Perawatan & Skin Care Berbahaya

Beberapa bulan terakhir, aku sering ditanya, "Mukamu kok bersihan sekarang. Pake apa?". Sebenernya ngga bersih-bersih amat yaa, masih banyak bekas jerawatnya. Tapi memang much betterlah setelah sempat break out jerawatan.

Kalo sudah ada yang nanya kayak gitu, biasanya aku jawab panjang lebar hahahaha. Biasanya, setelah jelasin perawatan yang aku jalanin, komentar yang aku terima adalah...

"Ya ampun repot banget yaa ternyata... Yaudah deh aku ke xxxx skin care aja kali yaa... Biar ngga repot dan kayaknya hasilnya juga cepet tuh,"

"Itu hasilnya cepet atau lama? Kalau yang sebulan kurang udah keliatan hasilnya, pake apa ya Tis?"

"Aku ngga sabar ngobatin jerawat. Prioritasku cuma pengen muka putih."

Setelah mereka ngomong kayak gitu biasanya sih aku bawelin hahaha. Aku jelasin ini itu kalo kulit kinclong ngga bisa didapat secara instan. Butuh proses, waktu, tenaga, dan duit (untuk yang kulitnya bermasalah dan butuh extra treatment). Cepat atau tidaknya hasil perawatan juga tergantung metabolisme tubuh, kondisi kulit dan lingkungan masing-masing. Jadi, mau kulit kinclong dan mulus ya mesti sabar dan telaten.

***

Aku sering banget ketemu moment dimana seseorang atau sekolompok cewe-cewe yang cuma bisa menatap iri cewe lain, penasaran, dan kemudian malah komentar ngga enak kayak...

"Ih, gila ni cewe pesolek amat. Keluar duit segitu banyak, lebay perawatannya..."

Perlu diketahui, tipe kulit tertentu (kulit yang bermasalah) emang butuh perawatan lebih dibanding kulit normal. Apalagi yang perlu kontrol dan dapet treatment khusus (yang jerawatnya mesti disuntik, dapet resep antibiotik, dll) dari dokter spesialis kulit.

"Ngga apa-apa deh kucel, yang penting pinter dan punya personality yang oke. Percuma cewe cantik mulus begitu, tapi otaknya ngga ada. Taunya cuma ngabisin duit."

Gini... kalau pengen kulit mulus ya usaha. Perawatan memang ribet. Tapi ngga bakal terasa ribet kalau dinikmati. Sadar bahwa menjaga kecantikan luar dalam itu perlu.

Salah satu manfaat perawatan adalah untuk mencegah penuaan dini.

Pernah lihat cewe umur 25 tahun tapi kulitnya seperti umur 30an tahun? Atau yang umur 30an tahun, tapi kulitnya kencang seperti gadis umur 20an tahun. Begitulah, perawatan berguna untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit kita.

Perawatan ngga melulu mahal dan boros kok, bahan-bahan seperti kunyit, madu, oatmeal dan lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kulit kita. Yang penting telaten dan sabar. Karena yang instan-instan itu ngga selamanya aman.

***


Kemarin aku sempat browsing tentang testimoni pengguna krim yang berbahaya. Ciri-ciri krim tersebut mengindikasikan adanya kandungan merkuri. 

Ingat! Merkuri yang diolesin ke kulit itu akan terserap masuk ke tubuh, mengalir dalam darah, dan susah banget keluar melalui urin dll karena merkuri itu logam berat. Jadi, walaupun berhenti pake krim bermerkuri, kandungan berbahaya dalam krim tersebut itu ada yang tetep stay di tubuh.

Efek samping krim yang mengandung merkuri : perubahan warna kulit, bintik hitam, iritasi, kemerahan, kerusakan permanen susunan kulit, syaraf, otak, ginjal, dan gangguan perkembangan janin.

Awalnya membuat kulit tampak putih dan sehat, tapi sebenernya merusak kulit dan kesehatan. Pemakaian jangka panjang membuat kulit semakin tipis dan tidak dapat memberi perlindungan dari paparan sinar matahari. Krim bermerkuri juga dapat menyebabkan kanker kulit, kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru-paru, dan jenis kanker lainnya.
Sumber gambar dari akun facebook Misteri Krim Syahrini dan lainnya [link 1] [link 2] [link 3]. #FYI Syahrini ngga ada sangkut pautnya dengan krim ini. Nama "krim Syahrini" adalah akal-akalan produsen yang mencatut nama selebritis populer.
Diklik ya linknya, biar kamu bisa baca lebih banyak langsung dari sumbernya.






Pertama kali baca testimoni-testimoni tersebut rasanya sedih, miris, marah, kaget, speechless... Campur aduk pokoknya.

Masih mau pake yang instan-instan? Jangan yaaa... Sayangi diri dan calon baby kita :'( Bagi yang sedang merencanakan kehamilan dan sedang hamil, sebaiknya konsultasikan produk skin care yang kita gunakan ke dokter. Kalo muka kusam dan jerawatan karena hormon selama hamil ya disabar-sabarin aja. Yang penting janin atau baby kita berkembang dengan baik dan terlahir sehat.

Yuk marii dicek lagi keamanan skin care yang kita pake. erawatan dengan bahan-bahan yang aman emang progresnya ngga secepat merkuri, tapi lebih sehat dan hasilnya tahan lama. Kalau ada teman atau keluarga yang pake krim berbahaya, ga jelas, dan abal-abal, sebaiknya dibujuk untuk berhenti secepatnya.

Jangan gampang terbuai iming-iming kulit putih. Bijaklah memilih produk skin care. Kulit mulus itu butuh proses dan kesabaran. Cantik itu ngga semata-mata tentang putih. Kalo kulit kita bersih dan sehat, maka akan terlihat glowing cantik dengan sendirinya ;)

Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

40 komentar

Write komentar
7 Maret 2013 23.14 delete

aduh sist sumpah serem banget baca misteri krim syahrininya.
dulu kan banyak bangeeet yg jual di BBM. untung saya engga pernah coba.
nd suka banget sama post-an ini. membuka pandangan tentang perawatan kulit.

Reply
avatar
8 Maret 2013 00.02 delete

Iyaa sis, sedih banget bacanya :'(
Sekarang emang lagi booming keluhan-keluhan efek dari krim berbahaya. Banyak juga seller yang malah balik marah-marah karena testimoni seperti ini tersebar luas di socmed. Menurut para seller krim bermerkuri, testimoni kayak gini nutup pintu rejeki mereka. Padahal krim bermerkuri yang mereka jual udah "ngerusak" orang lain. Giliran konsumen komplain ngga ditanggepin, didelete contact, atau diblock.
Sepertinya kesadaran dan pengetahuan tentang skin care yang aman di masyarakat kita emang masih kurang :(
Makasih udah mampir sis :D

Reply
avatar
14 Maret 2013 18.43 delete

Ahaha.. aku senyam2 aja baca postinganmu yg ini dear... tapi ya gimana lagi, masih banyak cewek yg mikir kayak gitu.. 'gapapa deh kucel awut2an asal baik hati pinter gak sombong'... lha, apakabar first impression? lol

trus... emang betul kata kau, say... perawatan kulit gak bisa disamain antar kulit si a si b... Ada yang kulitnya sehat dgn hanya perawatan simple ada yang ribed beud biar kulitnya gak rusak... kayak aku nih, bener2 ini itu perawatannya, biar ngejaga stabilitas kulit aku... padahal pengen juga kayak yg laen cuma pake facial wash aja... huhuhu...

klo krim2 merkuri, gajebo, dan sejenisnya, asli udah buanyakk bgt yg pake mana gampang bgt yg make. Mirisnya, yang udah ngerti klo merkuri itu bahaya aja masih tetep mau pake, demi target tone kulit impian yang sebenarnya gak bisa didapet buat yg emang dr lahirnya udah gelap...
Jadinya emang kasian sama babynya... okelaaa... klo ada yg bilang: pakenya pas sebelum punya anak dong, ntar klo mau merit lepas aja... lah merkuri kan logam yg bs ngendap di tubuh, trus ntar pas hamil anaknya, anaknya bakalan tinggal di badan ibunya yang penuh dengan toxin... ow..ow... :D

btw, very nice post!! ^^

Reply
avatar
14 Maret 2013 20.32 delete

Setujuuuuu xD kesan pertama membentuk persepsi. Lebih lanjut, persepsi jelas akan mempengaruhi sikap dan penilaian seseorang terhadap orang yang lain.

Ngomong-ngomong, ibuku juga hampir pake krim yang katanya dari air liur burung apalah gitu :)) trus aku bawelin abis-abisan karena dari krimnya itu jelas banget tercium bau besi logam, warna krimnya mencolok, dan ngga homogen (ada lapisan minyaknya). Ibuku tetep ngeyel dengan alasan, "Sayang, udah terlanjur beli mahal-mahal," Harganya sekitar 100-200ribuan, katanya sih impor dari singapur. Padahal aku cek di toko online, ada yang jual 12ribu perak doang (grosir). Sebelnya, ortuku lebih percaya seller, daripada anak sendiri lol.

