"Mengeringkan" Kulit Wajah

Sebenernya edisi "mengeringkan" kulit wajah ini menyatu dengan step membersihkan wajah. Tapi karena kepanjangan, yaudah dipisah aja biar yang baca juga enak. Rencananya sih pengen posting edisi ini secepetnya...  :'0 Sayangnya aku sibuk...
Sibuk maen pokopang.
*becanda huhu.


Sudah lumayan lama, aku ngga mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk. Sebagai gantinya, aku menggunakan spon atau kedua telapak tangan yang bersih. Handuk itu emang cepat mengeringkan kulit wajah dan kalo ngga hati-hati kelembaban kulit juga bisa langsung keserap handuk. Kulit wajah yang sering "kegesek" permukaan handuk yang kasar juga ngga bagus lho.

Yang paling aman, handuknya ditempelkan atau ditepuk pelan/lembut aja. Bisa juga pake cotton pad atau facial tissue ala-ala mbak beautician, tapi emang agak boros hehehe...

---

Spon

Spon wajah yang aku gunakan seperti ini...


Beda lho sama spon buat cuci piring ^^; Foto di atas adalah spon dalam kondisi kering. Harganya ngga nyampe Rp 10.000an. Kalo yang ukuran lebih kecil harganya sekitar Rp 7.000an (biasanya dijual sebungkus 3 pcs). FYI, ini juga bisa buat bersiin muka.

Cara menggunakannya dengan menekan-nekan lembut spon di permukaan kulit wajah hingga basahnya air terserap di spon. Aku tau cara ini dari beauty guru dan mbak-mbak beautician ;)

***

Telapak Tangan

Cara ini aku dapet dari tayangan rutinitas perawatan kulit seleb Korea. Mengeringkan wajah dengan telapak tangan seperti ini...

1. Pertama, pastikan telapak tanganmu bersih, kemudian seka tetesan air yang berlebih dengan jari-jari atau kedua telapak tangan. Dengan cara ini, kulit wajah tetap basah, tapi ngga ada air yang menetes.

2. Langkah selanjutnya kurang lebih seperti foto di bawah ini. Sambil ditepuk-tepuk pelan juga ya...


Kalo tetesan air di wajah ngga diseka terlebih dulu, ntar pas ngeringin wajah dengan kedua telapak tangan bakal kerasa becek banget, kecipak-kecipuk gitu.

Beberapa keuntungan yang aku rasain dengan cara ini:
  • Kulit kerasa lebih rileks, moist, dan fresh.
  • Aku jadi lebih akrab dan ga asing sama kulit wajahku sendiri.
  • Aku jadi lebih tau kondisi kulit wajahku dan perkembangannya (kerasa kalo mulai ada yang ngga beres, kayak brindil-brindil di bawah permukaan kulit, spot yang mulai gradakan, dll).

Kekurangannya... :)) lama (sekitar 1 menit)

---

Ngomong-ngomong kenapa pake tanda kutip --> "mengeringkan"?
Biasanya aku ngga bener-bener mengeringkan kulitku. Aku sisain sedikit basah atau lembab (terutama sebelum menggunakan krim pelembab di malam hari, sebelum tidur), kecuali kalo setelah cuci muka mau maskeran atau peeling yang produknya mesti dipake dalam kondisi kulit kering.

Saat menggunakan pelembab, lebih bagus kalo kulit masih sedikit basah (moist/lembab). Dengan begitu krim/lotion pelembab yang dipake akan membentuk layer dan kulit lebih mudah menangkap dan mempertahankan kelembabannya. Lain cerita kalo pake produk tabir surya ^^;

---

Update 2016!

Kira-kira sejak 2015, aku mengeringkan wajah dengan menggunakan toner. Jadi, setelah menyeka air di wajah, langsung dilap dengan kapas yang dibasahi toner. Kulitku jadi lebih lembab dan ngga mudah dehidrasi. Mungkin ngga semua orang cocok dengan cara ini, karena tergantung jenis toner yang digunakan, juga tipe dan kondisi kulit masing-masing orang.

---

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
29 September 2013 22.13 delete

Kak, bahas tentang perawatan untuk menghilangkan komedo, dong.. Gemes lihat hidung sama bawah bibirku yang banyak komedo ini. :" Tetep ada yang beda, kan, sama perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat?

Reply
avatar
30 September 2013 06.14 delete

iyaa insya'Allah :D itu juga ada, lg aku siapin...
bakal panjang postingannya hehehehe ^^;

Reply
avatar
30 September 2013 10.32 delete

ak ngelap muka pake handuk :O ,, mau pake tangan kan ga biasa jd gimana gt hehee, plg yang ak seka bagian dagu , sama ak tepuk2 dikit pake handuk dibagian wajah tertentu :DD

Reply
avatar
30 September 2013 16.24 delete

Wah keren nih banyak tipsnya. Seneng pantengin blog kamu sai ^_^

gratefulbeauty.blogspot.com

Reply
avatar
30 September 2013 22.14 delete

Iyaaah aku juga awal-awal ngerasa aneeeh, ga biasa soalnya x)) tapi sekarang malah lebih seneng ngeringin pake telapak tangan hehehe ^^;

Reply
avatar
30 September 2013 22.15 delete

Makasih saay :D syukurlah kalo bermanfaat
x)) aku juga follow blogmu hihi

Reply
avatar
6 Oktober 2013 19.31 delete

Kok baru baca post yang ini ya, ya allah ternyata kelewat -_- lagi2 karena modal nekat jadi gaktau sebenernya fungsi spons itu dan ternyata itu untuk mengeringkan ya hahaha berarti waktu itu emg udah salah penggunaanya yaitu sebagai pengganti kapas lalu berjamur dan di buang deh :(

Reply
avatar
6 Oktober 2013 21.04 delete

waaaa :D hehehe semoga bermanfaat ya infonya

Reply
avatar
20 Mei 2015 15.57 delete

hai mba, kalo keringin mukanya pakai tissue aman gak? tissue buat wajah bikin clog pores gak sih! hehe

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon