Tentang Pelembab Kulit Badan Yang Kita Harus Tahu

Kita tentunya sudah tau betul ya, kalau pelembab badan diperlukan untuk merawat dan menjaga kelembaban kulit. Sayangnya, masih banyak yang suka males-malesan pake pelembab badan tiap kali abis mandi atau saat kulit badan kering.

Mana ni yang males-malesan pake henbodi? Ayo unjuk jari!
*sambil ngetik, sambil unjuk jari :))


Kita butuh pelembab untuk merawat kulit yang terpapar sinar matahari, debu, kotoran, ac, dan lain-lain. Kulit yang ngga dirawat dengan baik jadi gampang kusam, kendor, dan kering. 

Berarti pelembab badan itu penting ya? 
Iya, penting. Kulit kita kan juga punya hak untuk dirawat.

---

Berikut info seputar pelembab yang seringkali dianggap remeh, tapi sebenernya penting untuk diketahui. Pelembab badan yang paling sering kita jumpai berupa lotion, krim, dan butter.

Lotion
Lotion yang paling encer dibanding krim dan butter. Lotion sangat ringan sehingga cepat menyerap tanpa meninggalkan kesan lengket. Jadi, bisa disimpulkan bahwa lotion yang baik adalah lotion yang tak terlalu berminyak. Lotion cocok dipakai di iklim lembab.

Krim
Krim mengandung lebih banyak minyak dibanding lotion. Dilihat dari teksurnya, krim lebih pekat dibanding lotion sehingga paling banyak digunakan di kulit yang paling kering, seperti lengan dan kaki. Gunakan pelembab dengan krim yang lebih pekat kalo kamu berada di lingkungan yang kering atau ketika cuaca dingin.

Butter
Dari namanya aja udah jelas ya pelembab jenis butter ini mirip-mirip mentega. Butter ini yang kandungan minyaknya paling tinggi. Pelembab bertekstur butter biasanya digunakan untuk kulit yang sangat kering dan cenderung pecah-pecah seperti siku, lutut, atau tumit. Sebaiknya body butter digunakan di malam hari saja.

---

Karena kadar minyak tiap pelembab itu beda-beda, jadi sesuaikan dengan tipe kulit kita.

Tipe Kulit Kering
Pemilik kulit kering sebaiknya memilih pelembab berbentuk krim. Penggunaan pelembab berbentuk lotion malah bikin kulit jadi tambah kering.

Tipe Kulit Normal
Selamat! Kamu bisa pake pelembab dalam bentuk lotion, krim, atau body butter. 

Tipe Kulit Berminyak
Pemilik kulit berminyak bagusnya pake pelembab berupa lotion.

Kondisi Kulit Sensitif
Ini yang agak ribet. Cari pelembab yang terbuat dari bahan alami dan hindari bahan kimia olahan seperti pewangi atau pengawet yang dapat memicu alergi dan iritasi.

---

#FYI
Pelembab badan paling baik digunakan setelah mandi, karena kondisi kulit masih lembab, sehingga fungsinya bener-bener terasa. Kulit yang kering sebaiknya dibasahi air dulu, baru kemudian diberi pelembab.

Informasi ini aku peroleh dari tabloid Cantiq (edisi 124, 2009). 

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
22 Januari 2013 10.34 delete

untuk menjaga kelembaban kulit, coba deh Hand and Body Lotion Marina UV White Healty with Milk :)

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon