No Mercury? Belum Tentu Aman

Sekarang banyak penjual di online shop (internet maupun via bbm) yang menawarkan krim pencerah yang dapat memutihkan, menyembuhkan jerawat, dark circle di bawah mata, dan menghilangkan noda. Yang membuat krim tersebut jadi menggiurkan untuk dicoba adalah dicantumkannya lembar uji lab dengan hasil bebas merkuri dan hidrokuinon (bebas Hg dan Hq). 

Wow aman dong?
Belum tentu. Yang berbahaya untuk pemakaian jangka panjang ngga cuma merkuri dan hidrokuinon.


Beberapa bulan lalu, aku tertarik dengan Beauty Magic Cream. Itu lho krim yang biasa jadi oleh-oleh haji dari Mekkah. Penjualnya menyebutkan bahwa Beauty Magic Cream (BMC) ini aman, ringan, tanpa efek samping jika digunakan untuk jangka panjang, ngga bikin ngelupas atau merah-merah, bikin kulit jadi kinclong, halus, dan kenyal.

Keren yah? Apalagi sellernya sering memajang testimoni dan foto-foto pelanggan dengan muka yang kinclong banget. Banyak review di blog juga yang menyatakan mereka puas memakai BMC ini. Karena tertarik dengan BMC, aku mengikuti perkembangannya di forum Female Daily (FD) sebagai silent reader.

Di halaman-halaman pertama reviewnya bagus. Banyak yang memuji-muji produk ini. Kemudian, para member pun patungan untuk uji merkuri BMC. Hasilnya memang bebas merkuri seperti yang dibilang sellernya.

Berhenti sampai di situkah? Tidak saudara-saudara. Para member patungan lagi untuk melakukan uji steroid dan timbal di produk BMC. Hasilnya? Sangat mengecewakan. Ternyata BMC positif mengandung steroid ;( [klik untuk baca halaman info hasil uji lab BMC positif steroid]

Mungkin bukan kapasitasku ya ngomong panjang lebar tentang steroid. Tapi, setahu aku, steroid topikal itu fungsinya obat dan dimana-mana yang namanya obat itu ngga baik untuk penggunaan jangka panjang.  Penggunaannya pun jelas harus dalam pengawasan dokter. Ada yang bilang maksimal penggunaan steroid topikal ini ngga boleh lebih dari 2 minggu. Tapi ya mungkin itu juga tergantung dosisnya kali ya, apalagi steroid sendiri terdiri dari beberapa tingkatan.

Baca juga : Tentang Krim Dokter

Steroid topikal berfungsi sebagai anti inflamasi dengan efek negatif memutihkan atau "mencerahkan" kulit. Sayang banget kalau ada seller yang menggembar-gemborkan skin carenya dapat mencerahkan kulit, padahal itu efek negatif karena kulitnya ditemplokin steroid.

Efek samping dapat terjadi jika digunakan dalam jangka waktu panjang ataupun secara berlebihan. Efek samping yang dapat muncul antara lain diabetes melitus, osteoporosis, dermatitis kontak alergi, dan steroid atrofi. Selain itu ada beberapa tingkatan efek samping dari penggunaan steroid (dalam hal ini kortikosteroid topikal), di antaranya efek epidermal (penipisan epidermal), efek dermal (penurunan sintesis kolagen dan pengurangan pada substansi dasar), efek vaskular, dan lain-lain. Lebih lengkapnya bisa browsing tentang steroid topikal [link 1] [link 2]. 
Member FD thread BMC banyak yang kecewa dengan hasil lab tersebut. Soalnya banyak dari mereka yang sudah lama pake dan merasa kondisi kulit mereka membaik berkat BMC. Dari baca sana-sini, keluhan yang muncul, antara lain jadi tumbuh kumis atau rambut halus di wajah, spider vein, purpura, terancam moon face (muka jadi melebar gitu), dan lain-lain [link].

Aku salut banget dengan para member FD yang udah bela-belain patungan untuk menguji kandungan BMC. Kalian menyelamatkan banyak orang, termasuk aku yang nyaris beli BMC full size hahahaha.

Gara-gara hasil BMC positif mengandung steroid, aku jadi curiga dengan merk krim lain yang dijual via bbm. Sama kayak BMC, dia ngeklaim skin carenya ngga mengandung merkuri dan logam berat lainnya. Sang seller masang foto customer yang mukanya kinclong-kinclong berkat krim yang dia jual sebagai display picture bbm.

Iseng-iseng aku perhatiin foto before-afternya dan wew... entah perasaanku doang apa gimana yah, di foto afternya, kumis mbaknya jadi lebih visible alias keliatan banget. Beda dengan foto before-nya. Apa krim itu mengandung steroid juga? Yah ngga tau ya. Berharap aja aku salah lihat dan setelah uji lab ternyata krim tersebut bebas steroid dan aman digunakan untuk jangka panjang \(^^)/ horee

Anyway, semuanya balik lagi ke pilihan masing-masing. Mau pake krim yang jelas-jelas aman dan teregistrasi/terdaftar di BPOM atau pake krim yang risikonya tinggi dan ngga jelas kandungan aktifnya apaan. Bahaya lho kalo gambling menggunakan krim ngga jelas untuk mempercantik wajah. Ya sayang aja kalo mengorbankan kesehatan untuk sekedar "cantik" jangka pendek.

