Glutera Aman Ngga Sih?

*UPDATED 15 AGUSTUS 2013*

Sekarang aku lagi tertarik dengan produk bernama Glutera. Bukan tertarik ingin mencoba, tapi karena pure penasaran. Mohon banget dikoreksi jika ada yang salah, karena informasi seputar produk ini pun masih simpang siur. Glutera ini lagi booming, banyak yang konsumsi belakangan ini. Berikut broadcast yang hampir tiap hari aku terima... ^^

On Promo cuma 600ribu/paket
Wulan Guritno, Syahrini, Dahlan Iskan, Five5, Ari Lasso juga pake lho...

Kamu mau :
- Rambut ngga rontok
- Kerutan halus menghilang
- Kulit lebih putih
- Kulit lebih halus
- Menambah imun tubuh
- Tumit tidak pecah-pecah
- Mengidealkan berat badan
- Wajah bersih bebas jerawat
- Menghilangkan flek dan bekas jerawat
- Dan sejuta manfaat lainnya

Yuk dapatkan semua itu hanya dengan minum GLUTERA

GLUTERA itu apa?
Glutera itu merupakan glutathione -> tripeptida (tiga protein dalam satu molekul) yaitu cystein, glutamin acid, dan glycin. Gluthatione secara alami terdapat dan diproduksi dalam tubuh. Tetapi, seiring makin lanjut usia, makin berkuranglah kadar gluthatione yang menyebabkan kesehatan optimal tidak tercapai, secara fisik, psikis, dan sosial.

Harganya berapa?
750ribu (terdiri dari 3 tube, tiap 1 tube isi 5 sachet jadi total 15 sachet GLUTERA + Bonus 1 Body Soap 50 ml).

Cara minumnya?
Diminum 1x setiap hari tiap 1 jam/ 2 jam sebelum tidur malam. Disarankan diseduh dengan 200 ml air putih biasa tidak boleh panas atau air es.

DEPKES RI : 61535190164

***

Ini aku capture dari situs yang jualan Glutera, tapi lupa source-nya =.= my bad...
Kalo situs yg lain bilangnya perusahaan lokal =.= bukan made in Japan, lisensi Canada.

Dijual dengan harga yg lumayan mahal, tapi ngga terdaftar di BPOM (bisa dicek di reg notif BPOM dan kalo masih ga percaya telp aja call centernya).

Cek produk kedaftar atau ngga di BPOM di [link 1] [link 2].


"Ini aman kok :) Izinnya ngga dari BPOM, tapi resmi terdaftar di DEPKES RI 61535190164."
Oke, yuk mari lanjut baca.

Kenapa izin dari BPOM penting? Bedanya apa dengan DEPKES?
BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) bertanggung jawab atas tata kelola perbekalan farmasi, mulai dari pengelolaan dan izin pengadaan bahan baku kefarmasian, pemberian izin produk farmasi (obat dan makanan), melakukan evaluasi atas produk farmasi yang telah didistribusikan, melakukan pengawasan dll dll. BPOM menjamin perbekalan farmasi yang beredar aman dikonsumsi dan tidak terjadi penyalahgunaan atas produk tersebut.

DEPKES (Departemen Kesehatan) mengurus masalah kesehatan secara umum. DEPKES bertanggung jawab supaya manusia Indonesia berada pada taraf kesehatan yang baik. DEPKES ini biasanya sebagai regulator terkait tata laksana pelayanan kesehatan dan pengelolaan tata laksana penyakit yang sedang berkembang.

Singkatnya, BPOM memberikan izin atas produk obat dan makanan (termasuk suplemen, obat-obatan, makanan, minuman, skin care, kosmetik, parfum badan macam cologne/body mist/dll, deodorant, dst dst).

Sedangkan DEPKES memberikan izin atas berdirinya rumah sakit, klinik, apotek, alat kesehatan, perbekalan kesehatan rumah tangga (kapas kecantikan, deterjen buat cuci baju, pemutih pakaian, pembersih lantai, antiseptik, pestisida rumah tangga, wadah, pelicin dan pewangi buat nyetrika, dll) dan seterusnya.

Beda kan? :D

Penjelasan itu sebagian aku ambil dari kaskus, di [link] ini. Lengkapnya kamu bisa googling sendiri tentang izin BPOM meliputi apa aja, dan izin DEPKES meliputi apa aja hehehe.


"Ahh.. itu kan suplemen... Buat kesehatan, aman banget. Bukan pemutih berbahaya, bebas merkuri... Banyak yang kulitnya jadi bersih, putih, kenyal!"
Konsumsi suplemen emang bagus. Apalagi buat orang-orang yang asupan gizinya ngga berimbang kayak aku, jelas suplemen bermanfaat banget supaya tetep fit. Tapi, selama keamanannya hanya sebatas opini, belum bisa dipastikan apakah bener-bener mengandung glutathione (komposisi yang diklaim Glutera bener-bener yang tercantum atau bukan), belum terdaftar di BPOM, mesti dipertimbangin baik-baik sebelum dikonsumsi. Karena kalo diliat-liat dari promo dan keterangan produk di iklannya, masih gambling ini aman atau ngga (tolong dikoreksi jika iklan yang aku peroleh tidak benar ^^). Lagipula sebenernya masih banyak suplemen antioksidan laen yg lebih murah (ngga sampe 700ribuan), oke juga, dan jelas-jelas aman yg dijual di apotek dan distributor yg kredibel.
*updated yah... bukan suplemen, tapi Glutera tergolong pangan fungsional. Di paragraf itu aku bilang suplemen karena mangacu pada iklan yang beredar :D

Banyak banget yang ngincer produk ini karena emang glutathione antioksidan yang oke banget. Tapi, sebagian cewe-cewe yang beli Glutera ini dengan tujuan memutihkan kulitnya secara dramatis (bukan semata-mata karena kesehatan) >.< Coba aja dibrowsing-browsing sendiri, banyak kok yang terang-terangan nanya kalo berhenti konsumsi Glutera warna kulit balik lagi apa ngga, putihnya permanen atau ngga, bikin putihnya cepat apa ngga, dst dst. Trus yaa karena produk ini sangat menggiurkan, masalah efek samping dan beneran-aman-atau-tidak jadi ngga gitu diperhatiin.

Yang bikin aku ragu adalah...
Udah bawa-bawa FDA, tapi izinnya dari DEPKES. Kalo yang dimaksud adalah izin dari dinas kesehatan buat makanan, sekarang tuh namanya izin DINKES P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga, biasanya kayak makanan, snack-snack hasil industri rumahan skala kecil) daerah tingkat II Kotamadya/Kabupaten, bukan izin DEPKES (yang meliputi alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga).

Lebih jelasnya baca ini... ^^ aku dapet dari [link].
Pengecualian untuk permohonan izin DINKES P-IRT tidak dapat dipenuhi apabila pangan yang diproduksi berupa :
1. Susu dan hasil olahannya (Glutera bentuknya susu bubuk suplemen gitu kan ya?)
2. Daging, ikan, unggas dan hasil olahannya yang memerlukan proses dan atau penyimpanan beku
3. Pangan kaleng
4. Pangan bayi
5. Minuman beralkohol
6. Air minum dalam kemasan (AMDK)
7. Pangan lain yang wajib memenuhi persyaratan SNI
8. Pangan lain yang ditetapkan oleh Badan POM

"Kedaftar BPOM belum tentu aman lho :) Itu cuma formalitas. Lagian produk ini bener-bener aman, udah banyak konsumen yang puas."
Kalo aku sih masih percaya BPOM (._.) senggaknya produk yang kedaftar di BPOM itu produsennya jelas, udah melalui tahap evaluasi, uji lab, pemeriksaan sarana produksi dan distribusi gitu-gitu deh. *cmiiw

***

Katanya lisensi dari Canada dan buatan Jepang. Tapi kalo disearch yang keluar iklan dari Indonesia semua. Jadi, yang katanya made in Japan, lisensi Canada, dikemas di Indonesia rada ngga wajar. Tolong kalo ada yang bisa bantu klarifikasi atau dikoreksi.

Kalo misal Glutera bukan produk abal-abal, pasti jelas alamat pabrik, perusahaannya, distributornya, dan lain-lain. Kalo dibilang lisensi Canada, ya dari perusahaan apa, begitu ^^ Karena katanya lisensi dari luar, aku coba cari-cari di ebay juga ngga ada.


"Tapi kan artis-artis pada pake... Pasti aman dong."
Artis juga konsumsi bukan jaminan suatu produk itu bisa dipercaya dan pasti aman :D

***

Oh iya, kalo diperhatiin baik-baik, yang dipromosikan adalah khasiat Glutathionnya, bukan Glutera.


Untuk nonton, klik [link] ini.

Video dr Oz itu bahas glutathione, bukan Glutera. Dari promo-promonya jelas banget kalo ada pembentukan opini publik bahwa Glutera ini produk international yang aman dikonsumsi. Padahal yang dimaksud dr Oz ini adalah Glutathione-nya, ngga bahas produk Glutera.

Takutnya ntar kasusnya kayak si ABC Acai Berry yang mencatut nama Oprah. Oprah emang bahas tentang Acai Berry, tapi bukan ABC Acai Berry. ABC Acai Berry pun ternyata mengandung sibrutamine dan udah dicekal dibanyak negara. FDA juga ngepost tentang ABC Acai Berry ini. Ironisnya, di Indonesia masih ada aja yang nyari dan ngejualin.

klik [link] ini, kalo mau baca artikel lengkap.

Dari kasus ABC Acai Berry itu, aku jadi agak ragu. Apa bener Glutera ini mengandung Gluthatione seperti yang diklaim para seller? ^^

***

Anyway, aku pernah ketipu tentang suplemen juga. Karena udah ada pengalaman kayak gitu, jadi pengen make sure aja, Glutera aman ngga sih? Soalnya udah banyak yang pake produk ini dan promonya gencar banget. Sedangkan (maaf) menurut aku pribadi masih ada hal-hal yang ganjil dan ngga wajar, terutama masalah klaim ada BPOM dan izin DEPKES.

Buat temen-temen yang tau betul tentang Glutera ini bisa share di kotak komen. Apa udah uji lab segala macem (secara yah sepertinya produk lokal) dan terbukti kandungannya emang Glutathione.

Soalnya di Philippines ada berita tentang produk glutathione palsu gitu. Ngaku-ngaku ngandung glutathione padahal pake NAC. Jadi, produk-produk glutathione yang ngga jelas bisa aja sebenernya ngga ngandung glutathione, tapi pake zat lain.


Temen-temen coba browsing-browsing aja ya tentang fake glutathione dan mislabel ingredient :D intinya banyak yang ngaku-ngaku pake glutathione sekian mg, tapi ternyata ngga. Pakenya NAC, buat ngeboost produksi glutathione dalam tubuh :D Jadi, dianjurkan untuk memakai produk yang ngandung glutathione dari merk yang udah punya reputasi bagus biar ngga dapet produk mislabel.

*EDITED*
Berhubung ada masukan, jadi ada yang perlu aku edit biar ngga ada mispersepsi lagi. Mungkin gegara aku nyantumin capturean side effect, mikirnya langsung NAC bahaya yah?  ^^;

Di postingan ini, aku ngga pernah bilang kalau NAC adalah kandungan berbahaya yang fatal segala macem.

Kenapa aku cantumin link-link tentang NAC? Supaya bisa ngimbangin berita dan pembaca tahu konteks berita tersebut adalah pemalsuan ingredient (mislabel: ngakunya glutathione, padahal NAC -prekursornya Glutathione). Aku cantumin capture-an side effect, maksudnya, produk yang jelas-jelas kedaftar aja perlu diwaspadai side effectnya (sekali lagi, diwaspadai, aku ngga bilang berbahaya atau dihindari), apalagi yang produk abal-abal :3 begitcu. Kalopun aku bilang udah ada korbannya dari produk Philippines tersebut, tolong dipahami kalau yang aku maksud adalah korban penipuan karena terjadi mislabel, padahal konsumennya udah terlanjur percaya dan konsumsi tanpa tahu kebenerannya.

Link-link recommended buat baca-baca NAC
N-Acetylcysteine : What Should I Know About It?
Side Effects Of The NAC Supplement
This COMMON ANTIOXIDANT SUPPLEMENT could cause you loads of trouble

*link-link artikel tersebut udah aku sertain dari awal lho. Tujuannya, agar pembaca ngga salah persepsi tentang NAC, dan tetap bisa memandang kasus yang diberitakan oleh media Philippines tersebut sebagai penipuan konsumen dan kita harus aware, terutama sama produk yang belum jelas.

***

Lumayan nih buat dibaca-baca...
Baca lengkapnya di [link] ini
Baca lengkapnya di [link] ini

***

Aku penasaran aja apakah Glutera bener-bener mengandung glutathione atau tidak (karena ada kasus glutathione palsu di negara tetangga), trus keamanan dan nomor registrasi Glutera, serta produsennya. Jadi yang tau banget kalo Glutera ini bener-bener aman dan layak konsumsi bisa sharing di kotak komen, bantu ngasih informasi yang mencerahkan. Karena banyak banget orang-orang yang penasaran dan butuh kepastian mengenai keamanan produk ini. Selain itu, biar ngga ada lagi kesimpangsiuran, karena iklan yang satu dengan yang lain pun kadang ngga konsisten, apalagi denger-denger udah ada yang palsuin :D

Sekali lagi, postingan ini ngga buat nyerang sapa-sapa ya. Mohon maaf banget kalo ada penyampaian dan pemilihan kata yang kurang berkenan, atau ngerasa postingan ini offensive. Kalau ada yang salah terutama masalah perizinan mohon dikoreksi. Ntar kalo ternyata BPOM udah ngeluarin izin edar asli Glutera, keluarin sertifikasi aman, jelas halal dikonsumsi, terbukti mengandung glutathione (bukan NAC, atau kandungan lain yang bukan glutathione) bakal aku update kok postingan ini ^^

*UPDATED 19/7/2013*
Setelah ngecek ke BPOM via email, melalui email balesannya, pihak BPOM ngewanti-wanti kayak gini :
Sampai saat ini produk Glutera tidak terdaftar di BPOM. Kami sarankan untuk tidak menggunakan produk tersebut karena belum dievaluasi keamanan, manfaat dan mutunya.
Kurang lebih sama dengan artikel online yg aku cantumin  di atas. Teman-teman bisa cek sendiri melalui sms, telepon, atau email Unit Layanan Pengaduan Konsumen BPOM ^^ Biar bisa tahu langsung juga dari pihak BPOM-nya.

Unit Layanan Pengaduan Konsumen
Badan Pengawas Obat dan Makanan
Telp/Fax : 021-4263333
SMS       : 021-32199000
Email      : ulpk@pom.go.id


Supaya ngga ada yang salah kaprah, aku emang janjikan bakal segera update postingan ini kalau produk ini telah terdaftar BPOM, jelas ingredientnya, jelas halal dikonsumsi. Tujuannya supaya reader dan visitor bisa dapat kabar terbaru seputar produk ini. Tapi, maaf aku ngga pernah mendukung statement bahwa produk yang belum jelas izin edar dan keamanannya boleh dikonsumsi hanya karena izinnya sedang diurus. Karena seperti yang udah aku ceritain panjang lebar di atas bahwa konsumen sebaiknya waspada, coba tanya langsung dan tetep follow up ke BPOM-nya.

Ada tambahan lagi, must read :D


*UPDATED 20/7/2013*
Kenapa sih bikin postingan ginian?
Kenapa sih ngurusin perizinan?
Dll dll dll


Coba deh thread tersebut dikunjungi dan dibaca dengan seksama 
(kalo perlu baca mulai dari page pertama). 
Thread tersebut aktif dari tahun 2011 sampai sekarang.
Supaya sumber informasi mengenai urgensi lisensi produk dan kejelasan ingredient, produsen, dll
ngga cuma dari blog ini doang. Forum itu sangat kaya informasi karena 
banyak review dan pengalaman menggunakan produk gajebo 
yang mudah-mudahan bisa membuka hati dan pikiran teman-teman semua ^^
Kalo perlu temen-temen bisa diskusi langsung di forum tersebut :D

*UPDATED 22/7/2013*
Ada masukan informasi dari reader ^^
Link komen

"Endah Wahyuni 22 Juli 2013 08.34

Kemarin ngobrol2 sama temen yang ngantor di PT. Beirsdoff soalnya (perusahaan Nivea) :D

Terus dia bilang, produk makanan dan minuman itu regulasinya lebih rumit dari produk kosmetik (Glutera termasuk minuman kan ya?). Sebagai perbandingan, produk kosmetik selain harus mengantongi ijin Depkes dan BPOM, harus ada sertifikat CPKB. Tetapi produk makanan dan minuman, terutama makanan dan minuman dengan bahan-bahan yang dianggap beresiko, selain syarat di atas, juga harus memenuhi persyaratan HACCP, mencantumkan nilai ADI, serta harus menyertakan efek mutagenik, karsinogenik, dan teratogenik. Jadi, kalau emang belum jelas syarat kesehatan pangannya, mending jangan dikonsumsi.

CPKB = Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik
Sertifikat ini dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia sebagai indikator bahwa sebuah perusahaan kosmetik telah memenuhi persyaratan untuk memproduksi kosmetik. 

HACCP = Hazard Analysis Critical Control Point
Kurang lebih adalah analisis batas dosis bahaya sebuah produk bahan makanan dan minuman, mencakup tentang dosis, pengolahan, sumber bahaya, side efek, dll. 

ADI = Acceptable Daily Intake
Adalah jumlah asupan maksimal yang diperkenankan dan masih ditoleransi oleh tubuh. Bahan-bahan yang dianggap cukup beresiko, biasanya mencantumkan nilai ADI pada kemasannya. Contohnya coba lihat kemasan Diabetasol (pengganti gula untuk diabetes). Di situ pasti dicantumkan ADI natrium siklamat, ADI asesulfam, dan sebagainya, sebab tubuh kita ada batas penerimaan zat yang beresiko tersebut. Lain dengan makan nasi, walau habis 3 piring kalau kuat makannya ya nggak papa."

***

*UPDATED 15/8/2013*

Hai semua, sesuai janji yah, aku bakal update postingan ini kalo ada perkembangan apa gitu :D
Awal aku tau udah ada nomor BPOMnya pas tanggal 8 Agustus 2013.
Oh iya, sekalian... aku ngerangkum, ngejawab komen-komen yang masuk di updatean post ini :D


Tapi kenapa ga langsung update? 
Soalnya tunggu sampe bisa kecek di database registrasi BPOM. Aku mantau terus kok, sampe akhirnya tanggal 14 Agustus 2013, Glutera udah bisa disearch di database registrasi BPOM.


Produsennya ngga kecantum.

Kenapa baru update sekarang???
Ntar kalo pas tanggal 8 aku update, disuuzonin lagi dikira oknum Glutera yang sengaja bikin booming bla bla bla. Jadi biar imbang, yaa tunggu sampe bisa disearch databasenya :D

Kenapa ga update saat itu juga (tanggal 14nya)?? Hah??
Waktu pertama kali bisa disearch itu udah malem, paginya aku mesti berangkat ke pulau seberang. Yang penting udah sempet aku capture aja. Hari ini aku usahain segera update buat kalian.

Jadi, dari nomer registrasinya udah lumayan ngasi pencerahan ya. Kalo Glutera ini adalah produk lokal. Sebenernya ekspektasi awalku, pas nomernya keluar ya pake ML/TL/TI/SL/SI, ternyata MD. Jadi, kalo ada seller yang ngiklanin Glutera adalah produk impor, produk Jepang, ya bukan. Kalo bahan bakunya bisa jadi, tapi lebih jelasnya tanya pendaftarnya aja :D

Ngomong-ngomong...
Arti huruf di depan nomor produk pangan itu...
MD : Makanan dalam negeri
ML : Makanan Impor

Arti huruf di depan nomor produk obat tradisional
TR : Obat tradisional
TL : Tradisional lisensi
TI : Tradisional impor

Arti huruf di depan nomor produk suplemen
SD : Suplemen makanan lokal
SI : Suplemen makanan impor
SL : Suplemen makanan lisensi

Ini pendaftarnya...
Jumlah produk yang didaftarkan 1, kalo diklik kedirect ke database registrasi Glutera di situs tersebut.


Buat yang pengen tau PT Mandala Cahaya Sentosa, klik [link] ini. Akan kedirect ke homepage ini...


Jadi yang dibilang anak perusahaan Nestle? PT CMS (Coffee Management Service)??
Simpulin sendiri ya...

Loh Glutera pangan fungsional?? 
Pangan fungsional adalah makanan dan bahan pangan yang dapat memberikan manfaat tambahan di samping fungsi gizi dasar pangan tersebut dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Pangan fungsional dimungkinkan memiliki sifat fungsional untuk seluruh populasi atau kelompok khusus yang didefinisikan secara jelas sebagai contoh khusus untuk usia tertentu atau untuk golongan yang memiliki sifat genetik tertentu. Selain itu, pangan fungsional juga mencakup produk yang dibuat secara khusus untuk meningkatkan penampilan fisik maupun kognitif. *Itu aku kutip dari Wikipedia [link]

Kok bukan suplemen?? Bedanya apa?


Aku kutip dari [link 1] ini. Selain itu juga ada file di internet tentang pangan fungsional dari [link 2] ini. Monggo dicek :D Kalo pengen tau lebih banyak lagi bisa googling sendiri, tanya ke ahlinya, atau ke perpus.

Lebih jelasnya, contoh pangan fungsional itu kayak oatmeal, yoghurt, sereal, tempe, agar-agar, dll dll dll.

Kenapa bisa beredar sebelum keluar izin resminya dari BPOM??
Maaf, aku ngga tau. Coba tanya ke seller atau distributornya :D

Sist aku tertarik/udah pake/udah nyetok tapi ragu tentang halal/bpom/palsu atau tidak dst dst dst... Gimana???
Kalo ragu, tunggu yang baru aja, beli di distributor resmi, yang udah ada nomer registrasi, udah jelas aman dan legal. Biar ngga deg-degan masalah keamanan dan palsu atau ngganya. Itu menurutku lho yaa kalo brosist pengen nyari amannya :D

*UPDATED 13 NOVEMBER 2013
Glutera udah dapet sertifikat halal. Dapetnya kapan, aku ngga tau pasti. Untuk lebih jelasnya coba aja hubungi LPPOM MUI ya, kalo pengen tanya-tanya lebih lanjut. Aku tau dari komen yang masuk. Terima kasih infonya ya :D

Aman ngga buat ibu hamil/menyusui?
Maaf, aku ngga tau :D

Kamu orang dari saingan/perusahaan lain yang mau ngejatuhin, nyerang, dst dst dst???
Nah sekalian, kali aja ada seller/customer yang kadung curiga dan suuzon macem-macem, saya luruskan. Saya ngga punya keterkaitan apa-apa dengan perusahaan dan produsen suplemen yang katanya musuh glutera ato orang suruhan produk tetangga segala macem -___-

Kalo bener produk itu jelas, ya kayaknya ngga perlu ngerasa terserang :D toh saya juga ngga maksud nyerang, saya bertanya, dan beberapa yang bikin saya penasaran udah kejawab.

Banyak banget yang nyari informasi tentang Glutera ini dan sayangnya ngga semua seller/reseller/distributor ngasi informasi yang benar apa adanya. Cuma gegara yang posting di blog tentang "Glutera Aman atau Ngga" (sejauh ini) cuma saya doang, jadi dikiranya nyerang, nyari kontroversi, dst dst dst. Padahal ya sebelum postingan ini dipublish udah banyak yang mengkritisi, komplain, penasaran. Apalagi makin hari makin banyak produk ngga jelas yang kalo dikonsumsi bisa jadi bahaya buat tubuh. 

Mungkin setelah Glutera udah kedaftar di BPOM ini, pertanyaan-pertanyaan kayak kok udah bisa beredar sebelum keluar izinnya, ingredient, produsennya siapa, dst dst dst bakal tetep rame dipertanyakan orang-orang, konsumen, calon konsumen ke seller atau resellernya. Kenapa? Ya karena emang masih banyak yang perlu diklarifikasi dari iklan dan klaim produknya. Cuma, buat saya, sampai di sini udah lumayan kejawab, cukup tau aja.

***

Oiya, mulai sekarang saya tidak mau lagi menanggapi komentar yang membahas dan menuduh saya atau orang-orang yang memberikan testimoni yang kurang baik tentang produk ini (di blog ini, forum, atau situs lain) sebagai kompetitor atau saingan.

Sapa deh kompetitornya, dari awal kayaknya diributin terus :'( Kayaknya produk dan penyedia jasa terkenal yang udah lama beredar (kosmetik, pangan, bahkan operator seluler, dst) di Indonesia ngga gini-gini amat nuduh konsumennya (maafkan bahasa saya jika kurang berkenan ^^;). Misal produk mereka ada yang bikin jerawat, menyebabkan fisik ngedrop, atau bentuk kerugian lain yang dilaporkan konsumen, mereka ga asal nuduh dan/atau memojokkan orang yang komplain. Biasanya, sebagai bentuk tanggung jawab ya mereka bakal evaluasi produk, ngasih solusi, nyiapin crisis management, dst :D

Lagian, kasian banget kalo ternyata orang yang bener-bener pake dan mengeluh tentang produk ini dituduh sebagai kompetitor :'( Jadi, kalo mo bahas testimoni (baik yang oke atopun yang kurang menunjukkan hasil) ya silakan, tapi tolong jangan lagi bahas masalah kompetitor di postingan ini ya, terima kasih :D

***

Temen-temen, karena produk ini udah jelas (kedaftar di BPOM dan udah dapet sertifikat Halal), saya tutup updateannya yah. Soal keamanan produk untuk dikonsumsi udah ya sampe di sini aja. Cuma ya emang mesti ati-ati belinya, karena sepengamatanku banyak yang komplain dapet barang palsu dari online shop ^^; jadi kayaknya emang pinter-pinter nyari seller yang kredibel/tepercaya kalo mau beli yg asli.

Menurutku (menurutku lho ya, setelah browsing-browsing) yang jadi titik perhatian konsumen sekarang bukan keamanan atau kualitas, tapi ngefek atau ngganya produk ini (coba googling aja, banyak konsumen yg sharing pengalaman di situs atau forum). Karena aku ga konsumsi jadi aku gabisa komentar ^^; nyimak aja.

Intinya, perkembangannya emang seputar pengalaman orang-orang menggunakan glutera doang. Btw, kalo mau baca-baca tentang pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan produk ini juga bisa digoogling kok :D

Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

152 komentar

Write komentar
12 Juli 2013 12.16 delete

Pas baca manfaat yg berderet, pikiran aku langsung tertuju satu: HORMON ESTROGEN. Aku nyebutnya, estrogen itu hormon cantik. Kalau berimbang dalam tubuh akan membuat si cewek kulit halus, boobs nya kencang, rambutnya kuat, bebas jerawat n minyak berlebih endeswrei..endeswreii...

Gak ada yg bisa putih permanen, percayalah... hahaha... Ada yg bisa bikin putih selamanya, tapi pake rekayasa genetik dengan suntik SLC24A5 inhibitor... tapi harus beberapakali suntik... harganya sangatt mahal. Good news nya, ini udah masuk Indonesia :D

aku sebenarnya gak ngerti depkes2an dalam hal ngatur2 perizinan barang2. Tapi setahuku, dia paling ngurusin ALKES sama produk kesehatan rumah tanggak kayak detergen cuci, cairan antiseptik, cairan pel, pembalut, dll....

emg glutera lagi rame ya?? Gak gaol akuuu... lagi rame ya di FD?? (udah jarang nongkrong di sono XD)

Reply
avatar
12 Juli 2013 14.00 delete

Yap yap! aku juga mikir soal keamanan Glutera ini.. kompleks lah.. pernah hampir kutulis tapi ga jadi karena di pikiranku aja macam benang kusut, susah diurai.. dari segi bahan utamanya, bahan lain, interaksi antar bahan, mekanisme reaksi kenapa bisa menimbulkan efek2 itu, pengaruh ke organ lain, soal produksi, izin edar dan harga yang iuhhh.. katakanlah orang berani bayar berapapun asal putih asal ini asal itu.. sampai prasangka bahwa ini sebenernya cuma "sugesti produk" =.=9

dalam hati cuma sedih aja.. kenapa sih orang pada ga bisa menerima kondisi fisiknya seperti adanya dia diciptakan? maksudku, kalo memang dari sononya sawo mateng, ngapain diputihin? kalo dari sononya ikal, ngapain dilurusin... banyak banget pe er di dunia ini daripada sekedar nyari produk pemerah puting :(

Reply
avatar
12 Juli 2013 14.54 delete

xD itu yg biasanya disuntikin ke transex gitu ngga sih mba? :| *cmiiw

:O waaaaa *langsuung browsing SLC24A5 inhibitor. harganya puluhan juta... :| wow

oiyaa ketikannya kurang *hihi update dulu* xD maksudnya izin depkes yg khusus buat makanan, sejak taun 2000an namanya udh jadi dinkes p-irt. izinnya skala kecil gitu. iya mba, xD kalo yg izin buat alkes, pkrt, dst dst namanya tetep izin depkes.

di FD aku baca-baca sekilas aja, dibilang serame bahas krim gajebo pun belum. Glutera ini dibahas di thread unbranded & unlisenced dangerous product, di thread yg bahas suplemen dan vitamin gitu juga ada.. tapi kayak di bbm, wa, online shop itu lagi rame bangeeett =.= apalagi bawa-bawa artis segala macem (ada foto artisnya megang glutera/nyimpen di rumahnya)

Reply
avatar
12 Juli 2013 15.10 delete

iyaa mommii :( masih banyak banget yg ga jelas seperti yg mommi bilang...

kalo dibaca-baca di forum udah ada yg ngerasa pinggangnya sakitlah (kayaknya ginjalnya ga kuat), tenggorokan jadi keringlah, jadi ga nafsu makan karena mengonsumsi suplemen pemutih.

iyaa x( banyak juga yg ngerasa ngga ngefek apa-apa, padahal udah keluar duit banyak. kayaknya suplemen kecantikan dengan harga yg lebih kejangkau dan reliable gitu juga banyak, bukan yg barang ga jelas produsennya :(

x( mungkin karena sosialisasi self respect, real beauty, dst dst ga sebooming media yg menggiring stereotip cewe cantik adalah yg putih, langsing, tinggi, rambut lurus panjang. Atau karena sesimpel ngga bersyukur (?) x(

Reply
avatar
12 Juli 2013 22.48 delete

Pakai occam's razor, penjelasan sederhana atau logika sederhana bisa menyelamatkan kita dr banyak hal. Apapun yg instan, rekayasa (genetika) sudah pasti ada yg dikorbankan, macam GMO produknya Monsanto gitu deh.

Kalau kulit gelap/coklat/kuning/putih karena genetik apa jeleknya ya, banyak iklan yg misleading kalau wanita yg cantik itu putih. Dowengg!! Dezigg! Makanya produk2 kecantikan banyak yg membodohi, tapi ya selama banyak yg gak puas ama penampilan fisik tapi mau instan, produk2 kayak gini baik yg jelas maupun yg sertifikasinya lengkap (masalah sertifikasi, ini juga gak 100% bisa jamin produknya aman, paling gak dah ngelewatin meja officernya aja kali).


Yg kulitnya aslinya (dari pas ceprot pas jabang bayi dah bisa keliatan secara genetik warna kulitnya) punya tone yg terang kalaupun terpapar sinar matahari dan menggelap pasti bisa cerah lagi kalau dirawat dan terlindung dr sinar UV A dan UV B.

Reply
avatar
12 Juli 2013 23.20 delete

emang yang sertifikasinya lengkap pun masih perlu kritis, apalagi yg ngga jelas xD masalahnya yg ini udah ada indikasi penipuan dengan klaim terdaftar di BPOM padahal ngga x'( udah lampu merah banget sih menurutku.

BPOM di Indonesia juga menurutku kurang garang ya masalah produk-produk kayak gini :| geraknya lambat. Sosialisasi tentang skin care, kosmetik, dan suplemen kecantikan juga kurang gencar, jadi banyak yang konsumtif dengan produk-produk gajebo tapi ngga kepikiran keamanan, efek samping, dll dll.

x( iya, banyak iklan-iklan, tayangan tv, dst yang seolah-olah bikin statement kulit putih itu cantik, sawo mateng ngga.

tapi balik lagi ke individunya masing-masing, mesti jadi smart buyer biar ngga kejebak iklan :3

Reply
avatar
13 Juli 2013 04.47 delete

errrr.... pernah denger tapi belum pernah liat langsung... :P *googling
tapi klo bisa diminum sama laki2 mah, bukan estrogen kali ya isinya... ngeri aja klo hormon... hahaha...

Puluhan juta mah murah buat artesss... ><

aku tahunya waktu booming kyusoku bihaku (bener ga?), itu isinya glutation juga kan ya?

dohhh napa sih pada mau PUTIH? Yah, wajar juga sih, aku aja yang gak item masih demen pake produk lightening =_= Tapi, tujuannya emang bukan buat nambah putih, biar gak kusam aja... Jelek tau putih tapi kusem. wkwkw...

nah begitu juga yg skin tone nya emang gelap, ya gak masalah..... yang penting GAK kusem... Banyak tuh yg kulitnya sowo mateng, olive bahkan negro tapi enak diliat, ya krn gak kusem tadi... Jadi diliatnya sehat bercahaya...

maen lagi ah ke fd, :P :P :P


Reply
avatar
13 Juli 2013 05.02 delete

setuju sama momi... hehe..

gak nafsu makan? nyeri pinggang? OK, itu mirip estrogenik -_-" *makincuriga... itu glutera tadi ntis?

Reply
avatar
13 Juli 2013 07.21 delete

saya setuju barang yang di endorse sama artis belum tentu bagus dan berkualitas mereka kan dapet gratisan dan mungkin punya perawatan lain. kalau mau putih sekrang perempuan lebih suka cara instant berupa suntik putih yang zat yang disuntikan ngak jelas apaan. saya pikir orang banyak kejebak sama konsep perempuan cantik tuh putih, kurus,rambut panjang bla bla bla yang cuman bisa di lihat di majalah yang udah di retouch photoshop, emang sih jadi perempuan cantik membuka peluang dalam hal apa pun tapi jaman kayak sekrang udah banyak orang cerdas yang lebih mikir soal isi otak dari pada seberapa putih kulit mu.

Reply
avatar
13 Juli 2013 11.11 delete

Baru denger nih ada suplemen macam glutera ini, hehe gak apdet ya aku. Tapi dari fungsinya dan khasiat nya yang too good to be true aku pribadi langsung gak percaya. Menurutku khasiatnya kayak mukjizat, hehehe, terlalu banyak dan menjanjikan, ala cara-cara marketing. Jadi inget iklan pengobatan tiongkok yg rame beredar ditivi "hanya 3 kali pengobatan saya sembuh!", masuk tivi seendonesah dan kemudian dilarang tayang.hihi

Reply
avatar
13 Juli 2013 14.18 delete

iyaaa mbaaa :3 coba ceki-ceki aja di fd

Reply
avatar
13 Juli 2013 14.41 delete

artis-artis juga banyak tuh pake skin care yg keamanannya dipertanyakan x(

iyaah x( apalagi yg suntiknya di salon-salon gitu, ngejual mimpi kulit putih bening dengan harga terjangkau, duh.

x( iyaaa, kasian kalo udah mati-matian memper"cantik" diri tapi wawasan dan pengetahuannya malah melempem.

Reply
avatar
13 Juli 2013 14.45 delete

hahahahahah iyaa, kadang seller-seller online (produk apapun) agak lebay ngiklanin produknya. semoga mereka bisa lebih bertanggung jawab dengan apa yg udh mereka broadcast :| kalo ketauan boong, trus konsumennya kritis malah diblock atau delete contact

iyaaa x( itu kemana ya? udah ga kedengeran gaungnya

Reply
avatar
15 Juli 2013 07.29 delete

Sekarang ini, kecenderungan menghalalkan segala cara untuk mendapat keuntungan lebih itu makin tinggi.. sayangnya ga berbanding lurus dengan peningkatan wawasan dan sikap kritis soal produk-produk yang rawan dikonsumsi. Yang well educated pun sering ga berdaya untuk sekedar mencoba membuat mereka lebih melek.. "hallooo.. be smart yaaa... coba untuk tabayyun dulu sebelum memutuskan sesuatu.."

Bahkan ya Tis, di forum beauty FB pernah ada yg udah dinasehatin untuk tidak mudah tergiur tagline "Cantik itu Putih" malah marah marah.. "ini urusan gue, gue minta solusi putih instan bukan nasehat" gitu.. Yaaa.. kalo memang urusan dia ngapain dishare juga di FB =.=" miriiiisss bangetttt :(

Selain juga segala hal yang dijabarin Zaskia Mizha Mecca di atas, cantik itu yang penting terawat.. sehat.. dan mau belajar :) Soal warna kulit, jenis rambut, bentuk tubuh.. itu selera.. dan selera itu relatif :D

Sesungguhnya, Kebahagiaan itu berawal dari penerimaan terhadap diri sendiri *kecup Hani, kecup Mizha*

Reply
avatar
15 Juli 2013 07.48 delete

bagusss banget postingan ini, penjelasan tentang perbedaan produk yang terdaftar di BPOM, DINKES & DEPKES jelas banget, aku malah baru tahu kalau ada DINKES P-IRT, nice info mba. Terjawab sudah rasa penasaranku akan suplemen pemutih yang lagi heboh*maap agak lebay hehe.

Aku pernah juga ditawarin teman tapi serem pas lihat wajah model yang katanya pake glutera, wajahnya emang mulussss banget tapi mengkilap banget, bukan glowy lagi tapi glossy berasa liat wajah yang ditempelin plastik -_-

Btw, postingan ini langsung aku bookmark biar ntar aku liatin ke teman-teman yang udah teracuni glutera hehe

http://ladyditazahara.blogspot.com/

Reply
avatar
15 Juli 2013 08.24 delete

hhahahahahah
^o^ iyaaa makasih yaa, semoga bermanfaat

Reply
avatar
15 Juli 2013 08.45 delete

yaaa orang-orang yg ngelunjak gitu biasanya emang tunggu kepentok dulu baru sadar *kayak aku, ngaca*. tapi kalo sampe marah-marah "ini urusan gue, gue minta solusi putih instan bukan nasehat" itu sih tabok-able banget hihihi.

Dulu (sekitar 3-4 tahunan lalu) pas mukaku kusem dan jerawatan (wajar sih, gegara stress, banyak kegiatan, pola hidup berantakan) aku tergiur temenku yg mukanya mulus terawat pake pusat skincare gede yg udh punya namalah indonesia, yg punya dokter pula. ga mesti repot maskeran, peeling, scrubbing, hanya dalam 2 minggu kulitku udah bersih dengan krim pagi, suncream, krim malam. denger2 sih ngandung kortikosteroid makanya bagus, tapi gatau juga bener apa ngganya.

tapi ya tetep aja namanya pusat skin care gitu2 ga semua beauticiannya kompeten, facialnya malah bikin kulit iritasi dan bengep2. tingkat krim yg aku pake pun dinaikin :| makin kesini udah ngga ngefek dan akhirnya tahun lalu malah bikin breakout. abis itu baru deh kapok banget banget banget dan lebih kritis masalah skin care >.<

senggaknya dengan sharing kayak gini, aku pengen temen-temen lain yg terobsesi dengan kulit mulus-terawat-putih mesti mikir dua kali, ato kalo perlu ribuan kali sebelum memakai produk yg ga jelas atau produk yg mengiming-imingi hasil yg instan. kesehatan itu mahal banget harganya. jangan sampe menyesal karena kita gabisa mengulang waktu.

setujuuu, bahagia itu tentang menerima dan menghormati diri sendiri :')
kecup momii jugaa :*

Reply
avatar
18 Juli 2013 04.18 delete

Keren mbak posting nya, jd gak kudet soal produk kecantikan yang berbahaya. Thank ya mbak

Reply
avatar
18 Juli 2013 04.34 delete

terima kasih ^^ sama-sama, semoga bermanfaat

Reply
avatar
18 Juli 2013 05.14 delete

nah kl si Glutathione ini dijual bebas g? produknya apa ya? :) *penasaran

Reply
avatar
18 Juli 2013 06.35 delete

kalo aku dapat broadcast semacam glutera ini tapi namanya glucogen glucowhite.
yang bikin serem adalah pas iklannya ngeliatin testi dari konsumen yng disertai foto before after. tapi bukan foto si konsumen itu, melainkan foto bayi konsumen yang masih ngasi ASI eksklusif dan dia minum glucogen. bayinya putihan. itu serem banget sih. soalnya ibu menyusui kan gak boleh sembarangan minum obat atau suplemen ya...

Reply
avatar
18 Juli 2013 09.28 delete

Lucunya promonya..sape dahlan iskan disebut2 segala hihi :3

Reply
avatar
18 Juli 2013 09.43 delete

coba cek-cek ke kimia farma, guardian, watson, gitu-gitu deh sis. itu di rak bagian suplemen kecantikan banyak banget produk antioksidan. atau tanya-tanya aja ke forum FD di thread vitamin minum untuk kulit. mungkin ada banyak >.< tapi aku kurang tau pastinya.

yg baru aku tau, dari forum FD itu nutrimax glutoxidant (harga sekitar 140/180an ribu, 30 butir, cmiiw). dijualnya juga di kimia farma, guardian dan sejenisnya. dia ga ngandung glutathione, tapi ngandung prekursor pembentukannya kayak N-Acetyl-L-Cysteine (NAC), Vitamin C&E, dan Selenium, dikombinasi dengan Silymarin. fungsinya untuk meregenerasi sel hati sehingga mengoptimalkan produksi enzim Glutathione di hati/liver. ini aku copy dari http://femaledaily.com/showthread.php?p=3034382

ni link produknya http://www.nutrimax.co.id/Product_Detail_0_75.html
kalo dari situsnya bilang diproduksi sama Bactolac Pharmaceutical, Inc New York. Importirnya PT Suryaprana Nutrisindo.

Reply
avatar
18 Juli 2013 09.52 delete

waaa kalo produk itu aku baru denger sist ^^;
*googling dulu

Reply
avatar
18 Juli 2013 09.56 delete

tapi emang ada foto beliau nenteng tas oranye sist pas aku googling ^^;

Reply
avatar
18 Juli 2013 10.21 delete

Terimakasih infonya mbak Hani :)
Saya juga penasaran karena ada sepupu yang pakai dan jualan ini. Saya belum ditawari sik tapi lihat di akun facebooknya, kok gencar juga jualannya. Testimoni fotonya bagus-bagus, putih, mulus gitu ya wajahnya cuma kayak hasil editan (.___.). Foto pakai efek soften kan, muka kita jadi kliatan mulus bangeeets. Saya coba search di google juga, ketemunya website Indonesia semua padahal katanya internasional. Benar-benar harus teliti sebelum membeli :)

Dina
kurosakihikari.blogspot.com

Reply
avatar
18 Juli 2013 10.30 delete

Sama-sama mba Dina ^^ semoga bermanfaat

Reply
avatar
18 Juli 2013 10.34 delete

Mantappp postingannya mbak, aku barusan coba konfirmasi ke orang orang member glutera yang lama, aku sendiri member glutera mbak, jadi penasaran juga, ternyata habis lebaran sertifikat BPOM dan MUI akan keluar mbak (kemarin masih proses mulai dari pengecekan bahan, dan proses label Halal di tube/sachet pembungkusnya).

membernya sampai sekarang sudah 110.000 lebih mbak.

aku pribadi telah menjual 84paket glutera dengan keuntungan yang aku dapat masuk kantong 8,5jt sejak 17 april 2013 sampai sekarang.

Untuk masalah buatan jepang dan lisensi kanada itu produknya ngambil dari sana trus dikemas di kota malang jawa timur mbak. Iya bener yang sering masuk ke media itu bukan glutera tapi gluthatione, dan glutera itu salah satu merk yang menjual produk gluthatione mbak.. contohnya kayak gini : susu sapi (gluthatione) dikemas ke merk susu abc,milo,breadbrand,dll (glutera)

Itu mbak gambaran glutera menurutku lho ya ... jika ada yang salah tolong dibenahi n beri saya penjelasan, nanti saya coba tanyakan ke bagian glutera nya mbak.

Sekali lagi terima kasih atas penjabaran artikel diatas mbak.. setuju aku mbak tentang informasi ini.

ini dataku mbk, silahakan di add nanti tak kasih datanya orang glutera biar lebih jelas, terima kasih:) :
Agus Priyadi
web : www.langkahbisnis.com , www.infoglutera.com, www.infovsi.com , www.aguspriyadi.com
Telp/sms/Whats App/kakao talk : 0856 45 86 84 86
PIN BB : 27ECAABA


Reply
avatar
18 Juli 2013 11.09 delete

Waaa... Makasih banyak informasinya :D
Baiklah, berarti masalah perizinan ntar tinggal tunggu abis lebaran kedaftar di BPOM? Yg izin DEPKES itu gimana mas? Kalo udah bener-bener kedaftar BPOM & MUI aku segera update postingan ini :D

lisensi kanada dari perusahaan apa ya?

iya mas, kalo glutera katanya ngandung glutathione itu aku tau dari iklannya :D tapi yg bikin penasaran apakah kandungannya benar-benar glutathione, soalnya di philippines produk glutathione palsu ngandung NAC sebagai prekursor glutathione dalam tubuh, bukan glutathionenya :D

Reply
avatar
18 Juli 2013 13.02 delete

sama sama mbak hani :)
aku tadi tanya member yang sudah dapat Honda Freed ama Avanza :D heheheh :)
dia langsung direct ke kantornya sana di malang, jadi lebih cepet informasinya.

untuk lisensi coba tak tanyakan mbak :D

ini informasi waktu www.glutera.com masih dibuka untuk public mbak, skr kan aksesnya hanya foto aja , ini informasinya mbak http://www.langkahbisnis.com/apa-itu-glutera-dan-manfaat-glutera-bagi-tubuh-kita/ cuma aku pribadi juga masih penasaran, soalnya bukti hitam diatas putih untuk produk ini lisensi darimana itu yang belum ada :)

Reply
avatar
18 Juli 2013 13.24 delete

Tadi pagi saya coba kirim email ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen BPOM tentang perizinan glutera karena kayaknya yg penasaran ngga cuma saya =.= di forum-forum semacam femaledaily.com (thread unbranded & unlisenced product) juga udah ada yang bahas. Mas coba baca-baca aja di forum itu.

Ini email balasan dari BPOM :

Sehubungan dengan email saudara perihal keamanan Glutera dengan klaim izin Depkes bersama ini kami sampaikan bahwa Glutera termasuk dalam produk kosmetik yang izin edarnya hanya dapat diberikan oleh BPOM dan tidak dapat diberikan oleh Depkes. Sampai saat ini produk Glutera tidak terdaftar di BPOM. Kami sarankan untuk tidak menggunakan produk tersebut karena belum dievaluasi keamanan, manfaat dan mutunya.

Demikian kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Unit Layanan Pengaduan Konsumen
Badan Pengawas Obat dan Makanan
Telp/Fax : 021-4263333
SMS : 021-32199000
Email : ulpk@pom.go.id

trus saya bales lagi, apa benar sementara diurus dan dalam proses pengecekan segala macem, cuman masih belum dibales lagi sama operatornya =.=;

itu emailnya aku copas. kalo mas pengen ngecek juga, bisa coba nanya lewat email, sms, atau telp langsung ke BPOM :D

Reply
avatar
18 Juli 2013 13.52 delete

swipppp mbak informasinya :) membantu sekali :)

Reply
avatar
18 Juli 2013 13.58 delete

iya sama-sama ^^ makasih juga buat info-infonya

Reply
avatar
18 Juli 2013 14.04 delete

yang glucogen gimana itu mbak ? mungkin mbak hani ada informasi mbak ? produknya mirip glutera juga kayak e :)

Reply
avatar
18 Juli 2013 14.34 delete

kalo glucogen saya kurang tau mas.
baru tau dari komen pagi ini dari mba asti di atas ^^; cuma pas ngecek di link BPOM ini http://www.pom.go.id/webreg/ produk itu juga ngga kedaftar.

Reply
avatar
18 Juli 2013 14.41 delete

kalau gak salah, ini informasi dari salah satu membernya , glucogen kantornya ditutup karena , glutera telah mematenkan 67hak paten nya, kalau sudah dipatenkan ya gak boleh di contek biar gak kena HAKI,

Terus email yang mbak hani terima dari POM bisa gak di foward ke aku mbak di email langkahbisnis@gmail.com

ada yang penasaran soalnya mbak.. hehehe :)

Reply
avatar
18 Juli 2013 14.56 delete

maaf mas, mending yg bersangkutan email langsung ke bpom deh biar ngga ada kecurigaan kalo saya edit-edit forwardan emailnya segala macem. bisa juga langsung sms atau telepon ke layanan bpomnya. biar pihak BPOM langsung yang ngasih informasi ke org yg bersangkutan. bukan dari perantara dari forwardan email.

>.< soalnya pas aku cek di bawah emailnya operator bpomnya, ternyata ada disclaimer seperti ini...

DISCLAIMER: This e-mail (including any attachements) is confidential. It is intended only for the use of the individual or entity to which it is addressed and may contain information that is privileged. Confidential and exempt from disclosure. If you are not the intended recipient, ( or responsible for delivery of this message to such person), you may not copy, disseminate, print, distribute, disclosure or use this e-mail.

Reply
avatar
18 Juli 2013 15.02 delete

hehehe iya mbak hani, makasih informasinya mbak :)

Reply
avatar
19 Juli 2013 00.55 delete

Aku pernah share foto office representative Glutera di kota Malang di salah satu grup facebook, tapi karena akhirnya malah rusuh akhirnya dihapus admin :)

Kalau dari aku pribadi, berdasar informasi bahwa Glutera adalah MLM dengan klaim penjualan produk fantastis, tapi kantornya sama sekali kurang mencerminkan perusahaan MLM yang bonafit. Tapi di samping masalah kantor yang agak terpencil, aku dari awal nggak percaya sama Glutera. Punya kantor yang terpampang nyata belum tentu mengindikasikan bahwa produknya aman, contohnya Green Alvina yang dulu kondang banget, tapi nyatanya berakhir dengan digerebek polisi. Aku curiga, jangan-jangan Glutera ini berkisah seperti krim walet. Booming alaihim di masa tertentu, lalu jatuh di masa berikutnya karena akhirnya ketauan kalo dia produk berbahaya.

Terbayang betapa mengerikannya suatu produk dengan hasil bisa membuat pigmen cokelat asli Indonesia menjadi pigmen putih. Aku jadi bertanya-tanya: kandungan apa, dan apa saja yang telah dilakukan kandungan Glutera di dalam tubuh manusia sehingga warna kulit bisa berubah warna?

Reply
avatar
19 Juli 2013 01.15 delete

Jadi member juga harus bijak dan teliti, jangan karena keuntungan duit hal yang seharusnya diketahui publik malah ditutup-tutupi :)

Reply
avatar
19 Juli 2013 08.53 delete

Review-nya mantep banget, kadang juga agak gimana gitu lihat iklannya. Produk internasional tapi koq gitu-gitu amat gambarnya :D

Reply
avatar
19 Juli 2013 09.00 delete

Sependek pengetahuanku, NAC itu adalah ingredient dari obat batuk ekspectoran (pengencer dahak)selain dari sebagai antioksidan. Salah satu merknya adalah Fluimucil (bisa di googling..).Aku tahunya ketika baca-baca salah satu majalah kedokteran (adikku yang langganan, ada iklan produk tersebut disalah satu halamannya. Makanya pernah ada member FD yang mengonsumsi NAC trus jadi dahakan gitu, ya mungkin karena memang itu salah satu fungsi NAC. Kalo menurutku, jika suplemen glutathione digunakan hanya untuk mendapatkan efek sampingnya (memutihkan kulit, kayaknya kok kurang bijak ya...Apalagi dengan harga selangit, ternyata isinya cuma NAC..seperti kasusnya KB..

Reply
avatar
19 Juli 2013 11.02 delete

bermanfaat bgt nih, :D
oh iya , ada informasi tentang ingredientsnya ga kak? :)

mynameisasong.blogspot.com

Reply
avatar
19 Juli 2013 11.07 delete

Aku menyimak postingan ini ^^ infonya bermanfaat sekali
soalnya tmn2 dan seller di bbm pada rajin ngeshare glutera

Duhhhh..

Reply
avatar
19 Juli 2013 11.59 delete

Mksh info di blognya sis ^_^
Dan kalo blh nambahin informasi ya,buat sekedar di-share..
Bahwa apapun alasannya,produk tanpa ijin BPOM tdk blh diedarkan terlebih dahulu. Sampai nantinya keluar ijin BPOM baru blh diedarkan.
Jangan dibalik ya logikanya ^_^

Dan untuk daftar MLM teregistrasi bisa dicek di www.apli.or.id yg merupakan website dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia.

MLM yg tdk masuk dalam daftar APLI berarti blm memiliki ijin kemendag dan berarti melanggar Permendag Nomor 32 Taun 2008.
Kemudian utk MLM yg produknya sdh dipasarkan namun tidak memiliki BPOM selain melangggar Permendag yg sama, jg bisa dikenai UU Perlindungan Konsumen.
Ancaman hukuman penjara dan denda bisa dibaca sendiri di Permendagnya yaa..

Semoga infonya bisa bermanfaat dan tidak menimbulkan slh paham ya,terimakasih ^_^

Reply
avatar
19 Juli 2013 12.51 delete

nice share mbak :D
wahhh ternyata yang selama ini digadang2 yaa. banyak yang membanggakan lho, sampai ada yang konflik di grup gara2 ini :P
kita cari benarnya saja, hiraukan saja orang yang maunya benar pdhal tidak benar :P

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.05 delete

mas,maass, hellooww..for your information, produk yg masih dalam pengurusan di BPOM, alias belum keluar nomor/sertifikat BPOM itu berarti TIDAK LAYAK JUAL! ga ada cerita lagi di urus atau ntar abis lebaran bakal keluar izinnya, it's all totally bullshit u know?! Please buka mata..semua orang jangan hanya mengambil keuntungan diri sendiri saja, tapi pikirkan juga kelangsungan hidup orang banyak!

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.06 delete

waaa :D makasih banyak infonya sist,
aku izin capture komennya buat ditampilin di post ^o^ biar yg males scroll ke bawah juga bisa baca

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.19 delete

Tambahan lagi ya,pernah baca testimoni di web yg bilang Glutera bukan MLM tapi memiliki cara bisnis menyerupai MLM,juga nggak bisa dibenarkan..karena yg namanya badan usaha harus jelas bentuknya. Nggak blh gamang (galau) gitu ^_^
Entah itu mau bentuk MLM, Direct Selling (contohnya home shopping), atau yg lain.

Jadi,menyikapi glutera ini selain ttg produknya kayaknya perlu jg dipertegas ttg badan usahanya bentuknya apa toh,ijin usahanya ada atau nggak.Tentunya jg ijin BPOM-nya dong ^_^

Karena menurutku nggak ada aspek yg bs dicari-carikan "pembenaran" disini.

Sekali lg,dilarang salah paham.Hihi.Cuma mau share info dr berbagai sudut pandang aja.

Buat yg mau pakai atau nggak silakan keputusan masing2 ^_^

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.20 delete

>.< waaa kantornya terpencil ya?

iya :D itu juga yg bikin banyak org penasaran. gimana mekanisme kerja produk ini dan pengaruh-pengaruhnya ke organ lain. kalopun googling ingredientpun kadang iklan yg satu dan yg lainnya ga sejalan. karena BPOM belum ngeluarin rilis, dan penjualannya semakin marak, tinggal pinter-pinternya konsumen nahan diri ngga beli barang yg belum jelas ingredient dan izinnya.

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.21 delete

makasih ^^ semoga bermanfaat

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.43 delete

makasih ^^

nah itu dia :0 aku ngga sertain di post karena tiap situs beda-beda jelasin komposisi glutera dan sumber glutathionenya. aku juga bingung :|

Ni beberapa yg aku dapet x(

1. sumber : http://jualglutera.com/tag/komposisi-glutathione
Sumber utama Glutathione adalah bahan alami organic seperti asparagus, brokoli, alpukat, dan bayam. Selain itu semua buah-buahan mentah dan sayuran segar sangat baik untuk meningkatkan tingkat Glutathione, khususnya sayuran seperti kembang kol, kubis, dan taoge. Sumber Glutathione lainnya antara lain telur, daging segar, bawang putih, dan kunyit.

2. sumber : http://agenglutera.wordpress.com/2012/11/05/vitamint-b-complex-kandungan-glutera-glutathione-precursors/
Vitamint B Complex merupakan salah satu kandungan yang terdapat di produk Glutera Glutathione Precursors

3. sumber : http://www.tokocerah.com/glutera-precursor-suplement-antioxidant-whitening-slimming-nutrisi-payudara-isi-5-sachet-pemutih-dan-pelangsing-tubuh/
L-Glutathione, L-Glutamine, L-Cysteine, L-Glycine, L-Glutamic Acid, Alpha Lipoic Acid (ALA), NAC (N-Acetyl-L-Cysteine), Milk Thistle Extract (Silybum marianus), Vit A (as beta karoten), Vit C (as ascorbic acid lipit metabolite), Vit D (as cholecalciferol), Vitamin B Complex, Vit E (as tokoferol),

4. sumber : http://gluteranetwork.com/produk
GLUTERA™ (Glutathione Precursors) Nutrition Fact : Serving Size 15 Gr, Serving Per Sachet 1, Amount Per Serving; Calories, Protein, Carbohydrate, Sugar, Natrium, Calcium, Vit A (as beta karoten), Vit C (as ascorbic acid lipit metabolite), Vit D (as cholecalciferol), Vitamin B Complex, Vit E (as tokoferol), Calsium, Iron, Zinc, Fosfor, Magnesium, L-Glutathione, L-Glutamine, L-Cysteine, L-Glycine, L-Glutamic Acid, Alpha Lipoic Acid (ALA), NAC (N-Acetyl-L-Cysteine), Milk Thistle Extract (Silybum marianus).

Ngga tau mana yg bener :|

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.46 delete

iyaa makasih ^^
x( aku juga bikin postingan kayak gini karena penasaran dijarkomin glutera mulu

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.47 delete

makasi ^^ semoga bermanfaat

Reply
avatar
19 Juli 2013 14.52 delete

setuju sekali dan bermanfaat

mao share dikit. sebulan yang lalu aku ikut seminar tentang nutrisi, ternyata resep untuk awet muda itu sebagian besar di peroleh dari nutrisi rendah kalori lho menyusul exercise, hormonal yang terakhir baru dempulan d...
Cantik harus luar dan dalam, luarnya sehat dan organ tubuh bagian dalam juga harus sehat karena gak ada refillnya hehehehe

kalau sempat mampir ke webku ya www.diet-sehat.com/rika

Reply
avatar
19 Juli 2013 15.09 delete

^^ bener sist, aku juga ngga mau update postingan ini hanya karena statusnya sedang diurus. selama statusnya ngga jelas, emang gabisa ngakal-ngakalin buat nyari pembenaran produk itu bisa dikonsumsi x( aku kadang gregetan juga, barang blum jelas perizinannya ya ngga bisa diedarkan. :| dalih "izinnya sedang diurus" udh sering bgt jadi tameng dari jaman krim bermerkuri dulu. dari situ aja udah menyalahi aturan distribusi produk.

iya, kalo dr segi badan usahanya pun ngga jelas, rada susah ditelusuri. sistemnya upline/downline mirip2 mlm gitu :|

cuma ya emang ngomongin produk yang tidak berizin kayak gini ngga bole gampang kepancing emosi, mesti dgn kepala dingin :D aku setuju sama kamu, yg penting udah dipaparin fakta-faktanya, udah dicantumin link ini itu buat cek sendiri, keputusan pake atau ngga itu udah pilihan masing-masing ^^ kalopun tetep pake, mesti siap dgn risikonya.

Reply
avatar
19 Juli 2013 15.50 delete

terima kasih infonya ^^

Reply
avatar
19 Juli 2013 17.26 delete

Sebenernya mau dia ngakunya MLM atau bentuk usaha lain pun,tetep ada celah yg menunjukkan kelemahannya kok.Yang mereka ksh jg pembenaran mnrtku,bkn kebenaran.
Salut buat sis yg udah mau rela capek2 luangin waktu buat posting ini.Aku aja males hihi.
Moga makin banyak posting yg bermanfaat ya sis ^_^
Aku tinggal rajin sbscribe baca info2 blognya doank aja hehe..

Reply
avatar
19 Juli 2013 22.27 delete

Makasih sis ^^
sebenernya aku bikin postingan kayak gini juga karena pernah ketipu produk lain =.= apalagi dulu informasi seputar keamanan dan legalitas produk masih rada susah dapetinnya. sekarang udah ada banyak forum dan thread tentang produk unbranded/unlisenced, seharusnya orang-orang mesti lebih kebuka pikirannya. jangan sampe keburu nyesal, baru kemudian sadar :D

Reply
avatar
20 Juli 2013 08.38 delete

mbak hani...thanks banget infonya...kakak iparku baru 3 hari yang lalu juga dapat paketan Glutera, waktu aku tanya yakin mo make tu produk, dia bilang si yakin karena udah banyak buktinya...sebernya agak khawatir juga si...tapi ntar klo aku bilangin ntar dia nya malah tersinggung, padahal maksud hati hanya ingin memberikan informasi ttg produk yang nama nya glutera itu...sekitar 2 bln yang lalu saya juga pernah ditawari untuk makai glutera, tapi saya g sreg n jujur ragu (mpe sekarang), apa iya bahan2nya aman?? itu aja si sebernya yang jadi pertanyaan :)
anyway...saya share link nya ya mbak :) *udah di share duluan baru ijin* hehehehe

Reply
avatar
20 Juli 2013 08.51 delete

trims sis hanitis atas sharenya....bagus sekali...
aku juga pingin nanya nich sis...
apakah mie instant itu baik untuk jangka panjang....? saya pernah denger klo mie instan itu tidak baik di konsumsi jangka panjang.
tp faktanya banyak mie instan dengan merk dagang terkenal sudah banyak yg ber ijin BPOM.

http://www.akhirzaman.info/tanda-akhir-zaman/asal-anda-tahu/1349-asal-anda-tahu-akibat-makan-mie-instan.html

http://infoindonesia.wordpress.com/2009/08/21/bahaya-mie-instant/

yang masih saya bingung knapa ijin BPOM bisa di keluarkan untuk makanan yang efek jangka panjangnya kurang baik untuk kesehatan.

yang bikin saya makin bingung, kenapa produk yg bisa membuat orang sakit jadi sehat kok di pandang negatif, ini yang terbalik pemikiran orang2 tentang produk yang beredar di indonesia atau ijin BPOM nya yang salah sasaran??????

sebagai warga indonesia yg baik dan pintar, mari mulai bisa memilih produk mana yg bermanfaat jangka panjang & yg tidak bermanfaat jangka panjang.
jangan hanya terpaku dengan masalah ijin BPOM, saudara kita yg harusnya terbantu kesehatannya malah terkena penyakit.

PILIHAN BIJAK ADA PADA ANDA SEMUA.....

salam sehat.....

Reply
avatar
20 Juli 2013 09.16 delete

iyaa sama-sama ^^ semoga bermanfaat

Reply
avatar
20 Juli 2013 10.10 delete

dari link yg anda cantumkan pun 2 kasus tersebut akibat mengkonsumsi mie instan hampir tiap hari dalam periode tertentu. peran orangtua dalam mengontrol pola makan anak juga harus diperhatikan dalam kasus-kasus tersebut.

"kenapa produk yg bisa membuat orang sakit jadi sehat kok di pandang negatif, ini yang terbalik pemikiran orang2 tentang produk yang beredar di indonesia atau ijin BPOM nya yang salah sasaran??????"

anda mau bandingin dengan mie instan? =.= mie instan itu makanan darurat yg sudah jelas ngga baik bila dikonsumsi setiap hari. mie instan yang beredar sudah jelas produsennya, komposisinya, dan masyarakat seperti anda pun tau kan risiko mengonsumsi makanan instan terus-terusan seperti apa ^^ obat juga kan hanya diminum pas lagi sakit doang, gabisa suka-suka diminum tiap hari.

sebagai tambahan, kalo anda baca baik2 capture artikel asing di atas, NAC yg terkandung dalam produk2 terdaftar seperti suplemen, obat dahak, dll aja punya efek samping yg perlu diwaspadai ^^

intinya, barang yg udah jelas-jelas terdaftar aja kita perlu kritis dan mesti rajin cari info sebanyak-banyaknya. apalagi barang yang belum terdaftar dan terlanjur beredar dengan komposisi yg belum bisa dipastikan apakah kandungan yang diklaim benar adanya, mekanisme reaksinya seperti apa, pengaruh ke organ, efek samping ini itu, dan sebagainya.

"jangan hanya terpaku dengan masalah ijin BPOM, saudara kita yg harusnya terbantu kesehatannya malah terkena penyakit."

yap bener! setujuuu! :D meski udah terdaftar BPOM pun kita mesti tetep kritis. oleh karena itulah kita mesti jadi warga Indonesia yang baik, bijak, dan cerdas memilih produk yang jelas perizinan, keamanan, dan mutunya ;D MERDEKA!

oh iya, ngomong2 kalo anda mau bantu meningkatkan taraf kesehatan saudara-saudara kita se-Indonesia juga sekarang juga udah banyak banget lhoo yg bisa fasilitasi dan kegiatan2 tsb dikelola oleh lembaga terpercaya :D mulai dari ikut sosialisasi gizi dan kesehatan, berkontribusi di badan zakat, pengobatan gratis di desa-desa, rumah sakit gratis, pkpu (semacam penyedian kakus, mck di pelosok, dan pengadaan sarana/prasarana kesehatan lainnya), dst dst :D

^^ FYI, kalo mau bahas mie instan lebih lanjut untuk lebih jelasnya silakan anda hubungi sendiri BPOM, terima kasih.

Telp : (021) 4244691/42883309/42883462
Fax : (021) 4263333
Email: Informasi@pom.go.id

Unit Layanan Pengaduan Konsumen
Badan Pengawas Obat dan Makanan
Telp/Fax : 021-4263333
SMS : 021-32199000
Email : ulpk@pom.go.id

terima kasih sharing pendapatnya :D mohon maaf jika ada penyampaian yg kurang berkenan :D
salam sehat juga \(^o^)/ yeaaahh

Reply
avatar
20 Juli 2013 12.15 delete

hai sis, aku salah 1 pembaca dari FD, aku setuju sekali dengan pemikiran sis di blog ini, karena mnurut aku, buat kulit ga ada yang instan, semua butuh proses.. dokter kulit aja selalu bilang minimal 3 bulan kulit baru bisa menunjukkan tanda-tanda perbaikan/malah rusak..kalau hanya dalam 2 minggu-1 bulan saja aku juga meragukan khasiat yang terkandung dalam obat tsb. mungkin untuk jangka pendek ga ada efek buruknya ( bagi yang metabolisme tubuhnya kuat) tapi kalau buat yang metabolisme tubuh lemah mungkin efek buruknya langsung kerasa cepat, untunglah buat yang metabolisme nya lemah begini jadi mereka ga konsum Glut terus..slain Glut kan juga banyak tuh krim abal2 lainnya, kasian banget tiap liat foto testimonialnya, ada salah 1 IG yg jual tuh krim, wajahnya putih bgt tapi eh tangannya ga sewarna sama wajahnya -_-. kalo mnrtku, yang penting bukan putih, tapi sehat dan cerah! kalo putih banget kan juga kaya vampir hehehe.kalo emang mau beli minuman collagen saran aku tetep beli yang punya merek deh, yang terpercaya seperti Mei** dan Kinohimit**, review dari blogger asing udah banyak banget begitu jg dengan side effects dari minuman collagen seperti ini, jadi kita bisa menimbang2 sendiri baik ato ngga nya sebuah minuman tsb..kalo testi dari si penjual sih, yah aku sangat ga yakin karena mereka bisa merekayasa foto2 tsb..be smart aja, yang penting tuh sehatt, kalo cantik tapi kena kanker juga ga berguna kan cantiknya?
Semangat sis, aku mendukung agar km terus bikin tulisan yang bisa menyadarkan perempuan2 Indonesia!

Reply
avatar
20 Juli 2013 12.54 delete

hai juga sis :D salam kenal yaa

yg IG itu maksudnya yg seleb IG jualan CR? --" *semalam abis mampir juga di forum baca itu. padahal udah keluar rilis kalo CR itu produk berbahaya. cuma emg yg di IG itu maennya blok2an, jadi kasian juga konsumen2 yg mau komplain tapi gabisa.

bener sis, yg penting sehat :D jadi mesti ati-ati banget milih produk yg dipake sehari-hari. aku udah punya pengalaman pake produk unlisenced bener2 kapok x( kalo kenapa2 bakal susah minta pertanggungjawabannya. soalnya itu udh risiko pribadi karena memutuskan pake produk yg belum jelas :D

Reply
avatar
20 Juli 2013 17.56 delete

Setahu sy semua informasi mengulas tuntas utk suatu produk itu pasti dicantumkan keunggulan + kelemahan produk itu sendiri. Tp kalo blog ini menurut sy kamuflase kompetitor yg ingin menjatuhkan GLUTERA™. Ini bukan suatu informasi kalo menurut sy, tp suatu provokasi. Semua yg tercantum hanya sisi negatif GLUTERA™. Tkz

Reply
avatar
20 Juli 2013 23.42 delete

"glutera telah mematenkan 67hak paten nya"

mau tanya nih,kan di website glutera,dalam salah satu ingredientsnya ada "pitera" yang bagaimana kita tau itu salah satu ingredients yang telah dipatenkan oleh "SK-II"..nahh,kalo produk glutera termasuk sabunnya uda dipatenkan,gimana ceritanya yah ? :p

Reply
avatar
21 Juli 2013 00.14 delete

:D saya udah cantumin keunggulan2 yg diklaim glutera melalui iklan-iklan produk tersebut di awal postingan lho sis, dan saya juga mengakui kok glutathione itu bagus banget.

kalo misal menurut sista postingan ini ngga berimbang, maaf banget..

Mmmm... (._.) sista ngga teliti baca postingannya ya? (^o^) oke, (sekali lagi) seperti yg dari awal saya terangkan >> berkali-kali << di postingan tersebut, tolong ditambahin informasinya kalo ada yg mau nambahin (^o^) kalo bisa dari org yg tau betul ttg glutera krn informasi yg saya dan teman2 di sini peroleh pun masih simpang siur. kadang iklan dan keterangan satu dan lainnya ga sejalan \(^o^)/ saya menyambut baik lho kalo ada yg mau jabarin manfaat, keunggulan, dan informasi lain seputar glutera di sini

sama-sama sist ^^ makasih banyak masukannya
mohon maaf kalo ada penyampaian yg ngga berkenan :D

Reply
avatar
21 Juli 2013 05.49 delete

aku kok masih penasaran seh mbak hani??? aku email ke bpom belum dibales dari kemarin lusa, ke ulpk@pom.go.id apa salah kirim ya ? atau sedang libur orangnya ??? soalnya dari pihak orang yang sudah lama diglutera bilang kalau glutera dalam proses perijinan ke BPOM dan MUI .. ehmmm jadi penasaran mbk ????

Reply
avatar
21 Juli 2013 08.46 delete

Sist, you do the great job. Saya yakin postingan kamu murni karena ingin menginformasikan ke wanita2 lain untuk tidak terjebak pada paradigma cantik itu putih dan inginnya instan. Kalau ada yang bilang ini sebagai kamuflase kompetitor, biarkan saja. Pembaca yg cerdas bisa menilai mana yang bicara dengan bukti dan intelektualitas, dan mana yang bicara hanya dengan kata2 seolah2 jadi pihak yang terfitnah. Jika memang produknya diyakini aman, kenapa tidak berusaha menyelesaikan ijin BPOM. Sehingga mereka bisa dengan percaya diri tinggi menjual produknya. Dan jangan berjualan dulu sebelum produknya benar2 terbukti aman.

Karena fenomena yang saya lihat, baca, dan analisa, ketika mulai ramai dibicarakan tentang 'cacat' nya suatu produk seller atau jaringan penjual tsb merasa seperti sedang difitnah atau teraniaya. Padahal tidak kah mereka tau derita konsumen akibat penjualan produk tidak jelas mereka. Ada yang harus menghabiskan uang yang jauh lebih mahal dibanding harga produk mereka. Syukurlah jika masih bisa diperbaiki. Namun bagaimana jika sudah tidak bisa diperbaiki?


Yang lebih menjengkelkan lagi adalah konsumen yang sudah jelas2 banyak informasi yg disampaikan ttg produk2 gajebo, tp sudah terlanjur terjebak dalam kecantikan semu, berusaha membela atau membohongi diri sendiri dan meyakinkan kalau produk yang mereka pakai itu aman. Jadi ya itulah simbiosis antara penjual yg ingin mengambil keuntungan vs pembeli yang ingin mendapat kecantikan semu.

Mau diulas sepanjang apa di blog2 ataupun media, namun jika mindset tentang kecantikan masih seperti itu, ya simbiosis itu akan tus langgeng. Tapi usaha tetap harus dijalankan ya sist hanitis. I really appreciate your post.

Reply
avatar
21 Juli 2013 14.24 delete

makasii banyaak sist :D aku juga yakin kok udah banyak wanita-wanita cerdas yang aware dengan masalah keamanan produk. sebenernya juga udah banyak yg memepertanyakan kesahihan nomor registrasi (bahkan jauh sebelum postingan ini dipublish), krn izin DEPKES rada susah untuk ditelusuri, apalagi banyak yg belum bisa membedakan izin BPOM, DEPKES, dan DINKES.

katanya lagi diurus sist di BPOM dan MUI, abis lebaran keluar izinnya. ntar tinggal dicek lagi, mulai H+7 lebaran atau at least dalam bulan Agustus 2013 (asumsinya) izin sudah keluar. tinggal dicek langsung ke pom.go.id/webreg/ bener atau ngganya. cuma ya emang barang yg belum jelas izinnya jelas ngga boleh diedarkan dulu.

^^; kadang juga speechless sist baca-baca "simbiosis" seperti itu. entah mesti nunggu berapa banyak korban lagi sampe akhirnya bisa mengubah mindset tersebut.

Reply
avatar
21 Juli 2013 14.26 delete

yaudah mas, kalo email blom dibales, coba sms atau telp langsung pas jam kerja. kalo mas belum mendapat respon yg memuaskan. ntar tunggu setelah lebaran, paling lambat H+7 ya berarti. atau selambat-lambatnya akhir Agustus 2013. trus follow up langsung ke pom.go.id/webreg/ apakah benar sudah terdaftar atau belum :D

samaa maaaass :D aku dan teman-teman yg lain juga penasaran kok. ntar kalo bener keregistrasi aku update postingannya ^^

Reply
avatar
21 Juli 2013 21.48 delete

Aku sangat sedih kalo ada yang bilang postingan ini sebagai kamuflase kompetitor, padahal Mbak Hanitis kan cuma blogger, bukan direktur sebuah perusahaan suplemen yang akan bisa menyaingi Glutera :(

Kemarin sempet nanya2 sama temen yang ngantor di pabrik Nivea, di Indonesia umumnya suatu produk dan perusahaan baru bisa dibilang aman dan kredibel jika sudah mengantongi ijin MUI, DEPKES, BPOM, ISO, dan HACCP.

Kalo Glutera, jujur aku nggak tau di mana pabriknya, sebab yang berada di Malang (head representative office) menurutku hanya sebuah kantor pemasaran.

Reply
avatar
21 Juli 2013 23.11 delete

:')) yaampun sist, makasiih, terharu deh... gapapa sissttt, dimaklumin aja xD

:O hooo iya yah, mesti ada sertifikasi ISO, HACCP juga. kemaren ada visitor yg nyampein kalo misal glutera ini beneran MLM, bisa dicek di apli.or.id dan sayangnya ngga kedaftar. ada yg bilang juga "perusahaan" tsb bukan mlm, jdi gatau dh yg bener iklan yg mana :|

dengan peredaran yg semarak ini, padahal background dan izin produknya ngga jelas, bahaya kalo ketauan kemendag dan BPOM :|

Reply
avatar
22 Juli 2013 08.34 delete

Kemarin ngobrol2 sama temen yang ngantor di PT. Beirsdoff soalnya (perusahaan Nivea) :D

Terus dia bilang, produk makanan dan minuman itu regulasinya lebih rumit dari produk kosmetik (Glutera termasuk minuman kan ya?). Sebagai perbandingan, produk kosmetik selain harus mengantongi ijin Depkes dan BPOM, harus ada sertifikat CPKB. Tetapi produk makanan dan minuman, terutama makanan dan minuman dengan bahan-bahan yang dianggap beresiko, selain syarat di atas, juga harus memenuhi persyaratan HACCP, mencantumkan nilai ADI, serta harus menyertakan efek mutagenik, karsinogenik, dan teratogenik. Jadi, kalau emang belum jelas syarat kesehatan pangannya, mending jangan dikonsumsi.

CPKB = Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik
Sertifikat ini dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia sebagai indikator bahwa sebuah perusahaan kosmetik telah memenuhi persyaratan untuk memproduksi kosmetik.

HACCP = Hazard Analysis Critical Control Point
Kurang lebih adalah analisis batas dosis bahaya sebuah produk bahan makanan dan minuman, mencakup tentang dosis, pengolahan, sumber bahaya, side efek, dll.

ADI = Acceptable Daily Intake
Adalah umlah asupan maksimal yang diperkenankan dan masih ditoleransi oleh tubuh. Bahan-bahan yang dianggap cukup beresiko, biasanya mencantumkan nilai ADI pada kemasannya. Contohnya coba lihat kemasan Diabetasol (pengganti gula untuk diabetes). Di situ pasti dicantumkan ADI natrium siklamat, ADI asesulfam, dan sebagainya, sebab tubuh kita ada batas penerimaan zat yang beresiko tersebut. Lain dengan makan nasi, walau habis 3 piring kalau kuat makannya ya nggak papa.

Terus kemarin malam ada yang inbox aku, katanya Glutera diproduksi oleh PT. CMS untuk/for Glutera - Indonesia. Setelah aku googling, tidak ada website yang meyakinkan untuk PT. CMS. Yang kelihatan jelas cuma satu yaitu www.cmskaltim.com, dan itupun adalah perusahaan tambang.

Mungkin Mbak bisa bantu googling untuk PT.CMS, mungkin saya yang terlewat tidak menemukannya.

Reply
avatar
22 Juli 2013 08.50 delete

suka banget komentarnya mbk :) aku pribadi member glutera mbak hani, kalau MLM kayaknya glutera bukan MLM , karena tidak ada sistem TUPO (tutup Point) mbak, tidak ada PV (Point Value) jadi untuk masalah MLM ini kayak nya glutera bukan basis MLM mbak, itu menurutku lho mbak :D

kalau ijin MUI, BPOM, itu aku setuju masih ragu lho sampai skr :D

bener kata mbak Endah Wahyuni, kantornya dimana terus bagaimana prosesnya pengepakan glutera, bagaimana pembuatan bungkusnya dll, masih dalam tanda tanya sampai skr mbak :D heheeh :)

Reply
avatar
22 Juli 2013 09.35 delete

@Endah Wahyuni
Sistaaa aku boleh izin nyantumin komenmu di postingan ngga? :D buat dibaca-baca org yg ngga sempat nyekrol ke bawah hehehe xD

ngomong-ngomong tentang PT CMS itu juga udah lama aku taunya sist, dari cuplikan kayak gini di promonya --> "Dibawa dari Japan, dibawah naungan PT CMS (anak perusahaannya Nestle.. Rasanya kayak susu MILO, kan sama2 dari Nestle."

(--") tapi pas aku googling nemunya kayak gini...
"In late 2011, Nestlé announced the implementation of the NESCAFÉ PLAN in Kenya. To start the roll out, Nestlé has entered a partnership with Coffee Management Services (CMS) Ltd to implement the project which will initially run for 3 years. The project targets 9 FCS (Farmer’s Cooperative Society) with 27 wet mills and over 26,000 farming households in different coffee.

“The key objectives of the project are to improve productivity, quality, increased production efficiencies, ensure higher incomes for coffee farmers hence improving the living standards of the farmers community,” said Mr. Kamau Kuria, Managing Director of Coffee Management Services Ltd.

In February 2013, we participated in a Forum in Kampala, Uganda, where like-minded companies, regional coffee farmers, policy makers, NGOs, donors and other stakeholders in the coffee community gathered to dig deeper into the issues that face women, youth and future coffee farmer generations."

source :
http://www.nestle-ea.com/en/csv/csvatear/Pages/Test.aspx

(--")/|...deep sigh...|

@agus priyadi
hoooo, gitu... :D

soalnya aku liat di twitter ada seller yg bilang glutera itu produk mlm, trus dari situs lain bilangnya bukan, tapi lebih ke direct selling gitu-gitu dengan sistem yg sekilas mirip mlm ^o^ makasih banyak mas infonya, sangat membantu.

iyaah moga-moga cepet ada kepastiannya ^o^

Reply
avatar
22 Juli 2013 11.55 delete

trims mbk atas wawasan yg di berikan....

yang masih saya bingung...meskipun jelas2 mie instan berefek kurang bagus dlm periode jangka panjang, tp masih di produksi oleh perusahaan yang notabene perusahaan besar dan terdaftar. kenapa dalam kemasan mie instan tidak di tampilkan tulisan bahwa " mie instan adalah makanan DARURAT.."

yang kedua saya bingung lagi...apakah makanan yg sifatnya hanya di konsumsi disaat darurat (menurut pernyataan mbk hanitis) boleh di jual bebas, dan apakah kondisi negara Indonesia termasuk negara yang sudah masuk kategori DARURAT....???

mohon maaf klo saya salah menyimpulkan...tolong di koreksi.

Berarti produk2 yg notabene lebih banyak negatifnya itu masih boleh di edarkan asalkan produk tersebut di produksi oleh perusahaan yang terdaftar & perusahaan yang besar.

contohnya Rokok & Mie instan.

mohon pencerahannya dari mbk hanitis....terima kasih

Reply
avatar
22 Juli 2013 13.46 delete

heheh iya mbak hani, mirip direct selling tapi di combine pakai sistem jaringan :D ya strategy bisnis lah mbak,, kalau direct selling aja sulit pemasarannya, kalau di combine sistem jaringan berjenjang yang ada di MLM kan jadi lebih menggiurkan, (aku salah satu korbannya yang mendapatkan bonus 8,5jt sampai skr mbak) hehehehe :D

Reply
avatar
22 Juli 2013 16.10 delete

semangat mas xD jangan bingung menjalani hidup ini

kenapa terdaftar dan bisa dijual bebas?
ni saya kutip dari komen pembaca di sini yah. semoga bisa bantu ngasih pencerahan yg mas cari-cari selama ini *tsah~

karena udah jelas HACCP, ADI, dll-nya.

HACCP = Hazard Analysis Critical Control Point
Kurang lebih adalah analisis batas dosis bahaya sebuah produk bahan makanan dan minuman, mencakup tentang dosis, pengolahan, sumber bahaya, side efek, dll.

ADI = Acceptable Daily Intake
Adalah jumlah asupan maksimal yang diperkenankan dan masih ditoleransi oleh tubuh. Bahan-bahan yang dianggap cukup beresiko, biasanya mencantumkan nilai ADI pada kemasannya. Contohnya coba lihat kemasan Diabetasol (pengganti gula untuk diabetes). Di situ pasti dicantumkan ADI natrium siklamat, ADI asesulfam, dan sebagainya, sebab tubuh kita ada batas penerimaan zat yang beresiko tersebut. Lain dengan makan nasi, walau habis 3 piring kalau kuat makannya ya nggak papa.

makanan darurat dapur yg saya maksud --> lagi buru-buru, ngga sempet masak, ngga mau repot --> trus milih makan yg instan. oleh karena itu dari kita TK, diajarinnya makan makanan 4 sehat, 5 sempurna, ngga diajarin makan makanan instan tiap hari.

"negara dalam kondisi darurat"
sebagai gambaran, mas ngga liat di berita kalo lg darurat bencana gitu yg banyak didistribusi makanan instan yg praktis? =.="

kenapa dalam kemasan mie instan tidak di tampilkan tulisan bahwa "mie instan adalah makanan DARURAT.."?
mas, mas... kan udah tau judulnya adalah INSTANT. makanan instan/fast food = junk food = ga baek dikonsumsi terus-terusan, tiap hari. Tapi kalo dikonsumsi sesekali aja, tubuh masih bisa toleransi :D

yg jelas-jelas kedaftar aja kita mesti aware mas, apalagi produk yg belum jelas BPOM, ISO, HACCP, ADI, dllnya... tujuan mesti ada BPOM, HACCP, ADI, dst dst pun itu juga salah satu bentuk transparansi ke konsumen dan bentuk pertanggungjawaban produsen atas produk yg mereka buat dan pasarkan.

mau bandingin lagi sama rokok? =.=
mas belom nonton video ini ya? :O

Sex, Lies & Cigarettes': Vanguard Sneak Peek
http://www.youtube.com/watch?v=DiyWK3fzTpA

coba nonton video itu deh :D recommended banget.

"Fakta mengenai Industri dan bisnis Rokok di Indonesia, Penetrasi Rokok dalam masyarakat Indonesia..
Dalam Konferensi Dunia untuk Tembakau 2010 Koresponden Christof Putzel pergi menyelinap dan melakukan pembicaraan dengan karyawan perusahaan tembakau. Ia juga melakukan wawancara dan investigasi langsung mengenai bocah perokok terkecil di Dunia serta memaparkan mengenai fakta-fakta cengkraman bisnis tembakau global di Indonesia."

simpulin sendiri yah. moga-moga ngga keliru nyimpulinnya ^^;

mas awalnya bahas glutera kan ya? kenapa produk yg (menurut mas) menyehatkan tapi BPOM bilang sebaiknya jangan dikonsumsi? yaitu tadi karena dari segi produsen, ingredient, dst belum dievaluasi, belum jelas. oleh karena itu BPOM mewanti-wanti kalo barangnya belum dievaluasi oleh badan yg berwenang, ya jangan diedarkan dulu. kalo yakin barangnya aman ya monggo dikelarin dulu perizinannya, kalo sudah jelas segala sesuatunya, baru diedarkan. jangan dibalik logikanya.

kalau terjadi komplain dan hal-hal yang ngga diinginkan yg terjadi pada konsumen karena barang gajebo tersebut, konsumen jelas ngga bisa nuntut. seller bisa lepas tangan (baik dengan cara kabur, block, atau delete contact). itu risiko konsumen beli barang yg ngga jelas :D karena itulah ada peraturan, undang-undang, dan pihak-pihak berwenang yg meregulasi produk-produk yg beredar di negara kita. kalo masih ngotot memasarkan barang yg belum dievaluasi keamanannya dan prusahaannya pun izinnya ga jelas, itu melanggar hukum di negara ini. kalo ketauan oleh kemendag dan BPOM, jelas produk dan prusahaan seperti itu bakal ditindak.

maaf mas, komen mas ini sebenernya spam, udah out of topic banget. misal mas mau debat lebih lanjut bisa sama BPOM aja yah, ato sama public relationnya perusahaan mie instan dan badan terkait yg memiliki wewenang ttg itu hehehehe :D

Reply
avatar
24 Juli 2013 06.17 delete

Dear mba hanitis, saya masuk blog ini karena sedang searching mengenai glutera. Jujur saja saya sedikit menyesal membaca blog ini, menyesal benar kenapa baru baca sekarang. Saya tinggal bukan di kota besar, jauh dari jakarta, tapi di sini juga produk glue ini mulai booming mba. Mulai dari arisan ibu-ibu sampai di lingkungan kerja semua sudah pakai.
Saya lihat glue ini seperti terlalu bagus ya mba makanya jadi curiga. Semua bisa diatasi mulai dari problem kulit sampai berat badan. Pemberitaannya sendiri kurang berimbang, yang sampai ke daerah kami cuma "manfaat2nya". Masalah perizinan, efek samping dll kurang begitu disampaikan, tapi terkadang kita cuma dengar apa yang mau kita dengar. Jadi ya gt deh.
Informasi blog ini akan saya kabarkan ke teman2 di sini, mudah2an sudah cukup cerdas untuk mengambil tindakan.
Terimakasih buat mba hani yang sudah repot2 mengulas dan mengedukaai melalui blog ini.
Oia, saya pribadi suka loh melihat gaya komen mba hani terhadap komentar pros dan kontras. Tidak disertai emosi dan tidak terpancing. Apakah mba hani ini guru/psikolog?

Reply
avatar
25 Juli 2013 01.31 delete

makasi mba hatsari ^^ salam kenal ya
sama-samaa :D semoga bermanfaat hehe

mba udah mampir ke forum yang saya sertakan linknya di post? :( dari forum itulah saya banyak belajar sebisa mungkin saling mengingatkan dan waspada dengan produk unlisenced/unbranded. karena tubuh kita satu-satunya "tempat tinggal" buat kita, jadi mesti bener-bener dijaga.

^o^ bingo! yap, bidang saya psikologi xD tapi belum jadi psikolog, masih berupa target, semoga bisa segera tercapai hehehe

Reply
avatar
26 Juli 2013 11.17 delete

Halo mbak hani.duh kok baru nemu blog ini skrg ya.saya udah terlanjur beli.berhubung lg ada promo gt 625.000 dapat 18 sachet + sabun.saya juga udah terlanjur minum 2 sachet.duh diterusin gk ya.udah beli mahal-mahal je.saya beli bukan pingin putih.tp biar kulit sehat aja.soale kmrn yg jual temen sendiri.makanya ya saya percaya aja.
Tp setelah saya baca bungkusnya.trnyt ijinnya cm tertulis DINKES aja.gk ada BPOM nya.apa gk pa2 ya cm dari DINKES.duh jd galau ini.trus Diproduksi oleh PT.CMS untuk Glutera-indonesia.kok aku gak nemu PT.CMS produksi glutera ya.atau blm nemu aja.oh iya ada lagi tulisan Tidak dijual bebas,hanya untuk kalangan sendiri.maksudnya apa ya?mbak gmn donk.masa beli mahal2 dianggurin.exp msh 2015.apa nunggu rilis BPOM nya dulu aja ya.baru diminum lg.duh galau.maaf bahasanya berantakan and gak rapi :D

Reply
avatar
26 Juli 2013 16.05 delete

halo mas andri ^^

coba mas hubungi BPOM, sebelumnya saya udah nanya. kata BPOMnya, untuk suplemen seperti ini jelas BPOM yang punya wewenang untuk ngeluarin izinnya. jadi, dari segi perizinan, produk ini menyalahi aturan yg ada ^^ seperti yg telah disampaikan (kalau mas baca komen-komen yg masuk), tanpa registrasi BPOM = produk tidak boleh dijual dan diedarkan. jangan dibalik logikanya. bukan diedarin dulu baru diurus perizinannya ^^

CMS itu Coffee Management Service. coba mas baca-baca di komen-komen sebelumnya, udah dibahas sekilas ^^

untuk klaim tidak dijual bebas, hanya untuk kalangan sendiri juga saya kurang paham mas.

kalo mas baca di komen, info dari member gluteranya abis lebaran keluar izin BPOM dan MUI. kalau klaim itu benar adanya (tidak mengada-ada), berarti bisa di follow up di situs database registrasi BPOM senggakny H+7 lebaran, dan paling lambat Agustus 2013. kalau ternyata ngga ada, mas bisa simpulkan sendiri ^^ untuk dikonsumsi atau ngga, itu pilihan mas.

Reply
avatar
28 Juli 2013 20.49 delete

Mba..makasih banyak utk infonya. Soalnya sy hampir mau beli produk ini tp msh ragu apakah aman. Krn ga jelas kantornya dimana da pabriknya.

Reply
avatar
1 Agustus 2013 13.30 delete

Emang pabriknya di mana?
Kalo kantornya di Malang memang saya tahu, tapi kalo pabriknya? Masih tanda tanya besar. CMIWW :)

Reply
avatar
2 Agustus 2013 00.02 delete

ya mau gimana lagi,yang ada dan bisa disorot cuma fakta bahwa glutera gk lebih dari suplemen yang belom layak ijin,sekalipun layak,kenapa gk diurus dulu aja perizinannya,kenapa dijual dulu baru diurus ? :p


mnurutku gk ada yg salah dari tulisan ini,emang fakta yang disajikan,lagipula kan penulis juga selalu update blog ini,kalopun emang glutera bukan produk abal",ya diupdate kan ? :D

Reply
avatar
8 Agustus 2013 01.08 delete

WANITA CANTIK WANITA GLUTERA.... Tetap Tertawa, Walau Sebenarnya Ia Menangis. Tetap Tersenyum, Walau Sebenarnya Ia Kecewa. Tetap Kuat, Walau Ia Tidak Sanggup Lagi. Tetap Semangat, Walau Ia Tertekan. Tetap Sabar dan Memandang Segalanya Baik Baik Saja, Walaupun Ia Terluka. Tetap Minum Glutera, Walau Ia Sudah Cantik..! Glutera Indonesia mengucapkan... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin. >>Minuman Serbuk Cokelat L-Glutathione The Master of Antioxidant. Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM RI) No: MD 867013001850. Salam Risalah Hati.

Reply
avatar
15 Agustus 2013 08.47 delete

haloo saya search di webnya bpom, ketemu glutera dear. coba cari by merk :)

Reply
avatar
Idy
15 Agustus 2013 09.56 delete

Hai Hani,
Saya udah jadi konsumer Glutera sekitar 4 bulan, hasil yang saya dapat dari mengkonsumsi Glutera selama itu... NOL... Kulit sawo matang saya gak berubah putih (boro-boro putih, cerah aja kagak), bekas luka juga gak memudar, kulit gak sehalus yang dijanjiin produk, intinya gak ada perubahan tuh, ada juga saya kena marah ama hubby gara-gara pengen putih (dia bilang "tanned skin is sexy honey...")
Temen yang kulitnya kuning langsat (mendekati putih) juga gak berubah jadi putih, padahal udah pake semua produk glutera tuh mulai dari susu, sabun sampe lotion, kulitnya tetep aja warna kuning langsat n jerawatnya masih gede-gede asyik nangkring dimukanya.

Gara-gara pengen putih jadi gelap mata n logika soal keamanan dll-nya, lagian dikemasan tertulis "Hanya dijual untuk kalangan sendiri, tidak boleh dijual di toko, apotek, dll", jadi bertanya "WHY??". Ada badani/instansi yang bisa uji/tes kandungannya gak ya? Biar lebih jelas lagi. Kayaknya produk ini lebih mengarah kepada keuntungan Rupiah aja deh. Tapi kalo emang bener setelah lebaran ijin BPOM keluar, yah bagus aja. Tapi berhenti konsumsi deh, duit terbuang percuma, dimarahi hubby gara-gara pengen ganti warna kulit, keamanan dan kehalalannya belum jelas.

Thank you so much for your information sista, kayaknya lebih cocok jadi hansip produk nih ^_^...
Sukses yaaa....

Reply
avatar
15 Agustus 2013 15.40 delete

MD 867013001850
Terbit: 31-07-2013
Minuman Serbuk Cokelat
Merk: GLUTERA
Kemasan: Kemasan Ganda (75 g /5 sachet @15 g)
PT MANDALA CAHAYA SENTOSA
Sidoarjo

Reply
avatar
16 Agustus 2013 23.05 delete

aaah ga semua ciiin cari product whitening spy lebih putih.contohnya saya.wktu umur 20an kulit saya putih dan bersih.karena kepedean and malas merawat muka diummur 30an tahun ini mulai deh timbul masalah kulit wajah sana sini sampai terlihat kusam..bahkan hitam,terlebih badan saya jg melar.kalau aku telanjang badan sama muka kayak kopi dan susu..dan ini sangat mempengaruhi kepercayaan diriku di depan suami.orang sering bilang suami saya adalah anak saya lah,adik sayalah.dia tetap awet muda sedangkan saya tlihat tambah tua.padahal umur kita sama cm beda sebulan.saya pernah diwanti2 seorang sesepuh saya utk menjaga dan merawat badan dan wajah saya krn saya dan suami tampak jauh berbeda.sampai akhirnya ketahuan dia suka ngintipin fb temennya yg cantik dan mulus wajahnya,aku tambah down.kalau melihat foto pernikahan kami,dulu kami tampak serasi.sekarang betul2 seperti ibu dan anak.saya bertekad ingin mengembalikan body dan wajah mudaku yg dulu, minimal bersih dan tidak hitam deh,sebelum suami saya betul2 selingkuh dgn perempuan lain.saya sudah pakai product resmi yang dijual dipasaran dari yang murah sampai ke yang mahal tidak berpengaruh untuk saya.hingga saya beli alat setrika wajah dari mlm tetangga yang katanya dari amerika malah tambah kebakar kulit saya.udah gitu alatnya di bawa kabur temanku..hadeeeuuuh beli mahal2..pengen cantik gatot!udah ga bisa kebeli lagi..rencananya habis melahirkan aku mau ke dokter kecantikan aja.tp dari dulu yg mbuat saya ragu ke dokter kecantikan banyak teman saya yang ga bisa lepas,jadi ketergantungan.pikir saya masa seumur hidup saya bkonsultasi terus ke dokter.berapa uang yang harus saya habiskan spy ttp bs cantik..tapi karena banyknya artikel mengenai kosmetik2 berbahaya saya memutuskan utk menyerah dan pergi ke dokter saja. sampai akhirnya saya menemukan iklan glutera 1 jam yg lalu sblm saya baca artikel ini. penasaran jg utk membaca postingan ini sampai akhir.jk memang product ini aman saya akan menggunakannya. so please kupas sampai tuntas coz it helps me a lot!karena mgkn akan menyelamatkan kehidupan rumah tanggaku yg sdg mengalami kejenuhan... makasih

Reply
avatar
17 Agustus 2013 08.43 delete

Yap mba, emg ga semuanya :D
Yg kita bahas adalah cewe yg pada dasarnya kulitnya ga putih, tapi memakai pemutih instan tanpa memperhatikan efek jangka panjang dan keamanannya...
Krn pada dasarnya krim whitening/brightening itu fungsinya emg meratakan warna kulit, mencerahkan (ke warna asli kulit, bukan memutihkan) agar kulit ga kusam :D

Aku juga rada takut kalo mau ke dokter spKk karena temen2ku ada yg kulitnya jd ketergantungan (ga pake krim 2 hari ato seminggu kulitnya jdi bruntusan, jdi mesti pake trus untuk ngehindarin gejala putus zat itu). Tapi mungkin klo ke dokter spKk yg bener2 kompeten, dia bakal hati2 banget buat ngeresepin ini itu, misalnya dgn ga sembarangan ngeresepin kortikosteroid ke pasien yg udh overdose, dst dst dst. Klo dokter spKk yg beken di twitter itu dokter Simon, beliau juga ati2 bgt ngresepin ini itu ke pasiennya.

Klo dr segi keamanannya ya krn ini pangan fungsional aman sih mba, klo tertarik mencoba tinggal beli di distributor resmi supaya ga dapet palsunya (aku liat di kaskus, ada yg kena tipu beli palsunya). Tapi pangan fungsional bisa aja ga seefektif suplemen yg emg ekstrak cmiiw. Emg banyak testimoni bikin kulit cerah, kulit mulus, dst dst yg diupload seller, tapi ya banyak juga yg ga ngefek padahal udh minum abis brapa bungkus. Coba mba cek2 ke link forum yg aku sertain itu, dipage akhir2 juga ada yg bahas glutera :D

Iya mba, sebisa mungkin bakal aku update kalo ada perkembangan infonya :D
Semoga langgeng trus rumah tangganya, amin amin amin

Reply
avatar
19 Agustus 2013 13.59 delete

yg masuk webnya Bpom, malah produk ini:

NA18131203657

GLUTERA Facial Wash With Glutathione And Alpha Arbutin

Reply
avatar
19 Agustus 2013 15.57 delete

Makasih infonya sist :D
Itu sabun yg dibilang ngandung pitera ya? :|
Aku pernah baca ttg sabunnya di forum, ada yg cerita
Ini link yg aku maksud,
http://www.femaledaily.com/showpost.php?p=3320231&postcount=8418
cuma klo udh bneran ada izinnya ya baguslah :D

Reply
avatar
21 Agustus 2013 23.35 delete

Assalammu'alaikum Mbak Hani,

Saya juga sempet tergiur dengan segala macam manfaatnya yang juara dari Glutera. Untuk saya sempet2in cari tau di Google sampe akhirnya saya ketemu Blognya Mbak Hani. I truly believe ini bukan kebetulan, tapi sudah ada campur tangan Tuhan #MendadakAlim #OkeSip

Eniwey Mbak, agak OOT dikit, kalo product 4LifeTransfer gimana? Saya pernah dapet brosurnya dan sepertinya meyakinkan. Hasil oprek2 Mbah Google juga kayaknya positif2 aja. Tapi bila Mbak Hani punya info lebih lengkap, mohon di share ya Mbak

Terima kasih banyak sebelumnya. Saya do'akan Semoga Mbak Hani panjang umur, makin sukses, murah rejeki, enteng jodoh. Ammiiinnn

Reply
avatar
22 Agustus 2013 03.12 delete

hai sis hani
kyusoku bihaku memang mengandung NA C
tetapi tidak fake glutathione
didalamnya ada glutathione dan ada sertifikatnya
dan benar 500mg
video di youtube tahun 2008 itu adalah ACARA BERBAYAR yang dilakukan oleh kompetitor KB dan sudah diklarifikasi, sampai saat KB produknya masih berkibar di Philippine, di apotik sana seperti Watson juga masih jual, malah sekarang ada distributor di Amerika (www.ilovekb.us) .. mengenai BPOM saya diberitahukan oleh distributornya di indonesia sedang dalam proses, untuk produk luar negeri memang tidak mudah pengurusannya.
Saya tidak mau komentar tentang Glutera, publik yg menilai sendiri, banyak komentar negatif datang dan akhirnya memilih untuk konsumsi KB yang jelas produsennya. IKLAN BILLBOARD, IKLAN MAJALAH dan MEDIA LAINNYA masih berjalan di Philippines sampai SAAT INI.

Reply
avatar
22 Agustus 2013 04.46 delete

NA18131203657 gak keluar apa-apa tuh

Reply
avatar
22 Agustus 2013 05.40 delete

Iya, belom update mungkin sist, yg minuman serbuk juga izinnya terbit 31 juli tapi baru masuk situs database registrasinya tgl 14 agustus :D

Reply
avatar
22 Agustus 2013 06.48 delete

Hai sis, makasi infonya :D
Di samping dari youtube, juga banyak berita ttg fake glutathione (ga cuma yg tahun 2008), dan produk yg kluar (pas browsing fake glutathione dan yg dapat komplain dr org2) banyakan bukan kyusoku bihaku kok :| btw pada niat amat ya bayar berita x))

Reply
avatar
22 Agustus 2013 07.14 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh :D xD

aku baru denger tuh 4lifetransfer x))
kedaftar kok di bpom, ini nomer registrasinya SI104301571 (SI : suplemen makanan impor), produsennya Biomedical Research Laboratories Utah
Kalo info lengkapnya aku ga ada x( maap yaa

hihihihi amin amin amiiiiinn :D makasiih, doa terbaik bagimu juga

Reply
avatar
26 Agustus 2013 15.19 delete

Hai mba Hani.. bagus banget infonya..
Saya juga barusan denger tentang Glutera sekitar sebulan yang lalu.. dan saya cari infonya via googling ternyata booming banget yach.. berarti saya ngga update nih.. hihi..

Barusan saya cek di website BPOM, Glutera muncul sebagai berikut :

Nomor Registrasi : NA18131203657
Tanggal Terbit : 14-08-2013
Diterbitkan Oleh : Notifikasi Kosmetika Direktorat Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan dan Kosmetika
Produk : Kosmetika
Klasifikasi Produk : Sediaan Perawatan Kulit » Pembersih Kulit Muka
Nama Produk : Facial Wash With Glutathione And Alpha Arbutin
Merk : GLUTERA
Pendaftar : Ekos Jaya, UD - Sidoarjo
Produsen : Ekos Jaya, UD - Sidoarjo


Nomor Registrasi : MD 867013001850
Tanggal Terbit : 31-07-2013
Diterbitkan Oleh : Registrasi Produk Pangan Direktorat Penilaian Keamanan Pangan
Produk Makanan & Minuman
Klasifikasi Produk : Pangan Fungsional
Nama Produk : Minuman Serbuk Cokelat
Merk : GLUTERA
Kemasan : Kemasan Ganda (75 g /5 sachet @15 g)
Pendaftar : PT MANDALA CAHAYA SENTOSA - Sidoarjo

Semoga bermanfaat ya... kalau ada info lagi.. bisa tolong di update yach..

Reply
avatar
26 Agustus 2013 15.59 delete

Haii juga mba Dewii, salam kenal yaa :D
Makasii banyak infonya :D iyaa, diusahakan tetep update
Mohon masukannya juga yaa kalo ada info baru ;D

Reply
avatar
31 Agustus 2013 11.30 delete

sist bisa gak dhare hasil yang kakak iparnya pake??
gmna efeknya stelah pake terus hasilnya sekarang gmna?? ada perubahan-kah?

Reply
avatar
31 Agustus 2013 11.48 delete

Kalo mau liat testimoni, coba scroll ke bawah, ada yg share pengalaman pake produk ini. Di forum yg saya sertakan linknya juga banyak review dan testimoninya :D coba googling "glutera female daily", trus ntar klik penelusuran lainnya dari situs female daily

:D semoga membantu

Reply
avatar
1 September 2013 15.05 delete

mau nanya mbak, klo udah ada POM nya apa sudah pasti halal ya?

Reply
avatar
1 September 2013 17.01 delete

Belum tentu :D
Yang punya wewenang ngeluarin sertifkasi halal itu MUI. Buat ngecek halal atau ngganya produk, bisa cek di LPPOM MUI. Kalo mau ke situsnya, coba googling aja :D

Reply
avatar
5 September 2013 08.14 delete

Hallo teteh cantik, makasih informasi bermanfaatnya. Liat blog ini aku lngsng ngegoogle glutera itu apa dan efek samping waktu pemakaiannya. Maklum kudet banget kalo masalah suplemen2 yg boomingnya di jejaring sosial. Oh yah teteh udh buka link ini belom? Serem amat comment konsumennya Coba deh buka link ini http://gluteraglutathione.net/healing-crisis-glutera-atau-efek-samping-glutera.html

Reply
avatar
5 September 2013 08.35 delete

Hai juga cantik :D sama-samaa..
Makasih infonya :| aku baru baca itu lho... dan yaampun... speechless :'(( gitu amat healing crisisnya.

Reply
avatar
8 September 2013 01.46 delete

Iyaaa teh bener, gag nyangka kalo segitunya. Infoin terus kelanjutan kisah glutera ya teh

Reply
avatar
23 September 2013 04.08 delete

Hai Mb' Hani, saat ini kelanjutan tentang keamanan dan kualitas Produk Glutera setelah Izin badan Pom nya keluar gimana?"

Reply
avatar
23 September 2013 16.29 delete

Hai juga :D

Saat ini ngga ada kabar-kabar heboh kok seputar keamanan produk. Cuma ya emang mesti ati-ati belinya, karena sepengamatanku banyak yang komplain dapet barang palsu dari online shop ^^; jadi kayaknya emang pinter-pinter nyari seller yang kredibel/tepercaya kalo mau beli yg asli.

Menurutku yang jadi hot topic sekarang bukan keamanan atau kualitas, tapi ngefek atau ngganya produk ini (coba googling aja, banyak konsumen yg sharing pengalaman di situs atau forum). Ada yang puas, ngerasa fit, tapi banyak juga keluhan udah beli mahal-mahal tapi ngga ngefek, padahal iklannya udah ngeklaim macem-macem. Karena aku ga konsumsi jadi aku gabisa komentar ^^; nyimak aja.

Karena itulah aku ngga mau update atau masukin list pengalaman mengonsumsi atau testimoni (bagus, ngga ada hasil, atau bahkan yang mengalami healing crisis) di postingan ini, karena menurutku itu pengalaman individual dan konteks postingan ini ngga bahas tentang testimoni (apalagi yang efek samping dan healing crisis). Selain itu, kalo ntar ternyata lebih banyak update-an testimoni yg ngga bagus, ntar aku dituduh kompetitor lagi. Sebaliknya, kalo testimoninya bagus-bagus, ntar aku malah dituduh orang glutera. Tapi kalo ada yang ngasi testimoni di kotak komentar ya tetep aku tampilin (asalkan bahasanya sopan dan ngga marah-marah hihi).

Intinya, perkembangannya emang seputar pengalaman orang-orang menggunakan glutera doang. Btw, kalo mau baca-baca tentang pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan produk ini juga bisa digoogling kok :D

Semoga membantu ya ^^;

Reply
avatar
26 September 2013 17.07 delete

hehehe.. dari awal produk ini keluar aku uda ngerasa konyol ama yg percaya "made in Japan" nya :p udah ditanyain ke yang jual malah marah2 dituduh macem2.. *sigh*

Reply
avatar
12 Oktober 2013 21.54 delete

Keren banget infox mbak....sbnrx pengen banget nyobain Glutera, tp pas lg nyari2 infox ttg manfaat dan side effectx eh, dapat ulasan ini hehehee.....yah, mending sy tungguin aja kehalalanx dr MUI, BPOM sdh ada kan?

Reply
avatar
24 Oktober 2013 00.25 delete

terakhir cek sih belom, cmiiw :D buat follow up sertifikat halal coba cek di http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/ceklogin_halal/produk_halal_masuk/1309

Reply
avatar
3 November 2013 23.25 delete

Mbak liat postingnya jadi takut alnya sudah hbis 3 paket sendi2 kerasa ngilu.gmn mbak ya lo udh trlnjur minum,kira2 apa yang bikin bdan saya ngilujd nyesel konsumsi itu

Reply
avatar
3 November 2013 23.50 delete

maaf banget mba, saya kurang tau ^^; coba dicek apakah yg mba konsumsi adalah produk yang asli atau bukan. Untuk lebih jelasnya tanyakan ke customer care glutera aja. kalo keluhan berlanjut coba konsul ke dokter.

Reply
avatar
8 November 2013 22.29 delete

Glutera itu -> Glutathione Precursors.
alias bahan baku untuk memicu tubuh memproduksi glutathione.

memang ada beberapa iklan yang disampaikan sama yang jual glutera, tidak sesuai / kurang pas.

1. GLUTERA - Glutathione Precursors
2. Glutera sudah dinkes / bukan depkes
3. Glutera sudah BPOM dan sekarang sedang proses MUI
4. Sabun dan Lotion Glutera sedang proses BPOM, jadi untuk sementara waktu sabun dan lotion nya tidak dijual, sebelum selesai proses BPOM.

alhamdulillah GLUTERA sudah BPOM setelah lebaran kemarin. dan sekarang serbuk glutera sedang proses MUI.

Reply
avatar
10 November 2013 00.42 delete

Makasi yaa infonya :D
btw, sabun dan lotionnya udah kedaftar BPOM kok :D
ntar kalo sertifikasi halal MUI udh keluar aku update postingannya :D

Reply
avatar
10 November 2013 09.03 delete

Alhamdulillah...
Minuman Serbuk GLUTERA sudah mendapatkan sertifikat HALAL MUI
No. 07120019081113

Reply
avatar
13 November 2013 00.37 delete

iya, terima kasih infonya :D
izin capture komennya :D sudah saya update infonya di postingan.

Reply
avatar
12 Desember 2013 12.18 delete

saya salah satu korban..stlh minum glutera 4 bulan (uang abis 2 jt lebih) hasilnya NOL BESAR :(
skrg hrs lbh hati2..jgn mudah termakan iklan n testimoni org2..bnr2 kebohongan publik.

Reply
avatar
22 Desember 2013 19.38 delete

Aku orang Malang say... dan skrg tau bagaimana asal usulnya glutera.. awalnya sempat kepincut pengen cobain, tp aku browsing2 dulu cari2 info... tp banyak aku temukan "keanehan", antara lain: katanya dr canada atau jepang tp web nya indonesia smua...testimoninya dr org2 yg memang sudah cantik dr awalnya... ternyata oh ternyata, memang MLM glutera ini di buat di Malang, dan produknya gak jelas jg dr mana...dan dikemasnya di Malang sini... tempat dan tasnya itu buatan Malang sini... diragukan banget dah pokoknya... Mereka gembar-gemborka ttg Glutathione yg gak jelas juga apa bener2 ada dlm kandungan Glutera.. kalopun ada, yg pasti itu sintetis dan gak bagus u/ tubuh manusia... aku pernah jg ketemu korban konsumen glutera yg telat gak minum glutera 4 hari aja, wajahnya jd serem.. menghitam... naudzubillah... tp kasian jg banyak org2 yg percaya produk itu bagus, pdhl produknya gak jauh beda dengan kopi mocca seharga 2500...

Reply
avatar
19 Januari 2014 18.53 delete

Terimakasih atas informasinya. Karena penasaran saya nekad konsumsi Glutera ini. Alhamdulillah...sejak konsumsi Glutera Juli 2013 hingga sekarang efeknya sangat baik...efeknya tdk instant (efek ke kulit hanya salah satu efeknya, dan baru tampak bila proses 'detoks' dalam tubuh berkurang)..dan secara teori penjelasan mereka logis...bahkan bbrp teman dokter juga telah mengkonsumsi.

Reply
avatar
20 Januari 2014 15.18 delete

Hi Mba Hanni,
BLOG kamu LAYAK diacungin jempol karena BERMANFAAT banget and aku SETUJU banget ama QUOTE kamu yang bilang "JADILAH KONSUMEN YANG PINTAR" and thats true..SALUT banget sama postingan kamu yang ngulas semuanya secara DETIL dan TERPERINCI sekaligus KAGUM banget ama kamu dalam menjawab pertanyaan pro dan kontra dengan postingan kamu.. Aku sempet tergiur dengan produk glutera dan aku cari cari di googling ketemu blog kamu yang bermanfaat ini.. Setelah membaca semua blog kamu hingga ampe kebawah dan melihat beberapa orang yang mengeluhkan tentang pemakaian glutera jadi mikir mikir mau pake =D .. Sekali lagi thank you so much buat postingan blog kamu and benar benar bermanfaat.. Aku dukung kamu untuk terus update blog kamu biar semua wanita INDONESIA jadi KONSUMEN yang PINTAR sebelum membeli..

Reply
avatar
21 Januari 2014 02.53 delete

Hai juga Maria Felicia :D salam kenal ya
sama-sama ya hehehe :D makasih banyak dear....

Reply
avatar
21 Januari 2014 14.59 delete

Yess. Setuju banget.

Tidak ada yang instan , Hanya gunakanlah produk-produk yang telah mendapatkan izin dari BPOM , agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan .
Mungkin pernah beberapa logika kita untuk mencoba produk ini, namun dalam hal ini demi kesehatan yang merupakan aset masa depan, maka diperlukanlah kemampuan berfikir secara rasional.

#Girls, percayalah tiada yang lebih indah selain dirimu yang memiliki hati yang tulus dan ikhlas .#

Reply
avatar
24 Januari 2014 00.46 delete

Alhamdulillah melalui perantara glutera kami sekeluarga bisa berbagi manfaat dengan orang2...memang byk yg sirik dgn glutera dan disadari tdk ada sesuatupu di dunia ini yg sempurna...dari pengalaman kami byk sekali manfaat yg kami terima maupun manfaat yg didapatkan orang lain shg kesimpulan sy adalah jika blm pernah mencoba jgn bilang produknya ga baguslah,yg ga jelaslah dll..pdhl testimoninya begitu byk dan jelas2 skrg sbg trend setter..thx

Reply
avatar
5 Februari 2014 10.50 delete

Hai mbak hani, salam kenal ya :)
Postingannya bermanfaat banget, ini nih yg sering dibroadcast bbm pagi2 ke bbku. Sempet penasaran sm si glutera ini tp harganya bikin mimisan dengerny doang haha. Untung ad temenku yg udh coba dan bilang bener2 g ad efek putihnya, aku rasa ini sugesti2an aja klo emg ad yg blg putih. Untung aku ga beli, klo iya keluarlah padangku, ngamuk2 ke sellerny klo g ngefek -_-'
Mampir2 ke blogku jg ya mbak www.anneshajunkies.com :)

Reply
avatar
5 Februari 2014 16.16 delete

Mbak may rosy setauku kulit itu harus dirawat , cos gak ada tanaman subur dan bunga yang indah tanpa dipupuk dan disiram . Banyak produk prwtan herbal kok yg harganya memang notabenx lebih mahal , atau bsa coba seperti SKII atau pasjel (produk tailand) smuanya perawatan dri luar karena menurutx saya lbih prefer prwtan dri luar dri pada dri dlam , klo dri dalam bnyak konsumsi buah n sayur terutama buah jambu biji merah untuk meningkatkan colagen . Thank u just suggest ^,^

Reply
avatar
6 Februari 2014 11.59 delete

glutera aman kok...
ini linknya bpom
http://www.pom.go.id/webreg/index.php/home/produk/all/row/10/page/0/order/4/DESC/search/2/glutera
tenang aja... kalau putih memang proses nggak instant tapi untuk kesehatan top markotop..
saya yang sering masuk Rumah Sakit jadi tidak pernah sama sekali... saya yang gampang capek jadi kuat dan tidak pernah capek...
Banyak yang syirik dengan glutera karena keberhasilan glutera... jadi jangan gampang terpengaruh.. coba dulu 10paket baru comment.... oke

Reply
avatar
8 Februari 2014 02.39 delete

iya mba Dessy sayang,
udah lama kok postingan ini diupdate kalo gluteranya terdaftar di bpom ;)
have a nice day ya mba cantik dan baik hati :D

Reply
avatar
9 Februari 2014 23.21 delete

Hai mba,postingannya bgus bgt.stlh sy baca2 smua komen2 akibat dr postingan dr mba hani.sy rasa tdk ada satupun dr postingan mba hani yg menjatuhkan glutera.atau syirik dg hasil dr glutera yg top markotop itu.sy rasa blog ini hanya teguran utk smua seller,supaya jelas ngejualin produknya.jelas produsennya,jelas tmpt produksinya,jelas perijinannya.jd gak ngerugiin org aja.kasihan kan?jd kan enak kl sema jls.sama2 untung.yg jual jg untung,yg beli jg untung.wjrlah kl konsumen ragu krn byk produsen2 yg tipu2.smuanya kl jelas kan nyaman n aman..jd kl ada yg blg postingan mba hani hy mnjatuhkan glutera,ato syirik dg kebersilan glutera,sy rasa mereka krg bijak deh nanggapinya,atau gak teliti mgkn baca postingannya dr awal sampai akhr..=D.skali lg gak ada slhnya kok hati2 dg produk2 zaman skrg.bhkan produk trkenal pun.krn tubuh kita adalah harta yg pling brharga.

Reply
avatar
10 Februari 2014 01.27 delete

Betul cekalii, tubuh kita harta yang paling berharga, karena di situlah satu-satunya "tempat tinggal" kita hehehe :3 Thank you for stopping by, dear :D

Reply
avatar
25 Februari 2014 08.56 delete

Dear Mb Hani,

Seneng banget baca Blog anda...sangat cerdas dan kritis juga bermanfaat buat orang - orang yang males cari informasi detail seperti saya hehehhe... Saya sudah mengkonsumsi Glutera sekitar 8 sachet @1 sachet 2 hari sekali, saya berani mengkonsumsi setelah ada ijin BPOM danMUI .Sebelumnya tulang - tulang saya sering nyeri tapi sekarang udah ga lagi, nyaman untuk beraktifitas. Kalau masalah kulit putih, itu khan sudah karunia Allah yah.....bukan jadi tujuan minum Glutera. Cuma mungkin karena banyak orang pengen berkulit putih maka iklan di website Glutera banyak mengupdate kulit jadi putih. Kalau saya pribadi mengakui, iya memang jadi lebih bersih bukan putih. Jadi sebaiknya memang mengkonsumsi adalah untuk menjaga kesehatan, bukan karena termakan iklan...kalau emang ga ada efek atau manfaatnya.....ga usah mengkonsumsi karena ga semua orang cocok dengan produk tertentu. Salam yah Mb Hani.....

Reply
avatar
25 Februari 2014 15.16 delete

Dear Yusuf Farrel ^^

Hihihi soalnyaa jualan dengan target wanita emang paling ampuh pake embel-embel kecantikan (pemutih, pencerah, dkk) (^-^)b salut buat Anda yang jadi smart buyer
Makasih yaa :D semoga bermanfaat
Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh (^o^)/

Reply
avatar
10 Maret 2014 10.52 delete

Nomor Registrasi : MD 867013001850
Tanggal Terbit : 31-07-2013
Diterbitkan Oleh : Registrasi Produk Pangan Direktorat Penilaian Keamanan Pangan
Produk Makanan & Minuman
Klasifikasi Produk : Pangan Fungsional
Nama Produk : Minuman Serbuk Cokelat
Merk : GLUTERA
Kemasan : Kemasan Ganda (75 g /5 sachet @15 g)
Pendaftar : PT MANDALA CAHAYA SENTOSA - Sidoarjo

Pertanyaan saya adalah nama produk Minuman Serbuk Coklat merk GLUTERA ? Bisa dong saya buat produk yang isinya serbuk coklat biasa lalu saya kasih merk GLUTERA ? ( Kebetulan blm ada yg mem"patenkan" merk ini u/ produk serbuk coklat kemasan ). Dikasih merk GLUTERA seolah-olah serbuk coklat tersebut mengandung GLUTERA.

Reply
avatar
7 April 2014 09.08 delete

Hai Hanitis...
Salam kenal... review dong produk PT Moment Indonesia (Glucogen, Teragen, Biocell, dll)
Thanks ya

Reply
avatar
16 April 2014 20.40 delete

Hai..mbak thx banget atas infony ini sangat membantu.hampir saja aku tersesat krn krbanyakan baca forum fd.oya btw ada info tentang produk nutrimax ga sis? Lagi nyari vit yang mengandung gluthation tapi semua membinggungkan.ada saran mbak? Thx banget ya

Reply
avatar
17 April 2014 00.12 delete

nutrimax itu kayaknya udah aku sebutin di komen sebelumnya, selebihnya aku ngga tau ^^;

btw, komen kamu yg masuk ada banyak ya :D sekalian respon yg satunya... sebenernya kalo asupan gizi kita udah bener, ngga gitu butuh suplemen. minum teh hijau tanpa gula, minum air putih snggaknya 8-10 gelas sehari, makan sayur, minum jus wortel/tomat/dll juga bagus asal telaten meskipun hasilnya ngga instan.

suplemen yg ngandung gluthation ato prekusornya itu banyak, tp aku kurang tau merknya apa aja. coba cek drugstore kayak kimia farma pusat, guardian, watson, dll. btw, dulu banget aku pernah konsumsi suplemen nutrafor white beauty (coba googling, banyak reviewnya), belakangan aku cek ingredientnya ngandung L-gluthation. dari segi harga juga lebih terjangkau. jadi, kalo ada yg ngeklaim gluthation itu zat yg baru masuk Indonesia itu kurang tepat ^^;

sama-sama >.< maap ya kalo ngga ngebantu

Reply
avatar
23 April 2014 12.48 delete

ngikut nimbrung, aku pernah coba glutera, paket pertama habis, ga ngefek nambah paket kedua, ga habis, ngerasa ga ngefek aja, trus yg bikin makin ga yakin adalah sabunnya, ternyata sama persis tekstur dan baunya dengan sabun leivy yang goat's milk itu, ja di ilfeel deh ama ni produk.

Reply
avatar
30 April 2014 16.51 delete

Glucogen dong sis cari tau...

Reply
avatar
1 Mei 2014 07.08 delete

coba tanya langsung ke BPOM sis :D

Reply
avatar
12 Juni 2014 07.49 delete

Mbaak.. Coba di share donk kalo produk glucogen itu gimana. Saingannya glutera ya kayaknya. Soalnya friend bbm ku pd jualan glucogen .. Dan agak ragu aja.. Masak iya ada suplemen seajaib itu.. Yg tadinya berobat ke dokter ga sembuh trus minum itu jadi woww.. Aq ga ngerti sih soal ijin bpom dll nya gmn.. Cuma excited sekaligus ragu aja ada suplemen kayak gitu. Produknya M*ment ya kalo glucogen itu. Plis kalo ada info ya.. Makasih.. :)

Reply
avatar
13 Juni 2014 01.05 delete

Aku udah gamau bahas ginian lagi sis hihihi. Soalnya gampang aja kalo mau dicek, coba tanya langsung ke BPOM. BPOM udah open banget buat ngasi kita kontak via email, telp, maupun sms. Kalo nomor registrasi disertakan, cek aja langsung di website pom registrasi :D selama belum kedaftar, mending gausah pake.

Jangan sungkan buat nanya langsung ke BPOM, krn aku pun kalo ngecek produk ke pomregnya kok. bisa diakses online dan selalu diupdate :D
http://www.pom.go.id/webreg/

Bedakan antara pangan fungsional dan suplemen. Suplemen itu bentuknya ekstrak dan diisolat. Makanya pake dosis. Kalo mo cari suplemen yg ngandung glutathion itu banyak juga kok yang udah lebih dulu resmi beredar di Indonesia, dijual di kimia farma ato drugstore lainnya :D banyak lho suplemen lain yang recommended dan reviewnya bagus2 ^^

Reply
avatar
17 Juni 2014 12.02 delete

Assalammualaikum mba hani. Tolong dong info lngkap tentang kyusoku bihakku.

Reply
avatar
17 Juni 2014 18.54 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh
coba browsing di female daily :D udah sering banget dibahas di sana karena beberapa taun lalu sempat populer sebagai suplemen kulit ^^ maap kalo ngga membantu

Reply
avatar
28 Agustus 2014 16.59 delete

Ass mba haniii terimakasih banyak atas post nya sangat menyelamatkan saya, sampai saat ini ada info lanjut ttg glutera mba? Apa glutera sudah aman? Jika tidak terlalu aman suplemen apa yg harus saya konsumsi karna saya tidak suka sayur dan jarang makan buah alhasil kulit saya kering dan membutuhkan suplemen, apa mba punya solusi?

Reply
avatar
28 Agustus 2014 18.29 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh
oalaaah saay, aku malah baru baca komen kamu xD tapi aku udh bales emailmu heheheh
kita ngobrol di email ajaah :D

Reply
avatar
9 Oktober 2014 14.46 delete

Hai kak, td sempet baca postingn komen nya, kalo produk sudah berstandar GMP , BPOM , dan perusahaan juga memiliki sertifikat SIUP, dan SIUPLT itu gimana menurut kakak? makasih

Reply
avatar
12 November 2014 22.49 delete

Hai juga, gimana apanya? hehe

perlu diketahui sekarang BPOM udah pake sistem pengawasan post market. Jadi registrasi dan izin pemasaran produk dipermudah, ntar diawasinnya setelah produk udah beredar di masyarakat. kalo banyak keluhan, trus dicek ternyata ada yg ga beres baru ditarik cmiiw. sekarang produk yang beredar udh jadi tanggung jawab perusahaan. jadi, simpulin sendiri hehehe, maaf kalo ga membantu >.<

Reply
avatar
Komentar baru tidak diizinkan.