Red Wine Vinegar (Cuka Anggur Merah) For Skin

Hello sugar :D

Postingan ini sebenernya udah aku publish dan beberapa bulan kemudian sempat aku balikin ke draft. Sekali lagi, ini postingan lama, yang aku update yah ^^ Supaya pembaca juga bisa belajar dari kesalahanku hehehe.

Pertama, vinegar atau cuka terlalu asam untuk kulit. Jadi, beware, terutama buat tipe kulit kering, it's a big No No.

Kedua, red wine vinegar asalnya dari red wine yang memabukkan, walau alkoholnya udah jadi acid (kalo diliat sih masih ngandung alkohol 0,14%) tapi kalo asalnya dari khamr tetep ga boleh (haram), termasuk apple cider vinegar [link 1] [link 2]. 

Sebelumnya aku lebih sering pake red wine vinegar ini buat ngerawat jerawat. Karena buatku masih "abu-abu", akhirnya aku ngga pake lagi. Mungkin kalo ada temen-temen yang paham bener masalah halal atau ngganya bahan makanan haram buat perawatan kulit, bisa dishare di kotak komen. Makacii :3

***

Red wine vinegar alias cuka anggur merah ini merupakan bahan dapur yang sering dijadikan obat dan membantu penyembuhan sejak jaman dahulu. Cuka anggur merah kaya akan polyphenol yang dikenal sebagai antioksidan. Nah, antioksidan itu fungsinya untuk menetralisir radikal bebas, mencegah kanker, tanda-tanda penuaan dini, dan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Cuka anggur merah juga mengandung catechin, flavanoid, quercetin, dan reservatrol. Catechin dapat mencegah kanker, quercetin dapat mengurangi alergi, dan reservatrol dapat melindungi diri dari serangan jantung. [link]

Red wine? Mengandung alkohol dong?
Dalam proses pembuatan (fermentasi, rekayasa) red wine vinegar (cuka anggur merah), alkohol dalam red wine berubah menjadi acid. 

Manfaat cuka anggur merah
♥ Buat masak.
♥ Pencegah kanker, diabetes, dan serangan jantung.
♥ Membantu diet.
♥ Mengeringkan jerawat.
♥ Meredakan perih akibat disengat serangga dan paparan terik sinar matahari (sunburn).
♥ Meredakan gatal-gatal.
♥ Mengatasi ketombe (digunakan di kulit kepala).
♥ Astringent untuk pori-pori dan mengontrol minyak wajah.
♥ Mencerahkan kulit.

500 ml. Harganya sekitar Rp 30.000.
 Biasanya ditempatin di rak bagian cuka dan mayonais.

Bagaimana cara menggunakan red wine vinegar untuk kulit?
♥ Supaya aromanya ngga terlalu tajam dan ngga celekit-celekit di kulit, cukanya dilarutkan di air mineral. Perbandingan yang biasa aku gunakan adalah 1 : 6. Satu sendok cuka anggur merah, enam sendok air mineral. Takarannya tergantung selera ya. Aku menghindari sensasi celekit-celekit, makanya airnya aku banyakin. 



Cuka anggur merah setelah dilarutkan dengan air mineral.

♥ Aku ngga celupin kapasnya ke dalam wadah larutan cuka anggur merah. Aku lebih suka membasahi kapas dengan menggunakan sendok.


♥ Tepuk-tepuk lembut atau oleskan kapas yang telah dibahasi larutan cuka anggur merah di kulit wajah. Kalau aku biasanya cuma pake di t-zone (dahi, hidung, dagu) atau spot yang sedang mengalami jerawat.


#FYI
♥ Kunci menggunakan cuka (dalam konteks perawatan kulit) adalah dilarutkan dengan air. Larutkan dengan perbandingan air dan cuka anggur merah yang sesuai level toleransi kulitmu. (^^) Dicoba-coba aja, perbandingan berapa yang paling oke di kulitmu. 

♥ Untuk mencegah penyakit, cuka anggur merahnya bukan diminum glek-glek-glek langsung gitu karena dapat mengganggu organ pencernaan. Soalnya asam banget kalo diminum langsung ngga dilarutin. Kasian tenggorokan dan perut kita. (-,-) Cara mengonsumsi yang baik adalah dengan memasukkannya dalam menu makanan yang sehat, misalnya salad.

♥ Cuka dikenal mampu mencerahkan dan membuat kulit jadi terlihat glowing. Jerawatku juga cepet kering. Selain itu, cuka anggur merah merupakan astringent alami, jadi dapat mengontrol minyak di wajah.

♥ Hasil untuk setiap orang bisa berbeda.

Thanks for reading Love you All

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
16 Maret 2013 00.20 delete

baguz bgt...
sayangnya ditempatku gak ad yg jual....);

Reply
avatar
16 Maret 2013 14.07 delete

Waaa...
Kalo aku biasanya beli di hypermart. Di gelael juga jual bahan-bahan masakan yang unik-unik kayak gini.

Reply
avatar
30 Maret 2013 12.14 delete

hai makasih infonya, ngomong-ngomong kamu lebih suka pake grapeseed oil atau red wine vinegar untuk perawatan kulit? mau coba tapi bingung hehehe

Reply
avatar
30 Maret 2013 13.29 delete

hai juga, salam kenal :D
Aku pake dua-duanya, tapi lebih sering pake grapeseed oil xD hehehe

Reply
avatar
17 Mei 2013 01.16 delete

Cara shift2an pakenya ma grapeseed oil gimana, jeng? Untuk muka juga sebelum tidurkah yang red wine vinegar ini?

Reply
avatar
17 Mei 2013 03.47 delete

Hai Irene :D salam kenal yaa

Kalo larutan red wine vinegar ini lebih sering aku pake buat mandi (3-5 hari sekali) dan pas jerawatan aja say (ditepuk-tepuk pelan di spot yang berjerawat, siang ato sore biasanya, malemnya aku pake krim obat jerawat) ^^; Yang aku pake tiap hari itu grapeseed oil (sebagai pembersih sebelum cuci muka)

Reply
avatar
29 Mei 2013 12.07 delete

*manggut2....

red wine vinegar patut dicoba niey.... klo dibandingin sama cuka apel gimana???

Reply
avatar
29 Mei 2013 15.48 delete

kalo ga salah inget cuka apel lebih asam dibanding cuka anggur merah sist :D

Reply
avatar
3 November 2013 10.17 delete

kak, saya mau tanya, apakah penggunaan red wine ini halal? soalnya saya pernah membaca info dari MUI , dikatakan kalo wine untuk masak itu termasuk khamr..

Reply
avatar
3 November 2013 23.57 delete

seperti yg udah aku bahas di paragraf pertama, walau ini cuka, tapi karena berasal dari sesuatu yang memabukkan, jadi sebaiknya ga dicampur dalam makanan muslim, wallohualam cmiiw. aku ngga tau hukumnya jika digunakan di kulit (sebelumnya aku pake buat jerawat ^^; sekarang udah aku hindari)

Reply
avatar
14 Juni 2016 13.12 delete

Halo, setau aku sih hukum memakai skincare yang mengandung alkohol sama dengan hukum memakai parfum yang memakai alkohol, insya Allah diperbolehkan, karena alkohol di situ tidak membuat mabuk (pake parfum mengandung alkohol kan nggak membuat mabuk hehe).

Reply
avatar
15 Juni 2016 06.18 delete

Jazakillah ^_^ terima kasih banyak feedbacknya. Nanti saya coba baca-baca tentang alkohol dalam kosmetik juga hehe.

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon