My Hair Care Routine (Perawatan Rambut Rusak & Berketombe)

Sudah setahun sejak rambutku dipangkas pendek. Beberapa waktu lalu sempat bimbang, mau pangkas lagi atau dibiarin gondrong aja. *setel lagu: Trouble is a Friend*

Sebelumnya, aku males ngerawat rambut panjang. Soalnya rambutku rusak, gampang rontok, dan belakangan jadi ketombean pulak, euh. Sejak kelas 5 SD sampe jaman kuliah sekarang, rambutku udah berkali-kali dilurusin, dikeriting, dan diwarnain. Kebayang kan rambutku rusaknya kayak gimana. Tiap hari aku ngalamin bad hair day.

Tiap ke salon juga males banget. Mbak-mbak salonnya mesti komentar, "Aduh rambut kamu kok rusak gini cyiiin... Abis diapain ajaaahh? Ini bagusnya ditreatment blablabla sebulan 2 kali," bzzzzzz... ~(-,-)~

Masalah rambut yang aku alami...
♥ Rambut rontok dan patah-patah. Ini yang bikin aku rajin nyapu kamar tiap hari. (,--)
♥ Kulit kepala yang gatal dan berketombe.
♥ Rambut kasar dan susah diatur, tapi aku ngga mengalami rambut bercabang.
I have a wavy hair. Tiap bangun tidur, ombaknya ngga rata. ~(-,-)~
♥ Ngembang aneh. ~(-,-)~
♥ Rambutku kusam. Jadinya kayak rambut anak-anak yang suka maen layangan di siang bolong. ~(-,-)~


Oke, postingan kali ini tentang caraku ngurus rambut yang bermasalah. Awalnya mau rutin nyalon, tapi di daerah tempatku tinggal sekarang belum ada salon yang bisa jadi solusi ngerawat rambut rusak. Bilas shampoo dan conditioner aja rata-rata ngga bener-bener bersih. Salon yang bagus jauh, ribet kesananya (-,-) Jadi, aku putuskan untuk perawatan sendiri aja dulu.

Produk yang aku gunakan adalah TRESemme Deep Repair ShampooGarnier Neril Hair Tonic Anti-Dandruff Shield, dan Holika Holika Ultra Moist Purity 99% Aloe Soothing Gel. Brace yourself, Ini bakal jadi postingan yang panjang :')

Yang pertama kali aku lakukan saat mulai benar-benar merawat rambut adalah pasang mindset kalo rambutku bukan mahkota, bukan wig, bukan barang, melainkan bagian tubuh yang mesti aku rawat, jaga, dan terima (meski serusak apapun kondisinya). Dengan begitu aku ngga ngerasa "asing" dan ngga sebel dengan rambutku sendiri hehehehe.

***

Shampoo
Shampoo yang aku gunakan adalah TRESemme seri Deep Repair (untuk rambut kering dan rusak). Shampoo ini sudah aku gunakan sejak akhir Oktober 2012.

Deskripsi produk
Shampoo ini diperkaya dengan vitamin E, formulanya mampu menutrisi rambut secara optimal pada bagian rambut yang paling rusak (akibat penataan sehari-hari) untuk mempertahankan kekuatan dan kelembutan rambut. Rambut tetap sehat, halus, dan bercahaya seperti hasil perawatan salon.

Petunjuk pemakaian shampoo
Usapkan pada rambut yang basah, pijat hingga berbusa. Bilas hingga bersih. 

Belinya yang ukuran gedebokan hahaha.


In my opinion...
Sebelumnya aku udah coba shampoo khusus untuk rambut berketombe. Sayangnya ketombe ngga juga ilang dan rambut malah jadi kaku kayak ijuk (ngga lemes). Akhirnya aku ganti pake TRESemme Deep Repair ini. (^^)

Selama menggunakan TRESemme Deep Repair, rambutku jadi ngga ngembang aneh, ngga gampang kusut, lembut, halus, dan mudah diatur. Wanginya juga lembut dan tahan lama (bisa sampe dua hari). Sayangnya, mengandalkan shampoo saja tidak cukup (yayalah~). Shampoo ini ngga bisa ngatasin rambutku yang kering dan rontoknya ampun-ampunan kayak di sinetron.

Oh iya, aku sempat menggunakan conditioner TRESemme Deep Repair sampai Januari 2013 kemarin, tapi rambutku malah jadi lepek. Ngga cocok kali ya sama conditionernya. 

***

Memasuki botol kedua.
Hair Tonic
Untuk mengatasi kulit kepala yang gatal dan berketombe, aku pake Garnier Neril Hair Tonic Anti-Dandruff Shield.

Deskripsi produk
Garnier Neril Anti-Dandruff Shield merawat baik rambut maupun kulit kepala. Neril Anti Dandruff Hair Tonic membantu melindungi kulit kepala dari ketombe serta membuat rambut tetap sehat, kuat, dan indah. Efektif mengatasi dan mencegah masalah ketombe, masalah kulit kepala, dan gatal.

Konsetrat tumbuhan pilihan
Garnier Neril Anti-Dandruff Shield mengandung konsentrat tumbuhan pilihan nettle, chamomile, birch, wheat dan horsetail yang dipilih secara khusus untuk melindungi dan merawat pembuluh darah kapiler di kulit kepala. Dengan memberikan kesegaran dan merawat kulit kepala, konsetrat ini mengurangi ketombe.

Cara penggunaan
Perawatan
Pijatkan Garnier Neril Anti-Dandruff Shield ke kulit kepala setiap hari selama 3 menit. Garnier Neril Anti-Dandruff Shield dapat dipakai di rambut yang basah dan kering. Lanjutkan pemakaian secara teratur atau minimum 2 atau 3 kali seminggu.

Pencegahan
Garnier Neril Anti-Dandruff Shield dapat juga digunakan untuk mengurangi munculnya ketombe. Pijatkan Garnier Neril Anti-Dandruff Shield secara rutin pada kulit kepala, agar kulit kepala tetap sehat, dan rambut tampak indah dan tetap kuat.

In my opinion...
Sama seperti hair tonic pada umumnya, setelah memakai Neril kulit kepala jadi dingin semriwing. Memasuki penggunaan botol kedua, hasil yang aku peroleh kulit kepala jadi ngga gampang gatal lagi. Ketombe lumayan berkurang. Jadi, aku mau telatenin pake hair tonic ini sampe ketombe bener-bener bisa teratasi. Sejauh ini hasilnya memuaskan. Biasanya aku gunakan di malam hari sebelum tidur, setelah keramas, atau saat kulit kepala lagi gatal (^^;)

***

Pelembab rambut
Untuk mengatasi rambut yang kering, sebelumnya aku menggunakan vitamin rambut. Tapi karena ribet dan hasilnya juga ngga begitu bagus meski udah pake teratur, akhirnya aku pake Holika Holika Ultra Moist Purity 99% Aloe Soothing Gel.


Deskripsi produknya dalam bahasa korea (-,-) jadi ngga bisa aku cantumin banyak ya. Sesuai namanya, produk ini mengandung 99% Aloe Vera murni atau lidah buaya yang bagus banget untuk kesehatan rambut. Jadi, daripada ngerokin lidah buaya buat ditemplokin di kepala, mending pake yang udah ada. #FYI Aloe soothing gel ini biasanya aku pake untuk melembabkan kulitku yang sensitif (kadang kering, perih, dan mengelupas), tapi ternyata bisa buat rambut juga. (^^) 

Aku menggunakan aloe vera gel dua kali sehari, di pagi dan malam hari atau setelah panas-panasan di siang hari. Biasanya aku pake 3 kali pump, kemudian dioleskan merata di batang rambut. Rambutku ngga kering kerontang dan ngga terlihat kusam lagi. Jadi, bagi yang rambutnya kering dan butuh perawatan ekstra, jangan sepelein cem-ceman, vitamin, atau pelembab rambut ya... (^^)

***

#FYI
♥ Sejauh ini yang belum berhasil aku atasi adalah masalah rambut rontok dan ketombe. Kalo masalah ketombe, aku yakin bakal teratasi dengan hair tonic Neril, karena progresnya cukup memuaskan.

♥ Aku keramas dua hari sekali. Keramas tiap hari bikin rambutku makin kering dan gersang. 

♥ Aku kadang menggunakan grapeseed oil [link] untuk merawat rambut. Butuh sekitar 5 kali tuang ke telapak tangan untuk diratakan di kulit kepala dan rambut. Pijat lembut kulit kepala sekitar 3-5 menit, kemudian diamkan kurang lebih satu jam sebelum keramas. Cara ini membuat rambut jadi lebih lemes dan lembut. (^^) Selain grapeseed oil alias minyak biji anggur, bisa juga pake minyak kelapa atau minyak zaitun.

***

Updated!
Klik link di bawah ini untuk baca review produk...

Thanks for reading ♥ Love you all

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

90 komentar

Write komentar
21 April 2013 23.45 delete

dulu aku juga keramas cuma 2 hari sekali, uda coba macem2 sampo, kondisioner, hair tonic, dan bla bla bla. tetep aja kering, kusam, plus ketombean. Sekarang mesti keramas tiap hari pke Dove daily Shine *gak bikin kering*, hair tonic Mustika Ratu dan Serum rambut K2. Rambut asli jadi lembuuut bnget, tapi tetep keliatan kusam *mungkin emang bawaan warna rambut ya heheh*. Rambut kotor krn keringetan tiap hari juga bikin rambut ancur gitu haha

Reply
avatar
22 April 2013 00.11 delete

Haloo :D salam kenal yaa
xD waaa boleh dicoba deh tuh tonic dan serumnya.

Biar rambutnya lemes dan ngga kusem kata orangtua sih pake santan atau minyak kelapa sebelum keramas selama beberapa jam (ditinggal tidur) sist xD tapi belum pernah nyoba sii hehehe. Coba pake vitamin rambut dan minum suplemen sist biar kulit dan rambutnya glowing :D hehehe.

Makasih ya udah mampir :D

Reply
avatar
2 Mei 2013 08.52 delete

cobain daengimeori shampoo sis untuk oily scalp :) http://en.koreadepart.com/cosmetics-brand/daengimori/ bagus banget itu

Reply
avatar
2 Mei 2013 09.32 delete

Boleh dicoba tuh sis sarannya, aku emang lagi nyari shampoo yang nyehatin scalp :D heheheh makasiihh :D

Reply
avatar
10 Mei 2013 20.04 delete

Halo sis..mau tanya.. Yg holika-holika bisa dipake di kulit kepala jg ? Ato cm di batang rambutnya ? Thanks :)

Reply
avatar
10 Mei 2013 21.59 delete

Halo Margaret :D salam kenal ya...
Bisaa :D tapi aku lebih sering pake buat batang rambut, karena untuk kulit kepala aku pake hair tonic :D

Reply
avatar
Anonim
18 Mei 2013 02.07 delete

kak, bahas tentang masalah dan product-product buat manjangin rambut dong
ini entah kenapa rambutku nggak panjang-panjang udah mampet segini, dan anehnya rambutku ini makin menebal bukan memanjang sedih banget padahal pengen punya rambut panjang.
tolong dibahas dong kak :D

Reply
avatar
18 Mei 2013 03.41 delete

haaaii :D salam kenal yah

Produk-produk buat nyuburin setau aku itu hair growth serumnya rudi hadisuwarno (udh banyak yg buktiin) dan banyak merk hair tonic yg bagus untuk menyehatkan kulit kepala kayak rudy hadisuwarno, neril, johny andrean, dll.

Resep orang jaman dulu yang manjur banget buat menyuburkan dan manjangin rambut adalah santan atau minyak kelapa (dijadiin masker rambut sekitar sejam atau ditinggal tidur semalaman sebelum keramas) :D Neneknya sepupuku rambutnya masih item panjang :D karena sejak gadis, rambutnya dirawat pake santan/minyak kelapa.

kalo masalah kesuburan rambut, gaya hidup dan asupan gizi itu ngaruh banget lhooo :D misalnya makan yang mengandung zat besi dan kaya vitamin (sayur dan buah-buahan), protein (telor, ikan, susu kedelai, dll), dll.

xD oiya, ngomong-ngomong 2 minggu lalu aku pangkas rambut pendek, trus abis liat komen kamu aku nyempetin ngaca hahaha. Baru nyadar poniku udah manjang (tadinya pas di atas alis, sekarang udah nutupin mata). Aku pake minyak zaitun di rambut dan kulit kepala sebelum keramas :D

Ntar kapan-kapan aku bikin postingan tentang rambut lagi deh ^^

Reply
avatar
25 Mei 2013 16.46 delete

hai, rambutku kering dan rusak. aku skrg sih pake Tresemme tp yang smooth and shine. hmmm, keramas tiap hari bikin rambut rusak yah? aku sih skrg keramas setiap hari, kan aku ngejalanin aktivitas dan bikin keringet, jd kalau ga keramas bisa bkin bau, gimana ya? dove yg utk rmbut rusak sma tresemme yg jg untuk rmbut rusak bagusan yang mana ya? *aku pengen rambut kaya di iklan2 itu loh hihhihi....^^* bisa bantu solusi?

Reply
avatar
25 Mei 2013 17.24 delete

hai juga lydia ^^ salam kenal yah

keramas tiap hari ngga papa asal emang sesuai kebutuhan kulit kepala dan rambutnyaa :D

Setauku fungsi shampoo sebenernya cuma buat nyuci kulit kepala (kalo kelamaan nyuci batang rambut malah ilang kelembaban alami rambutnya alias kering), kalo buat batang rambut itu yang deep conditioning (pake conditioner dari setengah rambut sampe ke ujung, bukan di kulit kepala, didiemin sekitar setengah jam, trus dibilas)...

Aku ngga pernah cocok pake dove sist >.< maap yaa, jadi ngga bisa komentar mana yang lebih bagus heheheh...

Kalo buat ngatasin rambut yang rusak di hair mask sist, seminggu sekali. Yang matrix punya kalo ngga salah setoples 75ribu (worth the price banget) :D temenku rutin pake itu rambutnya oke banget :D irit pula, bisa dipake berbulan-bulan...

Reply
avatar
7 Juli 2013 19.45 delete

hai, aku mempunyai rambut kering pada batangnya, ujung rambut kaku krn kering. aku pngin nyoba yg holika holika itu. bisa dibeli di mana mbak ?

Reply
avatar
7 Juli 2013 19.50 delete

hai titi ^^ salam kenal yah

coba cek di chic-princessa.com
aloe soothing gel ga cuma yg holika holika ini, ada yg merk it's skin (lebih murah, kemasannya dalam tube kecil), nature republic, dll

Reply
avatar
20 Agustus 2013 08.01 delete

hay sist selamat pagi :D
sist sayang mu tanya dong :D shampo yg cocok untuk rambut bercabang shampo apa yaa sist?:) soalnya saya bingung nyari nyari merk shampo yg cocok untuk rambut bercabang sperti saya,rambut saya bercabang sih gara gara diobatin pakek shampo pembasmi ketombe sist >_<
bantu solusinya ya sist :) makasih sist :)

Reply
avatar
22 Agustus 2013 07.34 delete

hai juga :'( maap ya baru bales

aku juga dulu pas remaja ngalamin rambut bercabang, rapuh, patah-patah karena terlalu kering sist.. kalo shampoo ga gitu ngefek buat ngatasin rambut bercabang x( lebih ngefek conditioner dan perawatan pendamping kayak hair mask, vitamin rambut, dll.

shampoonya dipake buat nyuci kulit kepala aja (ngga digosok-gosok di ujung rambut), trus conditionernya dipake di setengah rambut sampe ujungnya (bukan dari kulit kepala dan bukan deket akar rambut, salah-salah malah bikin ketombean).

misal ada rambut yg bercabang atau ujungnya rusak, aku langsung potong ke salon (dirapiin, ujung rambutnya ditrim), krn mo dirawat kayak gimana kalo ujungnya udah rusak udah ngga bisa diapa-apain lagi (pengalamanku lho, ngga tau kalo org laen gimana hehehe). soalnya baru-baru ini juga rambutku kering dan rada rusak gegara pake shampoo anti ketombe :D

shampoonya pake yg buat perawatan rambut rusak/rambut kering dan sejenisnya. buat perawatannya, sekarang aku pake minyak zaitun (extra virgin olive oil), aku diemin sekitar setengah sampe sejam sebelum keramas. sejauh ini ngefek banget di aku, ga bikin rambut kering dan kerasa lebih lemes.

oiya, ngeringin rambutnya juga jangan digosok pake handuk, diangin-anginin biasa aja biar rambutnya ga gampang patah :D

smoga membantu yaa xD iyaa, sama-samaa

Reply
avatar
29 Oktober 2013 21.00 delete

Kak , aku minta solusi , aku udah 5x dibonding karna kalo habis hilang bondingannya ,rambutnya jadi jelek , trs terakhir aku potong tgl 1 mei ,aku potong pendek sampe nggak bisa dikucir , dan mbak salonnya malah potongnya disasak , sekarang rambutnya jadi jelek :( kering , ngembang , sasakannya juga jelek :( aku kudu piye ?bertahan sampe sekarang,aku blm nemuin sampo sama kondisioner yg pas , kalo bangun pagi rambutnya kering banget kaya singa ,aku males ngaca jadinya :|

Reply
avatar
29 Oktober 2013 21.06 delete

Kak , minta solusi dong , aku udah 5x bonding , karna setelah bonding tuh rambutnya gelombangnya nggak bagus , jdi aku bonding terus , eh aku kasian sama rambutku ,jadi aku putusin potong pendek banget sampe sampe nggak bisa dikucir , dan sama mbak salaonnya malah disasak , rambut jdi nambah rusak , kering , ngembang , aku belum nemuinproduk buat rambutku yg cocok , aku kudu piye :( setiap bangun pagi , walau malemnya habis sampoan pake kondisioner tetep aja bangubangun kayainga , aku jdi musuhan sama kaca tiap pagi :3 beli minyak zaitun itu dimana sih -__- rambutku udah kelewatan kaku ,udah dipendekin malah tetep :3

Reply
avatar
4 November 2013 00.49 delete

jangan musuhan sama kaca say :3 heheheh
maap banget ni yaa baru bales...

aku juga sempet rusak gegara pake shampoo anti ketombe ^^
sekarang aku rutin pake minyak zaitun (extra virgin olive oil), banyak banget di supermarket kayak hypermart, carrefour, gelael, dst. Adanya di bagian rak minyak goreng. Harganya sekitar 30ribuan bisa untuk 2 bulanan. tiap minggu aku juga pake santan sebagai masker rambut biar rambutku lemes.

semoga membantu yaa :D

Reply
avatar
11 November 2013 00.32 delete

Kl rmbt rsk trs krng kaku lg krna srng ganti2 wrn rmbut,kr2 hrs pk shmpo ap,smntr rmbut sy tergglng tipis.....

Reply
avatar
13 November 2013 01.53 delete

sebenernya shampoo itu ngga bakal ngefek banget say :D soalnya fungsi shampoo adalah mencuci kulit kepala, bukan rambut :D kalo dari beauty show korea gitu, anjurannya (mau rambutnya panjang-pendek), pake shampoonya dikit aja (seukuran koin), itu udah cukup buat kulit kepala kita :D kalo kebanyakan, rambut malah makin bermasalah.

Kalo buat rambut kering kaku, coba fokusin deep conditioning (pake conditioner rambut yang buat rambut rusak) dari kira-kira bawah telinga sampai ujung rambut, bukan dari rambut deket kulit kepala ke ujung rambut. Jangan lupa pake vitamin rambut juga :D Kalo mau lebih oke lagi, coba hair mask/spa rutin di salon untuk memulihkan kondisi rambut, ato bikin diy hair mask sendiri di rumah.

semoga membantu ya :D
maaf telat balesnya :(

Reply
avatar
17 November 2013 17.41 delete

haai sis :D , salam kenal yaa
rambut aku rontoknya udah lama sis, sekitar 6 bulanan lebih, tapi masih dalam batas wajar sih. Belakangan ini aku pakai shampo Tresseme anti hairfall untuk mengatasinya. Dan ternyata, rambut aku malah lebih parah rontoknya dibanding yang kemarin2 sis :((
bingung gimana ngatasinya, sis. takut bgt rambut aku jd botak, soalnya rambut aku emang tipe rambut yang tipis. ditambah lagi rambut aku agak gersang sis, karena pernah di rebonding dulu.

mohon sarannya sis, bagusnya pakai apa ya untuk bisa ngatasi rontok dan menumbuhkan atau melebatkan rambut sekaligus mengatasi gersangnya, sis.
terimakasih sist.. :))

Reply
avatar
17 November 2013 17.45 delete

hai sis, salam kenal yaa :D
rambut saya rontoknya udah lama sis sekitaran 6 bulan lebih. sekarang aku pakai Tresseme antihairfall untuk mengatasinya. tapi hasilnya rambut aku malah rontoknya lebih parah dari kemaren2 :((
aku bingung banget sis. takut rambut aku jd botak. soalnya tipe rambut aku, rambut tipis dan juga gersang.

mohon solusinya dong sis. gimana ngatasi rambut rontok dan melebatkan sekaligus mbisa ngatasi gersangnya juga :D
terimakasih banyak sistaa... :))

Reply
avatar
18 November 2013 08.31 delete

Hai say :D salam kenal jugaa

btw kalo rambut kamu rontoknya ga wajar, mending coba konsul ke dokter spKk deh. Biar ngga salah langkah. Biasanya juga diresepin vitamin buat rambut gitu. Yg paling happening setau aku sih treatment rambut di erha :D

>.< mohon maaf ya kalo kurang membantu

Reply
avatar
30 Desember 2013 00.07 delete

kaaaak, aku masalah banget nih sama rambutkuu .. kasih solusinya dong kak, rambutkukering ngembang rontok ketombe, tp ketombenya itu kecil* ga lebar* gitu terus rambut aku kering, aku pake sampo tresemme yang anti hair fall pertama pake rambut lembut tapi kesini sini malah tambah kering, aku juga pake kondisnya sampe akhirnya aku ganti kondis yang kakak pake tp malah tambah kering dan ngembang . pengen ganti ke dove dan nyobain semua treatmentnya dia cuma takut malah tambah kering, aku suka keramas setiap hari soalnya aku sekolah dan sering panas*an di luar sekolah, sampe akhirnya kata abangku " mau rambutnya bagus ? botakin dulu aja " hehehe, bantu kasih solusi ya kak :)

Reply
avatar
31 Desember 2013 02.35 delete

hai saaay :D salam kenal yaa
rambutku juga sempet kering aneh lagi lhoo, gegara kondisi air di lingkunganku --"
ni aku sharing beberapa info yg baru aku praktekin hampir 2 bulanan ini yang ngefek ke aku :D (dapet dari pengalaman blogger2 luar)

aku udah ga pake kondisioner lagi, sebagai gantinya aku pake minyak zaitun (yang extra virgin olive oil) di rambut dan kulit kepala selama kira-kira setengah sampe sejam sebelum keramas. Efeknya bikin rambut ga gampang kering, ga kusam, dan ga ngembang aneh (lemes).

Setelah keramas, aku ngga pake kondisioner, tapi pake vitamin rambut. Sebelumnya aku pake ellips. Sebulanan ini pake Lucido L for dry hair. Vitamin rambut itu bantu banget bikin rambut jadi halus, ga kusut, dan gampang diatur lagi.

Kalo ketombe kecil-kecil, bisa jadi itu residu shampoo atau conditioner yang kita pake say. Coba rutin pake hair tonic anti dandruff juga :D

aku sekarang pake sisir kayu. beli di guardian 30ribu (yang bentuknya paddle) dan wooden detangling combnya the body shop. sisir plastik menimbulkan gaya statik yang ga bagus buat rambut rapuh, coba googling2 aja ^^; efeknya ga gitu kliatan sih, tapi kalo dipratiin baik-baik, sisir kayu bikin rambutku ga gampang ngembang dan lumayan ga memperparah kondisi rambut yg rapuh.

kalo keringin rambut, jangan digosok pake handuk yang permukaannya kasar, lebih baik dibiarin gitu aja atau kalo mau dikeringin mending pake kain kaos atau handuk yang permukaannya rada halus lembut gitu. aku nyoba pake pashmina kaos yg ga kepake haha ^^;

aku juga udah ga pake jepit rambut buat nahan poni, sebagai gantinya aku pake velcro sekarang.

kalo ada waktu, coba rutin hair mask juga say, ato beli produk hair mask trus dipake sendiri di rumah seminggu sekali. semoga membantu yaa :D

Reply
avatar
14 Februari 2014 07.14 delete

Iya sist pake santan bikin rambut lebih lembut

Reply
avatar
28 Februari 2014 22.42 delete

Hai. Rambut ku ngembang banget kering pula. Aku sampai stress ngurus ni rambut.rambut ku juga rontokan pula. Mohon saran kak

Reply
avatar
1 Maret 2014 10.10 delete

kalo rambut rontok itu kompleks si sbenernya, asupan gizi ngga bener, bisa karena stres, shampoo ga cocok, ketombe, penyakit, hormon ga seimbang, nutrisi yang ga sampe ke ujung rambut, dll.

di trim aja coba ujung-ujung yang kasar :D trus pake conditioner (dari bawah telinga sampai ujung rambut), vitamin, dan hair tonic. kalo bisa telaten ke salon aja perawatan intensif, ato ke dokter :D

maap yaa kalo ngga membantu >.<

Reply
avatar
4 Maret 2014 06.54 delete

halo kak ^^ aku mau nanya nih :v rambutku kn tadinya lurus lembut tipis dari lahir . nah skrng rambut rusak krna nguncir rambut trlalu kenceng + lama kali ya :( rusaknya tuh koplak , ujung rambutnya tetep alus tapi yang dibagian tengah (dari kuping smpe bahu) itu kasar bgt byk rambut yang gk rata panjangnya mungkin rontok + jadi ngembang gitu azz :'v itu kirakira aku hrs gimanain ya? rambutku sepinggang :v

Reply
avatar
6 Maret 2014 21.19 delete

halo jugaa :D salam kenal yaaa

jadi, tantangannya punya rambut panjang adalah gimana supaya nutrisi itu mencapai ujung rambut. tanda rambut kita kurang nutrisi yaitu tadi, panjang pendeknya rambut ngga sama, kasar, rapuh, gampang rontok, dll.

idealnya kulit kepala doang yang "digosok" shampoo, bukan rambut. kotoran dan debu di helaian rambut ntar akan kebawa bilasan air. kalo rambutnya juga dishampooin, bakal makin kering dan rusak (teorinya kayak gini, tapi beneran lhoo aku alamin juga hahaha).

kulit kepala itu diibaratkan sebagai tanah. kalo tanahnya subur, tanamannya juga oke. kalo kulit kepalanya sehat, rambutnya bakal kuat dari akar ke ujung. nah buat perawatan kulit kepala, aku pake hair tonic.

buat perawatan rambut, pake conditioner dari bawah telinga sampai ujung rambut (bukan dari akar rambut) dan vitamin rambut setelah keramas. berbeda dengan shampooan yg mesti segera dibilas, conditioner itu makin lama didiemkan makin bagus (30 menitan). conditioner dan vitamin bikin rambut lebih lemes. tapi kayak gini mesti rutin, btw aku semingguan ga telaten aja rambut udah awut-awutan lagi huuufftt --"

aku juga pernah tuh patah-patah di tengah karena kekencengan iket rambutnya ._. jadi aku ganti pake jepit rambut, tapi jepitnya rada ngambang gitu. lumayan ._.

kalo ngalamin rambut yang kasar dan rusak, langsung aku pangkas/trim aja, trus mulai perawatan lagi dari nol. soalnya kalo rambut udah rusak, udah susah buat dilembutin ato diperbaiki (pengalamanku taun lalu hihi... mungkin ga berlaku di semua orang).

Reply
avatar
12 Maret 2014 17.49 delete

Hai kak , mau tanyak nih rambutku kering , ngembang , rusak soalnya gara" abis direbonding , tapi aku gak tau caranya ngatasinnya gimana. Kira" sampo , conditioner, sama vitamin apa ya yang pas buat rambutku ?
Mohon solusinya , makasih kak :)

Reply
avatar
12 Maret 2014 21.49 delete

hai jugaa :D salam kenal yaa

kalo dalam kondisi rusak gitu biasanya dianjurkan nyari perawatan rambut yang khusus buat rambut rusak (damage hair) atau produk yang ngandung ginseng untuk menguatkan rambut.
untuk lebih lengkapnya, coba baca-baca komen-komen di postingan ini :D udah sering aku sharing di komen heheheh

>.< maaf ya kalo kurang membantu huhuhu

Reply
avatar
19 Maret 2014 12.28 delete

oh gitu xD yaudah makasih banyak yaa kak ;)

Reply
avatar
28 Maret 2014 15.18 delete

Hai kak, aku mau nanya dong
rambut aku tuh kusam, rontok (sampe sampe mesti nyapu kamar tiap hari), trus kulit kepala aku berminyak. itu bagusnya pake sampo sm conditioner yg kayak gimana ya kak? terima kasih ^-^

Reply
avatar
31 Maret 2014 00.22 delete

halo jugaa :D coba baca komen-komen sebelumnya sayang, udah sering dibahas hehe... Kalo rekomendasi merk aku ga bisa jawab krn emang cocok-cocokan ^^; maap yaa

Reply
avatar
21 April 2014 15.43 delete

Hai mba.. mau minta saran, rambut saya kan dismuting gt. jenis rambut kombinasi. ujung2nya tuh kering dan bercabang. Nah saya sekrang pake sampo dan hair mask untuk damaged hair gt. tapi ya itu keringnya tuh buat rambut susah diapa2in. Sekarang sih saya rutin pake vit rambut juga. apalagi saya punya anak rambuy yg banyak dan agak kriwil gt.

Boleh minta sarannya ga y untuk kendala rambut saya tsb.


Trimakasih :)

Reply
avatar
23 April 2014 03.26 delete

Halo :D
maap baru bales

kalo ujung rambut kering, kasar bisa jadi karena nutrisi ga sampe ke ujung rambut ^^; coba ditrim sekitar 3-5 cm (pengalaman pribadi, biasa kalo ke salon juga dianjurin ditrim rutin).

aku juga pernah ngalamin kayak gitu say :D apalagi kalo males ngrawat rambut, rambutku awut-awutan ga jelas lagi. kalo buat masalah kulit kepala berminyak bisa pake tonic buat menyehatkan kulit kepala :D

kuncinya shampoo dan hair tonic hanya untuk kulit kepala, conditioner dan vitamin rambut dipake mulai dari bawah kuping ke ujung rambut. selain hair mask, tips2 itu yg bikin rambutku lebih gampang diatur dan ga gampang kering/rusak ^^; saat mengeringkan rambut juga jangan digosok kasar pake handuk.

maap kalo ga membantu >.<

Reply
avatar
28 April 2014 15.56 delete

Kak minyak zaitunnya pake merk apa? Kalo mustika ratu bisa utk rambut gak kak? Maaf kalo commentnya double connectionnya error huhu

Reply
avatar
28 April 2014 19.40 delete

bisa say :D aku juga dulu pake itu sebelum beli yg extra virgin olive oil. tapi pake seperlunya aja (dituang di telapak tangan, trus diratakan di rambut), mulai dari tengah (sekitar bawah kuping) ke ujung rambut. kalo dipake dari kulit kepala ke ujung rambut, trus makenya kebanyakan atau bilasnya ga bersih malah bikin lepek soalnya :D

Reply
avatar
29 April 2014 06.13 delete

Makasih kak Hani infonyaaa. Anyway ini dipake satu jam sblm keramas/sesudah keramas kak?

Reply
avatar
29 April 2014 07.36 delete

sebelum keramas :D iyaa sama-samaa

Reply
avatar
1 Mei 2014 20.20 delete

Kak kan hair tonic dipakai dikulit kepala nah terus minyak zaitun dipakai dikulit kepala dan rambut, bagusan yang mana sih kak bagusan pakai hair tonic apa minyak zaitun? Mksh kak

Reply
avatar
1 Mei 2014 20.30 delete

minyak zaitun biasanya dipake sebelum keramas. dipake seminggu sekali juga bagus kok, yg penting rutin. kalo hair tonic kan anjurannya tiap hari atau tiap habis keramas say :D

Reply
avatar
7 Mei 2014 08.12 delete

Kk rambutku ketombean gx ilang" sjk 6 bulan lalu trus rambutku agk susah diatur dan sedikit agk ngembang.. gmna ya cra ngatasinnya??

Reply
avatar
7 Mei 2014 22.51 delete

coba cek itu beneran ketombe atau psoriasis say :D kalo rambutsusah diatur dan ngembang coba baca-baca komen2 di sini udah sering dibahas

Reply
avatar
14 Mei 2014 15.55 delete

hai ka slmat sore,
aku fitri salam kenal,, mau tanya, rambut ku itu kering, kusam,.ga bisa di atur, inti ya udah rusak banget sampai ujung rambut,,, itu aku harus pakai apa ?? perawatan ya ,, yang lebih efektif yang mana ka ?? mohon informasinya terimakasih :D

Reply
avatar
15 Mei 2014 01.05 delete

Hai juga fitri :D

aku ngga tau rambut kamu harus pake apa say ^^; aku bukan expert rambut, jadi ngga tau efektif yg mana buat rambut kamu ^^; untuk perawatan secara umum udah dibahas di komen-komen sebelumnya

maaf banget ya kalo ngga membantu >.<

Reply
avatar
16 Juni 2014 19.35 delete

holika kayanya harus dicoba neh

Reply
avatar
17 Juni 2014 00.15 delete

selain holika, ada aloe vera gel merk nature republic yg lebih dulu populer ^^
di drugstore juga banyak yg jual aloe vera gel dgn macem2 merk :D

Reply
avatar
19 Juni 2014 10.40 delete

Halo, kak! :)
Aku mau tanya-tanya agak banyak nih hehehe.
Dulu waktu TK, rambutku bagus banget. Item, tebel, halus, walaupun agak kusut karena dulu belum bisa ngerawatnya. Karna itu mama ngejar2 aku terus biar potong rambut. Susahhh banget. Karna emang aku suka rambut panjang. Akhirnya ngalah sama mama. Aku potong rambut juga. Awalnya dibob. Masih bagus. Lama kelamaan dibob terus. Aku kurang tau tentang model2 rambut. Karna aku bosen dibob, terus aku layer (mungkin, kalo ga salah) pokoknya aku ga ngerti, kalo kata temen2ku itu mungkin disasak sama mba2 salonnya. Dan sekarang rambutku jadi kasar, kering, gampang kusut, ga teratur, bawahnya merah2 bercabang, patah, tetep tebel banget padahal rontok parah bikin nyapu pagi-siang-sore-malem, tapi ga ketombean sih, ngembangnya juga semakin parah, bergelombang tapi ga teratur.
Solusinya gimana ya, kak?
Kira2 shampoo yang cocok buat rambutku apa ya? Soalnya aku pernah browsing di google juga. Ada orang rambutnya kaya aku juga. Ngembang, tebel, gelombang, rusak deh pokoknya. Terus dia pake dove hair fall treatment+conditionernya, lama kelamaan ga ngembang. Kalo kata temen2ku, mereka pake dove rambut halus tapi ketombean. Aku jadi bingung.
Terus kalo pake Lucido-L vitamin yang baru itu kira2 bagus ga, kak?
Maaf ya, kak, banyak pertanyaan &i know this isnt ask.fm hehe;b
Makasih, kak x

Reply
avatar
20 Juni 2014 01.31 delete

halo juga say :D
wah maaf kalo tanya shampoo yg cocok buat kamu itu apa, aku gatau ^^;
krn aku sendiri pun mesti ngalamin trial n error dlu sampe akhirnya berhenti di tresemme.
jdi aku ngga berani rekomendasiin merk tertentu ke kamu ^^

tapi, yang perlu dipahami, tekstur rambut itu dipengaruhi banget sama nutrisi, stres ato ngganya kita, dan faktor lingkungan. kalo ketombe sih dari sepengalamanku ngontrolnya dengan rutin keramas, bilas rambut dengan bersih, hindari stres, dan telaten pake tonic di kulit kepala

rambutku juga kering, jd gampang megar dan ngembang hehe.
aku pake Lucido vitamin udah setengah taunan. rambutku jadi jauh lebih lemes dan halus (aku pake yg oil). belakangan ini aku pake tiap hari dan hasilnya memuaskan ^^

maap kalo ngga membantu ya >.<

Reply
avatar
20 Juni 2014 10.38 delete

Maaf, kak sebelumnya. Commentku kaya cerpen ya haha. Terus commentnya 2kali ya? Duh sorry itu aku pikir ga kekirim karna ga baca pop up nya hehe. Jadi gonta-ganti shampoo ga ngaruh ke rambut ya, kak? Oke deh sarannya membantu, karna aku cukup ragu mau pake Lucido-L itu atau engga hehehe.
Makasih banyak ya, kak xx

Reply
avatar
20 Juni 2014 15.37 delete

santai aja say :D
emang box komennya dimoderasi soalnya ada yg suka spam iklan gitu :D

kalo aku sih, shampoo fokus buat bersihin kulit kepala. kalo buat rambut (dr bawah telinga ke ujung rambut), lebih prefer ke conditioner dan vitamin ^^

iyaa sama-sama :* good luck ya

Reply
avatar
29 Juni 2014 14.34 delete

Kak kalo untuk rambut ikal nya kering banget gitu pake deep repair manjur gak yah kira2 :3 hehehe

Reply
avatar
29 Juni 2014 20.21 delete

kalo udah kering banget gitu sebenernya shampoo atau conditioner aja ga cukup say :D mesti tetep didampingi dengan treatment lain kayak hair mask, atau rutin pake vitamin rambut :D cmiiw

Reply
avatar
4 Juli 2014 16.07 delete

Kak, minyak zaitunnya pake merk apa ya yg bgus?

Reply
avatar
5 Juli 2014 08.33 delete

bagus semua kok ^^ kalo pengen yg teksturnya lebih light beli yg udah jadi kosmetik.
yg extra virgin olive oil itu heavy dan greasy, biasanya cuma buat ujung rambut doang.

Reply
avatar
6 Juli 2014 13.04 delete

kak, kalo buat yang berjibab gimana? kan biasanya kalo cuaca panas itu kulit kepala ikutan panas juga, jadinya gatel trus banyak ketombe sama rambut rontok

Reply
avatar
6 Juli 2014 18.17 delete

kalo aku sih misal rutin pake tonic yang anti dandruff atau yang scalp care di kulit kepala (tiap abis keramas) lumayan mengurangi ketombe dan rambut rontok ^^

Reply
avatar
21 Juli 2014 07.58 delete

rambut saya itu keriting dan kering..
sekarang lagi pakai
shampo : Loreal paris Total Repair Damage
conditioner : Loreal Paris Total Repair Damage
sama Hair Mask : Elips Smooth and apa itu -_-
merk2 itu ampuh kaga ? atau harus yg lain ?
dan cara pemakaian shampo,conditioner,sama hair mask yg bener brapa kali

Reply
avatar
22 Juli 2014 00.21 delete

ampuh ato ngganya shampoo dan conditioner tergantung deh kayaknya ^^; aku aja ni cocok pake Tresemme, tapi temenku malah ngga cocok (rambutnya jadi kaku), padahal tipe rambut kita sama (kering). jadi, emang mesti coba-coba sendiri buat nemuin yg oke buat rambut kita.

Shampoo itu idealnya 2 hari sekali, supaya rambut ga kering. emang ada orang yang mesti tiap hari keramas, apalagi yang kulit kepalanya cepet bau dll cmiiw. kalo conditioner mo dipake tiap hari ga masalah, tapi ya tetep idealnya 2 hari sekali. kalo hair mask seminggu sekali juga udah cukup ^^

Reply
avatar
28 Juli 2014 21.30 delete

maaf sist, bukannya holika2 itu untuk kulit tubuh atau wajah yah? emang nggak ppa d gunakan utk rambut?

Reply
avatar
28 Juli 2014 21.42 delete

aloe vera gel itu multifungsi say :D bisa buat kulit, rambut, dst.
coba googling aja aloe vera gel for hair :D aku juga dapet inspirasi dari situ

Reply
avatar
2 Agustus 2014 18.02 delete

makasih postingannya, mo coba juga buat rambutku yang berketombe. tapi sebelumnya pengen nyobain shampoo yang tidak mengandung deterjen, tau ga sis? curiga ketombe ku karena kandungan deterjen dalam shampoo. tq

Reply
avatar
2 Agustus 2014 20.31 delete

iya :D sama-sama
kalo shampoo yg ga ngandung deterjen dan gampang didapat itu natur atau the body shop

sekarang juga banyak shampoo diy/natural/organic tanpa deterjen yang dijual secara online :D
misalnya green mommy, earth factory bali, dst

Reply
avatar
4 Oktober 2014 08.55 delete

Hy... Aku mau nanya..
Gimana ya cara ngatasin rambut yg kyk ijuk ini? tiap helai rambutnya tebal bahkan jadi keriting :( ketombean pula susah kalo d sisir...
Waktu kecil emang aku suka main panas²an dan bisa dibilang jarang shampoan.paling dalam seminggu cuma sekali -_-
Sekarang aku cuma pake shampo dove n vitaminnya dari ellips...
Bisa kasih solusinya kakak?
Walaupun berhijab,tp gak PD begitu temen² liat rambutku :(
Bahkan aku pernah kepikiran buat botakin rambut demi dapetin rambut kayak dulu lg
Ya masa kan cewek botak :D

Reply
avatar
4 Oktober 2014 08.56 delete

Hy... Aku mau nanya..
Gimana ya cara ngatasin rambut yg kyk ijuk ini? tiap helai rambutnya tebal bahkan jadi keriting :( ketombean pula susah kalo d sisir...
Waktu kecil emang aku suka main panas²an dan bisa dibilang jarang shampoan.paling dalam seminggu cuma sekali -_-
Sekarang aku cuma pake shampo dove n vitaminnya dari ellips...
Bisa kasih solusinya kakak?
Walaupun berhijab,tp gak PD begitu temen² liat rambutku :(
Bahkan aku pernah kepikiran buat botakin rambut demi dapetin rambut kayak dulu lg
Ya masa kan cewek botak :D

Reply
avatar
5 Oktober 2014 00.54 delete

Hai juga :D salam kenal yaa
samaaaaa T.T aku juga ga pede kalo rambutku awut-awutan (meski berhijab huhu)

aku juga sempet ketombean dan mengalami kulit kepala yang gatel x'(
waktu itu aku memutuskan untuk memangkas pendek rambutku, dan fokus merawat dari nol. dengan begitu, lebih mudah telatenin merawat rambut rusak dan menyehatkan kulit kepala. jadi, sebenernya ngga perlu dibotakin say hehe :D

aku perhatiin, rambutku mulai bermasalah kalo panjangnya udah melewati pundak. berarti, nutrisi ngga cukup untuk menjangkau ujung rambut :D kulit kepala yang gatal dan berketombe bisa teratasi dengan rutin keramas dan menggunakan tonic di kulit kepala. kalo aku sih cocoknya keramas 2 hari sekali. kalo tiap hari keramas rambutku malah kering dan lepek, kalo lebih dari 2 hari ga keramas, kulit kepalaku bau dan gatel hehe.

ingat, shampoo hanya digunakan di kulit kepala dan conditioner hanya dipakai di ujung rambut. begitu juga dengan after care setelah keramas, tonic untuk kulit kepala dan vitamin rambut digunakan dari bawah telinga hingga ujung rambut.

emang butuh waktu yang lama buat merasakan perubahan yang signifikan (sekitar 3-4 bulanan apa ya kalo ga salah inget hehehe), dan itupun mesti tetep rutin, krn kalo ngga rambut balik awut-awutan lagi T.T

tantangannya sih emang nemuin produk yang cocok dengan kita, konsisten, dan sabar :D kita juga mesti telaten baca-baca deskripsi produk sebelum memilih produk perawatan rambut yang sesuai kebutuhan dan kondisi rambut+kulit kepala

good luck :*

Reply
avatar
4 November 2014 13.15 delete

karena aku gapunya duit aku lebih ngandalin perawatan yang simpel hehe

Reply
avatar
12 November 2014 22.28 delete

perawatan simpelnya gimana? :D sharing dong hehe

Reply
avatar
1 Desember 2014 14.29 delete

Sis, rambut ak jga prnah rusak kring tp skrg udh teratasi, cm yg skrg jd msalah, ak mw hairmask dirumah sminggu 2x jg wanginya gk Tahan lama ya,,, aneh,ak kramas rajin,pke masker apa ya biar wanginya than lama kya org klu Lwat aj wanginya sm kcium, ak bru abs maskeran aj kya gk ada wangi2 nya ato gk kcium, huft

Reply
avatar
1 Desember 2014 20.22 delete

Halo halo... sependek pengetahuanku, kalo mau wangi rambut yg strong and awet itu pake parfum rambut sis :D

Reply
avatar
rianti
9 Desember 2014 02.56 delete

Salam kenal mb hani, assalamu'alaikum.
Masalah rambut kita sama, jd aku cb simpulkan semua jawaban mb, perawatan yang mb lakukan :
1. Sebelum keramas : virgin oil di kulit kepala dan batang
2. Keramas : sampo hanya di kulit kepala
3. Setelah keramas : hair tonic
4. Hari2 : vitamin rambut/aloe shooting gel hanya di rambut
5. Perawatn mingguan : masker santan

Tlg dikoreksi kesimpulan saya y mb krn saya mau praktekin.
Saya jg ada pertanyaan :
1. Pemakaian serum msh perlu? Kl mau pakai serum, kapan pakainya? Kan udah pakai hair tonic.
2. Virgin oil dg cemceman bgs mana? Kl mau pakai cemceman, pakainya kapan?
3. Perlu pakai suplemen rambut? Ada saran suplemen untuk melembutkan dan menyehatkan rambut? Bgm dg biotin?

Skrg rambut saya potong cepak niat mau perawatan rambut dari nol krn rusak parah akibat rebonding berkali kali dan kurang perawatan + Rontok + ketombe. Tp rambut saya lebat bgt, batangnya besar keras dan kaku. Jd fokus sekarang menyehatkan dan melembutkan, bukan menyuburkan. Krn rambut saya subur banget tp sayang tumbuhnya gak sehat.

Saya tunggu sarannya mb. Terimkasih
Wassalamu'alaikum

Reply
avatar
14 Desember 2014 14.00 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh :D salam kenal juga Rianti
maaf banget baru bales

Perawatan2 tsb ngga aku lakuin dalam waktu bersamaan, I mean kita mesti liat-liat juga apakah treatment yang kita lakuin sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut dan kulit kepala.
1. Minyak zaitun (kadang tiap sebelum keramas, kadang cukup seminggu sekali) --> aku pake saat rambut kering dan kasar atau saat rambut rontok ngga wajar.

2. Keramas : Yap, betul sekali, fokus di kulit kepala :D bukan digosok di rambut. Aku perhatiin perubahaannya batang rambut jadi ga gampang rapuh/patah-patah (tips ini aku dapetin dari beauty show).

3. Setelah keramas : conditioner (dari bawah telinga ke ujung rambut, kalo di kulit kepala malah ketombean/lepek) + bilas + keringkan, tapi jangan kering banget (produk lebih efektif kalo dipake di rambut yang rada basah/lembab, abis itu diangin-anginin aja) + tonic (di kulit kepala) + vitamin (di batang rambut). Belakangan ini aku lagi ga telaten pake tonic (belom repurchase lagi), yang paling ngefek ke helai rambutku sekarang conditioner dan vitamin.

4. Masker santan juga conditional aja, kalo rambut lg kusam dan rapuh :D

********

1. Pemakaian serum itu untuk perawatan intensif. Biasanya dianjurkan pake serum aja dulu, trus kalo udah mendapatkan hasil yang diharapkan, baru kemudian dimaintain pake tonic :D

2. Kalo minyak zaitun dipake sebelum keramas. Cemceman bisa digunakan sebelum keramas, sebelum tidur, bisa buat creambath juga (http://kosmetik.mustikaratu.com/produks/perawatan-rambut-hair-care.html). Terakhir aku pake cemceman tuh jaman sd >.< pas rambut masih bagus hehe, jadi efeknya gimana ke rambut yg bermasalah aku kurang tau.

3. Hmmm kalo pengen suplemen rambut mending konsulin ke dokter atau org yg kompeten di bidang itu. temenku ada yg beli suplemen rambut tp ternyata ga cocok, malah jadi jerawatan.

********

Samaaaa ( ^o^)/\(^o^ ) aku juga kemaren pas potong rambut kata mbak2 salonnya, rambutku tebel banget, tapi ya gitu kalo ga telaten rambutku gampang banget jadi kasar.

Mungkin ini saran yang banyak dihindari cewe-cewe yg pengen "memperbaiki" atau mengimprove kondisi rambut mereka ya... tapi setelah dipraktekin, ternyata tips memotong rambut (ga usah kependekan, cukup sebahu aja) untuk fokus merawat dari nol itu ngefek banget ke aku. ujung rambut yang kasar, rapuh, dst itu krn nutrisi dr kulit kepala ga sampe ke ujung rambut :D jadi coba deh rutin ditrim tiap beberapa bulan sekali hehe.

Sekali lagi maaf ya baru bales
Semoga membantu
Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh :D

Reply
avatar
9 Januari 2015 23.52 delete

Hai kak, aku gatau ini udh ada yg nanya atau belum...
rambutku tebal tp bercabang dan patah di rambut bagian luar, udh gitu gampang ketombean. padahal aku jarang ke salon, tp ko rambut ku rusak. waktu itu aku pake dove daily shine(shampoo&condi), trs coba sunsilk blackshine(shampoo&condi), skrg pake dove damage treatment(condi). tapi kata temen ku dove bikin rambut merah, iyasih ka dulu ku rambut hitam skrg merah bgt, tp gatau faktor dove atau karna emg aku suka panas-panasan.
jadiiii, yang mau aku tanyain cara ngitemin rambut gimana ya kaa, aku udh pake minyak kemiri tp ga ngefek. sama saran dari kaka perawatan rambut yg bener tuh apa aja buat rambut ku? sama tips nya ya kaaa.
thx before

Reply
avatar
15 Januari 2015 00.24 delete

Hai juga Aryn
conditionernya kamu pake di ujung rambut aja kan? kalo kena kulit kepala biasanya bikin ktombean. kamu udah coba pake vitamin atau hair serum?

maaf, aku kurang tau kalo hitamin rambut yg oke dan ngga ngrusak rambut gimana :)
soalnya aku ngga gitu bermasalah dgn warna rambut ^^;

maaf banget ya kalo ga membantu >.<

Reply
avatar
24 Januari 2015 20.37 delete

Hai kak, salam kenal ya
Kalau boleh tau, yg Holika- Holika itu beli dimana ya? Makasih sebelumnya :)

Reply
avatar
25 Januari 2015 22.47 delete

Hai Shabrina :D salam kenal juga
dulu aku beli di chic princessa, tapi kayaknya udah ngga ngejual
coba cek di tokopedia, di sana banyak yg jual aloe vera gel (biasanya merk nature republic) :D

Reply
avatar
4 Maret 2015 16.52 delete

Hai sis, mau tanya itu penggunaan garnier neril nya tiap malam yg bagus? semisal usai makai itu saat malam sebelum tidur apa paginya keramasan atau hanya bilas saja dengan air?

Reply
avatar
5 Maret 2015 11.31 delete

Hai juga. iya, idealnya begitu. tapi ngga perlu dikeramas lagi paginya :D

Reply
avatar
6 Maret 2015 10.33 delete

Mba hanitis, mau Tanya klo holika berapaan?
Trus nature republic itu dia bening y mba gelnya? Bukan ijo kyk krim gt?

Terimakasih infonya mba..

Reply
avatar
6 Maret 2015 12.19 delete

Kalo ngga salah dulu belinya 90rebuan.
Iya, yang nature republic bening :D

sama-sama, semoga membantu :D

Reply
avatar
19 April 2015 08.13 delete

Cb d botakin aj dl smp brkli2,siapa tau nnti sltlh numbuh jd bgs.

Reply
avatar
19 April 2015 08.16 delete

Cb d botakin aj dl smp bbrapa kli smbil d ksh lidah buaya. Siapa tau nnti stlh numbuh jd bgs. Aq jg dl bgtu..

Reply
avatar
19 April 2015 08.18 delete

Rambut rontok,klo d botakin trs bs bkin subur ga.? Atau klo d botakin trs,ad efek sampung'ny ga.?

Reply
avatar
22 April 2015 11.02 delete

Maaf baru balas...
tergantung gan penyebabnya apa :D

rambut rontok kan bisa krn faktor hormonal, stres, build up residu produk rambut (ampas-ampas produk rambut yg menimbun di kulit kepala), kurang nutrisi, dan lainnya. kalo emang mengalami kerontokan parah, baiknya check up ke dokter.

Reply
avatar
Anonim
1 Juli 2015 23.58 delete

Hai kak, abis googling terus terdampar di blog ini XD Postingannya bagus banget kak, dan aku baca dari isi sampe komen komennya juga hehe~
Liat yang lain nanya-nanya + konsul (?) jadi pingin nanya juga, soalnya kulihat rata-rata dijawab semua~

Oke, jadi gini kak. Rambut aku asli aku tuh kayak ikal gitu, terus dari kecil udah di rebonding dan smoothing. Kayaknya udah banyak kali, sampe aku bener-bener gak ingat rambut asli aku. Terus aku kan banyak banget kegiatan ekskul disekolah, ditambah latihan menari, dan juga aku tuh kalo keringetan banyak banget. Jadi kepala kerasa kotor, dan aku tuh malaaas banget nyuci rambut >< Rambutku sekarang kondisinya rusak, kusam, bercabang, ketombean, dan terikat dengan "lurusin rambut" setiap rambut asli ku tumbuh T^T kan jadinya gak enak tuh kak, rambutku ngembang banget kayak singa tiap abis keramas, ini yang bikin aku malas keramas x( tiap hari berasa kayak bad hair day, jadi rambutku harus kuikat terus kalo mau rapi. Kalo mau urai rambut itu ngembangnya gak nahan, terus kalo mau lurus harus bersusah-susah pakai catok x( Ohya, kalo shampoo aku sering ganti2 x( masker juga jaraaang banget (karena faktor malas juga :'3) kalo keramas paling cuma shampoo-an doang, gak ada kondisioner atau apalah itu .__.

Minta solusi dong kak ~.~ Tegur aja tegur kalo perlu xD Aku kadang bener-bener putus asa, dan sering ngomel sendiri ttg rambutku ini yang aku sendiri gak suka. Sampe sampe lupa bersyukur, dan akhirnya dosa deh T^T

Sekian kak curhatanku XD maaf kalo kepanjangan kak, aku tunggu balasannya ~ ^^

Reply
avatar
3 Juli 2015 16.19 delete

Halo juga :D selamat terdampar(?) di blog ini
Maaf baru bales ^^;

Waaa rambut kita kurang lebih sama hahahahahah.

Ngomong-ngomong memasuki musim kemarau ini aku juga ngalamin hal yang sama. Produksi minyak di kepala jadi meningkat, jadi lebih mudah berketombe. Sebelumnya boleh dibilang aku berhasil ngatasin masalah rambut dan kulit kepala. Tapi aku penasaran, kenapa ya bolak balik kayak gini mulu (terutama di musim panas).

Setelah browsing kesana kemari, kemungkinan besar karena shampoo yang kita gunakan. Shampoo di pasaran kan mengandung deterjen, itu yang membuat kulit kepala kita jadi ngga sehat (karena keseimbangan minyak di kulit kepala terganggu). Makin lama, sebum yang diproduksi berlebih, ampas shampoo itu bakal tertimbun, istilahnya oil/product build up di kulit kepala kita --> ini yang menyebabkan ketombe, bau kulit kepala yang tidak sedap, dan problem rambut lainnya.

Jadi sekarang fokusku ke menyehatkan kulit kepala dulu. Aku baru aja ganti coba pake shampoo Natur yang tidak mengandung deterjen/sls. Rambut emang jadi lebih kaku dan megar hiks -___- tapi aku pengen ngatasin masalah scalp dulu. Pengen coba no poo method juga, tapi belum berani hahaha. Ntar kalo sukses insya Allah bakal aku posting di blog ini.

Saranku, untuk kulit kepala, coba kamu googling tentang deterjen pada shampoo dan akibatnya, googling juga tentang "no poo method", dan lainnya. Yang aku peratiin, masalahnya bakal muter-muter balik lagi, kalo problem utamanya ngga kita atasin T.T

Untuk rambut, coba gunakan vitamin rambut atau conditioner tanpa bilas dan ikuti baik2 anjuran pemakaiannya (hanya dipakai di batang rambut, bukan kulit kepala+rambut) :D

Iya gapapa santai aja :D Sekali lagi maaf baru bisa bales
Maaf juga kalo ngga membantu hehehe, karena aku juga lagi nyari solusi yang baik buat jangka panjang ^^b

Reply
avatar
23 Juni 2016 09.44 delete

Hai kak,
Makasih tipsnya tapi aku masih bingung yang masalah pemakaian shampo cuma di gosok kulit kepalanya sama condisioner atau vitamin rambut dari bawah telinga ke ujung rambut itu gimana ya maksudnya, ada link sumber atau gambarnya gak? Soalnya aku biasa asal gosok2 gitu

Btw aku ngerasa bener2 sibuk akhir2 ini dan ga ada waktu, ada gak sih perawatan supaya rambut ga bau dan gatel tanpa keramas misal spray atau apa gitu, soalny aku kadang mlz dan ga sempat keramas yang mana aku harus bilas.. soalnya kadang aku pulang malem dan udah capek bgt mau cuci muka aja kadang mls dan biasanya cuma pake toner buat bersihin tinggal usap2 supaya ga jerawatan gt. Fyi aku cowok
Makasih dan di tunggu ya jawabannya

Reply
avatar
24 Juni 2016 10.43 delete

Halo juga, maaf baru bales.

1) itu buat rambut panjang. Rambut panjang kan biasanya nutrisi ga sampai ke ujung rambut. Trus kadang ada shampoo yg bikin batang rambut kering, jadi fokusnya gosok di kulit kepala, bukan ngucek rambutnya. Untuk conditioner, misal rambutnya sepunggung, direkomendasikan untuk menggunakan conditioner dari batas telinga sampai ujung rambut yg sepunggung tadi. Selain lebih efisien, juga untuk mengurangi product build up di kulit kepala.

2) Coba browsing tentang dry shampoo, di tokopedia banyak yg jual. Itu shampoo tanpa bilas, buat emergency.

Sama-sama, semoga membantu ya...

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon