Skin Care Talk // Personal Thought // Blogging Experience

Double Cleansing (Membersihkan Wajah Dengan Oil & Foam)

Minggu, 15 September 2013
Sekitar awal bulan Juli 2013, saya  mengalami break out karena alergi (bruntusan, jerawat, ada luka gegara ngegaruk juga). Tapi, ternyata sekitar dua bulanan udah keliatan membaik.

Yang saya perhatikan, sejak awal 2013 ada beberapa rutinitas perawatan kulit yang sebenernya sepele, tapi sejak ditelatenin kulit saya jadi lebih baik. Kalopun bermasalah, cepet juga pulihnya.

Kulit saya memang ngga sempurna dan belum kinclong hehehe, tapi banyak banget info dan pengalaman yang pengen saya sharing.

---

Double Cleansing
(Oil dan Foam)

Kenapa bahas tentang membersihkan wajah?

Membersihkan wajah adalah hal yang dasar banget. TAPI tidak semua orang aware bagaimana cara membersihkan wajah yang benar. Apalagi kulit wajah berbeda dengan kulit badan.


What's cool?

Double cleansing (oil dan facial foam) adalah cara membersihkan kulit yang paling gentle dan bersahabat buat kulit. 

Double cleansing tidak hanya untuk orang yang kulitnya rentan. Karena memang sebaiknya pemilik tipe kulit apapun (oily, normal, dry, sensitive) memperhatikan cara membersihkan kulit supaya kulitnya ngga bermasalah.

---

Membersihkan Tangan


Sebelum segala ritual membersihkan wajah dimulai, ada baiknya berdoa atau baca basmallah dulu, biar afdhol :)) setelah itu cuci tangan pake sabun atau pake hand sanitizer. 

Kalo wajah kita dibersihkan dengan tangan yang kotor, sama aja boong dong hehe.


---

Oil Cleansing

Jaman sekolah dulu, kita diajarkan prinsip kimia dasar, yaitu "minyak melarutkan minyak (oil dissolves oil)". Oil cleansing ampuh mengangkat debu, kotoran, atau ampas make up tanpa menyumbat pori di kulit.

Buat yang kulitnya berminyak, bisa juga menggunakan lotion (milk cleanser) atau krim pembersih (tapi krim pembersih jarang dijual di Indonesia, biasanya produk luar gitu).

Minyak yang saya gunakan adalah Minyak Biji Anggur (iya, biasanya emang buat salad dressing gitu-gitu hahaha). Sudah pernah saya review juga di [link] ini. Sebenernya merk minyak biji anggur ngga cuma Borges, cuman yang paling gampang didapet ya merk ini.

Di hypermart kota saya sudah susah dapetinnya. Adanya merk lain yang ukuran seliter botol gedebokan. Akhirnya saya beli di Gelael, harganya sekitar 60 ribu tapi worth the price banget, karena yang ukuran 500 ml bisa dipake berbulan-bulan.


Kenapa ngga pake minyak zaitun aja (extra virgin olive oil/EVOO)?

Ngga tau kenapa ya, minyak zaitun terasa berat di kulit wajah saya dan pedih untuk area mata. 

EVOO saya gunakan untuk perawatan rambut, bukan untuk kulit. Tapi kalo kamu lebih cocok pake EVOO, ya ngga apa-apa, monggo hehehe.

Cleansing oil yang memang skin care (bukan minyak pangan seperti yang saya gunakan) juga macem-macem merknya. Coba cek aja ke supermarket, drug store, atau online shop.

Ngomong-ngomong, kapas yang saya gunakan adalah kapas sejuta umat merk Selection. Kapas ini 100% cotton, halus, lembut, dan yang penting harganya murah bebas pemutih dan bahan berbahaya.


Cara membersihkan wajah dengan minyak itu macem-macem. Saya jabarkan satu-satu yah... 

Cara Satu

Minyak dituang di telapak tangan.


Oles dan ratakan di wajah (menggunakan telapak tangan, bukan kapas) dengan lembut, ngga digosok-gosok kasar.

Tunggu sekitar 20-30 detik, kemudian usap dan bersihkan dengan kapas.

Cara Dua

Minyak dituang di telapak tangan. Oles dan ratakan di wajah dengan lembut, sambil dimassage dengan gerak sirkular atau memutar. Kemudian basuh kulit dengan air.

Ampas minyaknya baru diangkat nanti dengan facial wash saat cuci muka. Tipe minyak yang dipake juga bukan yang pekat (light texture).

Cara ini recommended untuk tipe kulit kering. Sering dipraktikkan di acara seleb Korea gitu.

Cara Tiga


Minyak dituang di kapas secukupnya. Dengan menggunakan kapas, minyaknya dioles dan diratakan di wajah. Pelan-pelan aja. 

Diusap ya, bukan digosok.

Cara Empat


Tuang minyak di telapak tangan. Oleskan dan ratakan minyak di wajah dengan lembut. Tunggu sekitar 20-30 detik. Kemudian kulit diusap dan dibersihkan dengan menggunakan kapas.


Setelah kulit udah bersih, kan muka masih kerasa oily tuh. Gunakan tissue untuk menyerap ampas minyak yang masih tertinggal di kulit. 

Caranya dengan menekan lembut permukaan kulit wajah dengan tisu, bukan diusap kasar. Hasilnya, kulit terasa lembut dan lembab.


Oiya, ngomong-ngomong ada lho yang ngga cocok pake kapas biasa, karena masih "terlalu kasar" buat kulitnya. Jadi, balik ke rule awal merawat kulit. Kenali kondisi dan kebutuhan kulit.

Selain kapas, kita juga bisa pake cleansing tool lain (cleansing/silicon pad, facial brush, dst) saat membersihkan wajah dengan minyak.

Lanjut ke langkah selanjutnya... membersihkan dengan menggunakan sabun wajah.

---

Facial Foam

Ini sabun wajah yang sudah saya gunakan selama 9 bulan lebih. Saya ngga bilang sabun ini yang paling oke, karena sebenernya sabun yang bagus itu banyak. 

Yang penting sabun mukanya aman, sesuai kebutuhan kulit, dan ngga bikin kulit bereaksi aneh hehe.


Sebagian (sebagian lho ya, ngga semua) pemilik kulit wajah yang berminyak, mencari sabun wajah yang membuat kulit jadi kesat. Ada juga yang sampe bilang "aku suka dengan sabun muka yang matte finish".

Kesat itu ngga selalu berarti bersih.
Kesat pada wajah = kulit mengalami kekeringan.

Guys, ini muka, bukan piring.

Kalau kulit kita berminyak, trus malah dibikin kering kesat, makin terangsanglah kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih. 

Dengan kata lain, kita perlu menjaga keseimbangan antara minyak dan air di kulit.

---

Sebelum digunakan, sabun wajah dibuihkan terlebih dulu. Cara ini dikenal dengan nama foaming (sering banget dibahas di situs kecantikan Jepang atau Korea).

Sebaiknya, sabun wajah dibuihkan dengan menggunakan spons atau net khusus, baru deh setelah itu foamnya diratakan di kulit wajah. 

Meratakannya bisa dengan menggunakan telapak atau punggung tangan, cleansing brush, atau facial pad.

Facial foam digunakan untuk mengurangi risiko gesekan-gesekan kasar akibat kontak skin-to-skin (telapak tangan dan kulit wajah) yang mungkin terjadi saat cuci muka. 

Foaming sering direkomendasikan untuk tipe kulit sensitif, karena foam dapat membersihkan tanpa menstimulasi kulit (risiko kulit stres, iritasi, dan bereaksi rendah). 

Intinya, saat menggunakan facial foam, yang bekerja mengangkat debu, kotoran, dan minyak berlebih adalah foamnya, bukan kulit telapak tangan kita. 

Jadi, sebisa mungkin saat cuci muka ngga perlu gosok-gosok muka dengan kasar, pelan-pelan saja.

Baca juga : Apakah Sabun Menyebabkan Purging?


Foaming Net khusus sabun wajah jarang banget dijual di Indonesia. 

Saya pernah lihat di counter alat kecantikan Matahari Department Store, harganya sekitar Rp 12.000 (net saja, tanpa spon kecil seperti di gambar). Net mini seperti ini bisa menghasilkan foam yang melimpah lho.

Banyak sih net yang dijual buat mandi. Tapi baiknya dibedain mana net yang buat mandi, mana yang buat cuci muka.

---

Selain foaming net, kita juga bisa membuihkan sabun dengan menggunakan kuas make up. Foam yang dihasilkan juga banyak. 

Yang saya gunakan adalah blusher brush. Kalo kabuki brush susah keringnya.

Caranya...

Keluarkan sabun sekitar 2 cm di telapak tangan yang basah.

Buihkan dengan kuas.


FYI, ada juga facial foam yang dikemas dalam botol pum di supermarket atau drugstore. 

Lebih praktis, soalnya ngga perlu dibuihkan lagi (saat pump ditekan, sabunnya udah otomatis keluar berupa foam). Tinggal diratain deh di kulit.

Selain untuk membuihkan, saya juga memanfaatkan kuas untuk meratakan dan mencuci wajah dengan foam. Pastikan kuasnya bersih ya sebelum dipake :D


Kiri : Foam yang disqueeze dari brush make up. Foam yang "padat" seperti ini dapat menjangkau dan mengangkat debu dan kotoran yang menyumbat pori.

Kanan : Foam yang diratakan di kulit wajah dengan menggunakan brush make up.

---

Saat mencuci wajah dengan foam, mulailah dari area kulit yang paling berminyak (T-zone : dahi, hidung, dan dagu), kemudian dilanjutkan di area yang paling kering (biasanya pipi). 

Urutan ini untuk memastikan sebum dan kotoran dari step sebelumnya (oil cleansing) bener-bener terangkat. Kalo urutannya terbalik, kulit yang kering akan semakin kering setelah cuci muka.

Saya sudah lama mencoba double cleansing, terutama sebelum tidur malam. Mungkin efek yang paling terasa berkat rutin double cleansing adalah... komedo tidak merajalela, terkontrol banget hehe.

Selain itu, kulit terasa lebih smooth setelah dibersihkan.
Jika kulit saya sedang bermasalah (bengep-bengep jerawat, kering mengelupas, gatal, atau merah-merah), saya tidak menggunakan sabun pembersih wajah. Sebagai gantinya, aku cuci muka pake oatmeal. Bisa diliat di [link] ini.

Baca juga : Ini Lho Pembersih yang Saya Gunakan (2017)


---

Membasuh Wajah

Membersihkan foam juga sebaiknya hati-hati. Tadah air dengan kedua telapak tangan, kemudian basuh di permukaan kulit wajah.
Ingat ya temen-temen, dibasuh pelan (foam dibersihkan dengan aliran air). Bukan digosok, apalagi dikucek. 

Ini kulit muka lhoo, bukan baju hehe.


Btw, walau sama-sama kerempeng, tapi itu bukan tanganku :p

Baca juga : "Mengeringkan" Wajah


Mohon maaf jika ada penyampaian yang kurang berkenan.

Wallahu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.
41 komentar on "Double Cleansing (Membersihkan Wajah Dengan Oil & Foam)"
  1. nice kakak :D wah infonya sangat menambah pengetahuanku jadi seneng ngrawat kulit

    BalasHapus
  2. kalau aku, habis pake susu pembersih n penyegar viva, dilanjut pake myk zaitun,,diemin sebentar trus cuci muka pake sabun gen java. udah bbrp kali nyoba,, kulit wajah jadi lembut dan lembab. yah..meski bekas jerawatnya masih ada. tp udah jauh mendingan. di bandar lampung ga nemu grapeseed oil. T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa emang kayaknya grapeseed oil rada susah ditemuin yah :( banyak yg kesulitan nyarinya, bahkan temenku (yg notabene sekota sama aku) juga susah katanya

      Hapus
  3. Greeat Post Dear^^
    Baru tahu kalo ada minyak biji anggur.. Beli dimana ya?

    Terus soal bersihin kuas pake facial foam itu oke banget.. Praktis ya.. Besok mau coba^^

    Thanks :)

    Sistersdyne.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sis
      Hehehheheheheheh x)) coba dibaca lagi deh postingannya
      Thanks for stopping by ya dear

      Hapus
  4. sekarang aku juga pake grapeseed oil buat bersihin eyeliner + masscara... gara2 kerancunan kamuh hey hanitisssss... wkwk..

    kalau evoo aku juga gak demen, malah perih sekitar mata... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. x)) hahahahha iyaaa, emg ringan ya mba dibanding evoo, tapi ga kalah oke hihi

      Hapus
  5. hadalabo tamagohadanya dipake sehari 2x gapapa ya mbaa :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D gapapa, ini bentuknya foam lembut banget. dibilang mild peeling karena foamnya ngangkat sel kulit mati-kotoran-sebum, jadinya ga numpuk ato nyumbat pori. bukan peeling keras yang bikin kulit ngelupas gitu say ^o^; kandungannya juga umum banget kok, banyak merk facial foam laen yang kandungannya kurang lebih sama dengan tamagohada ini.

      Hapus
  6. ga ada minyak anggur hihi, klo ak pake minyak zaitun beberapa tetes dicampur air dikocok campur garam dikiiittt biar nyatu, dan bersih ko, klo minyak zaitun aja kesaannya kok "minyaken bgt" :p , emmm ak mau balik ke oatmeal, pake dove enak sih, tp kok kesannya kurang gimana gt ,, >o< presentasenya kesukaan , oatmeal : 90 / , dove : 85 % , :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoo gituu :D makasih infonyaa xD
      iyaaa oatmeal emang baguuss hihihi

      Hapus
  7. kamu gak cocok pake HL yang seri shirojyun ya? ciri2nya gimana ya soalnya lagi nyoba dan kulit jadi ngelupas gitu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya :D face wash shirojyun ga cocok di aku.
      Kulit kerasa kering banget, trus tau-tau muncul jerawat :(
      Tamagohada ini yang oke di aku :D gada reaksi breakout segala macem di kulitku.

      Hapus
  8. tamagohada emang oke, kadang aku make nya dituang ke telapak tangan trus kasih air dikit langsung ratain ke wajah ku yg masih kering, dipijat bentar trus dibuihin baru dibilas, hehee,,
    soalnya aku pikir minyak di wajah ku kayanya akan membeku kalo langsung dibasuh air dingin trus baru disabunin bakal ga bersih donk :)
    btw, ada rekomendasi cleanser ga yg cocok buat muka ku, kalo pake cleanser tuh selalu brasa panas di wajah :(
    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. panas gimana? :( apa yah, kayaknya yg paling banyak dipake buat kulit bermasalah itu cleansernya cetaphil. kalo aku pake oatmeal juga sih sebagai cleanser >.< so far so good.. maap ya kalo ngga membantu huhu

      Hapus
  9. Kalo gk cocok hadalabo seri biru, biasanya seri putih lebih cocok karena Lbh buat kulit sensitif sama oily skin. Bisa buat kulit jerawatan juga tapi aq pake juga brand acnes. Kulit q sih gk jerawatan cuma masih pake acnes n hadalabo gokujyun (putih). Udh ngelekat di hati sih. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa :D aku juga sekarang pake face wash yg gokujyun, ngga bikin kulit kesat, tetep lembab walau habis cuci muka hehehe. kalo aku pas kulit lagi bermasalah masih setia dengan oatmeal >.<

      Hapus
  10. Mbak gimana rasanya pake cleansing metoded cara 2 ? Pingin nyobain pake milk cleanser tapi takut clog pore -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya bersiin dengan minyak dituangin di telapak tangan? :D
      itu aku lakuin kalo abis pake bb/cc cream atau pas kulit lagi kering ^^;
      apalagi pas musim ujan kemaren hehehe..

      itu bilas oilnya dianjurkan pake air hangat say (oil cleansing method, mesti ati2 dan usahain tangan bersih) :D jatohnya ngga gitu berminyak, tapi tetep kerasa lembab. kalo abis pake make up, setelah pake oil bisa didobel cleansing (pake facial wash untuk foaming) :D

      Hapus
  11. aku ngegunain minyak biji anggur ny setiap malam lo.. alhamdulillah jerawat udah mulai kurang.. makasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa turut senang say :D sama-sama

      Hapus
  12. Mba kalo buat ngilangin bekas jerawat bisa ya? atau pake apa ya? udah pake ini itu tapi masih ada bekas jerawatnya....trims buat infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekas jerawat emang lama say ^^ kudu sabar dan telaten.

      perawatannya tergantung jenis bekasnya kayak gimana. kalo noda kecokelatan biasanya bakal memudar selama kita rutin eksfoliasi sel kulit mati, pake skin care pencerah, dan pake tabir surya (supaya bekasnya ngga makin menggelap) ^^

      iya, sama-sama :D
      maaf kalo ngga membantu ^^;

      Hapus
  13. ehhh...ketemu blog nya mbak hai haii :D
    ini nihh mba yang aku carii, tapi kalo pake zaitun atau minyak anggur aja ,,ini muka jadi kaya kilang minyak..
    kemarin juga nyobain hada labo nya temen ( hhehe maklum, testing dulu sebelum beli) ngaa cocok di muka :(

    aneh bingit ini muka . jadi bingung mau diapaiin :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloooo haloooo ( ^o^)/\(^o^ )
      wkwkwkwk namaku hanitis :))) itu hai hai gara2 settingan email
      kalo aku sih biar ga kilang minyak banget, ditap tap pake tisu, jd ntar kelebihan minyaknya terserap tisu. apalagi minyak biji anggur lebih ringan dibanding zaitu say :D jadi ngga gitu greasy dibanding minyak zaitun

      sekarang bnyak kok say sabun muka yg bagus2 ^^; cuma ya emang nemuin chemistry ke skin care yg cocok itu rada susah

      cemungutt (^o^)9

      Hapus
  14. Sis, itu berapa harga cleansing foam nyaaa? Aaaa mau mau beli dimanaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap telat bales hehe >.<
      cleansing foamnya yg kecil sekitar 14-16 ribu, yg gedean 20ribu something ^^; lupa pastinya berapa. belinya di supermarket kayak hypermart, ato drugstore macam guardian juga biasanya jual sis

      Hapus
  15. kak hanitis, klo saya ga bisa pake mild peeling tiap hari. btw HL gokujyunnya asik banget dmuka ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um say :D aku juga sejak kulit jadi gampang kering, beralih pake face wash gokujyun ^^
      kayaknya kalo gokujyun emang seri yg relatif aman dan cocok buat banyak orang (jarang ada review negatif)

      Hapus
  16. Jadi banyak ilmu abis baca review nya mbak hanitis ❤️❤️
    Oia say mau tanya dong bedak tabur (loose powder) yg recomended apa ya? Yg bagus awet nempel
    Oia jenis kulit mukaku normal kadang berminyak klo keringetan sama kadang2 muncul jerawat kl lg dapet aja.
    Sbelumnya makasih ya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf banget baru baleess x((
      ayoo sharing ilmu kamu juga di mari hehehe :D

      waduh, aku udah hampir 2 tahun ga bedakan :| jadi kurang tau perkembangan dunia bedak hehehe. tapii... waktu nyari-nyari buat ibu dan temen-temenku, ini bedak-bedak yg recommended:
      * ultima II full moisture loose powder
      * the skin food buckwheat loose powder
      * the body shop mineral loose powder

      coba cek-cek juga reviewnya :D
      >.< maap kalo ngga membantu yaaw

      Hapus
  17. Halo Dear, salam kenal aku baru belajar make up dan kesini-kesini jadi tahu kalau membersihkan wajah ada tutorial double cleansing-nya.. Thanks for sharing anyway! I am your new follower!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dewi :D salam kenal juga ya
      iya, sama-sama :D senang kalo bermanfaat

      Hapus
  18. Hai mbak hanitis.. ^_^
    Blog mu ko gabisa aku follow ya?
    Aku udh lama banget suka baca2 postingan kamu,,ada beberapa yg aku terapin juga.
    Tp beberapa kali saat mau ikut koment,gak tau kenapa komen ku gak mau muncul.
    Aku jadi silent reader ajadeh selama ini.

    Ohya mbak..itu sebelum bersihin muka,tangan dibersihin pake hand sanitizer dulu apa gak ppa ya??
    Akukok,pas pake hand sanitizer sbelum pegang2 muka..kulit aku malah kasar gitu ya.
    Gak tau apa ini karena hand sanitizer atau skin care yg aku pakai.

    Over all...postingan mbak bagus2 banget dan banyak membantu di aku.
    ♥·♡τнänκчöü♥·♡... (^^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Syalwa :D salam kenal yaa
      wah aku kurang tau deh tu :( maaf yaa

      gapapa, yg penting cuci tangan (tangannya dalam keadaan bersih)
      aku pake hand sanitizer juga karena pernah jerawatku banyak, jadi takut malah makin nyebar ^^;

      terima kasih banyak :D senang bisa bermanfaat
      mohon masukannya juga supaya blog ini makin enak dibaca :D
      have a nice day

      Hapus
    2. eniweeei, ternyata komen kamu yg di post oat bukannya ga masuk, tapi ketumpuk T.T mianhe~ udah aku jawab di sana hehe, semoga membantu

      Hapus
    3. Makasih mbak Hani...
      *panggilnya gonta ganti . Hihihi :D

      Tanya lagi donk mbak, klo utk jenis kulit oily dan acne prone itu perlu double cleansing juga gak ya??
      Soalnya aku double cleansing (pakenya cleanser bentuk milk) cuma klo abis make up aja gitu say.
      Terus,menurut kamu utk jenis kulit kaya aku ini pake cleanser yg kaya gimana ya biar gak tambah suburin minyak diwajah aku.
      Recommend dong say..
      Pengen ikutan coba pake grapeseed takutnya malah jadi makin minyakan gitu.

      Hapus
    4. Baiknya double cleansing dilakukan sebelum tidur, make sure kalo kita tidur dalam kondisi kulit bener-bener bersih even itu sebelumnya kita ngga make upan. aku juga acne prone, tapi kulitku dehidrasi hihihi. aku paling cocok pake oil cleansing method itu.

      kalo misal kamu ngerasa kulit kamu ngga bermasalah dgn double cleansing yg kamu lakuin sekrang, ya brarti aman-aman aja :D

      gaperlu takut minyakan ^^; trik membersihkan wajah dengan minyak itu dibasuh dengan air hangat atau dilap dengan handuk/washlap hangat, setelah itu ngga minyakan kok. air hangat emang lebih bagus buat meluruhkan kotoran dan minyak dibanding air dingin hehe.

      Hapus
    5. Hai lagi mbak Han han ^o^
      *ganti lagi manggilnya* hihihi

      Waaa...iya nih aku abis browsing tentang OCM. Ternyata teknik itu nampol bgt dibeberapa orang (ngerasa kudet bgt deh eike >.< ) Baru tau klo trnyata rumus kimia "A melarutkan A" jg bisa diterapin utk kecantikan! Hahaha... Jadi utk ngilangin minyak berlebih diwajah ya pake minyak juga katanya.
      Baca disini nih say sumbernya => http://amna-ika.blogspot.com/2014/03/oil-cleansing-method-untuk-membersihkan_15.html?m=1

      Tp ya itu, banyak recommend pake castor oil. Masalahnya si castor oil itu susah bgt nyarinya disini. Tp grapeseed oil juga disarankan sih, karena kandungan linoleic acid nya si grapeseed oil ini jg lbh tinggi dibanding oleic acid nya gitu katanya. Jadi aku jg pngen coba ocm an jg deh kayaknya.
      Kalo kamu pakenya grapeseed oil apa oilive oil ya klo utk ocm??
      Oiya, kmren ktnya kamu jg lagi pake himalaya neem mask kan?? Gimana tuh hasilnya pake itu? Kapan donk review nya..aku penasaran jg tuh soalnya.

      Hapus
    6. Hai lagiii Syalwaa ^o^
      T.T ni komen kamu udah kepublish tapi malah luput aku bales, my bad...

      waw :O oke okeee, thanks buat infonyaa
      sebelumnya aku browsing2 tentang OCM di youtube sama blog luar say, sekali lagi thanks yaa :D

      nah itu, aku juga susah ni cari castor oil. adanya di online (cek tokopedia deh). tapi kalo beli online, aku mikir ntar repurchasenya gimanah kalo abis T.T sedangkan aku di pinggir-pinggir makassar huhu. grapeseed oil juga udh jarang ni aku temuin, jadinya sekarang pake olive oil yg cosmetic grade aja (wardah & ovale), abis itu dibekep pake handuk hangat.

      alhamdulillah enak banget neem masknya... walau fokusnya di oil controlling dan merawat kulit acne prone, somehow aku ngerasa kulit wajah jadi lebih cerah dan fresh setelah maskeran pake neem mask ^^ murmer lagi, yg travel size 15rebu, full sizenya 23rebu hehe. iyaa, insya Allah bakal direview kok :D

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^