Tanteku juga ada yang menggunakan krim-air-liur-burung itu. Setelah dipake, tanteku mengeluhkan kulit wajahnya yang jadi menggelap (kalo bahasa tanteku, jadi kayak gosong gitu). Baru deh, ibuku percaya. Huuufff..

Iyaa.. Makasii ukhtii.
Makasi juga udah mampir dan berkomen di blog ini :D

Reply
avatar
11 April 2013 13.53 delete

Review juga dunk, tentang kandungan paraben (methyl paraben, propylparaben, butylparaben dll) pada produk yg kita pakai sehari2 (produk dg merk2 terkenal dan lolos BPOM).

Reply
avatar
11 April 2013 14.16 delete

Hello kalo bahasan tentang paraben, bisa kamu baca di
bijak menyikapi pro kontra paraben by BCQ (^^)

Reply
avatar
15 April 2013 22.18 delete

Waaaa,untung baca ini.
Sebenernya kmrn aku iseng2 beli meilibanheiling buat ngilangin bekas kena knalpot di tangan waktu kecil yg ngebekas ampe sekarang. Tp sblumnya aku google" juga n trnyata ada yg asli ama yg palsu. Eh waktu pesenanku nyampe trnyata yg palsu, untung sblumnya udh sempet googling. Hbis baca ini, ngga lagi deh nyoba beli barang-barang merek gajebo :x


thegirldays.blogspot.com

Reply
avatar
16 April 2013 00.37 delete

Hwaaaa... x(( emang mesti ati-ati beli produk yang beredar di internet. Soalnya banyak produsen dan seller nakal yang jual produk dengan bahan yang berbahaya.

Reply
avatar
29 April 2013 23.34 delete

klo saran dari aku supaya muka kita agak bersin dikit dan jerawat2 kempes... menurut pengalaman pribadiku aku selalu minum kunyit setelah PMS.. ya ampuh juga jerawat kempes, kulit jadi mulus dan bersih.. Ya selain membersihkan luar, kita jga harus membersihkan darah kotor didalam tubuh.

Caranya cukup beli kunyit, terus dikupas dan dipotong2, setelah itu siapkan blender dan diisi air (dikit aja airnya g usah banyak), kemudian kunyitnya td dimasukan ke blender, ditunggu sampai halus, klo udah halus kunyitnya disaring lagi pakai saringan. disini kita ambil air kunyitnya aja. tapi ingat sebelum diminum air kunyitnya jgn diminum langsung. tunggu 30menit dulu, sampai endapan kunyitnya muncul, sebab bisa buat rabun mata (katanya mbahku si) (^_^).

Reply
avatar
30 April 2013 00.27 delete

Hai Gita :D salam kenal yah

Waaa xD dapet ilmu baru. Kalo dulu jaman sma aku sempet rutin minum kunyit asem yg instan gitu xD Kalo sekarang perawatan dari dalamnya aku pake madu dan minyak zaitun :D

Makasih udah mampir dan ngasi ilmu yg bermanfaat xD

Reply
avatar
5 Mei 2013 18.09 delete

minyak zaitun anti diminum juga ukh :') udah hampir 2 minggu ga minum madu sama minyak zaitun heheeh kurang suka rasa minyak hehehe serem dah baca postingan ini

Reply
avatar
5 Mei 2013 19.38 delete

iyaaa :D aku juga lagi coba mengkonsumsi minyak zaitun yang extra virgin semingguan ini. Efek yang kerasa semingguan ini adalah bab lancaaar xD hahahahaha.

Iyaa :( emang serem-serem. Jadi pelajaran buat perempuan jaman sekarang dan kalo bisa sih ingetin orang-orang di sekitar kita juga kalo krim ga jelas itu bahaya banget :(

Reply
avatar
5 Mei 2013 21.07 delete

tuh aku masih ada setengah liter utuh minyak zaitun ku mau minumnya ga kiyeng ehheeh
jadi cantik yang bai itu seperti apa?

Reply
avatar
5 Mei 2013 22.08 delete

Aku belinya yang 250ml xD hehehhe

Kalo tentang "cantik" fisik, aku setuju dengan pendapat cantik itu relatif dan terawat itu mutlak. Menurutku semua cewe itu cantik :D tapi selera cantik itu subjektif banget, yang menurut aku cantik bisa aja menurut kamu biasa aja. Beda dengan cewe yang terawat (baca: kulitnya sehat dan bersih) dan good looking (rapi, bersih, tau mantes-mantesin pakaian dll) pasti selalu enak dipandang.

Tapi, ada yang lebih butuh "perawatan" extra, yaitu kepribadian. Gimana cara dia membawa diri, gimana dia membuat orang di sekitarnya nyaman, wawasannya, tutur katanya, dll itu lebih penting dari sekedar kemasannya dia. Ini note to myself juga hahahahaha.

Jadi-cantik-yang-baik menurutku yaa ngga cuma tentang fisiknya doang :D batinnya juga harus cantik hehehehehe... Percuma dong kulitnya terawat, good looking tapi ga humble, ga low profile, orang-orang ga nyaman dan males temenan sama dia, begitcuu.

Kalo cantikin fisik sih lumayan gampang. Tinggal telatenin beberapa treatment yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit. Sekitar setengah tahunan udah keliatan banget perubahannya. Kalo mau yang lebih cepat dan aman tinggal ke dokter spesialis kulit yang udah jelas kompeten di bidangnya (tapi mesti ngerogoh kocek lebih dalem heheheh). Trus pake baju-baju yang bersih, rapi, dan santun. Udah selese.

Cantikin hati yang rada-rada susah :D kuncinya ya belajar ikhlas, syukur, sabar, rendah hati (bukan rendah diri yaa). Tapi ada kalanya ego kita sendiri yang ngehambat kita untuk jadi pribadi yang lebih baik dan bisa berdamai dengan kekurangan, kecemasan, dan kejadian ga enak. Itulah yang kadang jadi bibit-bibit penyakit hati dan bikin org ga nyaman sama kita atau sebaliknya, kita ngga nyaman dengan diri kita sendiri :D

yaampun ternyata panjang ketikannya -____-

Reply
avatar
5 Mei 2013 22.12 delete

-___- oiya ada yang ketinggalan, jangan lupa treatmentnya pake skin care yang aman dan kedaftar di BPOM, jangan pake krim abal-abal yang mengandung merkuri. Kulit keliatan sehat tapi fisik kita ancur pelan-pelan.

Reply
avatar
6 Mei 2013 11.17 delete

aaaah kakak good looking iner and our :))
aku pakek sariayu kak,, baru pakek kemaren kemaren aku pakek sun blog wardah aja tp jerawat gailang ilang :)
ini udah mulai kering tp btw setiap aku habis pakek madu sama kayu manis ada rasa cekit2 kenapa yah ka?
apa karena scrub?

Reply
avatar
6 Mei 2013 12.59 delete

huahahhahahahahah kayu manis campur madu itu emang celekit-celekit paraaaah saaay xD aku kapok pake dua itu doang :D makanya aku tambahin pake tepung beras di ramuan masker itu... Ga celekit-celekit sama sekali lhoo :D ntar aku posting deh tentang masker jerawatku yg itu xD

sunblock wardah kan fungsinya sebagai tabir surya doang :| bukan untuk nyembuhin jerawat say... :D

Reply
avatar
6 Mei 2013 15.56 delete

iya kak ini aku lg mikir apa jangan2 karena sublogku udah 3 hari ini aku ga pekek hehe kali aja bisa tumbuh lagi tuh jerawat :( *ngarep banget* aku pedihnya kalau habis dicuci mukanya kak :)) ada cekit cekit gimana gt hehe aku udah ubek ubek yang kakak suruh baca diatasa tapi ga ketemu sangking banyaknya postingan hehe

Reply
avatar
6 Mei 2013 17.12 delete

iyaa yang kayu manis emang beum aku posting saay heheheh... kalo aku pake kayu manis dari mulai ditemplokin sampe selese cuci muka ya kerasa panas celekit-celekit gitu, ngga kuaat x)) mesti ditambah tepung beras biar ga celekit.

sunblock itu mesti dipake walo lagi ga jerawat say :D biar kulit terlindungi dari efek buruk UVA UVB, mencegah penuaan dini jugaa :D apalagi pas lg jerawat kulit bisa sensi sama yang namanya paparan sinar matahari heheheh :D

Reply
avatar
6 Mei 2013 18.07 delete

tapi kayaknya aku ga cocok sama brand wardah kak hihi ini udah 3 hari ga pakek mukaku ga benjolan jerawat lagi dan yang kemaren udah mau kering hihi kurang tau juga sih efek ga pakek sunblok apa kayu manis :D
aku kan orangnya ga berani coba brand macem2 maklum masih kecil 19 tahun heheh
kakak cocoknya pakek skin care apa??

Reply
avatar
6 Mei 2013 19.10 delete

Waaa kalo 19 tahun sih sepertinya emang ga perlu pake macem-macem :D misal ga cocok pake brand wardah, coba searching2 sunblock merk lain :D banyak kok merk sunblock yg bagus2 selain wardah kayak ristra, parasol, dll.

Kalo aku sih emang kayu manis tu ngefek banget buat ngeringin jerawat say :D

Aku sekarang pake serumnya hada labo, bersihin bb cream/bedak pake minyak biji anggur, cuci muka pake hada labo tamagohada, totolin bekas jerawat pake innisfree jeju clay mask, sama maskeran tiap malam (karena aku lagi pms) pake kunyit,madu,kayu manis, dan tepung beras :D kalo dari dalam minum minyak zaitun extra virgin 2 sendok teh sebelum tidur malam dan pas bangun pagi :D

Reply
avatar
6 Mei 2013 19.38 delete

aaaah kakak buseeet itu ga ada yang tau sama merk yang kakak sebutin :))
hihihi dan aku baru coba bran sariayu kak lumayan cocok tp kayaknya sariayu spf nya standar hehee
rekomed yg berani aku pakek cuma yang sudah ber MUI halal hehehe *maklum kak, kalau lulur kak rekomed dong :p

Reply
avatar
6 Mei 2013 20.33 delete

ristra kayaknya udah dapetin sertifikat halal juga sepertinya hehehe :D lulur wardah tuh bagus, tapi jaman dulu aku pake shinzui rutin juga hasilnya bagus, ngurangin belang-belang di kulit hehehe

Reply
avatar
6 Mei 2013 20.39 delete

apa yang harus kita pakek dulu kak sun block apa pelembab ga ngerti wkwkw
temen bilang katanya lulur bali bagus kak belum pernah nyoba si hehhe

Reply
avatar
6 Mei 2013 21.13 delete

lulur bali yang pernah aku coba yg sekar jagad dan herborist. itu pun rasanya beda, kayaknya lebih enak sekar jagad, tapi herborist lebih gampang didapat.

Kalo sekarang sih lulur bali udah banyak banget merknya. Aku ngga begitu suka soalnya lulurnya dikit hahahaha -,- trus gampang jamuran kalo ditaro sembarangan (mesti di kulkas).

Reply
avatar
6 Mei 2013 21.49 delete

hohoho iya dikit kak emang bener heheheh :p
cuaca tempat aku ini panas gila ehehee *maklum ana lapangn* curcol

Reply
avatar
7 Mei 2013 00.15 delete

oiya yg harus dipake itu pelembab dulu baru sunblock (tapi sekarang rata-rata pelembab udah ada tabir suryanya). Untuk di Indonesia dan untuk warna kulit khas orang Indonesia, tabir suryanya minimal spf 15 ato 17 dan ada label PA juga :D

>.< pake sunblock kalo aktivitas kamu seringan outdoor saay... di kimia farma ato toko kecantikan banyak tuh jual sunblock :D kalo yang sering direkomendasiin dokter sih merk parasol (bentuknya tube salep, belinya di apotik, harganya lupa 20 ato 30ribuan gitu).

Reply
avatar
7 Mei 2013 06.11 delete

itu bisa dipakek buat muka kan kak? kalau badan si insya Allah sedikit terpapar langsung sinar matahari soalnya kan berhijab heheh :)
aku emang suka yang direkomed sama dokter kak kayak bedk mark juga aman :) parasol di apotik banyak ya kak?

Reply
avatar
7 Mei 2013 11.33 delete

iyaa parasol yg tube kayak salep itu buat muka :D parasol banyak di apotik kok. Kalo orang yg kulitnya lagi bermasalah biasanya diresepin parasol juga untuk tabir suryanya :D

Reply
avatar
7 Mei 2013 12.08 delete

mhihihi oke kak nanti aku cari :)
kakak kalau maskeran pakek yang alami atau gimana?

Reply
avatar
7 Mei 2013 12.31 delete

iyaaa aku maskerannya pake kunyit, kayu manis, madu, dan tepung beras :D

Reply
avatar
14 April 2014 09.59 delete

kalo cream esther yang s dan m itu termasuk yang ada mercury nya ga ya??

Reply
avatar
14 April 2014 10.41 delete

Maaf aku ngga tau :D
coba cek merk di http://www.pom.go.id/webreg/
produk skin care bermerkuri biasanya ngga teregistrasi di BPOM karena membahayakan tubuh.

atau misal produk tersebut teregistrasi di BPOM, mending tanya langsung ingredientnya ke...
Unit Layanan Pengaduan Konsumen
Badan Pengawas Obat dan Makanan
Telp/Fax : 021-4263333
SMS : 021-32199000
Email : ulpk@pom.go.id

Reply
avatar
14 Juni 2014 22.05 delete

kak hanitis blognya memang bermanfaat banget.. aku sudah hampir baca semua postingannya dan keren juga bermanfaat banget postingannya. sampe sampe ak bookmark blog ini.. hehe :D

makasih banget kak infonyaa.. ^^

Reply
avatar
15 Juni 2014 00.44 delete

terima kasih ya :D senang kalo bisa bermanfaat

Reply
avatar
30 Desember 2014 12.08 delete

sangat menarik dan bermanfaat sekali postingannya,, hehe thanks ya

Reply
avatar
19 Maret 2015 12.17 delete

. assalamu'alaikum kak hani ^_^ ,, salam kenal aku vita .
. aku umur 21 thun kak InsyaAllah bulan 5 besok aku nikah kak ,, nah sempet 2minggu yg lalu aku coba" buat perawatan muka di klinik LB.... seminggu pakeg segala macem krim nya mukaku jadi agak merahan trus kusem gtu kak jadi ga aku terusin ,, aku dri smp sampeg skrg slalu setia sma pelembab pond's yg pink sma bedak nya marck's krim malam aku ga pkeg apa" kak jadi klo lama kelamaaan wajahku agak kusam gtu pngen sebenrnya cobag krim malam tapi stelah baca postingan kakak jadi takut ngeri sedih bgd baca postingan yg kenag sakit akibat krim bahan terlarang :'(,, aku juga takut mengganggu ksehatanku dan bayiku nantinya ,, setelah banyag googling ktanya pakai minyak zaitun diolesin tiap malam itu bagus kak ,, itu benran ya kak ? ga ada efek samping nya spt krim" terlarang itu ? bagi tips ya kak untuk perawatan kulit wajah biar terlihat mulus sehat berseri hihihihi aku pngen ngilangin flek hitam di muka kak :( ..


mkasih ya kak hanii ^_^

wassalamu'alaikumm warahmah :)

Reply
avatar
23 Maret 2015 09.24 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh
Halo Vita, salam kenal juga yaa :D
maaf banget baru bisa bales

waa alhamdulillah :D turut berbahagia, semoga lancar sampe hari H, langgeng dan samawa, amin amin amiiinn...

klinik LB ada dokternya? kalo ada dokternya coba sampekan aja keluhan ke dokternya. biasanya kalo krim dari dokter bikin kulit memerah itu karena ketebelan makenya cmiiw ya. kalo di bawah pengawasan dokter insya Allah aman, asalkan segala sesuatunya dikonsultasikan dan kudu rutin kontrol. wallohualam...

minyak zaitun emg bagus sih, tapi yg cosmetic grade. kalo yg extra virgin olive oil (yg bener2 murni) ada anjuran ga digunakan di wajah krn sifatnya comedogenic. kalo tertarik dengan minyak-minyakan, coba cek argan oil itu lumayan beken untuk mengenyalkan dan mencerahkan kulit. kayaknya sih (selama ngga ada reaksi alergi) aman-aman aja hehe.

tipsnya apa ya hahaha...
kurang-kurangin stres, tidur malam yg cukup, banyak minum air putih, telaten bersihin wajah, pake sunblock di siang hari, rutin scrub wajah 1-2x seminggu, maskeran, trus pilih perawatan (pelembab/serum) kulit di malam hari yg tepat buat kondisi dan kebutuhan kulit :D

kalo flek, ampuhnya pake melanox hidrokuinon 2-4%, beli di apotik, tapi yg 4% kalo ga salah pake resep dokter. misal klinik kamu ada dokternya, coba konsultasiin aja..

iya sama-sama :D semoga membantu yaa
semoga ntar jadi yg paling cantik berseri di hari pernikahanmu hhehehe :*

waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh :D

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon