ :D Pesan moral: sebaiknya pake concealer yang cair atau krim untuk bekas jerawat yang kering ngelupas supaya ngga keliatan flaky.

Overall worth the price. Rp 60.000an, isinya lumayan banyak dan awet hehehe :D

Thanks for reading and have a nice day.

The Body Shop All-In-One BB Cream (01)

Rabu, 17 April 2013

Setelah The Body Shop ngeluarin Moisture White Shiso BB Cream di Indonesia, ada lagi nih yang baru, judulnya All in One BB Cream. Menggiurkan banget yah namanya. Hmmm...

Kemasan
The Body Shop All-in-One BB Cream dikemas dalam tube silver plastik yang simpel, tapi kesannya ngga murahan :D


Tekstur
The Body Shop All-in-One BB Cream ini lumayan encer teksturnya. Kalo ngga hati-hati bisa meleber pas dikeluarin dari tubenya.


Bisa diliat di foto yah, dalam krimnya ada bintik-bintik kapsul warna cokelat. Pas dioles, kapsul-kapsul itu pecah dan ngeluarin pigmen yang bisa nyesuain dengan warna kulit kita. Hasil akhirnya natural banget, kayak ngga pake apa-apa :D

Coverage
BB Cream ini ngga bisa menutup atau menyamarkan noda bekas jerawat sama sekali :(


In my opinion...

Waktu mau beli The Body Shop All-in-One BB Cream ini, mbak spg-nya ngotot banget nyodorin shade 02, sedangkan pas aku nyoba sendiri shade yang cocok di aku itu yang 01. Agak bete sih karena dipaksa-paksa mbaknya. Akhirnya aku coba di mukaku.

Sebenernya ngga ada perbedaan yang menonjol banget antara dua pilihan warna itu, karena pigmen krimnya bisa nyesuain dengan warna kulit. Tapi shade 02 bikin kulitku jadi rada gelap, sedangkan yang shade 01 bikin kulitku jadi terlihat lebih segar dan sehat.
01 Lighter Skin Tones
02 Medium Skin Tones
03 Darker Skin Tones

Oil control bb cream ini tahan 4-5 jam di kulitku. Aku pikir bb cream yang finishingnya dewy itu gampang banget minyakan, eh ternyata ngga semuanya begitu :D Kalo daya tahannya standarlah ya, pake dari pagi, tengah hari udah kucel. Oh iya, belakangan bb cream ini lebih sering aku pake buat jalan-jalan di sore atau malam hari. Lebih keliatan oke dibanding pemakaian pagi dan siang hahaha.

BB cream ini ngga memperparah area kulitku yang kering dan mengelupas. Sebagaimana klaimnya, bisa ngelembabin kulit seharian. Bahkan, kulit yang mengelupas pun lumayan tersamarkan dengan bb cream ini.

Hasil akhirnya natural banget. My skin but better. Kayak ngga pake apa-apa tapi kulit bisa terlihat lebih "hidup". Finishing yang dewy ini juga bikin dilema, apalagi di negara tropis seperti Indonesia tercinta ini. Salah-salah dewy look bisa kejeblos jadi kucel-dekil-look karena kesan lembabnya kulit diartikan minyakan oleh orang-orang.

Biar ngga terlalu dewy-dewy amat alias terkesan minyakan, biasanya aku timpuk lagi pake bedak. Kerennya, walau udah pake bedak, muka ngga terlihat flat lhoo, masih ada kesan highlight dewynya.

Aku bingung kenapa BB Cream ini diberi nama All-in-One. Hasilnya yang natural banget bikin aku ngerasa ini kayak bukan bb cream, tapi lebih ke tinted moisturizer. BB cream ini juga ngga ada tabir suryanya. Lumayan mengecewakan sih, hari gini bb cream ngga bisa nyamarin noda dan ngga ada label spf - PA :(

Meskipun minusnya lumayan signifikan untuk sebuah bb cream, The Body Shop All-in-One BB Cream ini tetep jadi salah satu favoritku. Kalo nanti kulitku udah bersih dari noda bekas jerawat dan ngga begitu kusam, mungkin bb cream ini bakal jadi andalanku banget hehehehe.

Plus +++
BB Cream ini bisa menyesuaikan dengan warna kulit (colour adapting).
Meratakan warna kulit.
Ngga ada white cast atau kesan abu-abu.
Memelihara dan memberi kelembaban pada kulit.
Memberikan hasil akhir yang halus dan natural parah. Bikin kulit jadi kelihatan bagus kayak ngga pake apa-apa (nude dewy).
Formulanya ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Alhamdulillah aku ngga mengalami yang namanya break out selama menggunakan bb cream ini :D
Good oil control, sampe 5 jam.
Daya tahan standar, dari pagi sampe tengah hari (kurang lebih 6 jam).
Sesuai untuk semua tipe kulit. 

Meskipun demikian, pemilik tipe kulit yang berminyak sebaiknya sedia kertas minyak (blotting paper) dan/atau bedak kemana-mana, karena dewy looknya bisa bikin kulit jadi terlihat kucel dan kusam kalo ngga ditouch up. Menurutku, hasil terbaik bisa diperoleh di tipe kulit kering dan normal.

Minus ---
No coverage.
No SPF - PA.
Mahal. Rp 179.000 untuk 25 ml. Untung belinya pas lagi diskon.

---

Kalo kulit wajahmu bersih dari noda jerawat (ngga perlu fitur coverage) dan aktivitas lebih sering indoor (terutama ruang berAC), bb cream ini cucok buat kamu. Tapi, kalo kulitmu butuh medium/full coverage, sangat berminyak, sangat kusam, dan lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan (akrab dengan paparan terik matahari), sebaiknya mikir-mikir lagi kalo mau beli. 

Selain pertimbangan harga, The Body Shop All-in-One BB Cream sepertinya lebih cocok untuk orang-orang yang kulitnya normal dan ngga begitu bermasalah.

---

UPDATED 20/5/2013


TBS All-In-One BB Cream 01 memang mampu meratakan warna kulit. Toplah pokoknya :D Tapi, belakangan jadi rada gelap di kulit wajahku (kayak waktu dulu aku coba yang 02). FYI, kulitku sekarang emang lebih cerah dibanding bulan-bulan kemaren.

Tapi yang jadi pertanyaan adalah "bukannya bisa beradaptasi dengan warna kulit ya?" :D entahlah~ mungkin adaptasi ngikutin belang-yang-gelap biar warna kulitnya rata :))

Yasudahlah, it's still one of my favorite bb cream :)) no white+grey cast, no belang-belang, dan ngga bikin kulit jadi cakey dan flaky ---> hal-hal yang masih sulit aku temui di bb cream lain buat kulitku.

Thanks for reading and have a nice day.

Maybelline Clear Smooth BB Stick (02 Natural)

Selasa, 16 April 2013

Pertama kali tau Maybelline ngeluarin BB Stick, aku penasaran banget. Apan sih BB Stick itu? Semacam BB Cream dalam kemasan stick? Bisa dimakan ngga?

---

Maybelline Clear Smooth BB Stick (dari keterangan produknya) adalah produk yang mengkombinasikan manfaat dari skin care, make up, sun block dalam satu kemasan stik. Produk ini mengandung salicylic acid dan mineral clay. Sesuai untuk tipe kulit berminyak, kombinasi, sensitif, dan acne prone.

8 Manfaat dalam 1 BB Stick 
(masih dari keterangan produknya lho yaa, bukan opini pribadiku hahaha)

Shine-free. Formula mineral clay membuat wajah bebas kilap seharian.
Last all day. Tahan keringat dan sebum hingga 12 jam.
Clears. Menyamarkan noda hitam, kemerahan, dan keriput.
Refines. Menyamarkan pori-pori wajah.
Conceals. Menutupi ketidaksempurnaan pada kulit.
Evens. Meratakan warna kulit.
Smoothens. Membuat kulit wajah terasa lebih halus dan lembut.
Protects. SPF 21 PA +++ melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB

---

Kemasan
Kemasan produk ini simpel dan mungil, jadi gampang dibawa kemana-kemana. Penggunaannya juga praktis banget. Tinggal olesin stiknya langsung ke kulit wajah :D


Coverage
BB Stick ini bisa menyamarkan penampakan pori-pori wajahku yang lebar-lebar hahahaha. Tapii, untuk noda bekas jerawat masih perlu concealer.


Oh iya, mengoleskan BB Stick di area yang sama (yang banyak bekas jerawatnya) berkali-kali, hanya akan membuat wajah jadi terlihat cakey dan kayak pake topeng :D

---

In my opinion...

Di Indonesia Raya ini cuma ada dua pilihan shade, 02 Natural (yang aku punya) dan 03 Radiance. Yang 01 Fresh (shade paling terang) ngga tersedia. Disesuaikan juga kali ya sama mayoritas warna kulit orang Indonesia.

Noted!
Inget yah temen-temen semua, sebelum pake BB Stick, pake pelembab dulu :D
FYI kulitku kombinasi kering dan berminyak.


Setelah BB Stick diolesin di kulit wajah, baurkan atau ratakan dengan menggunakan kuas, sponge, atau jari. Aku lebih suka pake kuas atau sponge, hasilnya lebih halus :D Kalo pake jari, pori-poriku jadi terlihat lebih jelas. Ngomong-ngomong, teksturnya padat, tapi lumayan gampang untuk diratakan.

Hasil pemakaian Maybelline BB Stick ini natural banget, sesuai untuk penggunaan sehari-hari. Warna kulit tampak lebih merata dan terlihat 20-30% lebih cerah. Aku juga ngga perlu bedakan setelah ngeratain BB Stick ini, karena hasilnya udah matte. Pernah sih nyoba bedakin muka setelah pake BB Stick, trus mukaku jadi berasa tebel dan kayak pake topeng :'(

Selanjutnya tentang oil control dan bebas kilap yang diklaim tahan 12 jam. Ehm. Ngga tau kulitku yang kaya akan sumber daya minyak atau emang oil controlnya ngga begitu bagus ya... Aku pake mulai jam 7 pagi, sekitar jam 8 lewat kulit area hidungku udah kusam kilap-kilap berminyak gitu deh hahahaha. Mesti ngeblot pake kertas minyak berkali-kali (terutama di T-zone) supaya ngga mengkilap kusam. BB Stick ini juga nyeplak ke tissue pas ngelap keringat. Jadi, emang perlu apply/ngolesin lagi kalo mau tahan seharian.

BB Stick ini tidak aku gunakan saat kulitku (biasanya di area hidung dan pipi) kering dan ngelupas (FYI, tipe kulitku kombinasi kering dan berminyak). Meski udah pake pelembab, kulitku tetep kering, keliatan flaky, dan jadi ngga bagus aja keliatannya :'( Produk ini memang lebih cocok buat kamu-kamu yang kulitnya normal dan berminyak.

Plus +++
  • Kemasannya praktis. 
  • SPF 21 PA +++ 
  • Mengandung salicylic acid dan mineral clay. Produk ini juga oil free. Dengan kata lain kandungannya cukup friendly buat tipe kulit berminyak. 
  • Hasilnya natural matte. 
  • Shade sesuai dengan warna kulit orang Indonesia pada umumnya :D 
  • Ngga meninggalkan white cast dan kesan abu-abu. 
  • Meratakan warna kulit. 
  • Menyamarkan pori-pori wajah. 
  • Kulit wajah terlihat lebih cerah dan halus. 
  • Sesuai untuk kulit normal, berminyak, kombinasi, sensitif, dan acne prone. Tapi ini relatif ya, mengingat yang namanya kosmetik itu cocok-cocokan. 
  • Aku ngga mengalami break out. FYI BB Stick ini aku gunakan sebagai make up harian buat ke kampus dan jalan-jalan selama lebih dua bulanan. Salah satu favoritku :D 
  • Worth the price. Harganya sekitar Rp 50.000an. 
  • Mudah diperoleh. Tersedia di hampir semua toko atau counter kecantikan. 
Minus ---
  • Oil control 1,5 - 2 jam saja di kulitku. Problem kilap-kilap belang itu bisa teratasi dengan ngeblot pake kertas minyak dan tissue. 
  • Terlihat flaky di kulit kering dan mengelupas. Kamu butuh pelembab yang bener-bener oke dan eksfoliasi (scrub atau peeling) secara rutin supaya bb stick ini ngga menggumpal aneh dan memperjelas kelupasan kulitmu. 
  • Cakey dan ngga natural kalo dipulas berkali-kali. Sedia tissue untuk ngatasin problem ini. 
  • Coverage sheer. Kurang bisa menyamarkan noda bekas jerawat dengan sempurna. Tapi it's okay :D masih bisa diakalin dengan menggunakan concealer. 
  • Ngga tahan seharian seperti yang dijanjikan iklannya :'( kalo aku biasanya bersihin muka dulu (pake tissue basah kalo lagi jalan-jalan), kemudian diapply lagi deh bb sticknya :D 

Thanks for reading and have a nice day.

Innisfree Mineral Moisture Foundation

Jumat, 12 April 2013


Yang hobi pake kosmetik dari Korea Selatan tentunya ngga asing dong dengan brand Innisfree ;)

Innisfree Mineral Moisture Foundation (sample)
SPF 17 PA+
with Jeju natural mineral and organic green tea
C2 Pink Natural Beige
Harga full size sekitar Rp 200.000an

---

Pas dapet sampel foundation ini, awalnya rada-rada ngga tertarik dan setengah hati gitu pakenya hahahaha. Bayanganku tentang foundation adalah make up berat, lengket-lengket, kilap-kilap white cast, kayak pake topeng, bikin jerawatan, dan lain-lain. 

Soalnya, foundation-foundation yang aku pake sebelumnya (di acara-acara nikahan) jelek sih kualitasnya, jadi mempengaruhi pandanganku tentang foundation pada umumnya. Nah, Innisfree Mineral Moisture Foundation ini mematahkan pandangan-pandangan negatifku tadi. Akhirnya aku jadi pengen nabung buat beli mineral foundation hahahaha xp


Tersedia dalam 6 pilihan warna yang sesuai dengan kulit orang Asia.

Warm Tone
W1 Light Beige
W2 Natural Beige
W3 Deep Beige

Cool Tone
C1 Pink Beige
C2 Pink Natural Beige
C3 True Beige


Cara pemakaian
(1) Aplikasikan di dahi dan pipi.
(2) Baurkan dengan menggunakan kuas, dan tepuk-tepuk dengan jari.
(3) Ratakan dengan menggunakan kuas.
(4) Terakhir, tekan lembut permukaan kulit wajah dengan menggunakan telapak tangan.

Tekstur



Coverage


In my opinion...

Pertama kali nyoba di tangan, dalem hati aku bilang, "wah, ini mesti putih banget deh." Eh ternyata ngga lho pemirsa. Foundation ini warnanya bisa nyatu dan membaur dengan kulitku. Hasil pemakaian produk ini bukan dewy mengkilap minyakan euh, tapi lebih ke dewy lembab sehaat.

Coverage oke banget. Bisa diliat yaa foto before afternya, foundation ini bisa nutupin noda cokelat kemerahan bekas jerawat. Sayangnya, kulit yang kering jadi semakin kering dan kelupasannya terlihat jelas banget hiks. Padahal udah pake pelembab sebelumnya. Makanya aku bingung kenapa judulnya ada embel-embel moisture gitu. Meski terlihat lembab, tapi sebenernya kulitku berasa kering *nah loh. (red. kulitku kombinasi).

Daya tahannya lumayanlah dari jam 7 pagi sampe jam 12 siang masih keliatan oke. Aku ngeblot pake kertas minyak sekitar jam 10an dan minyak ngga sebanyak biasanya. Oh iya, ada sensasi anget-anget mint tiap meratakan foundation ini di kulitku, tapi sensasi itu hilang sekitar 15-30 menit. Apa kandungan yang anget-anget mint itu ya yang bikin kulit jadi ngga begitu minyakan pake foundation ini?

Break out? Ngga. Kulitku emang akrab sama yang namanya jerawat, tapi setelah beberapa kali pake (1 sample produk bb cream/foundation bisa aku gunakan kurang lebih 7-8x), ngga ada tanda-tanda break. Malah ada jerawat yang kering, terus ngeletek gitu.

Plus +++
Membuat kulit tampak lebih halus dan cerah.
Warnanya nyatu di kulit dan ngga ada white cast :D
Ringan, sesuai untuk pemakaian harian.
Daya tahan, oil control, dan coveragenya oke banget xD
SPF 17 PA +
Mengandung anti wrinkle.
Memberi kesan lembab, cerah, dan halus (dewy and sleek).
Tidak menyumbat pori-pori xD
Terbuat dari 100% green tea organik.
Tidak mengandung paraben, mineral oil, acrylamide, talc, animal ingredient, dan parfum alias pewangi.

Minus ---
Ngga semelembabkan judulnya. Area kulit yang kering malah terlihat makin gersang. Jadi, mungkin lebih cocok untuk tipe kulit normal dan berminyak.
Belinya mesti online.

Thanks for reading and have a nice day.

Listerine Untuk Ketombe

Senin, 08 April 2013

Mungkin kedengerannya agak aneh ya. Listerine kok untuk ketombe? Hehehehe. Ngomong-ngomong, selain untuk ketombe, listerine juga bisa lho digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

What's cool?
Listerine mengandung thymol, eucalyptol, menthol, dan methyl salycilate yang dapat mengatasi jamur penyebab ketombe dan gatal di kulit kepala.

FYI di tahun 1900an, iklan listerine itu ngga cuma sebagai mouthwash, tapi juga pembasmi ketombe.

---

Yang perlu disiapkan
(1) Listerine Original Formula yang cairannya warna kuning.
(2) Botol spray. Yang ini optional, tergantung selera.

Cara pemakaian
(1) Tuangkan/semprotkan listerine di kulit kepala. Kulit kepala aja lho ya.
(2) Hindari kontak dengan mata.
(3) Diamkan sekitar 10-15 menit.
(4) Keramas dengan menggunakan shampoo.

---

In my opinion...

Aku coba praktekin ide ini karena banyak yang ngereview Listerine for Dandruff di youtube. Setelah dua bulanan menggunakan listerine sebelum keramas, kulit kepala jadi ngga gampang gatal. Kecuali kalo emang pas lagi telat keramas, ya tetep aja gatel :D

Ketombe memang berkurang, tapi ngga drastis. Jadi, jangan berharap sekali pake, ketombe langsung ilang ya. Perlu penggunaan rutin untuk mendapatkan kulit kepala yang bebas gatal dan ketombe. Yang perlu diketahui bersama, listerine ini digunakan untuk ketombe kasus ringan. Jadi, kasus yang berat-berat sebaiknya konsul dan berobat ke dokter :D

Dibanding Listerine, menurutku masih lebih ampuh pake hair tonic Neril Anti Dandruff untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal (udah pernah aku review di link ini).

FYI

Kita juga bisa menggunakan listerine untuk mencuci sisir atau peralatan rambut seperti jepit rambut, dan lain lain agar bebas dari fungus/jamur atau bakteri penyebab ketombe.

Orang yang mengalami ketombe biasanya mengalami lecet dan luka di kulit kepala akibat menggaruk kulit terlalu kasar. Jadi, jangan menggunakan listerine jika kulit kepalamu sedang mengalami lecet atau luka.

Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi pada kulit kepala.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Facial Brush : The Body Shop vs Unbranded Brush

Sebelumnya sudah aku bahas sepintas di [link] ini tentang facial brush. Facial brush gunanya untuk mengeksfoliasi kulit mati dan membersihkan pori-pori. Sekitar bulan februari lalu, aku beli The Body Shop Facial Brush, penasaran bedanya apa hehehe. Yuk maree kita liat perbandingannya. 

Perhatian!
Ngga recommended buat yang kulitnya sangat kering, atau kulit yang udah muncul fine line (kerut).


---

Bulu sikat


Facial brush ngga bermerek justru punya bulu sikat yang lebih padat dibanding facial brushnya The Body Shop. Nah, semakin padat bulu sikatnya, semakin bagus.

Gagang


Facial brush keluaran The Body Shop, baik yang edisi lama maupun baru, sama-sama bergagang mini. Karena gagangnya mini dan bentuknya mungil, facial brush ini jadi keliatan unik. Facial brush unbranded biasanya bergagang kayak sikat gigi. Ada yang ukurannya agak pendek seperti yang aku punya, ada juga yang gagangnya panjang (sekitar 20an cm).

---

In my opinion...

Aku lebih sering menggunakan unbranded facial brush ketimbang facial brush keluaran The Body Shop. Soalnya bulu sikat yang The Body Shop punya terasa tajam dan kasar di kulitku. Mungkin facial brush yang keluaran baru lebih lembut dan padat kali yaa. Entahlah, belum nyoba hihihihi.


Dari segi kemasan, aku lebih suka facial brush keluaran The Body Shop karena ada penutup plastik yang melindungi bulu sikat dari debu. Hanya saja, bulu sikatnya suka kejepit gitu di antara penutupnya, hiks.

By the way, aku ngga rekomendasiin facial brush jenis ini dipake di kulit yang too dry, too sensitive, flaky, atau jerawatan. Mending pake silicon facial pad/brush kalau kulit kamu sedang bermasalah, untuk menghindari risiko iritasi :D

Thanks for reading and have a nice day.