Baca juga : Penting! Seputar Notifikasi Kosmetika BPOM

Jadi, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, sebenernya terserah kamu kalo masih keukeuh menggunakan skin care yang kandungan aktifnya ternyata berbahaya seperti merkuri atau yang tidak boleh digunakan dalam jangka panjang dan harus dalam pengawasan dokter seperti hidrokinon, steroid, dan lain-lain. Ingat, penyesalan datangnya di akhir. Meski ngga bergelut di bidang farmasi atau kedokteran, sebagai cewe, penting banget lho mengetahui dan mempelajari kandungan aktif dalam skin care kita.


***

UPDATED!

Kayaknya bahasan BMC ini bakal makin rame.
BMC yang dijual di Kinara Shop bebas steroid.
[link hasil uji BMC Kinara Shop di lab UGM dan UMP di FD]
[link bmc kinara shop]

Apa mungkin "BMC" yang dites oleh member FD ini berbeda dengan BMC milik Kinara Shop?
Jeng jeng jeng jeng~ entahlah :))

Untuk teman-teman pengguna krim yang ngga tercantum ingredients-nya, menurutku kalian ngga bisa semerta-merta menyalahkan seller (^^;) #sorrytosay. Karena keputusan yang diambil untuk membeli dan menggunakan produk tersebut dilakukan secara sadar oleh kalian. Dengan begitu semestinya konsumen pun siap menanggung risiko menggunakan krim yang ngga jelas kandungan aktifnya. Semisal promosi yang dilakukan seller sangat menggiurkan, keputusan tetap di tangan kita selaku konsumen.

Baca juga : Tips Belanja Produk Skin Care : Catat, Cari, dan Hati-hati!

UPDATED! 21/11/2015
BMC yang ada di artikel ini adalah krim dari apotek Arab, berbeda dengan produk BMC Sky asal Indonesia ya teman-teman. Terakhir cek, Beauty Sky Magic Cream/BMC Sky baru terdaftar di database BPOM pada 8-11-2015. Bisa lihat di link ini.

Baca juga : Produk Skin Care ini Aman Ngga Ya?

Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

84 komentar

Write komentar
5 Maret 2014 09.31 delete

hai hanitis :) salam kenal ya aku christin :). krn baca blog km aku jd ga berani nyoba BMC. trus skrg km pake krim apa ? aku gatau sih krim yg aman dan nyaman buat dipake jangka panjang :(. makasih ya sis .

Reply
avatar
6 Maret 2014 20.33 delete

hai christin salam kenal juga :D
aku pake banyak siis heheheh :))) dari erha21, history of whoo seol, dll
coba cek postinganku yg baru-baru :D

banyak banget lho sekarang skin care yg bagus yg beredar di pasaran :D cuma emang yg jadi pr itu kita mesti belajar tipe kulit kita kayak gimana, trus ntar kita pelajari juga ingredient apa yang sesuai maupun yg ga sesuai dengan kondisi kulit kita.. karena itulah yg cocok di si A, blom tentu cocok di si B.

Ngomong-ngomong ini link skin analyzer yang simpel tapi ngebantu banget sis :D

http://www.ponds.co.id/PondsInstitute/SkinAnalyzer.aspx

Reply
avatar
20 Agustus 2014 14.46 delete

hai hanitis,,
seneng deh nemu blog kamu ini. nice post!
emang kadang2 suka heran sama claim produk yg macem2 no merkuri no hidrokuinon tapi efek nya instant bgt dlm 2 minggu gitu misal,,kalo saya sih langsung curiga aja hehe.
secara pernah nyobain pake sk-II dan purging dan ga ada perubahan yg signifikan di muka ini, padahal tau kan hrga sk-II dan tmpt beli nya di counternya d debenhams.
Well kosmetik memang cocok2an, and again kondisi kulit kita juga emang dipengaruhi dr pola mkn n usia ya :D

Reply
avatar
20 Agustus 2014 19.57 delete

Hai juga Wening :D terima kasih

iya beneer, kalo hasilnya instan banget malah harusnya curiga ^^; tapi ya gimana lagi, hasrat mendapatkan kulit "flawless" mematahkan segala kecurigaan hehe. ada juga yang udah tau produk tertentu bahaya (jelas-jelas ditarik BPOM), tapi masi tetep pake dengan alasan yang penting mulus dulu, ntar tinggal dirawat pake skin care yg aman. Iya kalo "ngerawat", kalo pas lepas malah "ngobatin" kan repot sendiri :'(

iyaa, pola makan tuh ngefek banget hiks hiks
thanks for stopping by dear :*

Reply
avatar
9 Oktober 2014 16.54 delete

hai hanitis , aku mau tanya dong , BMC itu yang biasanya dijual sama Egyptian Magic Cream itu kah ?
aku hampir beli produk itu , tapi ini masih mencarireferensi tentang kandungan dan efek2nya . kira kira pernah denger Egyptian magic cream nggak ? kira kira itu ada kandungan yang berbaya nggak sih ?
secara yaa , banyak testimoni yang wow banget , tapi setelah aku tanya ke sellernya katanya belum disetujui sama BPOM ,
jadi bingung , mau beli apa enggk
hehe
makasih :)

Reply
avatar
9 Oktober 2014 17.01 delete

hai hanitis ,
mau tanya dong , itu BMC yang biasanya dijualnya sepaket sama Egyptian Magic Cream itu ya ?
aku hampir mau beli produk dua itu EMC sama BMC tapi masih cari cari info dulu , soalnya banyak sih yang bilang di testimoni gitu pengguna produk itu wow banget .
kalo EMC itu kira kira bahaya nggak sih ?
aku pernah sih nanya ke sellernya , ternyata blm resmi di BPOM , jadi mikir mikir dua kali sih ,

Reply
avatar
12 November 2014 22.54 delete

Halo maaf banget baru bales huhu

iya kalo EMC sih itu produk yang jelas, bukan abal-abal. Biasanya sellernya impor langsung dari amrik. tinggal cari seller yg trusted aja, karena emc sering dipalsuin/diganti jadi balm yang benyek-benyek dari cina ^^;

Reply
avatar
5 Februari 2015 18.44 delete

Halo.. sy setuju bgt sm apa yg penulis share. Pilih kosmetik itu hrs yg sudah terdaftar atau ternotifikasi d BPOM dgn melihat kode NA-NE +11 digit angka. Dan informasi sj nih, jgn percaya klo ad penjual online yg menjual produk kosmetik impor dlm jmlh bnyk dgn pengiriman paket lgsng dr negara tsb (bkn si penjual nya sndiri yg ambil ke negara itu) krna apa ? Krna bpom sejak 2013 sudah tdk mengeluarkan surat rekomendasi untuk produk impor yg tertahan di beacukai. Mendingan konsultasi aj ke dokter SpKK, krna mereka yg tau jenis dn kondisi kulit kita. bahaya jg loh buat ibu hamil dan program hamil yg menggunakan kosnetik sembarangan :)(

Reply
avatar
5 Februari 2015 19.22 delete

Hi hanitis, suka deh baca blog U, aku jg pengin tu pake EMC ada recomend seller yg produknya asli gk ya? Makasih

Reply
avatar
7 Februari 2015 11.05 delete

Hai Dewi, terima kasih :D salam kenal ya
kalo emc asli banyak kok yg jualin, salah satunya luxola (kalo ga salah inget), perfectbeautyshop, atau cek juga di tokopedia (liat dari reputasi seller dan review produknya)
semoga membantu ^^

Reply
avatar
7 Februari 2015 11.20 delete

Wah terima kasih banyak sudah sharing di blog ini :D
salam kenal ya mba Ella Susanti ^^

Reply
avatar
17 Februari 2015 19.20 delete

Hai kak,
kalo cream yashodara aman atau ga ya ? tolong info nya dong untuk bantu bantu .. trimakasih

Reply
avatar
17 Februari 2015 20.43 delete

Hai juga
kalo tolak ukur keamanannya dari sisi terdaftar di BPOM, sepertinya sih iya
http://www.pom.go.id/webreg/index.php/home/produk/e36ba6a0b8b02046da084accdb270390/all/row/10/page/1/order/4/DESC/search/2/yashodara

Reply
avatar
18 Maret 2015 23.25 delete

Hai kak hanitis :)
Mau nnya nih ,anak remaja umr 15-18thn kan masih suka tergiur sma produk2 via bbm yg bsa buat kulit wajah putih dlm waktu kisaran 1-2 mggu gtu.. nah aku masih ragu kak mau pake2 yg bgituan, tp aku kg pngen mukanya putih alami bkan kya belang pke racikan gtu kak :( aku lagi cari2 info cream magic glossy dan cream sari itu aman gak sih kak? Trus cara bedain yg asli dan palsu suatu produk slain tlasan exp dan bpom nya gmna? Masih galau nih kak cari cream buat cerahin kulit wajah :( bantu solusinya yaah :)

Reply
avatar
23 Maret 2015 09.11 delete

Hai Hai Miranda Mahar :D salam kenal yaa
baiknya kamu cari produk yang sesuai untuk kulit remaja. karena kalo kulit "muda" dipakein skin care yang lebih sesuai untuk usia 20an ke atas, bisa jadi kondisi kulit kamu malah memburuk ^^;
maaf ya kalo penyampaiannya kurang berkenan, aku sampein ini krn udah banyak yg nyesal masih remaja udah pake skin care yang belum jelas hanya karena tergiur putih instan.

untuk perawatan kulit supaya cerah alami, cukup rutin bersihkan wajah, rutin scrub wajah 1-2x seminggu, maskeran, pake pelembab di malam hari, dan siangnya pake sunblock. sekarang banyak banget skin care yang oke buat kulit remaja yang udah jelas-jelas aman dan mudah diperoleh di supermarket ^^

untuk aman atau ngga coba kamu ke situsnya BPOM atau pom reg untuk ngecek apakah produknya terdaftar atau ngga. kalau masih kurang puas, coba kirim email aja ke unit layanan BPOM.

maaf yaa kalo ngga membantu ^^; maaf juga baru bales

Reply
avatar
31 Maret 2015 01.38 delete

Malam Kak, makasih yah infonya, mau nambahin buat Miranda Mahar blh Kak? Kalau magic glossy setau saya sdh BPOM, dan kalau mengenai keasliannya bisa dicek di websitenya untuk tracking kode. :D
Btw saya mau nanya Kak,saya kan juga punya toko ol buat kosmetik kak, saya kalau pilih produk juga hati2, rada takut kalau mau ngejual yang agak abal2 Kak, hehe, saya mau nanya klo menurut Kakak produk yang saya jual bagaimana yah? Sdh ada no. BPOMnya Kak, dan sdh saya coba cek bnrn ada, tapi pengen tau ajah saran dari Kakak, siapa tau ada masukan yang bermanfaat Kak, bisa dilihat Kak webnya www.minaturallyskincare.com sama www.lotionaeuko.net :-)
Minta saran dan masukan yah Kak, makasih Kak sebelumnya, maaf kalau kebanyakan nanya Kak.. :-)

Reply
avatar
31 Maret 2015 01.39 delete

Makasih infonya Kak.. :-D

Reply
avatar
31 Maret 2015 01.48 delete

Malam Kak, makasih yah infonya, numpang nambahin yang Miranda Mahar Kak, kalau magic glossy setau saya sdh BPOM dan kalau mau cek keaslian barang bisa dicek di webnya untuk tracking kode. Kak saya mau sharing, kan saya juga punya toko ol untuk kosmetik, nah saya juga kalau milih produk hati2 kak, takut klo mau ngjualin produk abal2, hehe, produk saya sebenarnya sdh ada no. BPOMnya sih Kak, dan sdh saya cek juga kak, saya mau minta saran dan masukan Kak, mengenai produk yang saya jual, bisa dilihat di webnya Kak, www.minaturallyskincare.com sama www.lotionaeuko.net,siapa tau Kakak ada masukan dan saran, mohon bantuannya yah Kak, siapa tau bisa bermanfaat Kak, makasih Kak, sorry banyak nanya Kak. :-D

Reply
avatar
5 April 2015 11.20 delete

Halo halo T.T maaf baru bales, lagi banyak komen yg masuk jadi ketumpuk huhu

Kalo emang sudah dipastikan aman, ngga perlu takut. Hanya aja usahain promonya jangan kayak seller-seller lain yang menjanjikan hasil yang muluk-muluk (too good to be true). Coba cek-cek seller di instagram ^^ yang aku perhatikan, sekarang testimoni via bbm, wa ngga gitu ngefek ke kredibilitas seller dan produk, karena org2 sekarang jd lebih aware bahwa testimoni bisa direkayasa. makanya endorsement ke selebgram sekarang lebih efektif untuk memasarkan produk dibanding testimoni konsumen ^^;

karena sekarang awareness ttg skin care gajebo udah lumayan meluas, strategi marketing yg banyak org pake adalah mengedepankan keterbukaan, kejujuran, execellent service (meliputi pelayanan purna jual), dan foto-foto high definition (plus desain yang chic). Orang-orang pada males kalo penjualnya pake foto-foto yg boleh nemu di internet, trus dipasang di lapaknya. Sedangkan buat jualan, kita harus bisa nunjukin apa sih yang bikin produk ini beda dari yg lain. Apa sih ciri khas yg bedain seller A dan B?

itu dari yg aku amati di socmed dan situs2 online shop sih ^^ soalnya sekarang persaingan seller skincare makin ketat. jadi kalo gamau kelelep, kudu naikin standar pelayanan dan promosi (bukan promosi muluk2, tapi bagaimana menampilkan produk di iklannya hehe).

maaf kalo ada penyampaian dan kesotoyan yang ngga berkenan
sukses selalu, semoga berkah usahanya :D have a nice day

Reply
avatar
17 Juni 2015 19.46 delete

Pernah nyoba pureglow ga sis? Pengen beli tp masih ragu , secara aku habis lepas krim dokter muka jd kusem n bruntusan d pipi dan jidat tp ga banyak sih.

Reply
avatar
25 Juni 2015 06.02 delete

Maaf banget baru bales

Ibuku yang pernah coba :| tapi kayaknya ngga bertahan lama karena hasilnya biasa aja. Tapi mungkin aja ngga gitu keliatan progresnya karena kulitnya ibuku kan regenerasinya ngga seoke kulit yang masih muda ^^

sis kalo bruntusan coba fokus ke bruntusannya dulu :D

Reply
avatar
14 Oktober 2015 13.44 delete

Selamat siang ka hanitis,masih.online ga ya mudah mudahan masih jadi bisa jawab pertanyaanku. Aku lg nyari nyari info nih ka ttng produk bmcsky yg aku kenal dr situs online aku jg udah terlanjur beli 2mnggu yg lalu tpi masih galau mau makenya. Katanya resellernya oktober ini launcing bpom scr resmi tpi yg baru keluar night cream dan 3lg msih dlam proses.mungkin yg dimaksud day cream facial cleanser sama facial tonic Pdahal klo paket acne series itu ada acne totol cram anti iritasi sama serum spray. Tpi yg ketiga ini memang ga jelas ingredietsnya mlah dibrang nya sendiri ga ada keterangan. Wajahku memang berjerawat dan ngliyat produk ini apalagi testimoninya menggiurkan. Penjelasanya dong kaka. Please
Terima kasih salam kenal ka hanitis

Reply
avatar
14 Oktober 2015 14.12 delete

Salam kenal juga ya Puput ^_^ kalo ragu, ya jangan dipake hehe. Yg baru keluar night creamnya? Terdaftar atas nama apa ya? Kok aku cek ngga ada. Kalau kamu penasaran, ya tunggu dan tagih aja janjinya sampai akhir bulan Oktober ini. Pantengin deh tuh situs pomreg milik BPOM atau sekalian hubungi BPOM (by email, telp, atau sms) untuk mempertanyakan produk tsb.

