Info & Tips Untuk Kulit Berjerawat


Banyak yang menganggap jerawat bukanlah masalah besar. Pada kenyataannya, ngga sedikit orang yang mengalami masalah kepercayaan diri karena jerawat. 

Lebay.

Nah, yang bilang lebay berarti belum mengalami. Coba deh kamu googling gambar "jerawat", "pimple", atau "acne vulgaris". Setelah kamu melihat gambar-gambar tersebut, mungkin kamu akan mengerti mengapa jerawat dapat mempengaruhi kehidupan sosial seseorang.

---

Sebenarnya jerawat itu apa sih?
Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan kantung nanah yang meradang. [link]

Apa saja yang menyebabkan jerawat?
Sebab-sebab jerawat itu bisa dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal

(1) Genetik atau keturunan. Jika ada garis keturunan yang mengalami jerawat, kemungkinan besar kulit kamu pun rentan jerawat.


(2) Hormonal. Ketidakseimbangan hormon dapat merangsang produksi kelenjar minyak sehingga mudah timbul jerawat.

Nah, jerawat yang timbul karena faktor internal (genetik atau hormonal) lebih sulit diatasi dan memerlukan treatment khusus dari dokter.

Faktor eksternal

(1) Kulit yang tidak bersih. Bakteri penyebab jerawat bisa tumbuh subur di permukaan kulit yang kotor dan berminyak.

(2) Kondisi cuaca yang lembab dan panas membuat kelenjar minyak dan keringat di kulit jadi lebih produktif sehingga kulit riskan mengalami jerawatan.

(3) Rambut yang kotor dan berminyak.

(4) Kosmetik atau skin care yang tidak cocok, terutama yang memiliki sifat lengket dan berminyak.

(5) Pengaruh obat tertentu, baik oral (obat minum) maupun topikal (obat oles) dapat menimbulkan potensi kulit berjerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

(6) Telepon genggam. Hp bisa menjadi media perkembangan bakteri sehingga dianjurkan untuk membersihkan hp secara rutin.

Jerawat yang timbul karena faktor eksternal lebih mudah diatasi dibanding faktor internal asal orang tersebut disiplin mengobatinya.

---

Tipe-tipe Jerawat 
dikutip dari wikipedia [link]

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jerawat biasa
. Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit.

Bakteri tersebut merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat. 

Jerawat batu (cystic acne). Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

---

Bagaimana cara menangani jerawat?

Membersihkan wajah dengan benar dan telaten. Meskipun memiliki kulit yang berminyak, jerawat tidak mudah muncul di kulit yang terawat kebersihannya .

Lakukan proses pembersihan kulit secara menyeluruh alias facial secara berkala. Informasi mengenai facial bisa klik [link] ini.

Gunakan obat jerawat. Jerawat yang sudah ada membutuhkan pengobatan yang tepat. Obat jerawat dibuat untuk membunuh bakteri pada jerawat, mengeringkannya, dan mengempeskannya. Bila jerawat tidak terlalu parah, tidak perlu melakukan treatment yang berlebihan seperti laser atau chemical peeling. Bila mengalami jerawat parah, pastikan untuk berobat ke dokter yang benar-benar mengerti masalah kulit dan kecantikan.

Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor.

Jangan memencet jerawat karena akan membuat jerawat semakin parah atau menimbulkan luka di kulit.

Kurangi penggunaan make up berat. Saat sedang berjerawat, biarkan kulit beristirahat.

Minum air secukupnya. Kayak di iklan-iklan, 8 gelas sehari.
Hindari stress. Lakukan rileksasi secara rutin.

Cuci muka dengan air bersih.

Rutin mencuci handuk, sarung bantal, dan helm. Jangan lupa hp juga rutin dibersihkan ya.

Cuci muka dengan pembersih yang aman untuk kulit berjerawat. Jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat menghilangkan kelembaban alami yang dibutuhkan kulit.

Jaga pola makan yang sehat. Kurangi makanan yang manis-manis, junk food, atau minuman bersoda.
Olahraga yang cukup dan teratur.

---

Informasi dan tips mengenai jerawat ini aku peroleh dari wikipedia [link 1] dan Ebook Ristra November 2012 Edisi 1 yang bisa kamu download di [link 2] ini. Dapatkan ebook gratis lainnya dari Ristra seputar kecantikan dan kesehatan kulit di [link 3] ini.

Baca juga : 15 Gosip Seputar jerawat

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

41 komentar

Write komentar
30 Juni 2013 19.43 delete

benar sekali sist kalau jerawat itu mempengaruhi kehidupan sosial seseorang. ngerasain masalahnya dan orang2 yg pada g jerawatan selalu bilang Pd aza lagi gimana mau Pd sih kalau muka udah kayak parutan kelapa he,,,,
mampir ke blog aku ya he....
http://denznote.blogspot.com/

Reply
avatar
30 Juni 2013 22.12 delete

^^ iya masbroo, tapi emang mesti pede, kalo ga pede ntar kita malah jadi ga bersyukur hehehehe okee, udah mampir ^o^

Reply
avatar
16 Juli 2013 17.36 delete

mba titis kalo mukanya lg berjerawat pas keluar rumah gt sebaiknya tetep pake sunblok ato ngga usah pake ya, minta sarannya dong mba :)

Reply
avatar
16 Juli 2013 18.06 delete

sunblock itu penting banget buat dipake. kulit yang normal aja perlu, apalagi kulit yang sedang bermasalah :D

sunblock fungsinya untuk ngelindungin kulit dari pengaruh buruk paparan sinar matahari, jadi kulit yang bermasalah ngga makin parah kondisinya :D

tinggal pilih sunblock yang cocok dengan kulit aja, kalo kulit berjerawat sebaiknya pake sunblock yg ringan dan ga nyumbat pori. skin aqua (banyak macemnya, ada yg milk, gel, dst), ristra, parasol itu produk-produk tabir surya yg recommended :D coba googling2 aja, pilih yg cocok buat kulit yg berminyak dan acne prone.

Reply
avatar
17 Juli 2013 09.34 delete

oww gitu makasi yaa ;) sala kaprah aku mba, hmm. tadinya aku diemin aja trus muka malah jd kering ngelupas gitu krn mlmnya q obatin vitacid. okee deh lgsg ke tkp :D

Reply
avatar
17 Juli 2013 10.32 delete

iyaa ^o^ waaa apalagi karena pake vitacid, vitacid itu wajib banget pake sunblock pagi ato siangnya.. karena selama pake retinoic acid, kulit jadi sensitip sama sinar matahari
okeee :D good luck yaa

Reply
avatar
20 Juli 2013 18.03 delete

haluuu mba titis apa kabar? hehehe mau curcol bolee kan ^o^
gini mba,, alhamdulillah jerawatku uda mulai kering tinggal bekas2nya yang di pipi n kening, tapii ada juga beberapa yang didagu masih keras pada mau mateng gitu :(. ini gimana handelnya kan gag bareng sembuhnya ;'(
terus aku juga ikutin tips mba yang serbuk teh hijau abis diseduh buat mask n hasilnya diaku pas pertama gitu rasanya gatel2 apa itu ga cocok ato gimana yah, haduuu maaf banyak tanya :)

Reply
avatar
20 Juli 2013 23.08 delete

maap baru bales >.<
baik doong ^o^ semoga kamu selalu happy juga yaaahh

kalo malah gatel-gatel mending dihentiin aja say :D soalnya reaksi normal kulit malah jadi kerasa lebih rileks gitu ^^;

oh iya, btw kamu udh coba pake oatmeal? kemaren kulitku abis alergi lumayan kebantu dengan oatmeal.. radang jerawat dan gatel2 di kulit lumayan reda :D kulit juga jadi smooth dan lembab. aku udah pake oatmeal dari tahun lalu :D

kamu coba googling aja oatmeal sebagai cleanser wajah atau facial mask :D
banyak banget lho review org2 yg kulitnya bermasalah pake oatmeal sbg bahan perawatan ^^

ni salah satu link video yg recommended ttg oatmeal face cleanser :
http://www.youtube.com/watch?v=7e5_RVBwNjE

hihihihi gapapaaa saaay :3 santai ajaah
semoga membantu :D
good luck :D moga cepet kinclong kulitnya, amin amin amiiinn

Reply
avatar
2 Juni 2015 12.16 delete

Kalo kamu termasuk jerawatan karena faktor genetik atau faktor de el el nya, Hani?
Aku juga jerawatan parah. Kayaknya faktor genetik dari Mamaku. Nah, based on what you wrote above jerawat karena faktor genetik harus ditangani sama doketer ahlinya langsung? Bener harus gitu? Aku takutnya kalau aku pake produk dokter yg ada kulitku makin manja dan malah addict sama produknya.
Mohon pencerahannya. ^_^ Thanks sebelum dan sesudahnya :D

Reply
avatar
2 Juni 2015 12.18 delete

Kalo kamu termasuk jerawatan karena faktor genetik atau faktor de el el nya, Hani?
Aku juga jerawatan parah. Kayaknya faktor genetik dari Mamaku. Nah, based on what you wrote above jerawat karena faktor genetik harus ditangani sama doketer ahlinya langsung? Bener harus gitu? Aku takutnya kalau aku pake produk dokter yg ada kulitku makin manja dan malah addict sama produknya.
Mohon pencerahannya. ^_^ Thanks sebelum dan sesudahnya :D

Reply
avatar
7 Juni 2015 12.24 delete

Halo :D salam kenal ya, dan maaf banget baru bales T.T karena belakangan ini aku buka blog tiap weekend aja...

Aku karena faktor hormon :D orangtuaku ngga ada yg kulitnya jerawatan (tipe kulit kering).
Ngga perlu takut berobat ke dokter, yang penting rutin konsultasi dan kontrol :D setelah berobat, banyak kok yang bisa lepas pake skin care over the counter biasa.

Tentang pengalamanku dan beberapa orang yg berobat dan lepas dari dokter bisa di baca di postingan ini...
http://haihanitis.blogspot.com/2015/02/tentang-krim-dokter-pengakuan-dosa-lol.html

Reply
avatar
23 September 2015 06.21 delete

Halo ka.. Ka aku jerawatnya udh pad ilang tpi msh banyak rat rata bekasnya sih ka.. Ka jerawat ini kalo dilihat ada tpi kalo dipegabg kaya yg bersih gitu ka. Kira2 apa ya ka? Apakah biangkeringat?

Reply
avatar
23 September 2015 13.02 delete

Kalau bekas jerawatnya terasa rata jika diraba (ngga menonjol, ngga berpasir), itu udah mau hilang kok. Lama kelamaan bekasnya (insya Allah) pudar :)

Reply
avatar
2 Oktober 2015 11.26 delete

Tpi kak seminggu ini jerawatnya mucul lagi aku lanjutin aja trs kak pake vitacid soalnya udh ada 1 blnan kalo ngg slh

Reply
avatar
3 Oktober 2015 00.57 delete

Aku sekalian jawab pertanyaan kamu yg "masih bisa muncul atau ngga" di sini aja ya... ^_^

Iya, masih bisa muncul, tapi ngga sebanyak di awal. Kemungkinan muncul lg banyak, entah krn belum tuntas, stres, hormon, faktor lingkungan, dll. Biasanya kalo udah mendingan, dianjurkan untuk mengurangi frekuensi pemakaian. Ga tiap malam pake, cukup 2 hari sekali. Ada di kertas petunjuk pemakaian :)

Reply
avatar
3 Oktober 2015 10.11 delete

Kalo misalnya jerawat udh jarang hadir lalu mncl apa gpp kak pake yg kadar 0,5

Reply
avatar
3 Oktober 2015 11.45 delete

Aku dulu pernah kayak gitu, tapi ditotol di jerawatnya aja, ngga semuka. Kalo cuma untuk ditotol di spotnya aja, ada obat yg bisa bikin cepet kering, namanya benzolac dan mediklin TR. Mediklin TR kayak vitacid, tretinoin juga, tapi ada tambahan antibiotiknya.

Reply
avatar
4 Oktober 2015 08.40 delete

Trs kk gmn jerawatnya apakah pada hilang dengan derastis..
Kak kalo pake vitacid emg suka ngelupas yah kulit.. Saya ngelupas kulit yg didaerah mulut .. Kira kira biar ngg ngelupas pake apa ya kak?..
Perawatannya gni kak kalo aku malm pake vitacid paginya cuci muka pake clean n clear.. Lalu waktu kering pake pond acne yg khusus jerawat lalu soreny pake clean n clear.. Menurut kak hmn..

Reply
avatar
4 Oktober 2015 14.47 delete

Ngga hilang drastis :) tapi mengering... jangan oleskan di sekitar mulut dan cuping hidung. kamu ga pake sunblock?

Reply
avatar
4 Oktober 2015 16.38 delete

Iya kak aku ngg pake sunblock.. Tpi pake pond acne yg buat jerawatnya ka apa gpp?

Reply
avatar
4 Oktober 2015 16.38 delete

Kalo misalnya pake sunblock aku harus pake yg mana kak.. Aku jns kulitnya berminyak..

Reply
avatar
4 Oktober 2015 16.54 delete

Aman atau ngga itu bisa kamu amati dari respon kulit kamu sendiri. Kalau ada reaksi ngga wajar seperti kulit jadi kering kaku ketarik, memerah, gatal, perih, sebaiknya produk tsb dihentikan. Kalo berminggu-minggu ngga kenapa-kenapa, insya Allah aman, wallahu a'lam. Kulit yang lagi diobati pake vitacid jadi lebih sensitif dgn sinar matahari, jadi baiknya pake tabir surya :)

Reply
avatar
4 Oktober 2015 16.58 delete

Dokter biasanya anjurin pake parasol yang bentuk tube, bisa dibeli di apotek ^_^ Digunakan sekitar jam 10 pagi sampai jam 3 atau 4 sore. Pas sinar matahari lagi terik-teriknya.

Reply
avatar
5 Oktober 2015 06.17 delete

Jdi diusahain pake sunblock yahh kak. Bearti saya ngg usah pake ponds acne prone dong kak

Reply
avatar
5 Oktober 2015 12.13 delete

Ponds acne prone itu pelembab? Kalo kulit kamu kering dan butuh pelembab pake aja. Tapi dicek, ada kandungan yg kontra sm vitacidnya ga. Kamu udah mulai ngurangin frekuensi vitacid?

Kan sunblock hanya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama saat aktivitas outdoor.

Reply
avatar
5 Oktober 2015 14.20 delete

Blm kak msh tiap hati tpi kadang ketiduran jadi pakenya kadang jam 12.00 atau lbh :D..

Tpi kak aku jrng outdoor paling dikls diem jarang kena trik ya nudah mudahan aja gpp.. AAMIIN berhadap kulut jadi mulus lagi..

Emgnya kak bahan apa aja yg ngg blh bersatu sama vitacid?

Reply
avatar
5 Oktober 2015 21.58 delete

AAMIIN! Moga-moga cepet sembuh. Aku juga ngerasain ngga enaknya nyembuhin jerawat ckckck.

Yg penting jangan kena terik matahari. Pas jam istirahat atau pulang sekolah pake masker kain juga lumayan membantu tuh, supaya ngga gitu cekit-cekit dan memerah kalo kena panas.

Astringent/penyegar yg kadar alkoholnya tinggi, salycilic acid, krim pencukur kumis/jenggot, cek aja coba di kertas petunjuk pemakaianya :) intinya sih, bahan-bahan yg ngga bikin kulit kering, krn efek samping retinoic acid kan bikin kulit kering. Kalo dipake barengan dgn produk lain yg kandungannya kontra takutnya malah iritasi, cmiiw.

Emg jerawat kmu udh tinggal brp biji? Kalo tinggal 2-3 biji aja biasanya tinggal bentar lg tuh kelarnya.

Reply
avatar
6 Oktober 2015 07.19 delete

Msh lumayan banyak kak tpi ngg sebanyak dlu..
Iya kak aku pake bab yg buat penutup hidung

Reply
avatar
6 Oktober 2015 14.25 delete

Yaudah, kalo gitu kan progresnya udah keliatan :) jadi kudu disabar-sabarin aja. Semoga lekas membaik yaa kulitnya. Ngomong-ngomong, selama pengobatan, dokterku nganjurin untuk mengurangi dan menghindari dairy products (keju, susu sapi), makanan yang kandungan gulanya tinggi, terlalu asin. terlalu asam. Sama banyak minum air putih ^_^ Semangat.

Reply
avatar
6 Oktober 2015 20.05 delete

Iya kak mudah mudah an aja jerawatnya kelar semua. Aamiin.. Tpi kak dmuka aku kdng jerawatnya mncnlagi tpi ngg terlalu besar tpi yaa gtu beda sama jerawat yg lain dan jerawatnya yg lainnya kaya brindil lagi gtu kak

Reply
avatar
7 Oktober 2015 10.37 delete

iya emang gitu kalo vitacid lama ^^; tahun lalu aku dikasih tretinoin+clindamycin. kalo beli di apotek nama produknya mediklin TR. dia kayak vitacid, tapi ada kandungan antibiotiknya juga. di kulitku relatif lebih cepat sembuh, kulit juga cepat rata pas udh sembuh ngga ada brindil pas diraba.

Reply
avatar
14 Oktober 2015 16.26 delete

Apakah perawat yg kaka pakw aaat ngilangin brindil cocok untk semua jenis kulit?
Kak untk menghilangkan bekas jerawat untk kulit berminy apa ya kak?

Reply
avatar
14 Oktober 2015 20.24 delete

Hah? Perawat? Perawatan maksudnya? :| waktu itu bukan ngerawat, tapi ngobatin. Kalo khawatir cocok atau ngga, baiknya kunjungi dokter untuk dapat penanganan yg tepat.

Kalo kamu sabar dan telaten, ilangin noda bekas jerawat bisa dengan produk skin care seperti serum. Tapi kalo mau yang hasilnya cepet ya pudarin dengan salep obat :)

Reply
avatar
15 Oktober 2015 06.22 delete

Iya maksdnya itu ngobatin brindil itu kak hehe maaf ka..

Kalo ngilangin pake saripohatci + pke susu bisa ngg kak? Soalhya aku pake bhn yg aman aja kalo nglngn bekas jerawat mah

Reply
avatar
16 Oktober 2015 07.01 delete

Bisa ngg kak kalo ngilangkn jerawatnya pke saripohatci cmpr susu?

Reply
avatar
16 Oktober 2015 22.59 delete

Ngga semua orang cocok dgn saripohatji ^_^ Bisa-bisa aja kalo kamu ga alergi dgn susu. Tapi pastikan jerawat udh bener2 sembuh dan kering, kalo masih rentan baiknya jangan. Eniwei, madu juga recommended untuk jerawat dan bekasnya.

Reply
avatar
16 Oktober 2015 23.09 delete

Maaf ya baru bales hehe, itu udah sekalian aku jawab di atas :D

Reply
avatar
6 Maret 2016 22.04 delete

Assalamu alaikum mba maaf ganggu... sy ibu menyusui kira2 anak aku udah 5bln. Muka ku berjerawat dr sma kadang hilang kadang2 ada lagi. Sembet aku waktu sebelum hamil pakai krim pencerah dr dokter mukaku bersih/cerah ttp berjerawat tapi ga terlalu parah/banyak. Skrg mukaku ttp ada jerawatnya,bekas flek2 hitam jg msh ada. Aku ngrasa malah kusam gitu soalnya aku ga pakai apa2 takut efeknya ke bayinya.... kira2 aku harus pakai apa yaa buat mencerahkan wajah,ngurangi jerawat tapi aman buat ibu menyusui. Tolong dibls ya mb... mksh😊

Reply
avatar
6 Maret 2016 22.06 delete

Assalamu alaikum mba maaf ganggu... sy ibu menyusui kira2 anak aku udah 5bln. Muka ku berjerawat dr sma kadang hilang kadang2 ada lagi. Sembet aku waktu sebelum hamil pakai krim pencerah dr dokter mukaku bersih/cerah ttp berjerawat tapi ga terlalu parah/banyak. Skrg mukaku ttp ada jerawatnya,bekas flek2 hitam jg msh ada. Aku ngrasa malah kusam gitu soalnya aku ga pakai apa2 takut efeknya ke bayinya.... kira2 aku harus pakai apa yaa buat mencerahkan wajah,ngurangi jerawat tapi aman buat ibu menyusui. Tolong dibls ya mb... mksh😊

Reply
avatar
6 Maret 2016 22.10 delete

Asslamu alaikum mb...
Sy ibu menyusui anak aku skrg sdh 5bln. Mukaku berjerawat dr sma sembet waktu masih gadis aku perawatan sama dokter. Muka jdinya bersih/cerah tapi ttp ada jerawatnya ga banyak. Skrg mukaku udah jerawatan,berminyak,kusam jg... aku pengen pakai produk yg pastinya aman buat ibu menyusui. Tolong kasih masukan nya yaa... makasih.

Reply
avatar
7 Maret 2016 13.21 delete

Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh ^^ ngga ganggu kok mba sayang, cuma emang kotak komentarnya dimoderasi untuk menghindari komen spam. Komen mba masuk semua kok hehe.

Saat hamil dan menyusui biasanya memang kondisi kulit kita berubah karena faktor hormon. Jadi baiknya, selain perawatan luar, pelan-pelan perbaiki kondisi dalam tubuh kita juga (perbaiki asupan makanan, rutin minum air putih, olahraga ringan, dst). Lambat laun kulit akan membaik dgn sendirinya.

Produk yg aman insya Allah banyak, terutama yg organik. Coba mba baca-baca di forum ini...

http://forum.femaledaily.com/showthread.php?4498-Obat-amp-kosmetik-yg-aman-untuk-ibu-menyusui

Semoga membantu ^^

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon