Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Series (Lotion, Essence, & Milk)

Sabtu, 16 Februari 2013
Selama hampir setengah tahun, aku menggunakan The Skin Food Tomato Series. Karena produk ini ngga ramah di kantongku dan aku juga mesti ngepress pengeluaran untuk skin care, akhirnya sekitar awal bulan Desember 2012 banting setir ke Hada Labo.

About Hada Labo [link]

Hada Labo resmi masuk Indonesia di tahun 2012 kemarin. Brand Hada Labo mendapat sambutan yang positif karena brand dari Jepang ini punya reputasi yang sangat baik sebagai skin care.

Hada Labo adalah rangkaian perawatan kulit wajah yang dikembangkan oleh Rohto Pharmaceutical Japan dengan pengawasan ketat berstandar farmasi GMP untuk menjamin kualitas produk dan kepuasan konsumen.

Berangkat dari filosofi perfect and simple, Hada Labo hanya mengandung bahan-bahan yang berkualitas, penting dan baik untuk kulit dan tidak mengandung bahan tambahan lain seperti zat pewarna, zat pewangi, mineral oil, atau zat tambahan lainnya yang tidak diperlukan oleh kulit.

PH-nya sesuai dengan PH kulit, sehingga potensi iritasinya rendah.


Kenapa memilih Hada Labo Indonesia?
  • Produk Hada Labo tidak mengandung mineral oil, memiliki pH seimbang dan reaksi iritasinya rendah. Pemilik kulit yang sensitif sebaiknya melakukan tes pada bagian kecil kulit terlebih dahulu untuk mengetahui kepekaan kulit.
  • Rangkaian produk Hada Labo yang dijual di Indonesia hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas yang diimpor dari Jepang dan diproduksi dengan standar pembuatan produk farmasi di bawah supervisi Rohto Jepang.
  • Produk Hada Labo tidak menyebabkan komedo (tidak menyumbat pori).

---

Packaging


Kemasan Lotion dan Milknya sama, yaitu botol plastik dengan tutup flip top yang praktis. Yang membedakan keduanya hanya warna biru pada label Lotion dan warna pink pada label Milk. Biar ngga ketuker kali ya.


Kemasan Essencenya higienis. Kemasan botol dilengkapi dengan pump. Kesannya seperti produk skin care premium.

---

Lotion

  • Mengandung Arbutin untuk memudarkan flek hitam sehingga kulit terlihat lebih cerah berseri.
  • Diperkaya dengan vitamin C untuk membantu warna kulit terlihat lebih merata dan memperbaiki kulit kusam yang disebabkan sinar UV.
  • Mengandung Hyaluronic Acid untuk menambah kelembaban secara intensif, sehingga kulit akan terasa tetap elastis. 


Cara pakai
  • Gunakan setelah membersihkan wajah.
  • Ambil secukupnya di telapak tangan.
  • Ratakan di kedua telapak tangan, kemudian tepuk-tepuk dan tekan lembut kedua telapak tangan di permukaan wajah.
  • Biarkan hingga meresap dan kulit terasa lengket.

---

Essence


  • Serum pencerah kulit intensif yang mengandung Arbutin konsentrasi tinggi untuk menyamarkan flek hitam dan membuat kulit terlihat lebih cerah.
  • Mengandung vitamin C sebagai whitening agent dan antioksidan untuk membantu menjaga rona alami wajah sehingga warna kulit terlihat lebih merata dan cerah berseri.

Cara pakai
  • Gunakan setelah Whitening Lotion.
  • Tuangkan ke telapak tangan secukupnya lalu usapkan dengan lembut pada wajah yang membutuhkan perawatan intensif hingga meresap.

---

Milk


  • Mengandung Arbutin untuk meyamarkan flek hitam dan mencerahkan kulit, membuat kulit terlihat lebih jernih dan cerah.
  • Mengandung vitamin C sebagai penangkal radikal bebas yang melindungi kulit dari akumulasi kerusakan akibat sinar matahari seperti flek hitam dan garis-garis penuaan pada kulit sehingga membuat kulit tampak tetap muda 
  • Mengandung Hyaluronic Acid untuk kulit lebih lembab, kulit akan terasa tetap elastis. 

Cara pakai
  • Gunakan dua kali sehari setelah membersihkan wajah atau setelah menggunakan Whitening Lotion.
  • Tuangkan ke telapak tangan lalu tepukkan dengan lembut pada wajah hingga terserap sempurna.

---

Urutan pakai

Lotion - Essence - Milk 
(dari tekstur yang paling encer ke yang lebih kental)

In my opinion...

Yang harus dipahami bersama adalah produk apapun yang berjudul whitening atau brightening itu fungsinya memudarkan noda-noda dan meratakan warna kulit sehingga kulit tampak lebih cerah sesuai dengan warna asli kulit.

So, please jangan berharap terlalu tinggi, misalnya kulit akan berubah menjadi putih secara dramatis.

Banyak banget review Hada Labo yang beredar di internet. Ada yang puas banget, ada juga yang mengalami break out. Kalo aku mungkin tengah-tengah yaa :p

Hampir tiga bulan pemakaian (pagi dan malam hari, kecuali saat mengalami jerawat), kulitku ngga menunjukkan tanda-tanda menjadi lebih cerah daripada sebelumnya. Tampak kusam dan warna kulit pun ngga rata.

Aku akuin, The Skin Food Tomato Series lebih oke dibanding Hada Labo Shirojyun dalam hal mencerahkan kulit. Meskipun TSF Tomato ngga bisa mempertahankan cerahnya kulit saat sedang pms, seenggaknya selesai pms kulitku udah ngga kusam lagi.

Tapiiiii sodara-sodara, ada beberapa hal yang membuat aku masih bertahan pake produk ini. Tekstur kulitku semakin membaik. Ngga gradakan (kecuali hidung), halus, dan kenyal seperti kue mochi. Beneran lho lebih kenyal dibanding waktu pake TSF Tomato series dulu.

Maap-maap aja ya, pernyataanku ini ngga dilebih-lebihkan. Aku jadi suka banget towel-towel pipiku sendiri hahahaha.

Selama pake Hada Labo Shirojyun, mukaku jadi jarang komedoan. Sebelumnya hampir tiap minggu aku keluarin komedo-komedo yang nangkring di hidung pake stik komedo.

Sekarang sebulan cuma dua kali, itupun komedonya ngga sebanyak dulu. Ternyata emang benar kalo produk ini ngga menyumbat pori.

Produk ini ekonomis. Hanya butuh sekitar 3-4 tetes dari Lotion dan Milk untuk pemakaian di wajah dan leher. Essence cukup satu kali pump untuk diusap dan diratakan di wajah atau kulit yang butuh perawatan intensif.

Lotion dan Milknya (100 ml), dari awal Desember 2012 sampe pertengahan Februari 2013, baru habis sekitar seperempatnya. Edaaan irit banget. Kalo Essencenya (30 g) ngga tau ya, botolnya ngga bisa diterawang soalnya hehe.

Aku dan Hada Labo ini kayak dalam Love-Hate relationship. Di satu sisi aku ngga suka karena kulit mukaku tetep kusam. Di sisi lain, produk ini memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih kenyal dan elastis. Pengennya sih cerah iya, kenyal juga iya *banyak maunya.

Overall, worth the price. Aku mau coba telatenin pake Hada Labo seri Shirojyun. Kalau ada perubahan bakal aku update di postingan ini.
---

FYI [link]

(1) Kondisi kulitku acne prone. Hada Labo Shirojyun series ngga menyebabkan break out (komedoan atau jerawatan parah) di kulitku. Kalaupun aku jerawatan selama memakai Hada Labo Shirojyun, itu karena sensitif dengan perubahan lingkungan dan pms.

(2) Mau tau cara menggunakan lotion Hada Labo yang tepat? Tonton video ini --> [link]

(3) Lotion Hada Labo ini berfungsi untuk menyiapkan kulit menyerap essence atau pelembab. Oleh karena itu, meskipun teksturnya encer seperti toner, lotion ini dipakai dengan menggunakan telapak tangan yang bersih, bukan dengan kapas.

(4) Lotion Hada Labo membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak.

(5) Lotion Hada Labo Shirojyun sifatnya lengket karena tidak mengandung alkohol. Hal ini menyebabkan lotion tidak menguap, melainkan mengunci kelembaban sehingga kulit terhidrasi dengan baik. Selain di wajah, lotion ini juga dapat digunakan untuk membuat kulit tubuh lain agar lebih lembab.

(6) Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Series ditujukan untuk menambah kadar air dan mencerahkan kulit. 1 gram Hyaluronic Acid (kandungan produk Hada Labo) dapat menahan hingga 6 liter air sehingga kulit dapat mempertahankan kelembabannya dengan baik.

(7) Hasil pemakaian untuk tiap orang bisa berbeda tergantung kondisi kulit dan lingkungan.

---

UPDATED 1/4/2013

Pagi ini, setelah cuci muka, akhirnya aku menyadari, skin toneku naik sekitar satu tingkat. Yeah, finally.

 Aku pake dari awal bulan Desember 2012 dan di awal April 2013 ini (sekitar 4 bulan pemakaian) baru terlihat jelas ada perubahannya. Itupun setelah aku menggunakan essencenya semuka, ngga ditotol-totol di spot yang bernoda.

Jadi, menurutku essencenya emang nampol. Tapi, sayangnya mukaku masih kusyem ni :( sepertinya butuh suplemen dari dalam supaya kulitnya cerahan. Hmmm.

UPDATED 16/4/2013

Sudah 2 mingguan lebih aku pake Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Essence saja (ngga pake lotion dan milk). Hasilnya kulit wajahku jadi lebih cerah, ngga begitu kusam, dan ngga gampang berminyak (less oily).

Mungkin karena udah ngga pake lotion dan milk, kulitku jadi ngga se-mochi sebelumnya. Tapi ngga apa-apa deh, yang penting udah rada cerahan, toh masih tetep halus hahahaha.

Aku ngga mau berasumsi sotoy panjang lebar kenapa kulitku lebih oke hanya dengan essence (dalam waktu 2 minggu doang lhoo), ketimbang pake lotion-essence-milk (sekitar 4 bulan).

Aku pikir bakal lebih bagus hasilnya kalo pake seri shirojyun lengkap (seperti waktu pake TSF Tomato Series dulu), tapi ternyata hasil terbaik aku peroleh dengan menggunakan essencenya saja (2x pump untuk sekali pemakaian di wajah).

Oh iya, pengalamanku dengan essence shirojyun ini ngga bisa digeneralisir yaa. Soalnya banyak kok yang kulitnya bisa cerah, kinclong, dan ngga kusam dengan memakai lotion dan milk.

Tapi, mungkin bisa jadi referensi buat you guys-you guys yang pake lotion-essence-milk tapi kulit mukanya tetep kusam dan berminyak, meski mukanya jadi lebih cerah/skin tone naik seperti problemku. Coba-coba aja pake essencenya doang dan cek ada perubahan atau ngga.

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Tentang Air Putih Yang Kamu Harus Tahu

Selasa, 12 Februari 2013

Apakah kamu sudah memenuhi kebutuhan cairan harian untuk tubuh?

Atau malah belum kepikiran kesana? :))

Sekitar 60% bagian tubuh kita terdiri atas cairan yang fungsinya membawa nutrisi, oksigen, dan hormon ke seluruh sel tubuh. Oleh karena itu, diperlukan sekitar 2-3 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan harian (red: kisaran pastinya dihitung berdasarkan berat badan).

Jumlah 2-3 liter tersebut ngga cuma dari air putih saja, tetapi juga meliputi semua jenis cairan yang masuk ke tubuh kita seperti jus buah, susu, teh, atau cairan di dalam makanan.

Meskipun demikian, ngga berarti kita malah mengurangi minum air putih terus jadi lebih sering minum teh, kopi, soft drink, atau minuman keras.

Air putih merupakan cairan yang lebih baik daripada minuman-minuman tersebut karena ngga mengandung bahan pengawet, kalori, dan bahaya kimia yang membahayakan tubuh.

Cek kebutuhan air kamu di link ini Hydration Calculation

Manfaat minum air putih untuk tubuh dalam jumlah yang cukup
  • Air putih dapat membantu regulasi temperatur tubuh
  • Membuang racun-racun
  • Meredakan otot dan sendi yang kaku
  • Mengurangi rasa sakit kepala
  • Mempercepat metabolisme tubuh
  • Membasahi jaringan seperti di mulut, hidung, dan hidung
  • Melindungi jaringan dan organ tubuh
  • Menjadi pelumas bagi sendi-sendi tubuh
  • Mencegah sembelit
  • Meringankan beban ginjal dan hati dalam membuang zat sisa metabolisme
  • Membantu menguraikan mineral dan nutrisi lainnya agar mudah diserap tubuh
  • Membawa nutrisi lain 
  • Mengurangi risiko kanker usus besar dan kanker payudara
  • Dan lain-lain.
---

Fakta lain yang perlu diketahui

1) Air dapat membantu program diet. Caranya dengan meminum air putih beberapa saat sebelum makan sehingga menimbulkan perasaan kenyang dan dapat mengurangi porsi makan.

2) Air memperlancar aliran darah di kulit sehingga kulit (termasuk kulit kepala) ngga mudah kering dan keriput.

3) Air memang bagus untuk detoksifikasi racun atau radikal bebas dalam tubuh. Tapi akan lebih baik jika dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mempertahankan pola hidup sehat seperti olahraga, makan sayur dan buah, menghindari rokok dan minuman keras.

4) Dehidrasi terjadi bila jumlah cairan dalam yang keluar dari tubuh lebih besar daripada cairan yang masuk. Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan langsung bereaksi misalnya dengan memperlambat proses penghilangan air dari kulit.

Dehidrasi berat terjadi jika kita mengalami diare atau luka bakar stadium tinggi.

5) Jika cairan tubuh terpenuhi, kita akan lebih mudah berkonsentrasi. Tapi, mengonsumsi air putih saja akan membuat tubuh lemas (yayalah~). Tubuh tetap membutuhkan asupan minuman dan makanan lain yang diperlukan untuk merangsang daya kerja tubuh dan otak.

---

Akibat malas minum air putih [link]

Dehidrasi menyebabkan pasokan oksigen dan cairan di otak jadi berkurang sehingga mengganggu fungsi kognitif. Orang yang mengalami dehidrasi itu rada lemot, gampang lupa, dan susah berkonsentrasi.

Dehidrasi juga menyebabkan gejala seperti lelah, tenggorokan kering, haus, badan panas, sakit kepala, denyut nadi yang cepat, air seni yang pekat, bahkan gejala halusinasi dan kematian.

Infeksi kandung kemih. Gejalanya suhu badan meningkat, nyeri di akhir buang air kecil, nyeri tekan di atas tulang kemaluan, kadang kala keluar darah bersama air seni.

Gangguan fungsi ginjal. Air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, komponen pembentuk batu ginjal keluar bersama urin saat buang air kecil.

Kulit kusam diakibatkan kurang maksimalnya alirah darah kapiler di kulit.

Dan lain-lain.
---

Kenapa air dingin itu tidak dianjurkan untuk kesehatan? [link 1] [link 2] [link 3]

1) Air dingin yang diminum dalam kondisi perut kosong itu membawa dampak buruk bagi pencernaan. 

2) Meminum air dingin setelah makan pun ngga baik buat tubuh kita. Minuman yang dingin dapat membekukan makanan berminyak yang baru dikonsumsi sehingga memperlambat proses pencernaan.

3) Terdapat kuman yang dapat bertahan di suhu rendah. 

4) Saat kita mengonsumsi minuman dingin, saraf-saraf sekitar mulut, tenggorokan, dan perut bagian atas terangsang secara mendadak. Selaput lendir di sekitarnya pun bereaksi dengan sedikit mengerut. 
 
5) Saat tubuh terasa panas dan berkeringat, kemudian meminum minuman yang dingin, perut akan terasa kram dan kejang. 

6) Meminum air dingin akan mengubah irama atau tata cara kerja alat di dalam tubuh, terutama perut. Akibat tidak langsung reaksi tersebut adalah timbulnya sedikit gas dalam perut yang bisa membuat perut buncit.

---

Ready for water habit? [link 1] [link 2] [link 3]

Biasakan diri meminum air putih segelas setelah bangun tidur, segelas saat makan, segelas di antara waktu makan, segelas beberapa saat (sekitar setengah jam) sebelum tidur, dan pastikan meminum air putih sebelum dan sesudah olahraga.

Jangan lupa ya minum menggunakan tangan kanan, sambil duduk, dan teguklah air dengan perlahan hehe.

Kalau kamu bener-bener susah untuk minum air putih dengan teratur, coba deh pasang alarm yang secara periodik mengingatkan untuk minum air putih.

Pengguna android dan apple dapat menggunakan aplikasi "Water Your Body" yang mengingatkan penggunanya untuk minum air putih.
Minum air putih itu penting banget untuk kesehatan. Jadi, mulai sekarang yuk biasakan untuk rutin minum air putih dan kurangi minum minuman yang dingin.

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Lipstick Hare (Lipstik Hijau)

Sabtu, 02 Februari 2013

Yang sering dapet oleh-oleh haji dan umroh pasti tau lipstik ini. Tenang aja. Lipstik hijau ini berubah jadi warna pink setelah dioleskan di bibir. Waaaw, mejik!

Di toko oleh-oleh haji, lipstik ini punya tagline: "membuat wanita sholehah menjadi sedap dipandang suami" *ngakak *tutup muka pake wajan.

Oiya, di kemasan lipstik ngga tercantum ingredients :)) Lipstik ini udah ada sejak lama dan sering dipake sama ibu-ibu yang sedang umroh atau naik haji. Di bawah tube lipstick ini ada tulisan HARE Lipstick 33, Made in Taiwan. Best before date: April 2015.


Plus +++
Hasilnya natural matte. My lips but better :))
Biasanya dijual di toko busana muslim atau toko oleh-oleh haji. Harganya sekitar lima ribuan.

Minus ---
Tahan sekitar 2 jam doang. Apalagi kalo abis makan dan minum, cepet banget lunturnya.
Kemasannya dari plastik. Tutupnya juga gampang lepas.

Alhamdulillah, lipstik Hare (2016) sudah resmi terdaftar di BPOM.

Thanks for reading and have a nice day.