Idealnya, produk diurus dulu BPOMnya, baru dipasarkan. Jangan mudah tergiur klaim seller ya, apalagi produk yang reputasinya masih dipertanyakan. Masih banyak produk lain yang recommended dgn harga yg lebih terjangkau. Obat yang aku pake buat ngobatin jerawat aja ngga semahal itu ^_^

Coba baca-baca juga di forum Female Daily thread unbranded and unlicensed dangerous skin care product :) supaya dapet pencerahan dari sana.

Reply
avatar
15 Oktober 2015 09.00 delete

Aduh gimana ya ka buat ngatasin muka ku ini yg kusam komedo yg bnyk berjerawat dan susah bgd buat ngilangin bekad jerawatnya,jd harus ditutupp make up trs tiap harinya,sedih ka saranya dong ka cream yg tepat buat ngatasin semua msalah aku ini

Reply
avatar
16 Oktober 2015 23.16 delete

Sarannya coba baca http://www.haihanitis.com/p/faq.html udah pernah aku bahas dikit di situ hehe. Btw, aku dulu pas lagi jerawatan malah dianjurin kurang-kurangin make up sis sama dokternya :)

Reply
avatar
17 Oktober 2015 09.36 delete

Ok sis. Maksih ya buat saran dan kritikanya
Aku klo ga pake make up keliatan kusam ka.pucet trs berantakan bggd lah,bingung nyari cream wajah yg.cocok buat aku & aman

Reply
avatar
17 Oktober 2015 14.38 delete

Aku dulu dilarang pake bedak sama pak dokter ^^; kalopun pake, cari bedak tabur yg lebih ringan. Begitu pula untuk make up base. Pake yg ngga berat di muka dan mudah dibersihkan seperti bb cushion atau cc cream. Btw, untuk ngatasin minyak aku ga pake bedak, tapi pake kertas minyak/oil control film. Semangat sis ^_^

Reply
avatar
19 Oktober 2015 14.25 delete

Siang kak hanitis, pernah denger cream Eleora gak?itu bagus nggak ya kak?sebelumnya mang aq pake tapi karna sekarang ku hamil kok jadi mulai ragu ya kak?Dan minta saran sebaiknya aku pakai cream apa ya kak, yang buat ibu hamil. Makasi kak..

Reply
avatar
19 Oktober 2015 14.50 delete

Siang juga :D salam kenal ya. Udah aku bales sis, tadi sekalian di email...

Reply
avatar
20 Oktober 2015 23.38 delete

Malam hanitis..aku br aja cari cari tau ttg bmc dan aku nemu blog km.. au lagi galau milih bmc atau jafra secara jafra harganya selangit sedangkan bmc sepaket masih dibawah jafra ..dan stelah baca blog km aku makin galau ..pilih skin care apa ya biar ga kusam muka ku..btw menurut km produk jafra iu aman ga ya.. gmna cari taunya kl produk itu aman..mohon dibantu ya sist

Reply
avatar
21 Oktober 2015 12.20 delete

Halo sist, salam kenal ya :D Kalo dibandingin sama BMC ya mending Jafra kemana-mana lah sis. Jafra itu brand besar dan udah punya nama di dunia kosmetik internasional. Mahal karena produk impor ^^; cara tau aman atau ngga cek di BPOM aja sis. http://ceknie.pom.go.id/

Ngomong-ngomong banyak kok, produk skin care yang jelas-jelas aman dan recommended dengan harga di bawah Jafra. Cuma ya emang kudu rajin-rajin browsing review, deskripsi produk, cek ingredient, dst ^_^ semangat sist!

Reply
avatar
22 Oktober 2015 12.05 delete

Siang ka hanitis,maaf bmc yg saya mksud sepertinya bukan yg ini. Beaty magic cream aku yg aku kenal dr instgram itu brwarna biru bertulis kliksbeuty coba deh.ka.buka. itu jg bpomnya msih dlm proses "katanya" apakah ini aman atau tdk ya ka. Tolong dijawab ya ka mkasih

Reply
avatar
22 Oktober 2015 12.43 delete

iya, aku paham, kan dari awal kamu nyebutin bmcsky kan? Jawabanku masih sama dengan komentar sebelumnya :)

Cek aja merk dan nama produknya di sini http://ceknie.pom.go.id/

Reply
avatar
22 Oktober 2015 20.50 delete

Hehe iya deh ka. Makasihh ya ka hanitis :)

Reply
avatar
23 Oktober 2015 16.57 delete

Sama-samaaa ^_^ maaf ya kalo ngga membantu

Reply
avatar
1 November 2015 20.41 delete

Kalo cream felish kira kira aman gak ya .ada bpom nya tapi di cek di bpom kok tidak ada...jadi masih ragu makenya...

Reply
avatar
2 November 2015 04.40 delete

Kalo ragu jangan dipake ^_^

Reply
avatar
7 November 2015 18.11 delete

Uuucch. Saya terselamatkan.
Rencananya hari ini saya mau beli BMC karna tergiur ma kinclongnya.
Untung baca blog sis.

Terselamatkan muka saya.
Mending ke erha 21 jha lah biar aman

Reply
avatar
7 November 2015 20.24 delete

Alhamdulillah kalo bermanfaat :D

Reply
avatar
16 November 2015 11.24 delete

Hy haihanitis.. slm kenal. Iya nih q juga hmpir trpengaruh tuh dg produk bmcsky ini. Soalnya testimonynya pd bagus2 dan mulus. Untung jg nemu blog ini.. hmmm jd ragu nih mau beli. Trs km skrg pkek produk apa nih?? Share doonk.. susah nih mau milih2 make up yg cocok. Trims😊

Reply
avatar
16 November 2015 15.38 delete

Alhamdulillah kalo bermanfaat :D cek postingan yg baru2 aja sis kalo mau liat produk-produk yg aku pake saat ini, banyak soalnya hehehe. Coba baca post Tipe dan Kondisi kulit & Tips Belanja Produk Skin Care yaa ^_^ mudah-mudahan bisa membantu.

Oiya say kotak komennya emang aku moderasi untuk menghindari spam iklan, komen kamu dua2nya masuk kok :D

Reply
avatar
21 November 2015 12.19 delete

Hay mb Hanitis,,salam kenal ku mau berbagi pengalaman sedikit nih baru 2 mgg pake bmc krn kebujuk penjual yg kebetulan temen sndr,,tp mukaku kok jadi banyak luka gt deh kaya kecabik cabik,,gak cm 1 tp lmyn banyak dan rasanya pedih banget,,,bingung jg pengen banget mencerahkan muka,,yg aman pake produk apa ya mba #kl produk larissa tu aman gak ya,,siapa tau mba atau teman2 disini ada yg pernah pake,,,makasih info dan sarannya

Reply
avatar
21 November 2015 21.23 delete

Halo juga Silvia :D salam kenal yaa... @@, Hah? Tercabik-cabik gimana? Sependek pengetahuanku Larissa aman-aman aja.

Ini aku kutip dari situsnya (http://www.larissa.co.id/)...
Larissa Aesthetic Center menghadirkan produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami, aman dan sudah bersertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM.

Reply
avatar
Anonim
28 November 2015 15.58 delete

Mba aku baru nyari tau tentang beautysky magic cream nih, tp skrng itu emang udah ada bpom nya semenjak oktober kmrn sih katanya.. itu gmn ya mba? Aman ga ya kira2?

Reply
avatar
28 November 2015 18.21 delete

Harusnya si aman mba ^_^ coba baca post Seputar Notifikasi BPOM di blog ini. Lebih lanjut coba hubungi pihak BPOM-nya aja supaya mba yakin.

Reply
avatar
14 Desember 2015 20.01 delete

haaii hastinsss
sukaak deh baca blog kamu hehe salam kenal ya aku bidari

ohiyaa aku mau tanya deh katanya beautysky itu sekarang udah terdaftar BPOM ya ? kmrn aku lihat di web bpom RI pas seacrh merk beautysky emang ada sih
no bpom per produk beautyskynya kalo boleh tanya ni,km tau ga perkembangan BMC magic cream yang terbaru aku soalnya pgn coba tp takut2 gtu sih hehe.
ohiya sama kalau bisa mnt review krim SPL dong udh pernah denger ? thanks ya.
bls ke email aku lgsg jg boleh deh aku butuh bgt info nih. thanks
bidaanggari22@gmail.com

Reply
avatar
15 Desember 2015 12.03 delete

Hai juga Bidari ^_^ ngomong-ngomong, typo tuh, namaku Hanitis.

Wah aku udah ngga ikutin BMC magic cream yang dari arab itu sis. Yang aku tau cuma produk tsb masih banyak dijual di online shop. Kalo ragu, baiknya jangan digunakan :) Aku juga gatau ttg krim SPL. Coba cek-cek ke forum female daily aja, sapa tau di sana ada yg paham.

Maaf ya kalo ngga membantu :)

Reply
avatar
27 Desember 2015 23.44 delete

hai kak salam kenal, kakak pernah tua produk mahar beauty ga? yang dlu namanya SBC, itu kira-kira aman ga ya? makasih

Reply
avatar
28 Desember 2015 14.12 delete

Hai :D salam kenal juga. Maaf aku ngga tau, baru denger malah hehe.

Reply
avatar
21 Januari 2016 00.36 delete

Halo, unknown. Secara tidak segaja, 50 komen terbaru di blogku terhapus T.T jadi mohon maaf kalo komen kamu tidak muncul. Tentang produk yg kamu tanyakan, coba hubungi BPOM aja ya. Maaf kalo ngga membantu ^_^

Reply
avatar
6 Februari 2016 16.00 delete

Hi hanitis. Mo nanya ne, kalo masker moo aun acne aman gak dari zat yg brbahaya? N pa dah trdaftar di bpom? Thanks ya

Reply
avatar
7 Februari 2016 00.10 delete

Hai juga Tuti Syuja, maaf aku ngga tau. Coba cek di http://www.pom.go.id/webreg/

Reply
avatar
Yayan_myr@yahoo.co.id
13 Februari 2016 11.33 delete

Hai hanitis...keren banget tulisan nya...menjawab pertanyaan yang tuing2 dikepala melihat bmc bisa lgsng bikin wajah cling....tadinya jg pengen beli...aku tadinya pake krim dokter gitu...tp begitu berhenti purging kemerahan..hiks...skrg siy lg ditelateni pake sk ii n olay..mikirnya simple...udah jelas masuknya ke indo...tp ga ngecek bpom nya siy...hehe...
Hanitis...mau nanya tentang jafra yg lagi booming niy...bagus ga tuh...sapa tau hanitis mau review tuh produk. ...pengen nyoba masker mud nya...tp lg cari review2nya...

Reply
avatar
13 Februari 2016 17.27 delete

Hai juga, Yayan Myr ^^ Alhamdulillah kalo bermanfaat. Jafra bagus kok. Aku belum pernah coba. Tapi, sependek pengetahuanku reviewnya positif, banyak yg puas. Tinggal cari seller/distributor yg bisa dipercaya aja...

Reply
avatar
18 Februari 2016 21.24 delete

Ak beli beautysky magic cream,ak cek udah terdaftar d bpom,tpi ak masih blum yakin klo digunakan dlm jangka panjang apa ada efek sampingnya ato nggak.mba pernah pakai cream ini ga?ato ada yg pernah paikai cream ini sebelumnya? Dan apa yg dibahas diatas BMC maksudnya beautysky magic cream yg saya beli bukan ya? Tpi beautysky magic cream yg ak beli udah terdaftar d bpom. Ak bru kali ini beli produk skincare,sebelumnya cuma pakai olay aja.

Reply
avatar
19 Februari 2016 07.41 delete

Maaf, kalo soal Beauty Sky Magic aku ga bisa comment apa-apa, karena belum pernah pake. Coba hubungi BPOM by email untuk cek ingredientsnya dan tanya2 lebih lanjut.

Bukan, artikel ini bahas Beauty Magic Cream, krim yang dijual di apotek Arab, biasa jadi oleh-oleh haji atau umroh ^^

Reply
avatar
25 Februari 2016 21.33 delete

kalo eleora cream gimana yach

Reply
avatar
25 Februari 2016 22.43 delete

Benar itu merknya? Aku cek di http://ceknie.pom.go.id/ ngga terdaftar di BPOM...

Reply
avatar
10 Maret 2016 12.12 delete

Terus yang aman pakai cream ape ye kak ..duh mane aku ude pesen BMC lagi ...
Jd ngeri sih bnyk cream yg bahaya

Ksh tau dong kak yg aman ape ?

Reply
avatar
10 Maret 2016 16.22 delete

Banyak kok merk yg jelas-jelas aman dan progres di kulit juga bagus. Dijual di supermarket, drugstore (kimia farma, guardian, watson dst), atau counter/gerai resmi. Tinggal dibalikin ke diri sendiri aja, tujuan merawat kulit untuk apa ^^ jangan mudah terbuai klaim yg muluk-muluk.

Coba baca artikel ini juga...
http://www.haihanitis.com/2015/11/tips-belanja-produk-skin-care-catat.html

Maaf ya kalo ngga membantu ^^

Reply
avatar
26 Maret 2016 16.03 delete

Hai hanitis. Salam kenal ya aku mau tNya tentang produk pemutih eleora dan cream ertos. Katanya sdh terdaftar du bpom .Itu aman gak ya?mksh

Reply
avatar
27 Maret 2016 05.23 delete

Dua-duanya ngga terdaftar di database BPOM. Bisa cek di sini http://ceknie.pom.go.id/

Reply
avatar
9 April 2016 20.21 delete

hai kak Hanitis..
mau klarifikasi neh mengenai krim ertos. mungkin sebelum mengambil kesimpulan jika krim ertos tidak terdaftar di BPOM, harus di cek berkali2 ya sapa tau penulisannya salah.
coba cek ulang supaya tidak menyesatkan yang bertanya :)

ini saya ketahui skitar 1 bulan yng lalu krna waktu itu saya lagi cari review2nya. trus sebelum tulis komentar ini juga ngecek lagi utk memastikan..

Reply
avatar
9 April 2016 20.22 delete

cek it aout:
http://ceknie.pom.go.id/index.php/home/produk/584b58f3a83a5469f3b2fdfcc5c4782a/all/row/10/page/0/order/4/DESC/search/2/ERTO%60S

Reply
avatar
10 April 2016 00.20 delete

Halo Novita, terima kasih banyak masukannya. Jadi, pelajaran untuk saya supaya lebih hati-hati. Saya sama sekali tidak tahu tentang cream tsb. Jadi, yang saya ketik di pom-reg sesuai dengan yang ditanyakan pengunjung "ertos".

Barusan saya cek lagi, nama creamnya ERTO 's ^^ oiya, link dari kamu ngga bisa dibuka, lgsg terdirect otomatis ke beranda ceknie.pom.go.id

Reply
avatar
10 April 2016 00.25 delete

Halo Novita, terima kasih banyak koreksinya. Semoga informasinya bermanfaat buat yg lain. Waktu itu yang saya ketik di pom-reg sesuai dengan yang ditanyakan pengunjung, yaitu "ertos". Saya baru dengar nama krimnya, jadi tidak tahu kalau penulisannya ERTO(spasi)'s ^^;

Reply
avatar
2 Mei 2016 08.38 delete

Cream eleora itu abal" bkn sist, amab gak ya? Mohon dibls ya trima kasih

Reply
avatar
2 Mei 2016 12.49 delete

Maaf sis, aku coba cek di pomreg belum terdaftar. Atau sista bisa cek sendiri ke http://ceknie.pom.go.id/ ---- siapa tau aku yang salah eja atau salah masukin merk.

Kalo masih ragu, tanya ke BPOM-nya langsung ya ^^

Reply
avatar
aprii
13 Mei 2016 21.26 delete

Kak saya pakai Bmc muka sya kok jafi merah trus bnyak jrawat kcil2 ..ksih solusi donk kak :'(

Reply
avatar
14 Mei 2016 05.58 delete

Solusinya hentikan pemakaian. Jika ingin mendapat penanganan yg tepat, baiknya berobat ke dokter.

Reply
avatar
16 Mei 2016 20.20 delete

BMC (beauty magic cream ) yg mbak hanitis maksud rupanya bukan beauty sky magic cream... Rupanya berbeda... Sudah saya cek produknya :)

Reply
avatar
17 Mei 2016 00.17 delete

Yap! Betul sekali say :D Sudah saya tulis juga keterangannya di dalam artikel sejak tahun lalu, karena banyak yg salah kira.

Artikel ini dibuat pada tahun 2012, yang dibahas adalah BMC krim apotek di Arab ^_^ Terima kasih atas perhatiannya.

Reply
avatar
22 Mei 2016 02.17 delete

Lantas beauty sky magic cream aman gak yaa 😁

Reply
avatar
22 Mei 2016 07.36 delete

Tanyakan ke BPOM aja sis untuk lebih jelasnya ^_^

Reply
avatar
21 Juli 2016 23.05 delete

hai ka hanitis salam kenal ka mai nanya nih kalo wmp masker korea itu aman ga sih? soalnya testinya cakep cakep.. atas jwbannya sy ucapkan trimakasih😊

Reply
avatar
22 Juli 2016 04.52 delete

Hai Saffa :) salam kenal juga ya. Dengan harga segitu mending beli masker dari Korea beneran yang udah jelas reviewnya positif dan reputasinya bagus, seperti dari Innisfree, The Skin food, Tony Moly, Skin & Lab, dst. Kalo ragu dan produknya juga ngga meyakinkan ngga perlu dibeli ^^

Reply
avatar
24 Juli 2016 11.37 delete

Sis nida dan hanitis , setau aku yang asli racikan apotik DYOUF MAKKAH PHARMACY itu Beauty Magic Cream, gak ada kata 'sky' nya... aku bulan kemarin akahirnya beli stlh lihat hasil Lab UGM bahwa negatif Steroid,Hq dan mercury. Aku nitip suami yang lg umroh apotikny gak jauh dr masjidil haram. dan harganya memang mahal 80riyal itu 300rb an satu jar nya.trus suami nanya ke apotekernya knp tidak ada ingridientnya ,karena biar tidak dijiplak. yang asli hanya buatan apotik itu mekkah. InshaALLAh aman karena saudi gk pernah produksi obat/kosmetiks berbahaya sanksi pidanany berat kalau pakai bhn bahaya. aku lg pakai dan hasilny bagus bgn tidur wajah kenyal dan cerah dan gk instan bagusnya bertahap. tidak ada alergi apapun.aku punya fto apotiknya tp gk bisa attach ya disini :(. sekarang kalau habis ak mau nitip aja beli ny sm yg umroh. karena gk berani beli yg berredar dsni...

Reply
avatar
24 Juli 2016 15.19 delete

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarokatuh, syukron, terima kasih banyak infonya sis Hasti :D

Memang yang saya maksud dari awal (2012, sejak artikel ini dipublish) adalah Beauty Magic Cream, bukan Beauty Sky. Berikut kutipan artikel yang saya ketik di atas : "Beberapa bulan lalu, aku tertarik dengan Beauty Magic Cream. Itu lho krim yang biasa jadi oleh-oleh haji dari Mekkah."

Jadi, sudah jelas ya yang saya bahas dari awal memang bukan Beauty Sky. Artikel ini juga sudah saya update (tambahan keterangan) kalau keduanya produk yang berbeda sejak 2015 (awal ramenya Beauty Sky).

Iya, sependek pengetahuan saya juga yang beredar di Indonesia banyak palsunya. Wallahu a'lam. Tentang yang mengandung steroid itu dari orang-orang forum, duluu tahun 2012.

Mohon maaf jika ada penyampaian yang membingungkan dan kurang berkenan. Sekali lagi terima kasih banyak infonya, sangat membantu, semoga bisa mencerahkan yang lain juga ^_^

Reply
avatar
6 Agustus 2016 11.50 delete

Wah hebat artikel yang sangat membantu.bagi kita yg blum paham tentang skincare yang aman. Mau tnya nih kalau elora gimana? Sudah terdaftar di BPOM tapi masih ragu udah aman apa belum

Reply
avatar
6 Agustus 2016 14.10 delete

Maaf, saya tidak tahu. Silakan tanya BPOM untuk info lebih lanjut.

Reply
avatar
26 November 2016 13.04 delete

Hai Sis salam kenal
Thanks udah posting ini kebetulan aku lg cari2 cream yg cocok secara aku udah gonta-ganti cream wajah. Aku punya 2 pilihan salah satunya ya BMC ini, jadi takut nyobain setelah baca ini. Kalau cream elora gmn sis?

Reply
avatar
26 November 2016 13.47 delete

Hai juga sis, krim Elora saya kurang tau. Maaf ya kalo tidak membantu ^^;

Reply
avatar
1 Desember 2016 13.45 delete

nice post ka�� btw, bisa bantuin aku ga ka?, jd mamaku itu wajah nya ada flek hitam yang lumayan banyak, kata mama aku itu pengaruh KB. kira" kaka bisa bantu ga? krim apa yang aman buat ngilangin flek hitam itu

Reply
avatar
1 Desember 2016 19.17 delete

Halo Intan, baiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapat treatment yang efektif dan aman ya :) mohon maaf kalo tidak membantu.

Reply
avatar

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon